10 Rekomendasi Spons Cuci Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Spons Cuci Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Spons cuci mobil adalah salah satu peralatan penting untuk membersihkan mobil. Rupanya, memilih spons tidak dapat disepelekan! Meskipun spons umumnya tidak menggores bodi mobil, setiap produk memiliki keefektifan yang berbeda. Terdapat beragam material spons sesuai kebutuhan Anda dan ada juga yang berbentuk sarung tangan.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih spons cuci mobil yang baik dan benar. Setelahnya, kami akan mengurutkan sepuluh produk spons dari merek terbaik, seperti 3M, Turtle Wax, dan Ace Hardware. Jadikanlah artikel kami sebagai referensi untuk memilih spons cuci mobil Anda!

Daftar isi

Cara memilih spons cuci mobil

Pertama-tama, marilah kita mengecek poin-poin apa saja yang esensial dalam memilih spons cuci mobil.

Pilih ukuran spons sesuai dengan area mobil yang ingin dibersihkan

Pilih ukuran spons sesuai dengan area mobil yang ingin dibersihkan

Hal pertama kali yang harus diperhatikan dalam memilih spons adalah ukurannya. Tentu saja, spons yang terbaik itu relatif, tergantung Anda akan menggunakannya di bagian mobil yang mana. Baik untuk membersihkan bagian mobil secara menyeluruh maupun bagian kecilnya saja, pilihlah spons dengan ukuran yang sesuai.

Sebagai contoh, spons yang berukuran sedikit lebih besar daripada telapak tangan direkomendasikan untuk mencuci bodi mobil secara efisien. Sebaliknya, spons berukuran lebih kecil daripada kepalan tangan lebih mudah untuk membersihkan bagian yang tidak rata seperti sela-sela pelek dan kaca spion. Anda dapat memiliki dua atau tiga spons yang pemakaiannya disesuaikan dengan lebar area mobil yang ingin dibersihkan.

Pilih material sesuai dengan tingkatan noda dan aplikasi penggunaannya

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah materialnya. Cermati poin penting di dalam memilih spons cuci mobil yang cocok untuk Anda.

Menghasilkan busa berlimpah dan multifungsi! Pilih bahan urethane yang praktis

Menghasilkan busa berlimpah dan multifungsi! Pilih bahan urethane yang praktis

Urethane adalah bahan paling umum yang sering ditemukan pada spons cuci mobil. Spons tipe ini biasanya terdapat di dalam satu set peralatan mencuci mobil. Spons urethane menghasilkan busa yang banyak dan good value dibandingkan tipe lainnya. Praktis apabila memiliki satu spons tipe ini di mobil Anda.

Spons tipe urethane terdiri dari dua jenis yaitu jenis yang padat dan keras, serta jenis yang renggang dan lembut. Spons jenis padat memiliki kelebihan untuk mengangkat kotoran membandel dan hanya sedikit menyisakan noda pada spons.

Namun, seiring pemakaiannya, tipe ini perlahan akan kehilangan daya gunanya. Oleh sebab itu, Anda dapat memilih spons berjenis renggang yang disposable dan berharga lebih murah sebagai alternatifnya.

Cocok untuk Anda yang sering mencuci mobil! Spons kulit domba merawat mobil lebih lembut

Cocok untuk Anda yang sering mencuci mobil! Spons kulit domba merawat mobil lebih lembut

Memiliki tekstur yang mirip dengan urethane, spons yang terbuat dari mouton (kulit domba) adalah yang terbaik untuk mencuci mobil dengan lembut. Mouton memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga menghasilkan busa melimpah.

Kulit domba sulit untuk menggores badan mobil walaupun Anda menggosok dengan kuat. Akan tetapi, material ini tidak cocok untuk membersihkan kotoran membandel. Material ini lebih cocok bagi Anda yang sering mencuci mobil dan dapat digunakan untuk membersihkan mobil yang tidak terlalu kotor.

Menggosokan spons dengan tenaga kuat pada saat mencuci membuat kualitasnya menurun. Apabila Anda merawatnya dengan baik, spons kulit domba ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, gunakan spons ini untuk mencuci mobil secara lembut saja.

Daya serap airnya tinggi. Cellulose direkomendasikan untuk mencuci dan mengelap!

Daya serap airnya tinggi. Cellulose direkomendasikan untuk mencuci dan mengelap!

Cellulose direkomendasikan apabila Anda bermaksud mencuci mobil secara efisien. Keunggulan terbesar tipe ini adalah daya serap airnya yang tinggi. Dikarenakan spons menyerap banyak air, Anda tidak perlu sering menambahkan air sehingga mencuci mobil menjadi lebih efisien, bahkan hanya dengan menggunakan sedikit sampo.

Dikarenakan spons dapat menyerap banyak air, sebaiknya Anda menggunakannya setelah sampo. Meskipun menyerap banyak air, daya serap spons tidaklah sebanyak handuk. Setiap kali diperas, kemampuan serap spons akan kembali optimal. Dengan demikian, Anda tidak perlu mempersiapkan handuk banyak-banyak.

Untuk mencuci atap dan pelek dengan nyaman, pilih yang bergagang

Untuk mencuci atap dan pelek dengan nyaman, pilih yang bergagang

Selain tipe spons yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat pula spons yang memiliki gagang. Spons tipe ini membuat Anda lebih mudah mencuci bagian atap mobil sehingga tidak memerlukan lagi bangku pijak. Selain itu, Anda tidak perlu lagi menyentuh spons yang basah.

Akan tetapi, batang spons yang panjang mungkin  menyulitkan untuk membersihkan bagian mobil yang kecil. Oleh sebab itu, pilihlah spons berbatang pendek. Dengan menggunakan spons berbatang pendek, Anda lebih mudah menggosok bagian mobil tertentu, seperti pelek, dan lain-lain secara lebih kuat.

Cegah baret kecil pada saat mencuci. Pilih yang berwarna terang

Cegah baret kecil pada saat mencuci. Pilih yang berwarna terang

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah warnanya. Bagi sebagian orang, mungkin warna bukanlah faktor esensial dalam memilih spons terbaik. Namun, kenyataannya tidak demikian. Sebenarnya, penyebab terbesar badan mobil memiliki baret kecil adalah kotoran dan pasir yang melekat pada spons.

Umumnya, sulit untuk melihat kotoran yang menempel pada spons berwarna gelap seperti hitam. Alhasil, Anda harus sering mencuci spons agar tidak menggores mobil. Hal ini tentu saja membuat efisiensi mencuci menurun.

Sebaliknya, kotoran akan lebih mudah terlihat pada spons berwarna terang seperti kuning dan putih. Jadi, Anda dapat membersihkan spons sebelum membuat baret mobil. Pertimbangkanlah spons tipe berwarna terang apabila Anda tidak ingin menggores mobil pada saat mencuci.

10 Rekomendasi spons cuci mobil terbaik

Setelah mengetahui tipe spons yang terbaik untuk mencuci mobil, berikutnya kami memberikan sepuluh produk spons cuci mobil terbaik yang dijual di toko online di Indonesia. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga selera Anda. Selamat memilih!

10. Sarung Tangan Wol

10. Sarung Tangan Wol

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 29.000

Awet meskipun dipakai sering-sering

Produk ini terbuat dari bahan wol berkualitas tinggi untuk menghasilkan busa berlimpah. Desainnya berupa sarung tangan memberikan grip yang mantap supaya spons tidak terlepas dari tangan meskipun Anda menggosok kotoran dengan tenaga ekstra.

Walaupun Anda menggosok bodi mobil dengan kuat, bahan wol yang halus tetap memberikan proteksi terhadap baret pada bodi mobil. Dikarenakan materialnya cukup awet, Anda dapat menggunakan spons ini untuk mencuci mobil dengan frekuensi yang lebih sering.

Ukuran 23 cm × 15 cm
Material Wol
Gagang ×
Warna Tidak disebutkan

9. Spons Pembersih Segitiga

9. Spons Pembersih Segitiga

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 47.500

Desain segitiga. Menjangkau area sulit tanpa khawatir tangan terjepit

Spons yang dilengkapi dengan handel ini direkomendasikan untuk mencuci area kaki-kaki mobil seperti ban dan pelek. Gagangnya terbuat dari material ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yaitu plastik keras tahan benturan yang tidak mudah rusak ketika melanggar pelek ataupun karoseri.

Dengan memakai spons yang dilengkapi dengan gagang, Anda dapat menggosok sela-sela pelek, celah di antara ban, dan karoseri tanpa perlu khawatir tangan terjepit ataupun terluka. Sementara itu, bentuk segitiganya memungkinkan spons menyeka sampai ke bagian mobil yang sulit dijangkau.

Ukuran 35 cm × 15 cm × 5,5 cm
Material (gagang) ABS
Gagang ✔️
Warna Blue

8. Spons Velg Gagang Plastik

8. Spons Velg Gagang Plastik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.000

Warna kuning cerahnya gampang identifikasi kotoran menempel

Produk ini direkomendasikan bagi yang ingin membersihkan pelek secara lebih optimal tanpa khawatir menggores lapisannya. Warna kuning cerahnya membuat kotoran yang menempel pada spons akan lebih mudah terlihat saat Anda menggunakannya untuk membersihkan bodi mobil.

Sama seperti produk sebelumnya, produk ini juga dilengkapi dengan handel supaya kegiatan mencuci mobil dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman. Bagian ujung handel berbentuk melengkung seperti kail. Dengan demikian, spons dapat disimpan dengan posisi menggantung untuk menghemat tempat.

Ukuran 29 cm × 5 cm
Material (gagang) Plastik
Gagang ✔️
Warna Hitam, kuning

7. Kameko Jumbo Size

7. Kameko Jumbo Size

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.000

Spons jumbo agar busa lebih melimpah dan cuci lebih efisien

Kameko memproduksi spons pembersih serbaguna tidak hanya untuk mencuci mobil, tetapi juga untuk mencuci motor dan perabot rumah tangga. Materialnya halus dan aman untuk mencuci bodi mobil. Selain itu, bahannya yang kesat nyaman digenggam dan tidak gampang terlepas saat spons dipenuhi busa.

Ukuran jumbo sponsnya membuat sampo lebih banyak terserap sehingga busa yang dihasilkan lebih banyak. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu sering menambahkan sampo dan air untuk mencuci mobil. Ukuran jumbo ini juga membuat proses mencuci lebih efisien.

Ukuran 17,5 cm × 11,5 cm × 5 cm
Material Tidak disebutkan
Gagang ×
Warna Kuning

6. Ace Hardware Household Delicate, Light Duty Sponge

6. Ace Hardware Household Delicate, Light Duty Sponge

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.900

Material cellulose mengelap kering bodi dengan efisien

Spons ini memiliki material cellulose dengan fitur berdaya serap air tinggi. Hal tersebut membuat busa melimpah meski Anda hanya menggunakan sedikit sampo mobil. Spons ini juga cocok digunakan sebagai penyeka sisa air setelah Anda membilas bodi mobil, lalu menggunakan handuk untuk mengelap kering bodinya.

Karena materialnya lembut, produk ini aman untuk digunakan mencuci mobil setiap hari. Ukurannya yang hanya sebesar telapak tangan memudahkan Anda dalam menggenggam. Ukuran yang ideal ini cocok digunakan tidak hanya untuk laki-laki, tetapi juga perempuan untuk membersihkan perabot dapur dan kamar mandi.

Ukuran 13,97 cm × 3,56 cm
Material Cellulose
Gagang ×
Warna Kuning

5. Vyden Sheepskin Wash Mitt

5. Vyden Sheepskin Wash Mitt

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 118.000

Sheep skin berkualitas tinggi dari domba Australia

Vyden Sheepskin Wash Mitt merupakan sarung tangan cuci mobil yang terbuat dari kulit domba Australia. Produk ini memiliki tekstur bulu halus untuk mencuci secara lembut dengan busa melimpah. Daya serapnya tinggi sehingga menghasilkan busa yang melimpah. Produk ini juga cocok digunakan untuk mengelap bodi mobil.

Bulu halus setebal 55-75 mm meminimalkan permukaan sarung tangan untuk bersentuhan langsung dengan bodi mobil. Dengan demikian, baik goresan maupun serat bulu pendek yang tertinggal di bodi mobil dapat dicegah.

Ukuran 30 cm × 23 cm (Panjang bulu wol : 55-75 mm)
Material Longhair sheepskin
Gagang ×
Warna Cokelat

4. Spons Cuci Mobil Microfiber

4. Spons Cuci Mobil Microfiber

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 13.900

Baret lebih minimal dengan serat berpilin

Microfiber adalah salah satu material terbaik karena ekstra lembut, berdaya serap tinggi, dan melindungi mobil terhindar dari goresan. Sementara itu, chenille merupakan potongan serat mikro berpilin untuk memaksimalkan perlindungan terhadap bodi meskipun Anda menggosoknya dengan kuat.

Produk ini memiliki lapisan microfiber di satu sisi dan tali cantolan tangan di sisi yang lain supaya tidak mudah terlepas saat digunakan. Jadi, Anda dapat lebih mudah mencuci seluruh bodi mobil. Selesai pemakaian, Anda dapat membersihkan produk ini dengan lembut di mesin cuci atau dengan tangan.

Ukuran 21 cm × 11 cm × 5,5 cm
Material Microfiber chenille
Gagang ×
Warna Biru muda, biru tua, hijau, dan 2 pilihan warna lainnya

3. Sarung Tangan Microfiber

3. Sarung Tangan Microfiber

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.900

Cegah baret pada bodi dan tangan

Apabila spons microfiber sering terselip dari tangan pada saat mencuci mobil, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk menggunakan versi sarung tangannya. Selain sulit untuk tergelincir, produk ini juga melindungi tangan Anda dari bodi mobil yang mungkin dapat membuat terluka.

Material microfiber chenille melapisi hampir seluruh bagian produk ini hingga sisi mana pun yang digunakan. Anda tetap mudah membersihkan kotoran hanya dengan beberapa kali seka. Selain untuk membersihkan bodi mobil, sarung tangan ini dapat dipakai membersihkan perabot rumah tangga dan benda elektronik.

Ukuran 21 cm × 11 cm × 5,5 cm
Material Microfiber chenille
Gagang ×
Warna Biru, hijau, ungu dan 2 pilihan warna lainnya

2. Turtle Wax Grime Warrior TWA-118

2. Turtle Wax Grime Warrior TWA-118

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 30.000

Polyurethane berpori-pori besar untuk bersih-bersih yang maksimal

Turtle Wax adalah merek perawatan kendaraan asal Amerika Serikat yang memproduksi puluhan produk berkualitas tinggi. Salah satu produknya adalah Turtle Wax Grime Warrior TWA-118. Spons ini mempertahankan bentuknya dalam keadaan basah, memudahkan Anda menggosok seluruh bodi mobil secara maksimal.

Material polyurethane dengan pori-pori yang besar memudahkan mengangkat debu, kotoran, serta tidak akan membuat goresan pada pernis mobil. Selain maksimal menyerap kotoran, rongga besarnya juga memaksimalkan penggunaan sampo mobil sehingga lebih hemat. Produk ini cocok bagi Anda yang ingin menghemat sampo mahal!

Ukuran (panjang × lebar) Tidak disebutkan
Material Polyurethane
Gagang ×
Warna Cokelat

1. 3M Smart Sponge

1. 3M Smart Sponge

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.187

Spons sapu jagat, disukai karena harga dan fungsinya

3M Smart Sponge merupakan pilihan tepat untuk mencuci dan mengelap tidak hanya bodi, tetapi juga ban mobil. Materialnya lembut dan berdaya serap tinggi sehingga dapat diaplikasikan untuk mencuci bodi, mengelap bodi dengan wax mobil, membersihkan interior, dan menyemir ban. Multifungsi, ya!

Bentuknya yang menyerupai balok dan berukuran sebesar telapak tangan sangat ringan dan durable, cocok digunakan untuk kegiatan bersih-bersih mobil setiap hari. Spons berwarna ungu ini direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan alat cuci mobil yang dapat diandalkan dengan harga terjangkau.

Ukuran 15 cm × 10 cm
Material Tidak disebutkan
Gagang ×
Warna Ungu

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan spons cuci mobil

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan spons cuci mobil

Hal yang harus diperhatikan di dalam menggunakan spons adalah menghindari pemakaiannya untuk seluruh area mobil. Seperti yang telah disebutkan di bagian cara memilih, kotoran dan pasir yang terdapat pada spons akan mudah melukai bodi. Terutama di bagian roda, pasir dapat dengan mudah menempel pada spons. Apabila spons tersebut langsung digunakan untuk mencuci bodi akan mengakibatkan bodi mobil penuh dengan baret.

Baret di bodi mobil dapat berkurang secara dramatis kalau Anda memisahkan penggunaan spons untuk area bodi dan area suspensi mobil. Spons yang telah menurun daya pakainya adalah yang tidak dapat lagi membuat busa berlimpah dan sulit untuk mengangkat kotoran dengan sempurna. Agar awet, rawatlah spons dengan mencuci dan mengeringkannya setelah digunakan. Seringlah juga mengganti spons. Spons yang baru dan bersih membuat mobil juga bersih lebih optimal.

Baca juga rekomendasi produk kebersihan mobil lainnya di sini!

Selain produk spons cuci mobil terbaik yang telah kami bahas kali ini, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan produk kebersihan mobil lainnya. Silakan teliti penjelasan lebih lanjut di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Pada artikel ini kami telah menjelaskan secara singkat bagaimana cara memilih spons berdasarkan material dan aplikasi penggunaannya. Kami juga telah mengurutkan sepuluh spons terbaik yang dijual di toko online di Indonesia. Bagaimana menurut Anda?

Banyak produk dan tipe spons yang terdapat di pasaran. Berdasarkan penjelasan kami, pilihlah spons yang terbaik untuk dapat mencuci mobil kesayangan Anda dengan optimal tanpa baret. Jangan sampai salah pilih ya!