• 10 Eye Makeup Remover Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Eye Makeup Remover Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Eye Makeup Remover Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Eye Makeup Remover Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Eye Makeup Remover Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Eye Makeup Remover Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Banyak wanita yang memfokuskan riasan pada area mata, seperti menggunakan alis, eyeliner, eyeshadow, dan maskara. Nah, untuk mengangkat semua riasan hingga bersih, Anda membutuhkan eye remover atau eye makeup remover. Terlebih, jika Anda menggunakan riasan yang bersifat waterproof, Anda akan membutuhkan makeup remover waterproof.

Kali ini kami akan membagikan tips memilih eye makeup remover yang bagus. Kami juga bakal mengulas produk terbaik dari berbagai merek, seperti Nivea, Wardah, dan Maybelline. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Luella Artistry
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty content creator dan makeup artist, Luella Artistry

Profil pakar: Beauty content creator dan makeup artist, Luella Artistry
Luella Artistry
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator.


Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Manfaat eye makeup remover

Eye makeup remover dibuat khusus untuk membersihkan riasan pada kulit area mata. Mengapa untuk menghapus riasan mata lebih baik menggunakan eye makeup remover daripada makeup remover biasa? Yuk, kita bahas bersama!

Membantu membersihkan kulit area mata dengan sempurna

Membantu membersihkan kulit area mata dengan sempurna
Riasan mata biasanya terdiri dari berbagai lapisan produk. Sebelum memulas eyeshadow, eyeliner, dan maskara, Anda perlu membubuhkan primer, foundation, bahkan loose powder supaya riasan mata tahan lama. Banyak orang memilih untuk menggunakan produk berjenis waterproof karena tidak mudah luntur, terutama untuk maskara dan eyeliner.


Padahal, kulit di sekitar mata tergolong tipis sehingga sangat responsif terhadap stimulan. Selain itu, Anda mungkin tergoda untuk menggosok kulit dengan kuat saat makeup susah dihapus. Hal itu akan merusak kulit dan menjadi penyebab munculnya bintik-bintik serta kerutan di daerah mata.


Eye makeup remover memiliki daya pembersih kuat sehingga Anda bisa membersihkan riasan mata dengan mudah tanpa menggosoknya secara kasar. Di samping itu, eye makeup remover umumnya oil-based sehingga mudah membersihkan riasan yang waterproof dan smudgeproof. Jadi, gunakanlah eye makeup remover untuk menghapus riasan mata supaya kulit sekitar mata tetap terawat.

Gunakan eye makeup remover hanya untuk mata

Gunakan eye makeup remover hanya untuk mata
Meski eye makeup remover memiliki daya pembersih yang kuat, bukan berarti Anda bisa menggunakannya di seluruh bagian wajah. Jika dipakai di wajah, minyak alami pada kulit wajah bisa ikut terangkat sehingga wajah malah menjadi kering. Hapus riasan mata dengan eye makeup remover terlebih dahulu, baru kemudian bersihkan wajah dengan makeup remover yang lain.

Berbeda lagi jika Anda menggunakan eye makeup remover yang oil-based. Produk yang oil-based tersebut bisa saja memicu penyumbatan pori-pori apabila digunakan di area wajah selain mata.


Namun, saat ini ada pula makeup remover yang dapat digunakan untuk mata, bahkan bibir. Akan tetapi, Anda harus memastikan hal tersebut terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah. Jika Anda terbiasa menggunakan lipstik waterproof, kami menyarankan Anda membersihkannya dengan makeup remover atau micellar water. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih eye makeup remover

Saat memilih eye makeup remover, Anda perlu memperhatikan beberapa hal supaya tidak salah pilih. Nah, berikut akan kami paparkan lima poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli eye makeup remover.

Tentukan berdasarkan tipenya

Secara garis besar, terdapat tiga tipe eye makeup remover, yaitu wiping type, sheet type, dan mascara type. Anda dapat memilih tipe manapun sesuai dengan kebutuhan.

Wiping type: Paling mudah ditemukan di pasaran

Wiping type: Paling mudah ditemukan di pasaran

Wiping type adalah tipe eye makeup remover yang diusap menggunakan kapas. Letakkan kapas yang telah dibasahi dengan produk wiping type ke area mata Anda, lalu diamkan beberapa saat sebelum diseka. 


Jika Anda menginginkan produk yang mudah ditemukan di mana saja, tentu saja wiping type jawabannya. Selain itu, sebagian besar eye makeup remover termasuk sebagai produk oil-based sehingga ampuh dalam membersihkan rias

Sheet type: Lebih praktis untuk mobilitas tinggi

Sheet type: Lebih praktis untuk mobilitas tinggi

Sheet type berbentuk seperti lembaran atau tisu basah yang telah mengandung eye makeup removerAnda bisa langsung mengusapkannya ke area mata. Apabila Anda kerap traveling, sheet type merupakan tipe yang paling praktis untuk digunakan. Selain itu, Anda bisa meletakkannya dengan mudah di dalam makeup pouch tanpa takut boros tempat.


Jika Anda ingin membaca review lengkap mengenai pembersih makeup tipe ini, silakan cek tautan ini!

Mascara type: Ampuh membersihkan makeup yang membandel

Mascara type: Ampuh membersihkan makeup yang membandel

Mascara type adalah tipe yang cara penggunaan serta aplikatornya menyerupai maskara. Kelebihan dari tipe ini adalah bisa membersihkan mascara atau eyeliner dengan lebih mudah. Hal itu disebabkan aplikatornya bisa menjangkau ke sela-sela bulu mata dan kelopak mata


Pembersih maskara ini cukup dioleskan ke helai bulu mata, lalu didiamkan beberapa saat supaya pembersih bekerja. Setelah itu, Anda dapat mengusap bulu mata Anda dengan kapas. Tipe ini mudah dan efektif digunakan untuk menghapus maskara waterproof. Namun, produk bertipe ini belum begitu banyak dijual di pasaran.

Prioritaskan kandungan produk yang sesuai kondisi kulit Anda

Prioritaskan kandungan produk yang sesuai kondisi kulit Anda
Eye makeup remover memiliki daya pembersih yang jauh lebih kuat dibandingkan makeup remover biasa. Karena itu, penting untuk memeriksa kandungan dalam produk tersebut. Lebih baik bila Anda memprioritaskan produk yang ramah di kulit dan aman untuk penggunaan setiap hari. 

  • Bahan yang bersahabat untuk kulit kering

Bila area kulit mata Anda cenderung kering, carilah produk dengan bahan pelembap, seperti hyaluronic acid atau Aloe vera. Tipikal kulit kering juga bisa memakai eye makeup remover yang oil-based. Anda dapat memilih natural oil seperti seperti almond oil atau chamomile oil.


  • Bahan yang bersahabat untuk kulit berminyak/berjerawat

Bila kulit mata Anda berminyak atau berjerawat, hindari produk yang dapat menyumbat pori, seperti mineral oil atau petroleum jelly. Anda juga bisa memilih produk water-based jika menyukai makeup remover yang teksturnya ringan.


Daerah kulit di sekitar mata lebih rentan terhadap kerusakan karena terkontaminasi oleh riasan mata dan pembersihan setiap harinya. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk yang tidak hanya sekadar membersihkan, tetapi juga merawatnya. Selain itu pastikan kandungan yang ada di dalam eye makeup remover tidak membuat mata perih.

Hindari kandungan yang bisa memicu iritasi

Hindari kandungan yang bisa memicu iritasi
Penting juga untuk memeriksa kandungan bahan dalam produk yang bisa memberi pengaruh buruk pada kulit. Hal ini tidak terbatas pada orang yang berkulit sensitif saja. Bahan-bahan yang dapat memicu iritasi, antara lain paraben, pewangi, mineral oil, alkohol, SLS, dan lainnya.

Sebenarnya, lebih ideal jika Anda memilih eye makeup remover tanpa kandungan bahan-bahan pemicu iritasi. Namun, jika ternyata masih ada kandungan tersebut, periksa kondisi kulit Anda saat menggunakannya dan cek pengaruhnya terhadap kulit. Apabila Anda tidak mengalami masalah apa pun, Anda dapat tetap menggunakan produk tersebut.

Pilih produk yang bebas minyak bagi pengguna eyelash extension

Pilih produk yang bebas minyak bagi pengguna eyelash extension
Bagi Anda yang menggunakan eyelash extension atau ekstensi bulu mata, pilihlah eye makeup remover yang tidak mengandung minyak. Alasannya, lem yang digunakan pada eyelash extension biasanya cepat luruh jika terkena minyak. Kandungan minyaknya akan menempel pada permukaan kulit di sekitar mata dan secara perlahan akan melepaskan ekstensi bulu mata Anda.

Apabila Anda tetap membutuhkan eye makeup remover yang oil-based untuk membersihkan riasan, usahakan menggunakan cotton bud. Bersihkan riasan yang berada di extension secara pelan-pelan. Cotton bud membantu agar minyak yang ada di eye makeup remover tidak bersinggungan terlalu banyak dengan area mata.

Pertimbangkan produk multifungsi untuk menghemat waktu dan biaya

Pertimbangkan produk multifungsi untuk menghemat waktu dan biaya
  • Eye and lip makeup remover

Kelopak mata dan juga bibir memiliki kulit yang lebih tipis dan sensitif. Oleh karena itu, banyak beauty brand menciptakan produk 2-in-1eye and lip makeup remover. Seperti namanya, produk tersebut tak hanya efektif membersihkan riasan mata, tetapi juga riasan bibir.


  • Micellar water

Produk ini memiliki fungsi sama seperti makeup remover, yakni dapat menghapus riasan wajah, termasuk makeup mata. Micellar water umumnya memiliki tekstur yang lebih ringan karena bahannya yang water-based. Selain dapat membersihkan kotoran dan makeup ringan, micellar water memiliki benefit merawat kulit, seperti melembapkan atau mencerahkan. Bahkan, ada juga micellar water yang dapat merawat kulit jerawat.


  • Waterproof makeup remover

Makeup waterproof memiliki daya tahan yang baik sehingga tidak mudah dibersihkan oleh makeup remover biasa. Jika Anda menggunakan makeup remover waterproof, Anda hanya perlu menggunakan satu produk sehingga hemat waktu dan biaya. Anda tak perlu menggunakan pembersih maskara atau riasan wajah lainnya secara terpisah.


  • Cleansing balm

Sekarang sudah banyak brand yang menjual cleansing balm sebagai makeup remover. Cleansing balm merupakan salah satu produk yang multifungsi karena bisa menghapus makeup waterproof di area wajah, bibir, dan mata. Cara pemakaian nya juga mudah, hanya digosok perlahan di seluruh area wajah dengan cara memutar dan pijat lembut. 

Produk rekomendasi pakar

The Body ShopCamomile Cleansing Butter

Mulai dari Rp 229.000,00

TipeCleansing balm
Isi bersih90 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Chamomile, shea butter, olive oil)
KeunggulanDapat melembapkan dan menyegarkan kulit, aman untuk kulit sensitif
Kandungan minyak
TipeWiping type
Isi bersih100 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Sunflower seed oil, castor seed oil, avocado oil, camellia seed oil, dan squalane)
KeunggulanDapat menghapus makeup waterproof, bisa melembapkan dan menenangkan kulit
Kandungan minyak

10 Rekomendasi eye makeup remover terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eye makeup remover terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.

10

IsehanKiss Me Heroin Make Speedy Mascara Remover

Mulai dari Rp 175.000,00

TipeMascara type
Isi bersih6,6 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Tocopherol, panax ginseng root extract, royal jelly extract, suqalane, dan Camellia japonica seed oil)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, melembapkan kulit
Kandungan minyak
9

LaneigeLip & Eye Remover Waterproof_EX

Mulai dari Rp 250.000,00

TipeWiping type
Isi bersih25 ml, 50 ml, 150 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Aloe vera extract dan chamomile extract)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, melembapkan kulit, formula ringan
Kandungan minyak×
8

WardahEyeXpert Eye and Lip Make Up Remover

Mulai dari Rp 42.000,00

TipeWiping type
Isi bersih100 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Castor oil)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, non-alcohol, tidak berminyak
Kandungan minyak
7

The Body ShopCamomile Waterproof Eye & Lip Make Up Remover

Mulai dari Rp 179.000,00

TipeWiping type
Isi bersih160 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Camomile oil)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, aman untuk kulit sensitif
Kandungan minyak
6
TipeSheet type
Isi bersih30 lembar
Kandungan bahan kecantikan✔ (Glycerin, Aloe vera leaf extract, chamomile extract, dan cucumber extract)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, cocok untuk normal to oily skin
Kandungan minyak
5

KaoBiore Makeup Remover Cleansing Oil Sheet

Mulai dari Rp 29.250,00

TipeSheet type
Isi bersih10 lembar, 44 lembar
Kandungan bahan kecantikan✔ (Tocopherol dan sodium hyaluronate)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, non-alcohol, aman untuk kulit sensitif
Kandungan minyak
4

Beiersdorf Nivea Double Effect Eye Make-Up Remover

Mulai dari Rp 67.400,00

TipeWiping type
Isi bersih125 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Ekstrak cornflower)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, melembapkan, aman untuk kulit sensitif
Kandungan minyak
3
TipeWiping type
Isi bersih60 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Natural honey)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, non-alcohol, tidak meninggalkan rasa lengket
Kandungan minyak
2
TipeWiping type
Isi bersih100 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Pure water cucumber & chamomile extract)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, non-alcohol, non-perfume, formula ringan
Kandungan minyak×
1

MaybellineLip & Eye Makeup Remover

Mulai dari Rp 80.000,00

TipeWipping type
Isi bersih70 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Moisturizing agent: isohexadecane, hexylene glycol, cyclopentasiloxane)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, melembapkan kulit
Kandungan minyak×

Tabel perbandingan produk eye makeup remover terbaik

Gambar produk
1
Maybelline Lip & Eye Makeup Remover 1

Maybelline

2
Viva Advanced Cleanse Micellar Water 1

Viva

3
PIXY Eye & Lip Makeup Remover 2

PIXY

4
Beiersdorf  Nivea Double Effect Eye Make-Up Remover 1

Beiersdorf

5
Kao Biore Makeup Remover Cleansing Oil Sheet 1

Kao

6
Godrej Mitu Shikada Facial Cleansing Wipes 1

Godrej

7
The Body Shop Camomile Waterproof Eye & Lip Make Up Remover 1

The Body Shop

8
Wardah EyeXpert Eye and Lip Make Up Remover 1

Wardah

9
Laneige Lip & Eye Remover Waterproof_EX 1

Laneige

10
Isehan Kiss Me Heroin Make Speedy Mascara Remover 1

Isehan

Nama produk

Lip & Eye Makeup Remover

Advanced Cleanse Micellar Water

Eye & Lip Makeup Remover

Nivea Double Effect Eye Make-Up Remover

Biore Makeup Remover Cleansing Oil Sheet

Mitu Shikada Facial Cleansing Wipes

Camomile Waterproof Eye & Lip Make Up Remover

EyeXpert Eye and Lip Make Up Remover

Lip & Eye Remover Waterproof_EX

Kiss Me Heroin Make Speedy Mascara Remover

Keunggulan

Ampuh membersihkan maskara tanpa membuat bulu mata rontok

Formula water-based, perfume-free, dan alcohol-free, nyaman untuk kulit sensitif

Mengandung natural honey supaya kulit lembap dan lembut

Efektif untuk menghapus makeup, melembapkan kulit, dan melindungi bulu mata

Libas seluruh makeup di wajah tanpa membuat kulit menjadi kering

Membersihkan sekaligus menyegarkan wajah di mana saja

Membersihkan makeup dengan lembut bagi kulit yang sensitif

Mengangkat sisa makeup waterproof secara optimal!

Bebas minyak, lebih aman bagi pengguna eyelash extension

Hapus maskara yang membandel sekaligus merawat bulu mata yang rusak

Harga mulai dariRp 80.000,00Rp 18.150,00Rp 28.000,00Rp 67.400,00Rp 29.250,00Rp 19.500,00Rp 179.000,00Rp 42.000,00Rp 250.000,00Rp 175.000,00
TipeWipping typeWiping typeWiping typeWiping typeSheet typeSheet typeWiping typeWiping typeWiping typeMascara type
Isi bersih70 ml100 ml60 ml125 ml10 lembar, 44 lembar30 lembar160 ml100 ml25 ml, 50 ml, 150 ml6,6 ml
Kandungan bahan kecantikan✔ (Moisturizing agent: isohexadecane, hexylene glycol, cyclopentasiloxane)✔ (Pure water cucumber & chamomile extract)✔ (Natural honey)✔ (Ekstrak cornflower)✔ (Tocopherol dan sodium hyaluronate)✔ (Glycerin, Aloe vera leaf extract, chamomile extract, dan cucumber extract)✔ (Camomile oil)✔ (Castor oil)✔ (Aloe vera extract dan chamomile extract) ✔ (Tocopherol, panax ginseng root extract, royal jelly extract, suqalane, dan Camellia japonica seed oil)
KeunggulanDapat menghapus eye makeup waterproof, melembapkan kulitDapat menghapus eye makeup waterproof, non-alcohol, non-perfume, formula ringanDapat menghapus eye makeup waterproof, non-alcohol, tidak meninggalkan rasa lengket Dapat menghapus eye makeup waterproof, melembapkan, aman untuk kulit sensitifDapat menghapus eye makeup waterproof, non-alcohol, aman untuk kulit sensitifDapat menghapus eye makeup waterproof, cocok untuk normal to oily skinDapat menghapus eye makeup waterproof, aman untuk kulit sensitifDapat menghapus eye makeup waterproof, non-alcohol, tidak berminyakDapat menghapus eye makeup waterproof, melembapkan kulit, formula ringanDapat menghapus eye makeup waterproof, melembapkan kulit
Kandungan minyak×××
Tautan produk

Tips membersihkan makeup mata dengan eye makeup remover

Tips membersihkan makeup mata dengan eye makeup remover

Cara membersihkan makeup mata yang kurang tepat dapat menyebabkan mata menjadi iritasi. Bagaimana cara memakai eye makeup remover yang benar? Mari simak tips berikut ini!


  • Sapukan kapas yang telah dibasahi eye makeup remover dari arah atas menuju ke bawah (menuju bulu mata).
  • Untuk area kelopak mata bawah, sapukan kapas dari arah luar menuju ke dalam (ke arah hidung).
  • Jangan menggosok kelopak mata terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi atau kerutan dini!
  • Untuk makeup yang susah hilang, sapukan secara lembut dan ulangi beberapa kali hingga bersih.
  • Untuk membersihkan maskara, gunakan cotton bud yang dibasahi eye makeup remover dan sisir perlahan ke helaian bulu mata.
  • Jika Anda menggunakan eyeliner dan maskara waterproof, diamkan kapas yang sudah dibasahi remover selama beberapa detik di area mata. Setelah itu, usap perlahan dari bagian dalam ke luar mata.

Baca juga rekomendasi produk pembersih makeup lainnya di sini

Selain eye makeup remover, ada beberapa jenis produk makeup remover lain yang dapat Anda jumpai di pasaran. Tentu produk-produk tersebut dapat pula Anda gunakan sebagai pembersih makeup mata. Jika Anda tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut, silakan klik link berikut.

Kesimpulan

Area kulit di sekitar mata merupakan bagian sensitif yang perlu dirawat dengan baik. Jika Anda sering menggunakan makeup di area mata, tentu Anda perlu eye makeup remover untuk menghapusnya. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah menemukan produk yang cocok?

Pilih produk berdasarkan tipenya dan sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Jangan lupa menjadikan artikel ini sebagai referensi setiap kali Anda ingin membeli eye makeup remover, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merek Bioré, DHC, Hada Labo, dan Shu Umera. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil sampai yang non-comedogenic.Kali ini kami akan mengulas tips memilih cleansing oil. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi cleansing oil untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, sensitif, komedo, berminyak, dan berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Metode ini bisa dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kering, maupun sensitif. Dengan menggunakan produk double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Kulit pun bisa bebas jerawat, beruntusan, dan komedo.Artikel ini berisi poin-poin penting dalam memilih produk double cleansing. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk double cleansing yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah dan Nivea. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merek lokal terkenal, seperti Somethinc, Dear Me Beauty, hingga Wardah juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water merupakan produk pembersih yang mengombinasikan minyak dan air. Kombinasi ini dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa membuatnya kering. Keunggulan ini membuat micellar water menjadi pilihan pembersih wajah yang populer. Apakah Anda juga tertarik menggunakannya?Ada banyak produk micellar water, misalnya saja produk merek Garnier, Wardah, atau Emina. Selain ketiganya, masih banyak merek micellar water yang bagus lainnya. Anda tak perlu bingung memilihnya karena kami akan memberikan tips memilih micellar water dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk micellar water terbaik di pasaran. Baca sampai selesai, ya.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari berbagai jenis skincare pembersih muka, cleansing milk atau susu pembersih adalah yang paling lembut di kulit. Cleansing milk berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup ringan sekaligus memberikan kelembapan. Oleh karena itu, cleansing milk atau susu pembersih sangat bagus untuk kulit, terutama untuk kulit kering dan sensitif. Beberapa merek skincare yang bagus, seperti Wardah, Pond's, Viva, dan Emina telah mengeluarkan produk susu pembersih terbaik mereka. Namun, produk manakah yang cocok untuk Anda? Simak artikel berikut ini dan dapatkan susu pembersih terbaik yang sesuai kebutuhan kulit Anda!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing cream atau cream cleanser mampu membersihkan sisa makeup sembari melembapkan kulit. Ada beragam jenis cleansing cream dengan klaim yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda. Di artikel ini kami akan membahas cara memilih cleansing cream agar Anda dapat menemukan produk yang tepat.Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merk cleansing cream terbaik untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan. Anda bisa menemukan produk yang bagus dari Make Over, SK-II, Sukin, dan lainnya dalam artikel ini. Temukan produk terbaik untuk wajah Anda dan selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori