• 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.

Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.343 Views
Daftar isi

Cara memilih makanan kering/dry food kucing

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih makanan kering/dry food kucing.

Penting untuk memilih makanan kucing yang memiliki nutrisi dasar

Penting untuk memilih makanan kucing yang memiliki nutrisi dasar
Makanan kucing diklasifikasikan menjadi dua tipe yaitu makanan bernutrisi dan makanan biasa atau umum. Pastikan Anda memberikan tipe makanan bernutrisi kepada kucing kesayangan. Makanan tipe ini memiliki kandungan nutrisi yang komprehensif sehingga mampu memasok kebutuhan nutrisi kucing secara seimbang.
Sementara itu, makanan biasa dapat diibaratkan sebagai sebuah side dish atau camilan. Ketika kucing tidak nafsu makan, Anda dapat memberikannya untuk mengusir rasa bosan kucing pada makanan pokoknya.

Pilih bahan baku yang aman dan terjamin

Ingin mendapatkan makanan kering kucing yang aman dan terjamin kualitasnya? Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu komposisi bahan apa saja yang dipakai dalam produk tersebut.

Pilih produk yang mencantumkan bahan baku utama secara jelas

Pilih produk yang mencantumkan bahan baku utama secara jelas
Informasi jumlah dan jenis bahan baku biasanya dicantumkan di bagian kemasan produk dry food kucing. Oleh sebab itu, cek secara teliti bahan baku apa saja yang dipakai. Misalnya, produk tersebut memakai daging dan ikan sebagai bahan baku utama. Alih-alih daging, ada juga produsen makanan kucing yang menyertakan bahan baku organ dalam, kulit, darah, kuku, paruh, dan lainnya.
Sebenarnya, organ dalam ini masih mengandung nutrisi dan kucing dapat mengonsumsinya. Namun, ada beberapa bagian yang seharusnya tidak dikonsumsi seperti paruh dan kuku. Pilihlah produk makanan kucing yang mencantumkan bahan baku utama daging dan ikan secara jelas.

Katakan tidak pada gandum! Pilih produk berbahan utama daging dan ikan

Katakan tidak pada gandum! Pilih produk berbahan utama daging dan ikan
Kucing adalah binatang karnivora sehingga mereka tidak memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat seperti cereal. Meskipun begitu, ada beberapa produk kucing yang memakai cereal sebagai salah satu bahan baku. Biasanya, cereal ditambahkan dalam jumlah banyak dengan tujuan untuk memangkas biaya produksi dry food kucing. Hindari produk yang mengandung gandum atau sebisa mungkin, pilihlah produk dengan kandungan gandum paling rendah.

Pilih ethoxyquin, BHA, dan BHT yang tidak memakai zat pewarna

Pilih ethoxyquin, BHA, dan BHT yang tidak memakai zat pewarna
Zat aditif sering ditambahkan pada makanan kucing untuk menambah nutrisi. Cara ini dipilih juga untuk mencegah terjadinya oksidasi dan munculnya jamur. Daripada menanggung risiko, akan lebih aman lagi jika Anda menghindari produk yang memakai bahan kimia, seperti etoksi, BHA, dan BHT karena sebenarnya cukup berbahaya. Anda juga sebaiknya menghindari produk dengan pewarna sintetis. Nafsu makan kucing sama sekali tidak dipengaruhi oleh warna makanannya.

Pilih produk yang memakai bahan antioksidan alami

Pilih produk yang memakai bahan antioksidan alami
Pilihlah produk yang tidak mengandung zat aditif. Namun, antioksidan dan pengawet dibutuhkan untuk produk dengan kandungan lemak yang tinggi. Jika tidak ditambahkan, kualitas produk akan menurun dan berbahaya untuk kucing Anda. Oleh sebab itu, Anda dapat mempertimbangkan antioksidan berbahan alami seperti ekstrak rosemary.

Daging atau ikan? Pilih cita rasa yang paling disukai kucing Anda

Daging atau ikan? Pilih cita rasa yang paling disukai kucing Anda
Makanan kucing memakai bahan baku daging (ayam) dan ikan (tuna dan salmon). Ada kalanya, daging dan ikan dijadikan satu sehingga menghasilkan rasa yang berbeda. Silakan mencoba beberapa produk yang kira-kira akan disukai oleh kucing Anda.
Menarik untuk diketahui, kucing cenderung mudah bosan dengan makanan yang sering dikonsumsinya. Dengan demikian, Anda dapat mengganti jenis dan rasa makanan kucing secara berkala. Dengan catatan, varian produk tersebut masih berasal dari produsen atau merek yang sama.

Pilih berdasarkan tahap usia dan pertumbuhan kucing

Jenis makanan kucing selalu berubah berdasarkan usia dan tahap pertumbuhan kucing. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih produk dry food yang sesuai dengan kebutuhan kucing dan tahap usianya.

Untuk kitten pada masa pertumbuhan, pilih produk dengan nutrisi yang melimpah

Untuk kitten pada masa pertumbuhan, pilih produk dengan nutrisi yang melimpah
Kitten memasuki masa pertumbuhan hingga usia satu tahun. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan banyak nutrisi agar bisa tumbuh secara maksimal. Anda dapat memilih makanan kering kucing khusus yang sesuai dengan masa pertumbuhan kitten. Jika memungkinkan, pilih yang memiliki nutrisi tiga kali lipat dari makanan untuk kucing dewasa.
Kitten biasanya disapih pada usia tiga bulan. Setelah disapih, Anda dapat memberikan makanan kering kucing dalam jumlah yang banyak sekitar tiga kali dalam sehari. Anda juga dapat mengikuti saran penyajian yang tercantum di kemasan.

Pilih berdasarkan bentuk tubuh atau kebutuhan kucing Anda

Pilih berdasarkan bentuk tubuh atau kebutuhan kucing Anda
Setelah satu tahun berlalu, kitten tumbuh menjadi kucing dewasa. Meskipun sudah dewasa, jika Anda memberikan banyak makanan berkalori, kucing akan obesitas. Maka dari itu, Anda harus mengganti makanan tersebut demi kebaikan si kucing.
Produk yang mengandung kalori rendah bagus untuk mencegah obesitas. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang aman untuk kitten karena kondisinya yang masih cukup rentan. Bisa juga memilih produk rendah magnesium untuk mencegah penyakit batu kemih dan lainnya.

Untuk kucing hamil dan menyusui, pilih produk yang tinggi kalori

Untuk kucing hamil dan menyusui, pilih produk yang tinggi kalori
Kucing yang sedang hamil dan menyusui juga membutuhkan kalori. Sama seperti kitten yang membutuhkan tiga kali lipat nutrisi, kucing hamil dan menyusui juga membutuhkan nutrisi ekstra. Kucing hamil tidak bisa makan banyak dalam satu waktu karena perut sudah membesar. Berikan makanan secara berkala agar makanan tercerna dengan baik sehingga tidak kekurangan nutrisi.

Untuk kucing tua, pilih yang rendah kalori dan mudah dicerna

Untuk kucing tua, pilih yang rendah kalori dan mudah dicerna
Menginjak tahun ketujuh, kucing memasuki usia tua. Saatnya untuk beralih dari makanan kucing dewasa ke makanan yang lebih bersahabat dengan kondisi tubuh kucing tua. Pada masa ini, fungsi jantung dan ginjal kucing mulai menurun, serta kaki dan kapasitas pencernaan kucing pun menurun. Anda disarankan untuk memilih makanan khusus untuk kucing tua. Makanan khusus ini diracik sedemikian rupa agar tidak membebani pencernaan kucing yang lemah.

Pilih berdasarkan kondisi kucing

Makanan kering juga dapat dipilih berdasarkan kondisi kucing. Misalnya, ada makanan yang cocok untuk kucing yang mengalami sedikit obesitas dan kucing yang menderita hairball. Sebaiknya Anda memilih makanan kering yang sesuai dengan kondisi peliharaan Anda.

Untuk kucing yang tidak bermain di luar, pilih indoor dry food

Untuk kucing yang tidak bermain di luar, pilih indoor dry food
Baru-baru ini, banyak orang yang mulai memelihara kucing di dalam rumah atau apartemen. Menilik kondisi ini, makanan untuk indoor cat pun dilempar ke pasaran. Jenis ini sangat direkomendasikan untuk kucing yang sedikit obesitas. Terlebih lagi untuk kucing yang jarang beraktivitas dan baru saja dikebiri atau kontrasepsi.

Untuk kucing yang sering menjilat bulu, berikan produk hairball care

Untuk kucing yang sering menjilat bulu, berikan produk hairball care
Kucing menelan bulunya sendiri selama grooming. Bulu yang tertelan akan tersangkut di perut dan menjadi bola bulu (hairball). Jika hal ini terjadi, kucing akan sering muntah atau mengalami kesulitan bernapas.
Lantas, apa yang mesti kita lakukan? Kami merekomendasi makanan kering hairball care yang bagus untuk membantu proses ekskresi kucing. Ada pula yang ditulis dengan hairball control pada kemasan. Makanan ini efektif untuk kucing yang sering muntah bola bulu. Meskipun demikian, Anda perlu membawa kucing ke dokter hewan ketika frekuensi muntah tidak berkurang meski telah diberi produk hairball care.

Untuk Anda yang khawatir dengan bentuk tubuh kucing, pilih produk rendah kalori

Untuk Anda yang khawatir dengan bentuk tubuh kucing, pilih produk rendah kalori
Kucing obesitas dan suka makan cenderung ingin makan banyak sehingga sulit melakukan diet. Karena alasan ini, kami rekomendasikan dry food rendah kalori yang cocok untuk kucing Anda. Lebih baik lagi jika Anda memilih makanan diet yang menggunakan protein (daging dan ikan) dibandingkan cereal.

Apabila khawatir dengan batu kemih, pertimbangkan produk pencegah FLUTD

Apabila khawatir dengan batu kemih, pertimbangkan produk pencegah FLUTD
Kucing cukup rawan terserang Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) atau penyakit saluran kemih bagian bawah, khususnya penyakit batu kemih. Untungnya, sudah ada produk makanan kering kucing yang berfungsi untuk mencegah penyakit ini. Untuk menghapus kekhawatiran Anda, silakan memilih produk khusus FLUTD. Biasanya, produk ini memiliki level PH urine yang netral sehingga aman untuk saluran kemih kucing.
Sebagai tambahan, kami sarankan agar dokter hewan melihat kondisi kucing terlebih dahulu. Jika kucing memang sakit FLUTD, mohon untuk tidak memberikan produk ini tanpa izin karena perlu pengawasan dokter hewan.

Untuk merawat bulu kucing, pertimbangkan produk dengan spesialisasi hairgloss

Untuk merawat bulu kucing, pertimbangkan produk dengan spesialisasi hairgloss
Apakah Anda ingin memiliki kucing dengan bulu yang berkilau? Jika iya, pertimbangkan untuk membeli dry food kucing khusus untuk hairgloss. Terutama untuk kucing dengan bulu yang panjang karena efek berkilau akan lebih mudah dilihat.
Kondisi bulu juga bisa dijadikan barometer kesehatan kucing. Ketika kilau bulu kucing tiba-tiba memudar, segera cek kesehatan kucing. Bisa jadi ini adalah sebuah pertanda bahwa penyakit serius tengah mengancam kucing Anda.

Pilih dry food berdasarkan ras kucing

Pilih dry food berdasarkan ras kucing
Kami merekomendasikan dry food kucing yang sesuai dengan kondisi bulu dan kebutuhan khusus dari suatu ras kucing. Perlu diketahui bahwa ada beberapa produk kucing yang memiliki bentuk dan jumlah nutrisi yang disesuaikan dengan ras kucing tertentu. Dengan demikian, Anda bisa memilih produk berdasarkan ras kucing. Sebagai contohnya, merek Royal Canin memiliki beberapa varian produk khusus untuk ras kucing.

10 Rekomendasi makanan kering/dry food kucing terbaik

Memilih makanan kering kucing memang tak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi jika kucing Anda membutuhkan perawatan khusus. Selain soal harga, pertimbangkan pula soal bahan baku, zat aditif yang ditambahkan, dan faktor lainnya.
Kapasitas1,2 kg
Tahapan usiaKucing persia dewasa (1 tahun)
Bahan bakuBulir utuh sereal (jagung dan beras), tepung ayam olahan, protein nabati (kedelai dan jagung, tepung ikan, singkong, lemak ayam, ikan cincang, tepung tuna olahan, garam berioudium, antioksidan, dll
ProduksiThailand
Zat aditif buatanAda
Kapasitas1,2 kg
Tahapan usiaDewasa
Bahan bakuCereal gandum utuh (jagung, gandum), unggas by-product-meal, gluten jagung meal, kedelai meal, minyak sayur, ikan meal, perasa, meat and bone meal (daging sapi, domba), asam amino, bahan pewarna.
ProduksiThailand
Zat aditif buatanAda

8. Hill’s Pet Nutrition Hill’s® Science Diet® Adult Light Cat Food

Rp 232.000,00

Kapasitas2 kg
Tahapan usiaDewasa 1-6 tahun
Bahan bakuAyam, jagung bebas gluten meal, gandum utuh, brewers rice, lemak ayam, rasa hati ayam, garam beriodium, rasa alami, kacang hijau, apel, cranberry, wortel, brokoli, beta-karoten, dll
ProduksiAmerika
Zat aditif buatanTidak ada

7. Nestle Purina PRO PLAN Adult Housecat with OPTIRENAL

Rp 220.000,00

Kapasitas2,5 kg
Tahapan usiaDewasa (di atas 12 bulan)
Bahan bakuAyam (ayam yang sudah didehidrasi), protein jagung, gandum utuh dan dedak, serat alami, ikan dehidrasi, asam organik, dan rasa alami, antioksidan alami, dll
ProduksiAustralia
Zat aditif buatanTidak ada
Kapasitas1,5 kg
Tahapan usiaDewasa
Bahan bakuTapioka, kacang kedelai, jagung, dedak gandum, unggas meal, ikan meal (termasuk salmon, tuna, dan ikan sarden), lemak unggas, protein hewani tercerna, minyak tuna, minyak salmon, taurin, dll
ProduksiThailand
Zat aditif buatanTidak ada
Kapasitas2 kg
Tahapan usiaKitten hingga usia 12 bulan
Bahan bakuProtein unggas yang dikeringkan, beras, isolat protein nabati, lemak hewani, serat nabati, bubur bit, mineral, minyak ikan, ragi, minyak kedelai, ekstrak marigold (sumber lutein). Pengawet: Antioksidan
ProduksiAmerika
Zat aditif buatanAda
Kapasitas0,9 kg
Tahapan usiaDewasa, tua
Bahan bakuDeboned ayam, kalkun meal, ayam meal, kacang polong, kentang, pomace tomato, ground flaxseed, lemak ayam, perasa ayam alami, ekstrak akar chicory, cranberry, taurin, suplemen vitaman E, dll.
ProduksiAmerika
Zat aditif buatanTidak ada
Kapasitas400 gr
Tahapan usiaDewasa 1 tahun ke atas
Bahan bakuUnggas meal, bubur kentang kering, beras, lemak unggas, jagung, hati ayam yang dihidrolisis, brewers’ yeast, minyak salmon, ekstrak sawi putih, dll
ProduksiLithuania
Zat aditif buatanTidak ada
Kapasitas5,4 kg
Tahapan usiaSemua usia
Bahan bakuDaging ayam segar (18%), daging kalkun segar (7%), telur utuh segar (5%), hati ayam segar (5%), fresh whole flounder (4%), fresh whole herring (4%), hati kalkun segar (4%), jantung ayam segar (4%), jantung kalkun segar (4%), leher ayam segar (4%), tulang rawan ayam (dehidrasi, 1%), minyak ikan (1%), dll
ProduksiKanada
Zat aditif buatanTidak ada

1. Mars Whiskas Dry Adult 1+ Hairball Chicken & Tuna Flavour

Rp 55.000,00

Kapasitas1,1 kg
Tahapan usiaDewasa 1 tahun ke atas
Bahan bakuPati daging ayam, kacang soya, ikan laut, tepung gandum, mineral, garam berlodin, vitamin, taurina, minyak soya, pewarna, pengawet, perisa.
ProduksiThailand
Zat aditif buatanAda

Baca rekomendasi makanan kucing terbaik lainnya di sini!

Saat kucing kehilangan nafsu makannya, sebaiknya Anda membeli berbagai jenis makanan, seperti dry food, wet food, dan makanan yang sesuai dengan kondisi kucing. Baca rekomendasi makanan kucing terbaik lainnya di sini!

Kesimpulan

Bagi seorang mommy cat, memilih dry food kucing tanpa memahami karakter kucing peliharaannya sangatlah sulit. Sebelum memilih, kenali dahulu tahap kehidupan, dan selera kucing. Terlebih lagi untuk Anda yang memiliki masalah kesehatan dan kebutuhan khusus seperti kucing sakit atau memiliki alergi. Dengan memilih makanan yang tepat, Anda akan membuat kucing lebih bergairah untuk makan, sehat, dan hidup lebih lama! Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    30.593 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan kita. Selain itu, tergantung usia kucing, Anda perlu memperhatikan susu yang diberikan.Pabrik makanan hewan Whiskas, Hartz, Beaphar, Zeal, Royal Canin, dan PetAg KMR telah memproduksi susu baik cair maupun bubuk yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sepuluh susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    16.963 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    11.317 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang memelihara anjing atau kucing, tentunya Anda wajib membasmi kutunya. Tidak hanya bagi hewan, kutu adalah parasit yang merepotkan bagi manusia. Apabila didiamkan, kutu dapat berkembang biak semakin banyak. Selain dengan obat kutu yang diproduksi oleh rumah sakit hewan, ada juga obat yang dijual secara massal di pasaran. Manakah yang terbaik?Sebelum membeli, Anda harus mencari tahu dahulu produk apa yang sesuai dengan hewan peliharaan. Kali ini kami akan merekomendasikan produk pembasmi kutu dari merek ternama, seperti Hartz, Frontline, dan Revolution yang dapat dibeli di online shop. Kami akan menjelaskan pula cara memilih dan membahas kegunaan tiap produk. Mari basmi kutu di tubuh hewan kesayangan Anda secara menyeluruh!
    Perawatan hewan
    11.574 Views
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan.Merek pasir kucing juga cukup beragam, seperti Cubs n Kit, Sumo Cat, Catsan dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih pasir kucing yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini step by step memilih pasir kucing yang bisa Anda contoh.
    Perawatan hewan
    10.870 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    11.076 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, semakin banyak orang yang memelihara anjing. Karena itu, kebutuhan akan kandang anjing baik untuk anjing besar maupun anjing kecil tentu semakin meningkat. Apalagi, kandang anjing kadang digunakan sebagai tempat tidur dan beristirahat oleh anjing Anda.Terdapat beragam kandang anjing dengan berbagai ukuran, bahan, warna, serta harga beredar di pasaran sehingga Anda bisa saja bingung saat hendak membelinya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi kandang anjing terbaik. Selamat membaca!
    Perawatan hewan
    1.613 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori