• 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)

Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.

Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Bella Fortuna
  • Pembaharuan terakhir: 08 September 2021
  • 182.843 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan drh. Bella Fortuna

Profil pakar: Dokter hewan drh. Bella Fortuna

drh. Bella adalah seorang dokter hewan muda yang telah selesai menempuh profesi dokter hewan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ia merupakan founder dokterhewanku.com, situs untuk konsultasi online hewan kesayangan.

drh. Bella berpengalaman dalam telemedicine selama satu tahun lebih dengan ratusan client setiap bulannya. Ia juga menerima konsultasi online melalui aplikasi khusus tentang hewan peliharaan. Selain itu, ia juga seorang dokter praktisi di klinik hewan kecil di Kota Ngawi, Jawa Timur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan kering/dry food kucing

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih makanan kering/dry food kucing.

Penting untuk memilih makanan kucing yang memiliki nutrisi dasar

Penting untuk memilih makanan kucing yang memiliki nutrisi dasar

Makanan kucing diklasifikasikan menjadi dua tipe, yaitu makanan bernutrisi dan makanan biasa atau umum. Pastikan Anda memberikan tipe makanan bernutrisi kepada kucing kesayangan. Makanan tipe ini memiliki kandungan nutrisi yang komprehensif sehingga mampu memasok kebutuhan nutrisi kucing secara seimbang.

Sementara itu, makanan biasa dapat diibaratkan sebagai sebuah side dish atau camilan. Ketika kucing tidak nafsu makan, Anda dapat memberikannya untuk mengusir rasa bosan kucing pada makanan pokoknya.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Memberikan makanan kucing dengan kebutuhan nutrisi terpenuhi bisa menjadikan kucing lebih sehat dan memiliki umur yang relatif lebih panjang. Pada dasarnya, ada empat kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi pada makanan kucing, yaitu protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jadi, memilih produk makanan yang mempunyai komposisi tersebut adalah hal yang wajib.

Pilih bahan baku yang aman dan terjamin

Ingin mendapatkan makanan kering kucing yang aman dan terjamin kualitasnya? Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu komposisi bahan apa saja yang dipakai dalam produk tersebut.

Pilih produk yang mencantumkan bahan baku utama secara jelas

Pilih produk yang mencantumkan bahan baku utama secara jelas
Informasi jumlah dan jenis bahan baku biasanya dicantumkan di bagian kemasan produk dry food kucing. Oleh sebab itu, cek secara teliti bahan baku apa saja yang dipakai. Misalnya, produk tersebut memakai daging dan ikan sebagai bahan baku utama. Alih-alih daging, ada juga produsen makanan kucing yang menyertakan bahan baku organ dalam, kulit, darah, kuku, paruh, dan lainnya.

Sebenarnya, organ dalam ini masih mengandung nutrisi dan kucing dapat mengonsumsinya. Namun, ada beberapa bagian yang seharusnya tidak dikonsumsi seperti paruh dan kuku. Pilihlah produk makanan kucing yang mencantumkan bahan baku utama daging dan ikan secara jelas.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing satu dengan yang lain memiliki selera yang berbeda mengenai bahan baku dry food. Ada kucing yang lebih suka daging ayam, ikan laut, begitu pun sebaliknya. Ada juga beberapa kucing yang alergi terhadap bahan utama tertentu. Karena itu, penting untuk memastikan bahan baku apa saja yang terdapat pada dry food tersebut agar cocok untuk kucing kita.

Katakan tidak pada gandum! Pilih produk berbahan utama daging dan ikan

Katakan tidak pada gandum! Pilih produk berbahan utama daging dan ikan
Kucing adalah binatang karnivora sehingga mereka tidak memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat seperti cereal. Meskipun begitu, ada beberapa produk kucing yang memakai cereal sebagai salah satu bahan baku. 

Biasanya, cereal ditambahkan dalam jumlah banyak dengan tujuan untuk memangkas biaya produksi dry food kucing. Hindari produk yang mengandung gandum atau sebisa mungkin, pilihlah produk dengan kandungan gandum paling rendah.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing merupakan hewan karnivora yang hanya membutuhkan protein untuk menunjang kelangsungan sistem tubuhnya. Kucing tidak membutuhkan karbohidrat, seperti gandum dan nasi. Karena karbohidrat bisa meningkatkan fermentasi bakteri di dalam pencernaan, perut kucing akan kembung dan diare.

Pilih ethoxyquin, BHA, dan BHT yang tidak memakai zat pewarna

Pilih ethoxyquin, BHA, dan BHT yang tidak memakai zat pewarna
Zat aditif sering ditambahkan pada makanan kucing untuk menambah nutrisi. Cara ini dipilih juga untuk mencegah terjadinya oksidasi dan munculnya jamur. Daripada menanggung risiko, akan lebih aman lagi jika Anda menghindari produk yang memakai bahan kimia. Bahan kimia seperti etoksi, BHA, dan BHT sebenarnya cukup berbahaya.

Anda juga sebaiknya menghindari produk dengan pewarna sintetis. Nafsu makan kucing sama sekali tidak dipengaruhi oleh warna makanannya.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Untuk memberi ketahanan pada produk dry food biasanya ditambahkan pengawet sintetik seperti BHA dan BHT. Hal ini berbahaya karena efek yang ditimbulkan pengawet ini adalah kanker. Jadi, sebisa mungkin kita bisa menghindari kandungan senyawa ini pada makanan kucing.

Pilih produk yang memakai bahan antioksidan alami

Pilih produk yang memakai bahan antioksidan alami
Pilihlah produk yang tidak mengandung zat aditif. Namun, antioksidan dan pengawet dibutuhkan untuk produk dengan kandungan lemak yang tinggi. Jika tidak ditambahkan, kualitas produk akan menurun dan berbahaya untuk kucing Anda. Oleh sebab itu, Anda dapat mempertimbangkan antioksidan berbahan alami seperti ekstrak rosemary.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Memilih makanan kucing dengan kandungan antioksidan adalah hal penting. Antioksidan memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup sel. Beberapa di antaranya adalah memperbaiki sel yang rusak dan membantu sel imun bekerja sehingga kucing akan selalu sehat. Antioksidan bisa berupa vitamin A dan vitamin E.

Daging atau ikan? Pilih cita rasa yang paling disukai kucing Anda

Daging atau ikan? Pilih cita rasa yang paling disukai kucing Anda

Makanan kucing memakai bahan baku daging (ayam) dan ikan (tuna dan salmon). Adakalanya, daging dan ikan dijadikan satu sehingga menghasilkan rasa yang berbeda. Silakan mencoba beberapa produk yang kira-kira akan disukai oleh kucing Anda.

Menarik untuk diketahui, kucing cenderung mudah bosan dengan makanan yang sering dikonsumsinya. Dengan demikian, Anda dapat mengganti jenis dan rasa makanan kucing secara berkala. Dengan catatan, varian produk tersebut masih berasal dari produsen atau merek yang sama.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Daging dan ikan adalah bahan baku yang mengandung protein yang diperlukan kucing. Ada beberapa kucing yang alergi dengan bahan makanan, baik ikan maupun daging. Sebagai pemilik, kita harus mengetahui kucing kita mempunyai alergi terhadap bahan baku apa.


Untuk menghindari rasa bosan pada kucing, kita bisa mengganti makanannya dengan variasi yang berbeda, tetapi masih dari merek yang sama. Jika ingin mengganti makanan dengan merek baru, pastikan tidak langsung mengganti produk sebelumnya ke produk yang baru. 


Mengganti makanan kucing langsung ke produk yang baru akan membuat pencernaan kucing terganggu. Hal ini disebabkan oleh kucing membutuhkan waktu untuk menyesuaikan komposisi makanan baru. Kucing akan menunjukkan reaksi alergi berupa muntah, diare, alopecia (kebotakan), dan kulit merah jika Anda langsung mengganti produk makanannya.

Pilih berdasarkan tahap usia dan pertumbuhan kucing

Jenis makanan kucing selalu berubah berdasarkan usia dan tahap pertumbuhan kucing. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih produk dry food yang sesuai dengan kebutuhan kucing dan tahap usianya.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing dikelompokkan menjadi lima kategori berdasarkan umurnya, yaitu:

  • Kitten (0–3 bulan)
  • Kucing junior (4–12 bulan)
  • Kucing dewasa (2–10 tahun) 
  • Geriatric ( > 10 tahun)

Setiap kategori kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda untuk kelangsungan hidupnya.

Untuk kitten pada masa pertumbuhan, pilih produk dengan nutrisi yang melimpah

Untuk kitten pada masa pertumbuhan, pilih produk dengan nutrisi yang melimpah
Kitten memasuki masa pertumbuhan hingga usia satu tahun. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan banyak nutrisi agar bisa tumbuh secara maksimal. Anda dapat memilih makanan kering kucing khusus yang sesuai dengan masa pertumbuhan kitten. Jika memungkinkan, pilih yang memiliki nutrisi tiga kali lipat dari makanan untuk kucing dewasa.
Kitten biasanya disapih pada usia tiga bulan. Setelah disapih, Anda dapat memberikan makanan kering kucing dalam jumlah yang banyak sekitar tiga kali dalam sehari. Anda juga dapat mengikuti saran penyajian yang tercantum di kemasan.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Makanan kitten diformulasikan sesuai kebutuhannya dari mulai tekstur hingga nutrisi. Pada umumnya, kitten membutuhkan protein lebih tinggi untuk membantu pertumbuhan sistem di tubuhnya yang belum sempurna. Kitten juga akan banyak menghabiskan energi karena gerakannya lebih aktif dibanding kucing junior dan dewasa.

Pilih berdasarkan bentuk tubuh atau kebutuhan kucing Anda

Pilih berdasarkan bentuk tubuh atau kebutuhan kucing Anda
Setelah satu tahun berlalu, kitten tumbuh menjadi kucing dewasa. Meskipun sudah dewasa, jika Anda memberikan banyak makanan berkalori, kucing akan obesitas. Maka dari itu, Anda harus mengganti makanan tersebut demi kebaikan si kucing.
Produk yang mengandung kalori rendah bagus untuk mencegah obesitas. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang aman untuk kitten karena kondisinya yang masih cukup rentan. Bisa juga memilih produk rendah magnesium untuk mencegah penyakit batu kemih dan lainnya.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Pemilihan produk makanan kucing bisa disesuaikan dengan kebutuhan kucing. Sekarang banyak makanan komersial yang fokus pada beberapa masalah kesehatan pada ras tertentu.


Beberapa makanan memiliki nutrisi yang dikhususkan untuk mengatasi kasus susah buang air kecil, bulu rontok, pakan diet, dan sebagainya. Tentunya semua produk khusus tersebut berdasarkan riset dan uji klinis. Jadi, pastikan memilih makanan sesuai kebutuhan.

Untuk kucing hamil dan menyusui, pilih produk yang tinggi kalori

Untuk kucing hamil dan menyusui, pilih produk yang tinggi kalori
Kucing yang sedang hamil dan menyusui juga membutuhkan kalori. Sama seperti kitten yang membutuhkan tiga kali lipat nutrisi, kucing hamil dan menyusui juga membutuhkan nutrisi ekstra. Kucing hamil tidak bisa makan banyak dalam satu waktu karena perut sudah membesar. Berikan makanan secara berkala agar makanan tercerna dengan baik sehingga tidak kekurangan nutrisi.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing hamil membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi baik berupa kalori, lemak, dan protein dua kali lebih banyak dari biasanya. Kebutuhan asupan nutrisi tersebut adalah untuk menunjang pertumbuhan janin yang ada di dalam perut induknya dan menjaga kesehatan induk kucing.


Kucing menyusui pun sama. Kalori dibutuhkan sebagai bahan pembuatan air susu untuk kebutuhan induknya. Mineral seperti kalsium dan fosfor juga harus terpenuhi. Jika kekurangan kedua kandungan tersebut, akan terjadi hipokalsemia yang menyebabkan kejang dan kram pada otot.

Untuk kucing tua, pilih yang rendah kalori dan mudah dicerna

Untuk kucing tua, pilih yang rendah kalori dan mudah dicerna
Menginjak tahun kesepuluh, kucing memasuki usia tua. Saatnya untuk beralih dari makanan kucing dewasa ke makanan yang lebih bersahabat dengan kondisi tubuh kucing tua. Pada masa ini, fungsi jantung dan ginjal kucing mulai menurun, serta kaki dan kapasitas pencernaan kucing pun menurun.

Anda disarankan untuk memilih makanan khusus untuk kucing tua. Makanan khusus ini diracik sedemikian rupa agar tidak membebani pencernaan kucing yang lemah.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Penurunan fungsi organ pada kucing bisa terjadi di usia tua, yaitu usia sepuluh tahun ke atas. Produk makanan dengan kalori dan protein tinggi menyebabkan organ di tubuhnya bekerja lebih keras untuk mencerna makanannya. 


Sementara itu, fungsi organ mulai melemah dan menyebabkan sering muncul penyakit degeneratif. Untuk itu, memperhatikan dan memilih makanan yang tepat sesuai kebutuhan kucing adalah hal yang penting.

Pilih berdasarkan kondisi kucing

Makanan kering juga dapat dipilih berdasarkan kondisi kucing. Misalnya, ada makanan yang cocok untuk kucing yang mengalami sedikit obesitas dan kucing yang menderita hairball. Sebaiknya Anda memilih makanan kering yang sesuai dengan kondisi peliharaan Anda.

Untuk kucing yang tidak bermain di luar, pilih indoor dry food

Untuk kucing yang tidak bermain di luar, pilih indoor dry food
Baru-baru ini, banyak orang yang mulai memelihara kucing di dalam rumah atau apartemen. Menilik kondisi ini, makanan untuk indoor cat pun dilempar ke pasaran. Jenis ini sangat direkomendasikan untuk kucing yang sedikit obesitas. Terlebih lagi untuk kucing yang jarang beraktivitas dan baru saja dikebiri atau kontrasepsi.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing yang berada di dalam rumah memiliki aktivitas lebih sedikit dibanding dengan kucing yang sering keluar rumah. Oleh karena itu, kalori yang dibutuhkan kucing indoor lebih sedikit. Kelebihan kalori akan membuat kucing obesitas. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan khusus yang telah diformulasikan untuk kucing yang berada di dalam rumah.

Untuk kucing yang sering menjilat bulu, berikan produk hairball care

Untuk kucing yang sering menjilat bulu, berikan produk hairball care
Kucing menelan bulunya sendiri selama grooming. Bulu yang tertelan akan tersangkut di perut dan menjadi bola bulu (hairball). Jika hal ini terjadi, kucing akan sering muntah atau mengalami kesulitan bernapas.
Lantas, apa yang mesti kita lakukan? Kami merekomendasikan makanan kering hairball care yang bagus untuk membantu proses ekskresi kucing. Ada pula yang ditulis dengan hairball control pada kemasan. Makanan ini efektif untuk kucing yang sering muntah bola bulu. Meskipun demikian, Anda perlu membawa kucing ke dokter hewan ketika frekuensi muntah tidak berkurang meski telah diberi produk hairball care.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Grooming (menjilat bulu) adalah aktivitas alami yang dilakukan kucing untuk menghilangkan bulu yang telah mati. Bulu yang mati masuk ke dalam saluran pencernaan dengan cara menempel di lidah kucing. Bulu tersebut kemudian akan dimuntahkan sebagai respon alami tubuh karena tidak bisa dicerna. Hasil muntahan ini disebut hairball karena berupa gumpalan yang terdiri dari bulu-bulu.


Namun, jika grooming dilakukan secara berlebihan, berarti sedang ada masalah kulit (parasit tungau, kutu, atau jamur) dan hormon (saat stres atau birahi). Untuk membantu mengontrol perbaikan sel kulit dan bulu, pilihlah makanan yang diformulasikan khusus untuk masalah hairball.

Untuk Anda yang khawatir dengan bentuk tubuh kucing, pilih produk rendah kalori

Untuk Anda yang khawatir dengan bentuk tubuh kucing, pilih produk rendah kalori
Kucing obesitas dan suka makan cenderung ingin makan banyak sehingga sulit melakukan diet. Karena alasan ini, kami rekomendasikan dry food rendah kalori yang cocok untuk kucing Anda. Lebih baik lagi jika Anda memilih makanan diet yang menggunakan protein (daging dan ikan) dibandingkan cereal.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing obesitas sangat rentan terkena berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes melitus, dan penyakit hati. Kucing obesitas biasa terjadi setelah dikebiri atau disteril dan bisa juga terjadi pada kucing rumahan yang sedikit melakukan aktivitas. Untuk itu, memperhatikan kebutuhan nutrisi dan porsi makan harus dilakukan dengan cara memilih produk yang rendah kalori.

Apabila khawatir dengan batu kemih, pertimbangkan produk pencegah FLUTD

Apabila khawatir dengan batu kemih, pertimbangkan produk pencegah FLUTD
Kucing cukup rawan terserang feline lower urinary tract disease (FLUTD) atau penyakit saluran kemih bagian bawah, khususnya penyakit batu kemih. Untungnya, sudah ada produk makanan kering kucing yang berfungsi untuk mencegah penyakit ini. 

Untuk menghapus kekhawatiran Anda, silakan memilih produk khusus FLUTD. Biasanya, produk ini memiliki level PH urine yang netral sehingga aman untuk saluran kemih kucing.

Sebagai tambahan, kami sarankan agar dokter hewan melihat kondisi kucing terlebih dahulu. Jika kucing memang sakit FLUTD, mohon untuk tidak memberikan produk ini tanpa izin karena perlu pengawasan dokter hewan.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Pada dasarnya, penyakit FLUTD disebabkan oleh dua faktor, yaitu makanan yang terlalu tinggi mineral dan stres yang terjadi pada kucing. Pada banyak kasus, salah satu faktornya adalah karena pemilik memiliki dua kucing jantan dalam satu rumah.


Makanan yang terlalu tinggi mineral menyebabkan terjadinya pengkristalan di dalam kandung kemih. Kristal-kristal ini kemudian menyatu membentuk "batu" yang menyebabkan peradangan pada kemih. 


"Batu" inilah yang kemudian mengiritasi kemih dan menghambat saluran kencing sehingga terjadi uremia (kencing bercampur darah). Untuk mencegah terjadinya FLUTD pada kucing, pilihlah makanan diet yang memiliki nutrisi khusus.

Untuk merawat bulu kucing, pertimbangkan produk dengan spesialisasi hairgloss

Untuk merawat bulu kucing, pertimbangkan produk dengan spesialisasi hairgloss
Apakah Anda ingin memiliki kucing dengan bulu yang berkilau? Jika iya, pertimbangkan untuk membeli dry food kucing khusus untuk hairgloss. Terutama untuk kucing dengan bulu yang panjang karena efek berkilau akan lebih mudah dilihat.

Kondisi bulu juga bisa dijadikan barometer kesehatan kucing. Ketika kilau bulu kucing tiba-tiba memudar, segera cek kesehatan kucing. Bisa jadi ini adalah sebuah pertanda bahwa penyakit serius tengah mengancam kucing Anda.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Ciri kucing sehat adalah memiliki bulu yang mengilap dan mata yang berbinar. Untuk menjaga kesehatan bulu kucing, pilihlah makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin E.

Pilih dry food berdasarkan ras kucing

Pilih dry food berdasarkan ras kucing
Kami merekomendasikan dry food kucing yang sesuai dengan kondisi bulu dan kebutuhan khusus dari suatu ras kucing. Perlu diketahui bahwa ada beberapa produk kucing yang memiliki bentuk dan jumlah nutrisi yang disesuaikan dengan ras kucing tertentu. 

Dengan demikian, Anda bisa memilih produk berdasarkan ras kucing. Sebagai contohnya, merek Royal Canin memiliki beberapa varian produk khusus untuk ras kucing.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Beberapa ras kucing memiliki sensitivitas berbeda dari ras kucing lain. Ada juga penyakit bawaan yang mungkin ditimbulkan oleh ras tertentu. Oleh karena itu, nutrisi yang harus dipenuhi juga berbeda. Jadi, pilihlah produk makanan yang sesuai dengan ras kucing Anda.

10 Rekomendasi makanan kering/dry food kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dry food kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Bella Fortuna

10

Perfect Companion Me-O Persian Dry Food (Anti Hairball)

Mulai dari Rp 50.000,00

Kapasitas1,2 kg
Tahapan usiaKucing persia dewasa (1 tahun)
Bahan bakuBulir utuh sereal (jagung dan beras), tepung ayam olahan, protein nabati (kedelai dan jagung, tepung ikan, singkong, lemak ayam, ikan cincang, tepung tuna olahan, garam berioudium, antioksidan, dll
ProduksiThailand
Zat aditif buatanAda
9
Kapasitas1,2 kg
Tahapan usiaDewasa
Bahan bakuCereal gandum utuh (jagung, gandum), unggas by-product-meal, gluten jagung meal, kedelai meal, minyak sayur, ikan meal, perasa, meat and bone meal (daging sapi, domba), asam amino, bahan pewarna.
ProduksiThailand
Zat aditif buatanAda
8

Hill’s Pet NutritionHill’s Science Diet Adult Light Cat Food

Mulai dari Rp 232.000,00

Kapasitas2 kg
Tahapan usiaDewasa 1-6 tahun
Bahan bakuAyam, jagung bebas gluten meal, gandum utuh, brewers rice, lemak ayam, rasa hati ayam, garam beriodium, rasa alami, kacang hijau, apel, cranberry, wortel, brokoli, beta-karoten, dll
ProduksiAmerika
Zat aditif buatanTidak ada
7

Nestle Purina Pro Plan Adult dengan Formula Ayam

Mulai dari Rp 220.000,00

Kapasitas2,5 kg
Tahapan usiaDewasa (di atas 12 bulan)
Bahan bakuAyam (ayam yang sudah didehidrasi), protein jagung, gandum utuh dan dedak, serat alami, ikan dehidrasi, asam organik, dan rasa alami, antioksidan alami, dll
ProduksiAustralia
Zat aditif buatanTidak ada
6
Kapasitas1,5 kg
Tahapan usiaDewasa
Bahan bakuTapioka, kacang kedelai, jagung, dedak gandum, unggas meal, ikan meal (termasuk salmon, tuna, dan ikan sarden), lemak unggas, protein hewani tercerna, minyak tuna, minyak salmon, taurin, dll
ProduksiThailand
Zat aditif buatanTidak ada
5
Kapasitas2 kg
Tahapan usiaKitten hingga usia 12 bulan
Bahan bakuProtein unggas yang dikeringkan, beras, isolat protein nabati, lemak hewani, serat nabati, bubur bit, mineral, minyak ikan, ragi, minyak kedelai, ekstrak marigold (sumber lutein). Pengawet: Antioksidan
ProduksiAmerika
Zat aditif buatanAda
4
Kapasitas0,9 kg
Tahapan usiaDewasa, tua
Bahan bakuDeboned ayam, kalkun meal, ayam meal, kacang polong, kentang, pomace tomato, ground flaxseed, lemak ayam, perasa ayam alami, ekstrak akar chicory, cranberry, taurin, suplemen vitaman E, dll.
ProduksiAmerika
Zat aditif buatanTidak ada
3
Kapasitas400 gr
Tahapan usiaDewasa 1 tahun ke atas
Bahan bakuUnggas meal, bubur kentang kering, beras, lemak unggas, jagung, hati ayam yang dihidrolisis, brewers’ yeast, minyak salmon, ekstrak sawi putih, dll
ProduksiLithuania
Zat aditif buatanTidak ada
2

Champion PetfoodsOrijen Cat & Kitten

Mulai dari Rp 1.190.000,00

Kapasitas5,4 kg
Tahapan usiaSemua usia
Bahan bakuDaging ayam segar (18%), daging kalkun segar (7%), telur utuh segar (5%), hati ayam segar (5%), fresh whole flounder (4%), fresh whole herring (4%), hati kalkun segar (4%), jantung ayam segar (4%), jantung kalkun segar (4%), leher ayam segar (4%), tulang rawan ayam (dehidrasi, 1%), minyak ikan (1%), dll
ProduksiKanada
Zat aditif buatanTidak ada
1

MarsWhiskas Dry Adult 1+ Hairball Chicken & Tuna Flavour

Mulai dari Rp 55.000,00

Kapasitas1,1 kg
Tahapan usiaDewasa 1 tahun ke atas
Bahan bakuPati daging ayam, kacang soya, ikan laut, tepung gandum, mineral, garam berlodin, vitamin, taurina, minyak soya, pewarna, pengawet, perisa.
ProduksiThailand
Zat aditif buatanAda

Tabel perbandingan produk makanan kering/dry food kucing terbaik

Gambar produk
1
Mars Whiskas Dry Adult 1+ Hairball Chicken & Tuna Flavour 1

Mars

2
Champion Petfoods Orijen Cat & Kitten 1

Champion Petfoods

3
Nature’s Protection Sensitive Digestion 1

Nature’s Protection

4
WellPet  Wellness Core Indoor 1

WellPet

5
Royal Canin  Kitten 1

Royal Canin

6
Safcol Snappy Tom Salmon with Chicken 1

Safcol

7
Nestle  Purina Pro Plan Adult dengan Formula Ayam 1

Nestle

8
Hill’s Pet Nutrition Hill’s Science Diet Adult Light Cat Food 1

Hill’s Pet Nutrition

9
Nestle Purina Friskies Meaty Grills 1

Nestle

10
Perfect Companion  Me-O Persian Dry Food (Anti Hairball) 1

Perfect Companion

Nama produk

Whiskas Dry Adult 1+ Hairball Chicken & Tuna Flavour

Orijen Cat & Kitten

Sensitive Digestion

Wellness Core Indoor

Kitten

Snappy Tom Salmon with Chicken

Purina Pro Plan Adult dengan Formula Ayam

Hill’s Science Diet Adult Light Cat Food

Purina Friskies Meaty Grills

Me-O Persian Dry Food (Anti Hairball)

Keunggulan

Benarkah serat buah bit bisa mengatasi hairball secara alami?

Memakai fresh meat hingga 85%, ini baru namanya premium dry food!

Produk sensitive digestion yang ramah di lambung dan usus

Meski hobi bermalas-malasan, indoor cat tidak akan obesitas!

Anak kucing tumbuh maksimal dengan sistem pencernaan yang sehat

Kunci rahasia memiliki kucing dengan bulu cantik berkilau

Diformulasikan khusus untuk mengurangi bau feses kucing!

Terbukti bebas zat aditif buatan dan memiliki gizi yang melimpah

Kucing sering malas makan? Pilih produk bertekstur crunchy ini!

Bulu kucing persia tak lagi rontok dan aman dari hairball

Harga mulai dariRp 55.000,00Rp 1.190.000,00Rp 37.500,00Rp 281.000,00Rp 210.000,00Rp 68.400,00Rp 220.000,00Rp 232.000,00Rp 57.500,00Rp 50.000,00
Kapasitas1,1 kg5,4 kg400 gr0,9 kg2 kg1,5 kg2,5 kg2 kg1,2 kg1,2 kg
Tahapan usiaDewasa 1 tahun ke atasSemua usiaDewasa 1 tahun ke atasDewasa, tuaKitten hingga usia 12 bulanDewasaDewasa (di atas 12 bulan)Dewasa 1-6 tahunDewasaKucing persia dewasa (1 tahun)
Bahan bakuPati daging ayam, kacang soya, ikan laut, tepung gandum, mineral, garam berlodin, vitamin, taurina, minyak soya, pewarna, pengawet, perisa.Daging ayam segar (18%), daging kalkun segar (7%), telur utuh segar (5%), hati ayam segar (5%), fresh whole flounder (4%), fresh whole herring (4%), hati kalkun segar (4%), jantung ayam segar (4%), jantung kalkun segar (4%), leher ayam segar (4%), tulang rawan ayam (dehidrasi, 1%), minyak ikan (1%), dllUnggas meal, bubur kentang kering, beras, lemak unggas, jagung, hati ayam yang dihidrolisis, brewers’ yeast, minyak salmon, ekstrak sawi putih, dllDeboned ayam, kalkun meal, ayam meal, kacang polong, kentang, pomace tomato, ground flaxseed, lemak ayam, perasa ayam alami, ekstrak akar chicory, cranberry, taurin, suplemen vitaman E, dll.Protein unggas yang dikeringkan, beras, isolat protein nabati, lemak hewani, serat nabati, bubur bit, mineral, minyak ikan, ragi, minyak kedelai, ekstrak marigold (sumber lutein). Pengawet: AntioksidanTapioka, kacang kedelai, jagung, dedak gandum, unggas meal, ikan meal (termasuk salmon, tuna, dan ikan sarden), lemak unggas, protein hewani tercerna, minyak tuna, minyak salmon, taurin, dllAyam (ayam yang sudah didehidrasi), protein jagung, gandum utuh dan dedak, serat alami, ikan dehidrasi, asam organik, dan rasa alami, antioksidan alami, dllAyam, jagung bebas gluten meal, gandum utuh, brewers rice, lemak ayam, rasa hati ayam, garam beriodium, rasa alami, kacang hijau, apel, cranberry, wortel, brokoli, beta-karoten, dllCereal gandum utuh (jagung, gandum), unggas by-product-meal, gluten jagung meal, kedelai meal, minyak sayur, ikan meal, perasa, meat and bone meal (daging sapi, domba), asam amino, bahan pewarna.Bulir utuh sereal (jagung dan beras), tepung ayam olahan, protein nabati (kedelai dan jagung, tepung ikan, singkong, lemak ayam, ikan cincang, tepung tuna olahan, garam berioudium, antioksidan, dll
ProduksiThailandKanadaLithuaniaAmerikaAmerikaThailandAustraliaAmerikaThailandThailand
Zat aditif buatanAdaTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak adaTidak adaTidak adaAdaAda
Tautan produk

Baca rekomendasi makanan kucing terbaik lainnya di sini!

Saat kucing kehilangan nafsu makannya, sebaiknya Anda membeli berbagai jenis makanan, seperti dry food, wet food, dan makanan yang sesuai dengan kondisi kucing. Baca rekomendasi makanan kucing terbaik lainnya di sini!

Kesimpulan

Bagi seorang mommy cat, memilih dry food kucing tanpa memahami karakter kucing peliharaannya sangatlah sulit. Sebelum memilih, kenali dahulu tahap kehidupan, dan selera kucing. Terlebih lagi untuk Anda yang memiliki masalah kesehatan dan kebutuhan khusus seperti kucing sakit atau memiliki alergi. 

Dengan memilih makanan yang tepat, Anda akan membuat kucing lebih bergairah untuk makan, sehat, dan hidup lebih lama! Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    394.735 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    251.985 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    192.241 Views
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging yang berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam dari merek seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
    36.993 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merk lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
    104.311 Views
  • 10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan merupakan hobi yang menyenangkan dan menenangkan untuk sebagian orang. Saat memelihara ikan, penting untuk memberi makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan. Pemberian nutrisi yang tepat akan membuat ikan tumbuh sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, makanan ikan seperti apa yang bagus dan tepat untuk ikan Anda?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih makanan ikan untuk peliharaan Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai makanan ikan terbaik dari merek ternama, seperti Tetra, Ocean Nutrition, Hikari, dan lainnya. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!
    Makanan hewan
    35.433 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori