• 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)

Rutinitas di zaman sekarang yang sebagian besar menggunakan smartphone atau tablet, terkadang menuntut kecepatan dan ketepatan. Untuk meminimalkan terjadinya kesalahan, maka model smartphone dengan layar lebar yang dilengkapi dengan stylus pen akan memudahkan penggunanya dalam menjalankan beragam aplikasi.

Saat ini sudah banyak beredar produk stylus pen dalam berbagai model, kegunaan, dan harga. Ada yang kompatibel dengan iPhone, iPod, Android, dan lainnya, atau bahkan ada juga stylus pen yang dibuat khusus untuk menggambar. Kali ini kami akan membahas poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih stylus pen yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian merekomendasikan beberapa stylus pen terbaik. Semoga bermanfaat!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 12.169 Views
Daftar isi

Cara memilih stylus pen

Beragam stylus pen telah banyak tersedia di pasaran. Anda bisa membelinya melalui Internet atau mendatangi tokonya secara langsung. Untuk menghindari kesalahan dalam memilih stylus pen, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum membeli.

Ujung (nib) stylus pen

Kenyamanan saat digunakan merupakan poin utama dalam memilih stylus pen. Ujung dari stylus pen, atau yang biasa disebut nib, sangat menentukan kenyamanan penggunanya. Saat ini terdapat beberapa model stylus pen yang sama, namun memiliki nib yang beragam. Maka dari itu, pilihlah yang benar-benar nyaman dengan mempertimbangkan kebutuhan Anda.

Karet silikon (silicon rubber)

Karet silikon (silicon rubber)
Stylus pen dengan ujung yang terbuat dari bahan silikon telah banyak dijumpai di pasaran. Bahan silikon ini tergolong murah dan memiliki sensitivitas yang bagus ketika digunakan. Nib berbahan silikon ini sangat direkomendasikan terutama bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba menggunakan stylus pen.
Namun di samping keunggulannya tersebut, stylus pen dengan nib berbahan silikon ini juga mempunyai kelemahan. Di antaranya adalah penggunaan yang terlalu sering dengan gaya tekan yang terlalu keras ketika digunakan akan menyebabkan kerusakan pada karet silikon. Selain itu, stylus pen dengan model seperti ini kebanyakan berukuran besar sehingga cenderung kurang pas untuk beberapa detail pada layar smartphone Anda.

Serat konduktif (conductive fiber)

Serat konduktif (conductive fiber)
Bagi Anda yang gemar menggambar ilustrasi pada smartphone atau tablet, maka stylus pen dengan ujung yang terbuat dari serat konduktif ini sangat direkomendasikan! Selain mendapatkan kenyamanan dalam menggambar, gambar yang dihasilkan juga lebih halus.
Stylus pen dengan nib berbahan serat konduktif ini umumnya lebih unggul dibandingkan karet silikon, namun harganya juga lebih mahal. Anda juga perlu memilih dengan teliti karena nib yang sama-sama terbuat dari bahan serat konduktif pun bisa memberikan sensasi yang berbeda saat digunakan pada layar tablet atau smartphone Anda.

Tipe kuas (brush)

Tipe kuas (brush)
Ujung stylus pen tipe brush ini adalah satu lagi jenis nib yang cocok bagi Anda yang gemar menggambar, misalnya saat Anda ingin menggambar ilustrasi dan menginginkan hasil serupa dengan menggambar menggunakan cat air atau cat minyak. Stylus pen jenis ini sangat nyaman ketika digunakan serta mampu menjaga layar smartphone atau tablet Anda tetap bersih tanpa meninggalkan bekas sidik jari.

Lainnya (resin, cakram, dan sebagainya)

Lainnya (resin, cakram, dan sebagainya)
Model nib dari plastik yang relatif tipis ini mampu menghasilkan tulisan yang serupa dengan bolpoin sehingga sangat cocok untuk Anda yang sering mencatat dan melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian detail. Meski cenderung lebih mahal, Anda akan mendapatkan kenyamanan menulis dengan jelas pada layar ponsel. Selain itu, stylus pen jenis ini juga tergolong tahan lama.
Ada juga desain nib yang dilengkapi cakram transparan. Stylus pen model seperti ini akan sangat cocok untuk menulis surat pada layar smartphone atau tablet Anda. Terlebih lagi, Anda tidak perlu khawatir layar smartphone Anda akan tergores, karena nib dari stylus pen ini terlindungi oleh cakram transparan tersebut.
Dengan banyaknya keunggulan yang dimiliki sebuah stylus pen, biasanya harganya juga akan lebih mahal. Jadi, bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba menggunakan stylus pen, mungkin akan sedikit sulit menentukan pilihan, ya?

Bodi dari stylus pen

Bodi dari stylus pen
Stylus pen yang nyaman ketika digunakan menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih produk yang ingin Anda beli. Kemudian, desain serta bahan dari stylus pen tersebut menjadi poin pertimbangan berikutnya. Usahakan untuk tidak memilih stylus pen yang berat agar tangan Anda tidak lelah ketika menggunakannya dalam waktu yang lama.
Sebaiknya sebelum membeli, cobalah terlebih dahulu stylus pen tersebut. Jika Anda membeli melalui Internet, perhatikan penjelasan mengenai berat dan ukurannya.

Fungsi-fungsi tambahan

Fungsi-fungsi tambahan
Beragam model dari suatu produk bisa dikatakan kebanyakan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Biasanya dengan harga yang mahal, produk tersebut memiliki fungsi tambahan selain fungsi utamanya. Fungsi tambahan pada stylus pen ini tentunya akan menambah daya tarik tersendiri. Seperti, fitur 2 WAY di mana satu stylus pen dilengkapi dengan fungsi untuk mencatat di kertas.
Ada juga model yang dilengkapi penutup untuk mencegah kotoran, atau ada juga stylus pen yang dilengkapi strap yang bisa dipasangkan ke lubang earphone pada smartphone maupun tablet Anda sehingga memudahkan saat dibawa-bawa. Selain itu, terdapat juga model stylus pen yang bisa menyesuaikan dengan besarnya tekanan ketika digunakan menulis.

10 Rekomendasi stylus pen terbaik untuk tablet dan smartphone

Berdasarkan penjelasan di atas, selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi stylus pen terbaik dengan memperhatikan jenis nib, daya tahan, bodi, fungsi tambahan, serta pertimbangan dari segi harga.

10. Stylus Pen 4 in 1 Capacitive Touch

Rp 51.000,00

9. Stylus Pen 2 in 1 Aluminium for All Smartphone

Rp 69.000,00

8. OEM USB Rechargeable Capasitive Stylus Pen

Rp 262.000,00

7. Adonit Switch 2 in 1

Rp 520.000,00

6. XP-Pen PN01 Battery-free Passive Stylus

Rp 190.000,00

5. Ibiopen Active Sense Stylus

Rp 469.500,00

4. FRTMA Magnetic Sleeve for Apple Pencil

Rp 514.000,00

3. Mobile AluPen Pro-Silver

Rp 449.000,00

2. Wacom Bamboo Fineline 3

Rp 1.364.200,00

1. Adonit Pixel 1,9 mm Pressure Sensitive

Rp 1.040.000,00

Kesimpulan

Kami telah memberikan 10 rekomendasi stylus pen terbaik untuk tablet dan smartphone Anda. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa lebih mudah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan setiap detail produk yang ditawarkan. Jangan sampai salah pilih, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kabel data biasanya digunakan untuk mengisi baterai dan memindahkan data dari iPhone atau iPad ke perangkat lain. Selain kabel data asli keluaran Apple, banyak pula produk yang diluncurkan oleh produsen seperti Anchor, Logitech, Amazon Basic, yang memiliki desain, ukuran, dan harga yang bervariasi.Kali ini kami akan memberikan poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih kabel data yang baik. Selain itu kami juga akan memberikan 10 rekomendasi kabel data terbaik yang mudah dipesan secara online!
    Smartphones & handphones
    19.165 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Smartphones & handphones
    16.056 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ukuran tablet Android yang lebih besar daripada smartphone memberikan kenyamanan saat Anda menonton atau membaca e-book. Namun, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan tablet Android berdasarkan CPU, memori, frekuensi clock, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menyulitkan bagi sebagian pengguna.Agar tidak bingung saat memilih tablet Android, Anda dapat membaca artikel ini. Kami akan menjabarkan poin penting cara memilih tablet Android. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi tablet Android yang bagus dari berbagai produsen, seperti Lenovo, Samsung, Teclast, HUAWEI, dan Chuwi. Selamat membaca!
    Smartphones & handphones
    14.415 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tablet Windows memiliki ukuran yang lebih besar dari smartphone dan dapat dioperasikan dengan touch panel. Sistem operasinya menggunakan Windows, dengan berbagai macam fitur seperti keyboard yang dapat dilepas, fitur anti air, memiliki berbagai macam aplikasi Office dan touch pen.Karena itu kali ini, kami akan merekomendasikan produk terbaru tablet Windows, termasuk yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Temukan tablet Windows yang cocok untuk Anda!
    Smartphones & handphones
    12.721 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian besar dari Anda pasti menggunakan pelindung layar untuk melindungi layar iPhonei Anda. Ada berbagai macam jenis pelindung layar yang dijual saat ini, seperti layar pelindung yang terbuat dari tempered glass, anti blue light, anti sidik jari, tidak menimbulkan gelembung udara saat menempelkannya, dan berbagai macam jenis pelindung layar lainnya.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih pelindung layar dengan benar, khusus untuk Anda para pengguna iPhone. Kami sudah membandingkannya dengan berbagai macam produk yang populer di pasaran. Pilihlah layar pelindung yang paling pas untuk Anda.
    Smartphones & handphones
    5.902 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang sering menggunakan smartphone atau tablet dalam beraktivitas, tentunya akan sangat merepotkan jika Anda harus selalu mencolokkan kabel untuk mengisi ulang daya baterai. Karena itu, saat ini sudah ada wireless charger yang mengedepankan proses pengisian daya baterai tanpa menggunakan kabel.Beberapa perusahaan, seperti Nillkin, Anker, IKEA, dan sebagainya memasarkan beragam wireless charger yang bisa membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi wireless charger terbaik agar Anda semakin mudah menemukan produk yang tepat. Selamat membaca!
    Smartphones & handphones
    2.847 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori