10 Rekomendasi Minyak Aroma / Aroma Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Minyak Aroma / Aroma Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak, merupakan sebagian dari manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan minyak aroma atau aroma oil. Memiliki segudang varian, Anda pun semakin mudah untuk memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.

Selain produk dari Happy Green yang sudah terkenal, produsen lokal, seperti Nusaroma dan Darjeeling pun mengeluarkan produk yang tak kalah berkualitas. Jangan bingung dalam memilih karena di bawah ini, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk-produk pilihan untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih minyak aroma / aroma oil

Minyak aroma atau aroma oil memiliki banyak varian, dan pedoman yang menjadi dasar untuk memilihnya pun beragam. Hal yang pasti adalah minyak aroma harus dipilih dengan hati-hati karena akan dihirup dan masuk ke dalam tubuh. Bila kualitas aroma yang dipilih tidak cukup baik, manfaat minyak aroma mungkin tidak akan didapatkan. Untuk itu, simaklah poin-poin di bawah ini agar Anda dapat memilih minyak aroma yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Pilihlah minyak aroma berdasarkan jenis wewangiannya

Pilihlah minyak aroma berdasarkan jenis wewangiannya

Ditilik dari wanginya, minyak aroma memiliki banyak sekali varian. Aroma akan langsung bersentuhan dengan tubuh Anda sehingga pilihlah minyak aroma bukan hanya dari khasiatnya, melainkan juga dari aroma yang paling Anda suka. Dengan menghirup aroma kesukaan Anda, khasiatnya untuk menghilangkan stres akan semakin meningkat.

Secara garis besar, terdapat tujuh jenis wewangian yang umum digunakan dalam minyak aroma. Bila Anda bisa memilih salah satu dari tujuh jenis wewangian ini, memilih minyak aroma pun tak akan membingungkan. Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Wewangian bunga (floral) : aroma manis dan lembut yang mudah diterima kebanyakan orang

Wewangian bunga (floral) : aroma manis dan lembut yang mudah diterima kebanyakan orang

Jenis minyak aroma ini umumnya diekstraksi dari bunga. Karakteristik aromanya berbeda tergantung pada jenis bunga yang digunakan, tetapi kebanyakan memiliki aroma yang manis, lembut, dan bernuansa cantik. Selama bunga yang menjadi bahan bakunya tidak memiliki aroma yang terlalu kuat, minyak aroma jenis ini mudah diterima oleh setiap orang. Karena kebanyakan produknya memiliki aroma yang lembut, menyebarkan wanginya ke seluruh ruangan dengan menggunakan diffuser sangat dianjurkan.

Contoh wewangian bunga (floral) : lavender, rose, geranium, neroli, dan sebagainya.

Wewangian kayu (woody) : menghadirkan aroma yang menyegarkan bagai berada di tengah hutan

Wewangian kayu (woody) : menghadirkan aroma yang menyegarkan bagai berada di tengah hutan

Jenis ini merupakan hasil ekstraksi dari kulit kayu, dedaunan, ranting, dan bagian pohon lainnya. Minyak aroma ini menghasilkan aroma yang menyegarkan bagai atmosfer di tengah hutan. Gunakan aroma ini sebagai campuran air saat mandi berendam, dapatkan sensasi bagai berendam di dalam bath tub yang terbuat dari kayu alami.

Contoh wewangian kayu (woody)tea tree, eucalyptus, cypress, rosewood, dan sebagainya.

Wewangian damar (amber) : aroma cenderung kuat dan manis, serta bertahan lebih lama

Wewangian damar (amber) : aroma cenderung kuat dan manis, serta bertahan lebih lama

Wewangian ini umumnya diekstrak dari damar atau getah pohon berkayu. Memiliki ciri khas aroma yang kuat dan cenderung manis, jenis ini juga memiliki tingkat viskositas tinggi. Karena berviskositas tinggi, kebanyakan minyak aroma ini memiliki aroma yang tahan lama. Bila Anda belum terbiasa, mulailah menggunakannya dengan cara diteteskan sedikit pada saputangan atau semacamnya terlebih dahulu.

Contoh wewangian damar (amber) : frankincense, benzoin, myrrh, galbanum, dan sebagainya.

Wewangian herbal : wangi menyegarkan dan menyejukkan yang melegakan indera penciuman

Wewangian herbal : wangi menyegarkan dan menyejukkan yang melegakan indera penciuman

Seperti namanya, jenis ini banyak diekstrak dari dedaunan dan biji-bijian tanaman herbal. Aromanya menyegarkan dengan sedikit aksen aroma pahit, bahkan ada pula yang berkhasiat mengusir serangga. Kebanyakan jenis ini memiliki aroma menyejukkan yang melegakan hidung sehingga ideal digunakan sebagai teman berkonsentrasi saat belajar atau bekerja. Cukup teteskan pada saputangan Anda, lalu masukkan ke dalam tas. Anda pun dapat menikmati aromanya saat di sekolah maupun di kantor.

Contoh wewangian herbal : peppermint, marjoram, clary sage, thyme, dan sebagainya

Wewangian jeruk (citrus) : wangi khas menyegarkan dengan aroma paling mendekati buah sumber aromanya

Wewangian jeruk (citrus) : wangi khas menyegarkan dengan aroma paling mendekati buah sumber aromanya

Diekstrak dari buah-buahan berspesies citrus, Anda tentu sudah dapat membayangkan aroma khasnya yang menyegarkan. Kebanyakan jenis ini diekstrak dari kulit buahnya sehingga aromanya begitu mirip dengan buah itu sendiri. Aromanya cenderung tidak bertahan terlalu lama sehingga cocok digunakan oleh Anda yang ingin menikmati minyak aroma sementara saja. Perlu dicatat bahwa jenis ini lebih mudah teroksidasi daripada jenis lainnya. Pastikan Anda menghabiskannya dalam waktu enam bulan setelah kemasan dibuka.

Contoh wewangian jeruk (citrus) : sweet orange, mandarin, bergamot, yuzu, dan sebagainya.

Wewangian oriental : aroma eksotis khas Asia Tenggara dan Timur Tengah dengan aksen manis yang kuat

Wewangian oriental : aroma eksotis khas Asia Tenggara dan Timur Tengah dengan aksen manis yang kuat 

Jenis wewangian ini tidak digolongkan berdasarkan asal sumber ekstrasinya, melainkan ciri khas aromanya yang mengingatkan Anda pada aroma eksotis khas Asia Tenggara dan Timur Tengah. Ciri khasnya adalah aroma manis yang kuat dan tahan lama sehingga Anda perlu memperhatikan kuantitas dalam setiap kali pemakaian. Karena hanya perlu sedikit saja dalam setiap pemakaian, Anda bisa lebih berhemat. Anda bisa mulai menggunakannya dengan meneteskannya pada tisu, atau media lannya yang dapat mencegah wanginya terlalu menyebar.

Contoh wewangian oriental : ylang ylang, vetivel, sandalwood, patcholi, dan sebagainya.

Wewangian rempah-rempah (spice) : aroma khas bumbu dapur dengan aksen yang lebih lembut

Wewangian rempah-rempah (spice) : aroma khas bumbu dapur dengan aksen yang lebih lembut

Diekstrak dari rempah-rempah, jenis wewangian ini memiliki aroma sedikit pedas. Jenis rempah yang digunakan adalah rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi dengan aroma yang tidak terlalu menyengat. Setiap orang kemungkinan mempunyai referensi berbeda mengenai jenis ini berdasarkan tingkat aroma pedasnya. Bagi Anda yang baru ingin mencoba, pakai saja tisu atau benda lain yang dapat menyerap cairan dengan baik sebagai media, agar wanginya tidak terlalu menyebar.

Contoh aroma rempah-rempah (spice) : cardamom, cloves, ginger, cumin, dan sebagainya.

Pilihlah berdasarkan khasiatnya agar penggunaan lebih tepat sasaran

Pilihlah berdasarkan khasiatnya agar penggunaan lebih tepat sasaran

Berbagai khasiat bisa Anda dapatkan dari minyak aroma. Mulai dari penghilang stres, relaksasi, pemulihan mood atau suasana hati, serta lain sebagainya.

Meskipun sama-sama menggunakan minyak aroma, cara menghilangkan stres pun berbeda-beda tergantung pada jenis stresnya. Misalnya, stres dengan sedikit perasaan jengkel, dapat diatasi dengan minyak aroma yang memiliki efek menenangkan hati. Bila Anda merasa lesu, minyak aroma dengan wangi menyegarkan bisa menjadi opsi. Pada intinya, pahamilah suasana hati Anda sendiri untuk dapat memilih minyak aroma yang tepat. Bisa juga Anda membeli beberapa macam minyak aroma sekaligus untuk digunakan bergantian sesuai mood.

Perhatikan note wewangian, terutama bila ingin memadukan beberapa jenis produk sekaligus

Perhatikan note wewangian, terutama bila ingin memadukan beberapa jenis produk sekaligus

Note pada konteks wewangian merupakan tingkat penguapan atau durasi aroma. Note terdiri dari tiga bagian, yaitu top note, middle note, dan base note, dengan durasi pada umumnya secara berturut-turut 30 menit-2 jam, 2 jam-6 jam, serta di atas 6 jam.

Masalah note bisa Anda abaikan bila minyak aroma digunakan tanpa dicampur wewangian lain. Meski begitu, bila Anda menggunakannya dengan cara memadukan antara satu minyak aroma dan lainnya, komposisi note-nya juga akan berubah. Pada saat itu, lebih baik perhatikan note-nya agar Anda mendapatkan komposisi aroma yang sesuai keinginan.

Kemudian, minyak aroma yang tahan lama cenderung tertinggal wanginya di dalam ruangan dalam waktu lama. Bila Anda baru hendak mencoba menggunakan minyak aroma, lebih baik mulai dengan produk yang lebih dominan top note-nya.

Pilihlah produk dari produsen yang telah terpercaya

Pilihlah produk dari produsen yang telah terpercaya

Penggunaan minyak aroma ditujukan untuk kesehatan fisik dan pikiran pengguna. Meski begitu, di pasaran masih banyak terdapat produk yang dibuat menggunakan pewangi sintetis dan bahan lain yang tidak baik bagi kesehatan. Agar Anda mendapatkan produk yang dibuat dari bahan-bahan terbaik, pilihlah minyak aroma buatan produsen terpercaya. Salah satu ciri produsen yang meyakinkan adalah sudah memproduksi produk dalam kurun waktu yang cukup lama dan menggunakan komposisi nyaris 100% bahan alami pada produknya.

Produk pilihan Anda tak perlu dibuat oleh produsen terkenal yang sudah mendunia. Sekarang banyak pula produsen lokal yang memproduksi minyak aroma berkualitas dengan bahan-bahan lokal berkualitas. Selain kesegaran sumber aroma lebih terjamin, harganya pun lebih bersahabat.

10 Rekomendasi minyak aroma / aroma oil terbaik

Setelah mengetahui informasi dasar mengenai minyak aroma atau aroma oil, beserta cara memilihnya, tentu Anda telah memiliki bayangan produk seperti apa yang bisa menjadi pilihan. Berikut sepuluh produk minyak aroma rekomendasi terbaik yang bisa Anda jadikan referensi.

10. Happy Green Dark Wood

10. Happy Green Dark Wood

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Membawa aroma hutan yang sejuk hingga ke dalam ruangan Anda

Di Indonesia, kayu hitam atau atau akrab disebut kayu gaharu sedang populer sebagai bahan furnitur dan interior rumah. Bukan hanya karena kualitasnya, tetapi juga karena kayu ini menghasilkan resin dengan aroma khas yang sejuk seperti hutan.

Kini tak perlu punya perabot dari kayu hitam untuk menikmati aromanya, cukup pakai produk ini saja. Minyak aroma dengan kesan wangi maskulin ini cocok untuk Anda penyuka wangi fresh hutan dengan aksen wangi khas kayu alami.

Jenis wewangian Kayu (woody)
Note Base note
Asal ekstraksi Kayu hitam
Asal bahan ekstraksi Papua

9. Nusaroma Citronella Oil

9. Nusaroma Citronella Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 48.529

Aromanya segar bagi manusia, tetapi dibenci oleh serangga

Ketika musim hujan tiba dan nyamuk mulai bersarang di rumah Anda, pakailah produk ini sebagai obat nyamuk alami. Selain keharuman sereh wangi yang begitu njawani, produk ini juga akan membuat nyamuk dan serangga lainnya tak berani mendekati ruangan Anda. Tubuh akan lebih rileks, Anda pun lebih nyaman beraktivitas tanpa gangguan serangga.

Jenis wewangian Herbal
Note Top note
Asal ekstraksi Tidak disebutkan
Asal bahan ekstraksi Jawa, Indonesia

8. Darjeeling Vetiver Essential Oil

8. Darjeeling Vetiver Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 189.000

Bantu tenangkan diri dan cooling down saat pikiran Anda terasa chaos

Vetiver atau akar wangi sering disebut-sebut sebagai herbal suci yang kaya manfaat. Aromanya dikenal menenangkan dan mendinginkan suhu badan yang terasa panas. Untuk itu, setelah terpapar stres seharian karena pekerjaan dan berbagai urusan, bagaimana kalau menenangkan diri bersama aroma produk ini?

Perasaan gugup serta cemas yang melanda pikiran pun akan mereda berkat keharumannya. Perasaan yang tenang akan me-reset pikiran Anda menjadi segar kembali. Anda pun siap menghadari tantangan di esok hari dengan kepala dingin.

Jenis wewangian Oriental
Note Base note
Asal ekstraksi Akar
Asal bahan ekstraksi Indonesia

7. Nusaroma Ginger Oil

7. Nusaroma Ginger Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 130.000

Legakan pernafasan secara alami, sensasi aromanya pun menghangatkan ruangan

Jahe merupakan rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai obat dan bumbu dapur sejak zaman dahulu. Rasanya yang sedikit pahit dan pedas di kerongkongan membuat tidak semua orang menggemarinya. Padahal jahe memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan pernafasan.

Bila Anda mengalami flu, hidung tersumbat, atau lendir di tenggorokan, bagaimana kalau menyembuhkannya dari luar menggunakan minyak aroma ini? Tinggal hirup aromanya untuk membuka dan melancarkan jalur pernafasan Anda. Uapkan juga untuk menimbulkan sensasi aroma hangat di dalam ruangan.

Jenis wewangian Rempah-rempah (spice)
Note Tidak disebutkan
Asal ekstraksi Tidak disebutkan
Asal bahan ekstraksi Indonesia

6. The Bathaholic Thyme EO

6. The Bathaholic Thyme EO

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 95.000

Jangan biarkan PMS merusak hari Anda! Atasi saja dengan produk yang satu ini

PMS atau sindrom prahaid terkadang membuat mood bagai roller coaster. Selain masalah suasana hati, fisik juga terkena dampaknya, yaitu berupa nyeri di area payudara, perut, dan sebagainya. Nah, bila Anda tak asing dengan keadaan ini, tertarik untuk mencoba produk ini sebagai solusi?

Ketika gejala PMS menyerang, oleskan produk ini di area perut dan uapkan di burner atau diffuser untuk dihirup aromanya. Komponennya akan masuk ke dalam tubuh untuk membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi stres secara mental serta fisik. Buktikan sendiri, ya!

Jenis wewangian Herbal
Note Tidak disebutkan
Asal ekstraksi Tidak disebutkan
Asal bahan ekstraksi Indonesia

5. Essenzo Bergamot Essential Oil

5. Essenzo Bergamot Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 310.000

Gantikan aroma bau badan tak sedap dengan aroma citrus yang menyegarkan

Berbeda dengan buah citrus lainnya, bergamot memiliki aroma kompleks, yaitu bagai perpaduan antara aroma lemon dan bunga. Meskipun dikenal beraroma tajam, kesegaran khas citrus-nya dapat Anda manfaatkan untuk menetralkan bau badan yang tak sedap.

Oleskan saja langsung minyak ini pada ketiak atau sumber bau badan lainnya. Campurkan juga pada produk deodoran yang Anda gunakan sehari-hari, niscaya khasiatnya dalam menghilangkan bau badan akan berlipat ganda. Tentu saja digunakan sebagai aromaterapi dengan diuapkan pada diffuser pun oke!

Jenis wewangian Jeruk (citrus)
Note Tidak disebutkan
Asal ekstraksi Tidak disebutkan
Asal bahan ekstraksi Indonesia

4. Darjeeling Coffee Essential Oil

4. Darjeeling Coffee Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.000

Pulihkan kembali energi setelah lelah beraktivitas seharian

Minuman kopi dikenal sebagai minuman berkafein yang cepat mengembalikan energi dengan cara mempercepat metabolisme tubuh manusia. Bagi Anda yang menginginkan manfaat kopi, tetapi tidak dapat minum atau tidak menyukai rasa kopi, bagaimana kalau memetik manfaat dari aromanya saja?

Nikmati keharuman produk ini pada saat Anda merasa lelah setelah beraktivitas, kemudian dapatkan kembali asupan energi melalui sensasi khas keharuman kopinya. Selain bermanfaat bagi tubuh, aroma kopi pun dikenal sangat ampuh untuk menetralkan berbagai bau tak sedap di ruangan.

Jenis wewangian Lain-lain
Note Middle note
Asal ekstraksi Biji
Asal bahan ekstraksi India

3. Pompeii Natural Frankincense

3. Pompeii Natural Frankincense

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 238.000

Kaya manfaat kesehatan di balik aromanya yang misterius

Lebih dikenal dengan nama kemenyan di Indonesia, minyak aroma yang satu ini identik dengan hal-hal gaib. Namun, bagi Anda yang menginginkan suasana misterius di dalam ruangan Anda, produk ini merupakan minyak aroma yang tepat untuk dipilih.

Di sisi lain, minyak aroma ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas hingga membantu melemahkan sel kanker. Bila dioleskan pada kulit, minyak ini mampu menyamarkan bekas luka dan jerawat. Mulai berubah pikiran terhadap image minyak yang satu ini?

Jenis wewangian Damar (amber)
Note Tidak disebutkan
Asal ekstraksi Tidak disebutkan
Asal bahan ekstraksi Mesir

2. Young Living Peppermint Essential Oil

2. Young Living Peppermint Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 335.000

Aroma netral yang menyejukkan untuk berbagai kegunaan

Bagi Anda yang suka bereksperimen dalam mengombinasikan berbagai minyak aroma, produk ini adalah opsi yang tepat. Aromanya yang menyejukkan, terasa netral ketika dicampurkan dengan minyak aroma lainnya. Hasil kombinasinya tetap seperti aroma favorit Anda, dengan sedikit aksen fresh yang membangkitkan semangat.

Meski begitu, produk ini tetap dapat dinikmati tanpa kombinasi minyak aroma lainnya. Aromanya pun tak hanya bisa dinikmati sebagai wewangian ruangan saja. Tambahkan pada sampo atau air mandi Anda, kemudian dapatkan efek aroma peppermint yang segar menempel di tubuh Anda.

Jenis wewangian Herbal
Note Tidak disebutkan
Asal ekstraksi Daun dan bunga
Asal bahan ekstraksi Mona, Utah, USA

1. Happy Green Lavender

1. Happy Green Lavender

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 140.000

Tingkatkan kualitas istirahat Anda dengan tidur yang lebih lelap

Memiliki banyak beban pikiran seringkali membuat seseorang sulit terlelap meski fisik sudah dalam kondisi sangat lelah. Bisa tertidur sekalipun, biasanya hanya “tidur ayam” saja, alias tidak pulas. Akibatnya, stamina pun tidak bisa pulih dengan optimal.

Bagi Anda yang memiliki masalah tidur, produk yang satu ini pantas dicoba. Usapkan minyak aroma ini di atas bantal sebelum tidur. Aroma lembutnya yang merelaksasi akan membuat Anda terlelap lebih cepat. Tidur berkualitas, aktivitas sehari-hari pun semakin lancar.

Jenis wewangian  Bunga (floral)
Note Middle note
Asal ekstraksi Bunga
Asal bahan ekstraksi Prancis

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak aroma

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak aroma

Meskipun minyak aroma membantu memulihkan kesehatan fisik dan pikiran, produk ini bukanlah obat. Karena produk ini hanya bersifat mendukung kesehatan, bukan mengobati, berkonsultasilah ke dokter bila memang stres atau keluhan kesehatan yang Anda alami tak juga teratasi.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda dan gunakanlah minyak aroma sesuai dengan kebutuhan. Mendukung proses berjalannya pengobatan dengan kekuatan alam yang berasal dari minyak aroma, akan membuat perasaan Anda menjadi cerah kembali.

Kesimpulan

Sudahkan Anda memutuskan jenis minyak aroma yang ingin dicoba? Tidak hanya membuat harum ruangan atau benda-benda di sekitar Anda, minyak aroma juga berkhasiat mendukung kesehatan fisik dan pikiran Anda.

Masing-masing jenis wewangian memiliki karakter aroma tersendiri sehingga penting untuk memilih aroma yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan pemilihan aroma yang tepat, niscaya stres dapat berkurang, mood menjadi lebih baik, dan hari-hari Anda bisa lebih menyenangkan.