mybest
Minyak aroma

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Essential oil
  4. 10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik [Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi]
  • 10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi] 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi] 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi] 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi] 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi] 5

10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik [Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi]

Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aromatherapy oil. Tidak jarang, minyak aromaterapi hadir dalam bentuk essential oil sehingga bisa digunakan secara atopik maupun diuapkan dengan diffuser.

Selain Olaif, merek populer seperti Nu Aroma dan Bali Alus pun mengeluarkan produk dengan wangi aromaterapi terbaik. Ada aromaterapi lavender, minyak kayu putih, dan lainnya. Agar lebih praktis, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk aromaterapi yang bagus untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.
Diperbaharui 20/10/2023
dr. Nova Primadina
Pakar
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi. dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Profil dr. Nova Primadina
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu minyak aromaterapi?

Apa itu minyak aromaterapi?

Aromaterapi berasal dari gabungan kata 'aroma' dan 'terapi', artinya aroma tersebut didapat dari tumbuhan aromatik. Aromaterapi mempunyai efek pengobatan terhadap tubuh manusia dengan cara memanfaatkan minyak yang diekstraksi. Minyak aromaterapi dapat dihasilkan dari ekstraksi buah, bunga, batang, akar, bahkan biji suatu tumbuhan.


Karena diekstraksi dari berbagai tumbuhan di seluruhan dunia, varian dan cara penggunaannya pun beragam. Anda dapat sekadar menghirup wanginya secara langsung, menguapkannya dengan diffuser, bahkan mengencerkannya ke dalam air mandi.


Minyak aromaterapi yang berupa essential oil juga dapat dicampur dengan carrier oil sebagai minyak pijat atau produk perawatan kulit. Karena itu, selain khasiat, Anda pun harus mempertimbangkan aromanya. Dengan menghirup aroma kesukaan Anda, khasiatnya untuk mengurangi stres akan makin meningkat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minyak aromaterapi

Minyak aromaterapi memiliki banyak varian, dan pedoman yang menjadi dasar untuk memilihnya pun beragam. Untuk itu, simaklah poin-poin di bawah ini agar Anda dapat memilih minyak aromaterapi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

1

Tentukan berdasarkan jenis wewangiannya

Secara garis besar, terdapat tujuh jenis wewangian yang umum digunakan dalam minyak aromaterapi. Bila Anda bisa memilih salah satu dari tujuh jenis wewangian ini, memilih minyak aromaterapi pun tak akan membingungkan. Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Wewangian bunga (floral): Aroma manis dan lembut yang mudah diterima kebanyakan orang

Wewangian bunga (floral): Aroma manis dan lembut yang mudah diterima kebanyakan orang
Jenis minyak aroma ini diekstraksi dari bunga sehingga karakteristik aromanya beragam tergantung pada jenis bunga yang digunakan. Meski begitu, kebanyakan wewangian bunga memiliki aroma yang manis, lembut, dan memberi efek menenangkan.

Selama bunga yang menjadi bahan bakunya tidak memiliki aroma yang terlalu kuat, minyak aroma jenis ini mudah diterima oleh setiap orang. Karena kebanyakan produknya memiliki aroma yang lembut, menyebarkan wanginya ke seluruh ruangan dengan menggunakan diffuser sangat dianjurkan. Contoh wewangian bunga (floral) adalah lavender, rose, geranium, dan neroli.

Wewangian kayu (woody): Keharuman yang menyegarkan bagai berada di tengah hutan

Wewangian kayu (woody): Keharuman yang menyegarkan bagai berada di tengah hutan
Jenis ini merupakan hasil ekstraksi dari kulit kayu, ranting, dan bagian pohon lainnya. Minyak aroma ini menghasilkan aroma yang menyegarkan bagai atmosfer di tengah hutan.

Gunakan aroma ini sebagai campuran air saat mandi berendam. Dapatkan sensasi bagai berendam di dalam bath tub yang terbuat dari kayu alami! Contoh wewangian kayu (woody) adalah cedarwood, rosewood, sandalwood, agarwood, dan pine.

Wewangian damar (amber): Fragrance yang cenderung kuat dan manis, serta bertahan lebih lama

Wewangian damar (amber): Fragrance yang cenderung kuat dan manis, serta bertahan lebih lama
Wewangian ini umumnya diekstrak dari damar atau getah pohon berkayu. Memiliki ciri khas aroma yang kuat dan cenderung manis, jenis ini juga memiliki tingkat viskositas tinggi. Karena berviskositas tinggi, kebanyakan minyak aroma ini memiliki aroma yang tahan lama.

Jika Anda belum terbiasa, mulailah menggunakannya dengan cara diteteskan sedikit pada saputangan atau semacamnya terlebih dahulu. Contoh wewangian damar (amber) adalah frankincense, benzoin, myrrh, dan galbanum.

Wewangian herbal: Kesegaran dan kesejukkan yang melegakan indera penciuman

Wewangian herbal: Kesegaran dan kesejukkan yang melegakan indera penciuman
Seperti namanya, jenis ini banyak diekstrak dari dedaunan dan biji-bijian tanaman herbal. Aromanya menyegarkan dengan sedikit aksen aroma pahit, bahkan ada pula yang berkhasiat mengusir serangga. Meski begitu, aromanya tetap terasa sedap di indera penciuman manusia. 

Kebanyakan jenis ini memiliki aroma menyejukkan yang melegakan hidung sehingga ideal digunakan sebagai teman berkonsentrasi saat belajar atau bekerja. Cukup teteskan pada saputangan Anda, lalu nikmati aromanya kapan dan di mana pun. Contoh wewangian herbal adalah peppermint, serai, clary sage, thyme, dan eucalyptus.

Wewangian jeruk (citrus): Wangi segar yang paling mendekati buah sumber aromanya

Wewangian jeruk (citrus): Wangi segar yang paling mendekati buah sumber aromanya
Wewangian ini diekstrak dari buah-buahan berspesies citrus yang telah dikenal dengan aromanya yang khas. Kebanyakan jenis ini diekstrak dari kulit buahnya sehingga aromanya begitu mirip dengan buah itu sendiri. 

Aromanya cenderung tidak bertahan terlalu lama sehingga cocok digunakan oleh Anda yang ingin menikmati minyak aroma sementara saja. Perlu dicatat bahwa jenis ini lebih mudah teroksidasi daripada jenis lainnya. Pastikan Anda menghabiskannya dalam waktu enam bulan setelah kemasan dibuka. Contoh wewangian jeruk (citrus) adalah sweet orange, bergamot, yuzu, grapefruit, dan lemon.

Wewangian oriental: Eksotis dengan aksen manis yang kuat khas Asia Tenggara dan Timur Tengah

Wewangian oriental: Eksotis dengan aksen manis yang kuat khas Asia Tenggara dan Timur Tengah
Jenis wewangian ini tidak digolongkan berdasarkan asal sumber ekstraksinya, melainkan ciri khas aromanya. Aromanya akan mengingatkan Anda pada keeksotisan khas Asia Tenggara dan Timur Tengah. 

Ciri khasnya adalah aroma manis yang kuat dan tahan lama sehingga Anda perlu memperhatikan kuantitas dalam setiap kali pemakaian. Anda bisa mulai menggunakannya dengan meneteskannya pada tisu, atau media lainnya yang dapat mencegah wanginya terlalu menyebar. Contoh wewangian oriental adalah ylang-ylang, vetiver, sandalwood, dan patchouli.

Wewangian rempah-rempah (spice): Aroma khas bumbu dapur dengan aksen yang lebih lembut

Wewangian rempah-rempah (spice): Aroma khas bumbu dapur dengan aksen yang lebih lembut
Diekstrak dari rempah-rempah, jenis wewangian ini memiliki aroma sedikit pedas. Jenis rempah yang digunakan adalah rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi dengan aroma yang tidak terlalu menyengat. Setiap orang kemungkinan mempunyai referensi berbeda mengenai jenis ini berdasarkan tingkat aroma pedasnya.

Bagi Anda yang baru ingin mencoba, eksplorasilah keharumannya dengan cara-cara sederhana terlebih dulu. Mulailah dengan meneteskannya pada tisu atau benda lain yang dapat menyerap cairan dengan baik sebagai media. Contoh aroma rempah-rempah (spice) adalah cardamom, cloves, ginger, cinnamon, dan nutmeg.

2

Pastikan khasiatnya agar penggunaan lebih tepat sasaran

Pastikan khasiatnya agar penggunaan lebih tepat sasaran
Berbagai khasiat bisa Anda dapatkan dari minyak aromaterapi. Khasiatnya mulai dari menyegarkan pikiran hingga menjaga kesehatan tubuh. Beberapa contoh khasiat dan minyak aromaterapi berikut barangkali dapat menjadi gambaran bagi Anda.

  • Untuk menghilangkan stres atau tujuan relaksasi, minyak beraroma lembut seperti lavender dapat dipilih. Bila Anda juga mengalami sakit kepala ringan atau otot tengkuk yang kencang, Anda bisa memadukannya dengan aroma peppermint.

  • Ketika merasa lesu dan kurang bersemangat, pulihkan mood serta suasana hati Anda dengan aromaterapi yang menyegarkan. Anda bisa memilih aromaterapi dengan wangi citrusy seperti lemon atau herbal seperti rosemary.

  • Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan alias diet, minyak aromaterapi juga bisa membantu Anda. Aromaterapi yang dipercaya menekan nafsu makan, seperti jasmine, cinnamon, ginger, serta grapefruit, patut Anda coba.

Selain yang diuraikan di atas, masih banyak manfaat dari aromaterapi. Pada intinya, pahamilah kebutuhan Anda untuk dapat memilih minyak aromaterapi yang tepat. Bisa juga Anda membeli beberapa macam minyak aromaterapi sekaligus untuk digunakan bergantian sesuai mood.

3

Perhatikan note wewangian, terutama bila ingin memadukan beberapa jenis produk sekaligus

Perhatikan note wewangian, terutama bila ingin memadukan beberapa jenis produk sekaligus
Note pada konteks wewangian merupakan tingkat penguapan atau durasi aroma. Note terdiri dari tiga bagian, yaitu top note, middle note, dan base note, dengan durasi pada umumnya secara berturut-turut 30 menit–2 jam, 2 jam–6 jam, serta di atas 6 jam.

Masalah note bisa Anda abaikan bila minyak aromaterapi digunakan tanpa dicampur wewangian lain. Meski begitu, bila Anda menggunakannya dengan cara memadukan antara satu minyak aromaterapi dan lainnya, komposisi note-nya juga akan berubah. Pada saat itu, lebih baik perhatikan note-nya agar Anda mendapatkan komposisi aroma yang sesuai keinginan.


Kemudian, minyak aromaterapi yang tahan lama cenderung tertinggal wanginya di dalam ruangan dalam waktu lama. Apabila Anda baru hendak mencoba menggunakan minyak aromaterapi, lebih baik mulai dengan produk yang lebih dominan top note-nya.

4

Prioritaskan produk dari produsen yang telah terpercaya

Prioritaskan produk dari produsen yang telah terpercaya

Penggunaan minyak aromaterapi ditujukan untuk kesehatan fisik dan pikiran pengguna. Meski begitu, di pasaran masih banyak terdapat produk yang dibuat menggunakan pewangi sintetis dan bahan lain yang tidak baik bagi kesehatan. Agar Anda mendapatkan produk yang dibuat dari bahan-bahan terbaik, pilihlah minyak aromaterapi buatan produsen tepercaya.


Salah satu ciri produsen yang meyakinkan adalah sudah memproduksi produk dalam kurun waktu yang cukup lama. Selain itu, komposisi produk sebaiknya nyaris 100% dari bahan alami. Produk yang telah memiliki sertifikasi dari BPOM atau MUI pun bisa menjadi pertimbangan.


Produk pilihan Anda tak perlu dibuat oleh produsen terkenal yang sudah mendunia. Sekarang banyak pula produsen lokal yang memproduksi minyak aromaterapi berkualitas dengan bahan-bahan lokal pilihan. Selain kesegaran sumber aroma lebih terjamin, harganya pun lebih bersahabat.


Ada salah satu hasil penelitian yang membahas mengenai minyak aromaterapi yang diambil dari salah satu area. Minyak aromaterapi tersebut memberikan efek optimal jika dipakai oleh orang yang lahir atau tinggal di area tersebut. Dengan kata lain, orang Indonesia lebih direkomendasikan memakai minyak aromaterapi yang tanaman aslinya tumbuh di wilayah Indonesia.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi minyak aromaterapi terbaik

Berikut ini adalah daftar Minyak Aromaterapi rekomendasi Tim Editorial mybest (pada 20 Oktober 2023).
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bahan kandungan
Aroma
Ukuran
Asal ekstraksi
Asal bahan ekstraksi
Sertifikasi

Olaif

Essential Oil Sandalwood

Olaif Essential Oil Sandalwood 1

Rp50.000

Agak Murah

Manjakan indera dan pikiran dengan wangi kayu yang lembut

100% Santalum album oil

Sandalwood

10 ml

Steam distilled

Tidak diketahui

KEMENKES RI PKL 20601120560

Sensatia Botanicals

Tea Tree Leaf Essential Oil

Sensatia Botanicals Tea Tree Leaf Essential Oil 1

Rp125.000

Agak Mahal

Mendukung perawatan kulit sehari-hari agar sehat dan bebas jerawat

Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, limonene, Simmondsia chinensis (jojoba) seed oil

Tea tree (fresh, woody)

10 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18170701676

Bali Alus

Essential Oil Rose

Bali Alus Essential Oil Rose 1

Rp28.490

Agak Murah

Aroma mewah bunga mawar yang ideal untuk spa di rumah

Rose oil

Rose

10 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18150601080

Bathaholic

Frankincense Essential Oil

Bathaholic Frankincense Essential Oil 1

Rp165.000

Lebih Mahal

Aroma damar yang elegan dan melegakan pernapasan

Ekstrak tumbuhan Boswellia

Frankincense (aroma damar)

15 ml, 50 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Betah

Lavender Essential Oil

Betah Lavender Essential Oil 1

Rp89.000

Menengah

Kualitas aroma terdepan karena dibuat hanya dari ekstraksi pertama

Lavender oil

Lavender

10 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18220602020

Organic Supply Co.

Lemon Essential Oil

Organic Supply Co. Lemon Essential Oil 1

Rp95.000

Agak Mahal

Kesegaran citrus yang membantu me-reset pikiran dan tubuh Anda

Citrus limon oil (dari kulit lemon)

Lemon (rich lemony, segar, manis)

5 ml, 10 ml, 30 ml

Cold pressed

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Manura

Lemongrass Essential Oil

Manura Lemongrass Essential Oil 1

Rp79.000

Menengah

Therapeutic grade essential oil yang aman untuk bayi, bumil, dan busui

Cymbopogon citratus oil

Lemongrass (sereh, lemon, smoky)

10 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Nu Aroma

Essential Aromatic Oil Clove

Nu Aroma Essential Aromatic Oil Clove 1

Rp31.500

Agak Murah

Khasiat alam untuk mengobati batuk dan meringankan gangguan pernapasan

Perfuming compound, Eugenia caryophyllus essential oil

Cengkeh

10 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Pharmacie Organi.co

Peppermint Essential Oil

Pharmacie Organi.co  Peppermint Essential Oil 1

Rp39.000

Agak Murah

Ringankan sakit kepala dan flu dengan cara yang alami

100% peppermint essential oil

Peppermint

10 ml, 30 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Pure Living

Bergamot Essential Oil

Pure Living Bergamot Essential Oil 1

Rp73.000

Menengah

Sterilkan udara dalam ruangan sembari meningkatkan mood Anda

100% bergamot essential oil

Bergamot (jeruk pahit, lemon)

15 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

OlaifEssential Oil Sandalwood

Essential Oil Sandalwood 1
Sumber: olaif.com
Essential Oil Sandalwood 2
Sumber: olaif.com
Essential Oil Sandalwood 3
Sumber: olaif.com
Essential Oil Sandalwood 4
Sumber: olaif.com
Essential Oil Sandalwood 5
Sumber: olaif.com
Harga referensi
Rp50.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp50.000
Agak Murah

Manjakan indera dan pikiran dengan wangi kayu yang lembut

Olaif Essential Oil Sandalwood menghadirkan ketenangan dan relaksasi melalui aromaterapi. Wangi kayu lembut dengan hint manis membuatnya ideal sebagai penyegar udara. Tanpa tambahan pengencer atau bahan aditif, cocok untuk digunakan secara rutin sebagai aromaterapi.


Selain itu, minyak esensial ini memberikan pengalaman yang memanjakan indera dengan keseimbangan dan kebaikan alami. Produk ini sesuai bagi Anda yang mencari relaksasi dan ketenangan sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Bahan kandungan100% Santalum album oil
AromaSandalwood
Ukuran10 ml
Asal ekstraksiSteam distilled
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiKEMENKES RI PKL 20601120560
View all
Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Sensatia BotanicalsTea Tree Leaf Essential Oil

Harga referensi
Rp125.000
Agak Mahal

Mendukung perawatan kulit sehari-hari agar sehat dan bebas jerawat

Tea Tree Leaf Essential Oil dari Sensatia Botanicals menawarkan aroma kayu menyegarkan yang menenangkan. Selain unggul dari sisi aroma, minyak tea tree ini punya manfaat lain, lho. Misalnya, minyak dari daun tea tree di dalamnya mampu membantu mengatasi masalah kulit, menyeimbangkan sebum, dan mengurangi noda pada kulit. 


Kaya akan sifat antiseptik, tea tree essential oil pun cocok untuk kulit rentan berjerawat, membantu mengurangi luka, serta mencegah infeksi. Ideal juga untuk individu dengan masalah kulit, terutama yang ingin merawat kulit berjerawat dan mengalami ketidakseimbangan sebum. 

Bahan kandunganMelaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, limonene, Simmondsia chinensis (jojoba) seed oil
AromaTea tree (fresh, woody)
Ukuran10 ml
Asal ekstraksiTidak diketahui
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiNA18170701676
View all

Bali AlusEssential Oil Rose

Harga referensi
Rp28.490
Agak Murah

Aroma mewah bunga mawar yang ideal untuk spa di rumah

Bali Alus Essential Oil Rose menghadirkan aroma bunga mawar yang sempurna untuk perawatan tubuh di rumah. Wangi mewah mawar ini cocok dicampurkan ke dalam air mandi atau untuk berendam. Tak hanya itu, aroma keharuman yang menggoda ini dapat dioleskan langsung ke kulit. 


Produk ini ideal juga untuk potpourri demi menciptakan atmosfer ruangan yang santai dan estetis. Dibuat dengan bahan alami yang terbukti aman dan berkualitas. Produk ini cocok digunakan oleh Anda yang menginginkan sensasi spa eksklusif dan kenyamanan di rumah.

Bahan kandunganRose oil
AromaRose
Ukuran10 ml
Asal ekstraksiTidak diketahui
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiNA18150601080
View all

BathaholicFrankincense Essential Oil

Harga referensi
Rp165.000
Lebih Mahal

Aroma damar yang elegan dan melegakan pernapasan

Ruangan di rumah Anda terasa pengap? Bathaholic Frankincense Essential Oil bisa membantu. Produk ini merupakan minyak esensial yang memberikan efek melegakan pernapasan saat dihirup. Kandungan alaminya membantu mengurangi kecemasan dan meredakan inflamasi kulit, ideal bagi yang ingin merawat kulit berjerawat. Aromanya yang elegan membuat minyak esensial ini sangat sesuai untuk penggunaan di ruang tamu. 

Bahan kandunganEkstrak tumbuhan Boswellia
AromaFrankincense (aroma damar)
Ukuran15 ml, 50 ml
Asal ekstraksiTidak diketahui
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiTidak diketahui
View all

BetahLavender Essential Oil

Harga referensi
Rp89.000
Menengah

Kualitas aroma terdepan karena dibuat hanya dari ekstraksi pertama

Betah Lavender Essential Oil merupakan minyak esensial murni yang dihasilkan dari ekstraksi pertama bunga lavender. Hal tersebut memastikan bahwa aromanya berkualitas terbaik. Di pihak lain, formula khususnya memiliki manfaat mengurangi kecemasan, meredakan stres emosional, dan mengatasi sakit kepala.


Selain membantu menciptakan suasana hati tenang untuk mendukung istirahat yang nyaman, aroma lavender dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, produk ini ideal digunakan oleh Anda yang sering mengalami kesulitan tidur atau insomnia ringan.

Bahan kandunganLavender oil
AromaLavender
Ukuran10 ml
Asal ekstraksiTidak diketahui
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiNA18220602020
View all

Organic Supply Co.Lemon Essential Oil

Harga referensi
Rp95.000
Agak Mahal

Kesegaran citrus yang membantu me-reset pikiran dan tubuh Anda

Lemon Essential Oil Organic dari Supply Co. diekstrak melalui metode cold pressed dari kulit lemon hasil dari pertanian di Afrika Selatan. Minyak lemon sendiri dikenal dengan harumnya yang menyegarkan dan membangkitkan semangat. Pikiran yang kurang konsentrasi karena kelelahan pun dapat menajam kembali.


Tak hanya itu, lemon terkenal sebagai detoksifikasi bagi tubuh, merangsang aliran limfa, menyegarkan kulit, serta melindungi sistem kekebalan dan pernapasan. Anda yang ingin meningkatkan konsentrasi saat bekerja atau belajar sekaligus detoksifikasi tubuh, pilih saja produk ini!

Bahan kandunganCitrus limon oil (dari kulit lemon)
AromaLemon (rich lemony, segar, manis)
Ukuran5 ml, 10 ml, 30 ml
Asal ekstraksiCold pressed
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiTidak diketahui
View all

ManuraLemongrass Essential Oil

Harga referensi
Rp79.000
Menengah

Therapeutic grade essential oil yang aman untuk bayi, bumil, dan busui

Manura Lemongrass Essential Oil merupakan salah satu minyak esensial yang diformulasikan dengan bahan alami dan tingkat terapeutik. Produk ini dapat digunakan oleh segala kalangan, termasuk bayi, ibu hamil, dan menyusui. Anda dapat mencampurkannya ke dalam carrier oil untuk memijat si kecil.


Tak hanya itu, aroma khas sereh yang menyegarkan dengan sentuhan lemon membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Sereh juga punya kemampuan alami untuk mengusir serangga, lho!

Bahan kandunganCymbopogon citratus oil
AromaLemongrass (sereh, lemon, smoky)
Ukuran10 ml
Asal ekstraksiTidak diketahui
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiTidak diketahui
View all

Nu AromaEssential Aromatic Oil Clove

Harga referensi
Rp31.500
Agak Murah

Khasiat alam untuk mengobati batuk dan meringankan gangguan pernapasan

Nu Aroma Essential Aromatic Oil Clove adalah minyak atsiri murni yang diekstrak dari buah, tangkai, dan daun cengkeh. Minyak esensial cengkeh memiliki sifat antimikroba yang efektif membunuh bakteri serta kemampuan meredakan rasa sakit. Selain itu, minyak cengkeh juga membantu meringankan gangguan pernapasan seperti batuk dan asma. Oleh karena itu, produk ini ideal dipilih ketika Anda kerap batuk-batuk dan mengalami masalah pernapasan.

Bahan kandunganPerfuming compound, Eugenia caryophyllus essential oil
AromaCengkeh
Ukuran10 ml
Asal ekstraksiTidak diketahui
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiTidak diketahui
View all

Pharmacie Organi.co Peppermint Essential Oil

Peppermint Essential Oil 1
Sumber: shopee.co.id
Peppermint Essential Oil 2
Sumber: shopee.co.id
Peppermint Essential Oil 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp39.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp39.000
Agak Murah

Ringankan sakit kepala dan flu dengan cara yang alami

Gejala flu biasanya diawali dengan sakit kepala. Sebelum memutuskan untuk minum obat, sebaiknya gunakan dulu Pharmacie Organi.co Peppermint Essential Oil. Dengan sifat antiradangnya, minyak esensial peppermint ini membantu menghilangkan ketegangan otot sehingga membantu meredakan sakit kepala. Diikuti dengan aromanya yang spicy dan segar, napas pun jadi lega. Anda pun dapat menghirupnya tiap hari sekadar untuk relaksasi.

Bahan kandungan100% peppermint essential oil
AromaPeppermint
Ukuran10 ml, 30 ml
Asal ekstraksiTidak diketahui
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiTidak diketahui
View all

Pure LivingBergamot Essential Oil

Harga referensi
Rp73.000
Menengah

Sterilkan udara dalam ruangan sembari meningkatkan mood Anda

Bergamot memiliki perpaduan aroma jeruk pahit dan lemon yang menghasilkan aroma bitter citrusy. Oleh karena itu, Pure Living Bergamot Essential Oil adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan mood, mengatasi kecemasan, dan relaksasi. Dikenal sebagai antidepresan alami, minyak esensial ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu menjaga kebersihan ruangan. Tidak hanya itu, produk ini juga berperan sebagai disinfektan alami untuk ruangan, lho.

Bahan kandungan100% bergamot essential oil
AromaBergamot (jeruk pahit, lemon)
Ukuran15 ml
Asal ekstraksiTidak diketahui
Asal bahan ekstraksiTidak diketahui
SertifikasiTidak diketahui
View all

Pertanyaan umum seputar minyak aromaterapi

Pertanyaan umum seputar minyak aromaterapi

Setelah mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar minyak aromaterapi. Jika Anda ingin mengetahuinya, simak jawaban di bawah ini!

Apa perbedaan essential oil dan fragrance oil?

Essential oil murni terbuat secara alami dan bersumber dari alam (tumbuhan). Di sisi lain, fragrance oil dibuat oleh manusia melalui proses kimia. Essential oil lebih aman digunakan karena bebas dari bahan kimia sintetik dan memberikan efek aromaterapi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak aromaterapi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak aromaterapi
Meskipun minyak aromaterapi membantu memulihkan kesehatan fisik dan pikiran, produk ini bukanlah obat. Minyak aromaterapi hanya bersifat mendukung kesehatan (suportif), bukan mengobati (terapeutik). Berkonsultasilah ke dokter jika Anda memang stres atau keluhan kesehatan yang dialami tidak juga teratasi.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda dan gunakanlah minyak aromaterapi sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan dosis dan cara penggunaan, serta sesuaikan dengan usia untuk menghindari efek samping. Mendukung proses berjalannya pengobatan dengan kekuatan alam yang berasal dari minyak aromaterapi akan membuat perasaan Anda menjadi cerah kembali.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Essential oil
  4. 10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik [Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.