1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Peralatan makeup
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Highlight Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Highlight Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Highlight Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Highlight Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Highlight Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Highlight Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Highlight Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Penggunaan highlight sebagai pelengkap riasan wajah dapat membuat kulit terlihat cerah dan terkesan lebih muda. Untuk itu, dibutuhkan kuas yang tepat agar bisa mengaplikasikan highlight dengan baik. Di pasaran, tersedia banyak sekali merek kuas highlight, seperti Real Techniques, MUAQ, Armando Caruso, LAMICA Beuty, dan lainnya.

Beragam pilihan highlighter brush mungkin membuat Anda kebingungan dalam menentukan pilihan. Di artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih kuas highlighter yang bagus. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Selamat membaca!
Diperbaharui 12-29-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Diani Nur Fatimaisha

Diani Nur Fatimaisha adalah mahasiswa akhir Universitas Padjajaran dari program studi Manajemen Produksi Media. Semasa kuliah, perempuan yang akrab disapa Diani ini senang mengeksplorasi dunia menulis melalui magang, freelance, dan menjadi kontributor penulis. Berbekal dari pengalaman tersebut, Diani pun melanjutkan kariernya di mybest Indonesia. Ketertarikannya pada skincare membuat Diani menekuni artikel dengan topik perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Diani Nur Fatimaisha
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih highlight brush

Kali ini, kami akan memaparkan mengenai brush yang didesain khusus untuk mengaplikasikan highlight. Anda perlu memilih produk dengan tepat karena kualitas highlighter brush yang digunakan akan memengaruhi hasil akhirnya.

① Kenali bentuk-bentuk kuas

Sebelum memilih highlight brush, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai macam bentuk kuas. Di bawah ini kami akan memaparkan bentuk-bentuk kuas beserta penjelasannya.


  • Tapered brush memiliki bentuk bulat atau pipih dengan bagian ujung yang mengerucut. Kuas ini dapat mempermudah Anda mengaplikasikan highlight pada bagian tertentu yang membutuhkan presisi tinggi, seperti tear duct. Selain itu, brush tipe ini juga bisa membuat kesan tiga dimensi di bagian T-zone.
  • Angled brush adalah kuas dengan permukaan yang miring. Kemiringan ini bertujuan untuk mengikuti lekuk wajah yang tidak rata, seperti tulang hidung, tulang pipi, dan tulang rahang.
  • Round brush hadir dengan bentuknya yang bulat menyerupai kubah. Kuas ini biasanya memiliki helaian yang rapat sehingga memberikan sapuan yang pekat, rata, dan halus.
  • Fluff brush mempunyai bentuk pipih dengan ujung oval seperti dayung. Kuas ini bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan highlight pada tulang alis, puncak hidung, dan filtrum.
  • Fan brush dikenal dengan bentuknya yang pipih menyerupai kipas. Brush ini cocok untuk membaurkan highlight di area tulang pipi, tulang hidung, tulang rahang, serta dahi.

② Pilihlah ketebalan kuas sesuai daerah pengaplikasiannya

Meskipun menggunakan produk highlight yang sama, hasil saat Anda mengaplikasikannya pada tulang pipi bisa berbeda dengan hasil pada hidung. Oleh karena itu, pilihlah ketebalan brush sesuai area wajah yang ingin Anda highlight.

Bulu kuas yang kaku: Untuk area di sekitar mata, T-zone, dan mulut

Bulu kuas yang kaku: Untuk area di sekitar mata, T-zone, dan mulut

Untuk mengaplikasikan highlight di area mata, T-zone, dan mulut, gunakan brush dengan bulu yang kaku. Bulu kuas yang kaku memungkinkan Anda memoleskan highlight dengan maksimal sehingga pigmentasi warnanya tampak lebih kuat. Anda juga bisa memanfaatkan kuas eyeshadow yang tebal atau kuas concealer sebagai pengganti highlighter brush.


Agar hasil natural, aplikasikan highlight secara tipis di bagian hidung. Berhati-hatilah karena pengaplikasian yang terlalu tebal akan membuat hidung terlihat besar. Untuk meningkatkan kesan bibir feminin, pulaskan sedikit highlight pada bagian filtrum dan sedikit di bawah bibir.

Kuas tebal dengan bulu yang lembut: Untuk tulang pipi, C-zone, dan dagu

Kuas tebal dengan bulu yang lembut: Untuk tulang pipi, C-zone, dan dagu
Ketika Anda membuat highlight pada C-zone (area sekitar mata dan tulang pipi), gunakanlah highlighter brush yang tebal dan lembut. Dengan kuas yang lembut dan bervolume, satu pulasan sudah mampu memberikan gradasi alami yang membaur di kulit Anda.

Pengaplikasian highlight pada C-zone juga dapat menyamarkan kulit kusam dan membuatnya terlihat lebih cerah. Kerutan dan noda lebih tersamarkan, wajah Anda pun akan terlihat lebih tirus.

③ Perhatikan material bulu brush

Secara umum, bahan highlight brush terbagi atas dua jenis, yaitu bulu alami dan bulu artifisial. Pilihlah berdasarkan kecocokan brush di kulit Anda dan kemudahan perawatannya.

Kuas dari bulu alami: Nyaman dipakai dan berkualitas tinggi

Kuas dari bulu alami dibuat menggunakan rambut hewan, seperti musang, kambing, rakun, dan tupai. Kelembutan dan kekerasan bulu kuas berbeda-beda tergantung dari jenis rambut binatang yang digunakan. Kuas ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan kami uraikan di bawah ini.

Kelebihan bulu kuas dari bulu alami:
  • Sensasi penggunaan yang nyaman dan hasil yang berkualitas tinggi
  • Bisa menyerap produk dengan baik tanpa banyak fall-out sehingga makeup berbentuk powder akan lebih menempel pada wajah

Kekurangan bulu kuas dari bulu alami:
  • Rentan rusak jika tidak dirawat dengan tepat sehingga membutuhkan perawatan khusus
  • Rambut hewan bisa menyebabkan reaksi alergi pada wajah sensitif

Kuas dari bulu sintetis: Harganya terjangkau dan mudah dicuci

Kuas dari bulu sintetis: Harganya terjangkau dan mudah dicuci
Highlighter brush dengan bulu sintetis seperti nilon atau polister cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Hal itu karena bulu kuas ini tidak menggunakan rambut hewan sebagai bahan utamanya. Selain itu, terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan.

Kelebihan bulu kuas dari bulu sintetis:

  • Tergolong kuat dan awet, terutama bahan nilon taklon
  • Perawatannya mudah dan dapat dicuci menggunakan sabun cair

Kekurangan bulu kuas dari bulu sintetis:

  • Tidak dapat mengambil produk dengan baik sehingga produk berbentuk powder menjadi mudah fall-out

④ Pertimbangkan kerapatan dan tekstur bulu kuas

Pertimbangkan kerapatan dan tekstur bulu kuas
Kuas highlight umumnya memiliki bulu yang halus dan tebal. Kuas dengan tekstur bulu yang halus akan membuat sapuan partikel highlight menjadi tipis dan lembut. Highlight brush ini juga cocok dipakai untuk menghasilkan sapuan ringan dengan efek shimmering atau pearl. Kuas ini disarankan bagi pemilik kulit sensitif.

Di sisi lain, bulu kuas dengan kepadatan yang tinggi mampu membawa bubuk lebih banyak sehingga pengaplikasiannya terlihat lebih nyata. Tipe ini sangat berguna ketika Anda ingin membuat riasan yang kuat dan tajam. Jika bulu kuas tipis dan padat, Anda bisa menggunakannya untuk memberikan highlight pada bagian inner corner mata dan bibir.

10 Rekomendasi highlight brush terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk highlight brush terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Aeris Beauté

Golden Silk - Individual Brushes

Aeris Beauté Golden Silk - Individual Brushes 1枚目

Helaian bulunya halus dan lembut bagaikan sutra

2

MUAQ

Mini Fan Brush

MUAQ Mini Fan Brush 1枚目

Kecil-kecil cabe rawit, mungil dan berdaya tahan tinggi!

3

LAMICA Beauty

Tapered Highlight Brush

LAMICA Beauty Tapered Highlight Brush 1枚目

Kuas bundar untuk memberikan detailing akhir pada makeup Anda

4

Tammia

Premium Highlighting Brush

Tammia Premium Highlighting Brush 1枚目

Menonjolkan fitur wajah secara tepat

5

Armando Caruso

Luxe Round Highlighter Brush

Armando Caruso Luxe Round Highlighter Brush 1枚目

Bulu kuasnya berbentuk bulat dan mudah digunakan

6

Armando Caruso

Angled Brush

Armando Caruso Angled Brush 1枚目

Potongan kuasnya menyesuaikan bentuk tulang pipi dan tulang hidung

7

Volare Cosmetics Asia

Multi-tasking Brush

Volare Cosmetics Asia Multi-tasking Brush 1枚目

Kuas multifungsi untuk mengaplikasikan berbagai macam produk makeup

8

Karis Cosmetics

Small Tapered Powder Brush

Karis Cosmetics Small Tapered Powder Brush 1枚目

Berikan detail pada area spesifik dengan bulu kuas yang kecil!

9

Real Techniques

Makeup Setting Brush

Real Techniques Makeup Setting Brush 1枚目

Kuas superlembut yang tahan banting

10

Masami Shouko

Fan Brush

Masami Shouko Fan Brush 1枚目

Mampu menciptakan highlight yang flawless

Perincian produk
Close
No.1

Aeris BeautéGolden Silk - Individual BrushesS6

Mulai dari Rp70.000,00

Helaian bulunya halus dan lembut bagaikan sutra

Kelebihan:

  • Terbuat dari bulu sintetis yang halus dan lembut
  • Gagangnya ringan dan kokoh sehingga nyaman digenggam
  • Visual produknya terlihat mewah dengan harga terjangkau

Kekurangan:

  • Bulu kuas cukup lama mengering setelah dicuci

Pemilik kulit sensitif bisa mempertimbangkan produk yang satu ini. Pasalnya, highlight brush ini memiliki helaian bulu yang gentle dan soft. Ketika Anda memulaskan kuas ini, Anda akan merasakan sensasi lembut layaknya sutra di kulit Anda. Selain itu, kuas ini juga 100% cruelty-free sehingga tidak memicu risiko alergi pada wajah sensitif. Tertarik untuk mencoba?

No.2

MUAQMini Fan BrushM322

Mulai dari Rp75.000,00

Kecil-kecil cabe rawit, mungil dan berdaya tahan tinggi!

Kelebihan:

  • Produk awet dan tahan lama
  • Bulunya lembut dan terasa halus di kulit
  • Bisa membaurkan highlight dengan maksimal

Kekurangan:

  • Gagang kuas terlalu kecil untuk digenggam

Jika Anda mengutamakan ketahanan produk, Mini Fan Brush dari MUAQ layak dipertimbangkan. Selain terbuat dari rambut kambing yang halus dan lembut, kualitas kuas ini diklaim akan meningkat seiring penggunaannya.


Memiliki bentuk yang mungil membuat kuas ini dapat menyempurnakan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti filtrum dan area mata. Anda juga bisa menggunakan kuas ini untuk menyapukan bedak yang berlebih di wajah.

No.3

LAMICA BeautyTapered Highlight Brush107

Mulai dari Rp95.000,00

Kuas bundar untuk memberikan detailing akhir pada makeup Anda

Kelebihan:

  • Bulunya lembut sehingga nyaman saat digunakan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, bulu rontok setelah dicuci sehingga perawatannya harus tepat

Para pencinta makeup mungkin sudah familier dengan merek kuas premium LAMICA. Seluruh kuas dari LAMICA Beauty terbuat dari bahan berkualitas tinggi, siap memberikan performa terbaik pada tiap fungsinya. Tapered Highlight Brush didesain untuk mengaplikasikan highlight di bagian dagu, dahi, dan ujung hidung. 


Kepala kuasnya yang bundar memudahkan Anda menjangkau bagian-bagian yang dibubuhkan highlight dengan presisi. Di samping itu, kuas ini terbuat dari rambut kambing yang halus di kulit. Produk ini patut dijadikan pilihan jika Anda menginginkan kuas dengan performa tinggi!

No.4

TammiaPremium Highlighting Brush549

Mulai dari Rp77.900,00

Menonjolkan fitur wajah secara tepat

Kelebihan:
  • Bulunya lembut dan tidak mudah rontok
  • Bentuk bulu tidak berubah meskipun sudah dicuci

Kekurangan:

  • Ukuran kuas masih terlalu besar untuk mengaplikasikan highlight di wajah


Highlight brush dari Tammia terbuat dari bulu sintetis yang lembut. Bentuk bulunya yang mengerucut memberikan presisi tambahan saat Anda menyapukan highlight. Dengan demikian, fitur wajah Anda akan menonjol secara tepat.


Selain itu, kuas ini juga bisa digunakan untuk menghaluskan makeup bertekstur krim atau cair saat finishing. Tentunya direkomendasikan bagi Anda yang gemar menggunakan liquid highlighter.

No.5

Armando CarusoLuxe Round Highlighter Brush2307

Mulai dari Rp89.500,00

Bulu kuasnya berbentuk bulat dan mudah digunakan

Kelebihan:

  • Bulunya halus dan lembut sehingga terasa nyaman di kulit
  • Dapat membaurkan makeup dengan mudah
  • Desain produk terlihat mewah

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, warna hitam pada bagian gagangnya luntur dan menempel pada tangan

Luxe Round Highlighter Brush adalah kuas berbentuk round yang mudah diaplikasikan, pas untuk dipakai para pemula. Bulunya halus dan lembut sehingga terasa menyenangkan saat produk bersentuhan dengan kulit.


Karena helaian bulunya rapat, kuas ini dapat menghasilkan pulasan highlight yang halus dan merata. Cukup dengan sedikit sapuan, highlight di bagian mata, pipi, dan dahi Anda akan terlihat dengan indah dan jelas!

No.6

Armando CarusoAngled Brush317

Mulai dari Rp47.500,00

Potongan kuasnya menyesuaikan bentuk tulang pipi dan tulang hidung

Kelebihan:

  • Gagangnya nyaman digenggam
  • Bulunya lembut sehingga nyaman digunakan
  • Bentuk bulu tidak berubah meskipun sudah dicuci

Kekurangan:

  • Bulunya cukup padat dan tebal, produk makeup perlu diambil tipis-tipis saja agar tidak dempul

Angled Brush dari Armando Caruso tampil berbeda dari kuas lainnya. Potongan kuas yang asimetris ini menyesuaikan bentuk tulang pipi dan tulang hidung sehingga ideal untuk memulas highlight sekaligus contour di area tersebut. Sementara itu, ujung brush yang lancip dapat menjangkau sudut mata dan cupid bone dengan tepat.


Bagian pegangan kuas ini juga nyaman digenggam, memberikan sensasi yang berbeda saat digunakan. Bila Anda membutuhkan kuas dengan permukaan yang miring untuk highlighting dan contouring wajah, pertimbangkan produk ini.

No.7

Volare Cosmetics AsiaMulti-tasking BrushF05

Mulai dari Rp420.000,00

Kuas multifungsi untuk mengaplikasikan berbagai macam produk makeup

Kelebihan:

  • Kuasnya multifungsi
  • Bulunya lembut dan halus sehingga nyaman di kulit

Kekurangan:

  • Harganya sangat mahal dibandingkan produk kuas lain 

Bagi Anda yang hobi merias wajah, memiliki brush set merupakan sebuah keharusan. Akan tetapi, membawa brush set saat berpergian tentu merepotkan, bukan? Sebagai solusi, Anda bisa mempertimbangkan Multi-tasking Brush.


Produk ini memungkinkan Anda mengaplikasikan highlight, blush, dan bronzer dengan satu kuas. Anda juga dapat memanfaatkan brush ini untuk membubuhkan bedak di bawah mata. Bulu kuas alaminya berkualitas tinggi serta mampu menciptakan hasil makeup yang halus. Liriklah produk ini jika Anda mencari kuas yang multifungsi.

No.8

Karis CosmeticsSmall Tapered Powder Brush118

Mulai dari Rp80.000,00

Berikan detail pada area spesifik dengan bulu kuas yang kecil!

Kelebihan:
  • Mampu menjangkau area spesifik di wajah dengan presisi
  • Bulunya lembut di kulit dan tidak mengembang setelah dicuci
  • Gagangnya kokoh

Kekurangan:

  • Produk brand new yang baru dibuka memiliki sedikit bau rambut kambing yang mungkin mengganggu Anda

Saat sedang memoleskan highlight, terdapat beberapa area wajah yang sulit dijangkau dengan kuas besar. Karena itu, Anda memerlukan kuas berukuran kecil seperti Small Tapered Powder Brush.


Kuas ini memiliki bentuk meruncing sehingga mampu meng-highlight area spesifik yang membutuhkan presisi tinggi, seperti hidung, dagu, dan mata. Bahkan, Anda bisa mengaplikasikannya pada tear duct tanpa khawatir highlight berantakan.

No.9

Real TechniquesMakeup Setting Brush1413

Mulai dari Rp159.900,00

Kuas superlembut yang tahan banting

Kelebihan:
  • Bulunya lembut, kokoh, dan awet
  • Kemampuan meratakan makeup-nya bagus
  • Dapat mengangkat produk makeup dengan baik tanpa khawatir fall-out

Kekurangan:

  • Harganya relatif mahal

Setting Brush dari Real Tecniques hadir dalam warna dusty pink yang kalem. Daya tarik utama pada kuas ini adalah bulu UltraPlush Synthetic Bristles yang lembut, cruelty-free, dan mudah dibersihkan. Ujung kuas yang berbentuk tapered akan membantu Anda memberikan detail pada riasan Anda.


Daya tahan produk ini juga luar biasa sehingga tidak mudah rusak. Anda bisa mencucinya seminggu sekali dengan menggunakan cleansing gel. Tidak perlu takut rontok, luntur, atau berkurang kelembutannya karena kualitas kuas akan tetap sama. Brush ini cocok digunakan untuk highlighter di area sempit, seperti lipatan hidung dan area bawah mata.
No.10

Masami ShoukoFan Brush106

Mulai dari Rp95.000,00

Mampu menciptakan highlight yang flawless

Kelebihan:

  • Bulunya lembut di kulit dan tidak mudah rontok
  • Diklaim MUA (makeup artist) approved sehingga ideal untuk riasan profesional

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, bulu kuas tipis dan terlalu lemas

Untuk menghasilkan highlight yang flawless, gunakan kuas dari Masami Shouko sebagai aplikatornya. Brush berbentuk kipas ini memiliki bulu yang lembut sehingga terasa halus saat menyentuh kulit. Tidak heran jika kuas ini menjadi favorit para makeup artist. Produk ini paling pas digunakan untuk membubuhkan highlight pada tulang pipi, hidung, dahi, dan dagu. Efek glow yang memukau pun akan terpancar sempurna.

Cara merawat highlight brush berdasarkan bahannya

Cara merawat highlight brush berdasarkan bahannya
Kuas yang bagus sekalipun bisa berdampak fatal terhadap riasan dan kulit jika Anda tidak rajin membersihkannya. Untuk menghindari masalah pada kulit wajah, cucilah kuas secara berkala dan jaga kebersihannya dengan baik!

  • Kuas berbahan nilon taklon sangat mudah dibersihkan menggunakan sabun cair. Pertama-tama, basahi bulu kuas dengan air hangat, lalu tuangkan sabun cair secukupnya di telapak tangan Anda. Kemudian, gerakkan kuas seolah-olah menggambar lingkaran di telapak tangan Anda. Terus lakukan gerakan ini sampai semua kotoran jatuh. Setelah itu, bilas kuas dengan air sampai bersih, lalu peras dan keringkan.

  • Kuas berbahan rambut hewan lebih mudah rusak jika Anda mencucinya terlalu sering. Karena itu, Anda cukup sesekali membersihkan sisa bubuk dan debu yang menempel. Anda juga bisa mencucinya dengan sabun sekitar enam bulan atau setahun sekali. Caranya, rendam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun dan biarkan kotoran keluar. Lebih aman jika Anda menggunakan sabun khusus untuk membersihkan kuas rambut hewan.

Kuas berbahan nilon taklon ataupun rambut hewan akan mengalami kerusakan jika terpapar sinar matahari terus-menerus. Karena itu, sebaiknya letakkan kuas di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus untuk mengeringkannya. Anda juga bisa menggunakan pengering rambut karena bakteri bisa saja merambat jika kuas dibiarkan kering begitu saja.

Baca juga mengenai kuas makeup lainnya di sini

Tidak hanya kuas highlight, masih banyak kuas lainnya yang bisa digunakan untuk makeup. Jika digunakan dengan tepat, kuas-kuas ini bisa menghasilkan makeup sesuai keinginan Anda. Baca artikel-artikel mengenai kuas makeup di sini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai pembahasan kuas highlight yang telah kami paparkan kali ini? Highlight brush tidak hanya mampu menciptakan kesan yang tajam pada wajah, tetapi juga bisa menyamarkan noda dan bintik di wajah.


Pilihlah jenis kuas dan tekstur yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga nyaman dipakai dan memberikan hasil yang diinginkan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer