10 Rekomendasi Highlight Brush / Kuas Highlight Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Highlight Brush / Kuas Highlight Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Penggunaan highlight pada riasan wajah dapat membuat kulit terlihat cerah dan terkesan lebih muda. Untuk itu dibutuhkan kuas yang tepat agar bisa mengaplikasikan highlight dengan baik. Di pasaran banyak sekali merek-merek kuas highlight yang dijual, seperti Real Techniques, Sigma Beauty, dan Tammia.

Beragam merek tersebut mungkin membuat Anda kebingungan dalam menentukan pilihan kuas terbaik. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memaparkan cara memilih kuas highlight serta beberapa produk pilihan yang bisa Anda jadikan referensi saat membeli kuas highlight. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih kuas highlight

Ada berbagai bentuk kuas yang bisa digunakan sebagai kuas highlight, tergantung di area mana Anda mengaplikasikannya. Sebenarnya, kuas eye shadow dan kuas blush on juga bisa digunakan sebagai kuas highlight. Namun, kali ini kami akan memaparkan mengenai kuas yang memang didesain khusus untuk membuat riasan highlight. Anda perlu memilih produk dengan tepat karena semakin bagus kuas yang Anda gunakan, hasilnya akan semakin baik.

Pilihlah bentuk dan ketebalan kuas sesuai daerah pengaplikasiannya

Meskipun Anda menggunakan produk highlight yang sama, hasil saat Anda mengaplikasikannya pada tulang pipi bisa berbeda dengan hasil pada hidung. Oleh karena itu, pilihlah dengan bentuk dan ketebalan sesuai area wajah yang ingin Anda highlight. Tentunya, pilih kuas yang mudah digunakan, ya!

Round flat type untuk area di sekitar mata, T-zone, dan mulut

Round flat type untuk mata, T - zone, dan mulut

Bagi Anda yang ingin mengaplikasikan highlight pada bagian mata untuk membuatnya terlihat lebih menonjol atau pada T-zone untuk memberikan kesan tiga dimensi, gunakanlah kuas round flat type. Selain itu, bisa juga menggunakan kuas eyeshadow yang tebal atau kuas untuk concealer. Kuas berukuran kecil dapat mempermudah Anda mengaplikasikannya pada bagian detail yang membutuhkan tingkat presisi tinggi.

Pada bagian ujung hidung, aplikasikan tipis saja karena highlight yang terlalu tebal akan membuat hidung terlihat besar. Sapukan highlight tipis dengan kuas round flat type untuk area dahi juga. Di sisi lain, untuk meningkatkan kesan bibir yang feminim, Anda bisa beri sedikit highlight pada bagian filtrum atau bagian berbentuk M di atas bibir dan sedikit di bagian bawah bibir.

Kuas tebal untuk tulang pipi, C-zone, dan dagu

Kuas tebal untuk tulang pipi, C-zone, dan dagu

Ketika Anda membuat highlight pada C-zone, yakni di area sekitar mata dan tulang pipi, gunakanlah jenis kuas yang tebal dan lembut. Dengan kuas yang tebal atau bervolume, cukup satu kali pulasan sudah dapat memberikan gradasi alami dan membaur dengan kulit Anda.

Selain itu, bentuk kuasnya sering kali lebih ramping dari kuas untuk pipi sehingga Anda bisa menggambar garis lebih presisi atau membaurkan makeup jenis powder lebih baik. Hal ini akan menjadikannya menyatu dengan foundation dan terlihat natural. Pengaplikasian highlight pada C-zone juga dapat menyamarkan kulit kusam dan membuatnya terlihat lebih cerah. Kerutan dan noda juga lebih tersamarkan, serta wajah Anda akan terlihat lebih tirus.

Sesuaikan material bulu kuas highlight dengan hasil akhir yang Anda inginkan

Bulu kuas memiliki pengaruh dalam kenyamanan penggunaan dan hasil akhirnya. Secara umum, kuas yang terbuat dari nilon jenis taklon lebih murah, sedangkan bulu kuas yang berasal dari rambut hewan menampilkan kesan mewah. Meskipun demikian, bahan nilon belum tentu kalah dengan rambut alami. Sebaiknya sesuaikan dengan kulit Anda dan hasil akhir yang Anda inginkan.

Untuk warna yang bagus, pilihlah kuas dari rambut hewan asli

Untuk warna yang bagus, pilihlah kuas dari rambut hewan

Kelebihan dari bulu kuas rambut binatang asli adalah bisa memuat bubuk lebih banyak dibandingkan rambut buatan, serta warnanya bagus. Kuas tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan hasil akhir yang halus. Selain itu, kelembutan dan kekerasan bulu kuas juga berbeda tergantung pada jenis rambut binatang yang digunakan dan biasanya produk dengan harga mahal cenderung lebih lembut. Banyak produk yang menggunakan bulu tupai untuk kuas highlight karena paling lembut dan mudah dikontrol.

Jika dibandingkan dengan bahan rambut buatan, kuas dari rambut hewan lebih memerlukan waktu dan usaha untuk membersihkannya. Selain itu, produk ini juga lebih mudah rusak dan pada beberapa produk, terutama yang harganya murah, bisa menyebabkan gatal. Jika Anda memilih kuas dengan bahan rambut hewan, pastikan kualitas rambutnya bagus dan gunakan dengan hati-hati.

Untuk Anda pemilik kulit sensitif, pilihlah kuas dari bulu sintetis seperti nilon taklon

Untuk Anda pemilik kulit sensitif, pilihlah kuas berbahan nilon taklon atau bulu sintetis

Kuas highlight berbahan nilon taklon adalah kuas yang terbuat dari nilon berkualitas tinggi, sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Berbeda dengan kuas nilon konvensional, kuas nilon taklon memiliki ujung rambut yang tipis dan rasanya sangat nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Selain harganya terjangkau, Anda tidak perlu khawatir dengan alergi terhadap rambut hewan. Kuas berbahan nilon taklon cukup awet dan dapat dicuci dengan menggunakan sabun cair. Jadi, Anda bisa membuatnya tetap bersih dengan perawatan yang mudah. Cocok untuk Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaannya.

Pertimbangkan kerapatan dan tekstur bulu kuas dengan penggunaan Anda

Pertimbangkan kerapatan dan tekstur bulu kuas dengan penggunaan Anda

Kuas highlight umumnya memiliki bulu kuas yang halus dan tebal. Kuas dengan tekstur bulu yang halus seperti ini akan membuat taburan bubuk menjadi halus dan tipis. Cocok bagi Anda yang suka dengan light finishing, memiliki kulit muka yang rentan, serta menginginkan hasil akhir dengan efek shimmer atau pearl.

Di sisi lain, bulu kuas dengan kepadatan yang tinggi mampu membawa bubuk lebih banyak sehingga pengaplikasiannya jauh lebih terlihat. Tipe ini akan sangat berguna ketika Anda ingin membuat riasan yang kuat dan tajam. Lain lagi jika bulu kuasnya tipis dan padat, Anda bisa menggunakannya untuk memberikan highlight pada bagian inner corner mata dan bibir.

10 Rekomendasi kuas highlight terbaik

Pada bagian ini akan kami paparkan produk rekomendasi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Ada kuas tipis, kuas nilon taklon, dan kuas-kuas lainya yang berkualitas tinggi. Selamat menemukan kuas highlight favorit Anda!

10. Tammia Premium 549 Highlighting Brush

10. Tammia Premium 549 Highlighting Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 78.000

Memberikan hasil flawless glow pada tulang pipi dan alis

Untuk mendapatkan highlight yang flawless glow pada bagian tulang pipi dan tulang alis, Anda bisa mencoba produk ini. Dengan bulu sintetis lembut dan bentuknya yang mengerucut, brush ini bisa memberikan tampilan yang bersinar merata dan lembut pada seluruh wajah. Selain itu, kuas ini juga bisa digunakan untuk menghaluskan produk krim atau cair untuk finishing.

Bentuk kuas Bulu mengerucut
Material Bulu sintetis

9. Haluu Essentials RGM07 Mini Fan Brush

9. Haluu Essentials RGM07 Mini Fan Brush

Lihat produk ini di Lazada 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 69.000

Berikan detail pada area terkecil dengan bulu kuas yang kecil!

Bagi Anda yang mencari kuas dengan bulu kecil untuk memberikan hasil detail, gunakan produk ini. Sesuai namanya, kuas unik ini memiliki bulu-bulu kecil yang kaku untuk mengaplikasikan highlight pada targeted area seperti hidung dan dagu. Bulu kuasnya yang kecil membuat produk ini juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan maskara pada bulu mata Anda.

Bentuk kuas Kipas mini
Material Bulu sintetis

8. Morphe M532 Deluxe Highlight

8. Morphe M532 Deluxe Highlight

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 122.000

Bulu berbentuk dome-nya bagus untuk highlight dan blending

Kuas lembut ini akan membantu Anda mengaplikasikan highlight dengan sangat mudah. Cocok bagi Anda para pencinta highlight maupun bagi Anda yang masih pemula karena kuas ini sangat praktis. Selain itu, bulu kuas yang berbentuk dome, yakni ramping dan tidak menyebar, membuat kuas ini sangat sempurna dipakai untuk blending.

Bentuk kuas Kubah
Material Bulu sintetis

7. Ecotools Deluxe Fan Brush

7. Ecotools Deluxe Fan Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk in di Shopee

Harga : Rp 90.000

Kuas multifungsi yang akan membuat Anda jatuh hati

Kuas cantik ini memiliki empat fungsi sekaligus sehingga kehadirannya banyak disukai oleh masyarakat. Pertama, produk ini bisa membantu mengaplikasikan bedak. Kedua, membuat contour pada tulang pipi Anda.

Ketiga, membantu mengaplikasikan warna dengan lembut, serta yang terakhir untuk mengoreksi kesalahan makeup dan flek-flek di wajah. Untuk Anda yang ingin memiliki produk multifungsi dengan harga terjangkau, pilihlah produk ini. Material gagang yang terbuat dari bambu juga menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri karena memberikan kesan artistik.

Bentuk kuas Kipas
Material Bulu sintetis dengan bamboo handle

6. Sigma Beauty F35 – Tapered Highlighter

6. Sigma Beauty F35 - Tapered Highlighter

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 303.000

Mengaplikasikan bubuk dengan sempurna dan menciptakan efek 3D

Bulunya yang halus dan lembut membuat kuas ini mampu meratakan bubuk dengan sempurna. Sangat ideal untuk mengaplikasikan higlighter pada highpoint di wajah Anda seperti, tulang alis, serta hidung. Dengan kuas ini, Anda bisa mendapatkan efek 3D pada wajah Anda. Selain itu, ditunjang dengan handle yang terbuat dari kayu membuat kuas ini tahan lama.

Bentuk kuas Ramping dan runcing
Material Bulu sintetik SigmaTech fiber

5. Morphe M310 Large Soft Fan

5. Morphe M310 Large Soft Fan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 115.000

Kuas berbahan bulu kambing asli yang sudah terbukti kualitasnya!

Kuas berbentuk kipas dengan bulu lembut yang berasal dari bulu kambing asli ini sudah banyak memenangkan penghargaan, salah satunya InStyle’s Best Beauty Buys kategori Best Highlighting Brush Award pada tahun 2017. Hal ini dikarenakan kualitasnya yang memuaskan, mudah digunakan, dan juga harganya cukup terjangkau.

Produk ini paling bagus digunakan untuk memberikan highlight pada tulang pipi Anda, dan memberikan efek shimmering glow yang cantik. Bagi Anda yang sedang mencari produk dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau, tak salah jika membeli produk ini!

Bentuk kuas Kipas
Material Bulu kambing asli

4. Fenty Beauty Cheek Hugging Highlight Brush

4. Fenty Beauty Cheek Hugging Highlight Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 470.000

Bentuk kuasnya menyerupai gigi hiu dengan berbagai kegunaan!

Kuas dari Fenty Beauty milik Rihanna ini tampil berbeda dari kuas lainnya. Bentuk kuas dengan potongan asimetris berbentuk gigi hiu ini banyak disukai penggunanya karena bisa digunakan pada berbagai area wajah. Bagian tebalnya bisa diaplikasikan untuk pipi, sedangkan bagian yang tipis untuk hidung dan dagu.

Selain itu, bagian ujung yang lancip dan presisi bisa digunakan untuk memulas bagian cupid bone dengan tepat. Bagian pegangan kuas ini juga sangat nyaman digenggam dan memberikan Anda sensasi berbeda saat menggunakannya. Untuk Anda yang mencari kuas highlight dengan bentuk unik dan nyaman saat dipakai, cobalah produk ini.

Bentuk kuas Potongan asimetris berbentuk gigi hiu
Material Tidak ada keterangan

3. Sigma 3DHD Kabuki Brush

3. Sigma 3DHD Kabuki Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 105.000

Dilengkapi kuas dengan serat antimicrobial yang aman untuk kulit sensitif!

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau mudah berjerawat, Anda bisa memilih produk dengan kuas berbahan antimicrobial ini. Dengan begitu, kuas highlight ini bisa tidak mudah terkena bakteri sehingga lebih aman untuk kulit Anda, serta tidak menyebabkan alergi pada kulit Anda.

Sebagian besar kuas biasanya digunakan untuk mengaplikasikan bubuk, tetapi kuas yang satu ini bisa membantu Anda mengaplikasikan beragam jenis makeup mulai dari yang bubuk, krim, dan liquid. Dengan kuas ini juga Anda bisa menggunakannya untuk mengaplikasikan prime, concealer, sculp, dan highlighter.

Bentuk kuas Miring di dua sisi
Material Bulu sintetik, antimicrobial fibers

2. Real Techniques Setting Brush

2. Real Techniques Setting Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 89.000

Kuas super lembut yang tahan banting

Kuas cantik satu ini dengan warna shocking pink-nya memang mudah sekali diingat. Selain warnanya, yang menjadi daya tarik kuas ini adalah kelembutan bulu kuasnya serta bagian ujungnya yang meruncing sehingga bisa membantu membuat detail pada riasan Anda.

Daya tahan produk ini juga luar biasa sehingga tidak mudah rusak. Anda bisa mencucinya seminggu sekali dengan menggunakan cleansing gel. Tidak perlu takut rontok, luntur, atau berkurang kelembutannya karena kualitasnya akan tetap sama. Cocok digunakan untuk highlighter di area sempit, seperti lipatan hidung dan area bawah mata.

Bentuk kuas Ujung runcing
Material Bulu sintetik

1. Make Up For Ever Double-Ended Brush

1. Make Up For Ever Double-Ended Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 785.000

Kuas 2 in 1 dengan bulu kuas yang lembut!

Kuas ini memiliki desain yang inovatif dan bulu kuasnya nyaman di kulit. Kuas ini memiliki dua bentuk ujung kuas yang berbeda dalam satu produk, yakni rounded brush dan angled brush. Rounded brush bisa digunakan untuk mengaplikasikan bedak atau highlighter, sedangkan angled brush untuk sculpting pada tulang pipi.

Bulu kuasnya terbuat dari bulu sintetik dengan kualitas tinggi sehingga tidak kalah dengan kuas yang terbuat dari bulu asli. Teksturnya lembut dan sangat nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Cocok untuk Anda yang mencari kuas multifungsi yang nyaman saat digunakan.

Bentuk kuas 2 sisi, bentuk kubah dan bentuk miring
Material Bulu sintetik

Cara merawat kuas highlight

Setelah mengetahui cara memilih dan beberapa produk rekomendasi, kali ini kami akan memberi tahu cara membersihkan kuas highlight. Meskipun Anda memiliki kuas yang bagus, jika Anda tidak rajin membersihkannya akan berakibat fatal ke riasan. Sisa riasan yang belum dibersihkan bisa berdampak buruk pada wajah. Untuk menghindari masalah kulit wajah, cuci kuas secara berkala dan jaga kebersihannya dengan baik!

Kuas berbahan nilon taklon bisa dibersihkan dengan sabun cair

Kuas berbahan nilon taklon bisa dibersihkan dengan sabun cair

Kuas nilon taklon sangat mudah dibersihkan menggunakan sabun cair. Pertama-tama, basahi bulu kuas dengan air hangat, lalu tuangkan sabun cair secukupnya di telapak tangan Anda. Kemudian, gerakkan kuas seolah-olah menggambar lingkaran di telapak tangan Anda, terus lakukan sampai semua kotoran jatuh. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih, lalu peras dan keringkan. Caranya, kuas highlight digantung dengan bagian bulu kuas menghadap ke bawah. Kami juga merekomendasikan alat seperti papan cuci yang diperuntukkan agar mencuci kuas jadi lebih mudah.

Gunakan sabun khusus untuk mencuci kuas berbahan rambut hewan

Gunakan sabun khusus untuk mencuci kuas berbahan rambut hewan

Rambut hewan lebih lembut dibandingan dengan nilon taklon. Kuas berbahan rambut hewan lebih mudah rusak jika Anda mencucinya terlalu sering. Untuk itu, daripada mencucinya setiap hari, lebih baik Anda melakukan perawatan harian dengan membersihkan sisa bubuk yang masih menempel pada kuas setelah pemakaian sebaik mungkin.

Hal di atas tidak perlu dilakukan setiap waktu, Anda cukup sesekali membersihkan sisa bubuk dan debu yang menempel. Anda juga bisa mencucinya dengan sabun sekitar enam bulan atau setahun sekali. Caranya, rendam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun dan biarkan kotoran keluar dengan sendirinya. Lebih aman jika Anda menggunakan sabun khusus untuk membersihkan kuas rambut hewan.

Simpan di tempat kering dan hindari paparan sinar matahari langsung

Simpan di tempat kering dan hindari paparan sinar matahari langsung

Kuas berbahan nilon taklon atau pun rambut hewan akan mengalami kerusakan jika terpapar sinar matahari terus menerus. Setelah dicuci, lebih baik letakkan di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik untuk mengeringkannya.

Selain itu, sebaiknya gunakan pengering rambut karena bakteri bisa saja merambat bila hanya dibiarkan kering begitu saja. Tetap berhati-hati dengan panasnya saat menggunakan pengering rambut. Untuk penyimpanan, pastikan kuas Anda tidak terpapar langsung sinar matahari. Selain itu, tutupi atau bungkus kuas Anda dengan kain agar tidak terkena debu.

Baca juga mengenai kuas makeup lainnya di sini

Tidak hanya kuas highlight, masih banyak kuas lainnya yang bisa digunakan untuk makeup. Kuas-kuas ini jika bisa digunakan dengan tepat bisa menghasilkan makeup sesuai keinginan Anda. Baca artikel-artikel mengenai kuas makeup di sini.

Kesimpulan

Kami telah memaparkan berbagai macam kuas highlight, bagaimana menurut Anda? Kuas highlight pada dasarnya tidak hanya mampu menciptakan kesan yang tajam pada wajah Anda, tetapi juga mampu meyamarkan noda dan bintik di wajah. Sebaiknya Anda menyesuaikan jenis kuas dan teksturnya dengan kebutuhan Anda sehingga nyaman dipakainya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya,ya!