10 Rekomendasi Seat Belt Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Cover Seat Belt Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Seat belt merupakan alat yang penting untuk keselamatan berkendara. Namun, sebagian orang tidak suka mengencangkan sabuk pengaman pada leher, dada, dan perut karena merasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya, kami merekomendasikan penggunaan seat belt cover agar tekanan sabuk pada tubuh bisa dikurangi.

Seat belt cover tersedia dalam desain beragam, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Agar semakin memahami kegunaannya, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin cara memilih seat belt cover sekaligus memperkenalkan produk-produk terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih seat belt cover mobil

Apakah yang menjadi standar dalam memilih seat belt cover? Pada bagian ini kami akan menjelaskan beberapa poin ringkas untuk memilih seat belt cover.

Pilih berdasarkan materialnya

Seat belt cover yang dijual di toko online Indonesia terdiri dari beberapa jenis material, seperti katun, mesh, kulit dan lain sebagainya. Apa saja karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing jenis material? Mari simak penjelasannya!

Pilih bahan katun, handuk, atau fleece yang lembut di kulit

Pilih bahan katun, handuk, atau fleece yang lembut di kulit

Bagi Anda yang mementingkan sensasi yang dirasakan saat seat belt cover bersentuhan dengan kulit, pilihlah yang bahannya lembut, seperti katun, handuk, atau fleece.

Masyarakat di Indonesia yang memiliki iklim tropis umumnya mengenakan pakaian tipis. Sabuk pengaman akan bersentuhan langsung dengan leher atau bagian tubuh lainnya. Hal ini akan berpotensi menimbulkan iritasi atau kulit merah akibat gesekan. Anda dapat meminimalkan hal ini dengan menggunakan seat belt cover berbahan lembut.

Sementara itu, material cover yang tebal memiliki keunggulan bisa berperan sebagai bantalan. Cover semacam ini bisa membantu Anda merasa tetap nyaman, terutama untuk perjalanan panjang.

Pilih material mesh agar kulit dapat bernapas optimal

Pilih material mesh agar kulit dapat bernapas optimal

Apabila Anda mencari seat belt cover yang bahannya tidak membuat gerah agar lebih nyaman dikenakan, pilihlah produk yang menggunakan material mesh.

Berbeda dengan orang dewasa, umumnya anak-anak memiliki suhu tubuh lebih tinggi. Oleh karena itu, material seat belt cover yang memerangkap panas tubuh bisa menyebabkan anak berkeringat atau masalah lainnya. Bahan yang terbuat dari mesh cenderung breathable dan memungkinkan sirkulasi udara lebih baik. Dengan demikian, Anda dapat mengenakan sabuk pengaman dengan nyaman.

Ingin tampil classy? Pilih material kulit asli atau sintetis

Ingin tampil classy? Pilih material kulit asli atau sintetis

Seat belt cover biasanya dipasangkan pada bagian leher dan dada. Dengan demikian, cover tersebut akan selalu terlihat oleh mata Anda. Apabila Anda ingin memberikan kesan mewah dan menyesuaikannya dengan interior mobil, pilihlah seat belt cover yang terbuat dari bahan kulit. Namun, material kulit membutuhkan perawatan rutin menggunakan sikat atau minyak khusus supaya tidak retak atau kotor. Bagi yang ingin praktis dan hemat waktu, Anda bisa memilih produk kulit sintesis sebagai alternatif.

Saat ini terdapat beragam produk kulit sintetis berkualitas tinggi mirip dengan kulit asli. Untuk tampilan yang fashionable dan classy, Anda dapat memilih seat belt cover dengan bahan kulit berkualitas tinggi.

Perhatikan tipenya

Seat belt cover terbagi menjadi dua jenis, yaitu tipe panjang dan ramping (slim type) agar tidak mengenai bahu, dan tipe besar (large type) untuk meminimalkan tekanan pada dada dan perut. Kenalilah masing-masing perbedaannya berdasarkan penjelasan berikut.

Slim type: meminimalkan gesekan dan tekanan pada bahu

Slim type: meminimalkan gesekan dan tekanan pada bahu

Seat belt cover bertipe panjang dan ramping adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengurangi tekanan maupun gesekan pada bahu. Tipe ini umumnya menggunakan perekat berupa velcro yang mudah dipasang dan dicopot. Seat belt cover jenis ini biasanya dijual sepasang dengan harga cukup terjangkau.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum membeli tipe ini adalah memastikan ukuran lebar dan panjangnya saat dipasang. Apabila terlalu lebar, cover akan longgar dan tidak terpasang pas pada sabuk pengaman sehingga mudah merosot. Sementara jika ukurannya terlalu pendek, panjangnya tidak akan mencukupi bagian sabuk yang perlu ditutupi. Agar tidak salah dalam membeli, pastikan terlebih dahulu ukurannya dengan cermat.

Large type: ideal untuk anak-anak yang tidak suka seat belt 

Large type: ideal untuk anak-anak yang tidak suka seat belt

Tipe cover berukuran besar seperti ini direkomendasikan untuk pemakaian pada anak-anak yang tidak suka memakai sabuk pengaman. Seat belt mengakibatkan tekanan pada bagian bahu, dada, dan perut sehingga mungkin terasa kurang nyaman bahkan bagi orang dewasa.

Badan anak-anak yang tidak setinggi badan orang dewasa menyebabkan sulitnya mengatur posisi sabuk pengaman dengan baik. Ketika Anda mengencangkan sabuk pengaman pada anak, hal ini mungkin malah menekan lehernya. Bahkan mungkin ada juga anak-anak yang menangis dan mencoba melepaskan diri dari celah sabuk pengaman karena merasa tidak nyaman.

Cover berukuran besar bisa digunakan untuk meminimalkan rasa tak nyaman semacam itu. Dibanding dengan slim type, tipe ini memiliki permukaan yang lebar sehingga bisa mengurangi tekanan pada dada dan perut sekaligus memungkinkan Anda menyetel posisi sabuk pengaman agar tidak menekan bagian leher anak-anak.

Selain anak-anak, tentu saja orang dewasa juga bisa memakainya. Namun, proses melepaskan sabuk akan sedikit lebih sulit dibandingkan saat menggunakan cover yang ramping.

Pilih desain yang sesuai dengan interior mobil

Pilih desain yang sesuai dengan interior mobil

Fungsi utama seat belt cover adalah menjadikan berkendara mobil lebih nyaman. Selain dari fungsi tersebut, desain yang eye-catching tentu dapat membuat suasana berkendara lebih menyenangkan. Desain cover untuk sabuk pengaman sangat beragam, di antaranya Japanese design, motif bunga, logo design, dan sebagainya. Pilihlah desain seat belt cover sesuai dengan interior mobil Anda.

Beberapa seat belt cover bahkan tersedia satu set dengan cushion-nya agar serasi. Apabila Anda ingin memadukan dan memadankan interior mobil, produk satu set semacam ini bisa dipertimbangkan.

10 Rekomendasi seat belt cover mobil terbaik

Setelah memahami bagaimana cara memilih cover yang tepat untuk sabuk pengaman mobil, pada bagian ini kami akan memberikan sepuluh produk terbaik pilihan. Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan serasi dengan interior mobil Anda. Jangan sampai salah pilih, ya!

10. Sarung Sabuk Pengaman Kartun Hewan Bantal

10. Sarung Sabuk Pengaman Kartun Hewan Bantal 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 393.000

Dual fungsi sekali beli, cover sekaligus bantal imut!

Seat belt cover dengan karakter binatang lucu ini cocok untuk digunakan oleh anak-anak. Ukurannya tergolong besar, yaitu 23 x 50 cm, dan bentuknya tidak mudah berubah sehingga dapat menyangga kepala dan leher anak jika tertidur saat berkendara. Karena produk ini mudah dipasang dan dicopot, anak Anda juga dapat menggunakannya sebagai bantal tidur di rumah.

Sarung sabuk pengaman ini terbuat dari material katun berkualitas tinggi dan dapat dicuci dengan mudah secara reguler. Terdapat empat pilihan motif yang pasti disukai anak laki-laki maupun perempuan, seperti bear, bunny, lion dan fox.

Material utama Katun
Pilihan warna Multicolors
Isi satu set 1 buah

9. Sparco Corsa Seat Belt Pads Set Black With Patch SPC1205RD Red

9. Sparco Corsa Seat Belt Pads Set Black With Patch SPC1205RD Red

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 139.000

Bantalan ekstra supaya berkendara semakin nyaman

Sparco merupakan produsen suku cadang dan aksesori kendaraan asal Italia yang sering menjadi sponsor ajang balap mobil. Nuansa balap pun terlihat pada produk seat belt cover warna merahnya ini sehingga akan memberikan kesan interior mobil yang maskulin. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan bantalan ekstra agar Anda semakin nyaman dalam berkendara.

Bantalannya sendiri terbuat dari 100% poliester yang mudah dibersihkan, dengan ukuran 24 x 6,5 cm supaya dapat meminimalkan gesekan pada kulit. Sementara itu, proses penyetelan cover ke sabuk relatif mudah dan cepat berkat sistem hook & loop closure. Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan ekstra dan melengkapi interior mobil ala racer, produk ini bisa menjadi pilihan.

Material utama Poliester
Pilihan warna Merah
Isi satu set 2 buah

8. Sarung Sabuk Pengaman Mobil Empuk

8. Sarung Sabuk Pengaman Mobil Empuk

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 29.000

Satu sarung untuk dada, satu untuk perut, agar bebas dari sabuk yang menekan

Pernah merasakan sakit pada dada dan perut saat terus-menerus memakai seat belt ketika menempuh perjalanan jauh? Produk yang satu ini mungkin cocok untuk Anda! Jika pada umumnya seat belt cover hanya menutupi bagian dada, satu set seat belt cover ini terdiri dari dua bagian dengan ukuran cukup panjang untuk menutupi hingga bagian perut.

Bahan poliesternya halus dan empuk sehingga dapat meminimalkan tekanan pada dada maupun perut. Seat belt cover ini berukuran universal sehingga mudah dipasang dan dapat digunakan untuk semua jenis sabuk pengaman pada mobil. Tersedia dalam tiga pilihan warna, produk ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mix and match dengan interior mobil.

Material utama Poliester
Pilihan warna Merah, hitam, biru
Isi satu set 2 buah (1 untuk bagian dada, 1 untuk bagian perut)

7. G-Speed PR-19

7. G-Speed PR-19

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 145.000

Tekstur seperti carbon fiber untuk tampilan interior mobil yang lebih sporty

G-Speed PR-19 diproduksi dengan material yang memiliki tekstur menyerupai carbon fiber sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan interior mobil lebih sporty. Produk dari Taiwan ini menggunakan material sintetis yang empuk dan dapat meredam guncangan untuk memberikan kenyamanan yang maksimal pada bahu dan dada.

Material utama Sintetis
Pilihan warna Hitam
Isi satu set 2 buah

6. Sarung Sabuk Pengaman Kulit

6. Sarung Sabuk Pengaman Kulit

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 99.999

Pilihan untuk Anda yang simpel!

Untuk Anda yang kurang menyukai desain yang ramai, mungkin Anda bisa memilih produk ini. Warna cokelat polos pada produk ini akan menjadikan tampilan interior mobil Anda menjadi lebih simpel, tetapi tetap bergaya. Sementara itu, bahannya yang empuk membuat berkendara menjadi lebih nyaman.

Dari segi fungsi, sabuk pengaman ini memiliki ukuran panjang 22,5 cm dan lebar 8 cm. Dengan ukuran tersebut, seat belt cover mampu menutupi bagian leher dan dada. Jadi, Anda dapat meminimalkan gesekan antara kulit dengan sabuk pengaman.

Material utama Synthetic leather
Pilihan warna Cokelat, merah, hitam
Isi satu set 2 buah, 1 buah. Cover, pad masing-masing 1

5. Sarung Sabuk Pengaman Wol

5. Sarung Sabuk Pengaman Wol

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 35.000

Keren juga dipakai sebagai cover tali tas, lho!

Sarung untuk sabuk pengaman yang satu ini memiliki bulu yang lembut untuk memberikan bantalan pada bahu Anda dengan nyaman. Kilauan bulu-bulunya akan membuat interior mobil jadi lebih stylish dan mewah. Meskipun bagian luarnya terbuat dari bulu, produk ini tidak terkesan bulky yang mungkin saja berpotensi menganggu penglihatan saat mengemudi.

Proses pemasangannya juga sangat simpel dan cepat berkat peranti velcronya. Anda juga tidak perlu khawatir karena begitu terpasang, cover ini akan mencengkam sabuk pengaman dengan kencang. Dengan ukuran panjang 27 cm, produk ini juga bisa dipasangkan pada tali tas untuk mengurangi rasa sakit pada bahu.

Material utama Kulit domba
Pilihan warna Tidak disebutkan
Isi satu set 2 buah

4. Momo Italy

4. Momo Italy

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.700

Busa empuk buat nyaman berkendara lama

Seat belt cover Momo Italy memiliki kelebihan mampu memberikan kenyamanan dengan mengurangi tekanan sabuk pengaman pada tubuh. Hal ini dikarenakan teksturnya yang halus dan lembut, serta busanya yang empuk di kulit. Pas untuk Anda yang sering berkendara dalam jangka waktu lama.

Material utama Poliester
Pilihan warna Hitam
Isi satu set 2 buah, 1 buah. Cover, pad masing-masing 1

3. Seat Belt Cover Baby Kids

3. Seat Belt Cover Baby Kids

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 13.000

Ukurannya yang besar membuat nyaman si buah hati

Seat belt cover ini didesain untuk menopang tidak hanya leher dan dada, tetapi juga perut. Dengan menggunakan cover ini, tekanan dari sabuk pengaman ke tubuh dapat dikurangi. Meskipun produk ini dapat digunakan untuk segala jenis usia, tetapi yang paling cocok adalah dikenakan oleh anak-anak.

Pemasangan cover ke sabuk pengaman sangatlah mudah, Anda tinggal mengancingkan pad pada sabuk pengaman yang sudah dikaitkan ke tubuh. Produk ini memiliki tiga varian warna cerah, yaitu blue, pink, red, yang akan membuat si buah hati tambah senang memakainya.

Material utama Mesh
Pilihan warna Blue, pink, red
Isi satu set 2 buah

2. Seat Belt Cover 5 in 1

2. Seat Belt Cover 5 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 80.000

5 in 1 cover untuk tampilan interior lebih fashionable

Jika Anda merupakan pribadi yang fashionable, dan ingin memadukan serta memadankan interior mobil agar tampil lebih maksimal, produk 5 in 1 adalah pilihannya. Dengan membayar satu harga, Anda akan mendapatkan tidak hanya dua seat belt cover, tetapi juga tiga sarung lainnya, yaitu sarung untuk persneling, rem tangan, dan kaca spion.

Material utama Tidak disebutkan
Pilihan warna Hitam-merah, hitam-putih
Isi satu set 2 buah seat belt cover + 3 buah bonus sarung untuk kegunaan lainnya

1. Sarung Sabuk Pengaman Kartun Hewan

1. Sarung Sabuk Pengaman Kartun Hewan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 77.0000

Bentuk hewan lucu supaya anak tidak bosan di perjalanan

Sarung sabuk pengaman dengan karakter yang lucu ini cenderung disukai oleh anak-anak. Dengan mengenakan seat belt cover desain hewan ini, kegiatan berkendara tentu menjadi lebih menyenangkan bagi mereka. Produk ini dibuat menggunakan bahan kain katun kualitas tinggi yang lembut, tahan lama, serta mudah dibersihkan.

Berkat desain hoop and loop pada cover-nyaproses pasang copot pada sabuk menjadi sangat gampang. Selain dapat digunakan sebagai cover sabuk pengaman mobil, Anda juga dapat menggunakan produk ini sebagai children seat cover, maupun baby stroller.

Material utama Cotton cloth + Lint
Pilihan warna Hitam, cokelat, biru
Isi satu set 1 buah

Baca juga rekomendasi aksesori mobil lainnya di sini!

Selain seat belt cover yang telah kami bahas dalam artikel ini, Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan aksesori mobil lainnya. Ayo, modifikasi interior mobil Anda agar lebih fashionable dan memberikan kenyamanan yang optimal saat berkendara! Silakan baca penjelasan lebih lanjut mengenai seat cushion untuk mobil pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai pembahasan sepuluh seat belt cover yang kami pilihkan dalam artikel kali ini? Penggunaan sarung sabuk pengaman yang tepat bisa berdampak besar pada tingkat kenyamanan berkendara, lho!

Apabila Anda termasuk orang yang cenderung mementingkan desain, membeli seat belt dengan bonus cushion yang serasi juga bisa dijadikan pertimbangan. Pilihlah produk dengan memperhatikan material dan bentuknya, serta sesuaikanlah dengan selera dan juga budget Anda.