1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Kebutuhan rumah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Membuka payung manual ketika hujan tiba-tiba turun terkadang sangat merepotkan. Badan Anda bahkan bisa kebasahan oleh air hujan jika payung tidak dapat langsung terbuka. Karena itu, beralihlah memakai payung lipat otomatis yang dengan satu tombol akan terbuka lebar.


Kali ini kami akan mengulas cara memilih payung lipat otomatis yang melindungi tubuh dari guyuran hujan dan sinar UV. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek payung terbaik, seperti LetYeah, Hayylife, dan Perfin. Simak artikel ini sampai selesai dan temukan payung lipat otomatis yang bagus dan awet untuk Anda!

Diperbaharui 09-24-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dominiko Dhany

Sejak 2020, Dominiko menikmati berkarya di mybest sambil menyortir barang unik yang layak masuk keranjang belanjanya. Petualangan bersama mybest membawanya menjelajah bermacam kategori produk, dari komputer, olahraga, hingga outdoor gear. Pengalaman itu menjadi catatan manis dalam kariernya di bidang content creation selama 8 tahun. Ia bahkan tak mengira kalau berkontribusi di mybest memberinya pengetahuan soal skincare dan alat musik. Mungkin fashion atau bumbu masak akan menjadi pelabuhan berikutnya? Siapa tahu!

Profil Dominiko Dhany
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih payung lipat otomatis

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar payung lipat otomatis pilihan Anda tidak cepat rusak. Simak poin-poin di bawah ini untuk mendapatkan payung lipat otomatis terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Cek panjang payung sebelum dan sesudah dibuka

Cek panjang payung sebelum dan sesudah dibuka

Payung lipat otomatis memang didesain agar praktis dan mudah dibawa bepergian. Jika Anda ingin menyimpan payung lipat di dalam tas, periksa panjangnya sebelum dan sesudah dibuka.


Panjang payung lipat otomatis sebelum dibuka atau dalam kondisi dilipat biasanya sekitar 25–28 cm. Pilihlah payung dengan panjang sebelum dibuka di antara range tersebut agar memudahkan saat disimpan di dalam tas.


Jika Anda memiliki tas dengan ketinggian 28–30 cm, gagang payung lipat yang berukuran 30 cm akan mencuat dari ritsleting. Sementara itu, panjang payung lipat setelah dibuka adalah sekitar 54–60 cm. Sebaiknya, pilihlah yang sesuai dengan tinggi tubuh Anda agar nyaman digunakan.

② Agar badan tidak basah kuyup, cari payung dengan diameter yang lebar

Agar badan tidak basah kuyup, cari payung dengan diameter yang lebar

Poin yang tidak boleh terlupakan saat membeli payung lipat otomatis adalah memeriksa diameternya. Agar badan tidak basah kuyup, kami sarankan Anda memilih payung dengan diameter yang lebar. Makin lebar payung, maka makin tinggi kemampuannya dalam melindungi Anda dari hujan.


Umumnya payung lipat otomatis di pasaran berdiameter sekitar 90–110 cm. Untuk Anda yang bertubuh pendek, payung lipat berdiameter di bawah 95 cm sudah cukup untuk melindungi tubuh dari hujan. Sebaliknya, pilihlah payung dengan diameter sekitar 100–110 cm untuk pria atau jika Anda biasa membawa tas punggung.


Namun, perlu Anda ingat bahwa payung berdiameter lebar memengaruhi kemudahan Anda saat membawanya bepergian. Hal ini karena panjangnya bertambah saat kondisi tertutup.

③ Periksa bahan dan jumlah jari-jari payung

Saat memilih payung lipat, pilihlah payung yang ringan dan awet. Untuk poin ini, Anda bisa memperhatikan bahan dan jumlah jari-jari payung.

Jari berbahan karbon atau fiberglass: Memiliki daya tahan kuat terhadap angin

Jari berbahan karbon atau fiberglass: Memiliki daya tahan kuat terhadap angin
Untuk mengetahui seberapa kuat payung lipat otomatis terhadap terpaan angin, Anda bisa memeriksa bahan jari-jarinya. Berikut bahan yang umum dipakai sebagai jari-jari payung.

  • Aluminium: ringan, tetapi daya tahannya rendah
  • Stainless steel: kuat, tetapi lebih berat dari aluminium
  • Fiberglass atau karbon: ringan dan tahan lama

Dari tiga bahan utama jari-jari payung di atas, kami merekomendasikan fiberglass dan karbon. Bahan tersebut bisa dikatakan terbaik dan Anda bisa menggunakannya dalam waktu lama sehingga awet.

Jari-jari berjumlah delapan: Ringan saat dibawa

Jari-jari berjumlah delapan: Ringan saat dibawa

Jumlah jari-jari payung lipat otomatis pada umumnya adalah 8. Namun, belakangan ini ada juga payung lipat dengan jari-jari berjumlah 10, 16, dan 24. Makin banyak jari-jarinya, maka makin kuat payung lipat saat digunakan.


Hanya saja payung lipat menjadi makin berat jika jari-jarinya berjumlah banyak. Ada baiknya Anda memilih payung lipat yang memiliki jari-jari berjumlah 8. Anda akan mendapatkan payung lipat yang ringan sekaligus awet.

④ Pilih produk dengan bahan antiair terbaik

Pilih produk dengan bahan antiair terbaik

Jika Anda terbiasa melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta atau bus, pilihlah payung lipat dengan bahan antiair terbaik. Sebelum memasuki kendaraan, Anda tidak perlu mengibaskan air dari payung karena bahan antiair akan mudah kering. Berikut beberapa bahan payung lipat otomatis yang perlu Anda ketahui beserta kemampuannya menolak air.


  • Pongee

Material ini memiliki kemampuan menolak air atau water-repellent yang baik. Material ini juga mampu menahan sinar UV dengan baik. Dari segi harga, payung berbahan pongee memang sedikit lebih mahal.


  • Polister

Kemampuan water-repellent payung polister lebih rendah dari material pongee. Kelebihan payung berbahan polister adalah harganya yang terjangkau. Jika mencari payung berbahan polister, sebaiknya Anda memilih yang sudah digabungkan dengan bahan lain.


  • Vinyl

Vinyl merupakan material dengan kemampuan water-repellent yang paling baik di antara material sebelumnya. Tidak hanya itu, payung dari vinyl memiliki daya tahan yang baik dan tidak mudah rusak.

⑤ Pastikan tombol payung mudah dioperasikan

Pastikan tombol payung mudah dioperasikan

Salah satu ciri utama payung lipat otomatis adalah adanya tombol di bagian gagang. Tombol ini digunakan saat akan membuka dan menutup payung. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap perlu memendekkan payung secara manual dengan tangan.


Payung lipat otomatis sangat praktis digunakan saat hujan turun tiba-tiba. Karena itu, pastikan tombolnya mudah dioperasikan sehingga payung dapat langsung terbuka dalam sekali klik. Anda bisa mencobanya jika membeli langsung di toko. Jika membeli secara online, sebaiknya cek lebih dahulu review dari pembeli.

⑥ Usahakan memilih payung yang dapat melindungi dari hujan dan panas matahari

Usahakan memilih payung yang dapat melindungi dari hujan dan panas matahari

Belakangan ini mulai banyak payung lipat yang tidak hanya bisa digunakan saat hujan, tetapi juga cuaca cerah. Dengan payung ini, Anda bisa merasa lebih sejuk hingga 3–7º di bawah sinar matahari. Tentu saja semua tergantung dari bahan dan kualitas produk. Kami sangat merekomendasikan Anda memilih payung yang memiliki fungsi kombinasi ini.

10 Rekomendasi payung lipat otomatis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk payung lipat otomatis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

MIISOO

Payung Lipat Otomatis Motif Buah

MIISOO Payung Lipat Otomatis Motif Buah 1枚目

Payung lipat motif lucu dengan harga terjangkau

2

Hayylife

Payung Otomatis

Hayylife Payung Otomatis 1枚目

Tidak perlu masuk tas, payung bisa menggantung dengan mudah

3

Perfin

Payung Lipat Lapisan Hitam 96 CM

Perfin Payung Lipat Lapisan Hitam 96 CM 1枚目

Tetap aman berjalan pada malam hari dengan adanya lampu LED

4

LetYeah

Payung Lipat Otomatis Anti UV

LetYeah Payung Lipat Otomatis Anti UV 1枚目

Rangka payung kokoh berlapis, tetap aman meski angin berhembus kencang

5

Ainuowei

Automatic Folding Umbrella

Ainuowei Automatic Folding Umbrella 1枚目

Diameternya lebar, bisa romantis di bawah payung sama pasangan

6

Winpu

Payung Lipat 3 Automatic

Winpu Payung Lipat 3 Automatic 1枚目

Bebas gerah di bawah terik matahari dengan lapisan anti-UV berwarna silver

7

Plato

Reverse Automatic Umbrella

Plato Reverse Automatic Umbrella 1枚目

Payungnya terbalik, ruangan Anda tidak akan kebasahan lagi

8

Loko

Payung Lipat Otomatis Mini

Loko Payung Lipat Otomatis Mini 1枚目

Payung lipat mini yang praktis dibawa-bawa

9

Nagoya

Payung Lipat Otomatis

Nagoya Payung Lipat Otomatis 1枚目

Tampil trendi ala Korea meski hujan turun

10

Ace Hardware

Ace Payung Lipat

Ace Hardware  Ace Payung Lipat  1枚目

Si jagoan yang melindungi tubuh dari hujan deras

Perincian produk
Close
No.1

MIISOOPayung Lipat Otomatis Motif Buah

Mulai dari Rp70.000,00

Payung lipat motif lucu dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau untuk payung lipat otomatis

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa proses menutup payung cukup sulit

Bagi Anda remaja wanita dengan karakter ceria, produk ini mungkin cocok untuk dipilih. Payung lipat otomatis ini ditawarkan dalam lima motif buah dengan kombinasi warna yang menarik.


Dengan memakai payung berwarna cerah ini, kami pastikan mood Anda tetap baik meski hujan tengah mengguyur. Anda pun tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk mendapatkan payung lipat yang bagus untuk remaja ini.

No.2

HayylifePayung OtomatisHL-AGF587

Mulai dari Rp150.000,00

Tidak perlu masuk tas, payung bisa menggantung dengan mudah

Kelebihan:

  • Dilengkapi pegangan dengan gesper yang bisa berputar 360º, memudahkan Anda menggantungkan payung pada handel tas

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa payung tidak bisa menutup rapat setelah tombol ditekan

Payung lipat otomatis ini memiliki pegangan dengan gesper yang bisa berputar 360º. Anda cukup memutar gesper saat ingin menggantungkan payung pada handel tas. Produk ini merupakan payung lipat terbaik untuk Anda yang hanya membawa handbag saat bepergian.


Adanya gesper menguntungkan ketika payung dalam kondisi basah karena tidak perlu dimasukkan ke dalam tas. Memiliki tujuh varian warna yang menarik, Anda pun bisa menyelaraskannya dengan warna tas Anda.

No.3

PerfinPayung Lipat Lapisan Hitam 96 CM

Mulai dari Rp89.000,00

Tetap aman berjalan pada malam hari dengan adanya lampu LED

Kelebihan:

  • Dilengkapi lampu LED untuk penerangan ketika hujan pada malam hari

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa proses menutup payung cukup berat

Jika penerangan jalan di daerah rumah Anda terbatas, sebaiknya beli payung lipat otomatis ini. Jalan yang licin dan gelap ketika hujan akan lebih terlihat dengan memakai produk ini. Pasalnya payung ini dilengkapi lampu LED di bagian bawah gagang yang dapat Anda gunakan untuk menerangi jalan. Selain itu, tiang produk ini dicat warna hitam yang diklaim tahan terhadap karat.

No.4

LetYeahPayung Lipat Otomatis Anti UV

Mulai dari Rp90.000,00

Rangka payung kokoh berlapis, tetap aman meski angin berhembus kencang

Kelebihan:

  • Tulang rangka payung kukuh dan kuat terhadap angin kencang

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa proses memendekkan payung cukup susah

Payung lipat otomatis ini didesain dengan rangka berlapis serta sangat kukuh. Rangka ini sangat kuat, bahkan bisa menahan hembusan angin yang kencang. Jadi, pakailah produk ini bila Anda terpaksa harus keluar rumah saat hujan deras disertai angin. Di samping itu, payung ini menggunakan bahan vinyl tebal yang dapat melindungi tubuh Anda dari hujan dan juga sinar UV.

No.5

AinuoweiAutomatic Folding Umbrella

Mulai dari Rp159.000,00

Diameternya lebar, bisa romantis di bawah payung sama pasangan

Kelebihan:

  • Memiliki diameter yang lebar, cocok untuk digunakan berdua bersama orang lain

Kekurangan:

  • Karena berukuran besar, payung kurang praktis disimpan

Anda butuh payung lipat otomatis terbaik untuk dipakai berdua dengan pasangan? Jika iya, kami merekomendasikan produk ini. Payung lipat ini memiliki diameter yang sangat lebar, yakni 110 cm. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan terlindungi sempurna dari air hujan yang mengguyur. Namun, payung ini lebih pas disimpan di dalam tas ransel yang besar karena ukurannya cukup panjang.

No.6

WinpuPayung Lipat 3 Automatic

Mulai dari Rp80.000,00

Bebas gerah di bawah terik matahari dengan lapisan anti-UV berwarna silver

Kelebihan:

  • Lapisan bagian dalam payung berwarna silver yang tidak menyerap panas

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa tombol payung ringkih

Hampir semua payung lipat otomatis berfungsi ganda, yakni untuk perlindungan hujan dan sinar UV. Namun, yang berbeda dari produk ini adalah lapisan bagian dalamnya yang berwarna silver.


Lapisan silver ini efektif menangkal efek buruk sinar matahari serta tidak menyerap panas. Jadi, jangan lewatkan produk ini untuk Anda wanita yang tidak ingin kulit rusak serta kegerahan.

No.7

PlatoReverse Automatic Umbrella

Mulai dari Rp115.000,00

Payungnya terbalik, ruangan Anda tidak akan kebasahan lagi

Kelebihan:

  • Didesain terbalik yang mencegah air tumpah ke dalam mobil atau ruangan
  • Dilengkapi garis reflective yang berfungsi sebagai penerang saat gelap

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bobot payung cukup berat

Produk ini merupakan payung inovasi terkini yang didesain terbalik atau menutup ke dalam. Karena menutup ke dalam, air hujan akan tertampung di dalamnya. Dengan begitu, air hujan akan tetap tersimpan di dalam payung dan tidak akan membasahi ruangan atau kendaraan.


Payung lipat otomatis ini akan memudahkan Anda ketika keluar dan masuk mobil karena tidak membutuhkan banyak tempat untuk dilipat. Produk ini memang diperuntukkan bagi pengguna mobil yang biasa menyimpan payung.

No.8

LokoPayung Lipat Otomatis Mini

Mulai dari Rp100.000,00

Payung lipat mini yang praktis dibawa-bawa

Kelebihan:

  • Berbentuk mini, cocok dimasukkan ke dalam tas kecil dan juga travelling

Kekurangan:

  • Karena kecil, kurang mampu melindungi tubuh saat hujan lebat
  • Lapisan dalam payung berwarna putih yang dapat memantulkan cahaya matahari ke wajah

Payung lipat otomatis ini memiliki ukuran panjang 20 cm sebelum dibuka dan 44 cm setelah dibuka. Karena ukurannya yang mini, produk ini cukup praktis saat dimasukkan ke dalam tas. Bagi Anda yang sering membawa tas kecil, payung ini tidak akan membuat Anda kerepotan. Selain itu, Anda akan mendapatkan sarung yang membuat payung terlipat rapi dan tidak memakan tempat.

No.9

NagoyaPayung Lipat Otomatis

Mulai dari Rp109.295,00

Tampil trendi ala Korea meski hujan turun

Kelebihan:

  • Tampil beda dengan desain ala Korea

Kekurangan:

  • Payung agak keras untuk dipendekkan kembali apabila masih baru

Anda bisa tampil trendi menggunakan payung lipat otomatis ini meski hujan sedang turun, lho. Produk ini didesain dengan warna polos dan garis pinggir bermotif kotak-kotak ala Korea yang sangat kekinian. Produk ini cocok dikenakan oleh anak muda untuk sekolah, ke kampus, atau jalan-jalan ke luar rumah saat hujan.

No.10

Ace Hardware Ace Payung Lipat

Mulai dari Rp129.000,00

Si jagoan yang melindungi tubuh dari hujan deras

Kelebihan:

  • Menggunakan material pongee dengan kemampuan water-repellent yang baik

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu warna, kurang cocok untuk Anda yang suka tampil berwarna

Apakah Anda mencari rekomendasi payung lipat otomatis yang mampu melindungi tubuh dengan baik? Jawabannya adalah produk Ace Hardware ini. Payung ini dibuat dari bahan pongee yang dikenal memiliki kemampuan water-repellent yang baik.


Material tersebut juga mampu menangkal sinar UV lebih baik dari material lain. Tambahan lagi, desain payung ini yang eksklusif sangat pas berpadu dengan outfit Anda ke kantor.

Cara memperbaiki payung lipat otomatis

Cara memperbaiki payung lipat otomatis

Payung lipat otomatis memang terkenal mudah rusak dibandingkan payung biasa, terlebih jika Anda kurang hati-hati saat memakainya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan tips cara memperbaiki payung lipat otomatis jika mengalami kerusakan. Berikut tips singkat memperbaiki payung berdasarkan bagian yang paling umum mengalami kerusakan.


  • Jari-jari

Gunakan logam dari antena TV atau radio lama Anda untuk meluruskan jari-jari payung yang patah. Setelah itu, jepit logam tersebut menggunakan tang di kedua sisinya, lalu coba buka dan tutup payung. Jika tidak jatuh, payung sudah berhasil diperbaiki.


  • Ujung jarum payung

Ambil kawat stainless, kemudian masukkan ke dalam bagian jarum rajut. Setelah itu, satukan dengan kain payung dan putar menjadi bentuk bola agar tidak membahayakan.

Baca juga rekomendasi payung lainnya di sini

Payung lipat otomatis bukan satu-satunya jenis payung yang bisa Anda pertimbangkan. Anda pun dapat memilih payung lipat biasa, payung anti-UV, hingga payung untuk anak. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya di artikel-artikel berikut. Yuk, disimak!

Kesimpulan

Membawa payung lipat otomatis di dalam tas tentu lebih praktis. Untuk membuka dan menutupnya, Anda hanya perlu menekan tombol di bagian gagang. Selain melindungi Anda saat hujan, produknya bisa melindungi Anda dari panas matahari.


Perhatikan juga panjang dan lebar payung agar pas di dalam tas Anda. Jumlah dan bahan jari-jari payung pun perlu dicek. Dari semua rekomendasi di atas, sudahkah Anda menemukan payung lipat otomatis terbaik?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer