• 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Setiap dog lover pasti mendambakan seekor anjing dengan bulu yang sehat berkilau. Tak sebatas impian, kini Anda dapat mewujudkannya dengan bantuan sampo anjing. Namun, saking banyaknya merek sampo anjing di pasaran, manakah yang terbaik?

Anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan dilematis ini dengan membaca ulasan cara memilih dan rekomendasi sepuluh merek sampo anjing terbaik versi kami! Selain Crown Royale, Raid-All, dan Hartz, apakah merek sampo anjing lain yang bisa dipilih?
  • Pembaharuan terakhir: 02 Maret 2020
  • 27.578 Views
Daftar isi

Cara memilih shampo anjing

Pertama-tama, Anda harus mempelajari bagaimana cara memilih sampo anjing terbaik. Memilih sampo anjing tidak boleh sembarangan, lho. Perhatikanlah poin-poin penting memilih sampo terbaik di bawah ini.

Pilih shampo anjing yang sesuai dengan tujuan pemakaian

Pilih shampo anjing yang sesuai dengan tujuan pemakaian
Saat memilih sampo anjing, tentukanlah tujuan penggunaannya. Tujuan penggunaan bisa dijadikan pedoman untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan anjing Anda.
Misalnya, apakah Anda mencari produk yang bisa membuat bulu anjing lebih wangi dan berkilau? Atau apakah Anda mencari jenis sampo yang bisa membuat anjing tetap bersih? Untuk sampo yang ditujukan agar tubuh anjing tetap bersih, sebaiknya Anda memilih produk dengan bahan tertentu yang aman untuk digunakan secara reguler.
Selain itu, Anda juga harus menyesuaikannya dengan jenis anjing Anda. Apakah anjing kecil, besar, anak anjing, atau anjing yang sudah tua? Tentukanlah tujuan penggunaannya terlebih dahulu, lalu pilihlah sampo yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengatasi kulit kering dan berminyak, pilih shampo yang sesuai dengan ras anjing

Untuk mengatasi kulit kering dan berminyak, pilih shampo yang sesuai dengan ras anjing
Pada umumnya, sampo anjing dibedakan menjadi dua jenis yaitu untuk kulit kering dan dan kulit berminyak. Tergantung dari jenis rasnya, ada kulit anjing yang lebih mudah kering, ada juga yang mudah berminyak. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih sampo yang sesuai dengan ras anjing.
Jika Anda memelihara anjing kecil yang tinggal di dalam ruangan ber-AC, kulitnya akan lebih cepat kering. Dengan demikian, sampo yang mengandung pelembap bisa mengatasi kulit kering yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih di permukaan kulit.
Beberapa jenis anjing juga memiliki tipe kulit yang cenderung berminyak dan mudah lengket, serta sering mengalami masalah kulit. Ras anjing dengan kulit yang cenderung berminyak adalah ras Shih-Tzu, Cocker Spaniel, Shiba Inu, dan lainnya.

Pastikan bahan baku shampo cocok dengan kondisi kulit

Pastikan bahan baku shampo cocok dengan kondisi kulit
Tahukah Anda bahwa kulit anjing cenderung basa dan berbeda dengan kulit manusia? Selain itu, kulit anjing juga jauh lebih lembut dibandingkan kulit manusia, lho. Makanya, Anda harus memeriksa bahan baku sampo anjing secara cermat agar tidak salah pilih.
Misalnya, bahan baku lidah buaya bagus sebagai deodoran dan disinfektan, serta dapat mencegah kulit kering dan iritasi. Di sisi lain, bahan baku kayu putih bagus untuk mengurangi gatal-gatal. Satu lagi, bahan gliserol juga dikenal efektif mencegah ketombe. Jadi, jangan lupa memeriksa jenis bahan bakunya agar bisa memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit anjing.
Namun, jika Anda bingung memilih, serta merasakan kondisi kulit atau bulu anjing masih bermasalah, berkonsultasilah kepada dokter hewan. Selain dokter hewan, Anda bisa mendatangi salon langganan hewan peliharaan yang sekiranya kompeten menjawab permasalahan Anda.

Pilih jenis shampo yang sesuai dengan kondisi kulit anjing

Ada lima jenis sampo anjing yang cocok dengan kondisi anjing. Silakan memilih salah satu jenis sampo yang paling sesuai dengan kondisi anjing Anda.

Untuk anjing sehat dan tidak memiliki masalah kulit, pilih shampo biasa

Untuk anjing sehat dan tidak memiliki masalah kulit, pilih shampo biasa
Sampo biasa adalah sampo anjing pada umumnya yang dibuat dengan tujuan utama membersihkan bulu dari kotoran, serta membuatnya indah seperti sedia kala. Jenis sampo ini mudah ditemukan di pet shop karena berharga relatif murah.
Namun, harap berhati-hati ketika menggunakannya untuk anjing yang memiliki masalah kulit. Pasalnya, sampo jenis ini dibuat untuk anjing dengan kulit yang sehat.

Untuk anjing yang mudah iritasi, pilih shampo berbahan alami dan aman digunakan

Untuk anjing yang mudah iritasi, pilih shampo berbahan alami dan aman digunakan
Sampo hypoallergenic umumnya terdiri dari bahan-bahan alami, serta dibuat tanpa kandungan bahan yang dapat memicu iritasi. Dibandingkan sampo biasa, sampo ini lebih lembut dan lebih ramah di kulit.

Untuk anjing berkulit sensitif, pilih shampo medicated

Untuk anjing berkulit sensitif, pilih shampo medicated
Sesuai namanya, sampo kesehatan ini memiliki kandungan obat yang cocok digunakan untuk anjing berkulit sensitif. Meskipun begitu, Anda harus tetap harus memperhatikan kondisi anjing dengan cermat sebelum memilih sampo jenis ini. Alasannya, sampo ini belum tentu cocok untuk semua jenis anjing dengan kulit sensitif.
Jika Anda masih belum yakin dengan produk yang akan dibeli, pastikan untuk membaca review sampo anjing yang Anda incar. Dengan demikian, Anda bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Jangan sampai kondisi anjing jadi semakin memburuk jika Anda memilih produk yang salah.

Untuk mengatasi penyakit kulit, pilih shampo antibakteri yang direkomendasikan dokter hewan

Untuk mengatasi penyakit kulit, pilih shampo antibakteri yang direkomendasikan dokter hewan
Sampo antibakteri berfungsi menghilangkan bakteri dan menyembuhkan penyakit kulit. Sistem kerja sampo ini adalah dengan cara mensterilkan atau membunuh bakteri penyebab penyakit kulit. Meskipun demikian, sampo ini harus digunakan secara berhati-hati karena tingginya kandungan antibakteri dapat menyebabkan iritasi. Pastikan Anda memakai sampo ini sesuai dengan anjuran di kemasannya.
Kabar baiknya, sampo ini sering digunakan di klinik atau salon hewan. Oleh sebab itu, Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter hewan atau petugas salon hewan langganan yang lebih berpengalaman.

Untuk anjing tua dan takut air, pilih shampo tanpa air

Untuk anjing tua dan takut air, pilih shampo tanpa air
Sampo tanpa air (waterless atau no-rinse shampoo) adalah sampo anjing yang tak perlu menggunakan air selama proses pembersihan. Sampo ini cocok untuk menjaga kebersihan anjing tua dengan kulit yang lemah atau anjing yang takut air. Satu lagi, sampo ini terbuat dari bahan yang aman digunakan meskipun dijilat oleh anjing sekalipun.
Tidak seperti sampo yang membutuhkan air, sampo ini tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit. Maka dari itu, sampo tanpa air juga direkomendasikan untuk pemakaian rutin.

Pilih shampo berkemasan besar agar lebih awet dan hemat

Pilih shampo berkemasan besar agar lebih awet dan hemat
Jika Anda melihat di pet shop, sampo anjing dijual dengan berbagai ukuran dan ada yang dikemas seukuran sampo manusia. Meskipun demikian, sampo dengan ukuran kecil tersebut tidak kami rekomendasikan karena lebih cepat habis dan boros. Solusinya, Anda dapat memilih sampo yang dijual dalam ukuran besar.
Penting untuk diingat bahwa sebotol sampo sebaiknya dihabiskan dalam kurun waktu kurang lebih setengah tahun sejak pertama kali botol dibuka. Mengapa demikian? Seiring dengan berjalannya waktu, kualitas sampo akan menurun dan efek antibakterinya pun berkurang.
Tidak seperti manusia, anjing biasanya tidak perlu dimandikan setiap hari. Oleh karena itu, pilihlah sampo dengan ukuran yang sesuai dengan frekuensi penggunaan.

10 Rekomendasi shampo anjing terbaik

Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sampo anjing terbaik. Setelah memahami cara memilih sampo anjing di atas, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kondisi anjing Anda.
10
Jenis kulit anjingNormal
Kapasitas1 liter
JenisSampo biasa
9

Hero Pet Brands Vet’s BestNo-Rinse Clean Waterless Dog Shampoo

Rp 269.000,00

Jenis kulit anjingKering
Kapasitas147 ml
JenisSampo waterless
8
Jenis kulit anjingSensitif
Kapasitas300 ml
JenisSampo medicated
7
Jenis kulit anjingKering, sensitif, dan bersisik
Kapasitas236 ml
JenisSampo biasa
6
Jenis kulit anjingTerinfeksi jamur
Kapasitas200 ml
JenisSampo antijamur, anti-ultraviolet, anti-sheborrhea
5

Spectrum Brands FURminatorWhite Coat Ultra Premium Shampoo

Rp 229.000,00

Jenis kulit anjingSensitif, kulit teritasi
Kapasitas473 ml
JenisSampo hypoallergenic
4
Jenis kulit anjingNormal
Kapasitas355 ml
JenisSampo biasa
3

Raid-AllBenzoyl Shampoo Benzoil Peroxide (Anti Bacterial)

Rp 35.000,00

Jenis kulit anjingBerminyak
Kapasitas200 ml
JenisSampo antibakteri
2
Jenis kulit anjingKering, normal
Kapasitas500 ml
JenisSampo biasa+kondisioner, anti-ultraviolet
1

HartzUltraGuard Plus Flea & Tick Shampoo with Aloe for Dogs

Rp 125.000,00

Jenis kulit anjingKulit teritasi
Kapasitas532 ml
JenisSampo medicated

Tabel perbandingan produk shampo anjing terbaik

Gambar produk
1
Hartz UltraGuard Plus Flea & Tick Shampoo with Aloe for Dogs 1

Hartz

2
Raid-All Bolivia Shampoo Dog 1

Raid-All

3
Raid-All Benzoyl Shampoo Benzoil Peroxide (Anti Bacterial) 1

Raid-All

4
Davis Lavender Magic Shampoo 1

Davis

5
Spectrum Brands FURminator White Coat Ultra Premium Shampoo 1

Spectrum Brands FURminator

6
Raid-All Shampoo Miconazole (Anti Fungal) 1

Raid-All

7
Crown Royale Biovite Soothing Oats & Aloe Shampoo 1

Crown Royale

8
Pipapet Medicated Shampoo 1

Pipapet

9
Hero Pet Brands Vet’s Best No-Rinse Clean Waterless Dog Shampoo 1

Hero Pet Brands Vet’s Best

10
Lello Conditioning Shampoo 1

Lello

Nama produk

UltraGuard Plus Flea & Tick Shampoo with Aloe for Dogs

Bolivia Shampoo Dog

Benzoyl Shampoo Benzoil Peroxide (Anti Bacterial)

Lavender Magic Shampoo

White Coat Ultra Premium Shampoo

Shampoo Miconazole (Anti Fungal)

Biovite Soothing Oats & Aloe Shampoo

Medicated Shampoo

No-Rinse Clean Waterless Dog Shampoo

Conditioning Shampoo

KeunggulanBasmi kutu membandel sampai...Sampo dan kondisioner dalam...Efektif untuk membantai tun...Wanginya yang unik bikin an...Terbuat dari bahan alami, b...Ampuh membasmi jamur membandelKandungan oat dan aloe vera...Bebaskan anjing kesayangan ...Anjing kesayangan sedang sa...Busa melimpah dengan empat ...
HargaRp 125.000,00Rp 54.900,00Rp 35.000,00Rp 105.000,00Rp 229.000,00Rp 40.000,00Rp 190.000,00Rp 130.000,00Rp 269.000,00Rp 97.000,00
Jenis kulit anjingKulit teritasiKering, normalBerminyakNormalSensitif, kulit teritasiTerinfeksi jamurKering, sensitif, dan bersisikSensitifKeringNormal
Kapasitas532 ml500 ml200 ml355 ml473 ml200 ml236 ml300 ml147 ml1 liter
JenisSampo medicatedSampo biasa+kondisioner, anti-ultravioletSampo antibakteriSampo biasaSampo hypoallergenicSampo antijamur, anti-ultraviolet, anti-sheborrheaSampo biasaSampo medicatedSampo waterlessSampo biasa
Tautan produk

Ikuti panduan pemakaian shampo anjing yang benar

Memilih sampo yang tepat untuk anjing Anda memang penting, tetapi Anda juga harus memperhatikan cara menggunakannya. Jika ingin mendapatkan efek terbaik dari sampo yang dipilih, ikuti panduan cara penggunaan berikut ini.

Pastikan untuk menyisir dan mengeringkan bulu dengan tepat

Pastikan untuk menyisir dan mengeringkan bulu dengan tepat
Sebelum dimandikan, Anda harus menyisir bulu anjing dengan kuat untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Dengan demikian, sampo anjing akan bekerja lebih efektif karena tidak akan menggumpal bersama dengan kotoran atau tanah. Setelah disisir, basahi kulit anjing dengan air hangat yang sekiranya bisa ditoleransi kulit manusia.
Setelah membasuh seluruh badan, tuangkan sampo di tangan dan usap dari bagian pantat ke bagian yang lain. Pastikan Anda membersihkan kotoran yang menempel di kulit anjing. Bilas seluruh tubuh anjing dari bagian kepala ke bawah dengan air hangat hingga tidak ada sampo yang tertinggal. Terakhir, usaplah bagian yang basah dengan handuk kering, lalu segera keringkan bulu anjing Anda dengan hair dryer.

Hati-hati agar shampo atau air hangat tidak masuk ke mata

Hati-hati agar shampo atau air hangat tidak masuk ke mata
Hal yang harus Anda perhatikan ketika memandikan anjing adalah menjaga agar baik sampo maupun air tidak masuk ke mata anjing. Basuhlah sampai samponya benar-benar bersih. Sisa sampo yang tidak terbilas secara sempurna bisa memicu munculnya penyakit kulit.
Setelah dimandikan, Anda harus memastikan bulunya sudah kering seratus persen, khususnya untuk anjing dengan bulu panjang. Caranya, keringkan bulu anjing menggunakan dog dryer bertemperatur rendah.

Baca juga rekomendasi produk untuk anjing lainnya di sini!

Selain sampo, kami juga telah mengulas pelbagai macam produk lain yang dapat memenuhi kebutuhan anjing Anda. Pelbagai produk produk makanan, perawatan, hingga aksesori anjing dapat Anda temukan dengan mudah di online shop. Apa saja pilihannya? Ini dia daftarnya.

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh rekomendasi sampo anjing terbaik yang bisa dibeli di online shop. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai untuk anjing Anda? Pastikan Anda memilih sampo yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, bulu, dan kondisi kulit anjing.
Jadikan artikel kami sebagai referensi saat Anda hendak berbelanja produk kebutuhan untuk anjing kesayangan. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    178.835 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan kita. Selain itu, tergantung usia kucing, Anda perlu memperhatikan susu yang diberikan.Pabrik makanan hewan Whiskas, Hartz, Beaphar, Zeal, Royal Canin, dan PetAg KMR telah memproduksi susu baik cair maupun bubuk yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sepuluh susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    108.081 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Namun, ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan sebagainya. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin mana yang terbaik?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda di rumah. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, VITA-GEL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan kami di bawah ini!
    Perawatan hewan
    14.590 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    87.004 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    68.312 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    74.149 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, ada yang memiliki ukuran besar agar kelinci dapat bersantai dan ada juga jenis tray agar mudah dibersihkan.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kandang kelinci. Kami juga merekomendasikan kandang kelinci yang praktis dan mudah dibersihkan. Dengan demikian, kandangnya tidak hanya nyaman untuk kelinci, tetapi juga untuk pemiliknya. Selamat membaca!
    Perawatan hewan
    6.750 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori