• 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kerontokan rambut sering menjadi permasalahan bagi segala usia. Perbaikan pola makan sering kali tidak cukup membantu pertumbuhan rambut sehingga Anda perlu mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Ada berbagai merek suplemen penumbuh rambut dengan beragam kandungan di dalamnya, mulai dari Hairfinity, Hair Maxis, Foligain, dan sebagainya.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih suplemen penumbuh rambut. Kami juga akan membahas beberapa bahan yang penting untuk membantu pertumbuhan rambut. Mari simak selengkapnya dan miliki rambut lebat idaman Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 15 Mei 2020
  • 16.698 Views
Daftar isi

Cara memilih suplemen penumbuh rambut

Mungkin Anda merasa sedikit kesulitan dalam memilih suplemen penumbuh rambut. Berikut beberapa tips dari kami untuk memilih suplemen penumbuh rambut yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan

Saat memilih suplemen penumbuh rambut, perhatikanlah bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan suplemen untuk pria dan wanita akan berbeda karena penyebab kebotakannya juga berbeda. Seperti apa bahan-bahan yang perlu diperhatikan? Simak terus pembahasan selanjutnya.

Saw palmetto untuk kondisi androgenetic alopecia (AGA)

Saw palmetto untuk kondisi androgenetic alopecia (AGA)
Androgenetic alopecia (AGA) merupakan bentuk kebotakan yang dapat terjadi pada pria maupun wanita. Pada pria, kondisi ini juga dikenal dengan male pattern baldness yang disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Bahan-bahan seperti finasteride dan saw palmetto sangat efektif mengatasi masalah kebotakan pada pria.
Kebanyakan penyebab kebotakan pada pria di atas usia 30 tahun adalah akibat hormon androgen, yakni dihydrotestoeterone (DHT). Perubahan hormon ini akan mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Suplemen yang dapat menghambat hormon androgen seperti beta-sitosterol juga dapat Anda pilih.

Equol dan maca untuk menyeimbangkan hormon pada wanita

Equol dan maca untuk menyeimbangkan hormon pada wanita
Umumnya, kebotakan pada wanita sering kali disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang. Meskipun Anda dapat menggunakan suplemen pertumbuhan rambut untuk pria, sangat direkomendasikan agar Anda memilih suplemen dengan bahan seperti equol atau maca untuk menyeimbangkan hormon. Sayangnya, kandungan ini masih cukup sulit ditemukan pada produk suplemen rambut yang beredar di Indonesia.

Ekstrak rumput laut dan capsaicin untuk memperlancar peredaran darah

Ekstrak rumput laut dan capsaicin untuk memperlancar peredaran darah
Salah satu penyebab kebotakan atau penipisan rambut adalah sirkulasi kulit kepala yang buruk. Agar tidak menghalangi pertumbuhan rambut, pilihlah bahan-bahan yang dapat memperlancar peredaran darah.
Beberapa nutrisi yang dapat memperlancar peredaran darah antara lain adalah minoxidil, ekstrak rumput laut, capsaicin, serta ginseng. Temukanlah bahan-bahan tersebut dalam produk yang Anda cari.

Seng dan asam amino untuk mempercepat pertumbuhan rambut

Seng dan asam amino untuk mempercepat pertumbuhan rambut
Keratin yang merupakan struktur penyusun rambut, terdiri dari asam amino. Asam amino dapat Anda peroleh dari makanan yang kaya protein. Untuk itu, konsumsilah makanan seperti daging, ikan, telur, dan produk olahan susu agar dapat membantu pertumbuhan rambut Anda.
Di sisi lain, seng merupakan bahan yang sangat penting dalam mengubah asam amino menjadi rambut. Seng banyak terdapat dalam tiram dan hati hewan yang mungkin tidak semua orang suka memakannya. Jika Anda tidak menyukai makanan tersebut, konsumsilah suplemen yang mengandung seng.

Biotin untuk menghasilkan rambut yang lebih tebal

Biotin untuk menghasilkan rambut yang lebih tebal
Biotin atau biasa dikenal dengan vitamin H juga sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Biotin terdapat di dalam makanan, seperti kuning telur, kacang-kacangan, bayam, jamur, dan keju. Untuk membantu pertumbuhan rambut, konsumsilah suplemen yang mengandung biotin.
Selain membantu pertumbuhan rambut, biotin juga membantu menghasilkan rambut yang lebih tebal. Untuk mencukupi kebutuhan biotin setiap hari, Anda membutuhkan biotin sebesar 30-100 mcg. Sementara itu, Anda dapat mengonsumsi biotin sebesar 5.000 mcg per hari untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Berhubung biotin ini termasuk vitamin yang larut dalam air, konsumsi melebihi batas dikatakan minim efek samping. Namun, bila Anda tidak yakin mengenai jumlah biotin yang harus Anda konsumsi, Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter kepercayaan Anda.

Pilih suplemen yang ekonomis dan mudah dikonsumsi

Pilih suplemen yang ekonomis dan mudah dikonsumsi
Hal yang paling penting dalam mengonsumsi suplemen adalah konsumsi berkelanjutan. Hal itu disebabkan suplemen penumbuh rambut adalah suplemen yang tidak langsung berefek. Bahkan, pada sebagian orang mungkin tidak akan terasa efeknya bila tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.
Untuk mengurangi risiko efeknya tidak terasa, pilihlah suplemen dengan harga yang paling ekonomis. Di samping itu, pilihlah suplemen dengan jumlah konsumsi harian sesedikit mungkin untuk mempermudah Anda dalam mengonsumsinya.

10 Rekomendasi suplemen penumbuh rambut terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa suplemen penumbuh rambut. Berbagai suplemen ini dapat dikonsumsi baik oleh pria maupun wanita.
10
Bahan-bahanBiotin 10000 mcg
Jumlah isi100 softgels
Konsumsi harian1 softgels
9
Bahan-bahanBiotin 5.000 mcg
Jumlah isi250 tablet
Konsumsi harian1 tablet
8
Bahan-bahanBiotin 2.500 mcg, capilsana complex, berbagai vitamin, dll
Jumlah isi60 kapsul
Konsumsi harian2 kapsul
7
Bahan-bahanPumpkin seed extract, saw palmetto berry extract, stinging nettle root extract, Pygeum africanum bark extract
Jumlah isi60 kapsul
Konsumsi harian1-2 kapsul
6
Bahan-bahanBiotin, seng, horsetail extract, betacarotene, dll
Jumlah isi60 tablet
Konsumsi harian2 x 1 tablet
5
Bahan-bahanSaw palmetto, Vitis vinifera, phystosterol complex, L-taurine, L-arginine, Panicum miliaceum, fenugreek, panthenol, biotin, zinc oxide
Jumlah isi60 tablet
Konsumsi harian2 tablet
4
Bahan-bahanSeng, saw palmetto extract, lidah buaya, ekstrak teh hijau, L-cysteine, L-methionine, horsetail extract, biotin, dll
Jumlah isi60 kapsul
Konsumsi harian2 kapsul
3
Bahan-bahanVitamin B1, vitamin B5 60 mg, Saccharomyces med. (vigar yeast), L-cystine, keratin, para-aminobenzoic acid
Jumlah isi90 kapsul
Konsumsi harian3 x 1 kapsul
2
Bahan-bahanBiotin, seng, ekstrak daun ginkgo biloba, saw palmetto extract, nettle leaf extract, beta-sitosterol, ekstrak akar ginseng Amerika, dll
Jumlah isi120 tablet
Konsumsi harian2 tablet
1
Bahan-bahanBiotin, hydrolyzed keratin, bamboo extract, collagen hydrolysate
Jumlah isi60 kapsul
Konsumsi harian2 kapsul

Tabel perbandingan produk suplemen penumbuh rambut terbaik

Gambar produk
1
Zhou Hairfluence 1

Zhou

2
FOLIGAIN Stimulating Supplement for Thinning Hair 1

FOLIGAIN

3
Pantogar Capsule 1

4
Hair Maxis 1

5
Innoaesthetics Hair 1

6
Blackmores Nails, Hair & Skin 1

Blackmores

7
Erha Nutraceuticals Follicore Herbal 1

Erha Nutraceuticals

8
Hairfinity Healthy Hair Vitamins 1

Hairfinity

9
Natrol Biotin Fast Dissolve 1

Natrol

10
Puritan’s Pride Biotin 10,000 mcg 1

Puritan’s Pride

Nama produk

Hairfluence

Stimulating Supplement for Thinning Hair

Pantogar Capsule

Hair Maxis

Innoaesthetics Hair

Nails, Hair & Skin

Follicore Herbal

Healthy Hair Vitamins

Biotin Fast Dissolve

Biotin 10,000 mcg

KeunggulanVegetarian? Ini jawabannya ...Atasi kerontokan rambut den...Rambut sehat terlindung dar...Bahan lebih banyak, efek le...Rambut tumbuh lebat, kuat, ...Rambut, kuku, dan kulit mak...Lebih alami dengan bahan-ba...Kandungan kaya asam amino u...Konsumsi suplemen lebih men...Kandungan biotin maksimal d...
HargaRp 425.000,00Rp 409.000,00Rp 972.000,00Rp 415.000,00Rp 600.000,00Rp 192.300,00Rp 419.040,00Rp 600.000,00Rp 214.000,00Rp 145.000,00
Bahan-bahanBiotin, hydrolyzed keratin, bamboo extract, collagen hydrolysateBiotin, seng, ekstrak daun ginkgo biloba, saw palmetto extract, nettle leaf extract, beta-sitosterol, ekstrak akar ginseng Amerika, dllVitamin B1, vitamin B5 60 mg, Saccharomyces med. (vigar yeast), L-cystine, keratin, para-aminobenzoic acidSeng, saw palmetto extract, lidah buaya, ekstrak teh hijau, L-cysteine, L-methionine, horsetail extract, biotin, dllSaw palmetto, Vitis vinifera, phystosterol complex, L-taurine, L-arginine, Panicum miliaceum, fenugreek, panthenol, biotin, zinc oxideBiotin, seng, horsetail extract, betacarotene, dllPumpkin seed extract, saw palmetto berry extract, stinging nettle root extract, Pygeum africanum bark extractBiotin 2.500 mcg, capilsana complex, berbagai vitamin, dllBiotin 5.000 mcgBiotin 10000 mcg
Jumlah isi60 kapsul120 tablet90 kapsul60 kapsul60 tablet60 tablet60 kapsul60 kapsul250 tablet100 softgels
Konsumsi harian2 kapsul2 tablet3 x 1 kapsul2 kapsul2 tablet2 x 1 tablet1-2 kapsul2 kapsul1 tablet1 softgels
Tautan produk

Hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi suplemen penumbuh rambut

Untuk meningkatkan efektivitas suplemen penumbuh rambut, perhatikan hal-hal berikut saat mengonsumsinya.

Konsumsi sesuai dosis untuk menghindari efek samping

Konsumsi sesuai dosis untuk menghindari efek samping
Dibandingkan dengan obat-obatan dan quasi drugs, suplemen merupakan produk dengan efek samping yang relatif rendah. Namun, perhatikan jumlah konsumsinya agar Anda tidak sampai kelebihan dalam mengonsumsinya.
Meskipun nutrisi tersebut sangant penting, kelebihan mengonsumsinya mungkin akan menyebabkan beberapa efek samping. Untuk itu, konsumsilah sesuai dengan dosis yang disarankan pada label suplemen. Lalu, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus memperhatikan alergi Anda terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung di dalam suplemen.

Konsumsi dengan air hangat untuk mengoptimalkan efek suplemen

Konsumsi dengan air hangat untuk mengoptimalkan efek suplemen
Secara umum, 30 menit setelah makan merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Lalu, konsumsi per hari dapat dibagi menjadi pagi, siang, dan malam agar lebih efisien. Jadi, cobalah mengonsumsinya secara rutin sebisa mungkin.
Ada juga teori yang mengatakan bahwa penyerapan bahan-bahan suplemen akan berkurang jika Anda mengonsumsinya bersama kopi atau teh. Karena itu, hindarilah mengonsumsi suplemen dengan minuman lain selain air hangat. Bila Anda sulit mendapatkan air hangat, konsumsilah dengan air biasa ketimbang minuman lainnya.

Baca juga rekomendasi hair tonic dan shampo penumbuh rambut di sini

Agar pertumbuhan rambut lebih maksimal, kami rekomendasikan juga agar Anda menggunakan hair tonic serta shampo penumbuh rambut secara rutin. Silakan simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut.

Kesimpulan

Rata-rata suplemen penumbuh rambut memiliki kandungan yang hampir mirip. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kandungan lengkapnya untuk mendapatkan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan. Anda juga perlu memperhatikan harga serta jumlah konsumsi hariannya. Ingatlah untuk mengonsumsinya sesuai dosis yang sudah ditentukan.
Selain mengonsumsi suplemen penumbuh rambut, Anda juga perlu menggunakan shampo maupun hair tonic untuk membantu pertumbuhan rambut. Semoga Anda merasa terbantu dalam memilih suplemen penumbuh rambut!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    192.749 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    110.557 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    268.579 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    215.442 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    157.824 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    201.270 Views
  • 10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cairan pembersih softlens merupakan salah satu produk esensial untuk para pengguna softlens. Ada banyak merek yang terkenal dengan kelebihannya masing-masing, seperti Complete, Renu Fresh, dan ICE. Setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, pastikan Anda menyesuaikannya dengan softlens yang biasa digunakan.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih beserta cara memilihnya. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    5.643 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori