• 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

L-carnitine adalah suplemen yang cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Suplemen ini terkenal dengan fungsinya untuk metabolisme lemak. Anda dapat menemukannya dari berbagai merek yang bagus, seperti Now Foods, Puritan's Pride, GNC, MuslePharm, sampai L-Men.

Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih suplemen L-carnitine, simak terus artikel kali ini, ya Kami akan berbagi informasi seputar manfaat suplemen L-carnitine serta tips cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan berbagai suplemen L-carnitine yang aman untuk dikonsumsi. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Mei 2022
Daftar isi

L-carnitine untuk apa?

L-carnitine untuk apa?
L-carnitine adalah gabungan dari asam amino lysine dan methionine yang ditemukan sebagai hormon pertumbuhan pada serangga. L-carnitine dapat dibentuk secara alami oleh tubuh manusia maupun hewan dengan bantuan vitamin C. Produksi L-carnitine di dalam tubuh akan mencapai puncak tertinggi saat usia 20-an dan akan berkurang setelahnya.

L-carnitine ternyata memegang peranan penting di dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat L-carnitine untuk tubuh.


  • L-carnitine berperan penting dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi energi dengan membawa asam lemak ke dalam mitokondria. Oleh karena itu, suplemen L-carnitine sangat Anda butuhkan untuk menjaga tubuh tetap ideal.

  • L-carnitine juga berefek pada sistem kardiovaskular Anda. Dikatakan bahwa suplemen ini efektif untuk meningkatkan toleransi latihan pada pasien dengan chronic stable angina, mengurangi gejala gagal jantung kongestif, serta mengurangi komplikasi dan kematian setelah terjadinya serangan myocardial infarction.

  • Meningkatkan performa Anda saat berolahraga serta membantu proses recovery. Suplemen L-carnitine juga cukup terkenal di kalangan olahragawan. L-carnitine dapat meningkatkan stamina Anda dan mengurangi rasa pegal-pegal setelah berolahraga.

  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa L-carnitine sanggup mengurangi gejala pada penderita diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi L-carnitine secara rutin, kadar gula darah penderita diabetes tipe 2 dapat berkurang.

Selain diproduksi di dalam tubuh, L-carnitine bisa Anda dapatkan dari makanan, seperti susu, daging sapi, ayam, dan ikan. Kandungan L-carnitine di dalam tubuh bergantung pada makanan yang Anda konsumsi serta usia. Para vegan, vegetarian, serta manula disarankan untuk mengonsumsi L-carnitine untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Cara memilih suplemen L-carnitine

Setelah Anda mengetahui manfaat L-carnitine, selanjutnya kami akan menjelaskan cara memilih suplemen L-carnitine. Pastikan Anda menyimak bagian ini dengan baik, ya.

Kenali bentuk L-carnitine dan dosis yang dibutuhkan

Kenali bentuk L-carnitine dan dosis yang dibutuhkan

Jika Anda perhatikan, ada beberapa bentuk L-carnitine yang bisa Anda temui di dalam suplemen. Berikut ini adalah beberapa bentuk L-carnitine serta dosis yang Anda butuhkan per hari.


  • Acetyl-L-carnitine adalah bentuk L-carnitine untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Dosis yang dibutuhkan adalah 600–2.500 mg per hari.

  • L-carnitine L-tartrate adalah bentuk yang banyak Anda temukan di dalam suplemen olahraga. Dosis yang dibutuhkan adalah 1.000–4.000 mg per hari.

  • Propionyl-L-carnitine bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah penderita darah tinggi. Dosis yang dibutuhkan adalah 400–1.000 mg per hari.

Dosis konsumsi L-carnitine sehari-hari umumnya adalah 500–2.000 mg per hari. Dosis ini dianggap sebagai jumlah yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Periksa kadar L-carnitine dalam produk suplemen

Periksa kadar L-carnitine dalam produk suplemen
Saat memilih suplemen L-carnitine, periksalah jumlah kandungannya. Jumlah konsumsi yang disarankan tidak spesifik, tetapi standar konsumsinya maksimal adalah 1.000 mg per hari. Namun, ada juga penelitian yang membuktikan konsumsi L-carnitine harian sampai 3.000 mg tidak menyebabkan efek samping yang buruk.

Suplemen L-carnitine yang beredar di pasaran memiliki jumlah kandungan yang beragam. Apabila jumlah kandungan L-carnitine di dalamnya sedikit, suplemen tersebut mungkin digabungkan dengan bahan lain untuk hasil yang lebih maksimal.


Jika Anda menginginkan efek pembakaran lemak yang lebih banyak, pilihlah suplemen L-carnitine dengan jumlah lebih banyak. Namun, tetap perhatikan standar maksimal konsumsi harian Anda.

Cek juga kandungan bahan lainnya

Anda dapat menemukan suplemen L-carnitine yang juga diperkaya dengan bahan lainnya. Tambahan bahan lainnya akan bekerja secara sinergis dalam memberikan efek yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa bahan lainnya yang biasa dicampurkan ke dalam suplemen L-carnitine.

Alpha lipoic acid, golongan antioksidan dan mengubah glukosa menjadi energi

Alpha lipoic acid, golongan antioksidan dan mengubah glukosa menjadi energi
Alpha lipoic acid atau ALA adalah golongan antioksidan. ALA berperan untuk menjaga sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan dan memperbaiki fungsi sel saraf. ALA juga akan membantu mengubah glukosa dan kelebihan lemak menjadi energi. Kandungan ALA biasanya digunakan untuk mengobati nyeri karena neuropati diabetik

Salah satu peran penting ALA adalah meredakan peradangan di dalam tubuh. Peradangan yang dimaksud adalah peradangan kronis yang berhubungan dengan penyakit tertentu, seperti kanker dan diabetes.


ALA sebetulnya diproduksi secara alami di dalam tubuh manusia. Produksi ALA sayangnya akan makin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Dengan begitu, Anda perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung ALA untuk menjaga fungsi organ.

Coenzyme Q10, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan performa fisik

Coenzyme Q10, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan performa fisik
Coenzyme Q10 atau CoQ10 juga merupakan golongan antioksidan yang ada pada tiap sel tubuh manusia. CoQ10 membantu menjaga sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, CoQ10 juga memainkan peranan penting dalam pembentukan energi di dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa CoQ10 dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, termasuk penderita diabetes. Alhasil, CoQ10 dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

BCAA, membantu pembentukan otot serta metabolisme lemak lebih cepat

BCAA, membantu pembentukan otot serta metabolisme lemak lebih cepat
Branched-Chain Amino Acids atau BCAA merupakan gabungan asam amino valine, isoleucine, dan leucine. Suplemen yang mengandung BCAA memang sangat terkenal di kalangan olahragawan. BCAA bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan massa otot. Di samping itu, BCAA juga dapat membantu mempercepat pembakaran lemak. Anda bisa mengonsumsi suplemen L-carnitine dan BCAA sebelum ataupun setelah berolahraga.

10 Rekomendasi suplemen L-carnitine terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen L-carnitine terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

GNC Jym® Post Jym BCAAs + Recovery Matrix

Mulai dari Rp 850.000,00

BentukBubuk
Isi568 gram
Kadar L-carnitine2.000 mg per 19 gram
Dosis19 gram per hari
Kandungan lainnyaL-glutamine 3 gram, creatine HCl 2 gram, beta-alanine 2 gram, betaine 1,5 gram, taurine 1 gram, L-leucine 3,6 gram, L-valine 1,2 gram, L-isoleucine 1,2 gram
9

MusclePharmCarnitine Essentials Liquid

Mulai dari Rp 520.000,00

BentukLiquid
Isi458,8 ml
Kadar L-carnitine1.000 mg per 14,8 ml
Dosis14,8 ml per hari (1 sendok makan)
Kandungan lainnya
8

PranaOnAcetyl L-Carnitine

Mulai dari Rp 410.000,00

BentukBubuk
Isi150 gram
Kadar L-carnitineTidak disebutkan
Dosis2 gram per hari
Kandungan lainnya
7

Nature's Lab CoQ10 + Alpha Lipoic Acid + Acetyl L-Carnitine HCl

Mulai dari Rp 1.270.000,00

BentukKapsul
Isi60 kapsul
Kadar L-carnitine500 mg per 2 tablet
Dosis2 tablet per hari
Kandungan lainnyaCoQ10 200 mg, alpha lipoic acid 300 mg
6

Doctor's BestL-Carnitine Fumarate with Biosint Carnitines

Mulai dari Rp 259.000,00

BentukKapsul
Isi60 kapsul
Kadar L-carnitine855 mg per kapsul
Dosis1 kapsul per hari
Kandungan lainnya
5
BentukKapsul
Isi100 kapsul
Kadar L-carnitine500 mg per kapsul
Dosis2 kapsul per hari
Kandungan lainnya
4
BentukTablet
Isi5 strip x 6 tablet
Kadar L-carnitine30 mg per tablet
Dosis1 tablet per hari
Kandungan lainnyaBioflavonoids & natural mixed carotenoids 50 mg, L-cystine 33 mg, magnesium 100 mg, iron 10 mg, chromium 75 mcg, vitamin D3, B6, B12, zinc 15mg, selenium 200 mcg
3
BentukTablet
Isi90 tablet
Kadar L-carnitine1.000 mg per tablet
Dosis2 x 1 tablet per hari
Kandungan lainnya
2
BentukKapsul
Isi90 kapsul, 150 kapsul
Kadar L-carnitine500 mg per 3 kapsul
Dosis3 kapsul per hari
Kandungan lainnyaChromium 120 mcg, Innobio CLA 60% 750 mg, green tea extract 50% 250 mg, Paradoxine 25 mg
1
BentukBubuk
Isi300 gram
Kadar L-carnitine49 mg per 50 gram
Dosis2 gelas per hari
Kandungan lainnyaBCAA 3.125 mg, L-glutamine 1.220 mg, dll

Tabel perbandingan produk suplemen L-carnitine terbaik

Gambar produk
1
Nutrifood L-Men Lose Weight 1

Nutrifood

2
RSP Nutrition QuadraLean 1

RSP Nutrition

3
Puritan's Pride  L-Carnitine Fumarate 1

Puritan's Pride

4
Vitabiotics Immunace 1

Vitabiotics

5
Now Foods Acetyl-L-Carnitine 1

Now Foods

6
Doctor's Best L-Carnitine Fumarate with Biosint Carnitines 1

Doctor's Best

7
Nature's Lab  CoQ10 + Alpha Lipoic Acid + Acetyl L-Carnitine HCl 1

Nature's Lab

8
PranaOn Acetyl L-Carnitine 1

PranaOn

9
MusclePharm Carnitine Essentials Liquid 1

MusclePharm

10
GNC  Jym® Post Jym BCAAs + Recovery Matrix 1

GNC

Nama produk

L-Men Lose Weight

QuadraLean

L-Carnitine Fumarate

Immunace

Acetyl-L-Carnitine

L-Carnitine Fumarate with Biosint Carnitines

CoQ10 + Alpha Lipoic Acid + Acetyl L-Carnitine HCl

Acetyl L-Carnitine

Carnitine Essentials Liquid

Jym® Post Jym BCAAs + Recovery Matrix

Keunggulan

Meal replacement yang enak, membantu diet turunkan berat badan

Kombinasi bahan aktifnya menurunkan berat badan lebih maksimal

L-carnitine murni bebas sodium, tidak perlu khawatir kelebihan garam

Multivitamin dan mineral yang lengkap dengan L-carnitine

Meningkatkan energi sekaligus merawat sistem saraf dan otak

Kapsul L-carnitine yang ramah vegan dan bebas gluten

Suplemen L-carnitine untuk menjaga kesehatan jantung dan kognitif

L-carnitine bubuk murni untuk para vegan

L-carnitine sirop dengan tiga varian rasa buah

Suplemen post-workout, bantu pemulihan otot sehabis berolahraga

Harga mulai dariRp 116.500,00Rp 360.000,00Rp 415.000,00Rp 272.000,00Rp 397.000,00Rp 259.000,00Rp 1.270.000,00Rp 410.000,00Rp 520.000,00Rp 850.000,00
BentukBubukKapsulTabletTabletKapsulKapsulKapsul BubukLiquidBubuk
Isi300 gram90 kapsul, 150 kapsul90 tablet5 strip x 6 tablet100 kapsul60 kapsul60 kapsul150 gram458,8 ml568 gram
Kadar L-carnitine49 mg per 50 gram500 mg per 3 kapsul1.000 mg per tablet30 mg per tablet500 mg per kapsul855 mg per kapsul500 mg per 2 tabletTidak disebutkan1.000 mg per 14,8 ml2.000 mg per 19 gram
Dosis2 gelas per hari3 kapsul per hari2 x 1 tablet per hari1 tablet per hari2 kapsul per hari1 kapsul per hari2 tablet per hari2 gram per hari14,8 ml per hari (1 sendok makan)19 gram per hari
Kandungan lainnyaBCAA 3.125 mg, L-glutamine 1.220 mg, dllChromium 120 mcg, Innobio CLA 60% 750 mg, green tea extract 50% 250 mg, Paradoxine 25 mgBioflavonoids & natural mixed carotenoids 50 mg, L-cystine 33 mg, magnesium 100 mg, iron 10 mg, chromium 75 mcg, vitamin D3, B6, B12, zinc 15mg, selenium 200 mcgCoQ10 200 mg, alpha lipoic acid 300 mgL-glutamine 3 gram, creatine HCl 2 gram, beta-alanine 2 gram, betaine 1,5 gram, taurine 1 gram, L-leucine 3,6 gram, L-valine 1,2 gram, L-isoleucine 1,2 gram
Tautan produk

Cara efektif mengonsumsi suplemen L-carnitine

Agar suplemen yang Anda konsumsi tidak sia-sia, berikut adalah cara efektif mengonsumsi suplemen L-carnitine. Dapatkan hasil yang maksimal dengan cara mengonsumsi yang benar.

Sebelum atau setelah olahraga? Pilih waktu yang sesuai dengan Anda

Sebelum atau setelah olahraga? Pilih waktu yang sesuai dengan Anda
Ada berbagai teori tentang cara mengonsumsi L-carnitine. Namun, ada beberapa orang yang berkeringat sangat banyak apabila mengonsumsinya sebelum berolahraga. Untuk itu, konsumsilah suplemen ini satu sampai satu setengah jam sebelum berolahraga. 

Jika Anda mengonsumsinya setelah berolahraga, L-carnitine sangat berperan dalam mempercepat pemulihan stamina. Di sisi lain, pemulihan otot juga akan berlangsung lebih cepat.

Hindari mengonsumsi L-carnitine secara berlebihan!

Hindari mengonsumsi L-carnitine secara berlebihan!
Meskipun efeknya sangat baik, jangan mengonsumsinya melebihi dosis yang telah ditentukan. Jika Anda mengonsumsinya lebih dari dosis yang disarankan, bisa jadi Anda akan mengalami diare, sakit perut, dan sebagainya. Tidak hanya L-carnitine, konsumsilah suplemen dan obat-obatan lainnya dengan dosis yang tepat!

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya untuk otot di sini

Selain berdiet, mungkin Anda berencana untuk membentuk otot tubuh Anda juga. Anda bisa mengonsumsi suplemen BCAA, creatine, serta suplemen pembentuk otot demi menunjang pembentukan otot dengan lebih efektif. Apabila Anda ingin mengetahuinya lebih jauh, silakan baca artikel berikut ini!

Kesimpulan

Suplemen L-carnitine memang dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Para olahragawan pun dapat mengonsumsi L-carnitine untuk meningkatkan performa selama berolahraga. Pilihlah suplemen L-carnitine yang aman untuk dikonsumsi.

Meski suplemen L-carnitine memberikan manfaat yang baik, jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan nutrisi harian Anda. Nutrisi yang seimbang serta aktif bergerak adalah kunci hidup sehat. Terakhir, ingat juga untuk istirahat yang cukup, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Asam folat adalah zat yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Sayangnya, kebutuhan tersebut belum tentu terpenuhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen asam folat. Terdapat beberapa merek yang bagus, seperti Folamil Genio, Blackmores, dan Natures Plus. Merek apa yang cocok untuk Anda?Untuk membantu Anda, kami akan mengulas poin-poin mengenai suplemen asam folat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya sekaligus menjelaskan cara yang tepat untuk mengonsumsi asam folat. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri, salah satunya adalah lebih percaya diri. Oleh karena itu, suplemen peninggi badan yang bagus untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa banyak beredar di pasaran.  Beberapa merek suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lainnya. Di artikel ini kami akan mengulas peninggi badan yang terdaftar di BPOM. Untuk membantu Anda memilih produk terbaik dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Lutein Terbaik untuk Kesehatan Mata (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Lutein Terbaik untuk Kesehatan Mata (Terbaru Tahun 2022)
    Kesehatan mata bisa menurun seiring bertambahnya usia. Organ ini juga rentan rusak akibat terlalu sering menatap layar elektronik. Untuk menjaga kesehatan mata, Anda bisa mempertimbangkan suplemen lutein. Suplemen lutein amat populer berkat khasiatnya yang menakjubkan.Ada banyak suplemen lutein yang bagus di pasaran. Agar Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya. Review suplemen lutein dari berbagai merek juga akan berikan. Produk dari Puritan’s Pride, Blackmores, hingga Eyevit dapat menjadi opsi yang berkualitas. Mari simak pembahasannya hingga tuntas!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori