• 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 50%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.


Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Life Cat, Whiskas, Meo, dan lainnya. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Bella Fortuna
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna

drh. Bella adalah seorang dokter hewan muda yang telah selesai menempuh profesi dokter hewan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ia merupakan founder dokterhewanku.com, situs untuk konsultasi online hewan kesayangan.

drh. Bella berpengalaman dalam telemedicine selama satu tahun lebih dengan ratusan client setiap bulannya. Ia juga menerima konsultasi online melalui aplikasi khusus tentang hewan peliharaan. Selain itu, ia juga seorang dokter praktisi di klinik hewan kecil di Kota Ngawi, Jawa Timur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan kucing tipe basah/wet food

Kami telah menyusun poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih makanan kucing tipe basah. Silakan Anda simak dengan saksama dan pilihlah produk wet food terbaik yang paling cocok dengan kondisi kucing Anda.

Pilih tipe makanan bergizi umum untuk makanan pokok

Pilih tipe makanan bergizi umum untuk makanan pokok

Cara termudah memilih wet food terbaik untuk kucing adalah melihat standar gizinya. Anda dapat memilih wet food dengan kandungan gizi yang mampu membuat kucing lebih sehat. Akan lebih baik lagi jika makanan tersebut memiliki gizi seimbang sesuai tahap perkembangan kucing. Beberapa merek biasanya mencantumkan standar nutrisi yang diakui oleh Association of American Food Control Official (AAFCO).

Makanan kucing yang memiliki label AAFCO di kemasannya dapat disimpulkan telah memiliki standar gizi yang bagus. Berbeda kondisinya jika Anda menemukan informasi “silakan dicampur dengan makanan lain” pada kemasan. Dapat disimpulkan bahwa kandungan gizi pada merek tersebut belum memenuhi standar umum.

Makanan basah biasanya dilabeli sebagai “general food” atau “side dish”. Karena itu, perhatikan label ini secara saksama. Makanan berlabel side dish bisa diibaratkan sebagai menu pendamping yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan atau sebagai camilan. Pastikan Anda memilih merek yang memiliki jumlah gizi setara dengan makanan pokok.
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kegunaan wet food adalah sebagai pengganti makanan dry food. Wet food memiliki kandungan air sekitar 60–75% sehingga porsi untuk satu kali makan bisa lebih banyak dari pada dry food. Selain itu, nutrisi wet food tidak sepadat dry food.


Pada umumnya porsi makan untuk kucing dengan berat badan kurang lebih 3 kg adalah 200 g. Namun, tiap kemasan memiliki porsi penyajian yang berbeda. Wet food juga bisa dipilih untuk kucing pemilih. Wet food lebih disukai kucing karena baunya sangat amis dan menyengat karena kucing mengandalkan indra penciuman daripada pengecapnya.


Tekstur wet food lebih mirip daging aslinya daripada dry food. Mengingat kucing adalah karnivora sejati, jadi dia lebih suka wet food. Namun, di sisi lain, wet food juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah penyimpanan yang tidak tahan lama. Selain itu, penggunaan wet food jangka panjang tanpa diselingi dry food bisa menyebabkan plak pada gigi.

Tentukan berdasarkan bahan bakunya

Sebelum membeli makanan basah untuk kucing, Anda sebaiknya melihat bahan bakunya terlebih dahulu. Cek satu per satu bahan baku yang tercantum pada bagian komposisinya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan kucing Anda.

Ayam, salmon, atau tuna: Sesuaikan dengan selera si kucing

Ayam, salmon, atau tuna: Sesuaikan dengan selera si kucing

Kucing adalah binatang karnivora yang membutuhkan banyak protein hewani. Karena itu, daging dan ayam sering dijadikan bahan baku utama pembuatan wet food untuk kucing. Jika si kucing menyukai daging, Anda bisa memilih wet food berbahan dasar ayam


Sementara itu, untuk kucing yang menyukai ikan, kami rekomendasikan salmon atau tuna. Anda dapat melihat bahan baku pada kemasan. Pastikan memilih merek yang mencantumkan bahan daging atau ikan di bagian awal kemasan. Anda bisa menjadikan informasi ini sebagai referensi untuk menyesuaikan kebutuhan gizi kucing agar lebih seimbang.


Menarik untuk diketahui bahwa jumlah protein yang dibutuhkan kucing lebih tinggi dibandingkan manusia dan anjing. Kucing liar mendapatkan protein dengan berburu binatang kecil, seperti tikus dan burung kecil. Makanan kucing tipe basah sarat akan gizi yang setara dengan nutrisi dari binatang dengan ukuran kecil ini.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Mengganti variasi rasa makanan bisa menghindarkan kucing dari rasa bosan. Mengganti variasi makanan dianjurkan tetap dari merek yang sama. Daging ayam, ikan tuna, dan salmon bisa menjadi alternatif pilihan. Dari bahan utama tersebut, terkadang ada beberapa kucing yang memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu.

Tipe grain free: Dianjurkan untuk kucing yang alergi gandum

Tipe grain free: Dianjurkan untuk kucing yang alergi gandum
Untuk kucing yang memiliki alergi gandum, pilihlah merek makanan kucing tipe basah grain-free. Artinya, makanan ini tidak menggunakan cereal sebagai salah satu bahan bakunya. Ya, kucing memang tidak membutuhkan terlalu banyak karbohidrat.

Namun, adakalanya karbohidrat dipilih dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas serat dan lainnya. Oleh sebab itu, periksalah apakah beras atau kedelai terkandung dalam bahan baku makanan kucing yang Anda pilih.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Pada produk wet food biasanya ditambahkan karbohidrat ke dalam komposisi produknya, seperti gandum, agar-agar, dan jagung. Kucing tidak butuh banyak karbohidrat karena tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuhnya. Namun, adakalanya dalam kondisi wajar masih bisa diterima tubuhnya.

Usahakan memilih wet food yang kandungan zat aditifnya rendah

Usahakan memilih wet food yang kandungan zat aditifnya rendah
Setiap pemilik kucing pasti ingin memberikan makanan terbaik untuk peliharaannya. Idealnya Anda dapat memilih makanan kucing yang kandungan zat aditif artifisialnya rendah. Sayangnya wet food lebih mudah rusak daripada dry food sehingga biasanya menggunakan zat aditif pengawet dalam jumlah yang besar. Jika zat aditif tidak bisa dihindari di dalam produk tersebut, Anda dapat mengurangi porsinya. 

Zat aditif artifisial yang dikenal sebagai antioksidan, seperti BHA, BHT, dan ethoxyquin tidaklah berbahaya. Dengan catatan jumlah yang dikonsumsinya sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Meskipun begitu, akan lebih aman jika menghindari produk dengan zat aditif tersebut.


Sebagai gantinya kami merekomendasikan kandungan vitamin C, E, ekstrak jus teh hijau, dan lainnya yang mengandung antioksidan alami. Selain itu, pilihlah produk tanpa pewarna karena warna tidak akan memengaruhi nafsu makan kucing.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Setiap produk wet food yang beredar di pasaran pasti melalui proses yang panjang sebelum akhirnya diedarkan. Batas wajar kandungan bahan pengawet, zat aditif, atau pewarna yang boleh dicampurkan sudah ditentukan.


Namun, sebagai pemilik, kita harus lebih kritis mempertimbangkan hal itu. Jika zat aditif, pengawet, atau pewarna terakumulasi di dalam tubuh, zat tersebut bisa mengancam kesehatan kucing Anda.

Sesuaikan makanan basahnya dengan kondisi kucing

Makanan kucing tipe basah dibagi menjadi beberapa jenis tergantung pada usia, bentuk badan, kondisi kesehatan kucing, dan lainnya. Silakan Anda pilih makanan yang sesuai dengan kondisi kucing peliharaan Anda.

Tinggi protein atau karbohidrat: Pilih yang sesuai usia dan tahap pertumbuhannya

Tinggi protein atau karbohidrat: Pilih yang sesuai usia dan tahap pertumbuhannya

Produk makanan basah untuk kucing sangat beragam. Ada produk wet food untuk kitten yang masih disapih hingga jenis yang mudah dimakan oleh kucing tua bergigi lemah. Dalam hal ini, pilih makanan kucing yang paling sesuai dengan usia dan tahap pertumbuhan kucing Anda.


Kucing yang tengah hamil atau menyusui tentunya membutuhkan lebih banyak kalori. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih produk tinggi kalori untuk kucing dalam masa kehamilan dan menyusui.


Jika Anda memiliki kucing dengan usia yang berbeda, pilih produk yang cocok untuk segala usia dan semua tahap pertumbuhan. Makanan basah impor yang diklaim cocok untuk segala usia dapat dipertimbangkan.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kitten membutuhkan wet food dengan kalori dan protein tinggi untuk menunjang pertumbuhan dan menyiapkan kesehatan di masa pertumbuhan selanjutnya. Pemberian makan untuk kitten juga lebih sering daripada kucing dewasa, yaitu 3–4 kali dalam sehari. Tekstur wet food untuk kitten biasanya lebih lembut. Hal ini untuk memudahkan kitten dalam mengunyah dan penyerapan pada sistem pencernaan. 


Memberi wet food dengan kalori dan protein tinggi pada kucing geriatric akan menyebabkan organ tubuhnya bekerja lebih keras untuk mencerna makanannya. Sementara itu, fungsi organ mulai melemah dan akan menyebabkan sering munculnya penyakit degeneratif. Oleh karena itu, memperhatikan dan memilih makanan yang tepat sesuai usia kucing adalah hal yang penting.

Obesitas, bulu rontok, atau alergi: Sesuaikan dengan kondisi fisik kucing Anda

Obesitas, bulu rontok, atau alergi: Sesuaikan dengan kondisi fisik kucing Anda

Selain memperhatikan usia, sangatlah penting untuk memilih makanan berdasarkan kondisi kucing. Misalnya, kucing Anda memiliki alergi tertentu atau memiliki fisik sedikit gendut. Jika demikian, Anda dapat memilih produk yang tak mengandung bahan pencetus alergi serta produk yang rendah kalori.


Di pihak lain, kucing juga rentan mengalami kerontokan bulu karena serangan jamur, tungau, atau kutu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kucing memerlukan makanan yang mengandung asam lemak omega-6 dan omega-3. Apabila Anda kesulitan memilih wet food yang sesuai dengan kondisi kucing, silakan berkonsultasi kepada dokter hewan.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Pemilihan produk makanan kucing bisa disesuaikan dengan kebutuhan kucing. Saat ini banyak beredar wet food yang fokus pada beberapa masalah kesehatan. Beberapa di antaranya adalah untuk terapi penyakit FLUTD, kontrol kerontokan bulu, diet kucing obesitas, menyusui, dan untuk masalah pencernaan seperti diare.

Pakan khusus: Disarankan untuk kucing yang sedang sakit

Pakan khusus: Disarankan untuk kucing yang sedang sakit

Kucing dengan penyakit saluran kemih bagian bawah (FLUTD), diabetes, hingga jantung, sebaiknya diberikan perawatan khusus. Anda dapat memberikan makanan diet yang sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap kucing. Dengan mengontrol makanan, Anda dapat menekan gejala dan membantu proses pemulihan.


Namun, sebelum Anda memberikan makanan terapi untuk kucing yang sedang sakit, sangatlah penting untuk melakukan pemeriksaan ke dokter hewan. Setelah itu, Anda dapat memberikan makanan sesuai dengan saran dan anjuran dokter. Lebih baik lagi jika kucing Anda diberi makanan secara teratur di bawah arahan medis.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

FLUTD adalah penyakit pada kucing yang disebabkan adanya penumpukan mineral di kandung kemih. Penumpukan ini jika dibiarkan akan membentuk kristal. Kristal inilah yang mengiritasi kemih dan menyumbat saluran kencing, seperti ureter dan uretra. 


Hal tersebut menyebabkan kucing tidak bisa buang air kecil dan urin menumpuk di kandung kemih. Terdapat gejala lain, seperti kucing tidak bisa jalan, muntah, dan uremia (kencing bercampur darah).


FLUTD terjadi karena masalah pakan dan kurangnya kebutuhan air minum. Kucing membutuhkan air 50 ml/kg berat badan dalam sehari. Jika rata-rata berat kucing 3 kg, kebutuhan air minumnya adalah 150 ml per hari.


FLUTD perlu penanganan khusus. Biasanya, kucing dengan gejala klinis FLUTD akan dipasang selang (kateter) di saluran kencing oleh dokter hewan. Dokter hewan akan memberikan pakan diet khusus untuk membantu proses penyembuhan.

10 Rekomendasi makanan kucing terbaik tipe basah/wet food

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan kucing tipe basah/wet food terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 20 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Life Cat Pouch Salmon Kitten memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Whiskas Pouch Junior Tuna yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Bella Fortuna.

Gambar produk
1
Life Cat  Pouch Salmon Kitten 1

Life Cat

2
Royal Canin Recovery 1

Royal Canin

3
Mars Whiskas Pouch Junior Tuna 1

Mars

4
Nestle Purina Fancy Feast Tender Ocean Whitefish Feast 1

Nestle

5
Nestle Purina Pro Plan Wet Sensitive 1

Nestle

6
Pet World Nutritions ProDiet Chicken & Tuna Wet Food 1

Pet World Nutritions

7
Kit Cat Wild Caught Tuna & Salmon 1

Kit Cat

8
Me-O  Pouch Kitten Food Tuna 1

Me-O

9
Royal Canin Urinary Care Gravy 1

Royal Canin

10
MAXlife Wet Kitten Food Mackerel Pouch 1

MAXlife

Nama produk

Pouch Salmon Kitten

Recovery

Whiskas Pouch Junior Tuna

Purina Fancy Feast Tender Ocean Whitefish Feast

Purina Pro Plan Wet Sensitive

ProDiet Chicken & Tuna Wet Food

Wild Caught Tuna & Salmon

Pouch Kitten Food Tuna

Urinary Care Gravy

Wet Kitten Food Mackerel Pouch

Keunggulan

Hindari obesitas pada kitten dengan produk ini

Bisa untuk kucing atau anjing dan bagus untuk masa pemulihan

Dagingnya segar dan berair bikin kitten ketagihan!

Bahan-bahannya baik untuk pertumbuhan kitten

Mengandung prebiotik, cocok untuk kucing berperut sensitif

Jadi makanan utama atau topping? Keduanya, bisa!

Cegah infeksi saluran kemih hingga hairball dengan produk ini

Dibuat dari ikan asli dengan nutrisi nan penting

Dibuat untuk menjaga kesehatan kantung kemih kucing

100% bebas pengawet dan tanpa pewarna!

Harga mulai dariRp 4.500,00Rp 44.850,00Rp 7.100,00Rp 12.100,00Rp 21.100,00Rp 7.300,00Rp 22.600,00Rp 8.000,00Rp 22.542,00Rp 8.800,00
Bahan bakuSalmon, taurin, fosfat, minyak, mineral, vitaminTurunan daging dan hewan, sereal, turunan asal nabati, minyak dan lemak, turunan susu dan susu, mineral, turunan telur dan telur, ragi, gulaAir, tuna, ayam, makarel, tepung, gliserin, minyak kacang kedelai, pengental, mineral, perisa, vitamin, pengawet makanan Ocean whitefish, hati, produk daging, ayam, kaldu ikan, susu, produk telur, rasa buatan dan alami, trikalsium fosfat, pewarna, vitamin A, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D-3, vitamin EAyam, domba, produk ikan, sereal dan produk sayuran, mineral, vitamin dan asam amino, serat larut termasuk inulin, antioksidanTuna, tepung makanan, ayam, ekstrak Ikan, gelling agent, perasa alami, agent pengental, air, agen retensi warnaTuna tangkap segar, air, jelly powder, salmon, taurin, F O S (Fructooligosaccharide), vitamin esensialTuna, tepung tapioka, bahan pembentuk gel, minyak kedelaiDaging dan turunan hewani, sereal, turunan nabati, mineral, dan gulaMakarel, tuna, ekstrak ikan, bahan pembentuk gel, minyak kacang kedelai, vitamin E, paprika, air
Kandungan nutrisiProtein (5,32%), lemak (2,55%)Protein (14%), lemak (6,2%), abu kasar (1,7%), serat (2%), lemak esensial (1,8%), EPA/DHA (0,45%), vitamin D3 (300 IU), iron (15 mg), yodium (0,16 mg), tembaga (1 mg), mangan (4,5 mg), seng (47mg) Protein (7,5%), lemak (2%), serat (1%)Protein (12%), lemak (4%), serat (1,5%), kalsium (0,3%), taurin (0,07%)Kadar air (80%), protein (12,8%), lemak (3,3%), serat (0,5%), kalsium (0,3%), fosfor (0,2%), omega-3 (0,1%), omega-6 (0,6%), energi termetabolisme (ME) (89kcal/100g)Protein 12%, lemak 1%, serat 1%Protein (13,0%), lemak (2,5%), serat (0,5%), abu (2,0%), kalori 45 Kkal/100gProtein (10%), fat (2%), fiber (1%)Kadar air (82%), protein (9,2%), lemak (3,0%), abu kasar (1,4%), serat kasar (0,9%), vitamin D3 (330 IU), iron: (3 mg), yodium (0.2 mg), tembaga (2 mg), mangan (0.9 mg), seng (9 mg)Protein (4%), serat (1%), lemak (0,10%), energi yang dimetabolisme (32 kcal/100 g)
Tahapan usia1–12 bulanSemua usia (ikuti petunjuk dokter hewan)2–12 bulanKittenDewasaDewasaSemua usiaKitten (3–12 bulan)DewasaKitten
Cocok untukKitten yang ingin bulunya tumbuh lebat dan pencernaannya sehatKucing yang sedang dalam masa pemulihan atau kucing yang mengalami hepatik lipidosisTidak ada keteranganTidak ada keteranganKucing dengan pencernaan sensitifTidak ada keteranganKucing yang ingin menjaga penglihatan, mencegah infeksi saluran kemih, dan mengurangi risiko batu ginjalTidak ada keteranganKucing yang harus menjaga berat badan dan menghindari FLUTDTidak ada keterangan
Berat bersih85 g195 g80 g85 g85 g85g, 400g400 g80 g85 g85 g
Tautan produk
10
Bahan bakuMakarel, tuna, ekstrak ikan, bahan pembentuk gel, minyak kacang kedelai, vitamin E, paprika, air
Kandungan nutrisiProtein (4%), serat (1%), lemak (0,10%), energi yang dimetabolisme (32 kcal/100 g)
Tahapan usiaKitten
Cocok untukTidak ada keterangan
Berat bersih85 g
9
Bahan bakuDaging dan turunan hewani, sereal, turunan nabati, mineral, dan gula
Kandungan nutrisiKadar air (82%), protein (9,2%), lemak (3,0%), abu kasar (1,4%), serat kasar (0,9%), vitamin D3 (330 IU), iron: (3 mg), yodium (0.2 mg), tembaga (2 mg), mangan (0.9 mg), seng (9 mg)
Tahapan usiaDewasa
Cocok untukKucing yang harus menjaga berat badan dan menghindari FLUTD
Berat bersih85 g
8
Bahan bakuTuna, tepung tapioka, bahan pembentuk gel, minyak kedelai
Kandungan nutrisiProtein (10%), fat (2%), fiber (1%)
Tahapan usiaKitten (3–12 bulan)
Cocok untukTidak ada keterangan
Berat bersih80 g
7

Kit CatWild Caught Tuna & Salmon

Mulai dari Rp 22.600,00

Bahan bakuTuna tangkap segar, air, jelly powder, salmon, taurin, F O S (Fructooligosaccharide), vitamin esensial
Kandungan nutrisiProtein (13,0%), lemak (2,5%), serat (0,5%), abu (2,0%), kalori 45 Kkal/100g
Tahapan usiaSemua usia
Cocok untukKucing yang ingin menjaga penglihatan, mencegah infeksi saluran kemih, dan mengurangi risiko batu ginjal
Berat bersih400 g
6

Pet World NutritionsProDiet Chicken & Tuna Wet Food

Mulai dari Rp 7.300,00

Bahan bakuTuna, tepung makanan, ayam, ekstrak Ikan, gelling agent, perasa alami, agent pengental, air, agen retensi warna
Kandungan nutrisiProtein 12%, lemak 1%, serat 1%
Tahapan usiaDewasa
Cocok untukTidak ada keterangan
Berat bersih85g, 400g
5

NestlePurina Pro Plan Wet Sensitive

Mulai dari Rp 21.100,00

Bahan bakuAyam, domba, produk ikan, sereal dan produk sayuran, mineral, vitamin dan asam amino, serat larut termasuk inulin, antioksidan
Kandungan nutrisiKadar air (80%), protein (12,8%), lemak (3,3%), serat (0,5%), kalsium (0,3%), fosfor (0,2%), omega-3 (0,1%), omega-6 (0,6%), energi termetabolisme (ME) (89kcal/100g)
Tahapan usiaDewasa
Cocok untukKucing dengan pencernaan sensitif
Berat bersih85 g
4

NestlePurina Fancy Feast Tender Ocean Whitefish Feast

Mulai dari Rp 12.100,00

Bahan bakuOcean whitefish, hati, produk daging, ayam, kaldu ikan, susu, produk telur, rasa buatan dan alami, trikalsium fosfat, pewarna, vitamin A, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D-3, vitamin E
Kandungan nutrisiProtein (12%), lemak (4%), serat (1,5%), kalsium (0,3%), taurin (0,07%)
Tahapan usiaKitten
Cocok untukTidak ada keterangan
Berat bersih85 g
3
Bahan bakuAir, tuna, ayam, makarel, tepung, gliserin, minyak kacang kedelai, pengental, mineral, perisa, vitamin, pengawet makanan
Kandungan nutrisiProtein (7,5%), lemak (2%), serat (1%)
Tahapan usia2–12 bulan
Cocok untukTidak ada keterangan
Berat bersih80 g
2
Bahan bakuTurunan daging dan hewan, sereal, turunan asal nabati, minyak dan lemak, turunan susu dan susu, mineral, turunan telur dan telur, ragi, gula
Kandungan nutrisiProtein (14%), lemak (6,2%), abu kasar (1,7%), serat (2%), lemak esensial (1,8%), EPA/DHA (0,45%), vitamin D3 (300 IU), iron (15 mg), yodium (0,16 mg), tembaga (1 mg), mangan (4,5 mg), seng (47mg)
Tahapan usiaSemua usia (ikuti petunjuk dokter hewan)
Cocok untukKucing yang sedang dalam masa pemulihan atau kucing yang mengalami hepatik lipidosis
Berat bersih195 g
1
Bahan bakuSalmon, taurin, fosfat, minyak, mineral, vitamin
Kandungan nutrisiProtein (5,32%), lemak (2,55%)
Tahapan usia1–12 bulan
Cocok untukKitten yang ingin bulunya tumbuh lebat dan pencernaannya sehat
Berat bersih85 g

Pertanyaan umum seputar makanan kucing tipe basah/wet food

Pertanyaan umum seputar makanan kucing tipe basah/wet food

Kami telah memberi tahu poin-poin yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih makanan kucing tipe basah untuk kucing. Walaupun demikian, masih banyak pertanyaan yang berhubungan dengan pakan kucing jenis ini. Akhirnya, kami mengumpulkan beberapa pertanyaan dan akan menjawabnya di sini.

Berapa lama wet food kucing bertahan (apakah bisa basi)?

Wet food yang sudah dibuka bisa bertahan sekitar 4 jam di suhu ruangan dan setelah itu akan basi. Namun, wet food yang sudah dibuka bisa bertahan 3–5 hari di dalam kulkas, tetapi usahakan untuk menghabiskannya lebih cepat. Wet food yang disimpan di dalam kulkas terlalu lama akan mengalami perubahan rasa dan menyebabkan kucing enggan memakannya.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Wet food dapat dikonsumsi paling lama 3 hari setelah dibuka dan disimpan di kulkas.

Bagaimana cara menyimpan makanan basah kucing?

Makanan basah kucing yang belum dibuka bisa disimpan di ruangan bersuhu 20–33 derajat Celsius. Setelah dibuka, segera pindahkan ke kotak tertutup dan simpan di kulkas atau segera berikan pada kucing Anda. Pastikan Anda menyimpannya di bagian chiller (bukan freezer) dan menggunakan sendok setiap kali akan menghidangkannya.

Apakah kucing boleh makan wet food setiap hari?

Boleh saja! Namun, Anda harus memperhatikan usia dan berat badannya terlebih dahulu. Selain itu, keadaan fisik kucing dan aktivitasnya juga berpengaruh terhadap banyaknya wet food yang diberikan.

Gunakan makanan kucing tipe basah/wet food dengan sebaik-baiknya

Makanan kucing tipe basah memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari pelajari kedua belah sisi dari wet food ini agar dapat menggunakannya semaksimal mungkin.

Untuk hidrasi dan pencegahan saluran kemih bagian bawah

Untuk hidrasi dan pencegahan saluran kemih bagian bawah
Kucing adalah binatang yang tidak merasa haus sehingga tanpa disadari mereka sering kekurangan air. Makanan kucing tipe basah baik untuk pencegahan dehidrasi karena mengandung banyak air. Selain itu, memberikan makanan berair dapat mencegah penyakit saluran kemih bagian bawah. 

Wet food juga mudah dikonsumsi oleh kitten yang sistem pencernaannya cenderung masih berkembang. Di pihak lain, makanan tipe basah juga cocok diberikan kepada kucing dewasa dengan gigi yang lemah. Berikanlah sesuai dengan kondisi kucing.

Harus segera dikonsumsi setelah dikeluarkan dari kulkas atau dibuka

Harus segera dikonsumsi setelah dikeluarkan dari kulkas atau dibuka

Salah satu kelemahan dari makanan kucing tipe basah adalah Anda tidak dapat menyimpannya terlalu lama setelah dibuka. Kucing juga menyukai makanan yang hangat sehingga hangatkan terlebih dahulu makanan yang sempat disimpan di kulkas sebelum disajikan.

Pentingnya perawatan mulut setelah makan

Pentingnya perawatan mulut setelah makan

Makanan kucing tipe basah lebih mudah menyebabkan plak dan kalkulus gigi daripada tipe kering. Namun, Anda dapat melakukan perawatan untuk mencegah munculnya masalah gigi. Mari lakukan perawatan mulut dengan memakai sikat gigi kucing.

Baca juga rekomendasi makanan terbaik untuk kucing lainnya di sini

Makanan kucing tipe basah sangat populer di antara kucing dewasa karena lembut dan mudah untuk dikonsumsi. Namun, tipe ini memiliki gizi yang lebih rendah dibandingkan tipe kering. Jika ingin mendapatkan beberapa manfaat sekaligus, pilih produk yang mudah dicerna, diserap, dan mengandung banyak gizi. Anda bisa melihat rekomendasi makanan kucing lainnya termasuk snack terbaik di bawah ini!

Kesimpulan

Selesai sudah pembahasan mengenai cara memilih makanan kucing tipe basah terbaik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan makanan kucing tipe basah yang cocok untuk kucing kesayangan.


Silakan pilih wet food yang ada di rekomendasi produk. Namun, jangan lupa perhatikan bahannya terlebih dahulu. Pastikan Anda juga mempertimbangkan usia dan keadaan tubuh si kucing. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang cocok untuk anak kucing ataupun kucing dewasa.Merek susu buat kucing, seperti Royal Canin, Growssy, dan Champion Breed telah kami ulas beserta kandungan nutrisinya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing lainnya yang bagus. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan, serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, terutama jika mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak merek susu yang bagus untuk anjing, seperti Ameri Pro, Royal Canin, Growppy, dan Poochlicious. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan rekomendasi dan review susu anjing, baik untuk anjing yang baru lahir maupun yang sudah tua. Tidak ketinggalan, drh. Tito Suprayoga juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Yuk, simak sampai tuntas dan temukan produk susu terbaik untuk anjing!
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kura-kura merupakan hewan reptilia yang sering dijadikan peliharaan karena memiliki usia panjang. Kura-kura terdiri dari berbagai jenis, misalnya kura-kura Brazil, Sulcata, dan Ambon. Namun, Anda dapat membaginya menjadi dua kelompok besar, yakni kura-kura air dan kura-kura darat. Kedua jenis ini membutuhkan makanan yang berbeda, lho!Agar tak kebingungan saat mencari makanan kura-kura, kami akan merekomendasikan merek pelet kura-kura, seperti JBL, Hikari, dan HOKKY. Sebelum itu, Anda sebaiknya menyimak poin-poin di bawah ini terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tahu makanan apa saja yang bagus untuk kura-kura peliharaan Anda!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori