1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan rambut
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rontok parah ataupun ringan.


Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merek L'Oreal Paris, Dove, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!

Diperbaharui 09-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kenali penyebab rambut rontok Anda

Kenali penyebab rambut rontok Anda

Ada banyak penyebab rambut rontok yang secara garis besar dapat dibagi menjadi faktor eksternal dan internal. Penting untuk memahami faktor atau akar permasalahan rambut rontok agar Anda dapat memilih solusi yang tepat.


  • Pemilihan sampo yang kurang tepat: Fungsi utama shampo adalah membersihkan rambut. Pilihlah shampo yang juga berfungsi menjaga kesehatan rambut, bukan sekadar membersihkan.

  • Faktor hormonal: Keseimbangan hormon dapat terganggu karena usia, penyakit, pengobatan, dan lain sebagainya. Kerontokan karena hal-hal tersebut tentu tidak semata dapat diatasi dengan sampo rambut rontok.

  • Kondisi mental: Kondisi mental, misalnya stres berat, dapat berpengaruh pada kesehatan rambut. Stres berat bahkan dapat menyebabkan penyakit alopecia yang merupakan kebotakan karena sistem imun menyerang folikel rambut. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut rontok parah? Jika penyebabnya adalah pemilihan shampo yang kurang tepat, carilah formula yang lebih cocok bagi kondisi kulit kepala dan rambut. Sebaliknya, untuk masalah hormonal dan kondisi mental, selesaikan dahulu dengan pergi ke dokter atau ahli yang kompeten.

Cara memilih shampo untuk rambut rontok

Ada berbagai macam penyebab rambut rontok. Hal yang paling penting adalah memilih sampo yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Untuk itu, simak tips kami berikut ini sebelum menentukan sampo pilihan Anda.

① Sesuaikan kandungan sampo dengan kondisi kulit kepala

Apabila menginginkan sampo yang dapat mencegah kerontokan, pilihlah kandungan sampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala Anda. Untuk itu, kenali kondisi kulit kepala supaya Anda mudah dalam menentukan metode perawatan yang tepat.

Kandungan pelembap, kulit kepala tak lagi kering

Kandungan pelembap, kulit kepala tak lagi kering

Kulit kepala kering kerap menimbulkan gatal yang mengganggu. Bahkan, kondisi ini juga erat kaitannya dengan ketombe yang mengganggu penampilan. Bahan yang dapat membantu mengatasinya antara lain minyak almon. Di dalam minyak almon, terkandung asam lemak omega yang membantu mengembalikan kelembapan dan elastisitas rambut


Asam lemak atau asam amino memang dikenal berkhasiat untuk kesehatan rambut. Selain menumbuhkan rambut, asam amino efektif menjaga kelembapannya. Namun, kandungan ini tidak selalu ditulis dengan nama asam amino. Beberapa produsen mencantumkan nama bahan seperti cocoyl atau lauroyl, yang sebenarnya juga berbasis asam amino. 


Selain asam amino, masih ada zat lainnya yang berfungsi serupa. Glycerin, ceramide, collagen, hydrolyzed hyaluronic acid, ricin, proteoglycan, dan panthenol menawarkan manfaat yang mirip asam amino.

Kandungan penguat akar, rambut pun tak mudah rontok

Kandungan penguat akar, rambut pun tak mudah rontok

Dengan akar yang kuat, tentu saja rambut tak akan mudah rontok. Untuk itu, salah satu cara perawatan rambut rontok adalah dengan menguatkan akarnya. Ginseng dan tea tree oil sama-sama bisa melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala


Aliran darah dan oksigen yang lancar menuju folikel rambut dapat mencegah penyumbatan. Perlu diketahui, penyumbatan inilah yang biasanya berujung pada kerontokan. Dengan darah yang mengalir lancar, akar juga makin kuat karena mendapatkan asupan nutrisi lewat darah.

Penyubur rambut, efek kerontokan tak lagi terlihat

Penyubur rambut, efek kerontokan tak lagi terlihat

Kerontokan membuat mahkota kepala Anda berkurang keindahannya. Oleh karena itu, segera kembalikan keadaannya dengan menggunakan sampo yang mengandung penyubur rambut. Bahan penyubur rambut antara lain:


  • Lidah buaya: Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E membantu meregenerasi sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

  • Biji buah labu: Rajin mengoleskan minyak biji buah labu dapat merangsang pertumbuhan rambut. Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

  • Minyak kemiri: Bahan ini kerap digunakan dalam ramuan tradisional untuk menumbuhkan rambut, terutama pada bayi.

Anda juga akan mendapatkan khasiat yang sama dalam sampo yang mengandung Swertia japonica extract dan garlic extract. Untuk memaksimalkan proses mengatasi kerontokan rambut, sebaiknya Anda juga perlu mencari sampo yang bisa menyuburkan rambut. 

② Hindari kandungan bahan iritan bagi kulit kepala sensitif

Hindari kandungan bahan iritan bagi kulit kepala sensitif

Pemilik kulit kepala sensitif perlu berhati-hati dengan sampo yang terlalu berwarna dan memiliki aroma kuat. Pada sebagian orang, kandungan pewarna dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, terutama kulit kepala sensitif. Sampo yang terlalu banyak menggunakan pewangi buatan seperti parfum juga kurang baik untuk kulit kepala


Pada dasarnya, tidak semua bahan kimia tambahan pada sampo berdampak negatif bagi rambut. Meski begitu, Anda bisa mengecek kandungan label komposisi untuk memeriksa bahan lebih jauh. Berikut bahan-bahan yang sebaiknya dihindari saat memilih sampo.


  • Isopropyl alcohol: Beraroma kuat sehingga bisa menimbulkan rasa mual dan pusing jika terhirup berlebihan.

  • GD&C (pigmen pewarna): Penggunaan terlalu banyak bisa membuat kulit kepala menjadi sensitif dan menyebabkan iritasi.

10 Rekomendasi shampo untuk rambut rontok terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shampo untuk rambut rontok terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Makarizo

Fibertherapy Conditioning Shampoo With Aloe & Melon Extract

Makarizo Fibertherapy Conditioning Shampoo With Aloe & Melon Extract 1枚目

Mengembalikan kekuatan dan kecantikan alami rambut

2

Unilever

TRESemmé Scalp Care Shampoo

Unilever TRESemmé Scalp Care Shampoo 1枚目

Tea tree oil bantu membersihkan ketombe dan cegah kerontokan

3

L’Oreal Paris

Fall Resist 3x Anti Hairfall Shampoo

L’Oreal Paris Fall Resist 3x Anti Hairfall Shampoo 1枚目

Dilengkapi tiga aksi untuk perawatan rambut rontok

4

Kelaya

Hair Treatment Shampoo

Kelaya Hair Treatment Shampoo 1枚目

Rambut jadi lebih sehat dan bebas rambut bercabang

5

ERHA

Erhair HairGrow Shampoo with Panax Ginseng & Pumpkin Seed Extract

ERHA Erhair HairGrow Shampoo with Panax Ginseng & Pumpkin Seed Extract 1枚目

Sampo bebas rontok yang cocok untuk pria dan wanita

6

Natur

Natural Extract Shampoo Ginseng Extract

Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract 1枚目

Dengan bahan utama ekstrak ginseng, membantu menguatkan akar rambut

7

P&G

Pantene Perawatan Rambut Rontok

P&G Pantene Perawatan Rambut Rontok 1枚目

Mengatasi kerontokan rambut hingga 98%

8

Unilever

Dove Sampo Serum Perawatan Rambut Rontok

Unilever Dove Sampo Serum Perawatan Rambut Rontok 1枚目

Bantu atasi rambut rontok karena patah

9

Miss Daisy

French Perfume Shampoo

Miss Daisy French Perfume Shampoo 1枚目

Rambut tetap bervolume dan tidak lepek

10

Oriflame

Hair X Advanced Care Fall Defence Anti-Hairfall Shampoo

Oriflame Hair X Advanced Care Fall Defence Anti-Hairfall Shampoo 1枚目

Busa lembutnya membawa nuansa kemewahan ke kamar mandi Anda

Perincian produk
Close
No.1

MakarizoFibertherapy Conditioning Shampoo With Aloe & Melon Extract

Mulai dari Rp29.750,00

Mengembalikan kekuatan dan kecantikan alami rambut

Kelebihan:

  • Beraroma buah menyegarkan
  • Sudah mengandung kondisioner

Kekurangan:

  • Sejumlah pelanggan yang tidak cocok menyebutkan mengalami rambut kering setelah pemakaian

Apakah Anda ingin mengembalikan kekuatan dan kecantikan alami rambut? Jika iya, tak ada salahnya untuk memilih produk ini. Makarizo mengandung formula keratin amino acids yang menjadikan rambut Anda lebih berkilau. Tak hanya itu, rambut Anda akan terasa lebih sehat dan kuat. 


Di sisi lain, perpaduan melon, ekstrak lidah buaya, dan passiflora plant oil-nya membantu menghilangkan kerontokan rambut. Rambut Anda akan menjadi kuat hingga ke akarnya. Terlebih lagi, aroma menyenangkan dari melon membuat Anda merasa lebih segar saat mencuci rambut. 

No.2

UnileverTRESemmé Scalp Care Shampoo

Mulai dari Rp37.100,00

Tea tree oil bantu membersihkan ketombe dan cegah kerontokan

Kelebihan:
  • Mampu menghilangkan rambut rontok sekaligus ketombe

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli menyebutkan baru mendapatkan hasil optimal setelah menggunakan kondisioner TRESemmé sehingga harus menambah biaya

Apabila Anda menginginkan perawatan di rumah dengan hasil seperti perawatan di salon, pertimbangkanlah produk ini! TRESemmé diklaim sebagai sampo yang digunakan para profesional dengan hasil seperti perawatan di salon. 


Pada produk Scalp Care Shampoo, TRESemmé memanfaatkan tea tree oil dan ZPTO sebagai solusi rambut rontok dan berketombe. Satu sampo untuk membereskan dua masalah sekaligus! Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

No.3

L’Oreal ParisFall Resist 3x Anti Hairfall Shampoo

Mulai dari Rp46.000,00

Dilengkapi tiga aksi untuk perawatan rambut rontok

Kelebihan:
  • Rambut terasa tidak lepek

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna yang tidak cocok merasakan gatal di kulit kepala setelah pemakaian

L’Oreal ParisFall Resist 3x Shampoo memiliki tiga aksi untuk perawatan rambut rontok. Formulanya dirancang untuk memelihara akar rambut, memperbaiki serat rambut, dan membuatnya tumbuh lebih kuat. Rambut pun akan terasa ringan dan mudah diatur sepanjang hari.


Sampo ini diperkaya dengan asam amino esensial arginine yang penting untuk menutrisi kulit kepala dan melancarkan sirkulasi darah. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin melepaskan kepenatan setelah seharian bekerja. 

No.4

KelayaHair Treatment Shampoo

Mulai dari Rp125.000,00

Rambut jadi lebih sehat dan bebas rambut bercabang

Kelebihan:

  • Mengandung zat alami minyak kemiri dan lidah buaya
  • Dapat memperbaiki rambut bercabang

Kekurangan:

  • Sebagian pengguna kurang menyukai teksturnya yang berupa gel dan tidak berbusa banyak

Tentunya mengesalkan jika ujung rambut Anda terlihat memerah karena bercabang. Selain mengganggu penampilan, rambut bercabang juga menunjukkan bahwa nutrisi tidak terdistribusi merata. 


Sampo dari Kelaya ini mengandung minyak kemiri dan lidah buaya yang sejak dahulu menjadi ramuan tradisional penyehat rambut. Aroma mint yang dikeluarkan lembut dan menenangkan. Bagi Anda yang bermasalah dengan rambut rontok dan rambut bercabang, sampo ini bisa jadi jawabannya.

No.5

ERHAErhair HairGrow Shampoo with Panax Ginseng & Pumpkin Seed Extract

Mulai dari Rp166.880,00

Sampo bebas rontok yang cocok untuk pria dan wanita

Kelebihan:

  • Wanginya lembut dan relaxing

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menyebutkan rambut mereka jadi sangat mengembang 

Selain untuk perawatan kulit, ERHA juga memiliki lini khusus perawatan rambut bernama Erhair. Di antara jenis shampo yang ada, Erhair HairGrow Shampoo telah teruji secara klinis dapat mengurangi kerontokan rambut. Formulanya membantu penyerapan nutrisi vitamin dan mineral untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. 


Shampo ini juga dilengkapi dengan ekstrak biji labu sehingga penyebab kerontokan rambut dapat dihambat dengan efektif. Terlebih, Erhair HairGrow Shampoo dapat digunakan oleh semua jenis kulit kepala, baik pria maupun wanita. Padukanlah dengan HairGrow Serum untuk hasil yang lebih optimal.

No.6

NaturNatural Extract Shampoo Ginseng Extract

Mulai dari Rp32.000,00

Dengan bahan utama ekstrak ginseng, membantu menguatkan akar rambut

Kelebihan:

  • Kandungan bioaktifnya dapat melancarkan peredaran darah

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyebutkan rambut jadi terasa kesat sehingga perlu ditambahkan kondisioner

Kandungan ekstrak ginseng pada sampo Natur dapat memperbaiki tekstur akar dan batang rambut Anda yang rusak. Produk ini mengandung bahan bioaktif, seperti saponins, phytosterols, peptides, polysaccharides, dan polyacetylenes.


Manfaat kandungan bioaktif ini dapat melembapkan sekaligus melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Sampo ini tentu cocok untuk Anda yang mengutamakan memakai produk berbahan alami.

No.7

P&GPantene Perawatan Rambut Rontok

Mulai dari Rp48.900,00

Mengatasi kerontokan rambut hingga 98%

Kelebihan:
  • Mampu membersihkan rambut dari partikel yang tidak diinginkan

Kekurangan:

  • Membutuhkan kondisioner untuk hasil sempurna

Kami merekomendasikan produk ini untuk wanita aktif yang tinggal di kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi. Produk ini mampu membersihkan rambut dari partikel tidak diinginkan yang mampu merusak, khususnya yang berasal dari polutan. Sampo ini disebut-sebut dapat mengatasi kerontokan rambut hingga 98%.


Formula Shampo Pantene Perawatan Rambut Rontok diperbarui dengan tambahan Rice Oil Essence dari Jepang. Bahan ini merupakan rahasia untuk menjadikan rambut lebih indah. Kandungan pelembap mikro pun akan membungkus tiap helai rambut menjadi halus. Tidak hanya bebas rontok, rambut Anda juga akan menjadi lebih indah!

No.8

UnileverDove Sampo Serum Perawatan Rambut Rontok

Mulai dari Rp41.000,00

Bantu atasi rambut rontok karena patah

Kelebihan:

  • Rambut terasa lebih lembut walaupun tidak memakai kondisioner

Kekurangan:

  • Bagi sebagian pemakai, aromanya terlalu menyengat

Rasanya kesal jika melihat rambut sering patah hingga rontok tidak keruan, bukan? Jika helai rambut Anda mudah patah, Anda perlu mencoba produk dari Dove ini. Kandungan Dynazinc dan Nutriserum-nya juga akan menguatkan akar. 


Selain memberikan kekuatan, sampo ini juga diklaim mampu memberi efek melembutkan. Anda pun tidak akan bosan mengusap rambut yang begitu lembut, apalagi jika rambut dalam kondisi sehat.

No.9

Miss DaisyFrench Perfume Shampoo

Mulai dari Rp429.000,00

Rambut tetap bervolume dan tidak lepek

Kelebihan:

  • Dibuat khusus untuk kulit kepala sensitif
  • Tersedia dalam enam varian aroma sehingga Anda bisa memilih aroma favorit

Kekurangan:

  • Sejumlah ulasan mengeluhkan kurang banyak busa

Kulit kepala sensitif harus mendapatkan perlakuan yang hati-hati. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif, gunakan sampo yang memang dibuat khusus untuk itu. Salah satu contohnya adalah produk dari Miss Daisy ini.


Sampo ini tidak mengandung SLS alias zat kimia detergen. Selain itu, berkat kandungan Helichrysum italicum extract, rambut Anda akan tetap bervolume selama beberapa hari setelah keramas. Tidak ada lagi acara rambut lepek yang mengganggu hari Anda. Tertarik mencoba?

No.10

OriflameHair X Advanced Care Fall Defence Anti-Hairfall Shampoo

Mulai dari Rp155.000,00

Busa lembutnya membawa nuansa kemewahan ke kamar mandi Anda

Kelebihan:

  • Mengandung Phytonutrients Complex yang merupakan kandungan alami buah-buahan

Kekurangan:

  • Efeknya makin terasa jika dilengkapi tonik dan kondisioner sehingga Anda mungkin perlu mengeluarkan biaya lagi

Betapa menyebalkan memiliki rambut tipis dan rontok. Jangan khawatir! Anda yang sudah tidak sanggup lagi menghadapinya bisa mencoba produk sampo dari Oriflame ini. Busanya begitu lembut sehingga Anda akan merasakan kemewahan produk ini. 


Produk ini juga sudah dilengkapi vitamin yang memberikan efek tambahan. Ekstrak plankton yang terkandung di dalamnya dapat melebatkan rambut Anda. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya Anda melengkapinya dengan kondisioner dan tonik. 

Tips menggunakan shampo yang benar

Tips menggunakan shampo yang benar

Sebenarnya, 60% kotoran pada kulit kepala bisa dibersihkan dengan menyikat atau membilasnya sebelum menggunakan sampo. Sebelum berkeramas, sisirlah rambut lebih dahulu, lalu basahi rambut dan kulit kepala dengan air hangat. Rambut dan kulit kepala yang basah mampu meningkatkan busa sampo sehingga kotoran lebih mudah dihilangkan. Cara ini juga dapat meminimalkan risiko iritasi kulit kepala.


Selain mencuci rambut, cuci pula kulit kepala dengan cara menggosok menggunakan jari-jari Anda saat keramas. Selain dapat membersihkan kotoran secara maksimal, mencuci dengan menggosok juga dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Agar bersih merata, silangkan jari-jari Anda di bagian atas kepala. Kemudian, gosok rambut dengan sampo dari akar hingga ke ujung rambut.

Baca juga rekomendasi perawatan rambut rontok lainnya di sini

Selain penggunaan sampo yang tepat, sebaiknya Anda juga memadukan dengan perawatan rambut lainnya untuk mengatasi rambut rontok. Karena itu, simak tautan berikut ini dan temukan rangkaian produk perawatan untuk mengatasi rambut rontok Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan sampo yang cocok untuk mengatasi rambut rontok Anda? Rambut yang sehat dan lebat adalah impian semua orang. Namun, kesibukan sehari-hari bisa saja membuat Anda lupa meluangkan waktu untuk merawatnya. 


Rambut rontok mungkin sulit dicegah, tetapi rangkaian perawatan rambut yang tepat akan menjadi solusi bagi Anda. Semoga artikel dari kami kali ini dapat membantu, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer