10 Rekomendasi Tas Ransel Gunung Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tas Ransel Gunung Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2019)

Ransel gunung merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan hiking ataupun pendakian. Ada berbagai macam desain ransel gunung, mulai dari yang berkapasitas 20 L hingga 30 L, serta yang berdesain praktis dan modis untuk harian. Selain itu, terdapat pula perbedaan kriteria antara ransel gunung untuk lelaki dan perempuan.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan beberapa poin penting, seperti ukuran, kapasitas, dan merek yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda saat memilih ransel gunung. Kami juga merekomendasikan produk ransel gunung untuk wanita dari merek terbaik, seperti Eiger, Montbell, dan Karrimor. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih tas ransel gunung untuk wanita

Cara memilih tas ransel gunung untuk wanita sedikit berbeda dibandingkan tas ransel gunung untuk pria. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Pilih kapasitas tas yang sesuai dengan cuaca dan proses pendakian

Pilih kapasitas tas yang sesuai dengan cuaca dan proses pendakian

Ada berbagai macam proses pendakian gunung, dari hiking sehari hingga menginap di tenda. Pemilihan kapasitas tas ransel gunung disesuaikan dengan proses pendakian yang akan Anda lalui.

Kapasitas 10 L hingga 20 L sesuai untuk mereka yang ingin melakukan pendakian ringan seperti hiking ataupun untuk pemakaian sehari-hari. Bagi Anda yang akan melakukan pendakian satu hari atau menginap satu malam, disarankan untuk memilih tas ransel gunung dengan kapasitas 35 L. Untuk cuaca dingin, Anda perlu memikirkan bagasi ekstra untuk pakaian hangat sehingga kami merekomendasikan tas ransel gunung berkapasitas 50 L.

Jika Anda berencana menginap di tenda daripada di pondok pendakian, Anda sebaiknya memilih tas berkapasitas 80 L. Sementara itu, tas berkapasitas 100 L cocok untuk Anda yang berencana menginap selama lebih dari dua hari.

Periksa kembali tinggi ransel dan pilih yang cocok dengan ukuran tubuh Anda

Tas ransel gunung yang ukurannya sesuai tidak akan membuat Anda lelah meskipun dibawa dalam jangka waktu lama. Belakangan muncul pula jenis tas yang bisa disesuaikan dengan tinggi tubuh. Mari memilih tas ransel gunung yang sesuai dengan tinggi tubuh kita masing-masing.

Pilih ukuran ransel yang sesuai dengan panjang punggung dan didesain untuk wanita

Pilih ukuran ransel yang sesuai dengan panjang punggung dan didesain untuk wanita

Ukuran tas ransel gunung disesuaikan dengan panjang punggung. Panjang punggung adalah panjang antara tulang belakang leher dan tulang pinggul. Pilihlah ukuran tas yang sesuai dengan tubuh Anda. Ukuran XS diperuntukkan bagi Anda yang memiliki panjang punggung hingga 41 cm, S untuk panjang punggung hingga 46 cm, M untuk panjang punggung hingga 51 cm, dan L untuk panjang punggung lebih dari 51 cm. Gunakanlah referensi ini sebagai patokan untuk menentukan ukuran yang sesuai dengan Anda.

Meskipun ukuran ditentukan dari panjang punggung, tas ransel gunung untuk pria dan wanita akan terasa berbeda ketika dipanggul. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih tas ransel gunung yang didesain untuk wanita.

Cobalah sebelum membeli. Pastikan tidak terdapat celah antara tas dan punggung Anda

Cobalah sebelum membeli. Pastikan tidak terdapat celah antara tas dan punggung Anda

Setelah mengetahui ukuran Anda, sebaiknya Anda mencoba berbagai pilihan tas ransel gunung yang terdapat di toko fisik sebelum Anda membeli. Ketika mencoba, pastikan sabuk pinggang sampai ke posisi panggul dan tali bahu sesuai dengan posisi bahu Anda. Apabila terdapat celah antara tas dan punggung Anda, berarti tas tersebut tidak sesuai dengan tubuh Anda. Cobalah tas lainnya hingga Anda menemukan yang cocok.

Selain itu, Anda dapat mencoba tas ransel berisi beban yang beratnya sesuai dengan barang yang akan Anda bawa nantinya. Hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam memilih. Toko yang khusus menjual peralatan pendakian gunung biasanya akan lebih memfasilitasi hal ini sehingga patut Anda coba.

Pilih ransel yang memudahkan Anda untuk mengambil barang bawaan dan botol minum

Pilih ransel yang memudahkan Anda untuk mengambil barang bawaan dan botol minum

Untuk kenyamanan Anda, pilihlah tas ransel gunung yang bisa diakses dari sisi atas, bawah, ataupun samping. Selain itu, tas yang di dalamnya terdiri dari dua lapisan dengan dua kompartemen tentu akan semakin memudahkan Anda. Model bukaan depan akan memudahkan Anda untuk mengambil barang bawaan yang ada di bagian tengah tanpa perlu mengeluarkan semua barang dari dalam tas. Kantong botol minum yang terdapat di sisi samping pun akan memudahkan Anda mengakses air minum selama proses pendakian.

Untuk menjaga daya tahan terhadap cuaca, pilih tas yang antiair dan antiuap

Untuk menjaga daya tahan terhadap cuaca, pilih tas yang antiair dan antiuap

Tas ransel gunung umumnya terbuat dari bahan yang sangat kuat sehingga tidak mudah robek dan tahan lama. Kecuali panjat tebing, dalam pendakian gunung pada umumnya Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai daya tahan tas ransel.

Akan tetapi, terdapat dua hal yang perlu Anda pastikan apakah tas ransel Anda tersebut antiair dan antiuap. Kawasan pegunungan memiliki kondisi cuaca yang cepat berubah sehingga diperlukan tas ransel dengan daya tahan tinggi terhadap air. Sebaiknya, Anda memilih tas ransel gunung dengan bukaan depan yang memiliki fitur rain cover.

Selain itu, penting pula untuk memilih tas ransel yang tidak menimbulkan uap di punggung. Hal ini bisa mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keringat pada cuaca panas. Anda juga terhindar dari risiko hipotermia dengan mencegah menurunnya suhu tubuh saat cuaca dingin.

Pilih tas ransel dengan berat sedang dan memiliki sabuk pinggang

Pilih tas ransel dengan berat sedang dan memiliki sabuk pinggang

Pendaki gunung pemula cenderung untuk memilih tas ransel yang ringan, namun sebenarnya hal ini tidak disarankan.

Tas ransel gunung sudah sewajarnya terasa berat karena memiliki banyak kantong dan kompartemen untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. Terdapat pula sabuk pinggang yang membuat tas ransel dapat menempel erat di tubuh. Tas ransel yang terlalu ringan umumnya mengurangi sisi fungsional tersebut sehingga pada akhirnya malah tidak praktis untuk digunakan. Pendaki gunung pemula disarankan untuk memilih tas ransel yang bobotnya sedang dan tidak terlalu ringan.

Jangan lupa pula untuk memilih tas yang dilengkapi dengan sabuk pinggang. Tas ransel yang hanya memiliki sabuk bahu menyebabkan berat bertumpu sepenuhnya pada bahu. Adanya sabuk pinggang akan membantu menyalurkan berat ke bagian pinggang. Dengan demikian, punggung Anda tetap terasa nyaman meskipun membawa beban yang berat.

Pertimbangkan warna dan desain untuk pemakaian sehari-hari

Pertimbangkan warna dan desain untuk pemakaian sehari-hari

Meskipun dimaksudkan untuk pendakian gunung, tas ransel untuk wanita memiliki beragam model yang modis dan cocok digunakan sehari-hari. Ada banyak warna yang sesuai untuk wanita. Jadi, untuk pemakaian sehari-hari pun Anda bisa mempertimbangkan pemilihan warna dan desain.

Warna cerah tidak hanya berfungsi sebagai aksen semata, namun juga dapat memberitahukan keberadaan Anda saat mengalami kesulitan dalam pendakian gunung karena warnanya yang mencolok. Anda juga dapat menentukan pilihan dari berbagai merek tas ransel gunung yang akan kami bahas di bawah ini.

Pilih ransel gunung berdasarkan karakteristik produsen dan dari merek ternama

Tas ransel gunung umumnya dikembangkan oleh produsen dan merek outdoor ternama. Membandingkan karakteristik produk dari setiap merek akan membantu Anda dalam menentukan pilihan.

The North Face: Merek klasik yang mudah digunakan untuk pria dan wanita

The North Face: Merek klasik yang mudah digunakan untuk pria dan wanita

Ini adalah merek outdoor yang didirikan pada tahun 1968 di San Francisco, USA. Merek ini mengutamakan sisi fungsional dan dibuat dalam berbagai model agar sesuai untuk berbagai aktivitas. Karena itu, tasnya banyak digunakan untuk berkegiatan harian. Produk aksesori hingga pakaian juga tersedia sehingga Anda pun bisa mengoleksi semuanya.

Montbell: Merek perlengkapan pendakian yang sudah berdiri lama, menyediakan semua peralatan yang Anda butuhkan

Montbell: Merek perlengkapan pendakian yang sudah berdiri lama, menyediakan semua peralatan yang Anda butuhkan

Montbell adalah produsen Jepang yang terkenal sebagai merek outdoor yang komprehensif. Merek ini terdapat di semua toko outdoor dan menyediakan semua peralatan pendakian gunung. Pengaturan ukurannya sangat mendetail dan menawarkan berbagai model untuk wanita. Selain itu, harga yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh merek ini.

Karrimor: Direkomendasikan untuk pendakian serius, dengan berbagai pilihan model yang stylish

Karrimor: Direkomendasikan untuk pendakian serius, dengan berbagai pilihan model yang stylish

Merek tas outdoor ini sudah didirikan sejak tahun 1946 di Inggris. Banyak pendaki gunung profesional dan penjelajah pegunungan Alpen yang terlibat dalam pengembangan produknya. Oleh sebab itu, merek ini menghasilkan banyak produk yang khusus ditujukan untuk pendaki gunung. Produk tas ranselnya terdiri dari berbagai model yang simpel dan stylish, serta sangat populer di kalangan pria.

Millet: Berkualitas tinggi dan disukai oleh pendaki ahli

Millet: Berkualitas tinggi dan disukai oleh pendaki ahli

Millet adalah merek outdoor yang juga banyak disukai oleh para pendaki ahli. Merek ini dimulai dari pengrajin tas di Prancis pada tahun 1921. Keahlian khusus mereka dalam membuat tas menjadikan merek ini berkualitas tinggi. Merek ini juga mendapatkan dukungan besar dari para pendaki Gunung Alpen profesional. Image merek Millet sebagai produk untuk pencinta gunung juga sangatlah kuat, membuatnya menjadi pilihan sempurna untuk para pendaki gunung.

10 Rekomendasi tas ransel gunung terbaik untuk wanita

Berikut ini adalah tas ransel gunung untuk wanita yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah tas ransel gunung yang sesuai dengan Anda, dengan mempertimbangkan cara memilih di atas. Selain empat merek yang kami bahas di atas, kami juga menawarkan pilihan merek terbaik lainnya di bawah ini. Selamat memilih!

10. Millet Gokyo 30 LD Women’s Backpack – Hiking

10. Millet Gokyo 30 LD Women's Backpack - Hiking

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.698.000

Bukaan ransel ala koper membuat Anda lebih nyaman mengatur barang

Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan outdoor selama tiga hingga empat hari, tas ransel berkapasitas 30 L ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Desain bukaan ala koper memudahkan pengaturan barang bawaan untuk kenyamanan Anda selama perjalanan.

Ukuran tasnya didesain dan disesuaikan dengan anatomi tubuh wanita agar pas dan nyaman ketika dikenakan. Barang bawaan Anda pun aman dari hujan dengan fitur built-in rain cover dan kualitas bahan yang waterproof.

Kapasitas 30 L
Penyimpanan Kantong depan atas dan bawah, kantong samping, kompartemen, bukaan ala koper, dll
Antiuap Tidak diketahui
Berat 1,32 kg
Ukuran Panjang bagian belakang 40 cm
Antiair Built-in pelindung air hujan
Sabuk pinggang Ada
Warna Kaki (khaki/Cokelat muda beraksen merah)

9. Osprey Kyte 46 Women’s Backpacking – Day Hiking

9. Osprey Kyte 46 Women's Backpacking - Day Hiking

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.000.000

Hiking di cuaca panas menyengat? Ransel berteknologi air scape ini jadi pilihan tepat

Produk ini dilengkapi dengan teknologi panel belakang air scape yang dapat diatur untuk sirkulasi udara yang baik. Desain yang disesuaikan dengan tubuh wanita membuatnya cocok digunakan untuk menemani berbagai aktivitas Anda saat cuaca panas sekalipun.

Adanya pelindung air hujan memberikan kenyamanan bagi pemakainya dalam menghadapi perubahan cuaca yang tiba-tiba. Saku ritsleting vertikalnya membuat Anda bisa memasukkan dan mengambil barang bawaan dengan sangat mudah. Model ini juga populer di kalangan backpackers.

Kapasitas 46 L
Penyimpanan Saku ritsleting samping, dll
Antiuap Ada
Berat 1,61 kg
Ukuran 70 cm x 35 cm x 36 cm
Antiair Ada
Sabuk pinggang Ada
Warna 3 warna

8. Deuter Aircontact 40+10 SL

8. Deuter Aircontact 40+10 SL

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.860.000

Kapasitas besar, tetapi tetap stylish untuk traveling dan beraktivitas harian

Ransel gunung ini terkenal karena daya tahannya yang tinggi. Sabuk yang berbentuk sirip pinggul didesain ergonomis untuk memudahkan Anda membawa beban yang berat. Kapasitasnya yang besar dapat memuat peralatan pendakian Anda mulai dari tenda hingga perbekalan.

Bagian penutupnya bisa dilepas dan dijadikan sebagai backpack kecil. Bagi para wanita, tentu modelnya yang stylish cocok untuk pemakaian sehari-hari ataupun traveling. Produk ini terbuat dari material open cell foam untuk melancarkan sirkulasi udara.

Kapasitas 40 + 10 L
Penyimpanan Backpack kecil yang bisa dilepas, 2 kantung eksternal, dll
Antiuap Ada
Berat 2,17 kg
Ukuran 76 cm x 28 cm x 20 cm
Antiair Ada
Sabuk Pinggang Ada (sirip pinggul)
Warna 2 warna

7. Karrimor Superlight 45 Plus 10 Rucksack

7. Karrimor Superlight 45 Plus 10

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.500.000

Super-ringan, sesuai bagi Anda yang membawa banyak barang saat pendakian

Karrimor Superlight 45 Plus 10 Rucksack menggunakan teknologi unggulan untuk meminimalkan berat dan mengatur ukuran panjang tas. Kompartemen utamanya bisa Anda akses melalui bukaan atas dan juga bukaan samping dengan ritsleting.

Meski sangat ringan, ransel ini berkapasitas 45 L dengan tambahan 10 L. Kedua fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membawa berbagai barang kebutuhan untuk pendakian tanpa mengkhawatirkan berat bawaan.

Kapasitas 45 L + 10 L
Penyimpanan Kantong depan, kantong di bagian penutup tas, saku sabuk pinggang, dll
Antiuap Ada
Berat 1,124 kg
Ukuran 66 cm x 30,5 cm x 19 cm
Antiair Tidak diketahui
Sabuk pinggang Ada
Warna Hitam

6. The North Face Borealis Backpack

6. The North Face Borealis Backpack

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 700.000

Cocok untuk pendakian gunung, kegiatan outdoor, ataupun aktivitas sehari-hari

Selain memiliki fitur jaring kantong botol minum dan tali bungee depan, di bagian dalam tas ini terdapat kompartemen berbantalan khusus. Anda dapat menampung laptop 15 inci dan tablet. Karena itu, selain untuk pendakian gunung, tas ransel ini juga dapat Anda pakai untuk pemakaian sehari-hari.

Terdapat pula berbagai ruang penyimpanan untuk barang-barang berharga Anda, seperti kunci, dompet, ponsel, ataupun bolpoin yang mudah diakses. Bantalan jala yang tebal di bagian belakang menjaga bentuk tas tidak berubah dan mampu bertahan lama.

Kapasitas 28 L
Penyimpanan Kantong jala samping, kantong dalam, kantong lapisan bulu, dll
Antiuap Tidak diketahui
Berat 1,22 kg
Ukuran 50.2 cm x 33.7 cm x 24.8 cm
Antiair Tidak diketahui
Sabuk Pinggang Ada
Warna 14 warna

5. Consina Angelica 60

5. Consina Angelica 60

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 620.000

Tersedia dalam berbagai warna dan model yang keren untuk wanita

Dengan model yang trendi, tas ransel ini menawarkan berbagai pilihan warna yang cocok untuk wanita modis. Terdapat kompartemen di bagian depan dan belakang, serta di bagian luar dan dalam dari penutup tas untuk memuat barang-barang yang diperlukan dalam pendakian.

Produk ini didukung oleh teknologi backsystem dengan busa tebal yang membuat tas tidak gampang kempis dan nyaman digunakan. Adanya tali pengatur yang dapat disesuaikan membuat tas bisa melekat dengan pas di tubuh. Fitur fungsionalnya membuat Anda tetap nyaman membawa beban yang berat.

Kapasitas 60 L
Penyimpanan Kantong utama, 2 kantong bagian atas, 2 kantong bagian kiri kanan, 2 saku di sabuk pinggang kiri kanan, dll
Antiuap Tidak diketahui
Berat 1,8 kg
Ukuran 70 cm x 30 cm x 20 cm
Antiair Ada
Sabuk Pinggang Ada
Warna 4 warna

4. Kelty Women’s Coyote 60

4. Kelty Women's Coyote 60 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.485.000

Teknologi terkini untuk segala medan pendakian

Produk ini dilengkapi dengan berbagai teknologi terkini yang cocok di segala medan pendakian. Teknologi PerfectFIT™ menjanjikan kenyamanan one-size-fit-all yang dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran tubuh wanita. Sementara itu, teknologi LightBeam™ memberikan support penuh pada tubuh saat Anda membawa beban berat.

Anda bisa menyimpan sleeping bag di kompartemen tas ini. Tersedia pula kantong-kantong untuk memudahkan Anda mengemas barang bawaan. Tutup atas juga bisa dilepas dan diubah menjadi tas selempang sesuai kebutuhan. Kami merekomendasikannya untuk hikers wanita yang senang berkegiatan di alam bebas.

Kapasitas 60 L
Penyimpanan Kantong atas, tas selempang, kantong samping, saku depan, dll
Antiuap Tidak diketahui
Berat 2,1 kg
Ukuran 81 cm x 41 cm x 33 cm
Antiair Tidak diketahui
Sabuk Pinggang Ada
Warna Abu-abu beraksen ungu

3. Montbell Kitra Pack 40 Women’s

3. Montbell Kitra Pack 40 Women's

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.990.000

Desain ringan berkompartemen rangkap

Montbell Kitra Pack 40 Women’s memiliki kompartemen rangkap yang serbaguna untuk Anda yang akan melakukan pendakian lebih dari sehari. Tas ini didesain khusus agar ringan dan memiliki daya tahan tinggi untuk menjamin kenyamanan perjalanan Anda dengan material yang berasal dari ballistic nylon.

Produk ini dilengkapi dengan banyak kantong. Penutup bagian atasnya bisa dilepas dan dijadikan sebagai backpack kecil atau tas pinggang. Sabuk pinggulnya disesuaikan dengan anatomi tubuh untuk menjaga keseimbangan berat bawaan Anda.

Kapasitas 40 L
Penyimpanan Kompartemen ganda, banyak kantong, tutup atas yang berfungsi pula sebagai tas pinggang atau backpack kecil
Antiuap Ada
Berat 1,31 kg
Ukuran 70 cm x 31 cm x 26 cm
Antiair Tidak diketahui
Sabuk Pinggang Ada
Warna 2 warna

2. Sunature Casimir 45 L

2. Sunature Casimir 45 L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Fitur lengkap, namun dengan harga yang terjangkau!

Jika Anda menginginkan ransel gunung berharga terjangkau dengan fitur bersaing, produk ini bisa menjadi pilihan. Dilengkapi dengan bahan waterproof dari poliester nilon, frame ganda, dan backsystem, tas ransel ini memiliki fitur dan kualitas yang tidak kalah dengan merek-merek lainnya.

Tutup tas dapat disesuaikan tingginya. Produk ini memiliki kantong tempat botol minum di sisi kiri dan kanan, serta lubang untuk selang air (water bladder). Kantong kecil juga dapat ditemukan di sabuk pinggang kiri dan kanan. Selain itu, tas ransel ini juga memiliki peluit sebagai alat pelengkap pendakian Anda.

Kapasitas 45 L
Penyimpanan Kompartemen dalam, kantong kiri kanan, kantong kecil di sabuk pinggang, dll
Antiuap Tidak diketahui
Berat 1,8 kg
Ukuran Tidak diketahui
Antiair Ada
Sabuk Pinggang Ada
Warna 2 warna

1. Eiger WS Appalachia Lite Carrier 35 L

1. Eiger WS Appalachia Lite Carrier 35 L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 795.000

Lebih sejuk dan nyaman di punggung untuk sesi hiking yang singkat

Tas ransel gunung ini dirancang untuk hiking singkat sekitar satu hingga dua hari. Kompartemen internal dan eksternal dengan banyak kantong sesuai untuk menyimpan berbagai barang kebutuhan Anda. Tutup pelindung hujannya akan menjaga barang bawaan Anda tetap kering saat bepergian.

Bantalan dan tali bahunya disesuaikan dengan anatomi tubuh wanita. Hiking Anda bersama keluarga dan sahabat pun menjadi semakin nyaman berkat teknologi fit comfort backsystem. Teknologi ini akan menjaga sirkulasi udara di bagian punggung agar tetap sejuk pada cuaca paling panas sekalipun.

Kapasitas 35 L
Penyimpanan Kompartemen internal dan eksternal, 2 kantong samping, kantong tutup atas, kantong hip belt, dll
Antiuap Ada
Berat 1,4 kg
Ukuran 59 cm x 27 cm x 17 cm
Antiair Ada
Sabuk Pinggang Ada
Warna 3 warna

Kesimpulan

Ada berbagai macam tas ransel gunung dengan fungsi dan desain yang sedikit demi sedikit berubah seiring pergantian musim. Namun, sangat penting kiranya untuk memilih tas ransel yang sesuai dengan tubuh Anda.

Selain itu, perhatikan juga tas yang sesuai dengan kapasitas dan fungsi yang Anda butuhkan. Poin-poin yang sudah kami bahas dalam artikel ini bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam memilih tas ransel gunung untuk wanita.