• 10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Terbaik Untuk Dikonsumsi Selama Hamil dan Masa Prenatal (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Terbaik Untuk Dikonsumsi Selama Hamil dan Masa Prenatal (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Terbaik Untuk Dikonsumsi Selama Hamil dan Masa Prenatal (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Terbaik Untuk Dikonsumsi Selama Hamil dan Masa Prenatal (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Terbaik Untuk Dikonsumsi Selama Hamil dan Masa Prenatal (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Terbaik Untuk Dikonsumsi Selama Hamil dan Masa Prenatal (Terbaru Tahun 2020)

Asam folat adalah zat yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Sayangnya, kebutuhan tersebut belum tentu terpenuhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Oleh sebab itu, akan sangat baik jika Anda juga mengonsumsi suplemen asam folat. Terdapat beberapa merek, seperti Folamil Genio, Blackmores, Folavit, Natures Plus, dan lain-lain. Merek apa yang lebih cocok untuk Anda?

Untuk membantu Anda memilih, artikel ini akan mengulas aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan dari suplemen asam folat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Setelahnya, pada bagian akhir terdapat penjelasan tambahan mengenai cara terbaik untuk mengonsumsi asam folat. Mari kita mulai!
  • Pembaharuan terakhir: 10 Februari 2020
  • 19.837 Views
Daftar isi

Cara memilih suplemen asam folat

Wanita hamil membutuhkan suplemen asam folat. Dengan banyaknya pilihan, suplemen asam folat mana yang terbaik untuk Anda? Agar tidak salah memilih, simaklah poin-poin yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Pilih suplemen asam folat berdasarkan kandungannya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah nutrisi yang terkandung di dalam produk tersebut. Nutrisi apa saja yang umumnya ada pada suplemen asam folat?

Pilihlah produk yang mengandung 400 µg asam folat sintetis

Pilihlah produk yang mengandung 400 µg asam folat sintetis
Menurut tenaga kesehatan, jumlah asupan asam folat yang dapat dicerna oleh tubuh adalah minimal sebesar 400 µg atau 0,4 mg per hari. Asupan tersebut dapat diperoleh dari asam folat alami dan asam folat sintetis atau ekstrak asam folat dalam bentuk ragi. Namun, nutrisi dari asam folat alami hanya dapat diserap setengahnya oleh tubuh. Oleh karena itu, agar kebutuhan asam folat Anda terpenuhi secara maksimal, Anda dapat memenuhi kebutuhan asam folat alami melalui makanan sehari-hari, dan suplemen asam folat sintetis untuk melengkapinya.

Akan lebih baik jika produk tersebut mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12 dan vitamin C

Akan lebih baik jika produk tersebut mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12 dan vitamin C
Di samping asam folat, wanita hamil juga membutuhkan asupan nutrisi lain. Pertama adalah vitamin B12 untuk membantu membentuk DNA dan sel darah merah. Selain itu, wanita hamil juga membutuhkan vitamin C untuk mengaktifkan asam folat yang diserap oleh tubuh. Selanjutnya, dibutuhkan vitamin B6 untuk membantu meredakan rasa mual pada pagi hari. Vitamin-vitamin tersebut bahkan juga dapat membantu meningkatkan penyerapan asam folat untuk tubuh.
Untuk pengonsumsian asam folat semasa hamil, kami menyarankan Anda untuk memilih produk yang juga mengandung kalsium dan zat besi. Wanita hamil cenderung mudah kekurangan kedua zat tersebut. Jadi, akan sangat baik jika suplemen pilihan Anda telah dilengkapi dengan keduanya.

Periksa apakah suplemen tersebut memiliki zat tambahan, seperti pewangi, pewarna, pemanis buatan, dan lainnya?

Periksa apakah suplemen tersebut memiliki zat tambahan, seperti pewangi, pewarna, pemanis buatan, dan lainnya?
Demi keamanan ibu dan calon bayi, pilihlah produk tanpa tambahan zat aditif. Artinya, produk tersebut tidak mengandung zat tambahan yang tidak bermanfaat untuk tubuh seperti misalnya zat pewangi, zat pewarna, pemanis buatan, dan lain-lain.
Kadang-kadang, beberapa produk diberi keterangan nonaditif, tetapi ternyata mengandung beberapa bahan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya selalu memperhatikan keterangan mengenai bahan-bahan yang digunakan oleh suatu produk. Anda dapat membacanya di kemasan produk atau di website mereka.

Pilih produk yang tergolong nutritional functional food karena telah memiliki kandungan yang jelas dan dapat diandalkan

Pilih produk yang tergolong nutritional functional food karena telah memiliki kandungan yang jelas dan dapat diandalkan
Suplemen yang tergolong sebagai pangan fungsional bernutrisi lebih dapat dipercaya karena memiliki formula kandungan dan jumlah asupan yang lebih jelas. Formula kandungan yang terdapat di pangan fungsional bernutrisi telah tersertifikasi sebagai bahan-bahan yang sesuai dengan standar peraturan pemerintah. Di samping itu, jumlah asupan harian dan peraturan pemakaiannya pun telah disesuaikan dengan standar tersebut.
Beberapa suplemen, termasuk suplemen asam folat, hanya mengandung setengah dari jumlah standar asupan yang ditetapkan. Terkadang bahkan kandungan yang tertera di kemasan tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda memilih produk yang tergolong pangan fungsional bernutrisi. Sayangnya, produk suplemen di Indonesia biasanya belum memiliki keterangan mengenai hal ini.

Pilih produk yang tersertifikasi GMP atau CPMB

Pilih produk yang tersertifikasi GMP atau CPMB
Tidak dapat dipungkiri bahwa aspek keamanan dan kualitas dari proses pembuatan suplemen asam folat adalah hal penting. Anda tentu menginginkan produk yang dibuat dengan aspek keamanan dan sistem kontrol yang baik. Untuk itu, usahakan agar Anda memilih produk yang bersertifikat GMP (Good Manufacturing Practices) atau CPMB (Cara Produksi Makanan yang Baik). GMP atau CPMB adalah standar yang ditetapkan oleh pemerintah mengenai konsistensi kualitas yang memengaruhi suatu produk, baik dari segi material, proses pembuatan, maupun pengiriman.
Hanya saja, produk suplemen tidak diwajibkan untuk lolos uji GMP atau CPMB. Namun, ada beberapa produsen yang mengajukan produknya untuk diuji hingga kemudian memiliki sertifikat tersebut. Jadi, agar lebih aman, Anda dapat memilih suplemen asam folat yang telah bersertifikat GMP atau CPMB.

Pastikan Anda dapat terus mengonsumsi suplemen tersebut

Pastikan Anda dapat terus mengonsumsi suplemen tersebut
Suplemen asam folat harus dikonsumsi terus menerus, mulai dari sebelum hamil, ketika hamil, melahirkan, hingga menyusui. Jadi, pertimbangkan juga mengenai harganya.
Anda tidak harus membeli produk yang mahal. Hal terpenting adalah nutrisi dan material yang terkandung pada suplemen tersebut. Mungkin akan lebih menolong jika Anda membeli dalam jumlah lebih banyak ketika sedang ada promo atau diskon.

Suplemen dengan ukuran, rasa, dan aroma yang pas tentu akan lebih menyenangkan untuk dikonsumsi

Suplemen dengan ukuran, rasa, dan aroma yang pas tentu akan lebih menyenangkan untuk dikonsumsi
Jangan mengabaikan ukuran, rasa, dan aroma dari suplemen asam folat yang hendak dikonsumsi. Ingatlah bahwa wanita hamil biasanya mengalami mual di pagi hari. Jadi, usahakan agar rasa dan aroma dari produk yang Anda pilih tidak akan menambah rasa mual. Selain itu, pertimbangkan juga mengenai ukurannya. Jangan sampai ukurannya terlalu besar hingga sulit untuk ditelan.
Akan tetapi, jika Anda baru pertama kali membeli suplemen asam folat, mungkin Anda masih belum bisa memutuskan ukuran, rasa, dan aroma yang pas untuk Anda. Jadi, Anda dapat mencoba produk yang sedang diskon atau yang memiliki paket untuk trial.

Jika Anda membeli di toko online, aspek privacy mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan

Jika Anda membeli di toko online, aspek privacy mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan
Dengan beragam alasan, beberapa wanita tidak ingin diketahui bahwa mereka sedang mengonsumsi suplemen asam folat. Jika Anda termasuk di dalamnya, pilihlah penjual yang dapat membantu mengemas produknya dengan cara yang tepat, khususnya jika Anda berbelanja di toko online. Dengan demikian, ketika pesanan Anda telah tiba di rumah, dari kemasannya tidak akan terlihat bahwa barang tersebut adalah suplemen asam folat.

10 Rekomendasi suplemen asam folat terbaik untuk dikonsumsi selama hamil dan masa prenatal

Setelah menjelaskan aspek-aspek penting dari suplemen asam folat, kami akan memberi rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Silakan disimak!
10
Jenis asam folat 400 µg asam folat
Zat aditifTidak diketahui
TipeTablet
Tambahan nutrisi lainTidak ada
Golongan produkFood Supplement
Isi10 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 10 hari)
9
Jenis asam folat1000 µg asam folat
Zat aditifGula
TipeTablet salut gula
Tambahan nutrisi lainVitamin A, vitamin D, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium karbonat, niacinamid, iron, iodin
Golongan produkSuplemen makanan
Isi100 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 100 hari)
8
Jenis asam folat400 µg asam folat
Zat aditifTidak ada
TipeTablet
Tambahan nutrisi lainOmega 3
Golongan produkVitamin Supplement
Isi350 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 350 hari)
7
Jenis asam folat800 µg asam folat
Zat aditifTidak diketahui
TipeCoated caplsules
Tambahan nutrisi lainVitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, tiamina, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, zat besi
Golongan produkDietary Supplement
Isi100 kapsul (1 kapsul per hari, untuk dikonsumsi selama 100 hari)
6

Garden of LifeMykind Organics Prenatal Multi Gummies

Rp 760.000,00

Jenis asam folat600 µg asam folat
Zat aditifTidak ada
TipeGummy
Tambahan nutrisi lainVitamin vegan D3
Golongan produkReal Food Dietary Supplement
Isi120 gummies (4 butir per hari, untuk dikonsumsi selama 30 hari)
5
Jenis asam folat1000 µg asam folat
Zat aditifTidak diketahui
TipeKapsul lunak
Tambahan nutrisi lainBetacarotene, vitamin B kompleks, kalsium, vitamin C, vitamin D, tembaga sulfat, nicotinamide, biotin, copper gluconate, iron polymaltose complex (IPC), DHA dare algae, ARA
Golongan produkSuplemen makanan
Isi30 kapsul (1 kapsul per hari, untuk dikonsumsi selama 30 hari)
4

Natural OrganicsNatures Plus Folic Acid Hearts Tablets

Rp 193.500,00

Jenis asam folat400 µg asam folat sintetis
Zat aditifTidak ada
TipeTablet
Tambahan nutrisi lainVitamin B6 dan vitamin B12
Golongan produkHigh Potency Dietary Supplement
Isi90 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 90 hari)
3
Jenis asam folat800 µg asam folat
Zat aditifTidak ada
TipeTablet
Tambahan nutrisi lainVitamin B12
Golongan produkA Dietary Supplement
Isi250 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 250 hari)
2
Jenis asam folat500 µg asam folat
Zat aditifTidak diketahui
TipeKapsul
Tambahan nutrisi lainOmega 3, vitamin C, kalsium, biotin, nicotinamide, iron, zinc, magnesium, selenium, chromium, tiamin, riboflavin, pyridoxine, vitamin D, vitamin E, iodin, betacarotene
Golongan produkTidak diketahui
Isi60 kapsul (2 kapsul per hari, untuk dikonsumsi selama 30 hari)
1

Natural OrganicsNatures Plus Prenatal Multi-Vitamin Tablets

Rp 441.000,00

Jenis asam folat800 µg asam folat sintetis
Zat aditifTidak ada
TipeTablet
Tambahan nutrisi lainVitamin A, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, tiamina, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, biotin, iron, fosforus, iodin, magnesium, zinc, copper
Golongan produkWomen’s Dietary Supplement
Isi90 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 90 hari)

Tabel perbandingan produk suplemen asam folat terbaik untuk dikonsumsi selama hamil dan masa prenatal

Gambar produk
1
Natural Organics Natures Plus Prenatal Multi-Vitamin Tablets 1

Natural Organics

2
Blackmores  Pregnancy & Breast-Feeding Gold 1

Blackmores

3
NOW Folic Acid 800 mcg with Vitamin B-12 Tablets 1

NOW

4
Natural Organics Natures Plus Folic Acid Hearts Tablets 1

Natural Organics

5
Dexa Medica Folamil Genio 1

Dexa Medica

6
Garden of Life Mykind Organics Prenatal Multi Gummies 1

Garden of Life

7
Puritan’s Pride Prenatal Vitamins 1

Puritan’s Pride

8
Sundown Naturals  Folic Acid 400 MCG 1

Sundown Naturals

9
Erlimpex  Prenatal Strip 1

Erlimpex

10
Sanbe Farma Folavit 400 µg Folic Acid Tablet 1

Sanbe Farma

Nama produk

Natures Plus Prenatal Multi-Vitamin Tablets

Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Folic Acid 800 mcg with Vitamin B-12 Tablets

Natures Plus Folic Acid Hearts Tablets

Folamil Genio

Mykind Organics Prenatal Multi Gummies

Prenatal Vitamins

Folic Acid 400 MCG

Prenatal Strip

Folavit 400 µg Folic Acid Tablet

KeunggulanTambahan kalsium dan minera...Zat besi yang terkandung di...Telah bersertifikat GMP. Te...Mengandung asam folat dalam...Diperkaya DHA dan ARA yang ...Kenyal dan enak, rasanya se...Bagi Anda yang biasanya sul...Produk ekonomis yang dileng...Memiliki kandungan asam fol...Dapat dijadikan paket trial...
HargaRp 441.000,00Rp 157.500,00Rp 180.000,00Rp 193.500,00Rp 120.000,00Rp 760.000,00Rp 199.000,00Rp 140.175,00Rp 217.800,00Rp 8.600,00
Jenis asam folat800 µg asam folat sintetis500 µg asam folat800 µg asam folat400 µg asam folat sintetis1000 µg asam folat600 µg asam folat800 µg asam folat400 µg asam folat1000 µg asam folat 400 µg asam folat
Zat aditifTidak adaTidak diketahuiTidak adaTidak adaTidak diketahuiTidak adaTidak diketahuiTidak adaGulaTidak diketahui
TipeTabletKapsulTabletTabletKapsul lunakGummyCoated caplsulesTabletTablet salut gulaTablet
Tambahan nutrisi lainVitamin A, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, tiamina, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, biotin, iron, fosforus, iodin, magnesium, zinc, copperOmega 3, vitamin C, kalsium, biotin, nicotinamide, iron, zinc, magnesium, selenium, chromium, tiamin, riboflavin, pyridoxine, vitamin D, vitamin E, iodin, betacaroteneVitamin B12Vitamin B6 dan vitamin B12Betacarotene, vitamin B kompleks, kalsium, vitamin C, vitamin D, tembaga sulfat, nicotinamide, biotin, copper gluconate, iron polymaltose complex (IPC), DHA dare algae, ARAVitamin vegan D3Vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, tiamina, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, zat besiOmega 3Vitamin A, vitamin D, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium karbonat, niacinamid, iron, iodinTidak ada
Golongan produkWomen’s Dietary SupplementTidak diketahuiA Dietary SupplementHigh Potency Dietary SupplementSuplemen makananReal Food Dietary SupplementDietary SupplementVitamin SupplementSuplemen makananFood Supplement
Isi90 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 90 hari)60 kapsul (2 kapsul per hari, untuk dikonsumsi selama 30 hari)250 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 250 hari)90 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 90 hari)30 kapsul (1 kapsul per hari, untuk dikonsumsi selama 30 hari)120 gummies (4 butir per hari, untuk dikonsumsi selama 30 hari)100 kapsul (1 kapsul per hari, untuk dikonsumsi selama 100 hari)350 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 350 hari)100 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 100 hari)10 tablet (1 tablet per hari, untuk dikonsumsi selama 10 hari)
Tautan produk

Supaya lebih optimal, Anda sebaiknya mengonsumsi asam folat sejak hamil hingga menyusui

Supaya lebih optimal, Anda sebaiknya mengonsumsi asam folat sejak hamil hingga menyusui
Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat sejak masa-masa awal kehamilan, yaitu ketika kehamilan telah berusia empat minggu hingga enam minggu. Hanya saja, biasanya tanda-tanda kehamilan baru dirasakan setelah usianya enam minggu. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda dapat mengonsumsinya sedini mungkin.

Poin penting mengenai cara mengonsumsi asam folat

Apabila Anda memahami poin-poin penting mengenai cara mengonsumsi suplemen asam folat, tubuh Anda akan mampu menyerap zat tersebut dengan lebih optimal. Di samping itu, Anda akan terhindar dari bahaya kesehatan yang mungkin muncul jika Anda mengonsumsinya secara tidak tepat. Berikutnya, kami akan menjelaskan poin-poin tersebut.

Minumlah suplemen dengan air hangat atau suam-suam kuku

Minumlah suplemen dengan air hangat atau suam-suam kuku
Zat kafeina dan tanin yang terdapat pada kopi serta teh akan menghambat proses penyerapan asam folat. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat dengan menggunakan air hangat atau suam-suam kuku. Jika Anda terbiasa minum kopi setelah makan, kami menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen sebelum tidur.

Hati-hati terhadap overdosis. Jangan mengonsumsi asam folat hingga lebih dari 1000 µg per hari

Hati-hati terhadap overdosis. Jangan mengonsumsi asam folat hingga lebih dari 1000 µg per hari
Asam folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan calon bayi. Namun, terdapat beberapa efek samping yang mungkin terjadi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Anda bisa kehilangan selera makan, merasa mual, tubuh menjadi membengkak, insomnia, merasa tidak nyaman, dan mungkin bisa mengalami defisiensi vitamin B12.
Untuk menghindari hal tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi asam folat dengan jumlah tidak melebihi 1300 µg atau 1400 µg per hari. Anda bahkan sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 1000 µg setiap harinya.

Untuk menjaga kesehatan kehamilan, baca juga rekomendasi asupan suplemen lainnya di sini!

Pada saat hamil, Anda tidak hanya membutuhkan asam folat. Berbagai suplemen lain juga dapat menyempurnakan kesehatan kehamilan Anda, seperti misalnya suplemen DHA. Apabila Anda ingin mengenal lebih mendalam mengenai suplemen tersebut beserta dengan produk rekomendasinya, bacalah artikel ini.

Kesimpulan

Bagi ibu hamil, asam folat sangat dibutuhkan untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf, serta mencegah terjadinya preeklamsia. Oleh sebab itu, kami berharap artikel ini dapat membantu Anda semakin mengenal suplemen asam folat dan berbagai kandungan di dalamnya.
Jangan lupa untuk memilih berdasarkan kebutuhan dan keadaan kesehatan Anda. Selamat memilih dan semoga Anda sehat selalu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    181.413 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    95.680 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    76.438 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    56.727 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    56.131 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    51.115 Views
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pada awal kelahiran, bayi biasanya memiliki kuku yang lembut, tetapi tajam. Sarung tangan bayi dirancang untuk mencegah bayi mencakar dan melukai wajah karena kukunya. Meski terdapat pro dan kontra mengenai kebutuhan sarung tangan bayi, Anda dapat mempertimbangkannya untuk bayi Anda.Kami akan menjelaskan cara memilih sarung tangan bayi yang tepat sekaligus merekomendasikan beberapa produk terbaik dari Velvet, Carter’s, atau Little Palmerhaus. Ada banyak bahan, ukuran, serta desain lucu yang bisa dipilih. Jadi, simak pembahasan kami dan temukan produk yang aman dan nyaman untuk bayi Anda!
    Ibu & anak
    596 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori