• 10 Pelembap Terbaik yang Mengandung Ceramide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Pelembap Terbaik yang Mengandung Ceramide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Pelembap Terbaik yang Mengandung Ceramide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Pelembap Terbaik yang Mengandung Ceramide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Pelembap Terbaik yang Mengandung Ceramide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Pelembap Terbaik yang Mengandung Ceramide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Skin barrier yang rusak akan menimbulkan berbagai masalah, contohnya kulit kering dan dehidrasi. Salah satu cara untuk menjaga dan memperbaiki skin barrier adalah dengan menggunakan skincare berupa moisturizer yang mengandung ceramide. Cukup banyak merek pelembap ceramide yang terkenal, seperti CeraVe, Ceradan, dan COSRX.

Beberapa merek, yaitu Aubree Skin, BHUMI, dan Somethinc juga menawarkan pelembap yang mengandung ceramide. Untuk itu, kami akan membahas tips memilih pelembap dengan kandungan ceramide yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Ana Rahmawati
  • Pembaharuan terakhir: 29 Oktober 2021
  • 115.151 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati, SpKK
dr. Ana Rahmawati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ana Rahmawati

dr. Ana Rahmawati adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin dan anggota PERDOSKI cabang Denpasar, Bali. Saat ini, beliau praktik di Quantum Klinik, MOII Aesthetic Umalas, dan praktik pribadi di PIP RENON, Denpasar.


dr. Ana rutin sharing tentang edukasi kulit dan kelamin melalui Instagram sebagai kesehariannya di dunia kesehatan. Anda dapat mengakses konten edukasi dari beliau di Instagram-nya.

Apa itu ceramide?

Apa itu ceramide?

Ceramide adalah lemak alami yang dihasilkan oleh kulit dan membentuk lapisan terluar kulit. Sekitar 50% kulit manusia terdiri dari ceramide. Selain ceramide alami, ada juga ceramide sintetis yang banyak ditemukan dalam kandungan produk kecantikan. Ceramide memiliki banyak manfaat bagi kulit, beberapa di antaranya adalah melindungi kulit dan mempertahankan kelembapannya.


Dibandingkan dengan collagen dan hyaluronic acid, ceramide mampu mempertahankan kelembapan di lapisan terluar kulit (stratum corneum) lebih lama. Namun, kandungan ceramide di kulit akan berkurang seiring bertambahnya usia dan beberapa faktor lain. 


Saat kandungan ceramide di kulit berkurang, skin barrier bisa rusak dan menimbulkan berbagai masalah di kulit. Contoh masalah kulit yang muncul akibat rusaknya skin barrier adalah kulit kering dan kusam. Untuk mengatasi masalah tersebut, sangat disarankan menggunakan pelembap yang mengandung ceramide.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelembap yang mengandung ceramide

Berikut ini akan kami paparkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pelembap yang mengandung ceramide. Silakan simak dengan saksama beberapa tipsnya berikut ini!

Tentukan tekstur yang sesuai dengan tipe kulit

Tekstur pelembap ada beragam macamnya, mulai dari gel hingga cream. Apabila Anda memilih tekstur yang tidak sesuai dengan tipe kulit, hasilnya akan terasa kurang maksimal. Maka dari itu, Anda perlu menentukan tekstur pelembap yang tepat untuk kulit Anda.

Lotion: Untuk kulit normal dan kombinasi

Lotion: Untuk kulit normal dan kombinasi

Sekilas, pelembap dengan tekstur lotion terlihat mirip dengan pelembap bertekstur cream. Namun, pelembap bertekstur lotion agak cair dan kandungan minyak di dalamnya lebih sedikit daripada pelembap cream. Moisturizer lotion mudah meresap di kulit, tetapi terasa sedikit berminyak setelah diaplikasikan. Pelembap dengan tekstur ini cocok digunakan untuk kulit normal cenderung berminyak dan kombinasi.

Cream: Efektif menghidrasi kulit yang kering

Cream: Efektif menghidrasi kulit yang kering

Ceramide sangat mudah larut jika dibuat dalam bentuk cream. Pelembap bertekstur cream biasanya mengandung minyak yang cukup tinggi sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik. Karena itu, pelembap ceramide dengan tekstur ini direkomendasikan untuk kulit kering yang butuh kelembapan ekstra.


Pelembap ceramide bertekstur cream memang cenderung terasa lebih berat dan rich dibandingkan dengan tekstur gel dan lotion. Meskipun begitu, ceramide moisturizer cream tetap ramah di kulit.

Gel: Cocok bagi kulit berminyak dan berjerawat

Gel: Cocok bagi kulit berminyak dan berjerawat

Pelembap bertekstur gel dibuat dengan bahan dasar air sehingga terasa ringan dan mudah menyerap. Pelembap dengan tekstur ini berfungsi untuk menetralkan wajah dari produksi sebum berlebih. Selain itu, pelembap gel juga tidak memberikan kesan berminyak di permukaan kulit.


Residu yang dihasilkan pun hanya sedikit sehingga tidak menyumbat pori-pori. Karena beberapa alasan tersebut, pelembap ceramide dengan tekstur gel cocok digunakan oleh si kulit berminyak dan berjerawat.

Untuk melembapkan kulit wajah, pilih ceramide human type

Untuk melembapkan kulit wajah, pilih ceramide human type
Secara umum, ceramide dibagi menjadi empat kategori, yakni human type, natural type, plant type, dan similar type. Saat memilih pelembap, pilihlah yang mengandung human type ceramide. Human type ceramide adalah ceramide yang dibuat menggunakan ragi. Namun, human type ceramide memiliki struktur yang mirip dengan ceramide yang dihasilkan kulit manusia.

Kulit akan merasa familier dengan karakteristik human type ceramide. Karena itu, human type ceramide bagus untuk melembapkan kulit dan tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, tipe ceramide lainnya kurang efektif dijadikan pelembap bila dibandingkan dengan yang human type. Jadi, sebisa mungkin pilihlah pelembap dengan kandungan human type ceramide.


Beberapa human type ceramide yang kerap dimasukkan dalam kosmetik adalah ceramide 1, 2, 3, 5, dan 6 II. Namun, ceramide 2 adalah tipe yang agak sensitif untuk kulit. Selain memilih human type secara umum, perhatikan juga tipe human type-nya secara spesifik.

Periksa jumlah kandungan ceramide yang ada di dalamnya

Periksa jumlah kandungan ceramide yang ada di dalamnya
Banyaknya kandungan ceramide dalam pelembap juga perlu diperhatikan. Sayangnya, mayoritas produk tidak mencantumkan informasi tersebut secara spesifik. Untuk mengeceknya, Anda bisa memeriksa berdasarkan urutan di daftar komposisi.

Umumnya, penulisan daftar komposisi diurutkan berdasarkan persentase kandungan komponen yang paling besar. Bila kandungannya relatif besar, ceramide akan ditempatkan di urutan awal. Sampai saat ini belum ada standar pasti berapa persen seharusnya jumlah kandungan ceramide dalam pelembap.

Cek juga kandungan lain selain ceramide

Saat memilih pelembap yang mengandung ceramide, perhatikan juga kandungan lainnya. Beberapa kandungan bisa memberikan efek yang baik saat dikombinasikan dengan ceramide, misalnya bahan pelembap dan pelembap khusus antiaging.

Perhatikan bahan pelembap lainnya yang bekerja sinergis dengan ceramide

Perhatikan bahan pelembap lainnya yang bekerja sinergis dengan ceramide
Saat memilih pelembap ceramide, perhatikan pula kombinasi bahan pelembap lainnya yang bisa menghasilkan manfaat lebih baik untuk kulit. Ceramide merupakan bahan pelembap yang berfungsi untuk melindungi lapisan kulit dan menjaga kelembapannya. 

Selain ceramide, ada beberapa bahan lain yang memiliki fungsi serupa, yaitu collagen dan hyaluronic acid. Kedua bahan tersebut mampu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Di sisi lain, ada juga asam amino dan gliserol yang mempertahankan kelembapan kulit dari luar.


Masing-masing bahan mampu menjaga kelembapan kulit dengan caranya sendiri. Dengan beberapa bahan pelembap tersebut, diharapkan ada efek yang sinergis bersama ceramide dalam melembapkan kulit Anda. Karena itu, saat memilih moisturizer yang mengandung ceramide, perhatikan juga bahan-bahan pelembap lainnya, ya.

Perawatan antiaging dan ceramide adalah kombinasi yang baik

Perawatan antiaging dan ceramide adalah kombinasi yang baik
Pada dasarnya, ceramide bisa digunakan sebagai perawatan antiaging. Namun, untuk hasil maksimal, sebaiknya ceramide digabungkan dengan bahan lain, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang tinggi sehingga baik dalam mencegah dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Sementara itu, vitamin E meningkatkan penyerapan ceramide ke dalam kulit.

Salah satu bentuk vitamin A yang bagus untuk dikombinasikan dengan ceramide adalah retinol. Retinol dipercaya efektif dalam mengatasi masalah penuaan, contohnya mempercepat pembaruan sel kulit dan melembutkan tekstur kulit. 


Namun, retinol termasuk kandungan yang dapat membuat kulit iritasi. Maka dari itu, mengombinasikan retinol dengan kandungan yang melembapkan seperti ceramide merupakan pilihan yang tepat.


Ceramide juga cocok digabungkan dengan peptida yang berperan besar dalam proses antiaging. Peptida dapat mendorong proses pembentukan kolagen dan menjaga elastisitas kulit. Kandungan ini dapat mengurangi kerutan, garis halus, dan relatif aman digunakan di kulit. Jadi, periksalah kandungan lainnya yang mengandung sifat antiaging agar manfaatnya lebih maksimal.

10 Rekomendasi pelembap terbaik yang mengandung ceramide

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelembap terbaik yang mengandung ceramide yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ana Rahmawati.

10

SOHO Global HealthNoroid Soothing Lotion

Mulai dari Rp 171.600,00

Isi200 ml
KemasanTube
Kandungan lainnyaPhytosterols, stearic acid, squalane
KeamananTidak disebutkan
Tipe ceramide Pseudo-ceramide
TeksturLotion
9
Isi355 ml
KemasanBotol pump
Kandungan lainnyaGlycerin, hydrolyzed hyaluronic acid
KeamananNoncomedogenic, oil-free, fragrance-free
Tipe ceramideCeramide NP, ceramide AP, ceramide EOP
TeksturLotion
8

Surya Dermato Medica LaboratoriesTopicare + Ceramide

Mulai dari Rp 165.500,00

Isi100 gram
KemasanTube
Kandungan lainnyaPlukenetia volubilis seed oil, Aloe barbadensis leaf extract, hyaluronic acid
KeamananTidak disebutkan
Tipe ceramideCeramide 3, ceramide 6 II, ceramide 1
TeksturCream
7

BhumiCeramide Hydra Lock Moisturizer

MAA095

Mulai dari Rp 227.000,00

Isi45 gram
KemasanJar
Kandungan lainnyaNiacinamide, glycerin, hyaluronic acid, zinc PCA, borage oil, grapeseed oil
KeamananTidak disebutkan
Tipe ceramideTidak disebutkan
TeksturGel
6
Isi30 gram
KemasanJar
Kandungan lainnyaNiacinamide, glycerin, shea butter, Plukenetia volubilis seed oil, sodium hyaluronate, tocopheryl acetate (vitamin E)
KeamananParaben-free, nontoxic, no mineral oil
Tipe ceramideGlucosylceramide
TeksturCream
5

COSRXHoney Ceramide Full Moisture Cream

Mulai dari Rp 265.000,00

Isi50 ml
KemasanJar
Kandungan lainnyaHoney extract, glycerin, sunflower seed oil, palm kernel oil, Hordeum vulgare leaf extract, sodium hyaluronate
KeamananTidak disebutkan
Tipe ceramideCeramide NP
TeksturCream
4

Hyphens PharmaCeradan Skin Barrier Repair Cream

Mulai dari Rp 137.500,00

Isi30 gram
KemasanTube
Kandungan lainnyaGlycerin, jojoba seed oil, cholesterol, squalane, tocopherol (vitamin E)
KeamananHypoallergenic, steroid-free, fragrance-free, colorant-free, lanolin-free, paraben-free, plant-derived squalane
Tipe ceramideHydroxypropyl bispalmitamide MEA
TeksturCream
3

Royal Pesona IndonesiaSomethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Mulai dari Rp 299.000,00

Isi50 ml
KemasanJar
Kandungan lainnyaHydrolyzed marine collagen, matrixyl 3000, palmitoyl tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, miniHA (hydrolyzed sodium hyaluronate), betaine, hydrolyzed algae extract (seaweed), niacinamide, oat, caffeine
KeamananEWG & clean ingredients, hypoallergenic, noncomedogenic, dermatology tested, fragrance-free
Tipe ceramideCeramide NP
TeksturGel
2

Paula’s ChoiceClinical Ceramide-Enriched Firming Moisturizer

Mulai dari Rp 720.000,00

Isi50 ml
KemasanBotol pump
Kandungan lainnyaSodium ascorbyl phosphate (vitamin C), ascorbyl glucoside (vitamin C), glycerin, tetrahexyldecyl ascorbate (vitamin C), retinol (vitamin A), squalane, Punica granatum fruit extract, Pongamia glabra seed Oil, licorice root extract, grape-seed extract, tocopheryl acetate (vitamin E)
KeamananFragrance-free
Tipe ceramideCeramide NP, Ceramide NS, Ceramide AP, Ceramide EOP, Ceramide EOS
TeksturLotion
1

ERHAErhalogy Gentle Skin Barrier Face Moisturizer

Mulai dari Rp 86.900,00

Isi30 gram
KemasanTube
Kandungan lainnyaPHA, zinc PCA, niacinamide, allantoin, DPG, vitamin E
KeamananParaben-free, colorant-free, fragrance-free
Tipe ceramideCeramide complex (ceramide 3, ceramide 6 II, ceramide 1)
TeksturGel

Tabel perbandingan produk pelembap terbaik yang mengandung ceramide

Gambar produk
1
ERHA Erhalogy Gentle Skin Barrier Face Moisturizer 1

ERHA

2
Paula’s Choice Clinical Ceramide-Enriched Firming Moisturizer 1

Paula’s Choice

3
Royal Pesona Indonesia Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel 1

Royal Pesona Indonesia

4
Hyphens Pharma Ceradan Skin Barrier Repair Cream 1

Hyphens Pharma

5
COSRX Honey Ceramide Full Moisture Cream 1

COSRX

6
Aubree Skin Ceramide Soft Cream 1

Aubree Skin

7
Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer 1

Bhumi

8
Surya Dermato Medica Laboratories Topicare + Ceramide 1

Surya Dermato Medica Laboratories

9
CeraVe Daily Moisturizing Lotion 1

CeraVe

10
SOHO Global Health Noroid Soothing Lotion 1

SOHO Global Health

Nama produk

Erhalogy Gentle Skin Barrier Face Moisturizer

Clinical Ceramide-Enriched Firming Moisturizer

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Ceradan Skin Barrier Repair Cream

Honey Ceramide Full Moisture Cream

Ceramide Soft Cream

Ceramide Hydra Lock Moisturizer

Topicare + Ceramide

Daily Moisturizing Lotion

Noroid Soothing Lotion

Keunggulan

Perkuat skin barrier dengan kandungan ceramide complex dan PHA

Hilangkan kerutan dan tampil lebih muda!

Menyerap 1,5 kali lebih cepat ke dalam kulit

Bisa dipakai untuk bayi! Cukup satu pelembap untuk seluruh anggota keluarga

Sahabatnya pemilik kulit acne-prone

Mengikat kelembapan sekaligus mencerahkan wajah

Cegah breakout muncul di wajah

Atasi gatal-gatal dan iritasi kulit

Formulasinya mampu menjaga kelembapan selama 24 jam!

Dilengkapi teknologi MLE, cocok untuk kulit sensitif dan kering

Harga mulai dariRp 86.900,00Rp 720.000,00Rp 299.000,00Rp 137.500,00Rp 265.000,00Rp 99.000,00Rp 227.000,00Rp 165.500,00Rp 330.000,00Rp 171.600,00
Isi30 gram50 ml50 ml30 gram50 ml30 gram45 gram100 gram355 ml200 ml
KemasanTubeBotol pumpJarTubeJarJarJarTubeBotol pumpTube
Kandungan lainnyaPHA, zinc PCA, niacinamide, allantoin, DPG, vitamin ESodium ascorbyl phosphate (vitamin C), ascorbyl glucoside (vitamin C), glycerin, tetrahexyldecyl ascorbate (vitamin C), retinol (vitamin A), squalane, Punica granatum fruit extract, Pongamia glabra seed Oil, licorice root extract, grape-seed extract, tocopheryl acetate (vitamin E)Hydrolyzed marine collagen, matrixyl 3000, palmitoyl tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, miniHA (hydrolyzed sodium hyaluronate), betaine, hydrolyzed algae extract (seaweed), niacinamide, oat, caffeineGlycerin, jojoba seed oil, cholesterol, squalane, tocopherol (vitamin E)Honey extract, glycerin, sunflower seed oil, palm kernel oil, Hordeum vulgare leaf extract, sodium hyaluronateNiacinamide, glycerin, shea butter, Plukenetia volubilis seed oil, sodium hyaluronate, tocopheryl acetate (vitamin E)Niacinamide, glycerin, hyaluronic acid, zinc PCA, borage oil, grapeseed oilPlukenetia volubilis seed oil, Aloe barbadensis leaf extract, hyaluronic acidGlycerin, hydrolyzed hyaluronic acidPhytosterols, stearic acid, squalane
KeamananParaben-free, colorant-free, fragrance-freeFragrance-freeEWG & clean ingredients, hypoallergenic, noncomedogenic, dermatology tested, fragrance-freeHypoallergenic, steroid-free, fragrance-free, colorant-free, lanolin-free, paraben-free, plant-derived squalaneTidak disebutkanParaben-free, nontoxic, no mineral oilTidak disebutkanTidak disebutkanNoncomedogenic, oil-free, fragrance-freeTidak disebutkan
Tipe ceramideCeramide complex (ceramide 3, ceramide 6 II, ceramide 1)Ceramide NP, Ceramide NS, Ceramide AP, Ceramide EOP, Ceramide EOSCeramide NPHydroxypropyl bispalmitamide MEACeramide NPGlucosylceramideTidak disebutkanCeramide 3, ceramide 6 II, ceramide 1Ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOP Pseudo-ceramide
TeksturGelLotionGelCreamCreamCreamGelCreamLotionLotion
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pelembap terbaik yang mengandung ceramide

Pertanyaan umum seputar pelembap terbaik yang mengandung ceramide

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar pelembap terbaik yang mengandung ceramide. Jika Anda masih penasaran dengan pelembap terbaik yang mengandung ceramide, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah pelembap dengan ceramide cocok untuk kulit kering?

Cocok. Ceramide berfungsi untuk melindungi dan menghalangi kulit dari paparan luar yang bisa merusak lapisan kulit. Selain itu, ceramide dapat mencegah keluarnya air yang memberi kelembapan pada kulit.

Baca juga rekomendasi produk pelembap lainnya di sini

Masih ada berbagai macam pelembap yang beredar di pasaran. Berikut ini kami sediakan artikel mengenai rekomendasi pelembap untuk masing-masing tipe kulit, mulai dari kulit kering hingga berminyak. Kami juga menyediakan artikel mengenai pelembap lainnya. Yuk, cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Semua pelembap yang mengandung ceramide sangat bagus dalam melembapkan kulit. Pengaplikasiannya pun sangat mudah sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari. Selain itu, beberapa produk dengan kombinasi bahan lainnya juga diharapkan dapat memberikan efek yang lebih baik untuk wajah. Jangan lupa pakai pelembap setiap hari, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    986.529 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    562.393 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    104.334 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    748.993 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    290.980 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    453.601 Views
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Wajah yang penuh dengan kilap minyak memang kurang elok untuk dilihat. Untuk itu, Anda membutuhkan rangkaian perawatan kulit agar produksi minyak di wajah tidak berlebih. Salah satu skincare yang bisa membantu Anda mengatasi wajah berminyak dan berjerawat adalah masker. Namun, masker apa yang cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak?Simak artikel ini dan bacalah tips memilih masker yang bagus untuk kulit berminyak. Baca juga tips tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Innisfree, Acnes, dan LUSH. 
    Perawatan wajah
    52.647 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori