1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Face mist adalah produk perawatan wajah yang mempunyai berbagai manfaat seperti untuk melembapkan wajah atau mengatasi kulit berjerawat. Khususnya Anda yang mempunyai masalah dengan kulit kering, face mist merupakan produk yang wajib ada di dalam tas Anda.


Seiring dengan tumbuhnya kepopuleran face mist, banyak merek lokal hingga high-end yang mengeluarkan produk face mist. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi produknya beserta tips memilih face mist yang bagus. Merek face mist terbaik, seperti Mineral Botanica, Evian, Avene, Wardah, hingga Pond's dapat Anda jadikan pilihan!

Diperbaharui 09-12-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Qurotul Ayun

Qurotul Ayun, akrab disapa Ayun, memulai kariernya di bidang tulis menulis dengan menjadi editor buku di salah satu penerbit mayor di Yogyakarta. Tak hanya mengedit, ia juga menulis beberapa buku panduan bahasa Inggris, novel, dan catatan perjalanan. Kumpulan cerita tentang perjalanannya di India telah diterbitkan dengan judul Unforgettable India. Selain hobi jalan-jalan dan menonton, ia juga gemar mencoba berbagai resep masakan serta mengulas produk perawatan kecantikan di blog pribadinya. Saat ini, ia aktif sebagai content writer mybest Indonesia dengan berbagai tulisan di bidang perawatan tubuh & kecantikan, fashion wanita, dan buku.

Profil Qurotul Ayun
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa fungsi face mist?

Face mist adalah pelembap yang berbentuk partikel-partikel kecil halus yang dikeluarkan melalui semprotan. Karena bentuknya ini, face mist lebih mudah menyerap ke dalam lapisan kulit.


Selain sebagai perawatan sebelum makeup, face mist juga dapat digunakan sebagai setting spray setelah Anda menggunakan makeupFace mist akan membantu melekatkan makeup ke wajah Anda dengan lebih baik. Alhasil, makeup Anda akan tahan lebih lama. 


Namun, sebenarnya face mist dan face spray atau setting spray merupakan produk yang berbeda. Face mist termasuk kategori skincare yang diformulasikan untuk melembapkan kulit. Selain itu, face mist juga dapat digunakan sebagai penyegar. Di dalam satu botol face mist terdapat berbagai macam kegunaan. 


Sementara itu, face spray atau setting spray memiliki formula untuk mengunci makeup agar tahan lama. Meskipun setting spray juga dapat melembapkan, tetapi kandungan bahan kosmetiknya lebih banyak daripada bahan skincare-nya.

Cara memilih face mist

Anda tentunya ingin memilih face mist yang cocok untuk jenis kulit Anda, bukan? Untuk itu, kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda periksa sebelum membeli face mist.

① Pilihlah sesuai jenisnya

Secara garis besar, kandungan face mist dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis gas dan jenis air. Kami akan mengulas kedua jenis tersebut di bawah ini.

Face mist dengan kandungan gas, lebih mudah diserap kulit

Face mist dengan kandungan gas, lebih mudah diserap kulit
Sumber: aveneusa.com

Face mist dengan kandungan gas dapat menyemprotkan pelembap dengan sangat halus. Alhasil, pelembap pada face mist dapat lebih mudah menembus dan menyerap ke dalam lapisan kulit. Namun, Anda harus menjauhkan face mist dengan kandungan gas dari api karena mudah terbakar.

Face mist dengan kandungan air, pilihan aman untuk dibawa bepergian

Face mist dengan kandungan air memang tidak dapat menyemprotkan pelembap sehalus face mist dengan kandungan gas. Namun, face mist dengan kandungan air lebih mudah dan aman untuk dibawa bepergian. Apakah akan dibawa bepergian atau hanya dipakai di rumah saja? Pilihlah tipe face mist yang praktis, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

② Periksa komposisi face mist

Apakah Anda khawatir mengenai kulit Anda yang kering pada siang hari? Anda dapat memilih face mist dengan kandungan yang dapat memberikan efek lembap. Sebaiknya, Anda melihat komposisi pelembap dan memilih komposisi yang memberikan efek melembapkan. Beberapa contoh kandungan tersebut adalah hyaluronic acid, kolagen, glycerin, allantoin, minyak organik, dan lain-lain.


Meskipun face mist ini tidak banyak mengandung bahan tambahan, produk akan terasa nyaman di kulit. Namun, face mist yang mengandung banyak air akan lebih cepat menguap sebelum benar-benar meresap ke dalam kulit. Hal ini merupakan salah satu kelemahan dari face mist ini. Jika kulit Anda benar-benar kering, periksalah komposisi pelembap dan pilihlah face mist yang dapat menjaga kulit Anda tetap lembap.


Untuk pilihan produk pelembap lainnya, kami juga menyajikan informasinya untuk Anda. Ulasan dan rekomendasi produk pelembap untuk jenis kulit berminyak dan sensitif bisa dibaca melalui tautan berikut ini.

③ Cegah kulit kering dengan memilih produk yang bebas alkohol

Apabila Anda khawatir dengan masalah kulit kering, pilihlah face mist yang tidak mengandung alkohol atau yang hanya sedikit kadar alkoholnya. Pastikan Anda memeriksa apakah face mist yang Anda pilih itu non-alkohol. Penggunaan alkohol pada face mist sebenarnya memberikan efek menyegarkan pada saat cuaca panas


Namun, kandungan alkohol umumnya menguap dengan cepat. Untuk orang-orang yang khawatir dengan masalah kulit kering, face mist dengan kandungan alkohol akan cepat mengering sebelum kelembapannya benar-benar meresap ke kulit. Alkohol juga merupakan komponen yang relatif sensitif terhadap iritasi. Untuk Anda yang berkulit kering atau sensitif, pilihlah face mist yang bebas alkohol.

④ Tingkatkan efek segarnya dengan aroma favorit Anda

Tingkatkan efek segarnya dengan aroma favorit Anda
Sumber: aveneusa.com

Selain menghidrasi kulit kering, face mist sering digunakan untuk menyegarkan wajah, menghilangkan kantuk, dan sebagainya. Jika tujuan Anda membeli face mist untuk menyegarkan wajah, kami anjurkan untuk memilih face mist dengan aroma yang Anda sukai.


Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, mungkin Anda akan menolak face mist dengan parfum tambahan. Namun, ada beberapa face mist yang menggunakan parfum dengan bahan alami. Misalnya, aroma Aloe vera atau aroma segar jeruk dapat membuat Anda merasa lebih segar dan rileks.

10 Rekomendasi face mist terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk face mist terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wardah

C-Defense Face Mist

Wardah C-Defense Face Mist 1枚目

Tangkal radikal bebas dengan Hi-Grade vitamin C sebagai antioksidan

2

Pierre Fabre Dermo-Cosmetique

Avène Thermal Spring Water

Pierre Fabre Dermo-Cosmetique  Avène Thermal Spring Water 1枚目

Pilihan serbaguna untuk atasi berbagai masalah kulit

3

Mezuca

Facemist Safron

Mezuca  Facemist Safron 1枚目

Mengandung ekstrak safron yang kaya nutrisi, bisa mengurangi sebum di kulit!

4

Herborist

Beauty Face Mist Aloe Vera

Herborist Beauty Face Mist Aloe Vera 1枚目

Produk multifungsi yang membuat makeup lebih tahan lama

5

Evian

Facial Spray

Evian  Facial Spray 1枚目

Bahan alami dengan pH netral yang ramah untuk kulit sensitif

6

Studio Tropik

Rescue RX

Studio Tropik Rescue RX 1枚目

Mengandung antibacterial, cocok untuk kulit berjerawat

7

Saffbeautys

Facemist Mugwort Collagen

 Saffbeautys Facemist Mugwort Collagen 1枚目

Cerahkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati

8

Mineral Botanica

Hydra Face Mist - Acne Care

Mineral Botanica  Hydra Face Mist - Acne Care 1枚目

Formulanya menyegarkan untuk meredakan jerawat

9

Pond’s

Antibacterial Face Mist

Pond’s  Antibacterial Face Mist  1枚目

Segarkan wajah dengan sensasi dinginnya!

10

Camille

Little Pop Face Mist

Camille Little Pop Face Mist 1枚目

Bisa digunakan untuk campuran masker juga, lo!

Perincian produk
Close
No.1

WardahC-Defense Face Mist

Mulai dari Rp39.000,00

Tangkal radikal bebas dengan Hi-Grade vitamin C sebagai antioksidan

Kelebihan:

  • Kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  • Menjaga kelembapan dan elastisitas kulit
  • Memiliki aroma jeruk yang menyegarkan

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan kemasan lain

C-Defense Face Mist memiliki kandungan utama Hi-Grade Vitamin C. Jenis vitamin ini merupakan turunan dari vitamin C biasa tetapi cara kerjanya lebih stabil dan optimal. Vitamin C sendiri dikenal sebagai antioksidan sehingga face mist ini baik untuk menangkal radikal bebas.


Dengan aroma jeruk, produk ini memberikan kesegaran sekaligus membantu mencerahkan kulit. C-Defense Face Mist ini cocok untuk Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan sehingga terpapar radikal bebas.

No.2

Pierre Fabre Dermo-Cosmetique Avène Thermal Spring Water

Mulai dari Rp116.000,00

Pilihan serbaguna untuk atasi berbagai masalah kulit

Kelebihan:

  • Membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti iritasi, bekas luka, jerawat, dan lain-lain
  • Dapat digunakan oleh semua usia dan jenis kelamin
  • Tersedia tiga pilihan kemasan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Face mist tipe gas harus Anda simpan dengan lebih hati-hati karena mudah terbakar

 

Avène Thermal Spring Water cocok digunakan untuk semua jenis kulit hingga kulit yang sensitif. Formulanya yang alami bahkan dapat menangani permasalahan kulit, seperti bekas luka, pengobatan jerawat, dan masih banyak lagi. Produk ini juga dapat digunakan oleh semua orang, baik pria maupun wanita, bahkan bayi.


Selain untuk wajah, produk ini juga bisa digunakan untuk rambut yang kering dan susah diatur. Caranya dengan menyemprotkan produk ini ke rambut, kemudian tunggu hingga hampir kering, kemudian disisir untuk hasil yang lebih halus! Dapat menghemat waktu Anda untuk menata rambut pada pagi hari, bukan?

No.3

Mezuca Facemist Safron

Mulai dari Rp25.000,00

Mengandung ekstrak safron yang kaya nutrisi, bisa mengurangi sebum di kulit!

Kelebihan:

  • Menjaga kulit tetap ternutrisi dengan ekstrak safron
  • Mengandung niacinamide yang membantu mencerahkan kulit
  • Dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui

Kekurangan:

  • Jenis kulit tertentu mungkin akan merasakan sedikit panas atau perih saat produk diaplikasikan

Safron merupakan jenis rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Tanaman yang kaya antioksidan mulai banyak digunakan pada produk perawatan kulit, termasuk face mist safron. Untuk mendapatkan manfaat safron bagi kulit, Anda dapat menggunakan produk dari Mezuca.


Face mist ini memiliki kandungan utama ekstrak safron untuk menutrisi kulit dan mengurangi minyak berlebih. Kulit juga lebih cerah berkat kandungan niacinamide. Produk ini juga bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi jerawat dan beruntusan. Yuk, tampil lebih percaya diri dengan wajah bebas minyak dan jerawat!

No.4

HerboristBeauty Face Mist Aloe Vera

Mulai dari Rp23.380,00

Produk multifungsi yang membuat makeup lebih tahan lama

Kelebihan:

  • Dapat digunakan sebagai hydrating toner, face mist, dan setting spray
  • Menjadikan makeup lebih tahan lama

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan kemasan lain
  • Menurut review, aromanya agak strong


Produk yang satu ini cocok untuk Anda yang mengutamakan face mist multifungsi. Beauty Face Mist Aloe Vera tidak hanya memberikan kesegaran, tetapi juga membuat makeup lebih tahan lama. Anda dapat menggunakannya sebagai hydrating toner, face mist, atau setting spray.


Gunakan face mist ini dalam skincare routine Anda sehari-hari untuk menjaga kulit tetap lembap. Agar makeup Anda lebih tahan lama, semprotkan produk ini setelah Anda memakai makeup atau sebelum melakukan re-touch.

No.5

Bahan alami dengan pH netral yang ramah untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Terbuat dari air mineral alami dari Pegunungan Alpen Prancis
  • Hypoallergenic dan memiliki pH netral sehingga lebih ramah di kulit

Kekurangan:

  • Menurut review, tutupnya agak ringkih sehingga gampang pecah

 

Jika Anda memiliki kulit sensitif, face mist ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda. Formulanya tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengunci kelembapan. Anda dapat menggunakannya pada tahan akhir skincare routine.


Face mist ini juga cocok untuk menyegarkan kulit setelah terkena matahari atau melembapkan kulit yang terpapar AC. Karena hypoallergenic dan pH-nya seimbang, produk ini bisa juga Anda gunakan pada kulit bayi, lo!

No.6

Mengandung antibacterial, cocok untuk kulit berjerawat

Kelebihan:

  • Membunuh tujuh jenis bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat
  • Bebas alkohol, fragrance, dan minyak esensial sehingga tidak memicu iritasi
  • Dapat digunakan pada wajah, tangan, badan, dan rambut

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan kemasan lain

Bagi Anda yang membutuhkan face mist untuk kulit berjerawat, Studi Tropic Rescue RX bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, produk ini mengandung antibacterial yang mampu membunuh tujuh jenis bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.


Diperkaya dengan kandungan bisabolol dari chamomile, face mist ini juga dapat membantu mengurangi inflamasi dan menenangkan kulit yang kemerahan. Untuk kulit sensitif, produk ini juga cenderung aman karena bebas alkohol, fragrance, dan minyak esensial.

No.7

SaffbeautysFacemist Mugwort Collagen

Mulai dari Rp80.000,00

Cerahkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati

Kelebihan:

  • Tidak hanya melembapkan, tetapi juga mengangkat sel kulit mati
  • Membantu menyamarkan flek hitam dan pori-pori yang besar

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan kemasan lain

Kondisi cuaca, lingkungan, polusi, dan sisa makeup menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Hal ini menyebabkan kulit terlihat kusam, bahkan bersisik. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan face mist yang mampu melembapkan kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati.


Kami merekomendasikan Facemist Mugwort Collagen dari Saffbeautys. Kandungan bahan aktif dalam produk ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah. Semprotkan ke seluruh wajah minimal tiga kali sehari dan rasakan kesegarannya!

No.8

Mineral Botanica Hydra Face Mist - Acne Care

Mulai dari Rp34.900,00

Formulanya menyegarkan untuk meredakan jerawat

Kelebihan:

  • Membantu meredakan jerawat dan menyegarkan kulit
  • Butiran spray-nya sangat halus karena menggunakan teknologi air mist

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan kemasan lain
  • Menurut review, aromanya agak strong

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang, terutama pada kulit yang cenderung berminyak. Face mist dari Mineral Botanica ini dapat menjadi pilihan tepat untuk kulit berjerawat. Selain bisa melembapkan dan menyegarkan kulit, produk ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi jerawat.


Kandungan salicylic acid-nya membantu mengurangi jerawat dan mencegahnya muncul kembali. Produk ini menggunakan teknologi air mist yang mampu menghasilkan butiran spray yang sangat halus. Untuk Anda yang memiliki masalah jerawat, face mist satu ini wajib Anda coba!  

No.9

Pond’s Antibacterial Face Mist

Mulai dari Rp25.200,00

Segarkan wajah dengan sensasi dinginnya!

Kelebihan:

  • Mengandung antibacterial untuk melindungi kulit dari bakteri
  • Memberikan sensasi dingin agar wajah lebih segar

Kekurangan:

  • Ada efek tingling yang terasa setelah face mist disemprotkan

Saat wajah Anda terasa kering, berikan kesegaran lewat Pond’s Antibacterial Face Mist. Setiap semprotannya mengandung 100% organic rose dan lima vitamin yang memberikan sensasi dingin menyegarkan.


Tak hanya itu, face mist ini juga mengandung antibacterial untuk melindungi kulit dari bakteri. Berdasarkan uji laboratorium terhadap E. Coli, produk ini dapat melawan 99% kuman. Wajah Anda pun tetap segar dan terlindungi!

No.10

CamilleLittle Pop Face Mist

Mulai dari Rp40.000,00

Bisa digunakan untuk campuran masker juga, lo!

Kelebihan:

  • Serbaguna, dapat digunakan sebagai face mist, campuran masker, atau setting spray
  • Aromanya ringan, cocok untuk Anda yang kurang menyukai face mist dengan aroma kuat

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan kemasan lain

Little Pop Face Mist merupakan produk serbaguna yang tidak hanya bisa digunakan sebagai face mist dan setting spray. Anda juga dapat menggunakannya sebagai campuran masker, lo. Dengan kandungan Centella asiatica, face mist ini sangat baik melembapkan dan memberi rasa sejuk pada kulit.


Bagi Anda yang menyukai produk multipurpose, Little Pop Face Mist bisa menjadi pilihan Anda. Agar makin sejuk saat digunakan, sebaiknya simpan produk ini di dalam kulkas, ya. Wajah jadi fresh dan glowing dengan produk ini!

Baca juga rekomendasi produk pelembap lainnya untuk kulit di sini

Selain face mist, Anda juga bisa menggunakan pelembap untuk menjaga kelembutan dan keremajaan kulit wajah. Tidak hanya untuk kulit kering, pelembap juga bisa digunakan untuk kulit berminyak, kulit berjerawat, atau bahkan kulit sensitif. Jika Anda penasaran dengan rekomendasi produknya, silakan langsung cek melalui tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Jadi, bagaimana? Apakah Anda menemukan produk yang Anda cari? Hanya sekali semprot, menggunakan face mist pada siang hari efektif dalam menyegarkan wajah dan melembapkan masalah kulit kering. Silakan mengecek face mist yang telah kami rekomendasikan dan mencoba salah satunya. Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kering, Anda dapat merasakan kulit yang lembap dan lebih segar sepanjang hari!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer