10 Rekomendasi Payung Lipat Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Payung Lipat Terbaik yang Cocok untuk Pria (Terbaru Tahun 2017)

Para pebisnis maupun pegawai kantoran biasanya ingin menyiapkan setidaknya satu payung lipat untuk mengantisipasi hujan yang sering kali datang secara tiba-tiba. Payung lipat yang cocok untuk pria sudah banyak dijual di pasaran, mulai dari yang berukuran besar sampai yang kecil. Ada juga tipe yang kuat terhadap terpaan angin kencang, tipe yang bisa dibuka-tutup dengan satu tombol, sampai yang modelnya stylish namun tidak melupakan fungsi utamanya sebagai payung. Saking banyaknya tipe payung lipat ini, sering kali kita jadi bingung saat hendak memilihnya.

Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih payung lipat yang diperuntukkan bagi pria untuk Anda yang berniat membelinya! Kami akan memperkenalkan produk payung yang sudah populer di kalangan masyarakat dengan membandingkan aspek bobot produk, daya tahan, fungsi dan sebagainya. Rekomendasi payung lipat ini akan kami urutkan dalam format ranking. Nah, payung lipat seperti apa yang paling praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, ya???

Daftar isi

Cara memilih payung lipat yang cocok untuk pria

Tentunya kita ingin agar payung lipat selalu tersedia untuk mengantisipasi hujan yang datang tiba-tiba. Namun, tidak sedikit dari kita yang pernah mengalami rusaknya payung lipat misalnya karena terbalik akibat terpaan angin yang kencang. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang patut diperhatikan ketika memilih payung lipat.

Poin paling krusial adalah daya tahan payungnya!

Payung lipat sering dianggap gampang rusak bila dibandingkan dengan payung jenis biasa. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak tersedia payung lipat yang khusus dibuat dengan daya tahan yang kuat. Poin yang perlu diperhatikan adalah jari-jari payung. Mari kita cermati poin-poin di bawah ini untuk mengetahui daya tahan sebuah payung lipat dilihat dari jari-jarinya.

Cek bahan baku dari jari-jari payungnya

Cek bahan baku dari jari-jari payungnya

Daya tahan sebuah payung ditentukan dari jari-jari payungnya, oleh karena itu kita perlu mengetahui bahan baku apa yang digunakan untuk membuat jari-jari payung tersebut.

  • Alumunium: bobotnya sangat ringan, namun daya tahannya tergolong lemah
  • Stainless: daya tahannya kuat, namun bobotnya tidak ringan
  • Glass fiber: bobotnya ringan dan daya tahannya kuat
  • Karbon: sangat unggul dalam keringanan bobotnya dan kekuatan daya tahannya

Masing-masing bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, di antara daftar bahan baku di atas, bisa dikatakan bahwa glass fiber dan karbon adalah yang paling unggul karena bobotnya yang ringan dan daya tahannya yang kuat. Bahan karbon terutama adalah yang sangat unggul dan tidak bisa disandingkan dengan alumunium maupun stainless dikarenakan bobotnya yang sangat ringan dan daya tahannya yang sangat kuat. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah payung dengan jari-jari yang terbuat dari karbon atau glass fiber.

Jumlah jari-jari payung yang paling direkomendasikan adalah 8 buah

Jumlah jari-jari payung yang paling umum digunakan adalah 8 buah. Namun, akhir-akhir ini ada juga payung yang jumlah jari-jarinya 10, 16, atau bahkan paling banyak mencapai 24 buah!

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa bila dibandingkan dengan payung 8 jari-jari, payung dengan 16 dan 24 jari-jari memiliki daya tahan yang lebih lemah di tiap jari-jari payungnya. Bagi sebuah payung lipat, bobot yang ringan merupakan poin yang penting, oleh karena itu, sebaiknya pilihlah payung lipat dengan 8 jari-jari agar keseimbangan antara bobot dan daya tahan payungnya tetap terjaga.

Cek apakah payungnya mudah dibawa ke mana-mana atau tidak

Tentunya ada banyak orang yang membawa payung di dalam tasnya saat sedang tidak turun hujan. Jangan lupa juga untuk mengecek apakah payung lipatnya bisa dimasukkan ke dalam tas atau tidak. Di antara payung lipat yang unggul dalam segi daya tahan dan fungsinya, ada yang dibuat dalam ukuran lebih besar dengan alasan agar bisa mempertahankan keunggulan fungsi serta strukturnya. Patokan untuk mengetahui apakah sebuah payung lipat mudah dibawa ke mana-mana atau tidak, bisa dilihat dari poin-poin di bawah ini.

Payung berbobot ringan menjadikannya nyaman saat dibawa ke mana-mana

Payung berbobot ringan membuat kita merasa nyaman saat membawanya ke mana-mana

Bobot payung lipat biasanya adalah sekitar 300-400 gram. Jadi, Anda bisa menjadikan 300 gram sebagai patokan apakah sebuah payung lipat termasuk berat atau ringan.

Payung lipat tipe ringan biasanya berbobot sekitar 200 gram. Sebaliknya, payung lipat yang dibuat dengan mengedepankan fungsi dan bahan dari kain payungnya ada yang berbobot lebih dari 400 gram. Untuk Anda yang selalu membawa payung lipat di dalam tas, sebaiknya pilihlah payung yang berbobot sekitar 200 gram agar tidak membebani pundak Anda.

Standar panjang payung saat dalam keadaan terlipat adalah 30 cm

Standar panjang payung saat dalam keadaan terlipat adalah 30 cm

Payung lipat memiliki tipe 2 sampai 5 lipatan. Payung lipat dengan tipe 2 lipatan adalah payung yang bisa ditutup dengan 2 tahap, dan bila dibandingkan dengan payung yang panjang pada umumnya, bagian motif pada payung ini akan terlihat lebih pendek. Selain itu, ada payung lipat dengan tipe 3 lipatan yang menjadikan payung lebih pendek lagi. Lalu, ada juga payung lipat dengan tipe 5 lipatan yang membuat ukurannya setelah dilipat hampir sama dengan panjang smartphone. Apabila Anda lebih mengutamakan segi compact, lebih baik pilihlah payung lipat dengan tipe seperti ini.

Jadikan 30 cm sebagai standar ukuran payung dalam keadaan terlipat. Apabila panjangnya lebih pendek dari itu, maka payung tersebut ukurannya lebih compact. Apabila lebih dari 30 cm, berarti payung tersebut bisa dikatakan sedikit lebih besar dari biasanya.

Cek diameter dari payung lipat yang diperuntukkan bagi pria

Cek diameter dari payung lipat yang diperuntukkan bagi pria

Jangan lupa untuk mengecek diameter payung lipat yang diperuntukkan bagi pria. Panjang diameter payung yang diperuntukkan bagi wanita biasanya sekitar 60-65 cm. Namun, panjang diameter ini berbeda untuk pria. Pundak pria biasanya lebih lebar dan kebanyakan perawakannya lebih besar dibanding wanita. Oleh karena itu, panjang diameter payung lipat yang paling ideal untuk pria kira-kira lebih dari 90 cm.

Selain itu, ada pula payung lipat berdiameter 120 cm agar lebih bisa melindungi penggunanya saat angin kencang yang dibarengi hujan lebat datang menerpa. Apabila Anda menginginkan payung yang berukuran sedikit lebih besar, sebaiknya pilihlah payung lipat tipe seperti ini. Jadikan 90 cm sebagai standar minimal diameter sebuah payung. Jika Anda menginginkan proteksi yang lebih baik lagi dari percikan air hujan, ada baiknya Anda mematok diameter payung sekitar 100 cm.

Pilihlah dari segi kepraktisan untuk dibawa ke mana-mana dan segi fungsinya

Pilihlah dari segi kepraktisan untuk dibawa ke mana-mana dan segi fungsinya

Dalam memilih payung lipat dari segi kepraktisan saat digunakan, kita perlu memeriksa perihal ada atau tidaknya fungsi buka-tutup payung secara otomatis dan apakah payung tersebut mudah untuk digenggam atau tidak. Fungsi buka-tutup payung secara otomatis membuat Anda bisa membuka payung lipat hanya dengan menekan satu tombol sehingga sangat memudahkan saat Anda membawa banyak barang atau saat sedang terburu-buru. Cukup dengan menggunakan satu tangan saja, Anda sudah bisa membuka payung lipat untuk langsung digunaka!

Apabila payung bisa digenggam sampai ke seluruh bagian tapak tangan, berarti payung tersebut tergolong payung yang mudah untuk digenggam. Payung lipat dengan gagang yang terlalu kecil akan membuatnya susah untuk digenggam dan tidak stabil jika digenggam dalam waktu lama. Mari hindari tipe payung lipat seperti ini.

Meskipun terlihat remeh, sensasi saat menggunakan payung lipat bisa berbeda-beda tergantung dari poin-poin yang sudah kami sebutkan di atas. Oleh karena itu, mari cermati terlebih dahulu tipe dan poin-poin lain dari sebuah payung lipat sebelum Anda hendak membelinya.

10 Rekomendasi payung lipat yang cocok untuk pria

Di bawah ini, kami akan mengulas tentang urutan rekomendasi payung lipat untuk pria. Kami harap daftar rekomendasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda saat hendak memilih payung lipat, baik untuk diri sendiri maupun sebagai kado untuk orang lain.

10. Payung Lipat Mini Big Black Storm

10. Payung Lipat Mini Big Black Storm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 92.500

Payung dengan diameter lebar untuk perlindungan lebih terhadap hujan

Rangka payung ini terbuat dari besi sehingga kuat terhadap angin. Panjang payung dalam keadaan terlipat kurang lebih sekitar 28 cm. Payung ini tidak terlalu memakan tempat di tas Anda atau saat disimpan di mobil sekalipun.

Diameter saat dibuka adalah 108 cm, sangat cukup untuk melindungi Anda dari hujan. Warna hitamnya memberi kesan maskulin dan cocok untuk Anda yang menyukai kesan simple pada payung lipat.

9. Payung Lipat Mini Giant Big Black Storm

9. Payung Lipat Mini Giant Big Black Storm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 97.500

Payung lipat dengan rangka besi yang kuat

Panjang payung ini dalam keadaan terlipat hanya 28 cm sehingga cukup compact untuk dibawa-bawa. Diameter payung sepanjang 112 cm mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap air hujan.

Payung ini tersedia dalam warna hitam, cocok untuk pria yang tidak ingin menggunakan payung lipat dengan warna terlalu meriah. Rangka payung terbuat dari besi yang membuatnya kuat terhadap terpaan angin.

8. Payung Candy Mini Super Windproof

8. Payung Candy Mini Super Windproof

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Payung mini yang compact dan tidak mudah terbalik

Diameter payung ini saat terbuka adalah 94 cm, cukup untuk melindungi Anda dari percikan air hujan. Ukurannya saat dilipat sangat mini bahkan hampir menyerupai ukuran smartphone! Bobotnya hanya 400 gram sehingga praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Payung ini tidak mudah terbalik dan rusak saat diterpa angin kencang. Oleh karenanya, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya di tengah hujan yang deras. Payung ini tersedia dalam berbagai macam warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

7. Payung Kecil Mini 5 Lipatan

7. Payung Kecil Mini 5 Lipatan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Payung lipat mini seukuran kotak kacamata

Kain payung ini terbuat dari nilon yang tebal dan gagang payung terbuat dari plastik. Panjang payung dalam keadaan terlipat adalah 17 cm, kira-kira sama dengan ukuran kotak kacamata! Payung ini memiliki diameter 90 cm sehingga tetap mampu melindungi Anda dari hujan dengan baik meskipun ukurannya mini.

Payung ini bertipe 5 lipatan dengan bobot payung 350 gram. Tergolong ringan untuk dibawa-bawa setiap hari di dalam tas Anda. Tersedia berbagai macam pilihan warna untuk menyesuaikan selera Anda.

6. Sky Payung Lipat Otomatis Lebar 114 cm

6. Sky Payung Lipat Otomatis Lebar 114 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Payung tipe 3 lipatan yang mudah dibawa-bawa

Payung Sky ini memiliki bobot 500 gram sehingga tidak terlalu membebani Anda saat hendak membawanya ke mana-mana. Gagang payung juga dibuat dengan ketahanan yang baik. Lebar payung saat dibuka adalah 114 cm, sangat cukup untuk melindungi Anda dari hujan.

Payung ini juga dilengkapi tombol buka-tutup pada gagangnya. Anda tidak perlu repot lagi menggunakan dua tangan saat ingin membuka tutup payung. Cukup menekan tombol dengan satu tangan, Anda bisa langsung menggunakan payung merek Sky ini!

5. Payung Lipat Otomatis Bobot 380 gram

5. Payung Lipat Otomatis Bobot 380 gram

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Payung dengan fitur tombol buka-tutup otomatis berbobot ringan

Fitur tombol buka-tutup otomatis pada payung lipat sudah mulai terkenal di kalangan konsumen, dan payung ini sudah menyediakan fitur tersebut. Cukup dengan menekan satu tombol, Anda sudah bisa menggunakan payung lipat dengan cepat. Kebanyakan payung dengan fitur tombol otomatis ini sering kali lebih berat daripada payung biasa. Namun tidak dengan payung ini karena bobotnya hanya 380 gram.

Panjang payung saat kondisi dilipat hanya 28,5 cm. Ini tergolong compact dan tidak terlalu memakan tempat di bawaan Anda. Payung ini bertipe 3 lipatan dan memiliki 8 jari-jari. Ada banyak pilihan warna untuk Anda yang menyukai payung dengan warna bervariasi.

4. Payung Lipat Alumunium Loko

4. Payung Lipat Alumunium Loko

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Payung lipat otomatis dengan gagang alumunium

Sering kali gagang payung terbuat dari bahan besi yang mudah karatan. Tapi tidak dengan payung lipat ini. Gagang payung ini terbuat dari bahan alumunium sehingga tidak mudah karatan. Otomatis payung pun menjadi lebih awet.

Payung ini memiliki tipe 3 lipatan sehingga membuatnya menjadi pendek saat dalam kondisi terlipat, hanya 25 cm saja. Diameter payung saat terbuka adalah 97 cm, sangat cukup untuk melindungi Anda ketika turun hujan.

3. Western Gun Umbrella

3. Western Gun Umbrella

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Payung lipat dengan desain senjata yang unik

Kami yakin pasti Anda tidak sering menemukan payung dengan desain gagang yang mirip senjata, ya. Desain senjata ini membuat payung terlihat unik dan memberi kesan maskulin untuk penggunanya. Desain ini sebenarnya juga berfungsi untuk membuka-tutup payung secara otomatis. Cukup dengan menekan pelatuknya, maka payungnya akan terbuka!

Payung ini memiliki diameter 102 cm dan 8 jari-jari sehingga kuat digunakan untuk melindungi dari hujan. Payung ini juga disertai tali sehingga Anda bisa menggantungnya di badan layaknya seperti sedang membawa senjata sungguhan. Tapi hati-hati jangan sampai disangka kriminal sungguhan, ya!

2. REMAX RT-U2 Payung Lipat Mini Portable

2. REMAX RT-U2 Payung Lipat Mini Portable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Payung desain mini dengan bobot super ringan

Apa Anda pernah membayangkan mempunyai payung lipat yang bobotnya sama dengan bobot buah jeruk? Payung keluaran merek REMAX ini telah mewujudkannya melalui produk payung lipat mini seri RT-U2 ini. Ukuran panjang payung saat dilipat hanya 17 cm sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas berukuran kecil sekalipun.

Tidak hanya itu, payung ini memiliki desain yang kokoh dan bisa digunakan dalam dua kondisi cuaca, yaitu saat hujan dan panas terik. Bahan yang digunakan pada payung ini adalah poliester yang mampu melindungi pengguna dari sinar UV.

1. Universal Payung Lipat Portabel Bobot 400 gram

1. Universal Payung Lipat Portabel Bobot 400 gram

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 115.000

Payung lipat yang ringan dan melindungi dari sinar UV

Payung ini dibuat dengan bahan yang kuat untuk menahan terpaan angin serta tidak mudah robek. Selain itu, payung keluaran merek Universal ini juga dirancang khusus agar mampu melindungi Anda dari panas dan sinar UV dengan lebih baik dibandingkan produk payung biasa. Tersedia beragam variasi warna yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Payung ini juga didesain dengan tombol buka-tutup otomatis sehingga penggunaannya sangat praktis. Meskipun demikian, bobot payung ini tetap ringan, yaitu 400 gram. Ukurannya setelah dilipat juga sangat kecil sehingga tidak akan memenuhi tas Anda saat dibawa ke mana-mana.

Jangan lupa juga untuk membawa jas hujan sebagai persiapan menghadapi hujan

Adakalanya kita tetap basah kuyup walau sudah memakai payung di tengah badai hujan yang sangat lebat. Untuk kondisi seperti ini, jangan lupa untuk membawa jas hujan agar bisa terlindungi secara sempurna dari hujan. Untuk Anda yang berangkat kerja dengan berjalan kaki, kenakanlah jas hujan tipe baju dan celana. Untuk Anda yang biasa bersepeda atau mengendarai kendaraan bermotor untuk berangkat kerja, kenakanlah jas hujan khusus untuk pengendara. Mari cek jenis-jenis jas hujan yang tersedia di pasaran.

Kesimpulan

Nah, bagaimana kesan Anda setelah membaca ulasan kami kali ini mengenai payung lipat yang cocok untuk pria? Produk payung lipat akhir-akhir ini sudah banyak yang dibuat dengan bobot yang ringan namun tetap kuat sehingga praktis untuk digunakan saat gerimis maupun hujan lebat dengan angin yang kencang sekalipun. Untuk Anda para pebisnis maupun karyawan, tentunya ingin selalu siap sedia payung lipat di tas, kan. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi saat ingin membeli payung lipat untuk diri sendiri maupun sebagai kado untuk teman Anda.