1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kerontokan rambut sering menjadi permasalahan bagi segala usia. Perbaikan pola makan sering kali tidak cukup membantu pertumbuhan rambut sehingga Anda perlu mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Ada berbagai merek suplemen untuk rambut dengan beragam kandungan di dalamnya, mulai dari Puritan's Pride, Blackmores, Pantogar, dan sebagainya.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara memilih suplemen penumbuh rambut yang bagus. Kami juga akan membahas beberapa bahan serta vitamin yang penting untuk membantu pertumbuhan rambut seperti keratin dan biotin. Ada juga produk yang bisa mengatasi rambut rontok sekaligus menyuburkan dan melebatkan rambut. Yuk, disimak!
Diperbaharui 07-08-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya

Cara memilih suplemen penumbuh rambut

Mungkin Anda merasa sedikit kesulitan dalam memilih suplemen penumbuh rambut. Berikut beberapa tips dari kami untuk memilih suplemen penumbuh rambut yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan

Saat memilih suplemen penumbuh rambut, perhatikanlah bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan suplemen untuk pria dan wanita akan berbeda karena penyebab kebotakannya juga berbeda. Seperti apa bahan-bahan yang perlu diperhatikan? Simak terus pembahasan selanjutnya.

Saw palmetto, membantu mengatasi kondisi androgenetic alopecia (AGA)

Saw palmetto, membantu mengatasi kondisi androgenetic alopecia (AGA)
Androgenetic alopecia (AGA) merupakan bentuk kebotakan yang dapat terjadi, baik pada pria maupun wanita. Pada pria, kondisi ini juga dikenal dengan male pattern baldness yang disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Bahan-bahan seperti finasteride dan saw palmetto sangat efektif mengatasi masalah kebotakan pada pria.

Kebanyakan penyebab kebotakan pada pria di atas usia 30 tahun adalah akibat hormon androgen, yakni dihydrotestoeterone (DHT). Perubahan hormon ini akan memengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Suplemen yang dapat menghambat hormon androgen seperti beta-sitosterol juga dapat Anda pilih.

Bahan vasodilator, memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala

Bahan vasodilator, memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala

Salah satu penyebab kebotakan atau penipisan rambut adalah sirkulasi darah kulit kepala yang buruk. Agar tidak menghalangi pertumbuhan rambut, pilihlah bahan-bahan yang dapat memperlancar peredaran darah. Beberapa nutrisi yang dapat memperlancar peredaran darah antara lain adalah minoxidil, capsaicin, serta ginseng. Temukanlah bahan-bahan tersebut dalam produk yang Anda cari.

Seng dan asam amino, mendukung dan mempercepat pertumbuhan rambut

Seng dan asam amino, mendukung dan mempercepat pertumbuhan rambut
Keratin, yang merupakan struktur penyusun rambut, terdiri dari asam amino. Asam amino dapat Anda peroleh dari makanan yang kaya protein. Untuk itu, konsumsilah makanan seperti daging, ikan, telur, dan produk olahan susu agar dapat membantu pertumbuhan rambut Anda.

Di sisi lain, seng atau zinc merupakan bahan yang sangat penting dalam mengubah asam amino menjadi rambut. Seng banyak terdapat dalam tiram dan hati hewan yang mungkin tidak semua orang suka memakannya. Jika Anda tidak menyukai makanan tersebut, konsumsilah suplemen yang mengandung seng.

Biotin, menghasilkan rambut yang lebih tebal

Biotin, menghasilkan rambut yang lebih tebal
Biotin atau biasa dikenal dengan vitamin H juga sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Bahan makanan, seperti kuning telur, kacang-kacangan, bayam, jamur, dan keju, memiliki kandungan biotin. Namun, untuk membantu pertumbuhan rambut, konsumsilah suplemen yang mengandung biotin sebagai pendukung.

Selain membantu pertumbuhan rambut, biotin juga membantu menghasilkan rambut yang lebih tebal. Untuk mencukupi kebutuhan biotin setiap hari, Anda membutuhkan biotin sebanyak 30–100 mcg. Sementara itu, Anda dapat mengonsumsi 5.000 mcg biotin per hari untuk mempercepat pertumbuhan rambut.


Berhubung biotin termasuk vitamin yang larut dalam air, konsumsi melebihi batas dikatakan minim efek samping. Namun, bila Anda tidak yakin mengenai jumlah biotin yang harus Anda konsumsi, Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter kepercayaan Anda.

② Prioritaskan suplemen yang ekonomis dan mudah dikonsumsi

Prioritaskan suplemen yang ekonomis dan mudah dikonsumsi
Hal yang paling penting dalam mengonsumsi suplemen adalah konsumsi berkelanjutan. Hal itu disebabkan suplemen penumbuh rambut adalah suplemen yang tidak langsung berefek. Bahkan, pada sebagian orang mungkin tidak akan terasa efeknya bila tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

Untuk mengurangi risiko efeknya tidak terasa, pilihlah suplemen dengan harga yang masih dalam jangkauan bujet belanja Anda. Di samping itu, pilihlah suplemen dengan jumlah konsumsi harian sesedikit mungkin untuk mempermudah Anda dalam mengonsumsinya.

10 Rekomendasi suplemen penumbuh rambut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen penumbuh rambut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin

Puritan’s Pride

Biotin 10,000 mcg

Puritan’s Pride Biotin 10,000 mcg 1枚目

Kandungan biotin maksimal dan cepat diserap tubuh

Blackmores

Nails, Hair & Skin

Blackmores Nails, Hair & Skin 1枚目

Rambut, kuku, dan kulit makin sehat bersamaan? Bisa dengan produk ini!

Zhou Nutrition

Hairfluence Premium Hair Suppport Formula

Zhou Nutrition Hairfluence Premium Hair Suppport Formula 1枚目

Anda seorang vegetarian? Inilah suplemen rambut untuk Anda!

Marcyrl

Pantogar Capsule

Marcyrl Pantogar Capsule 1枚目

Rambut sehat terlindung dari sinar UV

Green Angelica

Saw Palmeto (Suplement Penumbuh Rambut)

Green Angelica Saw Palmeto (Suplement Penumbuh Rambut) 1枚目

Mengurangi risiko kebotakan dengan mencegah kerontokan makin parah

Erha Nutraceuticals

Follicore Herbal

Erha Nutraceuticals Follicore Herbal 1枚目

Lebih alami dengan suplemen rambut rontok berbahan herbal

NutriLabs

Saw Palmetto 500 mg

NutriLabs Saw Palmetto 500 mg 1枚目

Merawat keindahan rambut sekaligus kelenjar reproduksi pria

FOLIGAIN

Stimulating Supplement for Thinning Hair

FOLIGAIN Stimulating Supplement for Thinning Hair 1枚目

Atasi kerontokan rambut dengan mengatur hormon androgen

Hairfinity

Healthy Hair Vitamins

Hairfinity Healthy Hair Vitamins 1枚目

Kandungan kaya asam amino untuk hair booster Anda

Natrol

Biotin Extra Strength

Natrol Biotin Extra Strength 1枚目

Konsumsi suplemen lebih menyenangkan dengan rasa stroberi

Perincian produk
Close

Puritan’s PrideBiotin 10,000 mcg

Mulai dari Rp171.667,00

Kandungan biotin maksimal dan cepat diserap tubuh

Suplemen penumbuh rambut dari Puritan’s Pride ini memiliki kandungan biotin yang cukup banyak, yaitu 10.000 mcg. Teknologi rapid release membuat biotin di dalamnya lebih cepat diserap oleh tubuh. Hal tersebut membuat Anda bisa lebih cepat merasakan manfaat produk ini.

Tidak hanya rambut yang akan tumbuh subur, kulit dan kuku Anda pun akan lebih sehat dengan mengonsumsi suplemen ini. Bagi Anda yang tidak sabaran dan ingin segera membuktikan khasiat biotin sepertinya akan cocok dengan produk ini.

BlackmoresNails, Hair & Skin

Mulai dari Rp240.878,00

Rambut, kuku, dan kulit makin sehat bersamaan? Bisa dengan produk ini!

Bila Anda membutuhkan suplemen rambut yang tidak hanya dapat menyehatkan rambut, tetapi juga kuku dan kulit secara bersamaan, produk ini layak dijadikan pilihan. Kandungan biotinnya akan mencegah kerusakan kutikula pada kuku dan rambut. Sementara itu, vitamin C yang berperan sebagai antioksidan akan menjaga kecantikan kulit Anda. 


Selain itu, terdapat pula kandungan zinc untuk merawat kesehatan rambut, kuku, dan kulit Anda sekaligus! Dengan harga yang terbilang terjangkau untuk manfaat selengkap ini, Anda bisa dengan mudah mengonsumsinya dalam jangka panjang.

Zhou NutritionHairfluence Premium Hair Suppport Formula

Mulai dari Rp322.426,00

Anda seorang vegetarian? Inilah suplemen rambut untuk Anda!

Kapsul yang biasa digunakan untuk suplemen kebanyakan terbuat dari gelatin sehingga kurang ramah bagi vegetarian. Untuk Anda para vegetarian, suplemen yang satu ini menggunakan selulosa dari tumbuhan sebagai bahan kapsulnya. Sangat ramah untuk Anda yang vegetarian, bukan?

Suplemen ini mengandung collagen hydrolysate yang tidak hanya membantu pertumbuhan rambut, tetapi juga menjaga elastisitas rambut Anda. Selain itu, collagen hydrolysate ini juga menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga nutrisi dapat diserap dengan lebih baik oleh tubuh.

MarcyrlPantogar Capsule

Mulai dari Rp972.000,00

Rambut sehat terlindung dari sinar UV

Suplemen ini cocok untuk Anda yang sangat aktif dengan kegiatan di luar ruangan. Selain mengatasi kerontokan rambut, kandungan keratin di dalamnya juga menjaga struktur rambut serta menjaganya dari radiasi UV.

Mungkin terdengar aneh untuk Anda jika ada khamir yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Namun, vigar yeast merupakan khamir yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Seluruh kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut serta menjaga kesehatan kulit kepala Anda.

Green AngelicaSaw Palmeto (Suplement Penumbuh Rambut)

Mulai dari Rp230.000,00

Mengurangi risiko kebotakan dengan mencegah kerontokan makin parah

Rambut sangat berpengaruh pada penampilan seseorang sehingga disebut sebagai mahkota. Bila Anda sedang dirundung kekhawatiran mengenai kondisi mahkota tersebut, pilih produk dari Green Angelica berikut ini. 


Kandungan saw palmetto di dalamnya akan membantu merangsang dan mempercepat petumbuhan rambut. Suplemen ini pun diklaim mampu memblokir hormon DHT yang memicu kerontokan rambut. Dengan rambut yang cepat tumbuh dan subur, risiko kebotakan di masa mendatang pun dapat dikurangi.

Erha NutraceuticalsFollicore Herbal

Mulai dari Rp246.400,00

Lebih alami dengan suplemen rambut rontok berbahan herbal

Untuk Anda yang lebih menyukai suplemen dengan bahan herbal, Follicore Herbal dari Erha Nutraceuticals ini sebaiknya Anda coba. Produk ini diklaim sebagai suplemen berbahan alami yang membantu mengurangi kerontokan rambut karena faktor hormon genetik.

Kombinasi bahan herbal yang melimpah pada produk ini bekerja sebagai antioksidan yang akan membantu merangsang pertumbuhan rambut. Dengan produk berbahan alami, Anda tentu lebih bebas worry!

NutriLabsSaw Palmetto 500 mg

Mulai dari Rp140.000,00

Merawat keindahan rambut sekaligus kelenjar reproduksi pria

Menurut penelitian ilmiah, kebotakan lebih sering ditemukan pada pria daripada wanita. Hal tersebut karena pria memproduksi hormon DHT lebih banyak daripada wanita. Untuk menanggulanginya, konsumsilah suplemen dengan khasiat mencegah kerontokan dan menambah ketebalan rambut dengan memblokir hormon pemicunya.


Nah, bila Anda seorang pria yang peduli pada kesehatan dan keindahan rambut, pilihlah produk ini. Mengapa produk ini lebih dianjurkan untuk dikonsumsi pria? Hal itu karena selain merawat rambut, produk ini juga diklaim mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat. Rambut sehat, kesehatan reproduksi pria pun lebih terjaga.

FOLIGAINStimulating Supplement for Thinning Hair

Mulai dari Rp365.567,00

Atasi kerontokan rambut dengan mengatur hormon androgen

Jika Anda mengalami kerontokan rambut akibat hormon DHT, suplemen ini sangat pas untuk Anda. Formulanya diracik oleh para ahli untuk membantu Anda kembali mendapatkan rambut indah yang Anda idamkan.

Tidak hanya mengandung saw palmetto extract, suplemen ini juga mengandung beta-sitosterol yang akan menghambat hormon androgen. Di samping itu, berbagai kandungan lainnya seperti ekstrak akar ginseng serta biotinnya akan membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat dan sehat.

HairfinityHealthy Hair Vitamins

Mulai dari Rp366.153,00

Kandungan kaya asam amino untuk hair booster Anda

Dalam produk ini terkandung Capilsana Complex yang merupakan campuran dari hydrolyzed collagen, methylsulfonylmethane (MSM), horsetail, dan silika. Keempat kandungan ini kaya akan asam amino yang akan membantu pertumbuhan rambut Anda.

Formula tersebut didukung dengan niacin yang berfungsi melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Ada pula pantothenic acid yang akan memastikan folikel rambut tumbuh dengan lebih kuat. Inilah produk yang sangat cocok bila Anda membutuhkan booster untuk rambut sehat dan kuat!

NatrolBiotin Extra Strength

Mulai dari Rp205.166,00

Konsumsi suplemen lebih menyenangkan dengan rasa stroberi

Suplemen biotin dari Natrol ini adalah solusi untuk Anda yang kesulitan menelan tablet dengan bantuan air. Anda cukup mengulum suplemen ini untuk mengonsumsinya. Setiap tablet rasa stroberinya akan cepat larut di dalam mulut.


Suplemen ini pun tentu akan cocok untuk Anda yang sering bepergian. Anda tidak perlu lagi menyediakan air untuk mengonsumsinya sehingga suplemen bisa dikonsumsi dalam keadaan apa pun.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi suplemen penumbuh rambut

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi suplemen penumbuh rambut

Suplemen penumbuh rambut mengandung bahan-bahan yang mendukung pertumbuhan rambut Anda. Namun, dosis dan cara mengonsumsinya pun harus sesuai aturan agar hasilnya sesuai harapan. Untuk meningkatkan efektivitas suplemen penumbuh rambut, perhatikan hal-hal berikut.


  • Konsumsi suplemen sesuai dengan dosis yang disarankan oleh produsen

Suplemen merupakan produk dengan efek samping yang relatif rendah. Dalam dosis yang kurang, khasiat suplemen tidak akan optimal. Sementara itu, dalam dosis yang berlebihan, barangkali suplemen malah akan menyebabkan beberapa efek samping.


  • Pastikan suplemen tidak mengandung bahan-bahan yang memicu alergi

Hal ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap bahan tertentu. Cek dan amati label produk dengan saksama untuk memastikan komposisinya. Jangan sampai suplemen malah menimbulkan masalah kesehatan lain bagi Anda.


  • Minum suplemen secara teratur dan pada saat yang tepat

Secara umum, 30 menit setelah makan merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Lalu, konsumsi per hari dapat dibagi menjadi pagi, siang, dan malam agar lebih efisien. Sebisa mungkin, cobalah mengonsumsinya secara rutin.


  • Perhatikan jenis carian yang digunakan untuk mengonsumsi suplemen

Ada juga teori yang mengatakan bahwa penyerapan bahan-bahan suplemen akan berkurang jika Anda mengonsumsinya bersama kopi atau teh. Karena itu, hindarilah mengonsumsi suplemen dengan minuman lain selain air hangat atau minimal air bersuhu ruang.

Baca juga rekomendasi produk perawatan untuk menumbuhkan rambut di sini

Agar pertumbuhan rambut lebih maksimal, kami rekomendasikan juga agar Anda menggunakan produk perawatan rambut secara rutin. Terdapat produk hair tonic, sampo, serta serum penumbuh agar rambut tumbuh subur dan indah. Silakan simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan suplemen rambut yang sesuai kebutuhan? Ketahuilah bahwa suplemen rambut saja tidak bisa mengobati kerontokan. Namun, formula suplemen yang tepat dan asupan vitamin serta mineral bisa meningkatkan sirkulasi darah kulit kepala. Hal tersebut akan membantu pertumbuhan dan memperkuat rambut.

Selain mengonsumsi suplemen penumbuh rambut, dukung dengan produk penumbuh rambut lainnya. Terapkan pula pola hidup sehat agar rambut tumbuh dengan indah. Semoga Anda terbantu dalam memilih suplemen penumbuh rambut!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer