• 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Payung Lipat Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Membuka payung manual ketika hujan tiba-tiba turun terkadang sangat merepotkan. Badan Anda bahkan bisa kebasahan oleh air hujan jika payung tidak dapat langsung terbuka. Karena itu, beralihlah memakai payung lipat otomatis yang dengan satu tombol akan terbuka lebar.


Kali ini kami akan mengulas cara memilih payung lipat otomatis yang melindungi tubuh dari guyuran hujan dan sinar UV. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek payung terbaik, seperti LetYeah, Hayylife, dan Perfin. Simak artikel ini sampai selesai dan temukan payung lipat otomatis yang bagus dan awet untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dominiko Dhany
  • Pembaharuan terakhir: 24 September 2022
Daftar isi

Cara memilih payung lipat otomatis

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar payung lipat otomatis pilihan Anda tidak cepat rusak. Simak poin-poin di bawah ini untuk mendapatkan payung lipat otomatis terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek panjang payung sebelum dan sesudah dibuka

Cek panjang payung sebelum dan sesudah dibuka

Payung lipat otomatis memang didesain agar praktis dan mudah dibawa bepergian. Jika Anda ingin menyimpan payung lipat di dalam tas, periksa panjangnya sebelum dan sesudah dibuka.


Panjang payung lipat otomatis sebelum dibuka atau dalam kondisi dilipat biasanya sekitar 25–28 cm. Pilihlah payung dengan panjang sebelum dibuka di antara range tersebut agar memudahkan saat disimpan di dalam tas.


Jika Anda memiliki tas dengan ketinggian 28–30 cm, gagang payung lipat yang berukuran 30 cm akan mencuat dari ritsleting. Sementara itu, panjang payung lipat setelah dibuka adalah sekitar 54–60 cm. Sebaiknya, pilihlah yang sesuai dengan tinggi tubuh Anda agar nyaman digunakan.

Agar badan tidak basah kuyup, cari payung dengan diameter yang lebar

Agar badan tidak basah kuyup, cari payung dengan diameter yang lebar

Poin yang tidak boleh terlupakan saat membeli payung lipat otomatis adalah memeriksa diameternya. Agar badan tidak basah kuyup, kami sarankan Anda memilih payung dengan diameter yang lebar. Makin lebar payung, maka makin tinggi kemampuannya dalam melindungi Anda dari hujan.


Umumnya payung lipat otomatis di pasaran berdiameter sekitar 90–110 cm. Untuk Anda yang bertubuh pendek, payung lipat berdiameter di bawah 95 cm sudah cukup untuk melindungi tubuh dari hujan. Sebaliknya, pilihlah payung dengan diameter sekitar 100–110 cm untuk pria atau jika Anda biasa membawa tas punggung.


Namun, perlu Anda ingat bahwa payung berdiameter lebar memengaruhi kemudahan Anda saat membawanya bepergian. Hal ini karena panjangnya bertambah saat kondisi tertutup.

Periksa bahan dan jumlah jari-jari payung

Saat memilih payung lipat, pilihlah payung yang ringan dan awet. Untuk poin ini, Anda bisa memperhatikan bahan dan jumlah jari-jari payung.

Jari berbahan karbon atau fiberglass: Memiliki daya tahan kuat terhadap angin

Jari berbahan karbon atau fiberglass: Memiliki daya tahan kuat terhadap angin
Untuk mengetahui seberapa kuat payung lipat otomatis terhadap terpaan angin, Anda bisa memeriksa bahan jari-jarinya. Berikut bahan yang umum dipakai sebagai jari-jari payung.

  • Aluminium: ringan, tetapi daya tahannya rendah
  • Stainless steel: kuat, tetapi lebih berat dari aluminium
  • Fiberglass atau karbon: ringan dan tahan lama

Dari tiga bahan utama jari-jari payung di atas, kami merekomendasikan fiberglass dan karbon. Bahan tersebut bisa dikatakan terbaik dan Anda bisa menggunakannya dalam waktu lama sehingga awet.

Jari-jari berjumlah delapan: Ringan saat dibawa

Jari-jari berjumlah delapan: Ringan saat dibawa

Jumlah jari-jari payung lipat otomatis pada umumnya adalah 8. Namun, belakangan ini ada juga payung lipat dengan jari-jari berjumlah 10, 16, dan 24. Makin banyak jari-jarinya, maka makin kuat payung lipat saat digunakan.


Hanya saja payung lipat menjadi makin berat jika jari-jarinya berjumlah banyak. Ada baiknya Anda memilih payung lipat yang memiliki jari-jari berjumlah 8. Anda akan mendapatkan payung lipat yang ringan sekaligus awet.

Pilih produk dengan bahan antiair terbaik

Pilih produk dengan bahan antiair terbaik

Jika Anda terbiasa melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta atau bus, pilihlah payung lipat dengan bahan antiair terbaik. Sebelum memasuki kendaraan, Anda tidak perlu mengibaskan air dari payung karena bahan antiair akan mudah kering. Berikut beberapa bahan payung lipat otomatis yang perlu Anda ketahui beserta kemampuannya menolak air.


  • Pongee

Material ini memiliki kemampuan menolak air atau water-repellent yang baik. Material ini juga mampu menahan sinar UV dengan baik. Dari segi harga, payung berbahan pongee memang sedikit lebih mahal.


  • Polister

Kemampuan water-repellent payung polister lebih rendah dari material pongee. Kelebihan payung berbahan polister adalah harganya yang terjangkau. Jika mencari payung berbahan polister, sebaiknya Anda memilih yang sudah digabungkan dengan bahan lain.


  • Vinyl

Vinyl merupakan material dengan kemampuan water-repellent yang paling baik di antara material sebelumnya. Tidak hanya itu, payung dari vinyl memiliki daya tahan yang baik dan tidak mudah rusak.

Pastikan tombol payung mudah dioperasikan

Pastikan tombol payung mudah dioperasikan

Salah satu ciri utama payung lipat otomatis adalah adanya tombol di bagian gagang. Tombol ini digunakan saat akan membuka dan menutup payung. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap perlu memendekkan payung secara manual dengan tangan.


Payung lipat otomatis sangat praktis digunakan saat hujan turun tiba-tiba. Karena itu, pastikan tombolnya mudah dioperasikan sehingga payung dapat langsung terbuka dalam sekali klik. Anda bisa mencobanya jika membeli langsung di toko. Jika membeli secara online, sebaiknya cek lebih dahulu review dari pembeli.

Usahakan memilih payung yang dapat melindungi dari hujan dan panas matahari

Usahakan memilih payung yang dapat melindungi dari hujan dan panas matahari

Belakangan ini mulai banyak payung lipat yang tidak hanya bisa digunakan saat hujan, tetapi juga cuaca cerah. Dengan payung ini, Anda bisa merasa lebih sejuk hingga 3–7º di bawah sinar matahari. Tentu saja semua tergantung dari bahan dan kualitas produk. Kami sangat merekomendasikan Anda memilih payung yang memiliki fungsi kombinasi ini.

10 Rekomendasi payung lipat otomatis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk payung lipat otomatis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 23 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Xiaomi Pinluo Automatic Folding Umbrella menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa MIISOO Payung Lipat Otomatis Motif Buah memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
MIISOO Payung Lipat Otomatis Motif Buah 1

MIISOO

2
Hayylife Payung Otomatis 1

Hayylife

3
Perfin Payung Lipat Lapisan Hitam 96 CM 1

Perfin

4
LetYeah Payung Lipat Otomatis Anti UV 1

LetYeah

5
Ainuowei Automatic Folding Umbrella 1

Ainuowei

6
Winpu Payung Lipat 3 Automatic 1

Winpu

7
Plato Reverse Automatic Umbrella 1

Plato

8
Loko Payung Lipat Otomatis Mini 1

Loko

9
Nagoya Payung Lipat Otomatis 1

Nagoya

10
Ace Hardware  Ace Payung Lipat  1

Ace Hardware

Nama produk

Payung Lipat Otomatis Motif Buah

Payung Otomatis

Payung Lipat Lapisan Hitam 96 CM

Payung Lipat Otomatis Anti UV

Automatic Folding Umbrella

Payung Lipat 3 Automatic

Reverse Automatic Umbrella

Payung Lipat Otomatis Mini

Payung Lipat Otomatis

Ace Payung Lipat

Keunggulan

Payung lipat motif lucu dengan harga terjangkau

Tidak perlu masuk tas, payung bisa menggantung dengan mudah

Tetap aman berjalan pada malam hari dengan adanya lampu LED

Rangka payung kokoh berlapis, tetap aman meski angin berhembus kencang

Diameternya lebar, bisa romantis di bawah payung sama pasangan

Bebas gerah di bawah terik matahari dengan lapisan anti-UV berwarna silver

Payungnya terbalik, ruangan Anda tidak akan kebasahan lagi

Payung lipat mini yang praktis dibawa-bawa

Tampil trendi ala Korea meski hujan turun

Si jagoan yang melindungi tubuh dari hujan deras

Harga mulai dariRp 70.000,00Rp 150.000,00Rp 89.000,00Rp 90.000,00Rp 159.000,00Rp 80.000,00Rp 115.000,00Rp 100.000,00Rp 109.295,00Rp 129.000,00
Panjang sebelum dibuka28 cm28 cm27 cm28 cm34 cm28,5 cm31 cm20 cm28,5 cmTidak ada keterangan
Panjang setelah dibuka57 cm60–70 cm55 cm56 cm65 cm54 cm58 cm44 cm54 cmTidak ada keterangan
Diameter98 cm100 cm96 cm98 cm110 cm98 cm105 cm94 cm98 cm98 cm
Berat234 gramTidak ada keteranganTidak ada keterangan340 gram420 gram380 gram500 gramTidak ada keteranganTidak ada keterangan260 gram
Bahan jari-jariAluminium, serat kacaAluminiumTidak ada keteranganTidak ada keteranganAluminiumTidak ada keteranganFiber, aluminiumTidak ada keteranganTidak ada keteranganFiber, aluminium
Bahan antiairPongeeVinylTidak ada keteranganKain, vinylPolister, pongeeTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganPongee
Jumlah jari-jari8888Tidak ada keterangan8Tidak ada keterangan68Tidak diketahui
Anti-UVxx
Tautan produk
10

Ace Hardware Ace Payung Lipat

Mulai dari Rp 129.000,00

Panjang sebelum dibukaTidak ada keterangan
Panjang setelah dibukaTidak ada keterangan
Diameter98 cm
Berat260 gram
Bahan jari-jariFiber, aluminium
Bahan antiairPongee
Jumlah jari-jariTidak diketahui
Anti-UV
9
Panjang sebelum dibuka28,5 cm
Panjang setelah dibuka54 cm
Diameter98 cm
BeratTidak ada keterangan
Bahan jari-jariTidak ada keterangan
Bahan antiairTidak ada keterangan
Jumlah jari-jari8
Anti-UVx
8
Panjang sebelum dibuka20 cm
Panjang setelah dibuka44 cm
Diameter94 cm
BeratTidak ada keterangan
Bahan jari-jariTidak ada keterangan
Bahan antiairTidak ada keterangan
Jumlah jari-jari6
Anti-UV
7
Panjang sebelum dibuka31 cm
Panjang setelah dibuka58 cm
Diameter105 cm
Berat500 gram
Bahan jari-jariFiber, aluminium
Bahan antiairTidak ada keterangan
Jumlah jari-jariTidak ada keterangan
Anti-UVx
6
Panjang sebelum dibuka28,5 cm
Panjang setelah dibuka54 cm
Diameter98 cm
Berat380 gram
Bahan jari-jariTidak ada keterangan
Bahan antiairTidak ada keterangan
Jumlah jari-jari8
Anti-UV
5

AinuoweiAutomatic Folding Umbrella

Mulai dari Rp 159.000,00

Panjang sebelum dibuka34 cm
Panjang setelah dibuka65 cm
Diameter110 cm
Berat420 gram
Bahan jari-jariAluminium
Bahan antiairPolister, pongee
Jumlah jari-jariTidak ada keterangan
Anti-UV
4

LetYeahPayung Lipat Otomatis Anti UV

Mulai dari Rp 90.000,00

Panjang sebelum dibuka28 cm
Panjang setelah dibuka56 cm
Diameter98 cm
Berat340 gram
Bahan jari-jariTidak ada keterangan
Bahan antiairKain, vinyl
Jumlah jari-jari8
Anti-UV
3

PerfinPayung Lipat Lapisan Hitam 96 CM

Mulai dari Rp 89.000,00

Panjang sebelum dibuka27 cm
Panjang setelah dibuka55 cm
Diameter96 cm
BeratTidak ada keterangan
Bahan jari-jariTidak ada keterangan
Bahan antiairTidak ada keterangan
Jumlah jari-jari8
Anti-UV
2

HayylifePayung Otomatis

HL-AGF587

Mulai dari Rp 150.000,00

Panjang sebelum dibuka28 cm
Panjang setelah dibuka60–70 cm
Diameter100 cm
BeratTidak ada keterangan
Bahan jari-jariAluminium
Bahan antiairVinyl
Jumlah jari-jari8
Anti-UV
1
Panjang sebelum dibuka28 cm
Panjang setelah dibuka57 cm
Diameter98 cm
Berat234 gram
Bahan jari-jariAluminium, serat kaca
Bahan antiairPongee
Jumlah jari-jari8
Anti-UV

Cara memperbaiki payung lipat otomatis

Cara memperbaiki payung lipat otomatis

Payung lipat otomatis memang terkenal mudah rusak dibandingkan payung biasa, terlebih jika Anda kurang hati-hati saat memakainya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan tips cara memperbaiki payung lipat otomatis jika mengalami kerusakan. Berikut tips singkat memperbaiki payung berdasarkan bagian yang paling umum mengalami kerusakan.


  • Jari-jari

Gunakan logam dari antena TV atau radio lama Anda untuk meluruskan jari-jari payung yang patah. Setelah itu, jepit logam tersebut menggunakan tang di kedua sisinya, lalu coba buka dan tutup payung. Jika tidak jatuh, payung sudah berhasil diperbaiki.


  • Ujung jarum payung

Ambil kawat stainless, kemudian masukkan ke dalam bagian jarum rajut. Setelah itu, satukan dengan kain payung dan putar menjadi bentuk bola agar tidak membahayakan.

Baca juga rekomendasi payung lainnya di sini

Payung lipat otomatis bukan satu-satunya jenis payung yang bisa Anda pertimbangkan. Anda pun dapat memilih payung lipat biasa, payung anti-UV, hingga payung untuk anak. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya di artikel-artikel berikut. Yuk, disimak!

Kesimpulan

Membawa payung lipat otomatis di dalam tas tentu lebih praktis. Untuk membuka dan menutupnya, Anda hanya perlu menekan tombol di bagian gagang. Selain melindungi Anda saat hujan, produknya bisa melindungi Anda dari panas matahari.


Perhatikan juga panjang dan lebar payung agar pas di dalam tas Anda. Jumlah dan bahan jari-jari payung pun perlu dicek. Dari semua rekomendasi di atas, sudahkah Anda menemukan payung lipat otomatis terbaik?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Di pasaran Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Tak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara melindungi mata saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti UV. Namun, banyak orang kebingungan saat mencari kacamata yang efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti UV agar Anda dapat menemukan produk yang bagus sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai merek, seperti RockBros, GREY JACK, dan Bitzen. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi mata Anda dari radiasi UV!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau down jacket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari merek The North Face, CONSINA, UNIQLO, dan lain sebagainya.Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan maupun yang mudah dilipat. Bukan hanya itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket yang bagus. Jadi, selamat menyimak dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa angin adalah item yang digunakan untuk mengisi angin pada ban sepeda, kolam renang mini, pelampung, dan lain-lain. Pompa angin sendiri ada berbagai jenis, mulai dari yang portabel, manual, hingga memiliki beberapa katup berbeda. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memilih pompa angin yang bagus?Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi pompa angin terbaik seperti merek United dan Wheel Up. Tidak lupa kami juga akan memberitahukan cara memilih pompa angin yang tepat untuk Anda. Jadi, pastikan Anda membaca artikel kami sampai selesai, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Nesting Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nesting Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk Anda yang suka kegiatan oudoor seperti berkemah atau mendaki gunung pasti sudah tidak asing dengan nesting. Nesting adalah salah satu peralatan memasak yang biasa dipakai saat camping. Ada berbagai bentuk dan merek nesting yang bagus di pasaran, mulai dari Consina, Naturehike, dan lainnya. Produk nesting memiliki keunggulan masing-masing. Nesting tabung untuk merebus, ceper untuk menumis atau menggoreng, dan sebagainya. Kami akan memberikan tips memilih sekaligus merekomendasikan produk nesting camping terbaik untuk Anda. Anda para pendaki wajib membacanya hingga tuntas sebab ada banyak produk nesting untuk mendaki gunung!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya di pantai, Anda bisa memakai handuk pantai atau beach towel selama camping atau untuk menghias rumah. Handuk pantai yang tak lagi dipakai bahkan bisa dijadikan cover sofa atau hiasan dinding! Terlebih lagi, ukuran, desain, dan jenis handuk pantai juga beragam.Daripada galau, lebih baik Anda membaca cara memilih handuk pantai yang bagus dari artikel kami berikut ini. Ada banyak produk dari merek ternama yang bisa dipilih, seperti Naturehike, Frenchie, dan Fipper. Motifnya juga kekinian! Yuk, scroll ke bawah untuk mendapatkan referensi handuk pantai yang keren!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori