• 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dari sekian banyak jenis alat tulis, penghapus termasuk alat tulis yang wajib dimiliki. Jika dahulu penghapus hanya digunakan untuk pensil, saat ini bermunculan penghapus yang bahkan mampu menghapus pena dan tinta bolpoin. Banyaknya produk yang beragam tentu membuat Anda bingung.


Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih penghapus yang bagus. Produk-produk terbaik dari merk ternama, seperti Faber-Castell, Swordfish, Joyko, dan Staedtler juga akan kami ulas di bawah ini. Kami juga berkolaborasi dengan illustrator kami, Karina Doniho. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Karina Doniho
Tanti Amelia
Dhany Pramata
  • Pembaharuan terakhir: 28 Juni 2021
  • 22.874 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Berkolaborasi dengan watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Karina adalah seorang watercolorist, illustrator, dan abstract artist berbasis di Yokohama yang dikenal dengan pen-name Karinpyong. Karina telah aktif freelancing sebagai artist sejak SMA.


Karina pernah terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter buku Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Karina juga salah satu artist dalam project American Beauty milik Alya Michelson. Karina terpilih menjadi salah satu dari 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Cara memilih penghapus

Ketika akan membeli penghapus, mungkin Anda belum mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kebanyakan orang hanya memperhatikan dari segi harga atau bentuknya saja. Namun, sebenarnya ada beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih penghapus.

Sesuaikanlah jenis penghapus dengan kebutuhan

Secara umum, penghapus dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan jenis bahannya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan perbedaan dari tiap-tiap bahan tersebut.

Penghapus plastik/vinyl: Untuk menghapus tulisan dari pensil

Penghapus plastik/vinyl: Untuk menghapus tulisan dari pensil

Sesuai dengan namanya, penghapus plastik biasanya dibuat dari bahan plastik, contohnya polyvinyl chloride (PVC). Jenis ini merupakan jenis yang paling umum digunakan karena memiliki kemampuan menghapus yang tinggi. Karena itu, penghapus plastik cocok digunakan untuk kegiatan belajar.


Ada beragam penghapus plastik yang dijual di pasaran. Ada yang ringan, ada yang serpihannya mudah dibersihkan, ada juga yang memiliki bentuk unik. Sayangnya, jenis ini bisa meleleh atau lengket jika diletakkan di atas penggaris plastik dalam waktu lama. Karena itu, Anda perlu menyimpan penghapus ini di dalam wadah atau kantong tersendiri.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Penghapus plastik ini paling umum, ringan, dan mudah didapatkan dibandingkan jenis penghapus lain. Ukuran dari penghapus plastik pun ada yang kecil sekali, sedang, besar, dan extra jumbo. Jadi, sesuaikan juga ukurannya bila Anda sering menghapus. Selain itu, sesuaikan juga dengan kapasitas wadah penyimpanan alat-alat tulis Anda.


Adakalanya kita bisa menghapus lebih mudah dengan penghapus pasir atau vinyl tergantung dari kekerasan dan kelunakan pensil yang digores di atas kertas. Namun, hal itu jarang dan penghapus plastik pun sekarang ada banyak jenisnya. Jenis-jenis penghapus plastik tersebut bisa membantu kita menghapus lebih mudah sesuai dengan kekerasan pensilnya.

Penghapus pasir: Untuk menghapus bekas tinta bolpoin

Penghapus pasir: Untuk menghapus bekas tinta bolpoin

Penghapus pasir direkomendasikan untuk menghapus tulisan yang tidak bisa dihapus dengan penghapus plastik, contohnya bekas tinta printer dan tinta bolpoin. Untuk menghapus tinta, jenis ini menggunakan bahan abrasif seperti pasir silika yang bekerja dengan cara menggores permukaan kertas.


Berbeda dengan cairan pengoreksi, penghapus pasir tidak meninggalkan bekas penghapus yang kentara di kertas. Jadi, jika Anda tidak ingin hasil karya Anda ternoda dengan bekas penghapus, gunakanlah penghapus pasir.


Saat ini, telah banyak dijual penghapus pasir dengan berbagai ukuran, dari yang standar hingga pen type yang praktis untuk menghapus area kecil. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda memiliki satu penghapus pasir. Namun, berhati-hatilah ketika memakai penghapus pasir karena kertas bisa saja sobek saat proses penghapusan.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Selain correction-pen, penghapus pasir ini terkadang bisa menjadi pilihan lain untuk menghapus tinta. Teksturnya jauh lebih kasar daripada penghapus plastik sehingga kita tidak mudah salah kira ketika akan menggunakannya.

Penghapus uli (kneaded eraser): Cocok untuk yang memiliki hobi menggambar

Penghapus uli (kneaded eraser): Cocok untuk yang memiliki hobi menggambar

Penghapus uli (kneaded eraser) mempunyai tekstur yang lunak dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Cara menggunakannya adalah dengan menekan penghapus di bagian yang ingin dihapus. Lalu, penghapus akan menyerap grafit dari pensil. Bagian yang sudah kotor bisa dilipat ke dalam dan Anda bisa memakai bagian yang bersih untuk menghapus.


Penghapus ini tidak hanya bisa digunakan untuk menghapus goresan pensil seperti penghapus biasa. Jenis juga bisa dipakai untuk menghasilkan efek shading dan highlighting agar hasil gambaran Anda tampak lebih hidup. Selain itu, penghapus ini juga tidak merusak kertas dan tidak meninggalkan serpihan penghapus.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Penghapus uli ini memang khusus dipakai untuk menggambar terutama untuk yang suka menggambar dengan pensil (hitam dan putih). Meskipun mudah kotor, penghapus ini elastis untuk dibentuk. Penghapus uli bisa dibagi-bagi atau dibentuk sesuai kebutuhan saat berkarya.

Carilah penghapus yang tidak banyak menghasilkan serpihan

Carilah penghapus yang tidak banyak menghasilkan serpihan

Jika penghapus yang Anda beli banyak menghasilkan serpihan, Anda tentu akan repot membersihkannya. Karena itu, pilihlah penghapus yang tidak banyak menghasilkan serpihan. Anda juga bisa memilih penghapus tipe dust catch yang serpihannya tidak berserakan dan mudah dibersihkan. Tidak stres lagi gara-gara serpihan penghapus, deh!


Penghapus yang berwarna selain putih juga bisa dipilih, contohnya penghapus warna hitam. Karena warnanya yang mencolok, serpihannya akan mudah ditemukan dan dibersihkan. Selain itu, kotoran yang menempel pada penghapus warna hitam juga tidak akan terlihat sehingga tak akan tampak kusam.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Ada orang yang tidak suka bila penghapus menghasilkan banyak serpihan. Sekarang sudah banyak merek penghapus dengan dust-free. Bisa bersih atau tidaknya tergantung pada jenis-jenis penghapus tersebut yang memiliki keempukan berbeda. 


Dari pengalaman saya, penghapus dust-free biasanya agak lebih keras tingkat keempukannya. Selain itu, penghapus dust-free tidak terlalu cepat terkikis dibandingkan penghapus yang lunak pada umumnya.

Pilihlah penghapus berdasarkan bentuknya

Penghapus tidak hanya berbentuk persegi panjang saja. Ada beberapa produsen yang mengeluarkan penghapus berbentuk segitiga, bujur sangkar, bahkan penghapus mekanik! Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Untuk kemudahan penyimpanan, pilih penghapus mekanik

Untuk kemudahan penyimpanan, pilih penghapus mekanik

Penghapus biasanya disimpan dan dibawa di dalam kotak pensil. Karena itu, carilah penghapus dengan bentuk yang mudah disimpan.


Untuk Anda yang biasa menggunakan kotak pensil vertikal atau tempat pensil yang dapat berdiri, kami merekomendasikan penghapus mekanik. Selain mudah diambil, penghapus mekanik juga dapat diandalkan untuk menghapus area yang kecil.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Penghapus mekanik sendiri ukurannya ada yang seperti pensil dan ada yang besar seperti penghapus ukuran biasa tetapi ada tempatnya. Ada juga yang sebesar spidol papan tulis. 


Anda tidak perlu mengganti sudut penghapusnya supaya bisa menghapus dengan akurat terutama di bidang kecil. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan dari penghapus mekanik.

Perhatikanlah kelebihan dari cover penghapus

Cover penghapus berfungsi untuk melapisi penghapus. Saat sudah mengecil atau mulai habis, penghapus akan tertutup kertas pembungkusnya sehingga sulit digunakan untuk menghapus. Karena itu, perhatikan beberapa kelebihan yang diberikan cover penghapus juga, ya.

Penghapus dengan ujung cover berbentuk U agar tak mudah terbelah

Penghapus dengan ujung cover berbentuk U agar tak mudah terbelah

Beberapa orang mungkin pernah merasa kesal karena penghapusnya tiba-tiba patah saat tengah dipakai. Tenang saja, sekarang sudah banyak produk yang dilengkapi dengan cover berbentuk U di keempat sudutnya. Cover dengan bentuk ini akan melindungi penghapus agar tidak terpotong tanpa sengaja.


Selain itu, banyak produsen yang menjual penghapus dengan cover yang khas untuk mencegah penghapus rusak atau terpotong. Perhatikan poin ini saat memilih penghapus, ya. Jangan hanya memilih penghapus karena bentuk cover-nya menarik, tetapi juga pastikan cover tersebut mempunyai kelebihan tersendiri.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Sering kali ketika kita menghapus dengan genggaman yang relatif kuat, penghapusnya tidak sengaja patah. Namun, beberapa merek penghapus seperti memiliki detail kecil untuk meminimalkan hal tersebut. Jadi, jika Anda terbiasa menghapus dengan cara yang agak "brutal", pertimbangkan untuk membeli penghapus yang sudut kemasannya berbentuk U.

Penghapus dengan cover yang mudah disobek

Memotong kertas cover saat penghapus mulai berkurang tentu terasa merepotkan. Apalagi, terkadang hasil potongan tidak rapi jika Anda tidak menggunakan gunting. Namun, ada beberapa produk yang bagian cover-nya bisa disobek secara manual dengan mudah, lho. Dengan demikian, Anda tak perlu kerepotan lagi dan penghapus pun selalu terlihat rapi!

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Cover yang mudah disobek itu memang praktis terutama bagi Anda yang suka dengan kerapian. Jadi, penghapus jenis ini mempermudah Anda saat memakainya untuk menghapus. Pada umumnya, apabila cover penghapusnya mudah ditarik dan dipakaikan lagi ke penghapusnya, pasti cover-nya tidak ribet untuk disobek secara manual.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Faber-Castell Penghapus Khusus EBTA & SPMB

Mulai dari Rp 5.000,00

10 Rekomendasi penghapus terbaik

Di bawah ini, kami memberikan rekomendasi produk-produk penghapus terbaik. Semoga Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera, ya!

10
Ukuran4,3 x 1,9 x 1,3 cm
Material penghapusKaret
Material coverKertas
Kelebihan coverx
Warna penghapusPutih
9
UkuranTidak ada keterangan
Material penghapusKaret dan plastik
Material coverPlastik
Kelebihan cover Bisa diputar 360°
Warna penghapusPutih
8
Ukuran3,1 x 1,4 cm
Material penghapusPlastik
Material coverPlastik
Kelebihan cover x
Warna penghapusPutih
7
Ukuran12,6 x 1,5 cm
Material penghapusKaret
Material coverx
Kelebihan cover x
Warna penghapusPutih
6

PrismacolorPremier® Kneaded Eraser

Mulai dari Rp 49.500,00

UkuranTidak ada keterangan
Material penghapus Karet (kneaded eraser)
Material coverPlastik
Kelebihan cover x
Warna penghapusAbu-abu
5

Faber-CastellGrip Eraser Triangle in Polybag

189024P

Mulai dari Rp 8.100,00

UkuranTidak ada keterangan
Material penghapusTidak ada keterangan
Material coverx
Kelebihan cover x
Warna penghapusHijau, biru, kuning, merah
4

Faber-CastellEraser Pencil Perfection 7058 B

185800

Mulai dari Rp 26.800,00

UkuranTidak ada keterangan
Material penghapusKaret dan plastik
Material coverx
Kelebihan cover x
Warna penghapusPutih
3

TombowMONO Eraser White Small

57320

Mulai dari Rp 10.000,00

Ukuran4,3 x 1,7 x 1,1 cm
Material penghapusPlastik
Material coverKertas
Kelebihan cover Ujung cover berbentuk U
Warna penghapusPutih
2
UkuranTidak ada keterangan
Material penghapusPlastik dan charcoal
Material coverKertas
Kelebihan coverx
Warna penghapusPutih, hitam
1
Ukuran4 x 1,8 x 1,2 cm
Material penghapusTidak ada keterangan
Material coverPlastik
Kelebihan coverx
Warna penghapusPutih-biru

Tabel perbandingan produk penghapus terbaik

Gambar produk
1
Maped Technic Duo Eraser 1

Maped

2
Derwent Art Dual Eraser Pack 1

Derwent Art

3
Tombow MONO Eraser White Small  1

Tombow

4
Faber-Castell Eraser Pencil Perfection 7058 B 1

Faber-Castell

5
Faber-Castell Grip Eraser Triangle in Polybag 1

Faber-Castell

6
Prismacolor Premier® Kneaded Eraser 1

Prismacolor

7
Joyko Mechanical Eraser 1

Joyko

8
Faber-Castell Dust-Free Eraser 1

Faber-Castell

9
Swordfish Shielded Eraser 1

Swordfish

10
Staedtler Rasoplast 526 B 1

Staedtler

Nama produk

Technic Duo Eraser

Dual Eraser Pack

MONO Eraser White Small

Eraser Pencil Perfection 7058 B

Grip Eraser Triangle in Polybag

Premier® Kneaded Eraser

Mechanical Eraser

Dust-Free Eraser

Shielded Eraser

Rasoplast 526 B

Keunggulan

Si biru-putih yang multifungsi

Dapatkan dua penghapus berbeda dalam satu kemasan

Penghapus tak akan patah saat digunakan berkat bentuk ujung cover-nya

Dilengkapi kuas untuk hasil menghapus yang sempurna

Desain ergonomis yang supernyaman di tangan

Jadikan sahabat Anda saat menggambar!

Terdapat klip untuk diselipkan di saku, praktis dibawa ke mana-mana

Tak lagi ribet membersihkan sisa serpihan!

Desain cover beda! Enggak repot menggulung lagi

Aman untuk anak-anak karena bebas phthalate dan latex

Harga mulai dariRp 4.000,00Rp 30.000,00Rp 10.000,00Rp 26.800,00Rp 8.100,00Rp 49.500,00Rp 8.100,00Rp 3.000,00Rp 22.000,00Rp 8.000,00
Ukuran4 x 1,8 x 1,2 cmTidak ada keterangan4,3 x 1,7 x 1,1 cmTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan12,6 x 1,5 cm3,1 x 1,4 cmTidak ada keterangan4,3 x 1,9 x 1,3 cm
Material penghapusTidak ada keteranganPlastik dan charcoalPlastikKaret dan plastikTidak ada keteranganKaret (kneaded eraser)KaretPlastikKaret dan plastikKaret
Material coverPlastikKertasKertasxxPlastikxPlastikPlastikKertas
Kelebihan coverxxUjung cover berbentuk UxxxxxBisa diputar 360°x
Warna penghapusPutih-biruPutih, hitamPutihPutihHijau, biru, kuning, merahAbu-abuPutihPutihPutihPutih
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk stationery lainnya di sini

Selain penghapus, Anda tentu memerlukan produk stationery lainnya untuk keperluan kampus ataupun kantor, seperti pensil, bolpoin, buku agenda, hingga tempat pensil. Kami sudah mengulas tips cara memilih produk-produk tersebut supaya Anda menemukan yang paling tepat. Yuk, ketahui lebih jauh mengenai cara memilih dan rekomendasi produk terbaik dengan membaca artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah tahu penghapus mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda? Meski berukuran kecil dan terlihat remeh, penghapus yang tepat akan meningkatkan efektivitas kegiatan belajar atau menggambar Anda.


Pilihlah penghapus sesuai dengan tips cara memilih yang sudah kami bagikan untuk Anda di atas. Kemudian, pilih penghapus yang paling memudahkan dan membuat Anda nyaman. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Merk pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca, ya!
    Alat tulis
    101.813 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Alat tulis
    90.673 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulpen gel merupakan alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Saat ini, terdapat banyak pilihan merek pulpen gel yang mungkin membuat Anda bingung ketika memilih.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas tips dan cara memilih pulpen gel terbaik. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda beli secara online. Ada beberapa merek yang dapat Anda pilih, seperti Pilot, Zebra, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
    51.440 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini atau berbentuk pulpen yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan makin banyaknya pilihan, Anda pun bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain UHU dan Deli, ada merek-merek lain yang bagus dengan berbagai kelebihan untuk digunakan. Temukan produk terbaik dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas yang telah kami susun untuk Anda.
    Alat tulis
    66.649 Views
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang sering berkutat dengan pekerjaan menggambar garis, penggaris wajib tersedia di meja kerja Anda. Alat tulis ini dijual di pasaran dengan berbagai varian, baik dari segi ukuran, bentuk, maupun bahan. Varian ini dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan.Kali ini, kami akan membahas tips memilih penggaris dan rekomendasi produk-produk penggaris terbaik untuk Anda. Merek berkualitas, seperti Kenko, Maped, Butterfly, dan lainnya pun akan turut diulas.
    Alat tulis
    19.913 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik untuk Kuliah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik untuk Kuliah (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu benda penting untuk melengkapi kegiatan belajar mahasiswa adalah tempat pensil. Tempat pensil digunakan untuk menyimpan peralatan menulis agar tidak berantakan. Terdapat banyak model dan jenis tempat pensil yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.Pada artikel ini, kami akan memberikan cara memilih dan rekomendasi tempat pensil yang bagus untuk anak kuliah. Baik kotak pensil untuk anak cowok maupun cewek, semuanya akan kami ulas. Anda akan menemukan beragam tempat pensil berkualitas merek Harvest, Angoo, LIHIT LAB., dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda dalam mendapatkan tempat pensil terbaik!
    Alat tulis
    5.600 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori