10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

L-carnitine merupakan suplemen yang cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Suplemen ini terkenal dengan fungsinya untuk metabolisme lemak. Anda dapat menemukannya dari berbagai merek, seperti Puritan’s Pride, Doctor’s Best, Dymatize, Jym, dan masih bayak lagi.

Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih suplemen l-carnitine, simak terus artikel kali ini. Kami akan membahas tentang cara memilih suplemen l-carnitine serta memberikan rekomendasi dari berbagai merek ternama. Tunggu apa lagi? Yuk, dibaca artikel ini!

Daftar isi

Apa peran dan efek l-carnitine?

Mungkin Anda sudah sering mendengar kata l-carnitine. Namun, apakah Anda benar-benar mengetahui fungsi dari l-carnitine itu sendiri? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Asam amino yang ditemukan sebagai hormon pertumbuhan pada serangga

Asam amino yang ditemukan sebagai hormon pertumbuhan pada serangga

L-carnitine merupakan gabungan dari asam amino lysine dan methionine yang ditemukan sebagai hormon pertumbuhan pada serangga. L-carnitine dapat dibentuk secara alami oleh tubuh manusia maupun hewan dengan bantuan vitamin C.

L-carnitine berperan penting dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh dengan membawa asam lemak ke dalam mitokondria. Selanjutnya, mitokondria akan mengubah asam lemak tersebut menjadi energi. Sayangnya, l-carnitine di dalam tubuh akan semakin berkurang seiring dengan pertambahan usia. Jumlahnya akan mencapai tingkat tertinggi pada saat usia 20-an dan berkurang setelahnya. Karena itu, suplemen l-carnitine sangat Anda butuhkan untuk menjaga tubuh tetap ideal.

Efek suplemen l-carnitine

L-carnitine dapat Anda dapatkan dengan mudah melalui suplemen. Apa saja efek yang dapat Anda peroleh setelah mengonsumsi suplemen ini?

Mempercepat pembakaran lemak

Mempercepat pembakaran lemak

L-carnitine sangat berperan dalam mengubah lemak di dalam tubuh menjadi energi. Dengan efek ini diharapkan suplemen l-carnitine akan membantu mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh.

Beberapa penelitian yang dilakukan belakangan ini menunjukkan bahwa l-carnitine tidak sepenuhnya terbukti mengurangi obesitas. Namun, mengonsumsi suplemen l-carnitine sangat penting untuk Anda yang kekurangan l-carnitine seiring dengan pertambahan usia.

Lalu, belum ada laporan tentang efek samping dari l-carnitine sehingga sangat aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Untuk itu, cobalah suplemen l-carnitine sebagai suplemen diet Anda.

Menjaga organ dalam, terutama sistem kardiovaskular

Menjaga organ dalam, terutama sistem kardiovaskular

L-carnitine juga berefek pada sistem kardiovaskular Anda. Dikatakan bahwa suplemen ini efektif untuk meningkatkan toleransi latihan pada pasien dengan chronic stable angina, mengurangi gejala gagal jantung kongestif, serta mengurangi komplikasi dan kematian setelah terjadinya serangan myocardial infarction.

Cara memilih suplemen l-carnitine

Setelah Anda mengetahui manfaat l-carnitine, selanjutnya kami akan menjelaskan cara memilih suplemen l-carnitine. Pastikan Anda menyimak bagian ini dengan baik, ya.

Periksa kandungan l-carnitine

Periksa kandungan l-carnitine

Saat memilih suplemen l-carnitine, periksalah jumlah kandungannya. Jumlah konsumsi yang disarankan tidak spesifik, tetapi standar konsumsinya maksimal adalah 1.000 mg per hari. Namun, ada juga penelitian yang membuktikan konsumsi l-carnitine harian sampai 3.000 mg tidak menyebabkan efek samping yang buruk.

Suplemen l-carnitine yang beredar di pasaran memiliki jumlah kandungan yang beragam. Bila jumlah kandungan l-carnitine di dalamnya sedikit, suplemen tersebut mungkin menggabungkannya dengan bahan lain untuk hasil yang lebih maksimal.

Jika Anda menginginkan efek pembakaran lemak yang lebih banyak, pilihlah suplemen l-carnitine dengan jumlah lebih banyak. Namun, tetap perhatikan standar maksimal konsumsi harian Anda.

Periksa kandungan bahan lainnya

Konsumsi suplemen l-carnitine tanpa bahan lainnya mungkin akan kurang berefek untuk Anda. Namun, bila suplemen pilihan Anda mengandung bahan aktif lainnya, Anda bisa berharap munculnya efek sinergis terhadap tubuh Anda. Memilih produk dengan kandungan bahan lain yang populer untuk diet tentunya akan semakin mendukung diet Anda!

Α-lipoic acid sebagai antioksidan dan mengubah glukosa menjadi energi

Α-lipoic acid sebagai antioksidan dan mengubah glukosa menjadi energi

Α-lipoic acid memiliki efek antioksidan tertinggi. Jika jumlah α-lipoic acid di dalam tubuh Anda tercukupi, antioksidan ini akan membantu mengubah glukosa menjadi energi serta membantu mengubah kelebihan lemak menjadi energi. Untuk itu, α-lipoic acid di dalam suplemen sangat berperan untuk mengembalikan stamina, membantu diet, serta memulihkan energi.

Sama seperti l-carnitine, sintesis α-lipoic acid di dalam tubuh juga akan menurun seiring bertambahnya usia. Sangat sulit mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dari makanan sehingga Anda membutuhkan suplementasi zat tersebut.

Coenzyme Q10 untuk peremajaan dan meningkatkan fungsi imunitas

Coenzyme Q10 untuk peremajaan dan meningkatkan fungsi imunitas

Coenzyme Q10 atau CoQ10 juga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Penelitian membuktikan bahwa CoQ10 akan membuat seluruh tubuh Anda, termasuk organ dalam, pembuluh darah, kulit, dan lainnya tetap awet muda serta meningkatkan fungsi imunitas dan sel darah putih.

CoQ10 juga berperan dalam mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi serta mengubah gula dan lemak menjadi energi sehingga dapat meningkatkan basal metabolic rate (BMR).

BCAA untuk pembentukan otot serta metabolisme lemak lebih cepat

BCAA untuk pembentukan otot serta metabolisme lemak lebih cepat

Branched-Chain Amino Acids atau BCAA merupakan asam amino dengan rantai bercabang. Valine, leucine, dan isoleucine secara bersama-sama disebut BCAA. BCAA akan hilang setelah Anda berolahraga, tetapi jika di dalam tubuh Anda terdapat cukup BCAA, efek peningkatan stamina, pemulihan, pembentukan otot, serta metabolisme lemak dapat terjadi dengan lebih cepat. BCAA sangat efektif dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Pilih bentuk yang mudah dikonsumsi

Pilih bentuk yang mudah dikonsumsi

Ada banyak bentuk suplemen l-carnitine, seperti tablet, kapsul, serbuk, bahkan liquid. Berhubung Anda akan mengonsumsinya setiap hari, pilihlah bentuk yang lebih mudah untuk Anda konsumsi.

Selain bentuknya, Anda juga perlu memperhatikan jumlah konsumsi per hari. Pada suplemen berbentuk tablet atau kapsul, ada produk yang harus dikonsumsi lebih dari satu tablet atau kapsul per hari. Karena itu, perhatikanlah kemudahan dalam mengonsumsinya, seperti ukuran tablet atau kapsul tersebut.

10 Rekomendasi suplemen l-carnitine terbaik

Kini saatnya kami memberikan rekomendasi produk pilihan kami untuk Anda. Dengan menemukan produk yang tepat, kegiatan olahraga dan diet Anda akan semakin menyenangkan!

10. Kaged Muscle L-Carnitine Carnipure

10. Kaged Muscle L-Carnitine Carnipure

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 295.000

Sumber l-carnitine tepercaya dan terjamin mutunya

L-carnitine pada suplemen ini menggunakan Carnipure yang menggunakan teknik fermentasi sehingga hasilnya lebih alami. Produk ini telah juga disertifikasi oleh Informed-Sport sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Lalu, harganya juga tergolong ramah untuk kantong, pas untuk Anda yang baru ingin mencoba suplemen l-carnitine.

Kandungan l-carnitine 500 mg per kapsul
Bahan lainnya Tidak ada
Bentuk Kapsul

9. Puritan’s Pride L-Carnitine Fumarate

9. Puritan's Pride L-Carnitine Fumarate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 495.000

Bebas sodium, tidak perlu khawatir kelebihan garam

Berbeda dengan l-glutamine lainnya, konsumsilah suplemen ini saat perut kosong untuk hasil yang maksimal. Lalu, jika Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi garam berlebih, pilihlah suplemen ini. Tanpa adanya kandungan sodium di dalam racikannya, suplemen ini jadi ramah untuk Anda yang harus membatasi konsumsi garam.

Kandungan l-carnitine 1.000 mg per tablet
Bahan lainnya Tidak ada
Bentuk Tablet

8. Doctor’s Best L-Carnitine Fumarate Featuring Sigma Tau® Carnitine

8. Doctor's Best L-Carnitine Fumarate Featuring Sigma Tau® Carnitine

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 900.000

Ramah vegetarian dan bebas gluten juga, lho

Kandungan l-carnitine pada suplemen ini tergolong unik karena merupakan campuran l-carnitine dan fumarateFumarate akan membantu proses pembakaran di dalam tubuh untuk menghasilkan lebih banyak energi. Zat aktifnya berasal dari Biosint yang telah disertifikasi dan dipatenkan oleh Food and Drug Administration (FDA).

Selain itu, suplemen ini menggunakan bahan-bahan tambahan yang berasal dari tanaman. Dengan demikian, suplemen ini sangat aman untuk para vegetarian. Ditambah lagi, sulemen ini bebas gluten sehingga aman pula dikonsumsi oleh Anda yang memiliki penyakit celiac.

Kandungan l-carnitine 855 mg per kapsul
Bahan lainnya Tidak ada
Bentuk Kapsul

7. Dymatize L-Carnitine Liquid

7. Dymatize L-Carnitine Liquid

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 332.000

Mengonsumsi suplemen jadi lebih mudah dan mengasyikkan

Suplemen cenderung identik dengan kapsul, tablet, maupun serbuk. Namun, suplemen l-glutamine yang satu ini dapat dinikmati dengan lebih menyenangkan karena berbentuk liquid. Bentuknya sangat sesuai untuk Anda yang kurang menyukai suplemen dalam bentuk tablet maupun kapsul.

Tambahan vitamin B5 di dalamnya membantu Anda dalam membakar lebih banyak kalori serta membantu pembentukan coenzyme-A. Cukup konsumsi 1 sendok makan, Anda sudah mendapatkan 1.100 mg l-glutamine. Anda pun bisa memilih varian rasa lemonade bila Anda lebih menyukai rasa asam yang cukup kuat.

Kandungan l-carnitine 1.100 mg per 15 ml
Bahan lainnya Asam pantotenat (Vitamin B5)
Bentuk Liquid

6. Life Extension Optimized Carnitine

6. Life Extension Optimized Carnitine

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 814.950

Gabungan berbagai bentuk carnitine untuk hasil yang lebih maksimal

Life Extension menggunakan gabungan berbagai bentuk l-carnitine, seperti acetyl-l-carnitine, acetyl-l-carnitine arginate, dan propionyl-l-carnitine. Ketiganya memiliki peran masing-masing untuk menjaga tubuh Anda. Dengan gabungan ketiga bentuk tersebut, suplemen ini sangat pas untuk memberikan hasil lebih maksimal pada tubuh Anda.

Lalu, suplemen ini telah tersertifikasi bebas bahan-bahan GMO sehingga aman untuk Anda yang memiliki alergi terhadap produk GMO tertentu. Ukurannya pun tergolong cukup kecil sehingga lebih mudah untuk ditelan. Meskipun tergolong cukup mahal, tentu suplemen ini sangat efektif untuk Anda coba.

Kandungan l-carnitine 1.400 mg per 2 kapsul
Bahan lainnya Tidak ada
Bentuk Kapsul

5. Nature’s Lab CoQ10 + Alpha Lipoic Acid + Acetyl L-Carnitine HCl

5. Nature's Lab CoQ10 + Alpha Lipoic Acid + Acetyl L-Carnitine HCl

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 999.000

Kandungan lengkap dengan CoQ10 dan α-lipoic acid

Meskipun kandungan l-carnitine suplemen ini tidak setinggi suplemen lainnya, suplemen ini mengandung CoQ10 dan α-lipoic acid sebanyak 200 dan 300 mg. Keduanya akan menjaga kesehatan jantung dan kognitif Anda. Sangat penting terutama untuk Anda yang ingin berdiet sembari tetap menjaga kesehatan jantung dengan optimal.

Kandungan l-carnitine 500 mg per 2 tablet
Bahan lainnya CoQ10, α-lipoic acid
Bentuk Kapsul

4. GNC JYM® POST JYM ACTIVE

4. GNC JYM® POST JYM ACTIVE

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 465.000

Banyak pilihan rasa yang menyegarkan!

Suplemen dari JYM ini memiliki banyak kandungan asam amino lainnya, seperti alanine, taurin, glutamin, leucine, isoleucine, dan valine. Keseluruhannya sangat penting dalam pembentukan protein di dalam  tubuh, sangat cocok terutama untuk Anda yang sedang dalam tahap pembentukan otot.

Lalu, di dalamnya juga mengandung BioPerine yang berfungsi meningkatkan penyerapan zat-zat aktifnya di dalam tubuh. Dengan demikian, proses pemulihan stamina akan berlangsung lebih cepat. Suplemen ini juga memiliki tiga varian rasa yang segar untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Kandungan l-carnitine 2.000 mg
Bahan lainnya Alanine, taurin, glutamin, leucine, isoleucinevalinecreatinebetaine
Bentuk Bubuk

3. RSPNUTRITION QuadraLean

3. RSPNUTRITION QuadraLean

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 340.000

Bahan aktifnya menurunkan berat badan lebih maksimal

Tubuh ideal pastinya merupakan dambaan semua orang. Nah, suplemen ini mengandung clarinol, Garcinia cambogia, serta raspberry ketones yang sangat berperan dalam membantu penurunan berat badan. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin mencapai berat badan ideal dengan lebih maksimal.

Kandungan l-carnitine 500 mg per 3 kapsul
Bahan lainnya Clarinol, Garcinia cambogia, raspberry ketones
Bentuk Kapsul

2. RSPNUTRITION Liquid L-Carnitine

2. RSPNUTRITION Liquid L-Carnitine

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 400.000

Kandungan l-carnitine tertinggi, hasil lebih cepat

Dengan kandungan l-carnitine yang cukup tinggi, yaitu 3.000 mg, pembakaran di dalam tubuh Anda akan berlangsung dengan lebih cepat. Pastinya sangat cocok bagi Anda yang ingin membakar lemak tubuh dengan lebih cepat dan efektif.

Lalu, kualitasnya tidak perlu Anda khawatirkan karena produk ini telah tersertifikasi GMP dengan proses produksi yang sesuai standar. Di samping itu, produk ini pun bebas GMO dan stimulan. Dengan 2 pilihan rasa, produk ini menggunakan perasa alami sehingga lebih aman dikonsumsi.

Kandungan l-carnitine 3.000 mg per 15 ml
Bahan lainnya Asam pantotenat (Vitamin B5)
Bentuk Liquid

1. ANS Performance Quench BCAA

1. ANS Performance Quench BCAA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 735.000

Pembakaran cepat, recovery tidak kalah cepat

Berolahraga setiap hari pasti membutuhkan recovery yang juga cepat agar stamina Anda tetap terjaga. Suplemen dari ANS Performance ini mengandung BCAA yang membantu mempercepat recovery sehabis berolahraga. Vitamin B6 yang terkandung di dalamnya juga membantu metabolisme asam amino.

Sehabis berolahraga, ion-ion tubuh akan berkurang melalui keringat. Pilihan tepat untuk memenuhi kembali ion-ion tubuh Anda melalui produk ini dengan kandungan air kelapa serta pink himalayan sea salt di dalamnya. Bentuk badan sempurna, ion-ion tubuh juga tetap terpenuhi!

Kandungan l-carnitine 1.000 mg per 12,5 gr
Bahan lainnya BCAA, vitamin B6, leucine, isoleucine, valine, glutamin, taurin
Bentuk Bubuk

Cara efektif mengonsumsi suplemen l-carnitine

Agar suplemen yang Anda konsumsi tidak sia-sia, berikut adalah cara efektif mengonsumsi suplemen l-carnitine. Dapatkan hasil yang maksimal dengan cara mengonsumsi yang benar.

Sebelum atau setelah olahraga? Pilih waktu yang sesuai dengan Anda

Sebelum atau setelah olahraga? Pilih waktu yang sesuai dengan Anda

Ada berbagai teori tentang cara mengonsumsi l-carnitine. Namun, ada beberapa orang yang berkeringat sangat banyak apabila mengonsumsinya sebelum berolahraga. Untuk itu, konsumsilah suplemen ini satu sampai satu setengah jam sebelum berolahraga.

Jika Anda mengonsumsinya setelah berolahraga, l-carnitine sangat berperan dalam mempercepat pemulihan stamina.

Hindari mengonsumsi l-carnitine secara berlebihan!

Hindari mengonsumsi l-carnitine secara berlebihan!

Meskipun efeknya sangat baik, jangan mengonsumsinya melebih dosis yang telah ditentukan. Jika Anda mengonsumsinya lebih dari dosis yang disarankan, bisa jadi Anda akan mengalami diare, sakit perut, dan sebagainya. Tidak hanya l-carnitine, konsumsilah suplemen maupun obat-obatan lainnya dengan dosis yang tepat!

Baca juga rekomendasi suplemen untuk otot lainnya di sini

Selain berdiet, mungkin Anda berencana untuk membentuk otot tubuh Anda juga. Anda bisa mengonsumsi suplemen BCAA, creatine, serta suplemen pembentuk otot demi menunjang pembentukan otot dengan lebih efektif. Bila ingin mengetahuinya lebih jauh, Anda bisa membacanya pada artikel berikut.

Kesimpulan

Mendapatkan tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang. Anda membutuhkan suplemen l-carnitine untuk memenuhi kebutuhan zat tersebut di dalam tubuh Anda agar tubuh tetap ideal. Perhatikan jumlah konsumsi harian Anda serta cara mengonsumsinya agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga Anda sudah menemukan suplemen l-carnitine yang sesuai untuk Anda konsumsi setiap hari. Perhatikan juga kandungan bahan lainnya, ya. Stay healthy!