• 10 Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)

Bagi komikus dan ilustrator, stylus pen menjadi perlengkapan penting untuk menggambar. Selain itu, stylus pen akan memudahkan Anda saat mengoperasikan aplikasi smartphone dan tablet. Beberapa game bahkan lebih mudah dimainkan dengan menggunakan alat ini.


Agar mendapatkan produk yang bagus, kami akan memandu Anda memilih stylus pen sesuai kebutuhan. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek stylus pen terbaik, seperti Faber-Castell, Baseus, dan lainnya. Untuk perangkat Android Samsung dan Xiaomi sampai yang universal, semuanya juga tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh illustrator kami, Karina Doniho. Yuk, langsung dimulai saja pembahasannya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Karina Doniho
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 Desember 2022
Daftar isi

Profil pakar: Illustrator, Karina Doniho

Profil pakar: Illustrator, Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang.


Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stylus pen untuk tablet dan smartphone

Beragam stylus pen tersedia di pasaran. Agar tidak salah memilih produknya, terdapat beberapa hal yang perlu Anda pahami lebih dahulu. Simak penjelasannya berikut ini, ya.

Tentukan berdasarkan jenis penggunaannya

Berdasarkan jenis penggunaannya, stylus pen dibagi menjadi dua kategori, yaitu stylus aktif dan stylus kapasitif. Untuk mengetahui lebih jelas perbedaannya, simak pembahasan berikut ini!

Stylus aktif: Tingkat akurasi tinggi, cocok untuk pengguna profesional

Stylus aktif: Tingkat akurasi tinggi, cocok untuk pengguna profesional

Stylus pen aktif biasanya memiliki ujung lancip/runcing. Jenis stylus pen ini hanya kompatibel dengan perangkat tertentu yang tertera pada informasi produknya. Pada umumnya, jenis stylus pen ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.


  • Fitur palm rejection, saat Anda meletakkan tangan di atas layar sekali pun tidak akan terdeteksi sebagai sentuhan. Karena itu, tingkat akurasi stylus pen jenis ini jauh lebih tinggi.

  • Fitur yang bisa mendeteksi intensitas tekanan untuk membuat perbedaan goresan. Fitur ini akan membantu digital artist atau pekerja profesional untuk membuat karya yang lebih baik. Menggambar di atas gadget akan terasa seperti menggambar di atas kertas.

  • Penghapus built-in serta remote control untuk mengoperasikan kamera hingga pemutar musik.

Stylus kapasitif: Untuk penggunaan gadget biasa

Stylus kapasitif: Untuk penggunaan gadget biasa

Stylus pen kapasitif juga sering disebut stylus pen universal. Hal ini karena penggunaannya yang lebih umum, yakni bisa digunakan pada semua gawai. Sistem kerjanya pun lebih sederhana. Stylus pen pasif hanya bekerja sebagai perantara muatan listrik dari jari ke layar. Biasanya, stylus pen jenis ini dapat beroperasi tanpa baterai dan bisa digunakan terus-menerus.


Selain itu, stylus pen kapasitif juga tidak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, semisal palm rejection. Karena itu, tingkat akurasinya juga kurang. Meski demikian, stylus kapasitif bisa Anda dapatkan dengan harga yang relatif murah. Karena itu, jika Anda bukan pekerja profesional, tidak masalah untuk mempertimbangkan stylus pen jenis ini.

Pilih stylus pen berdasarkan jenis ujungnya

Ujung (nib) stylus pen terdiri dari tiga jenis, yaitu runcing, tebal dan bulat, serta seperti kuas. Setiap jenisnya mempunyai tujuan penggunaan tertentu. Berikut ini kami akan menjelaskan tiap jenisnya untuk Anda.

Ujung runcing, hasilkan tulisan tangan dan ilustrasi yang bagus

Ujung runcing, hasilkan tulisan tangan dan ilustrasi yang bagus

Stylus pen dengan ujung runcing biasanya terbuat dari resin dan bersifat elektrostatik. Produk ini direkomendasikan untuk membuat tulisan tangan atau ilustrasi. Jenis ini memberikan feel seperti menggambar di atas kertas dengan pensil. Ujung lancip lebih mudah dilihat sehingga Anda dapat membuat ilustrasi yang halus.


Seperti yang disebutkan sebelumnya, stylus pen dengan ujung runcing atau lancip tergolong dalam active stylus pen. Produknya dilengkapi fitur-fitur elektrik seperti tombol operasional dan penghapus built-in. Biasanya, stylus pen jenis ini juga menggunakan baterai yang dayanya bisa diisi ulang.


Selain itu, ada pula stylus pen dengan ujung runcing yang dilengkapi disc atau cakram transparan. Disc tersebut akan mengamankan permukaan layar yang bersentuhan dengan ujungnya. Dengan begitu, detail gambar Anda makin halus dan akurat. Jenis stylus pen dengan disc biasanya tidak menggunakan baterai sehingga lebih praktis. Stylus pen seperti ini banyak yang bisa menempel di sisi tablet yang digunakan.

Ujung bulat, memudahkan operasi swipe saat bermain game dan browsing

Ujung bulat, memudahkan operasi swipe saat bermain game dan browsing

Mau bermain game dan browsing menggunakan stylus pen? Pilihlah yang memiliki ujung bulat. Jenis ini biasanya terbuat dari serat konduktif atau karet silikon. Stylus pen berujung bulat ideal untuk browsing dan memainkan game yang membutuhkan operasi swipe. Game seperti "Candy Crush Saga" lebih nyaman dimainkan dengan menggunakan tipe ini.


Produk berujung bulat biasanya termasuk dalam jenis capacitive stylus pen. Jenis stylus pen ini tidak dilengkapi fitur elektrik sehingga dapat dioperasikan tanpa baterai. Selain itu, produknya bisa digunakan untuk semua HP.

Permukaan layar tablet atau smartphone Anda akan tetap aman meskipun ditekan menggunakan jenis stylus pen ini. Dengan demikian, Anda dapat melakukan swipe cepat tanpa merusak layar HP seperti meninggalkan goresan di permukaannya.

Ujung sikat, direkomendasikan untuk penulisan analog

Ujung sikat, direkomendasikan untuk penulisan analog

Kami merekomendasikan stylus pen yang ujungnya sikat bila Anda ingin menggambar jenis huruf dengan aplikasi kaligrafi. Selain itu, jenis stylus pen ini cocok digunakan untuk lukisan tinta, watercolor, dan aplikasi lukisan cat minyak.


Jenis ini akan memberikan sensasi analog seolah-olah Anda sedang menggambar menggunakan kertas dan kuas sungguhan. Ujungnya bahkan dapat diganti ataupun di-upgrade. Sayangnya, jenis stylus pen ini masih jarang ditemukan di e-commerce Indonesia.

Jika Anda seorang ilustrator, pastikan produk sensitif terhadap tekanan

Jika Anda seorang ilustrator, pastikan produk sensitif terhadap tekanan

Jika Anda hendak membuat ilustrasi, pilihlah stylus pen yang sensitif terhadap tekanan. Jadi, Anda dapat membuat garis tebal dan tipis dengan cara mengatur tekanan yang diberikan pada pena. Beberapa produk yang mempunyai fitur ini biasanya dipasangkan dengan aplikasi yang kompatibel dengan Bluetooth. Jadi, saat Anda hendak membeli stylus pen, jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya.

Pertimbangkan stylus pen yang mempunyai fitur palm rejection

Pertimbangkan stylus pen yang mempunyai fitur palm rejection

Apabila memungkinkan, pilihlah stylus pen yang mempunyai fitur palm rejection. Fitur ini berfungsi untuk menonaktifkan sentuhan saat tangan atau lengan Anda menyentuh permukaan layar gawai. Dengan demikian, layarnya hanya merespons ujung stylus pen tanpa terpengaruh gerakan tangan Anda. Fitur ini berguna jika Anda menggunakan layar besar seperti iPad dan tablet.


Jika tangan Anda yang memegang stylus pen tidak menempel pada layar, menggambar dan membuat ilustrasi akan terasa melelahkan. Dengan fitur ini, Anda dapat menggambar seolah-olah sedang menulis di atas kertas menggunakan pena. Meski telapak tangan atau jari-jari Anda menyentuh permukaan layar, pekerjaan Anda tidak akan terganggu.


Perlu diingat, produk yang sensitif terhadap tekanan dan mempunyai fitur palm rejection tidak kompatibel dengan semua perangkat. Stylus pen dengan fitur-fitur tersebut biasanya hanya berfungsi di perangkat iPad atau iOS.


Namun, ada tips untuk mengakali tidak adanya fitur palm rejection pada stylus pen. Agar tangan tetap bisa menempel tanpa terdeteksi sebagai sentuhan, Anda bisa menggunakan sarung tangan lembut.

Periksa kompatibilitas produk

Periksa kompatibilitas produk

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah mengecek kompatibilitas produk dengan gawai yang Anda miliki. Terlebih lagi, jika Anda memilih stylus pen aktif. Biasanya stylus pen aktif hanya berfungsi pada gawai dari merek yang sama


Salah satu contohnya adalah Apple Pencil yang hanya kompatibel dengan iOS. Sementara untuk Android, ada S Pen Pro untuk Samsung device dan Xiaomi Smart Pen untuk Xiaomi Pad. Jika membeli dari produsen seperti Baseus dan Inone, Anda bisa mengecek kompatibilitasnya pada spesifikasi produk.


Sebaiknya Anda lebih teliti dalam memilih stylus pen aktif. Jangan sampai sudah membeli dengan harga mahal, tetapi tidak bisa digunakan pada gawai yang Anda miliki. Stylus pen aktif yang tidak kompatibel dengan gawai memang masih dapat digunakan sebagai stylus pen pasif. Namun, Anda tidak dapat menggunakan fitur-fitur canggih yang dimilikinya.

10 Rekomendasi stylus pen terbaik untuk tablet dan smartphone

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stylus pen terbaik untuk tablet dan smartphone yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Goojodoq 2-in-1 Stylus Magnetic Pen Cap memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Baseus 2 IN 1 Capacitive Pen Touch Stylus Digital Pen yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.

Gambar produk
1
Goojodoq 2-in-1 Stylus Magnetic Pen Cap 1

Goojodoq

2
Inone Stylus Pen 1 1

Inone

3
Baseus 2 IN 1 Capacitive Pen Touch Stylus Digital Pen 1

Baseus

4
Apple Apple Pencil (generasi ke-2) 1

Apple

5
Huawei M-Pencil (2nd Generation) 1

Huawei

6
Faber-Castell  Pen Vernate 0.7 Blue Barrel 1

Faber-Castell

7
Xiaomi Smart Pen 1

Xiaomi

8
Nillkin  iSketch Adjustable Capacitive Stylus 1

Nillkin

9
Taffware TaffLED 4 in 1 Senter Laser Pointer Pen dan Stylus 1

Taffware

10
YLV  Stylus Pen Active 1

YLV

Nama produk

2-in-1 Stylus Magnetic Pen Cap

Stylus Pen 1

2 IN 1 Capacitive Pen Touch Stylus Digital Pen

Apple Pencil (generasi ke-2)

M-Pencil (2nd Generation)

Pen Vernate 0.7 Blue Barrel

Smart Pen

iSketch Adjustable Capacitive Stylus

TaffLED 4 in 1 Senter Laser Pointer Pen dan Stylus

Stylus Pen Active

Keunggulan

Untuk menggambar atau bermain game? Bisa semuanya!

Dapat cadangan tip, bisa dengan mudah diganti jika tip tidak berfungsi

Desain simpel dan multifungsi, tingkatkan efisiensi kerja harian

Dayanya terisi otomatis saat tidak digunakan, sangat cocok untuk pekerja profesional

Sensitivitas tinggi untuk gambar yang lebih presisi

Capacitive stylus pen dengan harga ekonomis dan fitur yang unik

Pasangan paling sempurna untuk Xiaomi Pad 5!

Memberikan pengalaman berbeda dengan tiga level sensitivitas

Praktis, satu produk dengan empat fungsi sekaligus!

Keren! Ada fitur palm rejection dan auto sleep

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 99.900,00Rp 189.000,00Rp 2.799.000,00Rp 1.299.000,00Rp 47.500,00Rp 1.085.000,00Rp 449.000,00Rp 20.000,00Rp 950.000,00
Jenis stylus penKapasitifKapasitifKapasitifAktifAktifKapasitifAktifKapasitifKapasitifAktif
Jenis ujungDisc, bulatDiscDiscRuncingRuncingBulatRuncingBulatBulatRuncing
BeratTidak disebutkan18,5 gramTidak disebutkan20,7 gramTidak disebutkanTidak disebutkan12,2 gram15,5 gramTidak disebutkanTidak disebutkan
Durasi pemakaian bateraiTidak menggunakan bateraiTidak menggunakan bateraiTidak menggunakan bateraiTidak disebutkan10 jamTidak menggunakan baterai8 jam10 jamTidak disebutkan20 jam
KompatibilitasAndroid, iOS, WindowsSemua jenis device dengan layar kapasitif 9Android, iOS, Windows)Semua device dengan layar kapasitif (Android, iOS, Windows)iOS (iPad Pro, iPad Air, and iPad mini)Huawei MatePad 11Semua jenis smartphone (Android, iOS, Windows)Xiaomi Pad 5Semua device dengan layar kapasitif (Android, iOS, Windows)Semua jenis smartphone layar sentuh (Android, iOS, Windows)iPad di atas tahun 2018
Tautan produk
10

YLV Stylus Pen Active

CP03

Mulai dari Rp 950.000,00

Jenis stylus penAktif
Jenis ujungRuncing
BeratTidak disebutkan
Durasi pemakaian baterai20 jam
KompatibilitasiPad di atas tahun 2018
9

TaffwareTaffLED 4 in 1 Senter Laser Pointer Pen dan Stylus

T0054

Mulai dari Rp 20.000,00

Jenis stylus penKapasitif
Jenis ujungBulat
BeratTidak disebutkan
Durasi pemakaian bateraiTidak disebutkan
KompatibilitasSemua jenis smartphone layar sentuh (Android, iOS, Windows)
8

Nillkin iSketch Adjustable Capacitive Stylus

Mulai dari Rp 449.000,00

Jenis stylus penKapasitif
Jenis ujungBulat
Berat15,5 gram
Durasi pemakaian baterai10 jam
KompatibilitasSemua device dengan layar kapasitif (Android, iOS, Windows)
7
Jenis stylus penAktif
Jenis ujungRuncing
Berat12,2 gram
Durasi pemakaian baterai8 jam
KompatibilitasXiaomi Pad 5
6

Faber-Castell Pen Vernate 0.7 Blue Barrel

Mulai dari Rp 47.500,00

Jenis stylus penKapasitif
Jenis ujungBulat
BeratTidak disebutkan
Durasi pemakaian bateraiTidak menggunakan baterai
KompatibilitasSemua jenis smartphone (Android, iOS, Windows)
5
Jenis stylus penAktif
Jenis ujungRuncing
BeratTidak disebutkan
Durasi pemakaian baterai10 jam
KompatibilitasHuawei MatePad 11
4
Jenis stylus penAktif
Jenis ujungRuncing
Berat20,7 gram
Durasi pemakaian bateraiTidak disebutkan
KompatibilitasiOS (iPad Pro, iPad Air, and iPad mini)
3

Baseus2 IN 1 Capacitive Pen Touch Stylus Digital Pen

Mulai dari Rp 189.000,00

Jenis stylus penKapasitif
Jenis ujungDisc
BeratTidak disebutkan
Durasi pemakaian bateraiTidak menggunakan baterai
KompatibilitasSemua device dengan layar kapasitif (Android, iOS, Windows)
2
Jenis stylus penKapasitif
Jenis ujungDisc
Berat18,5 gram
Durasi pemakaian bateraiTidak menggunakan baterai
KompatibilitasSemua jenis device dengan layar kapasitif 9Android, iOS, Windows)
1

Goojodoq2-in-1 Stylus Magnetic Pen Cap

Mulai dari Rp 100.000,00

Jenis stylus penKapasitif
Jenis ujungDisc, bulat
BeratTidak disebutkan
Durasi pemakaian bateraiTidak menggunakan baterai
KompatibilitasAndroid, iOS, Windows

Pertanyaan umum seputar stylus pen untuk tablet dan smartphone

Pertanyaan umum seputar stylus pen untuk tablet dan smartphone

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar stylus pen untuk tablet dan smartphone. Simak jawabannya di bawah ini!

Berapa sering sebaiknya mengganti nib?

Secara umum, Anda bisa mengganti nib beberapa bulan sekali. Penggantian nib perlu memperhatikan faktor jenis screen protector yang digunakan, misalnya paperlike type. Anda juga bisa memakai nib cover supaya tidak perlu mengganti nib terlalu sering.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan lainnya untuk tablet dan smartphone di sini

Selain stylus pen, power bank dan pen tablet bisa memudahkan pekerjaan Anda. Aneka jenis earphone dan headphone juga bisa dipilih untuk menemani waktu luang. Berikut ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan kunjungi link berikut ini untuk melengkapi perangkat milik Anda.

Kesimpulan

Sudah menemukan stylus pen untuk tablet dan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Pertama-tama, pilihlah produk berdasarkan tujuan penggunaan Anda. Selanjutnya, pastikan produknya kompatibel dengan perangkat yang Anda miliki.


Selain jenis dan kompatibilitasnya, Anda juga bisa mempertimbangkan produk yang dilengkapi aneka fitur. Stylus pen terbaik tentunya akan makin memudahkan aktivitas Anda pada tablet dan smartphone!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu solusi untuk mendengarkan musik dengan nyaman dan praktis adalah menggunakan headphone wireless. Alat ini berukuran kecil dan portabel sehingga bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Kini, banyak merek populer, seperti JBL, Nokia, Baseus, dan Sony, yang meluncurkan Bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih dan memberi rekomendasi merek headphone Bluetooth yang bagus untuk Anda. Terdapat beragam produk mulai dari headphone Bluetooth gaming hingga yang desainnya lucu. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi dalam menentukan headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Memori penyimpanan iPhone terbatas karena tidak diberi slot microSD. Cara menambahnya bisa dengan external memory, misalnya flashdisk, hard disk, dan SDD. Ada juga card reader dengan konektor Lightning jika Anda ingin menggunakan SD card atau microSD.Ada beberapa merek external memory yang bagus, seperti SanDisk dan Leef. Kapasitasnya juga beragam, dari 32 GB hingga 4 TB. Agar Anda menemukan memori eksternal terbaik, kami akan membagikan rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan produk untuk iPhone 11, iPhone 14, dan seri lainnya. Namun, simak dahulu ulasan cara memilihnya dari kami, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Anker Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anker Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari rekomendasi power bank? Kalau begitu, Anda dapat mempertimbangkan merek Anker. Power bank Anker memiliki kualitas yang bagus. Pilihan kapasitas yang tersedia juga beragam, seperti 10.000 mAh dan 20.000 mAh.Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih power bank Anker dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan berbagi rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan produk dengan fitur fast-charging hingga wireless charging. Produk untuk iPhone pun ada. Simak ulasannya untuk menemukan power bank Anker terbaik dan awet yang original!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori