• 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)

Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aromatherapy oil. Tidak jarang, minyak aromaterapi hadir dalam bentuk essential oil sehingga bisa digunakan secara atopik maupun diuapkan dengan diffuser.

Selain Young Living, merek lokal seperti NU Aroma dan Bali Ratih pun mengeluarkan produk dengan wangi aromaterapi terbaik. Ada aromaterapi lavender, minyak kayu putih, dan lainnya. Agar lebih praktis, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk aromaterapi yang bagus untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Nova Primadina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis bedah dan ahli aromaterapi, Dr. Nova Primadina, dr., Sp.BP-RE, CH, CHt

Profil pakar: Dokter spesialis bedah dan ahli aromaterapi, Dr. Nova Primadina, dr., Sp.BP-RE, CH, CHt
dr. Nova Primadina
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi.


dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Apa itu minyak aromaterapi?

Apa itu minyak aromaterapi?

Aromaterapi berasal dari gabungan kata 'aroma' dan 'terapi', artinya aroma tersebut didapat dari tumbuhan aromatik. Aromaterapi mempunyai efek pengobatan terhadap tubuh manusia dengan cara memanfaatkan minyak yang diekstraksi. Minyak aromaterapi dapat dihasilkan dari ekstraksi buah, bunga, batang, akar, bahkan biji suatu tumbuhan.


Karena diekstraksi dari berbagai tumbuhan di seluruhan dunia, varian dan cara penggunaannya pun beragam. Anda dapat sekadar menghirup wanginya secara langsung, menguapkannya dengan diffuser, bahkan mengencerkannya ke dalam air mandi.


Minyak aromaterapi yang berupa essential oil juga dapat dicampur dengan carrier oil sebagai minyak pijat atau produk perawatan kulit. Karena itu, selain khasiat, Anda pun harus mempertimbangkan aromanya. Dengan menghirup aroma kesukaan Anda, khasiatnya untuk mengurangi stres akan makin meningkat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minyak aromaterapi

Minyak aromaterapi memiliki banyak varian, dan pedoman yang menjadi dasar untuk memilihnya pun beragam. Untuk itu, simaklah poin-poin di bawah ini agar Anda dapat memilih minyak aromaterapi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Tentukan berdasarkan jenis wewangiannya

Secara garis besar, terdapat tujuh jenis wewangian yang umum digunakan dalam minyak aromaterapi. Bila Anda bisa memilih salah satu dari tujuh jenis wewangian ini, memilih minyak aromaterapi pun tak akan membingungkan. Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Wewangian bunga (floral): Aroma manis dan lembut yang mudah diterima kebanyakan orang

Wewangian bunga (floral): Aroma manis dan lembut yang mudah diterima kebanyakan orang
Jenis minyak aroma ini diekstraksi dari bunga sehingga karakteristik aromanya beragam tergantung pada jenis bunga yang digunakan. Meski begitu, kebanyakan wewangian bunga memiliki aroma yang manis, lembut, dan memberi efek menenangkan.

Selama bunga yang menjadi bahan bakunya tidak memiliki aroma yang terlalu kuat, minyak aroma jenis ini mudah diterima oleh setiap orang. Karena kebanyakan produknya memiliki aroma yang lembut, menyebarkan wanginya ke seluruh ruangan dengan menggunakan diffuser sangat dianjurkan. Contoh wewangian bunga (floral) adalah lavender, rose, geranium, dan neroli.

Wewangian kayu (woody): Keharuman yang menyegarkan bagai berada di tengah hutan

Wewangian kayu (woody): Keharuman yang menyegarkan bagai berada di tengah hutan
Jenis ini merupakan hasil ekstraksi dari kulit kayu, ranting, dan bagian pohon lainnya. Minyak aroma ini menghasilkan aroma yang menyegarkan bagai atmosfer di tengah hutan.

Gunakan aroma ini sebagai campuran air saat mandi berendam. Dapatkan sensasi bagai berendam di dalam bath tub yang terbuat dari kayu alami! Contoh wewangian kayu (woody) adalah cedarwood, rosewood, sandalwood, agarwood, dan pine.

Wewangian damar (amber): Fragrance yang cenderung kuat dan manis, serta bertahan lebih lama

Wewangian damar (amber): Fragrance yang cenderung kuat dan manis, serta bertahan lebih lama
Wewangian ini umumnya diekstrak dari damar atau getah pohon berkayu. Memiliki ciri khas aroma yang kuat dan cenderung manis, jenis ini juga memiliki tingkat viskositas tinggi. Karena berviskositas tinggi, kebanyakan minyak aroma ini memiliki aroma yang tahan lama.

Jika Anda belum terbiasa, mulailah menggunakannya dengan cara diteteskan sedikit pada saputangan atau semacamnya terlebih dahulu. Contoh wewangian damar (amber) adalah frankincense, benzoin, myrrh, dan galbanum.

Wewangian herbal: Kesegaran dan kesejukkan yang melegakan indera penciuman

Wewangian herbal: Kesegaran dan kesejukkan yang melegakan indera penciuman
Seperti namanya, jenis ini banyak diekstrak dari dedaunan dan biji-bijian tanaman herbal. Aromanya menyegarkan dengan sedikit aksen aroma pahit, bahkan ada pula yang berkhasiat mengusir serangga. Meski begitu, aromanya tetap terasa sedap di indera penciuman manusia. 

Kebanyakan jenis ini memiliki aroma menyejukkan yang melegakan hidung sehingga ideal digunakan sebagai teman berkonsentrasi saat belajar atau bekerja. Cukup teteskan pada saputangan Anda, lalu nikmati aromanya kapan dan di mana pun. Contoh wewangian herbal adalah peppermint, serai, clary sage, thyme, dan eucalyptus.

Wewangian jeruk (citrus): Wangi segar yang paling mendekati buah sumber aromanya

Wewangian jeruk (citrus): Wangi segar yang paling mendekati buah sumber aromanya
Wewangian ini diekstrak dari buah-buahan berspesies citrus yang telah dikenal dengan aromanya yang khas. Kebanyakan jenis ini diekstrak dari kulit buahnya sehingga aromanya begitu mirip dengan buah itu sendiri. 

Aromanya cenderung tidak bertahan terlalu lama sehingga cocok digunakan oleh Anda yang ingin menikmati minyak aroma sementara saja. Perlu dicatat bahwa jenis ini lebih mudah teroksidasi daripada jenis lainnya. Pastikan Anda menghabiskannya dalam waktu enam bulan setelah kemasan dibuka. Contoh wewangian jeruk (citrus) adalah sweet orange, bergamot, yuzu, grapefruit, dan lemon.

Wewangian oriental: Eksotis dengan aksen manis yang kuat khas Asia Tenggara dan Timur Tengah

Wewangian oriental: Eksotis dengan aksen manis yang kuat khas Asia Tenggara dan Timur Tengah
Jenis wewangian ini tidak digolongkan berdasarkan asal sumber ekstraksinya, melainkan ciri khas aromanya. Aromanya akan mengingatkan Anda pada keeksotisan khas Asia Tenggara dan Timur Tengah. 

Ciri khasnya adalah aroma manis yang kuat dan tahan lama sehingga Anda perlu memperhatikan kuantitas dalam setiap kali pemakaian. Anda bisa mulai menggunakannya dengan meneteskannya pada tisu, atau media lainnya yang dapat mencegah wanginya terlalu menyebar. Contoh wewangian oriental adalah ylang-ylang, vetiver, sandalwood, dan patchouli.

Wewangian rempah-rempah (spice): Aroma khas bumbu dapur dengan aksen yang lebih lembut

Wewangian rempah-rempah (spice): Aroma khas bumbu dapur dengan aksen yang lebih lembut
Diekstrak dari rempah-rempah, jenis wewangian ini memiliki aroma sedikit pedas. Jenis rempah yang digunakan adalah rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi dengan aroma yang tidak terlalu menyengat. Setiap orang kemungkinan mempunyai referensi berbeda mengenai jenis ini berdasarkan tingkat aroma pedasnya.

Bagi Anda yang baru ingin mencoba, eksplorasilah keharumannya dengan cara-cara sederhana terlebih dulu. Mulailah dengan meneteskannya pada tisu atau benda lain yang dapat menyerap cairan dengan baik sebagai media. Contoh aroma rempah-rempah (spice) adalah cardamom, cloves, ginger, cinnamon, dan nutmeg.

Pastikan khasiatnya agar penggunaan lebih tepat sasaran

Pastikan khasiatnya agar penggunaan lebih tepat sasaran
Berbagai khasiat bisa Anda dapatkan dari minyak aromaterapi. Khasiatnya mulai dari menyegarkan pikiran hingga menjaga kesehatan tubuh. Beberapa contoh khasiat dan minyak aromaterapi berikut barangkali dapat menjadi gambaran bagi Anda.

  • Untuk menghilangkan stres atau tujuan relaksasi, minyak beraroma lembut seperti lavender dapat dipilih. Bila Anda juga mengalami sakit kepala ringan atau otot tengkuk yang kencang, Anda bisa memadukannya dengan aroma peppermint.

  • Ketika merasa lesu dan kurang bersemangat, pulihkan mood serta suasana hati Anda dengan aromaterapi yang menyegarkan. Anda bisa memilih aromaterapi dengan wangi citrusy seperti lemon atau herbal seperti rosemary.

  • Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan alias diet, minyak aromaterapi juga bisa membantu Anda. Aromaterapi yang dipercaya menekan nafsu makan, seperti jasmine, cinnamon, ginger, serta grapefruit, patut Anda coba.

Selain yang diuraikan di atas, masih banyak manfaat dari aromaterapi. Pada intinya, pahamilah kebutuhan Anda untuk dapat memilih minyak aromaterapi yang tepat. Bisa juga Anda membeli beberapa macam minyak aromaterapi sekaligus untuk digunakan bergantian sesuai mood.

Perhatikan note wewangian, terutama bila ingin memadukan beberapa jenis produk sekaligus

Perhatikan note wewangian, terutama bila ingin memadukan beberapa jenis produk sekaligus
Note pada konteks wewangian merupakan tingkat penguapan atau durasi aroma. Note terdiri dari tiga bagian, yaitu top note, middle note, dan base note, dengan durasi pada umumnya secara berturut-turut 30 menit–2 jam, 2 jam–6 jam, serta di atas 6 jam.

Masalah note bisa Anda abaikan bila minyak aromaterapi digunakan tanpa dicampur wewangian lain. Meski begitu, bila Anda menggunakannya dengan cara memadukan antara satu minyak aromaterapi dan lainnya, komposisi note-nya juga akan berubah. Pada saat itu, lebih baik perhatikan note-nya agar Anda mendapatkan komposisi aroma yang sesuai keinginan.


Kemudian, minyak aromaterapi yang tahan lama cenderung tertinggal wanginya di dalam ruangan dalam waktu lama. Apabila Anda baru hendak mencoba menggunakan minyak aromaterapi, lebih baik mulai dengan produk yang lebih dominan top note-nya.

Prioritaskan produk dari produsen yang telah terpercaya

Prioritaskan produk dari produsen yang telah terpercaya

Penggunaan minyak aromaterapi ditujukan untuk kesehatan fisik dan pikiran pengguna. Meski begitu, di pasaran masih banyak terdapat produk yang dibuat menggunakan pewangi sintetis dan bahan lain yang tidak baik bagi kesehatan. Agar Anda mendapatkan produk yang dibuat dari bahan-bahan terbaik, pilihlah minyak aromaterapi buatan produsen tepercaya.


Salah satu ciri produsen yang meyakinkan adalah sudah memproduksi produk dalam kurun waktu yang cukup lama. Selain itu, komposisi produk sebaiknya nyaris 100% dari bahan alami. Produk yang telah memiliki sertifikasi dari BPOM atau MUI pun bisa menjadi pertimbangan.


Produk pilihan Anda tak perlu dibuat oleh produsen terkenal yang sudah mendunia. Sekarang banyak pula produsen lokal yang memproduksi minyak aromaterapi berkualitas dengan bahan-bahan lokal pilihan. Selain kesegaran sumber aroma lebih terjamin, harganya pun lebih bersahabat.


Ada salah satu hasil penelitian yang membahas mengenai minyak aromaterapi yang diambil dari salah satu area. Minyak aromaterapi tersebut memberikan efek optimal jika dipakai oleh orang yang lahir atau tinggal di area tersebut. Dengan kata lain, orang Indonesia lebih direkomendasikan memakai minyak aromaterapi yang tanaman aslinya tumbuh di wilayah Indonesia.

9 Rekomendasi minyak aromaterapi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk minyak aromaterapi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Nova Primadina.

9

Bali RatihEssential Oil Cinnamon

Mulai dari Rp 115.000,00

Jenis wewangianRempah-rempah (spice)
Asal ekstraksiKulit pohon kayu manis (Cinnamomum zeylanicum)
NoteTidak disebutkan
Asal bahan ekstraksiTidak disebutkan
SertifikasiBPOM, GMP Cosmetics
8
Jenis wewangianKayu (woody)
Asal ekstraksiKulit kayu cedarwood (Cedrus atlantica)
NoteTidak disebutkan
Asal bahan ekstraksiMaroko
SertifikasiBPOM
7
Jenis wewangianOriental
Asal ekstraksiAkar tanaman akar wangi (Vetiveria zizanioides)
NoteBase note
Asal bahan ekstraksiIndonesia
SertifikasiBPOM
6

NusaromaGrapefruit Essential Oil

Mulai dari Rp 122.000,00

Jenis wewangianJeruk (citrus)
Asal ekstraksiKulit buah grapefruit (Citrus paradisi)
NoteTop note
Asal bahan ekstraksiAustralia
SertifikasiBPOM
5

Belli To BabyEssential Oil Sweet Orange

Mulai dari Rp 198.000,00

Jenis wewangianJeruk (citrus)
Asal ekstraksiSweet orange (Citrus sinensis)
NoteTidak disebutkan
Asal bahan ekstraksiTidak disebutkan
SertifikasiBPOM
4
Jenis wewangianKayu (woody)
Asal ekstraksiDaun, batang, bunga kayu putih (Eucalyptus)
NoteTidak disebutkan
Asal bahan ekstraksiTidak disebutkan
SertifikasiBPOM
3
Jenis wewangianHerbal
Asal ekstraksiRumput serai (Cymbopogon flexuosus)
NoteTidak disebutkan
Asal bahan ekstraksiIndia
SertifikasiBPOM, Quality Assurance International
2

Happy GreenLavender Essential Oil

Mulai dari Rp 59.000,00

Jenis wewangianBunga (floral)
Asal ekstraksiBunga lavender (Lavandula angustifolia)
NoteMiddle note
Asal bahan ekstraksiPrancis
SertifikasiBPOM
1

Bali SariNU Aroma Essential Aromatic Oil Peppermint

Mulai dari Rp 31.500,00

Jenis wewangianHerbal
Asal ekstraksiDaun peppermint (Mentha piperita)
NoteTidak disebutkan
Asal bahan ekstraksiTidak disebutkan
SertifikasiBPOM, MUI, IFRA

Tabel perbandingan produk minyak aromaterapi terbaik

Gambar produk
1
Bali Sari NU Aroma Essential Aromatic Oil Peppermint 1

Bali Sari

2
Happy Green Lavender Essential Oil 1

Happy Green

3
Organic Supply Co. Lemongrass 1

Organic Supply Co.

4
Bonnels Eucalyptus Essential Oil 1

Bonnels

5
Belli To Baby Essential Oil Sweet Orange 1

Belli To Baby

6
Nusaroma Grapefruit Essential Oil 1

Nusaroma

7
Renescent Premium Vetiver Essential Oil 1

Renescent

8
Young Living Cedarwood Essential Oil 1

Young Living

9
Bali Ratih Essential Oil Cinnamon 1

Bali Ratih

Nama produk

NU Aroma Essential Aromatic Oil Peppermint

Lavender Essential Oil

Lemongrass

Eucalyptus Essential Oil

Essential Oil Sweet Orange

Grapefruit Essential Oil

Premium Vetiver Essential Oil

Cedarwood Essential Oil

Essential Oil Cinnamon

Keunggulan

Aroma netral yang menyejukkan untuk berbagai kegunaan

Tingkatkan kualitas istirahat Anda dengan tidur yang lebih lelap

Aromanya segar bagi manusia, tetapi dibenci oleh serangga

Legakan pernafasan secara alami, sensasi aromanya pun menyegarkan ruangan

Mood lifting aromatherapy yang bisa untuk bumil, busui, dan si kecil!

Halau nafsu makan agar program diet makin lancar!

Bantu tenangkan diri dan cooling down saat pikiran Anda terasa chaos

Membawa aroma hutan yang sejuk baik ke ruangan maupun tubuh Anda

Keharuman manis dan menyenangkan, serta kaya akan antioksidan

Harga mulai dariRp 31.500,00Rp 59.000,00Rp 65.000,00Rp 178.000,00Rp 198.000,00Rp 122.000,00Rp 137.363,00Rp 243.000,00Rp 115.000,00
Jenis wewangianHerbalBunga (floral)HerbalKayu (woody)Jeruk (citrus)Jeruk (citrus)OrientalKayu (woody)Rempah-rempah (spice)
Asal ekstraksiDaun peppermint (Mentha piperita)Bunga lavender (Lavandula angustifolia)Rumput serai (Cymbopogon flexuosus)Daun, batang, bunga kayu putih (Eucalyptus)Sweet orange (Citrus sinensis)Kulit buah grapefruit (Citrus paradisi)Akar tanaman akar wangi (Vetiveria zizanioides)Kulit kayu cedarwood (Cedrus atlantica)Kulit pohon kayu manis (Cinnamomum zeylanicum)
NoteTidak disebutkanMiddle noteTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTop noteBase noteTidak disebutkanTidak disebutkan
Asal bahan ekstraksiTidak disebutkanPrancisIndiaTidak disebutkanTidak disebutkanAustraliaIndonesiaMarokoTidak disebutkan
SertifikasiBPOM, MUI, IFRABPOMBPOM, Quality Assurance InternationalBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOM, GMP Cosmetics
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar minyak aromaterapi

Pertanyaan umum seputar minyak aromaterapi

Setelah mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar minyak aromaterapi. Jika Anda ingin mengetahuinya, simak jawaban di bawah ini!

Apa perbedaan essential oil dan fragrance oil?

Essential oil murni terbuat secara alami dan bersumber dari alam (tumbuhan). Di sisi lain, fragrance oil dibuat oleh manusia melalui proses kimia. Essential oil lebih aman digunakan karena bebas dari bahan kimia sintetik dan memberikan efek aromaterapi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak aromaterapi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak aromaterapi
Meskipun minyak aromaterapi membantu memulihkan kesehatan fisik dan pikiran, produk ini bukanlah obat. Minyak aromaterapi hanya bersifat mendukung kesehatan (suportif), bukan mengobati (terapeutik). Berkonsultasilah ke dokter jika Anda memang stres atau keluhan kesehatan yang dialami tidak juga teratasi.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda dan gunakanlah minyak aromaterapi sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan dosis dan cara penggunaan, serta sesuaikan dengan usia untuk menghindari efek samping. Mendukung proses berjalannya pengobatan dengan kekuatan alam yang berasal dari minyak aromaterapi akan membuat perasaan Anda menjadi cerah kembali.

Baca juga rekomendasi aromaterapi lainnya di sini

Banyak cara untuk menikmati wewangian aromaterapi. Bila Anda ingin mengeksplorasi lebih banyak keharuman, janganlah berhenti dengan hanya membaca artikel tentang minyak aromaterapi. Ketahuilah juga informasi tentang berbagai aromaterapi lainnya melalui artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Sudahkah Anda memutuskan jenis minyak aromaterapi yang ingin dicoba? Tidak hanya membuat harum ruangan atau benda-benda di sekitar Anda, minyak aromaterapi juga berkhasiat mendukung kesehatan fisik dan pikiran Anda.

Masing-masing jenis wewangian memiliki karakter tersendiri sehingga penting untuk memilih aroma yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan pemilihan aroma yang tepat, niscaya stres dapat berkurang, mood menjadi lebih baik, dan hari-hari Anda bisa lebih menyenangkan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut  - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Salin digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kemiri bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutrisi rambut. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara menyangrai, merebus, atau memanggang biji kemiri hingga minyaknya keluar.  Namun, bila ingin praktis Anda bisa membeli minyak kemiri berkualitas tinggi yang tersedia di pasaran. Kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan merek-merek minyak kemiri asli seperti Cantiqa, Cussons, dan KUKUi. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Silakan disimak dan dapatkan minyak kemiri yang bagus!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak bidara adalah minyak dari ekstrak daun bidara yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Bahkan, minyak bidara juga dipercaya dapat mengatasi gangguan nonmedis. Karena khasiatnya yang lengkap, minyak bidara sering dipakai sebagai minyak untuk bayi, ibu hamil, sarana ruqyah, dan perawatan rambut.Cara penggunaan minyak bidara cukup beragam. Ada yang digunakan dengan cara dioleskan, diminum, hingga ditaburkan ke dalam air. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi minyak bidara yang bagus dari berbagai merek seperti Sidra99, Al-Khodry, dan Zeeida. Sebelumnya, yuk, ketahui dahulu apa khasiat minyak bidara berikut ini!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada zaman modern yang supersibuk ini banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merek essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living.Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, lemon, atau peppermint, bisa Anda dapatkan. Mari cari tahu best essential oil Young Living untuk Anda!
    Essential oil
  • 10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Body oil dapat mencegah kulit kering karena memiliki kadar minyak dan kelembapan yang tinggi. Dengan minyak nabati sebagai bahan utamanya, body oil populer di kalangan orang-orang yang berorientasi hidup sehat. Body oil juga dapat digunakan untuk perawatan rambut, mencerahkan kulit, minyak pijat, serta aromaterapi.Kali ini, kami akan membagikan rekomendasi body oil dari merek-merek yang bagus, seperti Clarins, Azarine, Wardah, dan Think Skin. Tak lupa, ada juga panduan memilih body oil yang tepat untuk Anda dan keluarga! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak angin merupakan salah satu jenis ramuan tradisional yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Variasinya pun beragam, ada minyak aromatic hingga medicated oil. Ada minyak angin yang dibekali rasa hangat, ada pula minyak angin yang panas. Berhubung kemasan, jenis, dan aromanya bervariasi, Anda mungkin akan kesulitan menemukan produk yang sesuai.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih minyak angin yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk minyak angin terbaik dari merek terkenal, seperti Cap Lang, Cap Kapak, dan FreshCare. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Rosehip oil adalah salah satu bahan alami yang saat ini banyak digunakan dalam produk skincare. Rosehip oil tidak hanya digunakan untuk merawat kulit wajah, tetapi juga untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Kali ini kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih minyak rosehip.Kami juga akan memberikan rekomendasi produk rosehip oil terbaik dan tips cara mengaplikasikanya. Anda dapat menemukan rosehip oil yang bagus dengan harga bervariasi, seperti dari merek Trilogy, The Ordinary, Everpure, Essano, dan Sukin. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori