10 Rekomendasi Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Baking powder adalah kunci rahasia untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang renyah, tampilan yang halus, dan tebal. Oleh karena itu, baking powder menjadi item wajib dalam industri makanan. Tak sekadar untuk kue, baking powder juga sering dipakai membuat roti dan fried food.

Beberapa merek baking powder terbaik yang bisa Anda pilih adalah baking powder bebas aluminium Bob’s Red Mill hingga merek lokal Koepoe Koepoe! Apa pun mereknya, silakan memilih sesuai dengan frekuensi pemakaian dan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Cara memilih baking powder

Pertama-tama, kami akan memaparkan bagaimana cara memilih baking powder terbaik. Tergantung tujuan pemakaian, Anda dapat menemukan produk yang mudah digunakan. Pilihlah berdasarkan bahan baku dan kemasan produk.

Periksa terlebih dahulu bahan bakunya

Anda dapat menemukan produk baking powder yang tidak menggunakan bahan yang telah dimodifikasi genetik dan hanya memakai bahan baku sederhana. Jika ingin lebih mantap dengan pilihan Anda, usahakan untuk lebih fokus pada bahan baku.

Pertimbangkan untuk memilih produk bebas tawas

Pertimbangkan untuk memilih produk bebas tawas

Pilihlah baking powder yang tidak mengandung tawas jika Anda sangat mempertimbangkan faktor keamanan. Di antara merek baking powder yang ada di pasaran, pasti ada beberapa produk yang menggunakan tawas sebagai bahan bakunya. Sebenarnya, tawas masih aman dikonsumsi selama digunakan sesuai batas dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan negara. Namun, kandungan aluminium di dalam tawas bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Terlebih lagi, jika Anda mengonsumsi bahan aluminium dalam jangka panjang.

Namun, jika baking powder yang mengandung tawas tersebut bebas aluminium, Anda tak perlu khawatir untuk menggunakannya. Biasanya, produk jenis ini akan dilabeli dengan tulisan “aluminium-free” di bagian kemasannya.

Sebisa mungkin, pilih produk dengan sedikit zat aditif

Sebisa mungkin, pilih produk dengan sedikit zat aditif

Sebelum memilih baking powder, perhatikan bagian belakang kemasan untuk melihat kandungan zat aditif di dalamnya. Dengan mengetahui kandungan baking powder, Anda akan lebih tenang saat menggunakannya. Umumnya, baking powder mengandung zat adiktif Sodium bicarbonate dan penguat rasa seperti asam sitrat atau kalium fosfat. Penambahan bahan-bahan sederhana ini sangat memengaruhi hasil akhir dari roti atau kue yang Anda buat. Tekstur makanan dapat menjadi lebih halus. Dengan kata lain, saat baking powder mengandung zat aditif yang cukup tinggi, tingkat keamanan produk menjadi lebih rendah. So, harus lebih selektif lagi saat memilih, ya!

Supaya aman, pilih produk yang tidak mengandung bahan yang sudah dimodifikasi genetik

Supaya aman, pilih produk yang tidak mengandung bahan yang sudah dimodifikasi genetik

Melakukan pengecekan bahan baku sedari awal sangat diperlukan untuk memastikan keamanan produk. Untuk baking powder, kita sering menggunakan tepung jagung untuk menyesuaikan rasa dan tingkat kekentalan adonan. Ada pula yang memakai bahan makanan yang sudah dimodifikasi secara genetik yang terkadang dapat menyebabkan alergi. Oleh sebab itu, biasakan untuk mengecek komposisi bahan sebelum membeli.

Pentingkah untuk melihat bentuk wadah?

Untuk menjaga agar baking powder tetap halus, Anda harus memperhatikan bentuk wadahnya. Karakteristik dari baking powder adalah sensitif terhadap kelembapan. Saat menyerap kelembapan, baking powder akan mengeras dan tidak dapat memenuhi perannya secara maksimal. Oleh sebab itu, pastikan memilih jenis wadah sesuai dengan frekuensi penggunaan dan kemudahan penyimpanan.

Jenis kaleng tahan terhadap kelembapan dan mudah disimpan

Jenis kaleng tahan terhadap kelembapan dan mudah disimpan

Jika Anda sering menggunakan baking powder, kami rekomendasikan baking powder kalengan agar lebih mudah disimpan. Jenis ini dapat mencegah kelembapan saat disimpan. Meskipun begitu, beberapa orang juga menilai bahwa tipe ini sulit untuk dipakai, khususnya bagi mereka yang belum terbiasa. Alasannya adalah jenis kaleng sering kali sulit dibuka terutama di bagian tutupnya.

Jika tidak terlalu sering menggunakan baking powder, beli saset atau kemasan satuan!

Jika tidak terlalu sering menggunakan baking powder, beli saset atau kemasan satuan!

Tipe individual packaging (kemasan satuan atau saset) kami rekomendasikan untuk Anda yang jarang menggunakan baking powder. Baking powder tipe ini dikemas dalam ukuran kecil sehingga tidak akan terkontaminasi dengan udara sampai Anda membuka kemasannya. Dengan demikian, Anda bisa mencegah terjadinya kerusakan pada baking powder. Jenis ini biasanya berukuran sekali pakai yaitu 5 gram hingga 15 gram.

Anda juga jadi lebih mudah menakarnya karena kapasitas kemasan sudah ditentukan sejak awal. Namun, biasanya tipe ini sedikit lebih mahal dibandingkan tipe kaleng dan kurang cocok untuk Anda yang sering memakai baking powder.

Pilih kemasan plastik yang mudah digunakan dan ditakar

Pilih kemasan plastik yang mudah digunakan dan ditakar

Baking powder dalam wadah plastik direkomendasikan bagi Anda yang sering menggunakan baking powder. Tipe ini juga mudah untuk ditakar karena memiliki bukaan yang lebar dan lebih mudah digunakan daripada tipe kaleng. Walaupun begitu, Anda perlu dengan segera menutupnya setelah dipakai karena wadah plastik cukup rentan dengan masalah kelembapan. Sebagai contoh, Anda dapat memilih baking powder dari R&W Baking Powder yang dikemas dalam botol plastik.

10 Rekomendasi baking powder terbaik

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh baking powder terbaik untuk Anda. Silakan pertimbangkan berdasarkan frekuensi penggunaan dan kemudahan pemakaiannya. Selamat memilih!

10. Sahabat Harapan Bersama ONTA Baking Powder

10. Sahabat Harapan Bersama ONTA Baking Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.500

Kemasan ekonomis dengan harga murah meriah!

Spesial untuk Anda yang baru belajar membuat kue, bisa memilih baking powder merek ONTA. Produk ini dikemas menggunakan plastik ukuran kecil sehingga mudah ditakar. Tak hanya itu, baking powder ini dilempar ke pasaran dengan harga di bawah tiga ribu rupiah! Tak perlu takut mubazir jika kue yang dibuat gagal.

Tipe Kemasan plastik
Kapasitas 50 gr
Bahan Natrium asam pirofosfat, natrium bikarbonat, starch

9. Karya Anugerah Jaya ALCO Baking Powder

9. Karya Anugerah Jaya ALCO Baking Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.000

Produk made in Indonesia dengan label MUI dan BPPOM

Apakah Anda ingin membeli produk buatan dalam negeri? Anda bisa mempertimbangkan baking powder merek ALCO. Baking powder ini telah mengantongi label MUI dan BPPOM sehingga sudah terjamin keamanannya. Tersedia pula dalam ukuran mini sehingga cocok untuk Anda yang baru belajar membuat kue.

Tipe Saset
Kapasitas 15 gr
Bahan Tidak disebutkan

8. Karya Anugerah Jaya R&W Baking Powder

8. Karya Anugerah Jaya R&W Baking Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.500

Baru belajar membuat kue? Bisa memilih baking powder multifungsi dari R&W!

R&W baking powder merupakan merek yang masih satu perusahaan dengan ALCO. Sama-sama diproduksi dari perusahaan dalam negeri, R&W Baking Powder pun mudah untuk dijumpai di pasar dan toko, serta tentunya di online shop!

Selain itu, R&W juga terkenal multifungsi karena bisa dipakai untuk makanan yang dipanggang, digoreng, dan dikukus. Cukup beli satu saset untuk dipakai membuat banyak makanan. Merek ini cocok untuk Anda yang jarang menggunakan baking powder.

Tipe Botol plastik
Kapasitas 20 gr
Bahan Natrium asam pirofosfat, natrium bikarbonat, kalsium karbonat, pati jagung

7. Zeelandia Alpina Zeelandia Baking Powder

7. Zeelandia Alpina Zeelandia Baking Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.009.000

Volume roti akan lebih besar, tinggi, dan memiliki warna yang natural

Ini dia baking powder single acting yang dijual dengan kemasan ember berukuran besar! Anda yang memiliki bisnis kue atau roti akan jauh lebih hemat dengan memilih Alpina Zeelandia. Terlebih lagi, kualitas dari merek ini sudah terjamin sehingga disukai banyak bakers.

Kue Anda dijamin akan mengembang lebih tinggi dan besar sehingga terlihat lebih menggoda dibandingkan roti atau kue pada umumnya. Selain itu, kue atau roti juga akan memiliki warna yang lebih natural. Pembeli pasti lebih tertarik karena tampilannya yang meyakinkan!

Tipe Ember plastik
Kapasitas 20 kg
Bahan Diphosphates, sodium carbonates, pati gandum

6. Bob’s Red Mill Baking Powder

6. Bob’s Red Mill Baking Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Dijamin gluten-free dan aluminium-free sehingga aman untuk kesehatan

Bob’s Red Mill adalah salah produk yang memakai bahan baku alami sehingga disukai para vegetarian. Produk ini sehat dan aman karena bebas gluten dan aluminium. Hal ini dikuatkan dengan adanya label gluten-free dan no added aluminium pada kemasannya.

Kemasannya berupa plastik dengan ukuran yang cukup besar sehingga mudah untuk dibuka dan ditutup. Cara penggunaannya pun praktis! Merek ini adalah pilihan sempurna untuk Anda yang sangat memperhatikan faktor keamanan dan kesehatan.

Tipe Kemasan plastik
Kapasitas 397 gr
Bahan Natrium asam pirofosfat, natrium bikarbonat, pati jagung, monokalium fosfat

5. Bakels Worldwide Hercules Baking Powder (Double Acting)

5. Bakels Worldwide Hercules Baking Powder (Double Acting)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Sudah dipakai oleh baker profesional dari berbagai belahan dunia

Baking powder yang menjadi favoritnya baker profesional ini memiliki kemampuan double acting sehingga kue dapat naik dan mengembang dengan baik. Teksturnya pun dijamin halus dan tak menimbulkan rasa pahit. Syaratnya, Anda harus memakai timbangan digital agar takaran baking powder tidak meleset.

Tipe Kaleng
Kapasitas 450 gr
Bahan Natrium asam piroposphat, natrium hidrogen karbonat, kalsium karbonat

4. Crescent Manufacturing Company Crescent Baking Powder

4. Crescent Manufacturing Company Crescent Baking Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 300.000

Produk impor yang seimbang antara harga dan kualitas

Sama seperti merek Hercules, Crescent juga berdaya ganda sehingga dapat membuat kue menjadi lebih halus dan mengembang sempurna. Bedanya, baking powder ini dikemas dengan ukuran jumbo sehingga direkomendasikan untuk pemakaian besar.

Meskipun begitu, Crescent dijual dengan harga terjangkau. Harga menjadi faktor sangat penting bagi Anda yang sering memakai baking powder, khususnya untuk Anda yang memiliki bisnis makanan. Dengan begitu, Anda dapat menyeimbangkan antara kualitas dan harga.

Tipe Kaleng
Kapasitas 2712 gr
Bahan Pati jagung (pangan rekayasa genetika),  pengembang natrium hidrogen karbonat, natrium aluminum fosfat,  penstabil monokalium fosfat (341)

3. Health Paradise Natural Baking Powder

3. Health Paradise Natural Baking Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Diproduksi secara organik tanpa pewarna, terbukti dengan adanya sertifikat NASSA

Pencinta produk organik akan terbantu dengan adanya baking powder organik dari Health Paradise ini. Sebenarnya, baking powder ini product of Australia, tetapi dikemas kembali secara legal oleh Health Paradise. Jadi, Anda tak perlu ragu dengan keaslian produk ini.

Health Paradise yang berdiri tahun 1997 ini menjadi wholesaler produk organik pertama dan sudah mengantongi sertifikat dari NASSA (National Association for Sustainable License). Sertifikasi ini berkaitan dengan perizinan untuk mengemas ulang dan menjual produk-produk organik.

Tipe Kemasan plastik
Kapasitas 150 gr
Bahan Natrium karbonat, natrium asam pirofosfat, monokalsium fosfat, dikalsium fosfat, pati jagung

2. Royal Baking Powder

2. Royal Baking Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 77.000

Praktis dan mudah dipakai, kualitasnya pun sangat memuaskan!

Royal yang didirikan pada tahun 1925 menjadi merek baking powder yang sudah digunakan di berbagai negara. Meskipun hanya menggunakan bahan sederhana seperti Disodium dihydrogen pyrophosphate dan pati jagung sebagai pengikat, tetapi dapat menyatu dengan baik bersama dengan tepung.

Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sering menggunakan baking powder karena mudah untuk disimpan setelah pemakaian. Tak salah apabila Royal menjadi salah satu merek baking powder yang disukai di seluruh dunia karena praktis dan berkualitas.

Tipe Kaleng
Kapasitas 450 gr
Bahan Pengembang dinatrium pirofosfat, natrium hidrogen karbonat, pati jagung. Mungkin mengandung susu. Bebas Gluten

1. Anggana Catur Prima Koepoe Koepoe Baking Powder

1. Anggana Catur Prima Koepoe Koepoe Baking Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.890

Rahasia kue mengembang dengan cantik dan teksturnya lebih ringan

Koepoe Koepoe adalah merek lokal yang sudah lama berkecimpung dalam industri bahan tambahan makanan. Mengutip dari situs resminya, baking powder dari Koepoe Koepoe akan membuat kue memiliki tekstur yang ringan dan memiliki bentuk yang indah!

Tipe Botol plastik
Kapasitas 45 gr
Bahan Pengembang natrium bikarbonat, natrium pirofosfat asam, pati jagung, antikempal silikon dioksida

Kesimpulan

Ini dia sepuluh rekomendasi baking powder terbaik yang dapat Anda beli di online shop. Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan pilihan? 

Baking powder adalah bahan tambahan yang dapat Anda pakai untuk membuat berbagai jenis makanan. Anda dapat memilih sesuai dengan frekuensi penggunaan dan faktor lainnya yang menjadi pertimbangan. Jadikan artikel kami sebagai referensi pada saat Anda hendak membeli baking powder terbaik. Selamat memilih!