10 Rekomendasi Stand Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Stand gitar adalah barang wajib yang diperlukan untuk menyandarkan alat musik, seperti guitar atau bass. Jenisnya sendiri sangat beragam, mulai dari tipe simple stand, hang stand, multi stand, bahkan yang dapat dilipat! Anda mungkin bingung memilih mana yang terbaik di antara produk-produk keluaran berbagai merek, seperti Hercules, Aroma, König & Meyer, dan lainnya.

Agar tidak gundah lagi, kali ini kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih stand gitar dan memperkenalkan sepuluh produk rekomendasi untuk sandingan terbaik guitar atau bass Anda. Selamat membaca dan memilih!

Daftar isi

Cara memilih stand gitar

Sebelum membahas produk-produk pilihan, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin yang bisa berguna sewaktu memilih stand gitar. Guitar stand dibuat untuk menopang bodi utama dan leher gitar saat diletakkan. Mari cek bersama masing-masing poin pemilihannya!

Pilih yang stabil menyangga bodi

Pilih yang stabil menyangga bodi

Gitar dan bass memiliki bobot yang berat. Oleh sebab itu, penting untuk memilih stand gitar yang dapat menopang bobot alat musik tersebut dengan stabil. Stand gitar yang gampang goyah dapat menyebabkan alat musik mudah terjatuh kemudian lecet. Jadi, pilihlah stand gitar yang bobotnya cukup berat dan tidak mudah goyah.

Anda tentu saja tidak dapat memastikan kestabilan stand gitar saat memesan secara online. Akan lebih baik jika Anda bisa mengecek langsung ke toko peralatan musik. Apabila tidak memungkinkan, periksalah secara detail apakah tersedia fitur untuk mencegah alat musik terjatuh atau selip. Cek juga kesolidan kaki penyangganya. Sebagai pelengkap, coba cek pula review-nya di internet.

Cek ukurannya! Untuk penggunaan di tempat sempit, pilih yang dapat dilipat

Cek ukurannya! Untuk penggunaan di tempat sempit, pilih yang dapat dilipat

Mengecek ukuran stand gitar ketika digunakan juga merupakan hal yang penting. Sekilas hampir semua produk mungkin terlihat berukuran sama. Akan tetapi, realitanya adalah bagian kaki-kaki penyangga yang besar dan penopang neck yang panjang di luar dugaan mungkin akan memakan tempat.

Saat ini sudah tersedia stand gitar yang dapat dilipat. Jadi, bagi yang memiliki kamar yang sempit atau banyak barang, Anda dapat mengecek stand yang tidak memakan tempat. Selain itu, jika Anda memiliki lebih dari satu gitar, masing-masing stand mungkin akan menyita ruangan. Anda bisa mempertimbangkan stand yang dapat memuat beberapa gitar sekaligus.

Pilih stand gitar sesuai dengan tipenya

Guitar stand terbagi menjadi empat jenis berdasarkan perbedaan cara menyandarkan gitarnya. Pilihlah stand yang sesuai dengan luas tempat penyimpanan dan jumlah alat musik yang Anda miliki.

Simple stand, harga terjangkau dan praktis. Pilihan tepat untuk stand pertama Anda

Simple stand, harga terjangkau dan praktis. Pilihan tepat untuk stand pertama Anda

Simple stand atau tipe sandar merupakan jenis guitar stand yang paling konvensional. Strukturnya sangat simpel, yaitu cukup dengan meletakkan bagian bodi dan neck alat musik pada penopangnyaTipe ini umumnya dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Cocok bagi Anda yang ingin membeli stand gitar untuk pertama kalinya.

Hang stand, mantap menggantung neck dan ramah untuk bodi gitar

Hang stand, mantap menggantung neck dan ramah untuk bodi gitar

Tipe hang stand mungkin terlihat mirip dengan tipe simple stand. Namun, pada tipe ini bodi gitar tidak disandarkan, melainkan hanya ditopang dengan menggantungkan bagian neck gitar pada stand. Tipe ini juga memiliki kestabilan yang baik dan tidak mengakibatkan beban ekstra pada neck gitar sehingga efektif mencegahnya melengkung.

Multi stand, bagi yang memiliki lebih dari satu gitar

Multi stand, bagi yang memiliki lebih dari satu gitar

Bagi Anda yang memiliki lebih dari dua gitar, mempersiapkan stand bagi masing-masing gitar tentu akan memakan banyak tempat. Oleh sebab itu, pilihlah stand dapat menyangga beberapa gitar sekaligus. Stand tipe ini akan menghemat tempat karena hanya dibutuhkan satu stand untuk meletakkan banyak gitar.

Namun demikian, berhati-hatilah apabila stand dicat pernis karena bodinya berpotensi membuat lecet gitar kalau terbentur. Guna mencegah hal itu, gunakanlah kain pelindung supaya bodi gitar tetap terlindung.

Wall hanger, jika kamar sempit dan tidak ada tempat meletakkan stand

Wall hanger, jika kamar sempit dan tidak ada tempat meletakkan stand

Wall hanger adalah tipe stand untuk guitar dan bass yang ditempelkan pada tembok. Tidak seperti stand tipe lainnya, tipe ini menopang kepala gitar sehingga leher gitar tidak perlu menahan beban ekstra. Dengan demikian, risiko gitar berubah bentuk dapat dikurangi.

Wall hanger didesain untuk menghemat tempat karena tidak diletakkan di lantai seperti halnya stand tipe lain. Jadi, cocok untuk Anda yang tidak memiliki sisa tempat di dalam ruangan. Jika Anda tidak dapat melubangi dinding kamar, pilihlah jenis yang bisa dikaitkan pada panel.

10 Rekomendasi stand gitar terbaik

Berikut kami akan memberikan sepuluh pilihan produk stand gitar terbaik tahun ini. Pilihlah guitar stand yang paling tepat sesuai kebutuhan dengan memperhatikan letak penyimpanan maupun preferensi Anda.

10. König & Meyer 17580

10. König & Meyer 17580

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 323.8400

Adjustable cross bar bisa untuk guitarbass, dan cello

König & Meyer adalah merek Jerman yang berfokus menciptakan aksesori alat musik kualitas prima dengan material yang hampir semuanya diproduksi sendiri. Salah satu produknya adalah 17580, stand gitar berbentuk cross bar yang dapat disesuaikan lebarnya untuk berbagai macam instrumen selain gitar, termasuk basscello, bahkan french horn.

König & Meyer 17580 juga dilengkapi dengan pratical transport lock agar praktis dan nyaman dibawa berpergian. Produk ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang menggunakan pick saat bermain gitar karena terdapat pick holder yang terintegrasi dengan stand. Pilihan warnanya pun beragam, mulai dari hitam, merah, biru, dan cork yang bisa disesuaikan dengan selera.

Stabilitas Tidak disebutkan
Dapat dilipat Ya
Tipe Simple stand

9. Aroma AGS-03

9. Aroma AGS-03

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Plastik durable yang ringan di tangan

Aroma Music telah memproduksi bermacam aksesori alat musik yang durable dengan harga terjangkau. Seri AGS-03 yang bisa digunakan untuk hampir segala jenis gitar dan bass ini terbuat dari material plastik yang hanya berbobot sekitar 200 gram, membuatnya ringan ditenteng dan mudah dibawa. Cocok untuk Anda yang harus sering mobile bersama alat musik lainnya.

Bagian bawahnya juga didesain antiselip sehingga tidak gampang goyah dan kokoh menahan bobot alat musik. Khusus untuk tipe ini, terdapat desain gambar kelinci yang lucu yang menambahkan aksen tersendiri pada kedua jenis pilihan warnanya.

Stabilitas Ya
Dapat dilipat Ya
Tipe Simple stand

8. Hercules GS525B

8. Hercules GS525B

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.140.000

Simpan 5 gitar kesayangan tanpa khawatir tergores apalagi lecet

Hercules GS525B adalah multi-guitar stand yang dapat mengakomodasi sampai lima gitar atau sekitar 80 kilogram beban. Metal bar di bagian bawahnya yang menopang bodi gitar dan titik kontak lainnya dilapisi dengan busa karet yang diformulasikan khusus untuk melindungi alat musik kesayangan Anda agar tidak tergores, apalagi sampai lecet.

Bagi Anda yang memiliki lebih dari satu gitar atau bass, produk ini merupakan pilihan yang tepat! Apabila lima tempat penyimpanan dirasa kurang, Anda juga bisa membeli HA205 extension packs agar bisa meletakkan total sampai sepuluh alat musik. Sangat hemat tempat, bukan?

Stabilitas Ya
Dapat dilipat Ya
Tipe Multi stand

7. Hercules GSP39WB

7. Hercules GSP39WB

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 153,000

Wall hanger yang compact dan praktis pemakaiannya

Hercules GSP39WB merupakan tipe wall hanger yang ditempelkan pada dinding dengan menggunakan sekrup. Bentuknya yang compact akan sangat membantu jika Anda tidak memiliki ruang yang terlalu luas. Selain itu, bagian penopangnya juga dilengkapi grip yang terbuat dari busa karet supaya leher gitar tidak lecet.

Pemasangan dengan tepat akan memungkinkan produk ini dapat menahan beban hingga 7 kilogram, sangat mencukupi untuk menggantung satu gitar. Bagian penggantungnya juga bisa berputar secara otomatis untuk menyesuaikan posisi gitar, cocok bagi Anda yang bermain musik setiap hari dan menginginkan kemudahan dalam mengambil dan menyimpan gitar dengan instan.

Stabilitas Ya
Dapat dilipat Tidak
Tipe Wall hanger

6. Aroma AUS-02

6. Aroma AUS-02

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 123.000

Lengan adjustable untuk mengakomodasi berbagai jenis alat musik

Aroma AUS-02 merupakan guitar stand berukuran cukup mini yang dapat digunakan pada berbagai macam alat musik, tidak hanya gitar, tetapi juga ukulele, biola, atau mandolin. Produk ini terbuat dari material ABS (acrylonitrile butadiene styrene) dengan bobot hanya 176 gram! Sangat ringan dan praktis untuk dibawa-bawa.

Lengannya yang adjustable juga memungkinkan untuk mengakomodasi bentuk gitar yang unik sekalipun. Sementara itu, bagian yang bersentuhan dengan alat musiknya dilindungi dengan silikon untuk menghindari risiko tergores atau lainnya.

Stabilitas Tidak disebutkan
Dapat dilipat Ya
Tipe Simple stand

5. Hercules GS432B

5. Hercules GS432B

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 750.000

Simpan hingga tiga alat musik sekaligus tanpa banyak makan tempat!

Stand gitar dari Hercules seri ini didesain untuk dapat menopang sampai dengan tiga instrumen musik berdawai. Bentangan base tripod-nya hanya beradius 43 cm dan tidak terlalu memakan tempat di ruangan yang sempit sekalipun. Solusi tepat bagi Anda yang memiliki banyak gitar, tetapi tidak punya cukup space untuk menggunakan tipe multi-stand konvensional.

Stand tipe gantung yang memiliki ciri khas hanya memberikan sedikit beban pada leher gitar ini cocok untuk penyimpanan jangka waktu lama. Selain itu, Hercules GS432B juga dilengkapi dengan sistem auto-grip dan comfort grip supaya gitar kesayangan Anda tetap aman dan tidak lecet saat disimpan.

Stabilitas Ya
Dapat dilipat Tidak
Tipe Multi hang stand

4. String Swing CC01K

4. String Swing CC01K

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Deep cradle agar gitar tertopang sempurna

CC01K merupakan salah satu produk paling sukses dari String Swing yang banyak dipakai di rumah maupun di studio musik. Produk ini memang mengharuskan pemiliknya melubangi dinding untuk memasang sekrup sebagai fondasi wall hanger. Namun, ini memungkinkan gitar diletakkan di ruangan yang sempit sekalipun.

Bagian penyangga pada CC01K ini bergerak pada porosnya untuk menyesuaikan bentuk kepala gitar agar bisa tertopang dengan sempurna. Dari segi desain, produk ini terdiri dari empat pilihan warna dengan corak wood block yang mungkin cocok bagi penyuka warna natural.

Stabilitas Ya
Dapat dilipat Tidak
Tipe Wall hanger

3. Hercules GS302B

3. Hercules GS302B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 235.000

Kokoh dan kuat! Gitar atau bass elektrik terhindar dari risiko jatuh

Hercules GS302B adalah tipe simple stand tanpa penyangga bagian leher gitar. Dengan demikian, gitar sepenuhnya bertumpu menggunakan bodinya. Meskipun begitu, Anda tidak perlu risau alat musik berisiko jatuh karena seluruh bagian metal produk ini sudah ditutupi busa karet khusus sehingga gitar tidak mudah selip.

Ukuran lengan penyangga stand gitar ini tidak bisa diubah-ubah sehingga kurang kompatibel dengan gitar akustik atau klasik yang tabung resonansinya lebih lebar. Produk ini akan lebih pas digunakan untuk electric guitar atau bass Anda. Selain itu, proses melipatnya juga sangat mudah sehingga praktis untuk dibawa-bawa.

Stabilitas Ya
Dapat dilipat Ya
Tipe Simple stand

2. Hercules GS414B

2. Hercules GS414B

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 475.000

Tinggi tiangnya dapat diatur sesuai ukuran alat musik 

Salah satu keunggulan Hercules GS414B adalah tiang penyangga yang ketinggiannya bisa diatur dengan mudah dan cepat sesuai alat musik yang ingin disimpan. Cocok untuk Anda yang sering memainkan berbagai alat musik berbeda. Bagian tripod-nya juga dilindungi busa karet agar gitar dapat tertopang dengan lebih mantap sekaligus terlindungi dari risiko lecet.

Stabilitas Ya
Dapat dilipat Ya
Tipe Hang stand

1. Aroma AH-81

1. Aroma AH-81

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 71.000

Dilengkapi bantalan dengan material EVA yang lembut menopang gitar

Bagian penopang pada Aroma AH-81 yang mudah dipasangkan pada tembok ini dilengkapi cushion dari material EVA (ethylene vinyl acetate) yang lembut dan fleksibel sehingga mampu meminimalisasi risiko goresan pada gitarDimensinya pun cukup kecil sehingga praktis untuk menghemat space yang terpakai jika ruangan Anda tidak terlalu luas.

Stabilitas Ya
Dapat dilipat Tidak
Tipe Wall hanger

Baca juga rekomendasi gitar dan aksesori lainnya di sini!

Selain stand gitar terbaik yang telah kami bahas kali ini, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli gitarnya maupun beragam jenis aksesorinya. Silakan simak penjelasan lebih lanjut di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kali ini kami telah menjelaskan tips memilih stand gitar berdasarkan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, dan juga memperkenalkan sepuluh produk pilihan terbaik hanya untuk Anda. Bagaimana? Apakah Anda menemukan stand gitar yang dicari?

Pilihlah stand terbaik untuk guitar dan bass kesayangan dengan memperhatikan tempat untuk meletakkannya maupun material dan bentuknya secara keseluruhan. Pilihlah dengan cermat, ya!