1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup mata
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Pensil Alis Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pensil Alis Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pensil Alis Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pensil Alis Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pensil Alis Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pensil Alis Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pensil Alis Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Liquid eyebrow pencil mungkin sudah tidak asing bagi para pengguna makeup. Pensil alis basah dan cair ini cukup mudah diaplikasikan, bahkan sangat berguna untuk membuat detail pada alis Anda. Jenisnya ada bermacam-macam, mulai dari yang standar, dual type, pensil alis garpu, hingga produk waterproof.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih produk pensil alis cair yang bagus dan tepat untuk Anda. Kami juga akan mengulas sepuluh produk terbaik dari beberapa merek ternama, seperti Maybelline, K-Palette, dan Cathy Doll yang bisa Anda jadikan referensi. Selamat membaca!
Diperbaharui 12-23-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
giovannigwen

Gwen merupakan seorang marketer berpengalaman yang telah merambah beberapa bidang, mulai dari bidang perbankan hingga manufacturing. Kecintaannya akan menulis membuatnya bergabung dengan mybest sebagai content writer. Berdasarkan pengalaman pribadinya mengenai masalah kulit, Gwen banyak mempelajari tentang skincare dan kesehatan kulit. Baginya, perawatan kulit adalah salah satu investasi yang mutlak. Selain itu, Gwen senang melakukan aktivitas outdoor dan travelling.

Profil giovannigwen
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan dan cara menggunakan pensil alis cair

Keunggulan dan cara menggunakan pensil alis cair

Kosmetik alis yang satu ini memiliki bentuk menyerupai eyeliner cair. Bentuk kuasnya cukup bervariasi. Pensil alis cair sering menjadi pilihan karena kuasnya lembut di kulit, serta tidak perlu diraut. Selain itu, beberapa produk dapat bertahan lebih lama dengan formula antiair, antikeringat, dan antisebum. 


Cara menggunakannya pun seperti pensil alis pada umumnya yaitu dengan mengisi sela-sela alis yang tidak tertutupi rambut. Anda cukup mengikuti arah tumbuh alis asli Anda dari pangkal hingga ke ujung agar hasilnya tampak alami. Karena bentuknya cair, Anda sebaiknya berhati-hati saat mengaplikasikannya, terutama bila produknya waterproof.

Cara memilih pensil alis cair

Alis adalah bagian penting yang memengaruhi kesan wajah secara keseluruhan. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa poin di bawah ini agar Anda mendapatkan tampilan yang Anda inginkan.

① Pilih berdasarkan jenis pensil alis cair

Berdasarkan jenisnya, pensil alis cair dibagi menjadi dua yakni basic type dan dual type. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Dengan memperhatikan fiturnya, Anda bisa memilih jenis mana yang cocok untuk Anda.

Basic type, sangat direkomendasikan untuk pemula

Basic type, sangat direkomendasikan untuk pemula
Basic type adalah produk yang paling sederhana. Bentuknya berupa pensil alis cair saja. Produk dengan model yang sederhana ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali mencoba pensil alis cair. Anda bisa menggunakannya untuk berlatih menggambar alis dengan pensil alis cair. Variasi warnanya juga cukup beragam sehingga mudah dicocokkan dengan warna rambut Anda.

Dual type, untuk Anda yang ingin merias alis dengan lebih maksimal

Dual type, untuk Anda yang ingin merias alis dengan lebih maksimal
Pensil alis dual type adalah jenis yang menggabungkan pensil alis tipe cair dengan pensil alis tipe lainnya. Contohnya yaitu liquid eyebrow dengan powder eyebrow atau liquid eyebrow dengan pencil eyebrow. Tergantung pada produknya, kombinasinya bervariasi.

Di sisi lain, tipe ini cukup menarik karena Anda bisa merias alis secara maksimal hanya dengan satu produk. Pensil alis tipe ini juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin membawa pensil alis ke mana-mana karena lebih lengkap dan praktis.

② Sesuaikan warnanya dengan warna rambut Anda

Sesuaikan warnanya dengan warna rambut Anda
Saat memilih pensil alis cair, pemilihan warna juga merupakan poin yang sangat penting. Pilihlah warna pensil alis sesuai dengan warna rambut Anda. Hal tersebut diperlukan untuk mendapatkan kesan yang lebih natural dan tidak terlihat aneh.

Jika warna rambut Anda cokelat, pilihlah pensil alis warna cokelat gelap atau cokelat terang. Untuk pemilik rambut warna hitam, pilihlah pensil alis berwarna hitam atau dark grey. Selain itu, penting juga untuk memilih warna alis yang lebih terang dibandingkan warna rambut. Cara tersebut akan membuat Anda tampak lebih muda dan segar.

③ Tentukan bentuk kuas yang Anda inginkan

Saat memilih pensil alis cair, jangan lupa untuk memperhatikan bentuk kuasnya. Pasalnya, bentuk kuas akan memengaruhi kenyamanan dan hasil akhirnya.

Tipe kuas pipih, memudahkan dalam menggambar garis

Tipe kuas pipih, memudahkan dalam menggambar garis
Kuas yang lebih pipih memungkinkan Anda untuk membuat alis dengan sensasi seperti menambahkan rambut satu per satu. Produk dengan kuas kecil nyaman digunakan untuk menggambar bagian-bagian alis yang harus diselesaikan secara hati-hati dan teliti.

Di sisi lain, pensil alis dengan tipe sikat atau kuas besar akan menghasilkan tesktur yang lebih tegas. Dengan demikian, tidak boleh ada kesalahan dalam pengaplikasiannya. Keuntungan dari kuas tipe pipih adalah kemungkinan gagalnya sangat kecil karena bisa dibuat sedikit demi sedikit. Garis yang dihasilkan pun tipis. Jadi, tipe ini bisa dipakai oleh pemula.

Tipe pena, bisa dipakai seperti menggambar dengan pensil biasa

Tipe pena, bisa dipakai seperti menggambar dengan pensil biasa

Pensil alis cair juga ada yang berbentuk seperti pena. Pensil alis cair tipe pena ini cukup menarik karena pemakaiannya serupa dengan pensil alis biasa. Oleh karena itu, Anda yang sudah terbiasa dengan pensil alis pasti bisa menggunakan tipe ini dengan mudah. Pensil alis tipe ini juga dianjurkan bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan kuas.

Tipe garpu, membuat guratan alis tampak natural

Ada juga pensil alis cair dengan kuas tiga dimensi yang berbentuk menyerupai garpu. Dengan pensil alis tipe ini, Anda bisa menciptakan guratan rambut layaknya sulam alis. Anda juga bisa membuat alis dengan model feathery yang kekinian dengan mudah. Karena terdiri dari tiga hingga lebih kuas kecil, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan alis relatif lebih cepat.

④ Cek produk dengan formula waterproof

Cek produk dengan formula waterproof
Bagi Anda yang menginginkan eye makeup yang tahan lama, produk dengan formula waterproof sangatlah disarankan. Selain tahan air, formulanya juga tahan terhadap keringat. Alhasil, bisa dipastikan riasan alis Anda tidak mudah pudar dalam waktu lama.

Produk waterproof cocok digunakan saat Anda melakukan banyak aktivitas yang mengeluarkan keringat. Dengan demikian, kemungkinan makeup luntur akan mengecil. Selain itu, bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memperbaiki riasan alis, tipe waterproof juga sangat direkomendasikan.

⑤ Pertimbangkan tipe tint untuk dijadikan shading dasar

Pertimbangkan tipe tint untuk dijadikan shading dasar
Salah satu tipe pensil alis cair lainnya adalah tipe eyebrow tint. Mungkin Anda berpikir bahwa pensil alis cair ini merupakan tipe yang menempel dan harus dilepaskan dari alis. Namun, sekarang ini banyak produsen yang menjual tint eyebrow yang bisa digunakan seperti pensil alis cair biasa. Jadi, Anda tidak perlu melepaskannya lagi.

Pensil alis cair tipe tint juga bisa digunakan kapan saja. Anda bisa memakainya pada pagi hari yang sibuk sehingga Anda tidak perlu menunggu riasan alis mengering. Selain itu, jika warna pensil alis tipe tint ini tipis, Anda bisa menggunakannya sebagai shading dasar untuk alis Anda.

⑥ Gunakan produk dengan hasil riasan alis yang tipis untuk pemula

Gunakan produk dengan hasil riasan alis yang tipis untuk pemula
Anda yang belum terbiasa menggunakan pensil alis cair dianjurkan untuk menggunakan produk dengan hasil akhir riasan yang tipis. Dengan warna yang lebih tipis, Anda akan lebih mudah menyesuaikan ketebalan pensil alis sehingga kemungkinan kelirunya makin kecil.

Selain itu, dengan hasil yang tipis, Anda bisa menggambar sedikit demi sedikit. Dengan begitu, hasilnya akan lebih natural pada mata. Anda juga bisa menghasilkan bentuk tiga dimensi yang bagus pada alis. Tipe ini membuat Anda dapat menggambar alis dengan detail hingga tidak ada lagi bagian yang kosong. Penampilan Anda pasti jadi lebih menarik.

10 Rekomendasi pensil alis cair terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pensil alis cair terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Focallure

4 Fork Liquid Eyebrow Pencil

Focallure 4 Fork Liquid Eyebrow Pencil  1枚目

Tampilkan hasil akhir natural seperti alis asli

2

Browit by Nongchat

Brow Salon Liquid and Cara

Browit by Nongchat Brow Salon Liquid and Cara 1枚目

Pensil alis cair dual type yang praktis dan efektif

3

Y.O.U

Colorland Ready To Go Brow Tattoo

Y.O.U Colorland Ready To Go Brow Tattoo 1枚目

Terlihat seperti alis asli dan minim risiko iritasi

4

Madame Gie

Silhouette Natural Brow

Madame Gie Silhouette Natural Brow 1枚目

Pengaplikasiannya mudah, harganya tak bikin kantong bolong

5

Maybelline

Brow Tattoo Gel Tint

Maybelline Brow Tattoo Gel Tint 1枚目

Cepat kering dan tidak membuat alis rontok

6

K-Palette

Lasting 2Way Eyebrow Liquid

K-Palette Lasting 2Way Eyebrow Liquid 1枚目

Tahan keringat dan sebum, bebas retouch seharian!

7

BCL

Eyebrow Pencil & Liquid

BCL  Eyebrow Pencil & Liquid 1枚目

Dua jenis pensil alis dalam satu produk, bebas pilih yang Anda suka!

8

KOSÉ

Esprique W Eyebrow (liquid & Powder)

KOSÉ Esprique W Eyebrow (liquid & Powder) 1枚目

Dus sisi aplikator yang nyaman dan mudah digunakan

9

Mizzu

Brow Tint

Mizzu  Brow Tint 1枚目

Buildable! Anda bisa atur ketebalannya sesuka hati

10

Cathy Doll

Real Brow 4D Tattoo Tint

Cathy Doll Real Brow 4D Tattoo Tint 1枚目

Inovasi baru, memastikan alis Anda on 24 jam

Perincian produk
Close
No.1

Focallure4 Fork Liquid Eyebrow Pencil

Mulai dari Rp78.000,00

Tampilkan hasil akhir natural seperti alis asli

Kelebihan:

  • Hasilnya natural seperti rambut alis yang asli

Kekurangan:

  • Saat digunakan tintanya tidak langsung kering sehingga perlu didiamkan dahulu beberapa saat

Focallure 4 Fork Liquid Eyebrow Pencil adalah salah satu produk paling diminati di pasaran. Terbukti dari tingginya rating dan banyaknya pembelian produk ini di e-commerce. Harganya yang terjangkau, aplikator yang mudah digunakan, dan warna tinta yang natural adalah beberapa alasan laris manisnya produk ini. Silakan Anda coba dan buktikan sendiri.

No.2

Browit by NongchatBrow Salon Liquid and Cara

Mulai dari Rp185.000,00

Pensil alis cair dual type yang praktis dan efektif

Kelebihan:
  • Aplikatornya nyaman dan mudah digunakan

Kekurangan:
  • Karena merupakan tipe dual, isinya tidak terlalu banyak, cepat habis

Ini dia pensil alis cair dual type yang paling praktis, kombinasi liquid eyebrow dan mascara eyebrow! Pertama-tama, Anda dapat merapikan dan mewarnai alis dengan maskaranya. Setelah itu, tarik beberapa garis halus secara cepat dengan liquid eyebrow untuk mempertegas teksturnya.


Produk ini dapat digunakan, baik oleh pemilik alis tebal maupun tipis untuk menciptakan tampilan on fleek. Cocok untuk Anda yang suka terburu-buru pada pagi hari dan harus berdandan di mobil.

No.3

Y.O.UColorland Ready To Go Brow Tattoo

Mulai dari Rp49.700,00

Terlihat seperti alis asli dan minim risiko iritasi

Kelebihan:

  • Bebas talc, mineral oil, fragrance, dan alkohol sehingga minim iritasi

Kekurangan:

  • Formulanya tidak waterproof

Y.O.U menghadirkan Colorland Ready To Go Brow Tattoo, pensil alis dengan empat buah tiny fork tips. Karena aplikatornya lebih kecil, garis yang dihasilkan bisa lebih halus dan presisi. Tampilan hasil akhirnya pun terlihat lebih natural.


Di sisi lain, produk ini juga bebas talc, mineral oil, fragrance, dan alkohol. Jadi, pemilik kulit sensitif sekalipun bisa memakainya karena minim risiko iritasi. Anda dapat menggunakannya dengan aman dan nyaman.

No.4

Madame GieSilhouette Natural Brow

Mulai dari Rp30.000,00

Pengaplikasiannya mudah, harganya tak bikin kantong bolong

Kelebihan:

  • Aplikatornya nyaman dan mudah digunakan

Kekurangan:

  • Tintanya agak susah dikeluarkan, jadi hati-hati bagi pemula
  • Warnanya ada hint warna merah, mungkin di beberapa warna kulit kurang coccok

Produk pensil alis cair ini dilengkapi kuas berbentuk garpu sehingga memudahkan Anda untuk menggambar alis dengan cepat. Efeknya bertahan hingga seharian karena mengandung bahan waterproof dan smudgeproof. Selain mudah diaplikasikan, produk lokal ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Bila anggaran Anda untuk membeli pensil alis cair terbatas, cobalah Silhouette Natural Brow.

No.5

MaybellineBrow Tattoo Gel Tint

Mulai dari Rp189.000,00

Cepat kering dan tidak membuat alis rontok

Kelebihan:
  • Gel-nya mudah dilepas, tidak membuat alis rontok

Kekurangan:

  • Tipe gel tint, agak susah dipakai untuk membentuk alis

Cara pemakaian produk ini pada dasarnya sama dengan produk tint eyebrow pada umumnya. Bedanya, tint lain harus dikeringkan dalam waktu yang cukup lama, hingga 120 menit. Nah, produk ini hanya perlu waktu 20 menit saja untuk mengering. Selain itu, dengan stretch peel off formula, gelnya mudah dilepas dan tidak menyebabkan tercabutnya bulu alis. Produk ini pas untuk Anda yang memiliki alis tipis!

No.6

K-PaletteLasting 2Way Eyebrow Liquid

Mulai dari Rp265.000,00

Tahan keringat dan sebum, bebas retouch seharian!

Kelebihan:
  • Dual type yang mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun

Kekurangan:

  • Warnanya soft, jadi kurang cocok bagi Anda yang mencari warna pekat dan strong

Produk ini merupakan pensil alis dual type yang terdiri dari pensil alis cair dan eyebrow powder. Cara pengaplikasiannya adalah dengan membuat guratan alis halus dengan liquid eyebrow terlebih dahulu. Selanjutnya, sapukan eyebrow powder secara merata pada alis Anda sebagai finishing.


Produk ini diklaim mampu bertahan 24 jam berkat formula waterproof, sweat-proof, dan sebum-proof. Selain tahan lama, Lasting 2Way Eyebrow Liquid mudah digunakan, bahkan oleh pemula. Sangat pas dijadikan pilihan bagi Anda yang mobilitasnya tinggi sehingga tidak sempat retouch.

No.7

BCL Eyebrow Pencil & Liquid

Mulai dari Rp238.000,00

Dua jenis pensil alis dalam satu produk, bebas pilih yang Anda suka!

Kelebihan:
  • Long lasting, waterproof, serta tahan sebum dan keringat

Kekurangan:

  • Bagian pensil alis biasa tidak ada tutupnya, jadi berisiko mudah terkena debu atau kotor

Sesuai namanya, pensil alis cair ini memiliki dua sisi. Salah satu ujungnya merupakan pensil alis cair, sedangkan ujung satunya adalah pensil alis biasa. Dengan adanya dua pilihan tersebut, Anda bisa lebih fleksibel saat menggambar alis. Jika belum terbiasa menggunakan pensil alis cair, Anda bisa menggunakan bagian yang pensil alis biasa.


BCL Cosmetics merupakan produsen kosmetik terkemuka di Jepang. Jadi, bila Anda senang bergaya ala riasan Jepang, produk ini dapat menjadi pilihan. Terlebih, produk ini tersedia dalam varian warna natural yang cocok dipadukan dengan warna rambut wanita Asia.
No.8

KOSÉEsprique W Eyebrow (liquid & Powder)

Mulai dari Rp377.000,00

Dus sisi aplikator yang nyaman dan mudah digunakan

Kelebihan:

  • Aplikatornya, nyaman dan mudah digunakan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menyebutkan warnanya terlalu soft

Sesuai namanya, KOSÉ Esprique W Eyebrow (liquid & Powder) ini merupakan liquid eyebrow dual type. Jadi, produk ini, memiliki dua sisi aplikator. Untuk mengaplikasikan eyeliner cair menggunakan kuas tipe pen. Sementara, untuk powdernya menggunakan puff kecil.


Tipe pen mudah diatur dan tidak terlalu keras, sehingga pemula pun bisa menggunakannya dengan mudah. Lalu, untuk merapikan tampilan alis Anda, gunakan eyeliner powdernya.

No.9

Buildable! Anda bisa atur ketebalannya sesuka hati

Kelebihan:

  • Hasilnya seperti sulam alis, cantik dan elegan

Kekurangan:
  • Mudah hilang kalau tergosok

Ingin menggunakan pensil alis cair, tetapi takut hasilnya terlihat berlebihan? Produk dari Mizzu ini dapat menjadi pilihan tepat! Brow Tint bersifat buildable dengan konsistensi yang dapat disesuaikan sesuai selera. Hasilnya diklaim lebih tahan lama dan menyerupai sulam alis tiga dimensi yang tampak natural di wajah. Anda tidak perlu lagi repot pergi ke salon!

No.10

Cathy DollReal Brow 4D Tattoo Tint

Mulai dari Rp178.000,00

Inovasi baru, memastikan alis Anda on 24 jam

Kelebihan:

  • Tipe tint yang diklaim tahan hingga 24 jam

Kekurangan:

  • Di pasaran banyak beredar barang tiruannya, jadi pastikan Anda membeli yang asli

Apakah Anda adalah wanita yang sibuk berkegiatan seharian? Jika ya, pilihan pensil alis dari Cathy Doll ini adalah pilihan tepat. Menghadirkan inovasi terbaru, pensil alis tipe tint ini bisa mengering begitu diaplikasikan. Hasilnya, alis Anda akan tampak natural dan tahan hingga 24 jam. Selain itu, ada empat pilihan warna yang bisa Anda pilih. Silakan pilih warna yang paling cocok dengan rambut Anda, ya.

Tips menggambar alis dengan rapi menggunakan pensil alis cair

Tips menggambar alis dengan rapi menggunakan pensil alis cair

Berikut ini ada sedikit tips menggambar alis dengan rapi menggunakan pensil alis cair. Mari simak langkah-langkahnya berikut ini.


1. Sisir alis Anda

Sebelum menggunakan pensil alis cair, sebaiknya rapikan alis Anda dengan menyisirnya menggunakan spoolie. Anda bisa menyisir alis Anda ke arah atas untuk mempertegas bentuk alis Anda.


2. Tandai titik-titik alis Anda

Untuk memastikan bentuk alis Anda rapi dan bagus, Anda bisa menandai terlebih dahulu titik-titik alis Anda. Titik pada bagian pangkal alis, titik lengkungan alis, dan titik ujung luar alis Anda. Ibaratnya, Anda sedang menentukan bingkai sebelum mengisi warnanya.


3. Warnai alis Anda

Anda bisa mulai mewarnai alis Anda pada bagian alis yang kosong atau tipis. Jika menggunakan tipe fork, Anda bisa menggoreskannya perlahan ke arah atas untuk hasil yang natural.


4. Berikan sentuhan akhir setelah menggambar

Sentuhan akhir berguna untuk mempertegas dan menyempurnakan tampilan alis Anda. Anda bisa menyisirnya kembali setelah selesai menggambar. Selanjutnya, untuk mempertegas bentuknya Anda bisa membubuhkan concealer atau highlighter di sekitar area lengkungan alis Anda.


5. Tips tambahan jika pensil alis Anda mengering

Jika pensil alis Anda mengering, Anda bisa mencoba merendam pensil alis dalam segelas air hangat. Jika belum berhasil, Anda bisa mencoba menentaskan beberapa tetes obat mata ke dalam wadahnya atau pada aplikatornya. Jika tipe pen, Anda bisa mencoba membakarnya sedikit saja menggunakan lilin.

Baca juga rekomendasi kosmetik alis lainnya di sini

Dalam artikel ini, kami fokus membahas mengenai pensil alis cair. Namun, untuk menyempurnakan riasan mata Anda, ada produk kosmetik mata lainnya. Anda bisa membaca artikelnya dengan lebih detail melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah kami paparkan mengenai cara memilih pensil alis cair. Rekomendasi produk terbaiknya juga sudah kamu ulas. Produk-produk tersebut adalah produk yang populer di pasaran sehingga mudah Anda temukan di mana saja.

Pemilihan makeup seperti pensil alis cair memang dipengaruhi oleh kebutuhan dan kesukaan pemakainya. Karena itu, pastikan Anda memilih produk yang paling sesuai. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih. Selamat merias alis Anda hingga makin kece!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer