• 10 Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 1
  • 10 Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 2
  • 10 Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 3
  • 10 Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 4
  • 10 Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 5

10 Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Baking powder adalah kunci rahasia untuk menghasilkan kue dengan tekstur renyah, tampilan yang halus, dan lebih mengembang. Tak sekadar untuk kue, baking powder juga sering dipakai dalam pembuatan roti, bolu, hingga fried food. Oleh karena itu, baking powder menjadi item wajib dalam industri makanan.

Ada berbagai jenis dan merek baking powder yang bagus, mulai dari baking powder double acting hingga yang aluminium-free. Beberapa di antaranya, baking powder dari Bob’s Red Mill, Hercules Double Acting, hingga baking soda lokal merek Koepoe Koepoe! Penasaran dengan ulasannya? Langsung baca artikelnya, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Perbedaan baking powder dan baking soda

Perbedaan baking powder dan baking soda

Secara fungsi, baking powder dan baking soda sama-sama digunakan sebagai bahan pengembang (leavened agent). Namun, ada tiga hal yang membedakan keduanya, yakni kandungan, pengaplikasian, dan hasil akhirnya. Mari simak pemaparannya berikut ini. 


  • Kandungan

Baking powder terbuat dari campuran natrium bikarbonat dengan zat lain yang bersifat asam. Sementara itu, baking soda terbuat dari 100% natrium bikarbonat. 


  • Pengaplikasian

Dari kandungannya, bisa dipahami bahwa baking powder bersifat asam, sedangkan baking soda bersifat basa. Untuk itu, dalam pengaplikasiannya, baking powder hanya perlu ditambahkan dengan air. Anda tidak perlu mencampurkannya dengan bahan-bahan lain yang bersifat asam. Sementara itu, Anda perlu menambahkan bahan lain yang bersifat asam dalam pengaplikasian baking soda. Sebut saja yoghurt, air lemon, atau cuka. 


  • Hasil akhir

Baking soda hanya berfungsi sebagai pengembang adonan saja. Sementara baking powder, selain sebagai pengembang, dapat juga memberikan kerenyahan pada adonan. 

Cara memilih baking powder

Pertama-tama, kami akan memaparkan bagaimana cara memilih baking powder terbaik. Ada tiga poin yang perlu Anda perhatikan. Mari simak pembahasannya berikut ini. 

Ketahui jenis baking powder yang beredar di pasaran

Mungkin tidak banyak orang memperhatikan hal ini, tetapi ada dua jenis baking powder yang beredar di pasaran. Ada baking powder single acting dan baking powder double acting. Apa perbedaan keduanya? Mari simak pembahasannya berikut ini. 

Baking powder single acting, diaktifkan dengan satu tahap saja

Baking powder single acting, diaktifkan dengan satu tahap saja

Sesuai namanya, baking powder single acting dapat diaktifkan hanya dengan satu tahap saja. Baking powder ini dapat diaktifkan dengan mencampurkan zat cair, seperti air, susu, atau cokelat cair. 


Saat Anda mengaduk adonannya, gelembung-gelembung akan langsung dihasilkan. Namun, proses produksi gelembung ini hanya berlangsung sebentar. Jadi, Anda perlu segera memasukan adonan ke dalam oven agar baking powder tetap masih dalam keadaan aktif

Baking powder double acting, perlu dua tahap untuk mengaktifkannya

Baking powder double acting, perlu dua tahap untuk mengaktifkannya

Jika baking powder single acting hanya membutuhkan satu tahapan, baking powder double acting memerlukan dua tahapan dalam pengaktifannya. Tahap pertama adalah saat pengadukan adonan dan tahap kedua adalah saat berhadapan dengan suhu panas. 


Jadi, saat pengadukan adonan, jenis double acting sudah menghasilkan gelembung. Namun, kemudian seolah membekukan dirinya, baking powder ini akan aktif kembali saat adonan masuk ke dalam oven

Pertimbangkan untuk memilih produk bebas aluminium

Pertimbangkan untuk memilih produk bebas aluminium
Di antara merek baking powder yang ada di pasaran, pasti ada beberapa produk yang menggunakan tawas sebagai bahan bakunya. Sebenarnya, tawas masih aman dikonsumsi selama digunakan sesuai batas dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan negara. 

Namun, kandungan aluminium di dalam tawas bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Terlebih lagi, jika Anda mengonsumsi bahan aluminium dalam jangka panjang. 


Namun, jika baking powder yang mengandung tawas tersebut bebas aluminium, Anda tak perlu khawatir untuk menggunakannya. Biasanya, produk jenis ini akan dilabeli dengan tulisan “aluminium-free” di bagian kemasannya.

Pilih produk dengan sedikit zat aditif

Pilih produk dengan sedikit zat aditif
Sebelum memilih baking powder, perhatikan bagian belakang kemasan untuk melihat kandungan zat aditif di dalamnya. Dengan mengetahui kandungan baking powder, Anda akan lebih tenang saat menggunakannya. Umumnya, baking powder mengandung sodium bicarbonate dan asam sitrat atau kalium fosfat.

Penambahan bahan-bahan tersebut akan memengaruhi hasil akhir makanan yang dibuat, seperti tekstur roti atau kue yang lebih halus. Saat baking powder mengandung zat aditif yang cukup tinggi, tingkat keamanan produk menjadi lebih rendah. Jadi, Anda harus lebih selektif lagi saat memilih, ya!

Perhatikan bentuk kemasan produk yang akan Anda pilih

Untuk menjaga agar baking powder tetap halus, Anda harus memperhatikan bentuk wadahnya. Karakteristik dari baking powder adalah sensitif terhadap kelembapan. Saat menyerap kelembapan, baking powder akan mengeras dan tidak dapat memenuhi perannya secara maksimal. Oleh sebab itu, pastikan memilih jenis wadah sesuai dengan frekuensi penggunaan dan kemudahan penyimpanan.

Kaleng, tahan terhadap kelembapan dan mudah disimpan

Kaleng, tahan terhadap kelembapan dan mudah disimpan
Jika Anda sering menggunakan baking powder, kami rekomendasikan baking powder kalengan agar lebih mudah disimpan. Jenis ini dapat mencegah kelembapan saat disimpan. 

Meskipun begitu, beberapa orang juga menilai bahwa tipe ini sulit untuk dipakai, khususnya bagi mereka yang belum terbiasa. Alasannya adalah jenis kaleng sering kali sulit dibuka terutama di bagian tutupnya.

Saset, praktis dan cocok untuk Anda yang jarang menggunakan baking powder

Saset, praktis dan cocok untuk Anda yang jarang menggunakan baking powder
Tipe individual packaging (kemasan satuan atau saset) kami rekomendasikan untuk Anda yang jarang menggunakan baking powder. Baking powder tipe ini dikemas dalam ukuran kecil sehingga tidak akan terkontaminasi dengan udara sampai Anda membuka kemasannya. Dengan demikian, Anda bisa mencegah terjadinya kerusakan pada baking powder. Jenis ini biasanya berukuran sekali pakai yaitu 5 gram hingga 15 gram.

Anda juga jadi lebih mudah menakarnya karena kapasitas kemasan sudah ditentukan sejak awal. Namun, biasanya tipe ini sedikit lebih mahal dibandingkan tipe kaleng dan kurang cocok untuk Anda yang sering memakai baking powder.

Kemasan botol plastik, mudah digunakan dan ditakar

Kemasan botol plastik, mudah digunakan dan ditakar
Baking powder dalam wadah plastik direkomendasikan bagi Anda yang sering menggunakan baking powder. Tipe ini juga mudah untuk ditakar karena memiliki bukaan yang lebar dan lebih mudah digunakan daripada tipe kaleng. 

Walaupun begitu, Anda perlu dengan segera menutupnya setelah dipakai karena wadah plastik cukup rentan dengan masalah kelembapan. Sebagai contoh, Anda dapat memilih baking powder dari R&W Baking Powder yang dikemas dalam botol plastik.

10 Rekomendasi baking powder terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baking powder terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 

10
Isi2.712 g
JenisDouble acting
BahanPati jagung (pangan rekayasa genetika), pengembang natrium hidrogen karbonat, natrium aluminum fosfat, penstabil monokalium fosfat
KemasanKaleng
9
Isi50 g
JenisSingle acting
BahanNatrium bikarbonat, dinatrium difosfat
KemasanPlastik
8
Isi12 g
JenisSingle acting
BahanNatrium bikarbonat, natrium asam pirofosfat, kalsium karbonat, pati jagung
KemasanBotol plastik
7
Isi397 g
JenisDouble acting
BahanNatrium asam pirofosfat, natrium bikarbonat, pati jagung, monokalium fosfat
KemasanPlastik
6
Isi450 g
JenisDouble acting
BahanNatrium bikarbonat, natrium asam pirosfosfat, kalsium karbonat
KemasanKaleng
5
Isi150 g
JenisSingle acting
BahanNatrium karbonat, natrium asam pirofosfat, monokalsium fosfat, dikalsium fosfat, pati jagung
KemasanPlastik
4
Isi15 g
JenisSingle acting
BahanTidak disebutkan
KemasanSaset
3
Isi15 g
JenisSingle acting
BahanNatrium bikarbonat, dinatrium difosfat, kalsium karbonat
KemasanBotol plastik
2

BakelsHercules Baking Powder (Double Acting)

Mulai dari Rp 12.500,00

Isi110 g
JenisDouble acting
BahanNatrium asam piroposphat, natrium hidrogen karbonat, kalsium karbonat
KemasanKaleng
1

Anggana Catur PrimaKoepoe Koepoe Baking Powder

Mulai dari Rp 4.750,00

Isi45 g
JenisSingle acting
BahanPengembang natrium bikarbonat, penstabil natrium asam pirofosfat, pati jagung, anti kepal silikon dioksida
KemasanBotol plastik

Tabel perbandingan produk baking powder terbaik

Gambar produk
1
Anggana Catur Prima Koepoe Koepoe Baking Powder 1

Anggana Catur Prima

2
Bakels Hercules Baking Powder (Double Acting) 1

Bakels

3
Cap Cendrawasih Baking Powder  1

Cap Cendrawasih

4
Karya Anugerah Jaya ALCO Baking Powder 1

Karya Anugerah Jaya

5
Health Paradise Natural Baking Powder 1

Health Paradise

6
Mondelēz Royal Baking Powder 1

Mondelēz

7
Bob’s Red Mill Baking Powder 1

Bob’s Red Mill

8
Karya Anugerah Jaya R&W Baking Powder 1

Karya Anugerah Jaya

9
Teladan Aneka Nusantara ONTA Baking Powder 1

Teladan Aneka Nusantara

10
Crescent  Double Acting Baking Powder 1

Crescent

Nama produk

Koepoe Koepoe Baking Powder

Hercules Baking Powder (Double Acting)

Baking Powder

ALCO Baking Powder

Natural Baking Powder

Royal Baking Powder

Baking Powder

R&W Baking Powder

ONTA Baking Powder

Double Acting Baking Powder

Keunggulan

Produk lokal yang mendunia berkat mutu dan kualitasnya

Sudah dipakai oleh baker profesional dari berbagai belahan dunia

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, sudah terjamin mutunya

Kemasan saset yang pas untuk sekali pakai!

Diproduksi secara organik tanpa pewarna, terbukti dengan adanya sertifikat NASSA

Isi lebih banyak, cocok untuk Anda yang sering membuat kue

Dijamin gluten-free dan aluminium-free sehingga aman untuk kesehatan

Baking powder multifungsi, bebaskan kreasi Anda!

Ekonomis, hanya dengan Rp2.500 sudah dapat 50 g!

Produk impor yang seimbang antara harga dan kualitas

Harga mulai dariRp 4.750,00Rp 12.500,00Rp 2.700,00Rp 2.000,00Rp 65.000,00Rp 49.500,00Rp 135.000,00Rp 2.500,00Rp 2.500,00Rp 405.600,00
Isi45 g110 g15 g15 g150 g450 g397 g12 g50 g2.712 g
JenisSingle actingDouble actingSingle actingSingle actingSingle actingDouble actingDouble actingSingle actingSingle actingDouble acting
BahanPengembang natrium bikarbonat, penstabil natrium asam pirofosfat, pati jagung, anti kepal silikon dioksidaNatrium asam piroposphat, natrium hidrogen karbonat, kalsium karbonatNatrium bikarbonat, dinatrium difosfat, kalsium karbonatTidak disebutkanNatrium karbonat, natrium asam pirofosfat, monokalsium fosfat, dikalsium fosfat, pati jagungNatrium bikarbonat, natrium asam pirosfosfat, kalsium karbonatNatrium asam pirofosfat, natrium bikarbonat, pati jagung, monokalium fosfatNatrium bikarbonat, natrium asam pirofosfat, kalsium karbonat, pati jagungNatrium bikarbonat, dinatrium difosfatPati jagung (pangan rekayasa genetika), pengembang natrium hidrogen karbonat, natrium aluminum fosfat, penstabil monokalium fosfat
KemasanBotol plastikKalengBotol plastikSasetPlastikKalengPlastikBotol plastikPlastikKaleng
Tautan produk

Cara mengecek kelayakan baking powder

Cara mengecek kelayakan baking powder

Baking powder memiliki daya tahan dalam batas waktu tertentu. Bila kemasan sudah dibuka, daya tahan baking powder sekitar 6–9 bulan. Namun, ada cara yang lebih pasti untuk memastikan apakah baking powder masih layak digunakan atau tidak. 


Anda bisa menuangkan satu sendok teh baking powder ke dalam air hangat. Bila terdapat buih, maka baking powder tersebut masih dapat digunakan. Sebaliknya, bila tidak ada buih, sebaiknya ganti baking powder Anda. 

Pertanyaan umum seputar baking powder

Pertanyaan umum seputar baking powder

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan populer seputar baking powder. Jika Anda masih penasaran tentang baking powder, simak jawabannya di bawah ini. 

Baking powder bisa diganti dengan apa?

Ada banyak bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti baking powder. Berikut ini beberapa di antaranya:


  • Putih telur kocok
  • Tepung self rising (tepung yang sudah mengandung baking powder dan garam)
  • Club soda (air yang telah dikarbonasi menggunakan gas karbon dioksida)
  • Campuran baking soda dengan beberapa bahan, seperti air lemon, cuka, cream of tartar, molase, yoghurt plain, atau buttermilk

Bolehkah baking powder disimpan di kulkas?

Baking powder sebaiknya tidak disimpan di kulkas karena dapat terjadi kondensasi atau pengembunan akibat suhu dingin. Hal tersebut dapat merusak kualitas baking powder. 

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk membuat kue di sini

Dalam mebuat kue, sekiranya diperlukan banyak bahan. Nah, berikut ini kami berikan link artikel terakit bahan-bahan untuk membuat kue. 

Kesimpulan

Baking powder adalah bahan tambahan yang dapat Anda pakai untuk membuat berbagai jenis makanan. Anda dapat memilih dengan memperhatikan tiga poin yang kami highlight, mulai dari jenisnya, kandungan bahan, hingga bentuk kemasannya.


Selain mengacu pada tiga poin tersebut, Anda juga bisa melihat sepuluh produk rekomendasi dari kami. Produk-produk pilihan tersebut kami sajikan agar lebih memudahkan Anda dalam memilih. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat ulang tahun adalah kue tart. Kue tart coklat, black forest, hingga bolu cheese cake sudah pasti disukai semua orang. Meski begitu, ada juga "kue ulang tahun" kekinian yang terbuat dari makanan savory, seperti tumpeng dan sushi!Kali ini kami akan berbagi tips memilih kue ulang tahun untuk anak hingga orang dewasa. Tak ketinggalan ada berbagai merek kue terbaik dalam rekomendasi kami, seperti Colette Lola, The Harvest, dan UNION. Pilihlah kue ulang tahun yang enak sekaligus harganya pas di kantong!
    Roti & kue
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti yang enak, lembut, dan bervolume, Anda memerlukan pelembut roti. Ada beberapa jenis pelembut roti yang bisa digunakan, antara lain bread improver, softener, shortening, dan cake emulsifier. Berbekal pelembut roti, Anda bisa membuat roti sobek, donat, dan berbagai roti manis lainnya.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi pelembut roti dan kue untuk keperluan rumah tangga dan industri bakery. Anda akan menemukan beberapa merek pelembut roti yang bagus, seperti Bakerine Plus, Koepoe Koepoe, Ibis, dan Angel. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak artikelnya!
    Roti & kue
  • 10 Merk Kue Bulan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kue Bulan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kue bulan adalah kue berbentuk bulat yang biasa dihidangkan pada perayaan musim gugur di Cina. Perayaan tersebut dikenal dengan nama Autumn Mooncake Festival. Untuk merayakannya, para keluarga akan berkumpul, beribadah, dan menikmati indahnya bulan purnama sembari membagikan kue bulan.Kini, tak hanya warga Cina saja, melainkan banyak orang Indonesia juga menyukai kue bulan. Untuk membantu Anda menemukan kue bulan yang lezat, kami akan memberikan panduan cara memilih kue bulan yang enak. Selanjutnya, kami juga akan mengulas sepuluh produk kue bulan dari beragam merek, seperti Gaya Bali, Sie Sin, dan sebagainya.
    Roti & kue
  • 10 Merk Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lezatnya selai kacang saat dioles di atas roti bakar akan membangkitkan selera. Namun, saat ini selai kacang bukan hanya dinikmati karena rasa lezat saja, melainkan karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, selai kacang yang mengandung sedikit gula juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.Ada cukup banyak merek selai kacang di pasaran, seperti Skippy, Peanut Butter & Co., dan Jif. Manakah yang terbaik? Dalam artikel ini, kami merekomendasikan selai kacang terbaik untuk melengkapi kebutuhan sarapan atau program kebugaran Anda. Yuk, simak sampai selesai!
    Roti & kue
  • 10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, menjadi bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng. Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat margarin dengan kandungan yang rendah lemak dan ada margarin yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja.Pada artikel ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Anda dapat menemukan rekomendasi merek margarin yang bagus, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, dan Filma. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Vanilla extract berfungsi meningkatkan aroma dan rasa pada makanan, terutama roti dan kue. Makanan bikinan Anda akan makin enak berkat vanilla extract. Karena umumnya tidak memengaruhi rasa, beberapa produk juga digunakan untuk bahan minuman. Di pasaran terdapat banyak merk vanilla ekstrak yang bagus, seperti GoodVanilla, La Dame in Vanilla, dan McCormick & Company. Salah satu produk yang cukup populer di Indonesia adalah Jansen vanilla extract. Agar Anda tidak bingung, simaklah tips memilih dan rekomendasi vanilla extract terbaik dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 9 Merk Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    9 Merk Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Olahan tepung ketan hitam memiliki tekstur yang lengket dan kenyal. Tepung ketan hitam sering digunakan sebagai bahan utama resep kudapan enak dan kenyal, seperti kue lapis, mochi, dan lainnya. Lalu, apa saja merek tepung ketan hitam yang bagus di pasaran?Anda dapat memilih tepung ketan hitam kemasan dari Ketanku, Kumala, Mahkota, dan brand terbaik lainnya dengan harga yang beragam. Dengan tepung ketan hitam yang tepat, kue buatan Anda akan menjadi lebih lezat! Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Roti & kue
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori