mybest
Rak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Rak Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Rak Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Rak Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Rak Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Rak Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Rak Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Rak Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Rak merupakan salah satu perabot yang fungsinya untuk menyimpan barang. Biasanya, rak barang terdiri dari beberapa tingkat. Materialnya pun beragam. Ada rak barang kayu, rak barang besi, atau rak barang plastik. Fungsi rak barang bisa digunakan sebagai properti berjualan atau penggunaan dalam rumah tangga. Sebagai contoh untuk menyimpan buku, sepatu, hingga peralatan memasak.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih rak barang yang bagus sekaligus memberikan sepuluh rekomendasi produknya. Kami akan membahas rak barang merek terkenal, misalnya Ace Hardware, IKEA, Informa dan Livien. Simak terus, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih rak barang

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, ada berbagai macam jenis, material, dan fungsi rak barang. Untuk mempermudah Anda dalam memilih rak barang, ikuti beberapa tips yang akan kami bahas berikut ini. Jangan sampai terlewat, ya!

1

Jika Anda tinggal sendiri di indekos, pertimbangkan rak minimalis yang pemasangannya mudah

Jika Anda tinggal sendiri di indekos, pertimbangkan rak minimalis yang pemasangannya mudah
Kami merekomendasikan rak barang minimalis dengan pemasangannya mudah untuk Anda yang tinggal sendiri di indekos. Rak barang minimalis ini juga bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang memiliki ruangan terbatas. Pasalnya, sebagian besar rak barang akan dikirimkan dalam bentuk knock down. Oleh sebab itu, dengan memilih rak barang minimalis, Anda dapat merakitnya sendiri meski tanpa bantuan orang lain

Anda bisa memilih rak barang plastik yang fungsinya untuk menyimpan aksesoris kecil, makanan ringan, buku, hingga sepatu. Rak barang plastik tentu memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan material lain sehingga lebih mudah untuk dipindahkan


Tak hanya itu, bagi Anda yang memiliki ruang terbatas, Anda bisa memilih rak barang dinding atau floating shelf. Anda bisa memilih salah satu produk yang artistik sehingga sekaligus dapat menjadi dekorasi kamar. 

2

Untuk menyimpan banyak barang seperti buku, utamakan rak terbuka dengan banyak kompartemen

Untuk menyimpan banyak barang seperti buku, utamakan rak terbuka dengan banyak kompartemen

Pencinta buku tentu akan sangat bahagia bila koleksi buku-bukunya dapat dipajang dengan rapi dan teratur. Untuk mewujudkannya, tentu Anda membutuhkan rak buku yang sesuai. Tak hanya dapat memuaskan diri, buku yang tertata rapi memudahkan Anda saat ingin mencari bacaan favorit. Selain itu, Anda bisa memfungsikan rak buku sebagai pajangan penunjang interior rumah. 


Yuk, simak beberapa tips memilih rak buku yang bagus.  

  • Ukuran ruangan: Bila ruangan Anda cukup luas, Anda bisa memilih rak buku yang berukuran besar dan sebaliknya. 
  • Jumlah koleksi buku: Makin banyak koleksi buku, makin besar rak buku yang Anda perlukan.
  • Material yang digunakan: Buku dalam jumlah banyak tentu memiliki bobot yang tidak ringan. Untuk itu, Anda bisa memilih rak dengan rangka yang kuat, seperti dari besi, kayu solid, atau kaca.
  • Kemudahan melihat buku: Sebagai dekorasi ruangan, Anda bisa memilih rak buku yang terbuka sehingga buku dapat terlihat dari luar. Sementara bila ingin rak buku tertutup, sebaiknya memilih yang menggunakan kaca. Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi, Anda juga bisa memilih rak buku terbuka dengan banyak kompartemen. 
3

Agar barang yang disimpan tetap terjaga, pertimbangkan rak barang dengan penutup

Agar barang yang disimpan tetap terjaga, pertimbangkan rak barang dengan penutup

Mungkin sebagian dari Anda lebih nyaman memilih rak barang tertutup. Terutama bila Anda tinggal bersama buah hati yang sedang aktif. Salah satu alasan mengapa rak barang tertutup lebih direkomendasikan adalah unsur keselamatan anak Anda


Pintu pada rak barang dapat mencegah terjatuhnya barang-barang dan menimpa anak Anda. Tak hanya itu, rak barang tertutup juga menghindarkan anak Anda dari rasa ingin tahu yang mungkin akan merusak barang-barang simpanan Anda. Rak barang yang tertutup juga akan membuat ruangan tampak lebih rapi dan teratur. Hal tersebut terkait dengan kondisi di dalam rak barang yang tidak langsung terlihat. 


Terutama bila Anda meletakkan rak barang di ruang tamu atau ruang keluarga yang bisa diakses tamu secara langsung. Namun, pastikan Anda membuka pintu rak barang dan mengangin-anginkan barang-barang supaya tidak rusak akibat lembap.

4

Untuk mempercantik interior rumah Anda, cari rak dengan desain unik dan estetik

Untuk mempercantik interior rumah Anda, cari rak dengan desain unik dan estetik

Ada beragam jenis rak barang, misalnya rak dinding, rak meja, atau rak lantai. Nah, bila Anda tinggal di rumah yang minimalis, jadikan rak barang sebagai perabot yang mempercantik ruangan Anda. Anda bisa memilih rak barang yang unik atau estetik. Sebagai contoh, ada rak dinding berbentuk heksagonal yang bisa Anda rangkai seperti sarang lebah. 

5

Agar mudah dipindahkan, cari rak troli atau rak barang yang dilengkapi roda

Agar mudah dipindahkan, cari rak troli atau rak barang yang dilengkapi roda

Untuk kegiatan yang lebih fleksibel, kami merekomendasikan rak troli atau rak barang yang dilengkapi roda. Dengan adanya roda pada rak barang, akan memudahkan Anda memindahkan rak saat ingin mengubah layout ruangan. Kegiatan juga akan lebih mudah saat Anda membutuhkan rak berada di dekat Anda di mana pun Anda berada. 


Tak hanya itu, ruang gerak Anda menjadi lebih optimal sekaligus ringan. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih rak dengan roda, antara lain: 

  • Kaki roda harus stabil sehingga tidak mudah goyang saat dipindahkan yang meminimalkan risiko barang di dalamnya terjatuh.
  • Jika tinggal bersama buah hati, pastikan roda dilengkapi dengan pengunci supaya tidak mudah bergeser.
6

Untuk dipakai berjualan atau menyimpan barang di gudang, pilih rak yang serbaguna dan kokoh

Gudang merupakan tempat untuk menyimpan barang-barang mentah, setengah jadi, atau barang jadi dalam jumlah besar. Karena kuantitasnya yang relatif besar, Anda membutuhkan rak barang yang kokoh. Anda bisa memilih rak barang besi yang besar untuk membuat barang-barang menjadi lebih teratur, rapi, dan sistematis. 

Rak dagang, mudah dirangkai dan memiliki banyak kompartemen untuk display yang rapi

Rak dagang, mudah dirangkai dan memiliki banyak kompartemen untuk display yang rapi

Ketika membuka usaha minimarket, toko kelontong, atau sejenisnya, Anda harus menata barang dagangan dengan rapi dan teratur. Untuk itu, Anda membutuhkan rak barang dagangan. Nah, rak dagang seperti apa yang Anda butuhkan? Bagaimana cara memilihnya? Berikut adalah tips dari kami. 


  • Tentukan produk yang ingin Anda pajang di rak barang
Jika barang dagangan adalah elektronik, pilih rak besi yang tebal dan kuat. Sementara untuk buah-buahan atau sayur, Anda membutuhkan rak yang tidak mudah berkarat, seperti bahan kayu, fiber, atau aluminium. 

  • Temukan model rak dagang yang sesuai dengan interior dan citra toko yang ingin Anda tonjolkan

Sebagai contoh, untuk branding toko mewah, rak barang kayu dan rak barang besi menjadi pilihan yang tepat. Tak hanya itu, perhatikan juga pelapis rak barang Anda. Pada rak barang besi, pelapis yang terasa rapat dan padat adalah yang terbaik.


  • Pilih rak barang yang memiliki garansi panjang

Rak barang yang digunakan setiap hari tentu membutuhkan perawatan secara berkala sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. Untuk meminimalkan anggaran perawatan, pilih produk yang memiliki after sales yang menguntungkan, seperti garansi dan gratis perawatan.

Rak gudang, terbuat dari besi yang kokoh sekaligus tahan rayap dan mampu menahan beban berat

Rak gudang, terbuat dari besi yang kokoh sekaligus tahan rayap dan mampu menahan beban berat

Ketika memilih rak gudang, Anda tidak boleh hanya asal memilih. Pasalnya, rak gudang menjadi salah satu penentu kesuksesan. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih rak yang berkualitas, kokoh, dan bebas serangan rayap. 


Tak hanya itu, sesuaikan model, ukuran, serta jenis besi yang digunakan dengan jenis barang yang akan disimpan. Makin besar dan banyak barang yang akan disimpan, besi yang digunakan sebaiknya juga makin besar


Saat ini, ada beragam rak gudang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Nah, sebagai pencegah kecelakaan, pastikan rak gudang memiliki standar quality control yang ketat. Pastikan besi yang digunakan bukan besi bekas Pertimbangkan juga rak gudang pilihan Anda menggunakan powder coating finishing untuk hasil yang terbaik.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rak barang

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh rak barang terbaik berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe rak
Tipe pemasangan
Model rak
Cara pemasangan
Kapasitas beban rak
Jumlah rak penyimpanan
Perlu dirakit
Ukuran
Berat
Material
Warna
1

Muzy

Rak Buku Mini Portable KayuHRB101

Muzy Rak Buku Mini Portable Kayu 1

Mulai dari Rp179.000,00

Agak Murah

Rak buku kayu portabel estetik

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

Tidak disebutkan

4 rak

70 cm x 17 cm x 38 cm

3 kg

Kayu antiair

Kayu, Putih, dan Hitam

2

Ace Hardware

Krisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat

Ace Hardware Krisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat 1

Mulai dari Rp424.900,00

Agak Murah

Rak besi serbaguna yang mampu menahan beban hingga puluhan kilogram

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Push pin

60 kg

4 tingkat

59 cm x 34 cm x 120 cm

5,9 kg

Rangka: Steel・Ambalan: Kawat besi・Finishing: Powder coating

Silver

3

Pocket Dragon

Rak Besi Siku 5 Susun

Pocket Dragon Rak Besi Siku 5 Susun 1

Mulai dari Rp1.500.000,00

Agak Mahal

Susun alat-alat olahraga dengan rak besi yang mudah dirangkai

Tipe display, tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Push pin

200

4–5 tingkat

4L: 30 cm x 90 cm x 145 cm・5L: 30 cm x 90 cm x 183 cm

Tidak ada keterangan

Plat besi, papan HDF 8 mm, baja 1–1,5 mm

Hitam, putih

4

Pira

Metropolis Alba SR 80

Pira Metropolis Alba SR 80 1

Mulai dari Rp969.000,00

Menengah

Rak sepatu kaca dengan ruang penyimpanan tambahan

Tipe display

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

Tidak ada keterangan

5 tingkat

78,5 cm x 38,6 cm x 120 cm

25,5 kg

Grade A hardwood particle board

White, American Walnut, Sonoma Oak

5

Cubic

Rak SerbagunaGENIO BC 1201 R

Cubic Rak Serbaguna 1

Mulai dari Rp1.700.000,00

Agak Mahal

Memajang lebih banyak produk dalam satu tempat

Tipe display

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

3 kg

15

119,4 cm x 29,6 cm x 209,3 cm

55 kg

Papan partikel dengan finishing sheet

SonomaO-White, SonomaBI-Grey

6

Bright Crown

Rotary Multilayer Organizer

Bright Crown Rotary Multilayer Organizer 1

Mulai dari Rp999.000,00

Menengah

Roda dapat berputar 360 derajat

Portable

Diletakkan dalam ruangan

Model laci

Tidak ada keterangan

6 kg

3 atau 4 tingkat

3 layer: 53 cm x 32 cm x 32 cm・4 layer: 76 cm x 32 cm x 32 cm

Tidak ada keterangan

Baja karbon

Hitam, putih

7

Livien

Rak Buku

Livien  Rak Buku 1

Mulai dari Rp1.250.000,00

Agak Mahal

Rak dengan banyak partisi, buku-buku makin tertata rapi

Tipe display, tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Tidak ada keterangan

50 kg

10–15 sekat

Tipe 1: 118 cm x 28 cm x 199 cm・Tipe 2: 119 cm x 29 cm x 200 cm・Tipe 3: 80 cm x 29 cm x 200 cm

Tidak ada keterangan

PB, MDF, laminated sheet

Brown, white

8

Wooden Projects

Rak Dinding Kayu Susun 4RB2

Wooden Projects  Rak Dinding Kayu Susun 4 1

Mulai dari Rp200.000,00

Agak Murah

Rak barang aesthetic kayu yang unik untuk dipajang di dinding

Rak display

Dipasang ke dinding

Model gantung

Baut atau mur

2 kg

4 pcs

11,5 cm x 80 cm x 1,8 cm; 11,5 cm x 30 cm x 1,8 cm

Tidak ada keterangan

Kayu sengon

Cokelat natural

9

IKEA

LERBERG Unit Rak 35x148 cm

IKEA LERBERG Unit Rak 35x148 cm 1

Mulai dari Rp249.000,00

Agak Murah

Rak susun serbaguna untuk mempercantik rumah Anda

Tipe tower

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Push pin

10 kg

4

31 cm x 110 cm

3,68 kg

Baja dilapisi serbuk epoksi

Abu-abu tua, kuning, putih

10

Informa

Newvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat

Informa Newvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat 1

Mulai dari Rp949.000,00

Menengah

Transparan di segala sisi, membuat ruangan terasa lebih lega

Display, tower

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

5–8 kg

4

42,5 cm x 36,5 cm x 161 cm

39,7 kg

Tempered glass, steel, wooden board

Hitam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MuzyRak Buku Mini Portable KayuHRB101

Rak Buku Mini Portable Kayu 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Mini Portable Kayu 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Mini Portable Kayu 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Mini Portable Kayu 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Mini Portable Kayu 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp179.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp179.000,00
Agak Murah

Rak buku kayu portabel estetik

Kelebihan:

  • Produknya compact dan hemat tempat

Kekurangan:

  • Jumlah buku yang bisa disimpan terbatas dan disarankan tidak terlalu berat agar tidak bengkok


Apakah Anda sedang mencari rak kayu portabel yang bisa mempercantik meja kerja atau meja belajar? Produk ini layak dijadikan pilihan. Pasalnya, rak ini mudah dibongkar pasang dan bisa menampung buku, majalah, action figure, yang dan lainnya.


Ditambah lagi, bahan kayunya kuat dan tahan air sehingga lebih awet. Dengan desain yang minimalis, rak ini siap mempercantik ruangan Anda dengan karakter simpel dan kokoh. Produk yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, bukan?

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rakTidak disebutkan
Jumlah rak penyimpanan4 rak
Perlu dirakit
Ukuran70 cm x 17 cm x 38 cm
Berat3 kg
MaterialKayu antiair
WarnaKayu, Putih, dan Hitam
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Ace HardwareKrisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat

Krisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat 1
Sumber: ruparupa.com
Krisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat 2
Sumber: ruparupa.com
Krisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat 3
Sumber: ruparupa.com
Krisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat 4
Sumber: ruparupa.com
Krisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat 5
Sumber: ruparupa.com
Harga referensi
Mulai dari Rp424.900,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp424.900,00
Agak Murah

Rak besi serbaguna yang mampu menahan beban hingga puluhan kilogram

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan yang tahan karat 
  • Setiap ambalan kawat besi dilengkapi dengan alas plastik
  • Setiap ambalan mampu menampung beban hingga 60 kg

Kekurangan:

  • Barang dikirim dalam kondisi knock down sehingga Anda harus merakit sendiri

Ingin melihat kontrakan Anda terlihat lebih rapi dan teratur? Jika iya, pilih rak barang Ace Hardware ini. Dilengkapi dengan empat tingkat ambalan, rak barang Krisbow ini mampu menampung total beban hingga 240 kg. 


Oleh sebab itu, rak ini akan mampu menampung barang-barang Anda. Anda bisa meletakkan buku-buku di rak paling atas, fisusul dengan tas-tas. Ambalan di bawahnya pun bisa Anda gunakan untuk menata alat-alat elektronik seperti rice cooker. Selanjutnya, rak bagian bawah bisa Anda gunakan untuk menata sepatu.

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPush pin
Kapasitas beban rak60 kg
Jumlah rak penyimpanan4 tingkat
Perlu dirakit
Ukuran59 cm x 34 cm x 120 cm
Berat5,9 kg
MaterialRangka: Steel・Ambalan: Kawat besi・Finishing: Powder coating
WarnaSilver
View all
No.3

Pocket DragonRak Besi Siku 5 Susun

Rak Besi Siku 5 Susun 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Besi Siku 5 Susun 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Besi Siku 5 Susun 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Besi Siku 5 Susun 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Besi Siku 5 Susun 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.500.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.500.000,00
Agak Mahal

Susun alat-alat olahraga dengan rak besi yang mudah dirangkai

Kelebihan: 

  • Kapasitasnya besar, cocok untuk menampung banyak alat-alat olahraga
  • Tanpa baut dan mur, proses perakitan menjadi lebih mudah
  • Dilengkapi bantalan kaki untuk melindungi lantai

Kekurangan: 

  • Untuk mengambil barang-barang pada rak bagian atas, dibutuhkan bantuan tangga

Anda ingin membuka toko alat olahraga dan membutuhkan rak display dengan daya tampung yang maksimal? Rak besi Pocket Dragon ini bisa dipertimbangkan. Pocket Dragon menawarkan produk dengan rak yang mampu menampung hingga 200 kilogram dengan perakitan mudah tanpa mur dan baut.


Anda bisa memajang banyak alat olahraga yang memiliki bobot berat tanpa khawatir akan merusak rak besi. Produk ini dapat menampung banyak alat olahraga, seperti dumbbell, kettlebell, atau sejenisnya. Namun tidak adanya pagar pembatas pada rak ini membuat Anda harus ekstra berhati-hati saat akan mengambil barang.

Tipe rakTipe display, tipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPush pin
Kapasitas beban rak200
Jumlah rak penyimpanan4–5 tingkat
Perlu dirakit
Ukuran4L: 30 cm x 90 cm x 145 cm・5L: 30 cm x 90 cm x 183 cm
BeratTidak ada keterangan
MaterialPlat besi, papan HDF 8 mm, baja 1–1,5 mm
WarnaHitam, putih
View all
No.4

PiraMetropolis Alba SR 80

Metropolis Alba SR 80 1
Sumber: pirahome.com
Metropolis Alba SR 80 2
Sumber: pirahome.com
Metropolis Alba SR 80 3
Sumber: pirahome.com
Metropolis Alba SR 80 4
Sumber: pirahome.com
Metropolis Alba SR 80 5
Sumber: pirahome.com
Harga referensi
Mulai dari Rp969.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp969.000,00
Menengah

Rak sepatu kaca dengan ruang penyimpanan tambahan

Kelebihan:

  • Mampu menampung 20 pasang sepatu
  • Rak atas diberi ruang untuk menyimpan sikat atau semir sepatu

Kekurangan:

  • Anda perlu merakitnya sendiri

Apakah Anda memiliki cukup banyak koleksi sepatu? Jika iya, Anda bisa memilih rak barang serbaguna yang satu ini. Dilengkapi lima tingkat rak di dalam ruang kaca, produk ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan sepatu-sepatu kesayangan di dalamnya. Dengan pintu kaca, Anda pun bisa lebih mudah memilih sepatu yang akan digunakan tanpa perlu membuka pintu terlebih dahulu. 


Di dalam satu rak ini, Anda bisa menyimpan sepatu hingga 20 pasang, lho. Menariknya lagi, rak ini juga dibekali tempat untuk menyimpan payung, jas hujan, sikat atau semir sepatu. Rumah rapi, sepatu pun terawat!

Tipe rakTipe display
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rakTidak ada keterangan
Jumlah rak penyimpanan5 tingkat
Perlu dirakit
Ukuran78,5 cm x 38,6 cm x 120 cm
Berat25,5 kg
MaterialGrade A hardwood particle board
WarnaWhite, American Walnut, Sonoma Oak
View all
No.5

CubicRak SerbagunaGENIO BC 1201 R

Rak Serbaguna 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Serbaguna 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Serbaguna 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Serbaguna 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Serbaguna 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.700.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.700.000,00
Agak Mahal

Memajang lebih banyak produk dalam satu tempat

Kelebihan:

  • Dibekali dengan lima belas sekat sebagai tempat pajangan
  • Setiap rak mampu menampung beban hingga 3 kg

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi roda untuk memudahkan pemindahan tempat

Kami merekomendasikan rak barang serbaguna yang satu ini untuk Anda yang ingin memajang contoh produk yang ingin Anda pasarkan. Sebagai contoh, memajang vandel, piala, atau action figure. Dengan begitu, produk yang ingin Anda pasarkan akan terlihat lebih jelas dan tertata dengan rapi serta eye catching. Sayangnya, produk ini tidak dilengkapi dengan roda yang mungkin akan membuat Anda kerepotan saat ingin mengubah letak penempatannya. 

Tipe rakTipe display
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rak3 kg
Jumlah rak penyimpanan15
Perlu dirakit
Ukuran119,4 cm x 29,6 cm x 209,3 cm
Berat55 kg
MaterialPapan partikel dengan finishing sheet
WarnaSonomaO-White, SonomaBI-Grey
View all
No.6

Bright CrownRotary Multilayer Organizer

Rotary Multilayer Organizer 1
Sumber: shopee.co.id
Rotary Multilayer Organizer 2
Sumber: shopee.co.id
Rotary Multilayer Organizer 3
Sumber: shopee.co.id
Rotary Multilayer Organizer 4
Sumber: shopee.co.id
Rotary Multilayer Organizer 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp999.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp999.000,00
Menengah

Roda dapat berputar 360 derajat

Kelebihan:

  • Roda disertai pengunci sehingga tidak mudah bergeser sendiri
  • Barang tidak mudah jatuh karena bentuk rak bulat dengan pembatas setinggi 14 cm

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dua pilihan warna, hitam dan putih
  • Bobot maksimal yang bisa ditampung adalah 6 kg

Ini adalah salah satu rak portabel serbaguna yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai barang. Sayur, buah, kecap, saus, keju, hingga rempah bisa Anda simpan di sini. Bentuknya yang bulat dan didukung bahan baja karbon akan makin meningkatkan estetika dapur Anda. 


Namun, bila Anda tertarik meletakkan rak besi serbaguna ini di kamar atau ruang keluarga juga bisa, lho. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan aksesoris, kunci, hingga jam tangan. Nah, hal yang paling tidak boleh dilewatkan adalah empat roda yang dapat berputar 360 derajat dengan pengunci roda. 

Tipe rakPortable
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel laci
Cara pemasanganTidak ada keterangan
Kapasitas beban rak6 kg
Jumlah rak penyimpanan3 atau 4 tingkat
Perlu dirakit
Ukuran3 layer: 53 cm x 32 cm x 32 cm・4 layer: 76 cm x 32 cm x 32 cm
BeratTidak ada keterangan
MaterialBaja karbon
WarnaHitam, putih
View all
No.7

Livien Rak Buku

Rak Buku 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.250.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.250.000,00
Agak Mahal

Rak dengan banyak partisi, buku-buku makin tertata rapi

Kelebihan:

  • Ramping dan kompartemen penyimpanannya banyak

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan roda

Produk ini layak dipilih oleh Anda yang mencari produk dengan banyak kolom penyimpanan sekaligus. Dengan adanya pilihan sepuluh sampai lima belas kolom rak, Anda bisa lebih leluasa menyimpan berbagai barang di dalamnya. Terlebih lagi, Anda pun bisa lebih mudah menyimpan buku-buku berdasarkan kategori yang diinginkan. Serasa memiliki perpustakaan pribadi, bukan?

Tipe rakTipe display, tipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganTidak ada keterangan
Kapasitas beban rak50 kg
Jumlah rak penyimpanan10–15 sekat
Perlu dirakit
UkuranTipe 1: 118 cm x 28 cm x 199 cm・Tipe 2: 119 cm x 29 cm x 200 cm・Tipe 3: 80 cm x 29 cm x 200 cm
BeratTidak ada keterangan
MaterialPB, MDF, laminated sheet
WarnaBrown, white
View all
No.8

Wooden Projects Rak Dinding Kayu Susun 4RB2

Rak Dinding Kayu Susun 4 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Kayu Susun 4 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Kayu Susun 4 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Kayu Susun 4 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Kayu Susun 4 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp200.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp200.000,00
Agak Murah

Rak barang aesthetic kayu yang unik untuk dipajang di dinding

Kelebihan:

  • Menguatkan nuansa natural dalam ruangan dengan corak kayunya
  • Desain aesthetic dengan model rak yang zigzag

Kekurangan:

  • Kemampuan menahan beban per raknya hanya 2 kg

Untuk memajang benda-benda koleksi, tentu Anda membutuhkan rak pajangan yang aesthetic juga. Kami merekomendasikan produk dari merek Wooden Project ini untuk mengisi ruangan Anda. Kental nuansa kayu, ruangan Anda akan terasa makin natural dibuatnya. Selain itu, model zigzag dari rak dinding kayu ini menjadikannya unik dan berbeda dari rak kebanyakan.

Tipe rakRak display
Tipe pemasanganDipasang ke dinding
Model rakModel gantung
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rak2 kg
Jumlah rak penyimpanan4 pcs
Perlu dirakit
Ukuran11,5 cm x 80 cm x 1,8 cm; 11,5 cm x 30 cm x 1,8 cm
BeratTidak ada keterangan
MaterialKayu sengon
WarnaCokelat natural
View all
No.9

IKEALERBERG Unit Rak 35x148 cm

LERBERG Unit Rak 35x148 cm 1
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 35x148 cm 2
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 35x148 cm 3
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 35x148 cm 4
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 35x148 cm 5
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp249.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp249.000,00
Agak Murah

Rak susun serbaguna untuk mempercantik rumah Anda

Kelebihan:

  • Meski rangka rak terlihat slim, kapasitas beban per rak cukup tinggi

Kekurangan:

  • Bagian raknya terbuat dari baja tipis yang rentan berkarat

Untuk menghias sudut ruangan Anda agar terlihat lebih menarik, Anda bisa menggunakan rak susun dari IKEA ini. Anda bisa menaruh buku, bingkai foto, serta aneka pajangan lainnya. Namun, untuk Anda yang memiliki rumah minimalis, rak ini bisa dijadikan tempat penyimpanan serbaguna.


Anda bisa menggunakannya sebagai tempat menaruh pot tanaman, bumbu dapur, bahkan rak buku. Desainnya yang simpel dan modern sangat cocok digunakan di segala tempat. Ada tiga warna yang bisa Anda pilih, kuning, putih, dan abu-abu. Pilihlah varian yang paling pas dengan warna ruangan Anda. 

Tipe rakTipe tower
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPush pin
Kapasitas beban rak10 kg
Jumlah rak penyimpanan4
Perlu dirakit
Ukuran31 cm x 110 cm
Berat3,68 kg
MaterialBaja dilapisi serbuk epoksi
WarnaAbu-abu tua, kuning, putih
View all
No.10

InformaNewvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat

Newvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat 1
Sumber: ruparupa.com
Newvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat 2
Sumber: ruparupa.com
Newvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat 3
Sumber: ruparupa.com
Newvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat 4
Sumber: ruparupa.com
Newvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat 5
Sumber: ruparupa.com
Harga referensi
Mulai dari Rp949.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp949.000,00
Menengah

Transparan di segala sisi, membuat ruangan terasa lebih lega

Kelebihan:

  • Rak dapat di-knockdown sehingga fleksibel untuk menyimpan tas-tas yang tinggi
  • Aman saat dibuka tutup berkat adanya dua buah magnet pada bagian atas dan bawah pintu
  • Menggunakan material berkualitas, yaitu 5 mm tempered glass, steel, dan wooden board

Kekurangan:

  • Lemari kaca tidak dilengkapi dengan kunci

Apakah Anda tinggal di kamar kos dan memiliki tas dengan harga cukup pricey? Jika iya, Anda mungkin perlu mempertimbangkan rak tas kaca Informa yang satu ini. Menggunakan bahan tempered glass yang antigores, rak tas ini memiliki bodi yang kokoh. Tak hanya itu, tampilannya pun tetap menawan untuk waktu lama. 


Desainnya yang elegan juga sekaligus mampu meningkatkan estetika kamar kos Anda. Desainnya yang tinggi dan lebarnya tidak sampai 40 cm ini membuat ruangan terkesan lebih luas untuk kamar minimalis Anda.

Tipe rakDisplay, tower
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rak5–8 kg
Jumlah rak penyimpanan4
Perlu dirakit
Ukuran42,5 cm x 36,5 cm x 161 cm
Berat39,7 kg
MaterialTempered glass, steel, wooden board
WarnaHitam
View all

Baca juga rekomendasi rak lainnya di sini

Ada banyak rak fungsional lainnya yang bisa Anda miliki untuk mengisi ruangan di rumah Anda. Mulai dari rak hias, rak kayu, hingga beragam rak lainnya tentu layak dipertimbangkan. Yuk, kenali lebih detail berbagai rak lainnya tersebut pada artikel di bawah ini! Untuk membaca artikel kategori lainnya, silakan kunjungi official website kami di id.my-best.com.

Kesimpulan

Menemukan rak barang yang tepat tentu akan lebih memudahkan kegiatan Anda. Sebelum membeli rak barang, tentukan barang-barang yang akan Anda letakkan pada rak tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memilih rak barang yang tepat dan fungsional. 

Perhatikan juga interior ruang penempatannya sehingga rak barang akan serasi dan menunjang interior ruangan. Kami berharap artikel ini akan Anda gunakan sebagai referensi saat hendak memilih rak barang. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Rak Barang terbaik

No. 1: MuzyRak Buku Mini Portable KayuHRB101

No. 2: Ace HardwareKrisbow Rak Besi Serbaguna 4 Tingkat

No. 3: Pocket DragonRak Besi Siku 5 Susun

No. 4: PiraMetropolis Alba SR 80

No. 5: CubicRak SerbagunaGENIO BC 1201 R

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Rak Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.