1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Meja Konsol Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Meja Konsol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Meja Konsol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Meja Konsol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Meja Konsol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Meja Konsol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Meja Konsol Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Meja konsol adalah meja kecil yang biasanya diletakkan di dekat dinding sebagai dekorasi. Jika ingin ruangan Anda tampak lebih bergengsi, letakkanlah meja konsol di tempat yang mudah dilihat. Selain sebagai dekorasi ruangan, meja konsol juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan tambahan.


Desainnya yang beragam bisa saja membuat Anda bingung dalam memilihnya. Karena itu, di artikel ini kami akan membahas cara memilih serta memberikan rekomendasi meja konsol yang bagus untuk Anda. Merek-merek terkenal, seperti IKEA, Informa, dan Livien juga akan kami ulas. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 07-20-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih meja konsol

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih meja konsol. Silakan simak poin-poin penting berikut ini sebelum membeli.

① Sesuaikan ukuran meja konsol dengan luas ruangan

Sesuaikan ukuran meja konsol dengan luas ruangan

Keberadaan meja konsol di rumah sebenarnya tidak wajib. Namun, sebagai dekorasi rumah, meja konsol yang matching dengan ruangan tentu akan memengaruhi mood Anda. Namun, Anda perlu menyesuaikan ukuran meja konsol dengan luas ruangan agar tidak terlihat sempit.


Ukuran meja konsol dibagi ke dalam dua kategori, yaitu kurang dari satu meter dan lebih dari satu meter. Jika luas ruangan tidak terlalu besar, pilihlah meja konsol dengan ukuran kurang dari satu meter. Dengan demikian, ruangan akan tetap terlihat lega. Sementara itu, pilihlah meja konsol berukuran agak besar dan panjang untuk diletakkan di ruangan yang luas.

② Periksa tinggi dan lebar meja konsol

Periksa tinggi dan lebar meja konsol

Meja konsol merupakan furnitur yang peletakannya menempel ke dinding. Karena itu, biasanya ukurannya tidak terlalu lebar. Meski begitu, Anda tetap perlu mengecek ukurannya terlebih dahulu. Terlebih lagi, jika Anda ingin meletakkan meja konsol di ruang terbatas seperti dekat pintu masuk atau koridor rumah.


Selain itu, meja konsol juga memiliki ukuran tinggi yang bervariasi. Ada meja konsol yang tingginya selutut orang dewasa, ada pula yang setinggi pinggang orang dewasa. Pastikan ruangan Anda tidak tampak sumpek saat meja konsol diletakkan. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah kaki meja yang tipis saat membeli meja konsol yang tinggi.

③ Pertimbangkan meja konsol berdasarkan materialnya

Umumnya, meja konsol terbuat dari material particle board, MDF, atau solid wood. Penggunaan material yang dipilih akan memengaruhi harga meja konsol karena tiap material memiliki karakteristik dan kualitas yang berbeda. Untuk itu, kami akan menjelaskannya agar Anda dapat memperkirakan budget yang harus disiapkan. 

Particle board, ringan dan harganya terjangkau

Particle board, ringan dan harganya terjangkau

Particle board merupakan papan hasil daur ulang kayu sisa. Material ini dibuat dari serbuk-serbuk bekas pengukiran atau penggergajian kayu yang dipadatkan menggunakan perekat. Biasanya, permukaan particle board akan dilapisi dengan kertas jenis high-pressure laminate (HPL) agar terlihat lebih indah.


Karena bahan bakunya adalah serbuk kayu, particle board memiliki bobot yang ringan dan harga yang murah. Tidak heran jika material ini banyak dimanfaatkan untuk membuat furnitur rumah tangga Selain itu, particle board juga termasuk material yang ramah lingkungan karena diolah dari limbah kayu. 


Namun, bahan ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti mudah rapuh jika terkena air atau ditaruh di tempat lembap. Untuk itu, disarankan untuk menempatkan furnitur berbahan particle board di lokasi yang kering. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati saat menggunakannya, khususnya di bagian engsel. Hal ini karena sekrup di bagian engselnya mudah terlepas.

MDF, tidak mudah patah

MDF, tidak mudah patah

Selain particle board, material lain yang sering digunakan untuk membuat furnitur adalah medium-density fiberboard (MDF). Material ini tak jauh berbeda dengan particle board karena sama-sama terbuat dari serpihan kayu yang dipadatkan. Bedanya, tingkat kepadatan MDF lebih tinggi daripada particle board. Mengingat kepadatannya yang cukup baik, material MDF tidak mudah patah, bengkok, atau rapuh.


MDF mempunyai tekstur yang lebih halus dan rata. Di pasaran, material ini banyak digunakan untuk rangka furnitur, Sayangnya, MDF juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah tidak cukup tahan terhadap air. Nuansa alaminya juga kurang terlihat karena seratnya terikat dengan baik sehingga motif kayunya tidak tampak.

Solid wood, tahan lama dan terlihat alami

Solid wood, tahan lama dan terlihat alami

Solid wood memiliki kekuatan dan daya tahan paling baik dibandingkan material lain karena diolah langsung dari kayu utuh. Jika perawatannya tepat, material ini dapat bertahan hingga lebih dari 15 tahun. Jenis solid wood yang sering digunakan untuk membuat furnitur adalah teak, pine, mindi, dan mahogany. Harganya berbeda-beda tergantung jenis kayu yang digunakan. 


Secara estetika, solid wood memiliki karakter yang khas, mulai dari warna, struktur, serat, dan tekstur. Daripada serat material lainnya, solid wood mampu memberikan ketajaman warna dan serat yang menawan. Ketika diolah menjadi furnitur, material ini akan memberikan kesan yang hangat pada ruangan.


Sayangnya, material ini memiliki risiko terkena rayap sehingga kelembapan suhu ruangan harus Anda perhatikan. Selain itu, karena kualitasnya yang sangat baik, harga furnitur berbahan solid wood juga cukup tinggi.

④ Utamakan yang ringan dan bisa dilipat jika hanya digunakan sesekali

Utamakan yang ringan dan bisa dilipat jika hanya digunakan sesekali

Jika Anda hanya ingin menggunakan meja konsol saat ada tamu, pilihlah produk yang bisa dilipat. Anda dapat mengeluarkan meja konsol saat dibutuhkan saja, lalu menyimpannya kembali dengan mudah.


Sementara itu, meja konsol yang ringan bisa dipindahkan ke mana saja sesuai mood Anda. Anda juga bisa menggunakan meja konsol sebagai meja kerja sementara. Jadi, untuk Anda yang menginginkan kemudahan, pastikan produk yang dipilih bisa dilipat dan juga ringan.

⑤ Pilih meja konsol dengan laci sebagai tempat penyimpanan tambahan

Pilih meja konsol dengan laci sebagai tempat penyimpanan tambahan

Poin lain yang perlu diperhatikan supaya meja konsol lebih bermanfaat ialah ketersediaan laci. Pada dasarnya, meja konsol memiliki desain yang sederhana. Namun, kini banyak meja konsol yang juga dilengkapi laci penyimpanan.


Jika meja diletakkan di dekat pintu masuk, Anda dapat menyimpan kunci atau barang kecil lain di dalam laci. Namun, adanya laci dapat membuat desain meja konsol lebih bulky. Jika Anda ingin ruangan tetap simpel, pilihlah meja konsol tanpa laci.

10 Rekomendasi meja konsol terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja konsol terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Meja Konsol Marmer

 Meja Konsol Marmer 1枚目

Meja konsol berbahan marmer yang pancarkan kemewahan

2

Livien Furniture

Meja Konsol Anemon

Livien Furniture Meja Konsol Anemon 1枚目

Meja konsol modern minimalis yang bisa dijadikan meja belajar

3

Up Space

Kyla Console Table – 1 Rak

Up Space Kyla Console Table – 1 Rak 1枚目

Barang-barang di rumah jadi lebih rapi, ruangan pun lebih bersih

4

iFURNHOLIC

Helsinki Sedentary Console

iFURNHOLIC Helsinki Sedentary Console 1枚目

Multifungsi dengan desain yang kekinian

5

Meja Konsol Industrial

 Meja Konsol Industrial 1枚目

Hadirkan tema industrial dengan kesan artistik dan mewah di ruangan Anda

6

Informa

Logan Meja Lipat

Informa Logan Meja Lipat  1枚目

Praktis, bisa dilipat dan mudah dipindahkan

7

Meja Konsol Jati

 Meja Konsol Jati 1枚目

8

Isiruma

KLASSI Console

Isiruma KLASSI Console 1枚目

Simpel dan ramping, pas untuk ditempatkan di kamar tidur

9

Isiruma

IXIA Console 2D

Isiruma IXIA Console 2D 1枚目

Lekukan di kakinya pas untuk dekorasi bergaya klasik

10

IKEA

LISTERBY

IKEA LISTERBY 1枚目

Sederhana dan dapat difungsikan sebagai rak juga

Perincian produk
Close
No.1

Meja konsol berbahan marmer yang pancarkan kemewahan

Kelebihan:

  • Pancarkan kemewahan berkat bahan marmer yang digunakan

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi laci sehingga tempat penyimpanannya terbatas

Kesan mewah akan terasa di ruangan jika Anda menempatkan meja konsol yang satu ini. Hal ini karena bahan batu marmer yang digunakan secara otomatis memancarkan kesan mewah dan elegan. Selain itu, ruangan pun lebih terasa sejuk dengan adanya batu marmer ini. 


Sebagai tambahan, Anda pun tidak perlu repot mengganti meja karena bahan marmer dikenal tahan lama. Menariknya lagi, Meja Konsol Marmer ini juga mudah dibersihkan dan tidak akan berubah menjadi kusam.

No.2

Livien FurnitureMeja Konsol Anemon

Mulai dari Rp4.450.000,00

Meja konsol modern minimalis yang bisa dijadikan meja belajar

Kelebihan:

  • Bisa dipanjangkan dan difungsikan sebagai meja belajar atau meja kerja
  • Dilengkapi tiga laci untuk menyimpan barang

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan laci tidak beroda, susah ditarik saat laci terisi

Meja Konsol Anemon sangat ideal untuk mengisi ruang tamu Anda. Penggunaan material kayu mahoni pada produk ini akan membuat interior rumah Anda menjadi hangat. Desainnya pun terlihat outstanding sehingga ruang tamu terlihat lebih menarik. 


Hebatnya lagi, meja konsol ini dapat ditarik dan dipanjangkan sehingga bisa dijadikan meja kerja atau meja belajar. Tiga lacinya yang luas dapat Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang. Tentunya, Anda tidak ingin melewatkan meja multifungsi yang satu ini, bukan?

No.3

Up SpaceKyla Console Table – 1 Rak

Mulai dari Rp790.000,00

Barang-barang di rumah jadi lebih rapi, ruangan pun lebih bersih

Kelebihan:

  • Desain elegan dan minimalis, cocok untuk ruangan bergaya modern

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan baut kurang dan bagian atas perlu dilubangi dengan bor sehingga merepotkan 

Ingin membeli meja konsol yang minimalis karena ruang tamu Anda sempit? Produk dari Up Space ini patut untuk dipertimbangkan. Meja konsol dengan pilihan warna cokelat dan putih ini akan membuat ruang tamu Anda terlihat natural dan bersih. 


Berkat desain yang minimalis, produk ini bisa Anda tempatkan di samping sofa. Anda pun dapat menempatkan lampu hias, vas bunga, atau diffuser di meja konsol ini.

No.4

iFURNHOLICHelsinki Sedentary Console

Mulai dari Rp1.500.000,00

Multifungsi dengan desain yang kekinian

Kelebihan:
  • Desain Scandinavian, memperindah interior ruangan

Kekurangan:

  • Tidak bisa langsung dipakai, perlu dirakit dahulu

Meja konsol berukuran mungil ini memiliki gaya Scandinavian yang kekinian. Gaya tersebut dapat dilihat dari desain kaki meja yang sederhana, tetapi tetap menarik. Kaki produk ini terbuat dari kayu mahoni sehingga kokoh dan tahan lama.


Menariknya lagi, meja konsol ini juga dapat difungsikan sebagai meja rias. Selain laci penyimpanan make up, terdapat pula cermin di bagian atas meja yang akan muncul saat dibuka. Para wanita tentu akan sangat menyukai produk ini! Jika Anda ingin memiliki meja konsol yang dapat difungsikan sebagai meja rias, pilih saja produk ini.

No.5

Meja Konsol Industrial

Mulai dari Rp695.000,00

Hadirkan tema industrial dengan kesan artistik dan mewah di ruangan Anda

Kelebihan:

  • Desainnya unik, munculkan kesan industrial

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan kaki-kakinya goyang sehingga kurang stabil

Meja konsol yang satu ini bisa Anda pertimbangkan untuk menambah nuansa bertema industrial di ruangan. Dengan panjang meja sekitar 80 cm, Anda bisa meletakkan barang pajangan seperti pot kecil atau pigura kecil. 


Selain itu, di bagian atasnya menggunakan kayu multipleks yang dilapisi HPL dengan motif marble. Tentunya hal ini akan membuat meja konsol tampak lebih elegan karena motif marble menyerupai marmer. Setiap tamu yang berkunjung ke rumah Anda pasti akan melirik meja konsol yang satu ini.

No.6

InformaLogan Meja Lipat

Mulai dari Rp799.000,00

Praktis, bisa dilipat dan mudah dipindahkan

Kelebihan:

  • Bisa dilipat sehingga mudah dipindahkan
  • Antiair, bisa digunakan di outdoor

Kekurangan:

  • Warna kurang variatif, hanya tersedia warna putih

Meja Lipat Logan dari Informa tidak boleh dilewatkan jika Anda sedang mencari meja konsol yang praktis digunakan. Alasannya karena Anda tidak perlu merakit meja ini. Selain itu, meja ini juga tergolong ringan karena terbuat dari bahan plastik HDPE. Menariknya lagi, Anda juga bisa gunakan meja ini di luar ruangan karena sifatnya yang tahan air. 

No.7

Meja Konsol Jati

Mulai dari Rp235.000,00

Kelebihan:

  • Tahan lama karena terbuat dari kayu jati

Kekurangan:

  • Bentuknya kecil, tidak bisa memuat banyak barang

Apabila Anda sedang mencari meja konsol untuk ditempatkan di ruangan yang tidak terlalu luas, produk inilah jawabannya. Meja konsol ini dibuat dari kayu jati yang dikenal awet dan antilapuk. Dengan tinggi dan lebar kurang dari satu meter, tentunya meja konsol ini bisa menghemat space. Sayangnya, meja ini dijual dalam kondisi yang belum dicat.

No.8

IsirumaKLASSI Console

Mulai dari Rp779.000,00

Simpel dan ramping, pas untuk ditempatkan di kamar tidur

Kelebihan:

  • Ramping sehingga hemat tempat
  • Hadir dengan lima pilihan warna, mudah disesuaikan dengan warna ruangan

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi laci, tempat penyimpanan terbatas

Meski kebanyakan meja konsol ditempatkan di ruang tamu, tak ada salahnya menempatkan meja konsol di kamar tidur, bukan? Umumnya, kamar tidur didesain dengan ukuran yang tidak begitu besar. Untuk itu, tidak banyak furnitur yang bisa dimasukkan ke dalam kamar tidur. 


Jika Anda membutuhkan meja konsol untuk mempercantik kamar tidur, pilihlah produk ini. Meja konsol ini didesain cukup ramping sehingga kamar tidur tetap terasa lega. Produk ini juga dapat diletakkan di samping standing mirror. Anda pun dapat memanfaatkan meja ini sebagai tempat meletakkan perlengkapan rias.

No.9

IsirumaIXIA Console 2D

Mulai dari Rp1.299.000,00

Lekukan di kakinya pas untuk dekorasi bergaya klasik

Kelebihan:

  • Lekukan di bagian kaki yang tonjolkan kesan klasik
  • Dilengkapi dua laci untuk menyimpan barang-barang kecil

Kekurangan:

  • Bukan sistem rakit sehingga untuk pengiriman luar kota perlu budget lebih

Jika Anda senang dengan dekorasi bergaya klasik, lengkapilah rumah Anda dengan produk ini. Meja konsol ini terbuat dari kayu mindi dan dibuat secara handmade. Ditambah lagi, Anda juga tidak perlu repot merakit meja konsol ini.


Selain itu, lekukan di bagian kakinya membuat produk ini tampak cantik dan menawan. Menariknya lagi, terdapat dua buah laci yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil. Anda bisa memilih tiga warna yang tersedia disesuaikan dengan interior ruangan.

No.10

IKEALISTERBY

Mulai dari Rp2.199.000,00

Sederhana dan dapat difungsikan sebagai rak juga

Kelebihan:

  • Awet, terbuat dari kayu oak solid

Kekurangan:

  • Relatif berat jika sering dipindahkan

Bagi Anda yang ingin membuat ruangan tampak simpel, meja konsol ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Perpaduan warna cokelat serta desainnya yang sederhana membuat produk ini memberi kesan teduh dan relaks. Dua rak yang tersedia dapat difungsikan untuk meletakkan pernak-pernik hiasan rumah. 


Di bagian atasnya, Anda bisa menempatkan tanaman hias atau foto keluarga. Sementara di rak bagian bawahnya untuk buku, majalah, atau album foto. Dari sisi kualitas, kaki meja konsol ini terbuat dari kayu oak solid yang keras dan awet. Jadi, dijamin awet!

Baca juga rekomendasi furnitur lainnya di sini

Selain meja konsol, masih ada furnitur lain yang dapat mempercantik dekorasi rumah Anda, misalnya sofa minimalis, meja nakas, dan meja ruang tamu. Anda bisa menyimak referensi produk terbaiknya melalui tautan di bawah ini. Jika Anda ingin mengetahui rekomendasi produk lainnya, silakan kunjungi website kami di my-best.id.

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan sepuluh rekomendasi meja konsol terbaik, sudahkah Anda menemukan produk yang tepat? Anda perlu jeli saat memilih produk karena ada banyak meja konsol yang tersedia di pasaran.


Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan keseimbangan antara desain, fungsi, dan harga yang sesuai dengan budget Anda. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dalam memilih meja konsol yang terbaik. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer