10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Belakangan ini, permainan yoyo telah berevolusi menjadi kompetisi olahraga yang memperagakan teknik kompleks. Seiring booming-nya olahraga yoyo, di Indonesia pun penggemarnya semakin bertambah. Yoyo zaman sekarang memiliki berbagai fitur dan rentang harga bervariasi keluaran berbagai merek. Bagi Anda yang pemula, mungkin sulit memilih produk yang paling tepat.

Agar tidak bingung, kami akan berbagi tips cara memilih yoyo dan memperkenalkan produk terbaik untuk berbagai generasi, dari anak-anak sampai dewasa, maupun atlet profesional. Semua produk tersebut dapat dibeli di toko online. Simak yuk!

Daftar isi

Beda yoyo zaman sekarang dan dulu

Beda yoyo zaman sekarang dan dulu

Hampir semua orang mungkin pernah menjajal permainan yoyo, setidaknya sekali. Namun, Anda pasti berpikir teknik permainannya hanya pergerakan turun-naik dengan tali yang berputar terlepas dan tergulung kembali, bukan? Meskipun teknik tersebut tetap dipakai, sebenarnya ini sudah ketinggalan zaman, lho!

Saat ini teknik yoyo sudah jauh berevolusi. Ragam teknik dan trik telah banyak diciptakan, misalnya trik berkecepatan tinggi, trik yang seolah membuat yoyo terhenti di udara, ataupun trik cradle yang memainkan yoyo layaknya permainan tali ayatori khas Jepang. Permainan yoyo berkembang pesat dan digemari di seluruh dunia sehingga kini menjelma menjadi olahraga, bahkan sampai dibuka turnamen tingkat dunianya!

Cara memilih yoyo

Beberapa tahun belakangan ini terdapat banyak ragam jenis yoyo yang dijual sehingga mungkin bisa membingungkan bagi Anda yang baru pertama kali mau membeli. Untuk mengatasinya, kami telah merangkum beberapa poin yang sebaiknya diperhatikan sebelum membeli yoyo. Yuk, dicek satu per satu!

Pilih bentuk sesuai teknik yang ingin dikuasai

Ragam bentuk yoyo terbagi menjadi tiga jenis, yaitu normal, imperial, dan butterfly. Teknik yoyo cenderung lebih mudah dipelajari sesuai dengan bentuknya. Oleh karena itu, penting untuk menentukan teknik yang ingin dipelajari terlebih dahulu sebelum memilih bentuk yoyonya.

Bentuk normal, untuk teknik looping

Bentuk normal, untuk teknik looping

Bentuk normal adalah yang paling standar dengan desain bulat pada sisi luar dan dalamnya sehingga memungkinkan Anda melakukan teknik looping dan string. Dibandingkan bentuk yoyo butterfly yang sisi dalamnya melebar, string trick lebih sulit diperagakan pada tipe normal ini. Akan tetapi, jika Anda memiliki keterampilan mumpuni, kedua teknik ini dapat dilakukan dengan cukup baik.

Bentuk imperial, untuk yang ingin bermain dengan kecepatan tinggi

Bentuk imperial, untuk yang ingin bermain dengan kecepatan tinggi

Jenis imperial memiliki bentuk bulat pada sisi luar dan hampir datar pada sisi dalam. Dikarenakan sisi dalamnya rata, trik looping mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, sisi dalam yang sempit membuatnya sulit untuk melakukan string trick. Bentuk imperial cocok bagi Anda yang ingin melakukan trik yoyo dengan kecepatan tinggi, tetapi kurang tepat untuk memperagakan trik cradle.

Bentuk butterfly, celah lebar untuk memainkan string trick 

Bentuk butterfly, celah lebar untuk memainkan string trick 

Butterfly memiliki sisi dalam bercelah lebar. Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, tipe ini paling cocok untuk string trick karena yoyo bisa menjepit tali dengan mudah. Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa yoyo yang memiliki ciri khas celah lebar ini bisa mengakibatkan posisi benang gampang bergeser saat melakukan looping trick.

Pastikan ada atau tidaknya bantalan 

Pastikan ada atau tidaknya bantalan

Ada atau tidaknya bearing (bantalan) pada bagian tengah yoyo berkaitan erat dengan kemudahan melakukan teknik sleep, yaitu berputarnya yoyo dalam kondisi stasioner pada ujung tali. Sleep adalah salah satu teknik dasar penting yang harus dikuasai dalam bermain yoyo. Meskipun sleep merupakan teknik dasar yang simpel, durasi lamanya sleep penting untuk melakukan trik cradle, atau yang disebut juga rock the baby, di mana pemain seolah membuai yoyo layaknya bayi.

Agar dapat melakukan trik tersebut, periksalah apakah yoyo memiliki bantalan atau tidak sebelum Anda membelinya. Normalnya, hampir tidak ada masalah saat Anda menggunakan yoyo dengan bantalan. Jadi, akan lebih aman jika Anda memilih yoyo yang dilengkapi bantalan.

Ketahui perusahaan pembuatnya

Ketahui perusahaan pembuatnya 

Yoyo yang digemari di seluruh dunia diproduksi oleh berbagai merek dari banyak negara, seperti Jepang dan Amerika Serikat (AS). Selain dari perusahaan Bandai yang pernah membuat yoyo booming di Jepang dengan produk Hyper Yo-Yo, baru-baru ini yoyo buatan AS juga populer. Nampaknya pabrik-pabrik yoyo di AS secara rutin menggelar turnamen yang diikuti para atlet yoyo profesional. Jadi, cek juga mereknya saat memilih, ya!

Salah satu produsen yoyo yang khusus untuk pemula adalah perusahaan asal Jepang, Bandai. Bandai direkomendasikan karena produk yoyonya tergolong murah. Selain itu, ada juga produsen AS YoYoFactory yang menjual berbagai macam model yoyo, termasuk yang diproduksi sebagai signature pemain profesional. Tipe seperti ini bisa menjadi pilihan bagi yang ingin bermain yoyo secara profesional.

10 Rekomendasi yoyo terbaik

Setelah mengetahui cara memilih yoyo yang baik dan benar, sekarang kami akan memberikan sepuluh pilihan produk terbaik tahun ini. Jadikanlah kesepuluh produk ini sebagai referensi dalam memilih yoyo. Temukan produk yoyo yang paling tepat bagi Anda!

10. YoYoFactory Horizon

10. YoYoFactory Horizon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 695.000

Bobot pas untuk kestabilan atraksi spin yang agresif

YoYoFactory, atau biasa disingkat dengan YYF, telah dikenal dengan beragam jenis yoyo dan aksesori produksinya. Salah satu tipe yoyonya yang dijual di Indonesia adalah Horizon. Sesuai namanya, Horizon didesain untuk teknik permainan horizontal, seperti cradle, yaitu teknik mengayunkan yoyo di celah tali yang membentuk segitiga.

Bentuk datarnya juga dapat digunakan untuk melakukan trik agresif finger spin, sementara bobot 67,2 memberikan penggunanya stabilitas dalam beraksi agar keseluruhan trik bisa sukses dilakukan. Yoyo tipe butterfly ini hadir dengan 11 pilihan warna yang akan menarik minat Anda, di antaranya merah, biru, dan hitam.

Bentuk Butterfly
Bearing Logam

9. Duncan Butterfly

9. Duncan Butterfly

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Favorit untuk belajar trik dasar selama 60 tahun!

Duncan dikenal sebagai salah satu produsen mainan tertua dan terkenal di dunia. Salah satu produknya untuk kategori yoyo adalah Duncan Butterfly yang merupakan yoyo tipe normal agar trik looping dan string dapat dilakukan dengan jauh lebih mudah. Yoyo tipe ini telah menjadi favorit selama 60 tahun bagi pemula di seluruh dunia untuk mempelajari teknik dasar yoyo.

Bodi produk ini terbuat dari material plastik transparan yang durable sehingga tahan benturan. Dengan begitu, Anda dapat berlatih trik giat tanpa khawatir yoyo akan rusak. Anda juga bisa memilih dari 3 warna cerah yang tersedia untuk membantu menaikkan mood dalam berlatih.

Bentuk Normal
Bearing Tidak disebutkan

8. YoYoFactory Loop 360

8. YoYoFactory Loop 360

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

CBC small spec bearing agar putaran responsif

YoYoFactory Loop 360 adalah yoyo worth buying yang didesain untuk pemula. Dengan menggunakan yoyo ini, berbagai macam trik akan mudah dipelajari. Selain itu, bodinya yang terbuat dari material POM (celcon/duracon/delrin, dan lainnya) membuat yoyo ini minim maintenance.

Bantalan yoyo ini menggunakan Central Bearing Company (CBC) small spec agar putaran yoyo lebih responsif dan mudah dikendalikan. Dengan demikian, berbagai teknik looping, mulai dari yang basic sampai yang advanced, secara umum akan lebih mudah dilakukan dibandingkan yoyo bentuk lain. Pilihan tepat bagi Anda yang ingin menyempurnakan teknik looping.

Bentuk Normal
Bearing Logam

7. Magic YoYo M002

7. Magic YoYo M002

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Warna fantastis dengan sentuhan sand blasting finish

Magic YoYo adalah manufaktur asal negeri Tiongkok yang menawarkan produk berkualitas dengan harga kompetitif. Di antara beragam pilihan yoyo yang dikeluarkannya, Magic YoYo M002 yang terbuat dari material logam ini tentunya akan membuat permainan jadi lebih menyenangkan.

Gabungan bentuk butterfly dan bearing yang terbuat dari baja dapat membantu trik putaran berlangsung lebih lama. Untuk melengkapi kepuasan bermain, model ini juga menawarkan 3 pilihan warna yang fantastis dengan sentuhan sand blasting finish.

Bentuk Butterfly
Bearing Stainless steel

6. Duncan Origami

6. Duncan Origami

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 675.000

Tidak selip saat lakukan aksi energetik!

Duncan Origami merupakan model signature dari Bryan Jardin yang beberapa kali menjuarai kompetisi di AS dan Asia. Produk ini didesain sesuai gaya permainan Bryan yang cepat dan mengentak. Bobot yoyo ini terdistribusi optimal agar bisa berputar dengan lebih stabil dan lebih lama sehingga memungkinkan berbagai macam teknik dilakukan dengan lebih sempurna.

Teknik freestyle cepat yang sering dilakukan Bryan membutuhkan yoyo yang stabil saat digenggam. Untuk mengakomodasi kebutuhan itu, Duncan mendesain Origami dengan white rapid ball untuk mencegah yoyo selip dan terlempar dari tangan. Kami merekomendasikan yoyo ini untuk Anda yang bermain yoyo secara energetik.

Bentuk Butterfly
Bearing Logam

5. YoYoFactory Flight

5. YoYoFactory Flight

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Bersama Flight, yoyo terbang ke sana kemari!

Yoyo yang satu ini didesain khusus untuk trik permainan offstring yang memungkinkan yoyo terlepas dari tali dan terbang di udara. Bantalan logamnya semaksimal mungkin mencegah yoyo kehilangan daya putar saat kondisi sleep. Jika putarannya melemah sekalipun, tipe ini masih dapat wake (kembalinya yoyo ke tangan dengan sedikit entakan) sampai ke tangan.

Materialnya terbuat dari bahan plastik transparan dengan enam pilihan warna menarik, termasuk snowflake dan galaxy. Dengan kemampuan yang cukup mumpuni dan harga relatif terjangkau, produk ini direkomendasikan bagi Anda yang tertarik mengikuti kontes offstring tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Bentuk Butterfly
Bearing Logam

4. Duncan FH Zero

4. Duncan FH Zero

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 255.000

Dimodifikasi dong biar makin bergengsi!

FH Zero merupakan salah satu yoyo generasi Freehand berkualitas sama dengan versi pertamanya, tetapi memiliki warna yang lebih variatif. Berat penyeimbang (counterweight) pada yoyo ini juga dapat dimodifikasi dan tersedia pula beragam gambar friction stickers yang bisa Anda pilih sendiri. Pilihan tepat untuk yang ingin tampil lebih bergengsi dengan yoyo Anda.

Counterweight pada ujung tali FH Zero menggantikan jari sebagai poros sehingga Anda bisa melakukan trik baru yang tidak pernah dilakukan sebelumya. Terdapat setidaknya tiga jenis counterweights pada setiap kemasan produk. Di antaranya berbentuk dadu, bola, dan salah satu wajah dari beragam karakter yang tersedia.

Bentuk Butterfly
Bearing Logam

3. Magic YoYo N9

3. Magic YoYo N9 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Putaran lebih lama dengan pemberat tambahan

Sama seperti ciri khas material yang umum dipakai pada produk Magic YoYo, tipe N9 juga terbuat dari campuran aluminium. Dengan bobot 68 gram, yoyo ini mampu memberikan keseimbangan dan kestabilan untuk trik dengan kecepatan tinggi. Selain ituN9 juga dilengkapi dengan pemberat pada bingkai luarnya agar teknik putaran bisa dilakukan dengan lebih lama.

Sementara itu, bentuk butterfly pada tipe N9 ini akan memudahkan Anda mempelajari trik string yang lebih variatif. Dengan begitu, produk ini bisa digunakan baik oleh pemula maupun pemain profesional yang menginginkan yoyo kualitas tinggi untuk keperluan kompetisi.

Bentuk Butterfly
Bearing Logam

2. YoYoFactory Shutter

2. YoYoFactory Shutter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 738.000

Bantalan logam berukuran besar agar lebih gampang dikontrol

YoYoFactory Shutter adalah signature model dari Gentry Stein yang pernah menjuarai kompetisi yoyo dunia pada tahun 2014. Stein terkenal akan teknik freestyle-nya yang memukau. Oleh sebab itu, YoYoFactory mendesain Shutter dengan large center trac bearing yang terbuat dari logam agar power, kecepatan, dan berat yoyo terdistribusi baik saat gaya sentrifugal bekerja.

Bodi YoYoFactory Shutter terbuat dari material aluminium sehingga memiliki kesan mewah. Bagi Anda yang mementingkan desain dan warna, Shutter tersedia dalam puluhan jenis warna dan motif atraktif yang memesona, terutama saat yoyo berputar di udara.

Bentuk Butterfly
Bearing Logam

1. Bandai Yomega Hyper Raider

1. Bandai Hyper Raider

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 294.000

Grip lebih menggigit supaya belajar looping jadi tambah asyik

Merek Bandai yang sempat booming di tahun 1997-1999 dengan produk Hyper Yo-Yo tetap mempertahankan kiprahnya di dunia yoyo dengan seri Yomega Hyper Raider. Produk ini banyak dimiliki oleh para pemain yoyo yang sering melakukan teknik loop sehingga mendapat julukan “the king of looping“!

Keunikan produk ini dibandingkan yoyo berbentuk normal lainnya adalah kombinasi ball bearing dan sistem respons berbentuk starburst yang membuat Hyper Raider mampu mencengkam tali lebih baik. Bagi pemula maupun pemain profesional yang menginginkan kontrol optimal saat melempar yoyo membentuk kurva, Hyper Raider bisa dijadikan pilihan!

Bentuk Normal
Bearing Logam

Kesimpulan

Saat memilih yoyo, Anda perlu memperhatikan bentuk, material bantalan, dan juga merek produsennya. Sejak yoyo berevolusi secara signifikan, poin-poin tersebut semakin kompleks dan rumit sehingga mungkin menyulitkan bagi yang baru pertama kali ingin membelinya.

Oleh sebab itu, tentukan terlebih dahulu teknik yang ingin dikuasai. Sesuaikan juga yoyo yang akan dibeli dengan level permainan yang Anda inginkan, apakah level beginner yang cukup dengan atraksi simpel, atau mungkin sekelas profesional?