1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)

Dari sekian banyak jenis alat tulis, penghapus termasuk peralatan yang wajib dimiliki. Selain untuk pensil, ada juga penghapus yang mampu menghapus tinta bolpoin. Banyaknya produk yang beragam mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.


Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih penghapus yang bagus. Produk-produk terbaik dari merek ternama, seperti Faber-Castell, Deli, Joyko, dan STAEDTLER juga akan kami ulas di bawah ini. Dalam artikel ini, kami juga berkolaborasi dengan illustrator, Karina Doniho. Jadi, jangan lewatkan pembahasan lengkapnya, ya!

Diperbaharui 11-21-2022
Pakar
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang. Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Profil Karina Doniho
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan illustrator: Cara memilih penghapus

Ketika akan membeli penghapus, mungkin Anda belum mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kebanyakan orang hanya memperhatikan segi harga atau bentuknya saja. Namun, sebenarnya ada beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih penghapus.

① Sesuaikanlah jenis penghapus dengan kebutuhan

Anda bisa menemukan jenis-jenis penghapus yang terbuat dari bahan berbeda. Di bawah ini, kami akan membahasnya lebih lanjut.

Penghapus plastik/vinyl: Untuk menghapus tulisan dari pensil

Penghapus plastik/vinyl: Untuk menghapus tulisan dari pensil

Sesuai dengan namanya, penghapus plastik biasanya dibuat dari bahan plastik, contohnya polyvinyl chloride (PVC). Jenis ini merupakan yang paling umum digunakan karena memiliki kemampuan menghapus yang tinggi. Karena itu, penghapus plastik cocok digunakan untuk kegiatan belajar.


Terdapat beragam penghapus plastik yang dijual di pasaran. Ada yang ringan, ada yang serpihannya mudah dibersihkan, ada juga yang memiliki bentuk unik. Sayangnya, jenis ini bisa meleleh atau lengket jika diletakkan di atas penggaris plastik dalam waktu lama. Karena itu, Anda perlu menyimpannya di dalam wadah atau kantong tersendiri.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Penghapus plastik ini paling umum, ringan, dan mudah didapatkan dibandingkan jenis penghapus lain. Ukuran penghapus plastik pun ada yang kecil sekali, sedang, besar, dan ekstrajumbo. Jadi, sesuaikan ukurannya bila Anda sering menghapus. Selain itu, sesuaikan juga dengan kapasitas wadah penyimpanan alat-alat tulis Anda.


Adakalanya kita bisa menghapus lebih mudah dengan penghapus pasir atau vinyl. Ini tergantung pada tingkat kekerasan dan kelunakan pensil yang digores di atas kertas. Namun, kasus seperti ini cukup jarang dan penghapus plastik pun sekarang ada banyak jenisnya. Jenis-jenis penghapus plastik tersebut bisa membantu kita menghapus lebih mudah sesuai dengan tingkat kekerasan pensil.

Penghapus pasir: Untuk menghapus bekas tinta bolpoin

Penghapus pasir: Untuk menghapus bekas tinta bolpoin

Penghapus pasir direkomendasikan untuk menghapus tulisan yang tidak bisa dihapus dengan penghapus plastik, contohnya tinta printer dan tinta bolpoin. Jenis ini menggunakan bahan abrasif seperti pasir silika yang bekerja dengan cara menggores permukaan kertas untuk menghapus tinta.


Berbeda dengan cairan pengoreksi, penghapus pasir tidak meninggalkan bekas penghapus yang kentara di kertas. Jadi, jika Anda tidak ingin bekas penghapus terlalu menonjol, gunakanlah penghapus pasir.


Penghapus pasir tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang standar hingga pen type yang praktis untuk menghapus area kecil. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya memiliki satu penghapus pasir. Namun, berhati-hatilah ketika memakai penghapus jenis ini karena kertas bisa saja sobek saat proses penghapusan.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Selain correction-pen, penghapus pasir terkadang bisa menjadi pilihan lain untuk menghapus tinta. Teksturnya jauh lebih kasar daripada penghapus plastik sehingga kita tidak mudah salah kira ketika akan menggunakannya.

Penghapus uli (kneaded eraser): Cocok untuk yang memiliki hobi menggambar

Penghapus uli (kneaded eraser): Cocok untuk yang memiliki hobi menggambar

Penghapus uli (kneaded eraser) mempunyai tekstur yang lunak dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Cara menggunakannya adalah dengan menekan penghapus di bagian yang ingin dihapus. Lalu, penghapus akan menyerap grafit dari pensil. Bagian yang sudah kotor bisa dilipat ke dalam dan Anda bisa memakai bagian yang bersih untuk menghapus.


Penghapus jenis ini tidak hanya bisa digunakan untuk menghapus goresan pensil seperti penghapus biasa. Jenis ini juga bisa dipakai untuk menghasilkan efek shading dan highlighting agar hasil gambar Anda tampak lebih hidup. Selain itu, penghapus jenis ini juga tidak merusak kertas dan tidak meninggalkan serpihan penghapus.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Penghapus uli ini memang khusus dipakai untuk menggambar, terutama untuk yang suka menggambar dengan pensil (hitam dan putih). Meskipun mudah kotor, penghapus ini elastis untuk dibentuk. Penghapus uli bisa dibagi-bagi atau dibentuk sesuai kebutuhan saat berkarya.

Penghapus karet: Jenis klasik dengan tekstur yang lembut

Penghapus karet: Jenis klasik dengan tekstur yang lembut

Penghapus karet merupakan salah satu yang paling klasik di antara jenis penghapus lainnya. Umumnya, penghapus jenis ini terbuat dari karet alami ataupun sintetis dan memiliki tekstur yang lembut, tetapi tidak terlalu lunak. Selain itu, ada juga produsen yang menambahkan bahan abrasif seperti batu apung ke dalam produknya.


Sama seperti kneaded eraser, penghapus karet juga bekerja dengan menyerap grafit dari tinta. Penghapus jenis ini memiliki permukaan yang terasa powdery dan meninggalkan serpihan saat Anda menggunakannya.

② Carilah penghapus yang tidak banyak menghasilkan serpihan

Carilah penghapus yang tidak banyak menghasilkan serpihan

Jika penghapus yang Anda beli banyak menghasilkan serpihan, Anda tentu akan repot membersihkannya. Karena itu, pilihlah penghapus yang tidak banyak mengeluarkan serpihan. Anda juga bisa memilih penghapus tipe dust catch yang serpihannya tidak berserakan dan mudah dibersihkan.


Penghapus yang berwarna selain putih juga bisa dipilih, contohnya penghapus warna hitam. Karena warna yang mencolok, serpihannya akan mudah ditemukan dan dibersihkan. Selain itu, kotoran yang menempel pada penghapus warna hitam juga tidak akan terlihat sehingga tak akan tampak kusam.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Ada orang yang tidak suka jika penghapus menghasilkan banyak serpihan. Sekarang sudah banyak merek penghapus dengan dust-free. Bisa bersih atau tidaknya tergantung pada jenis-jenis penghapus tersebut yang memiliki keempukan berbeda.


Dari pengalaman saya, penghapus dust-free biasanya agak lebih keras tingkat keempukannya. Selain itu, penghapus dust-free tidak terlalu cepat terkikis dibandingkan penghapus yang lunak pada umumnya.

③ Pilihlah penghapus berdasarkan bentuknya

Penghapus tidak hanya berbentuk persegi panjang saja. Ada beberapa produsen yang mengeluarkan penghapus berbentuk segitiga, bujur sangkar, bahkan penghapus mekanik! Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Penghapus mekanik: Untuk kemudahan penyimpanan

Penghapus mekanik: Untuk kemudahan penyimpanan

Penghapus biasanya disimpan dan dibawa di dalam tempat pensil. Karena itu, carilah penghapus dengan bentuk yang mudah disimpan. Untuk Anda yang biasa menggunakan kotak pensil vertikal atau tempat pensil yang dapat berdiri, kami merekomendasikan penghapus mekanik. Selain mudah diambil, penghapus mekanik juga dapat diandalkan untuk menghapus area yang kecil.


Kami juga sudah membahas secara khusus mengenai tempat pensil yang bisa Anda jadikan pilihan. Silakan klik link di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lanjut!

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Penghapus mekanik sendiri ukurannya ada yang seperti pensil dan ada yang besar seperti penghapus ukuran biasa, tetapi ada tempatnya. Selain itu, ada juga yang sebesar spidol papan tulis.


Anda tidak perlu mengganti sudut penghapusnya supaya bisa menghapus dengan akurat, terutama di bidang kecil. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan dari penghapus mekanik.

Bentuk khusus: Untuk kemudahan pemakaian

Bentuk khusus: Untuk kemudahan pemakaian

Saat ini, sudah tersedia cukup banyak penghapus yang bentuknya didesain khusus agar lebih mudah digunakan. Ada yang bagian ujungnya dibuat membulat atau meruncing untuk memudahkan Anda saat menghapus. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan produk yang memiliki desain ergonomis agar lebih nyaman digenggam.

④ Perhatikanlah kelebihan dari cover penghapus

Cover penghapus berfungsi untuk melapisi penghapus. Saat sudah mengecil atau mulai habis, penghapus akan tertutup kertas pembungkusnya sehingga sulit digunakan untuk menghapus. Karena itu, perhatikan beberapa kelebihan yang dimiliki cover penghapus juga, ya.

Penghapus dengan ujung cover berbentuk U, penghapus tak mudah terbelah

Penghapus dengan ujung cover berbentuk U, penghapus tak mudah terbelah

Beberapa orang mungkin pernah merasa kesal karena penghapusnya tiba-tiba patah saat tengah dipakai. Tenang saja, sekarang sudah ada produk yang dilengkapi dengan cover berbentuk U di keempat sudutnya. Cover dengan bentuk ini akan melindungi penghapus agar tidak terpotong tanpa sengaja.


Selain itu, ada juga produsen yang menjual penghapus dengan cover yang khas untuk mencegah penghapus rusak atau terpotong. Perhatikan poin ini saat memilih penghapus, ya. Jangan hanya memilih penghapus karena bentuk cover-nya menarik, tetapi juga pastikan cover tersebut mempunyai kelebihan tersendiri.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Sering kali ketika kita menghapus dengan genggaman yang relatif kuat, penghapusnya tidak sengaja patah. Namun, beberapa merek penghapus seperti memiliki detail kecil untuk meminimalkan hal tersebut. Jadi, jika Anda terbiasa menghapus dengan cara yang agak "brutal", pertimbangkan untuk membeli penghapus yang sudut kemasannya berbentuk U.

Penghapus dengan cover yang mudah disobek, penghapus tetap terlihat rapi

Penghapus dengan cover yang mudah disobek, penghapus tetap terlihat rapi
Sumber: tombow.com


Memotong kertas cover saat penghapus mulai berkurang tentu terasa merepotkan. Apalagi, terkadang hasilnya tidak rapi jika Anda tidak menggunakan gunting.


Namun, ada beberapa produk yang bagian cover-nya bisa disobek secara manual dengan mudah, lho. Dengan demikian, Anda tak perlu kerepotan lagi dan penghapus pun selalu terlihat rapi! Sayangnya produk seperti ini masih cukup jarang tersedia di Indonesia.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Cover yang mudah disobek itu memang praktis, terutama bagi Anda yang suka dengan kerapian. Jadi, penghapus jenis ini mempermudah Anda saat memakainya untuk menghapus. Pada umumnya, apabila cover penghapusnya mudah ditarik dan dipakaikan lagi ke penghapusnya, pasti cover-nya tidak ribet untuk disobek secara manual.

10 Rekomendasi penghapus terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk penghapus terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Deli

Sliding Eraser

Deli Sliding Eraser  1枚目

Desain cover unik, tinggal geser saja!

2

Joyko

Mechanical Eraser

Joyko Mechanical Eraser 1枚目

Terdapat klip untuk diselipkan di saku, praktis dibawa ke mana-mana

3

F.I.L.A.

Lyra Kneadable Eraser

F.I.L.A. Lyra Kneadable Eraser 1枚目

Jadikan penghapus ini sahabat Anda saat menggambar!

4

STAEDTLER

exam 526 E

STAEDTLER exam 526 E 1枚目

Pas untuk keperluan ujian dan aman untuk anak-anak

5

Faber-Castell

Dust-Free Eraser

Faber-Castell Dust-Free Eraser 1枚目

Tak lagi ribet membersihkan sisa serpihan!

6

Faber-Castell

Eraser Pen Barrel

Faber-Castell Eraser Pen Barrel 1枚目

Desain ergonomis yang supernyaman di tangan

7

Tombow

MONO Eraser White Small

Tombow MONO Eraser White Small  1枚目

Penghapus tidak mudah patah berkat bentuk ujung cover-nya

8

NYONi

Eraser Pencil with Brush

NYONi Eraser Pencil with Brush 1枚目

Dilengkapi kuas untuk hasil menghapus yang sempurna

9

Maped

Eraser Technic Duo

Maped Eraser Technic Duo  1枚目

Bisa menghapus goresan pensil dan goresan pulpen, multifungsi!

10

Derwent Art

Dual Eraser Pack

Derwent Art Dual Eraser Pack 1枚目

Dapatkan dua penghapus berbeda dalam satu kemasan

Perincian produk
Close
No.1

DeliSliding Eraser 71145

Mulai dari Rp10.000,00

Desain cover unik, tinggal geser saja!

Kelebihan:

  • Tidak mudah patah karena tebal dan elastis
  • Cover terdiri dari tiga pilihan warna pastel yang lembut
  • Hasil diklaim sangat bersih

Kekurangan:

  • Penghapus berwarna putih, mudah terlihat kotor

Jika biasanya cover penghapus terbuat dari karton yang perlu digunting ketika penghapus mulai berkurang, produk ini berbeda. Penghapus buatan Deli ini didesain unik dengan cover yang praktis. Saat akan digunakan, geser saja kenopnya ke arah atas untuk mengeluarkan penghapus. Jika sudah selesai dipakai, Anda tinggal menggeser kenopnya kembali ke bawah agar penghapus masuk ke dalam cover.

No.2

JoykoMechanical EraserMER-114

Mulai dari Rp9.400,00

Terdapat klip untuk diselipkan di saku, praktis dibawa ke mana-mana

Kelebihan:

  • Bentuknya compact, tidak menyita tempat saat disimpan
  • Tersedia dalam tiga pilihan warna cover
  • Sudah mendapatkan bonus isi 1 buah

Kekurangan:

  • Penghapus rentan patah jika dikeluarkan terlalu panjang dari cover-nya

Joyko Mechanical Eraser merupakan penghapus mekanik yang bentuknya menyerupai pulpen sehingga mudah digunakan dengan presisi. Bentuknya yang slim dan memanjang memungkinkan Anda menghapus detail gambar dengan mudah. Apabila dimasukkan dalam kotak pensil, tentu saja kotak pensil tak akan menggembung!


Penghapus ini juga cocok untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan ketika membawa alat tulis. Karena dilengkapi dengan klip untuk diselipkan di saku, Anda hanya perlu membawa pensil dan penghapus ini saat bepergian.

No.3

F.I.L.A.Lyra Kneadable Eraser

Mulai dari Rp12.210,00

Jadikan penghapus ini sahabat Anda saat menggambar!

Kelebihan:

  • Mudah dibentuk, gampang disesuaikan dengan bidang yang ingin dikoreksi
  • Mampu menipiskan warna pada permukaan gambar
  • Sudah dilengkapi wadah plastik untuk tempat penyimpanan

Kekurangan:

  • Meski goresan pensil mudah dibersihkan dengan penghapus ini, Anda tetap perlu sedikit menggosoknya untuk membersihkan goresan pensil warna

Kneaded Eraser dari Lyra ini memiliki tekstur yang lentur seperti lilin dan dapat dibentuk sesuka hati. Penghapus ini cocok untuk para artist karena dapat menghapus berbagai jenis pensil yang biasa digunakan untuk menggambar. Tak hanya pensil, kapur dan pastel pun dapat dihapus bersih tanpa noda dengan produk ini!

No.4

STAEDTLERexam 526 E526 E40

Mulai dari Rp2.200,00

Pas untuk keperluan ujian dan aman untuk anak-anak

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan nontoksik, aman untuk kesehatan
  • Minim serpihan, tidak mudah mengotori meja

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu pilihan warna

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin memberikan yang teraman untuk si kecil, termasuk alat tulisnya. Produk dari merek ternama Staedtler ini adalah pilihan yang tepat untuk keperluan sekolah anak Anda.


Penghapus pensil terbaik ini tidak mengandung phthalate dan latex yang diduga bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Penghapus ini juga dapat menghapus hingga bersih tanpa merusak kertas. Sangat pas digunakan saat ujian, bukan?

No.5

Faber-CastellDust-Free Eraser187120

Mulai dari Rp8.300,00

Tak lagi ribet membersihkan sisa serpihan!

Kelebihan:

  • Tidak mengandung phthalate, lebih aman untuk kesehatan
  • Bebas lateks, meminimalkan risiko alergi pada kulit yang sensitif
  • Serpihan penghapus tidak memencar sehingga lebih mudah saat dibersihkan

Kekurangan:

  • Penghapus berwarna putih, lebih mudah terlihat kotor

Ketika Anda menghapus banyak tulisan, tentu akan merepotkan jika sisa serpihannya berserakan. Tenang saja, ada Faber-Castell Dust-Free Eraser! Produk ini memiliki tekstur yang lembut dan diklaim minim serpihan atau dust-free. Hasil penghapusannya juga bersih dan tidak berbekas. Penghapus ini cocok digunakan untuk segala jenis pensil, mulai dari pensil kayu hingga pensil mekanik.

No.6

Faber-CastellEraser Pen Barrel

Mulai dari Rp19.600,00

Desain ergonomis yang supernyaman di tangan

Kelebihan:

  • Tersedia dalam tiga pilihan warna cover yang menarik
  • Menggunakan mekanisme retractable, penghapus mudah dimasukkan dan dikeluarkan dari cover-nya

Kekurangan:

  • Ukuran cover agak besar, orang bertangan mungil mungkin kurang nyaman menggunakannya

Jika Anda seorang pekerja kantoran yang mengutamakan kenyamanan, penghapus ini adalah pilihan terbaik. Produk ini berbentuk seperti retractable pen. Berkat bentuknya yang ergonomis, penghapus ini sangat nyaman ketika dipegang serta mudah dikontrol.


Kelebihan lain produk ini ada pada diameter penghapusnya yang cukup besar. Dengan diameter seperti ini, penghapus tidak akan mudah patah saat dipakai. Selain itu, produk ini juga diklaim mudah diisi ulang. Anda tak akan kesulitan baik saat menggunakan maupun saat me-refill-nya!

No.7

TombowMONO Eraser White Small 57320

Mulai dari Rp12.000,00

Penghapus tidak mudah patah berkat bentuk ujung cover-nya

Kelebihan:

  • Bebas lateks dan phthalate, minim risiko alergi dan lebih aman untuk kesehatan
  • Diklaim tidak merusak kertas saat digunakan
  • Dapat membersihkan dengan mudah tanpa perlu menggosok terlalu kuat

Kekurangan:

  • Bahan cover mudah sobek jika terkena air

Apakah penghapus Anda sering rusak karena bergesekan dengan cover saat digunakan? Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan produk ini. Tiap ujung dari cover penghapus ini dibentuk seperti huruf U untuk mencegah kerusakan pada penghapus. Selain itu, penghapus ini juga memiliki tekstur yang lembut agar Anda bisa menghapus dengan bersih tanpa perlu menekan terlalu keras.

No.8

NYONiEraser Pencil with Brush

Mulai dari Rp10.900,00

Dilengkapi kuas untuk hasil menghapus yang sempurna

Kelebihan:

  • Mudah digunakan untuk menghapus detail garis atau gambar
  • Nyaman digenggam karena berbentuk seperti pensil

Kekurangan:

  • Perlu menyediakan serutan untuk menyerut bagian luar agar penghapus bisa digunakan terus

Produk dari NYONi ini mampu membersihkan dengan lembut dan presisi saat Anda menulis atau menggambar. Penghapus ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan kesempurnaan hasil gambar yang optimal. Produk ini berbentuk seperti pensil warna dengan tambahan kuas di bagian atasnya untuk membersihkan serpihan. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi mengusap kertas dengan tangan.

No.9

MapedEraser Technic Duo

Mulai dari Rp5.000,00

Bisa menghapus goresan pensil dan goresan pulpen, multifungsi!

Kelebihan:

  • Praktis, tidak perlu membeli penghapus pulpen secara terpisah

Kekurangan:

  • Meski bisa digunakan untuk pensil dan pulpen, penghapus ini tidak disarankan untuk tinta gel dan pensil warna

Maped Technic Duo Eraser memiliki dua sisi dengan fungsi berbeda dalam satu penghapus. Sisi berwarna putih bisa digunakan untuk menghapus pensil, sedangkan sisi biru untuk menghapus tinta. Bagi Anda yang mencari satu penghapus yang praktis, produk ini merupakan pilihan yang pas. Selain itu, penghapus ini juga tidak mengandung phthalate yang disebut-sebut bisa berdampak buruk bagi tubuh manusia.

No.10

Derwent ArtDual Eraser Pack

Mulai dari Rp43.000,00

Dapatkan dua penghapus berbeda dalam satu kemasan

Kelebihan:

  • Diklaim nontoksik, lebih aman digunakan oleh anak-anak
  • Berbahan lembut, meminimalkan kerusakan pada kertas yang dihapus

Kekurangan:

  • Tidak dijual terpisah, hanya bisa dibeli dalam set

Derwent menyajikan dua macam penghapus dalam satu kemasan, yaitu soft art eraser dan art eraser. Soft art eraser berfungsi untuk menghapus garis halus, sedangkan art eraser bisa menghapus semua jenis pensil. Produk ini tentunya bisa dijadikan pilihan tepat bagi Anda yang pekerjaannya berkaitan dengan membuat gambar atau sketsa.

Baca juga rekomendasi stationery lainnya di sini

Selain penghapus, Anda tentu memerlukan produk stationery lainnya untuk keperluan kampus ataupun kantor, seperti bolpoin, pensil, atau rautannya. Kami sudah mengulas tips memilih produk-produk tersebut supaya Anda menemukan yang paling tepat. Yuk, ketahui informasinya lebih jauh dengan membaca artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah tahu penghapus mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda? Meski berukuran kecil dan terlihat remeh, penghapus yang tepat akan meningkatkan efektivitas kegiatan belajar atau menggambar Anda.


Pilihlah penghapus sesuai dengan tips memilih yang sudah kami bagikan untuk Anda di atas. Kemudian, pilih penghapus yang paling memudahkan dan membuat Anda nyaman saat mengunakannya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer