mybest
Vitamin & suplemen

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

L-carnitine adalah suplemen yang cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Suplemen ini terkenal dengan fungsinya untuk metabolisme lemak. Anda dapat menemukannya dari berbagai merek yang bagus, seperti Now Foods, Puritan's Pride, GNC, MuslePharm, sampai L-Men.

Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih suplemen L-carnitine, simak terus artikel kali ini, ya Kami akan berbagi informasi seputar manfaat suplemen L-carnitine serta tips cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan berbagai suplemen L-carnitine yang aman untuk dikonsumsi. Selamat membaca!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

L-carnitine untuk apa?

L-carnitine untuk apa?
L-carnitine adalah gabungan dari asam amino lysine dan methionine yang ditemukan sebagai hormon pertumbuhan pada serangga. L-carnitine dapat dibentuk secara alami oleh tubuh manusia maupun hewan dengan bantuan vitamin C. Produksi L-carnitine di dalam tubuh akan mencapai puncak tertinggi saat usia 20-an dan akan berkurang setelahnya.

L-carnitine ternyata memegang peranan penting di dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat L-carnitine untuk tubuh.


  • L-carnitine berperan penting dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi energi dengan membawa asam lemak ke dalam mitokondria. Oleh karena itu, suplemen L-carnitine sangat Anda butuhkan untuk menjaga tubuh tetap ideal.

  • L-carnitine juga berefek pada sistem kardiovaskular Anda. Dikatakan bahwa suplemen ini efektif untuk meningkatkan toleransi latihan pada pasien dengan chronic stable angina, mengurangi gejala gagal jantung kongestif, serta mengurangi komplikasi dan kematian setelah terjadinya serangan myocardial infarction.

  • Meningkatkan performa Anda saat berolahraga serta membantu proses recovery. Suplemen L-carnitine juga cukup terkenal di kalangan olahragawan. L-carnitine dapat meningkatkan stamina Anda dan mengurangi rasa pegal-pegal setelah berolahraga.

  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa L-carnitine sanggup mengurangi gejala pada penderita diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi L-carnitine secara rutin, kadar gula darah penderita diabetes tipe 2 dapat berkurang.

Selain diproduksi di dalam tubuh, L-carnitine bisa Anda dapatkan dari makanan, seperti susu, daging sapi, ayam, dan ikan. Kandungan L-carnitine di dalam tubuh bergantung pada makanan yang Anda konsumsi serta usia. Para vegan, vegetarian, serta manula disarankan untuk mengonsumsi L-carnitine untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Cara memilih suplemen L-carnitine

Setelah Anda mengetahui manfaat L-carnitine, selanjutnya kami akan menjelaskan cara memilih suplemen L-carnitine. Pastikan Anda menyimak bagian ini dengan baik, ya.
1

Kenali bentuk L-carnitine dan dosis yang dibutuhkan

Kenali bentuk L-carnitine dan dosis yang dibutuhkan

Jika Anda perhatikan, ada beberapa bentuk L-carnitine yang bisa Anda temui di dalam suplemen. Berikut ini adalah beberapa bentuk L-carnitine serta dosis yang Anda butuhkan per hari.


  • Acetyl-L-carnitine adalah bentuk L-carnitine untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Dosis yang dibutuhkan adalah 600–2.500 mg per hari.

  • L-carnitine L-tartrate adalah bentuk yang banyak Anda temukan di dalam suplemen olahraga. Dosis yang dibutuhkan adalah 1.000–4.000 mg per hari.

  • Propionyl-L-carnitine bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah penderita darah tinggi. Dosis yang dibutuhkan adalah 400–1.000 mg per hari.

Dosis konsumsi L-carnitine sehari-hari umumnya adalah 500–2.000 mg per hari. Dosis ini dianggap sebagai jumlah yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

2

Periksa kadar L-carnitine dalam produk suplemen

Periksa kadar L-carnitine dalam produk suplemen
Saat memilih suplemen L-carnitine, periksalah jumlah kandungannya. Jumlah konsumsi yang disarankan tidak spesifik, tetapi standar konsumsinya maksimal adalah 1.000 mg per hari. Namun, ada juga penelitian yang membuktikan konsumsi L-carnitine harian sampai 3.000 mg tidak menyebabkan efek samping yang buruk.

Suplemen L-carnitine yang beredar di pasaran memiliki jumlah kandungan yang beragam. Apabila jumlah kandungan L-carnitine di dalamnya sedikit, suplemen tersebut mungkin digabungkan dengan bahan lain untuk hasil yang lebih maksimal.


Jika Anda menginginkan efek pembakaran lemak yang lebih banyak, pilihlah suplemen L-carnitine dengan jumlah lebih banyak. Namun, tetap perhatikan standar maksimal konsumsi harian Anda.

3

Cek juga kandungan bahan lainnya

Anda dapat menemukan suplemen L-carnitine yang juga diperkaya dengan bahan lainnya. Tambahan bahan lainnya akan bekerja secara sinergis dalam memberikan efek yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa bahan lainnya yang biasa dicampurkan ke dalam suplemen L-carnitine.

Alpha lipoic acid, golongan antioksidan dan mengubah glukosa menjadi energi

Alpha lipoic acid, golongan antioksidan dan mengubah glukosa menjadi energi
Alpha lipoic acid atau ALA adalah golongan antioksidan. ALA berperan untuk menjaga sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan dan memperbaiki fungsi sel saraf. ALA juga akan membantu mengubah glukosa dan kelebihan lemak menjadi energi. Kandungan ALA biasanya digunakan untuk mengobati nyeri karena neuropati diabetik

Salah satu peran penting ALA adalah meredakan peradangan di dalam tubuh. Peradangan yang dimaksud adalah peradangan kronis yang berhubungan dengan penyakit tertentu, seperti kanker dan diabetes.


ALA sebetulnya diproduksi secara alami di dalam tubuh manusia. Produksi ALA sayangnya akan makin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Dengan begitu, Anda perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung ALA untuk menjaga fungsi organ.

Coenzyme Q10, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan performa fisik

Coenzyme Q10, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan performa fisik
Coenzyme Q10 atau CoQ10 juga merupakan golongan antioksidan yang ada pada tiap sel tubuh manusia. CoQ10 membantu menjaga sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, CoQ10 juga memainkan peranan penting dalam pembentukan energi di dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa CoQ10 dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, termasuk penderita diabetes. Alhasil, CoQ10 dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

BCAA, membantu pembentukan otot serta metabolisme lemak lebih cepat

BCAA, membantu pembentukan otot serta metabolisme lemak lebih cepat
Branched-Chain Amino Acids atau BCAA merupakan gabungan asam amino valine, isoleucine, dan leucine. Suplemen yang mengandung BCAA memang sangat terkenal di kalangan olahragawan. BCAA bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan massa otot. Di samping itu, BCAA juga dapat membantu mempercepat pembakaran lemak. Anda bisa mengonsumsi suplemen L-carnitine dan BCAA sebelum ataupun setelah berolahraga.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi suplemen L-carnitine terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen L-carnitine terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Nutrifood

L-Men Lose Weight

Nutrifood L-Men Lose Weight 1

Rp116.500

Lebih Murah

Meal replacement yang enak, membantu diet turunkan berat badan

RSP Nutrition

QuadraLean

RSP Nutrition QuadraLean 1

Rp360.000

Menengah

Kombinasi bahan aktifnya menurunkan berat badan lebih maksimal

Puritan's Pride

L-Carnitine Fumarate

Puritan's Pride  L-Carnitine Fumarate 1

Rp415.000

Menengah

L-carnitine murni bebas sodium, tidak perlu khawatir kelebihan garam

Vitabiotics

Immunace

Vitabiotics Immunace 1

Rp272.000

Agak Murah

Multivitamin dan mineral yang lengkap dengan L-carnitine

Now Foods

Acetyl-L-Carnitine

Now Foods Acetyl-L-Carnitine 1

Rp397.000

Menengah

Meningkatkan energi sekaligus merawat sistem saraf dan otak

Doctor's Best

L-Carnitine Fumarate with Biosint Carnitines

Doctor's Best L-Carnitine Fumarate with Biosint Carnitines 1

Rp259.000

Agak Murah

Kapsul L-carnitine yang ramah vegan dan bebas gluten

Nature's Lab

CoQ10 + Alpha Lipoic Acid + Acetyl L-Carnitine HCl

Nature's Lab  CoQ10 + Alpha Lipoic Acid + Acetyl L-Carnitine HCl 1

Rp1.270.000

Lebih Mahal

Suplemen L-carnitine untuk menjaga kesehatan jantung dan kognitif

PranaOn

Acetyl L-Carnitine

PranaOn Acetyl L-Carnitine 1

Rp410.000

Menengah

L-carnitine bubuk murni untuk para vegan

MusclePharm

Carnitine Essentials Liquid

MusclePharm Carnitine Essentials Liquid 1

Rp520.000

Menengah

L-carnitine sirop dengan tiga varian rasa buah

GNC

Jym® Post Jym BCAAs + Recovery Matrix

GNC  Jym® Post Jym BCAAs + Recovery Matrix 1

Rp850.000

Agak Mahal

Suplemen post-workout, bantu pemulihan otot sehabis berolahraga

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

NutrifoodL-Men Lose Weight

L-Men Lose Weight 1
Sumber: l-men.com
Harga referensi
Rp116.500
Lebih Murah
Harga referensi
Rp116.500
Lebih Murah

Meal replacement yang enak, membantu diet turunkan berat badan

Susu dari L-Men ini memang diformulasikan untuk Anda yang ingin mengurangi berat badan tanpa kehilangan massa otot. Susu ini dilengkapi dengan whey protein untuk menjaga massa otot. Di dalamnya pun mengandung BCAA, L-carnitine, dan L-glutamine.


Formulanya diperkaya dengan cereal agar membuat Anda lebih kenyang. Anda dapat mengonsumsi L-Men Loseweight sebagai meal replacement. Di samping itu, susu protein L-Men ini punya varian rasa yang enak untuk Anda.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

RSP NutritionQuadraLean

Harga referensi
Rp360.000
Menengah

Kombinasi bahan aktifnya menurunkan berat badan lebih maksimal

RSP Quadralean adalah suplemen L-carnitine bebas stimulan agar efeknya lebih efisien. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mendapatkan perkembangan otot yang maksimal, pertimbangkan produk ini. Formulanya diracik agar dapat dikonsumsi kapan saja sepanjang hari.


Tak hanya L-carnitine saja, RSP Quadralean mengandung CLA, green tea extract, dan Paradoxine. Bahan aktifnya meningkatkan energi, menjaga otot, mengurangi penimbunan lemak, dan meningkatkan antioksidan di dalam tubuh. 

Puritan's Pride L-Carnitine Fumarate

Harga referensi
Rp415.000
Menengah

L-carnitine murni bebas sodium, tidak perlu khawatir kelebihan garam

L-carnitine murni dari Puritan's Pride memiliki kadar yang cukup tinggi. Anda perlu mengonsumsinya saat perut kosong agar manfaatnya lebih terasa. Anda bisa mengonsumsi L-carnitine ini sebelum berolahraga untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.


Kandungan L-carnitine di dalam suplemen ini merupakan L-carnitine murni tanpa tambahan. Kandungannya pun bebas sodium sehingga aman dikonsumsi oleh Anda yang harus menghindari makanan bergaram.

VitabioticsImmunace

Harga referensi
Rp272.000
Agak Murah

Multivitamin dan mineral yang lengkap dengan L-carnitine

Vitabiotics Immunace adalah suplemen multivitamin dan mineral. Suplemen ini memiliki tambahan L-carnitine yang cocok untuk menunjang kesehatan. Apabila aktivitas Anda tergolong padat, Anda dapat mempertimbangkan suplemen ini. Tambahan L-carnitine di dalamnya membuat tubuh Anda lebih berenergi. Selain itu, Vitabiotics Immunace juga cocok dikonsumsi oleh Anda dalam masa pemulihan.

Now FoodsAcetyl-L-Carnitine

Harga referensi
Rp397.000
Menengah

Meningkatkan energi sekaligus merawat sistem saraf dan otak

L-carnitine tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan sehari-hari. Jika Anda menginginkan suplemen L-carnitine untuk suplemen kesehatan sehari-hari, pertimbangkan produk Now Foods. Selain meningkatkan produksi energi tubuh, suplemen ini bermanfaat menjaga sistem saraf dan otak. Dengan begitu, peluang penyakit degeneratif pun dapat berkurang.

Doctor's BestL-Carnitine Fumarate with Biosint Carnitines

Harga referensi
Rp259.000
Agak Murah

Kapsul L-carnitine yang ramah vegan dan bebas gluten

Kandungan L-carnitine dalam suplemen Doctor's Best ini merupakan produk L-carnitine Biosint. L-carnitine dari Biosint sudah disertifikasi dan dipatenkan oleh Food and Drug Administration (FDA). L-carnitine ini memiliki nilai efikasi yang cukup tinggi dan berkualitas.

Di samping itu, suplemen ini menggunakan bahan-bahan tambahan yang berasal dari tanaman. Dengan demikian, suplemen ini sangat aman untuk para vegetarian dan vegan. Tambahan lagi, suplemen ini bebas gluten sehingga aman pula dikonsumsi oleh Anda yang memiliki penyakit celiac.

Nature's Lab CoQ10 + Alpha Lipoic Acid + Acetyl L-Carnitine HCl

Harga referensi
Rp1.270.000
Lebih Mahal

Suplemen L-carnitine untuk menjaga kesehatan jantung dan kognitif

Bagi Anda yang sedang mencari suplemen untuk menjaga kesehatan jantung, Anda dapat mempertimbangkan suplemen dari Nature's Lab ini. Suplemen ini mengandung CoQ10 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.


Formulanya juga lengkap dengan alpha lipoic acid dan L-carnitine. CoQ10 bersinergi dengan alpha lipoic acid dan L-carnitine untuk meningkatkan produksi energi. Selain itu, kesehatan kognitif pun tetap terjaga berkat kandungan aktif ini.

PranaOnAcetyl L-Carnitine

Acetyl L-Carnitine 1
Sumber: pranaon.com
Harga referensi
Rp410.000
Menengah
Harga referensi
Rp410.000
Menengah

L-carnitine bubuk murni untuk para vegan

Untuk para vegan yang sedang mencari bubuk L-carnitine murni, PranaOn punya produk yang tepat untuk Anda. Amino L-Carnitine adalah L-carnitine bubuk yang dibuat untuk para vegan. Isinya dapat Anda konsumsi sampai 75 kali. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mengonsumsinya 90 menit sebelum berolahraga dan jangan lupa mengonsumsi suplemen PranaOn lainnya.

MusclePharmCarnitine Essentials Liquid

Harga referensi
Rp520.000
Menengah

L-carnitine sirop dengan tiga varian rasa buah

MusclePharm punya produk L-carnitine dalam bentuk sirop dengan tiga pilihan rasa, seperti citrus, fruit punch, dan green apple. Pilihan rasanya tergolong sangat menyegarkan, ya. Suplemen ini cocok untuk Anda yang membutuhkan energi ekstra saat berolahraga.


Kandungan L-carnitine di dalam suplemen ini merupakan formulasi MusclePharm Carnitine. MusclePharm Carnitine terdiri dari acetyl L-carnitine, L-carnitine base, L-carnitine tartrate, raspberry ketones, dan propionyl L-carnitine.

GNC Jym® Post Jym BCAAs + Recovery Matrix

Harga referensi
Rp850.000
Agak Mahal

Suplemen post-workout, bantu pemulihan otot sehabis berolahraga

Khusus untuk Anda yang aktif berolahraga berat, jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen ini. Suplemen ini merupakan suplemen post-workout. Kandungan L-carnitine dan bahan-bahan di dalamnya membantu mempercepat pemulihan otot dan mendukung pertumbuhan otot. Selain itu, Anda bisa memilih berbagai varian rasa yang enak untuk dikonsumsi sehabis berolahraga.

Cara efektif mengonsumsi suplemen L-carnitine

Agar suplemen yang Anda konsumsi tidak sia-sia, berikut adalah cara efektif mengonsumsi suplemen L-carnitine. Dapatkan hasil yang maksimal dengan cara mengonsumsi yang benar.

Sebelum atau setelah olahraga? Pilih waktu yang sesuai dengan Anda

Sebelum atau setelah olahraga? Pilih waktu yang sesuai dengan Anda
Ada berbagai teori tentang cara mengonsumsi L-carnitine. Namun, ada beberapa orang yang berkeringat sangat banyak apabila mengonsumsinya sebelum berolahraga. Untuk itu, konsumsilah suplemen ini satu sampai satu setengah jam sebelum berolahraga. 

Jika Anda mengonsumsinya setelah berolahraga, L-carnitine sangat berperan dalam mempercepat pemulihan stamina. Di sisi lain, pemulihan otot juga akan berlangsung lebih cepat.

Hindari mengonsumsi L-carnitine secara berlebihan!

Hindari mengonsumsi L-carnitine secara berlebihan!
Meskipun efeknya sangat baik, jangan mengonsumsinya melebihi dosis yang telah ditentukan. Jika Anda mengonsumsinya lebih dari dosis yang disarankan, bisa jadi Anda akan mengalami diare, sakit perut, dan sebagainya. Tidak hanya L-carnitine, konsumsilah suplemen dan obat-obatan lainnya dengan dosis yang tepat!

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya untuk otot di sini

Selain berdiet, mungkin Anda berencana untuk membentuk otot tubuh Anda juga. Anda bisa mengonsumsi suplemen BCAA, creatine, serta suplemen pembentuk otot demi menunjang pembentukan otot dengan lebih efektif. Apabila Anda ingin mengetahuinya lebih jauh, silakan baca artikel berikut ini!

Kesimpulan

Suplemen L-carnitine memang dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Para olahragawan pun dapat mengonsumsi L-carnitine untuk meningkatkan performa selama berolahraga. Pilihlah suplemen L-carnitine yang aman untuk dikonsumsi.

Meski suplemen L-carnitine memberikan manfaat yang baik, jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan nutrisi harian Anda. Nutrisi yang seimbang serta aktif bergerak adalah kunci hidup sehat. Terakhir, ingat juga untuk istirahat yang cukup, ya!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.