• 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Setiap dog lover pasti mendambakan seekor anjing dengan bulu yang sehat berkilau. Anda dapat mewujudkan keinginan ini dengan bantuan sampo anjing. Namun, dari banyaknya merek sampo anjing di pasaran, manakah yang bagus untuk hewan kesayangan Anda?

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan sampo anjing terbaik. Tak hanya berbagi informasi mengenai cara memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi merek sampo anjing yang bagus. Anda akan menjumpai sampo antikutu dari Purotex, sampo anjing antirontok BUD-DEE, hingga sampo untuk mengatasi jamur, Miconazole. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2021
  • 70.604 Views
Daftar isi

Cara memilih shampo anjing

Memilih sampo anjing tidak boleh sembarangan, lho. Jika tidak tepat, anjing kesayangan Anda akan merasa tidak nyaman. Jadi, mari perhatikanlah poin-poin penting memilih sampo terbaik di bawah ini.

Ketahui tujuan pemakaian shampo anjing

Ketahui tujuan pemakaian shampo anjing
Saat memilih sampo anjing, tentukanlah tujuan penggunaannya lebih dulu. Apakah bulu anjing pudel Anda kusam dan Anda ingin membuatnya lebih berkilau? Atau Anda ingin mencari sampo yang bisa membuat anjing tetap bersih? Jika anjing Anda memiliki kutu, Anda perlu mempertimbangkan juga untuk membeli sampo anjing yang dilengkapi kemampuan mengusir kutu. 

Tujuan penggunaan bisa dijadikan pedoman untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan anjing Anda. Dengan mengetahui tujuan penggunaannya sedari awal, Anda bisa menentukan sampo yang tepat untuk anjing kesayangan.

Pilih shampo yang sesuai dengan jenis kulit anjing

Pilih shampo yang sesuai dengan jenis kulit anjing

Seperti halnya manusia, anjing juga memiliki jenis kulit yang beragam. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih jenis sampo yang sesuai dengan tipe kulit anjing Anda. Jika kulit anjing Anda kering, bersisik, atau sering gatal-gatal, Anda perlu mempertimbangkan sampo dengan pelembap. Ini juga berlaku bagi anjing yang kerap berada di ruangan ber-AC yang biasanya kerap mengalami masalah kulit kering. 


Jika anjing Anda memiliki alergi, pilihlah sampo dengan bahan alami. Sampo tersebut tidak menimbulkan iritasi di kulit. Beberapa ras anjing juga memiliki tipe kulit yang cenderung berminyak, mudah lengket, serta sering mengalami masalah kulit. Ras anjing dengan kulit yang cenderung berminyak antara lain ras Shih-Tzu, Cocker Spaniel, dan Shiba Inu. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak salah membeli sampo!

Hindari menggunakan shampo manusia untuk anjing!

Hindari menggunakan shampo manusia untuk anjing!

Banyak orang berpikir bisa memberikan sampo manusia, khususnya sampo bayi, untuk anjing mereka. Sejatinya ini adalah pemikiran yang keliru. Tingkat keasaman atau pH pada kulit anjing dan manusia sangatlah berbeda, untuk itu sampo yang digunakan pun berbeda. Jangan pernah memandikan anjing Anda menggunakan sampo atau sabun untuk manusia.


Sebaiknya Anda memberikan sampo dengan bahan yang memang diformulasi khusus untuk anjing. Misalnya, bahan baku lidah buaya bagus sebagai deodoran dan disinfektan, serta dapat mencegah kulit kering dan iritasi. Di sisi lain, bahan baku kayu putih bagus untuk mengurangi gatal-gatal. Satu lagi, bahan gliserol juga dikenal efektif mencegah ketombe. 


Namun, jika Anda bingung memilih atau tidak mengetahui kondisi kulit anak bulu secara pasti, berkonsultasilah kepada dokter hewan. Selain dokter hewan, Anda bisa mendatangi salon langganan hewan peliharaan yang sekiranya kompeten menjawab permasalahan Anda.

Sesuaikan jenis shampo dengan masalah yang dialami anjing Anda

Ada lima jenis sampo anjing yang cocok dengan kondisi anjing. Silakan memilih salah satu jenis sampo yang paling sesuai dengan kondisi anjing Anda.

Shampo biasa untuk anjing yang sehat

Shampo biasa untuk anjing yang sehat
Sampo biasa adalah sampo yang dibuat dengan tujuan utama membersihkan bulu dari kotoran, serta membuatnya indah seperti sediakala. Jenis sampo ini mudah ditemukan di pet shop  dengan harga relatif murah. Namun, harap berhati-hati ketika menggunakannya untuk anjing yang memiliki masalah kulit. Pasalnya, sampo jenis ini dibuat untuk anjing dengan kulit yang sehat.

Shampo berbahan alami untuk anjing dengan kulit yang mudah iritasi

Shampo berbahan alami untuk anjing dengan kulit yang mudah iritasi
Sampo hypoallergenic umumnya terdiri dari bahan-bahan alami, serta dibuat tanpa kandungan bahan yang dapat memicu iritasi. Dibandingkan sampo biasa, sampo ini lebih lembut dan lebih ramah di kulit. Sebagain besar sampo ini menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya karena kaya akan vitamin E dan baik untuk kulit anjing.

Shampo medicated untuk anjing dengan kulit sensitif

Shampo medicated untuk anjing dengan kulit sensitif
Sesuai namanya, sampo medicated memiliki kandungan obat yang cocok digunakan untuk anjing berkulit sensitif. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan kondisi anjing dengan cermat sebelum memilih sampo jenis ini. Alasannya, sampo ini belum tentu cocok untuk semua jenis anjing dengan kulit sensitif.

Jika Anda masih belum yakin dengan produk yang akan dibeli, pastikan untuk membaca review sampo anjing yang Anda incar. Dengan demikian, Anda bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Jangan sampai kondisi anjing makin memburuk akibat Anda memilih produk yang salah.

Shampo antibakteri untuk mengatasi penyakit kulit

Shampo antibakteri untuk mengatasi penyakit kulit
Sampo antibakteri berfungsi menghilangkan bakteri dan menyembuhkan penyakit kulit. Sistem kerja sampo ini adalah dengan cara mensterilkan atau membunuh bakteri penyebab penyakit kulit. Meski demikian, sampo ini harus digunakan secara berhati-hati karena tingginya kandungan antibakteri dapat menyebabkan iritasi. Pastikan Anda memakai sampo ini sesuai dengan anjuran pada kemasannya.

Shampo tanpa air untuk anjing tua dan takut air

Shampo tanpa air untuk anjing tua dan takut air
Seekor anjing disebut tua jika sudah mencapai 3/4 usia harapan hidup rasnya. Anjiing tua tentu saja butuh perawatan yang lebih saksama. Untuk anjing tua, Anda bisa menggunakan sampo tanpa air (waterless atau no-rinse shampoo). Sampo anjing ini tak perlu menggunakan air selama proses pembersihan

Sampo ini terbuat dari bahan yang aman digunakan. Anda tak perlu khawatir bila terjilat oleh anjing. Sampo jenis ini juga tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit. Anda bisa menggunakan sampo jenis ini secara rutin untuk anjing tua yang kulitnya lemah atau takut air.

Pilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan
Di pet shop, sampo anjing dijual dengan berbagai ukuran. Ada yang dikemas kecil, ada juga yang dijual literan. Manakah yang sebaiknya Anda pilih? Perlukah Anda membeli sampo kemasan besar agar lebih hemat?

Harga sampo kemasan besar memang lebih murah dibanding kemasan yang lebih kecil. Namun, kami menyarankan Anda untuk memikirkan frekuensi pemakaiannya. Meski tinggal di daerah tropis yang hangat, Anda tidak memandikan anjing setiap hari. Jika Anda membeli kemasan besar, bisa jadi sampo masih tersisa banyak sedangkan tanggal kedaluwarsa sudah terlewat.


Perhatikan juga jumlah anjing Anda. Kebutuhan pemilik seekor anjing, pastilah akan berbeda dengan kebutuhan orang yang memiliki tiga ekor anjing. Bagi Anda yang memiliki beberapa ekor anjing, silakan mempertimbangkan kemasan ukuran besar supaya harganya lebih ekonomis.

10 Rekomendasi shampo anjing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sampo anjing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis kulit anjingSensitif
Isi470 ml
Jenis sampoSampo hypoallergenic
9

HartzGroomer's Best Tearless Extra Gentle Puppy Shampoo

Mulai dari Rp 158.800,00

Jenis kulit anjingNormal
Isi532 ml
TipeSampo biasa
Terjual19
8

ForcansWhite Curly Coat Shampoo & Conditioner

Mulai dari Rp 159.000,00

Jenis kulit anjingNormal
Isi550 ml
Jenis sampoSampo biasa
7
Jenis kulit anjingNormal
Isi230 ml
Jenis sampoSampo kering
6
Jenis kulit anjingKering, normal
Isi500 ml
Jenis sampoSampo biasa sekaligus kondisioner
5

PetwishBrown Teddy and Brown Poodle

Mulai dari Rp 188.000,00

Jenis kulit anjingNormal
Isi500 ml
Jenis sampoSampo biasa dibuat khusus untuk anjing ras
4
Jenis kulit anjingNormal
Isi120 ml
Jenis sampoSampo biasa
3
Jenis kulit anjingNormal
Isi500 ml
Jenis sampoSampo medicated, antikutu dan antipinjal
2

Raid-AllBenzoil Peroxide Shampoo (Anti Bacterial)

Mulai dari Rp 35.000,00

Jenis kulit anjingBerminyak
Isi200 ml
Jenis sampoSampo antibakteri
1
Jenis kulit anjingTerinfeksi jamur
Isi200 ml
Jenis sampoSampo antijamur, anti-ultraviolet, anti-sheborrhea

Tabel perbandingan produk shampo anjing terbaik

Gambar produk
1
Raid-All Shampoo Miconazole (Anti Fungal) 1

Raid-All

2
Raid-All Benzoil Peroxide Shampoo (Anti Bacterial) 1

Raid-All

3
Purotex Medicated Shampoo Purotex 1

Purotex

4
BUD-DEE Coat Loss 1

5
Petwish Brown Teddy and Brown Poodle  1

Petwish

6
Raid-All Bolivia Dog Shampoo 1

Raid-All

7
M-PETS Dry Foam Shampoo 1

M-PETS

8
Forcans White Curly Coat Shampoo & Conditioner 1

Forcans

10
Vet’s Best Allergy Itch Relief Shampoo 1

Vet’s Best

Nama produk

Shampoo Miconazole (Anti Fungal)

Benzoil Peroxide Shampoo (Anti Bacterial)

Medicated Shampoo Purotex

BUD-DEE Coat Loss

Brown Teddy and Brown Poodle

Bolivia Dog Shampoo

Dry Foam Shampoo

White Curly Coat Shampoo & Conditioner

Allergy Itch Relief Shampoo

Keunggulan

Ampuh membasmi jamur membandel

Kandungan benzoil peroxide mampu bunuh bakteri jahat pada kulit anjing

Anjing bebas kutu dan wangi sepanjang hari

Shampo anjing antirontok dengan kondisioner yang melembutkan bulu

Dibuat khusus untuk anjing poodle cokelat kesayangan Anda

Shampo dan kondisioner dalam satu paket

Anjing tetap bersih meski tidak terkena air

Jadikan anjing berbulu putih tetap bersih dan lembut

Efektif redakan gatal akibat alergi

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 35.000,00Rp 49.000,00Rp 15.000,00Rp 188.000,00Rp 54.900,00Rp 63.000,00Rp 159.000,00Rp 290.000,00
Jenis kulit anjingTerinfeksi jamurBerminyakNormalNormalNormalKering, normalNormalNormalSensitif
Isi200 ml200 ml500 ml120 ml500 ml500 ml230 ml550 ml470 ml
Jenis sampoSampo antijamur, anti-ultraviolet, anti-sheborrheaSampo antibakteriSampo medicated, antikutu dan antipinjalSampo biasaSampo biasa dibuat khusus untuk anjing rasSampo biasa sekaligus kondisionerSampo keringSampo biasaSampo hypoallergenic
Tautan produk

Ikuti panduan pemakaian shampo anjing yang benar

Ikuti panduan pemakaian shampo anjing yang benar

Memilih sampo yang tepat untuk anjing Anda memang penting, tetapi Anda juga harus memperhatikan cara menggunakannya. Jika ingin mendapatkan efek terbaik dari sampo yang dipilih, ikuti panduan cara penggunaan berikut ini:


  1. Sebelum dimandikan, sisirlah bulu anjing lebih dulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Dengan demikian, sampo anjing akan bekerja lebih efektif karena tidak akan menggumpal bersama dengan kotoran atau tanah. 
  2. Setelah disisir, basahi kulit anjing dengan air hangat yang sekiranya bisa ditoleransi kulit manusia.
  3. Selanjutnya, tuangkan sampo di tangan dan usap dari bagian pantat ke bagian yang lain. Pastikan Anda membersihkan kotoran yang menempel di kulit anjing. Ketika memandikan anjing, usahakan agar sampo maupun air tidak masuk ke mata anjing. 
  4. Bilas bersih sampai tidak ada lagi sisa sampo. Sisa sampo yang tidak terbilas secara sempurna bisa memicu munculnya penyakit kulit. Bilas seluruh tubuh anjing dari bagian kepala ke bawah dengan air hangat
  5. Seusai mandi, usap bagian yang basah dengan handuk dan keringkanlah dengan hair dryer bertemperatur rendah.

Baca juga rekomendasi produk untuk anjing lainnya di sini!

Selain sampo, kami juga telah mengulas pelbagai macam produk lain yang dapat memenuhi kebutuhan anjing Anda. Berbagai produk makanan, perawatan, hingga aksesori anjing dapat Anda temukan dengan mudah di online shop. Apa saja pilihannya? Ini dia daftarnya.

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh rekomendasi sampo anjing terbaik yang bisa dibeli di online shop. Bagaimana tanggapan Anda? Apakah ada produk yang Anda cari ada di rekomendasi kami?

Saat memilih sampo anjing, pastikan produknya benar-benar sesuai dengan kebutuhan, bulu, dan kondisi kulit anjing Anda. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi kala berbelanja kebutuhan anak bulu tercinta.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    414.195 Views
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
    241.485 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    196.566 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    206.622 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    267.054 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Terdapat beragam tipe sisir kucing di pasaran. Kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara memilih sisir kucing yang baik. Selain itu, sepuluh produk sisir kucing berbagai merek juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin Anda pernah mendengar merek Furminator? Tetaplah membaca dan ketahuilah sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
    18.514 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori