10 Rekomendasi Metronom Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Metronom Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Metronom adalah alat yang diperlukan untuk menentukan tempo saat berlatih alat musik. Karena bunyi ketukan yang dihasilkan mirip, metronom yang tersedia di pasaran mungkin terlihat sama saja. Namun, pemilihan metronom sebenarnya penting dalam membantu Anda semakin mahir memainkan alat musik. Jenisnya pun beragam, mulai dari tipe mechanical ataupun digital.

Untuk membantu Anda memilih metronom yang tepat, pada artikel ini kami akan menjelaskan cara dan poin yang harus diperhatikan dalam memilih metronom, kemudian merekomendasikan metronom terbaik di Indonesia. Selamat memilih!

Daftar isi

Cara memilih metronom

Efisiensi dan hasil latihan bermusik akan progresif apabila Anda memilih metronom dengan cermat. Pahami poin dalam memilih metronome supaya tidak salah memilih produk.

Pahami jenis-jenis metronom

Secara garis besar, metronome terbagi menjadi dua jenis, yaitu mechanical atau bandul/analog, dan jenis digital atau electronic. Pahamilah masing-masing karaketristiknya dan pilihlah jenis yang sesuai dengan preferensi Anda.

Jenis mechanical yang bandulnya dapat terlihat

Jenis mechanical yang bandulnya dapat terlihat

Saat menyebut kata metronom, umumnya pertama kali orang akan membayangkan jenis mechanical. Jenis ini mengatur tempo dengan suara ketukan konstan yang dihasilkan oleh bandul.

Karena menggunakan jenis analog, Anda dapat mendengar ketukan sambil melihat pergerakan bandulnya. Jadi, akan lebih mudah untuk merasakan tempo nadanya dibandingkan hanya mendengarkan saja.

Jenis electronic, konfirmasi tempo hanya dengan suara ketukan

Jenis electronic, konfirmasi tempo hanya dengan suara ketukan

Metronom jenis electronic adalah jenis yang memberikan ketukan nada sesuai dengan input tempo dan beat yang sudah ditentukan. Tidak seperti jenis bandul, jenis elektronik hanya akan memberikan ketukan melalui suara saja. Namun, keunggulannya adalah ketukannya akan selalu akurat dan tidak melambat.

Belakangan ini tersedia juga electronic metronome dengan display bandul yang dijual di pasaran sehingga seperti tidak ada perbedaan yang signifikan antara jenis elektronik dengan bandul. Metronom jenis elektronik dapat dipasangkan dengan earphone, cocok untuk digunakan apabila ingin berlatih tengah malam.

Sesuaikan dengan alat musik yang dimainkan

Sesuaikan dengan alat musik yang dimainkan

Untuk latihan instrumen musik seperti piano, umumnya metronom jenis analog lebih direkomendasikan. Meskipun metronom digital lebih compact dan praktis dibawa-bawa, jenis ini tidak cocok untuk digunakan saat berlatih piano karena sulit dilihat dan Anda hanya dapat memastikan tempo dari suaranya saja. Semenara metronom analog biasanya memiliki bandul berukuran besar sehingga bisa langsung terlihat untuk memastikan temponya.

Sebaliknya, untuk berlatih alat musik seperti gitar dan drum, pilihlah jenis electronic. Terutama untuk drum, Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk melihat bandul sehingga harus berlatih hanya dengan mendengar suara ketukannya saja. Pada metronom jenis ini, Anda dapat menyambungkannya dengan earphone sehingga tabuhan drum dapat lebih akurat karena suara metronom tidak tertutupi oleh bunyi tabuhan.

Pilih metronom dengan suara yang disukai

Pilih metronom dengan suara yang disukai 

Metronom bisa dikatakan adalah “alat musik” yang luar biasa yang terus berbunyi. Saat berlatih, Anda akan mendengar ketukan tempo terus menerus. Jika Anda tidak menyukai suaranya, rasanya ingin berhenti latihan saja. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum memilih metronom cek suaranya terlebih dahulu melalui video internet ataupun mengunjungi langsung toko alat musik.

Jika jenis metronomnya adalah elektronik, biasanya di dalamnya sudah terekam beragam jenis suara yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, pada jenis mechanical, warna suaranya tidak dapat diubah dan volumenya pun besar. Jika salah memilih metronom, bisa jadi Anda tidak akan menikmati latihan bermusiknya, terutama untuk alat musik kategori lembut seperti piano. Oleh karena itu, pilihlah metronom sesuai dengan suara yang Anda sukai.

10 Rekomendasi metronom terbaik

Pada bagian ini kami akan memberikan 1o urutan produk metronom terbaik di Indonesia tahun ini. Jenis metronom yang direkomendasikan adalah mechanical dan electronic. Pilihlah metronome berdasarkan jenis dan preferensi yang Anda kehendaki!

10. Wittner Taktell® Piccolo Series 830

10. Wittner Taktell® Piccolo Series 830

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.013.000

Mudah dioperasikan pemula. Putar, tarik, mainkan musiknya!

Piccolo Series 830 merupakan salah satu seri metronom dari brand asal Jerman yang memiliki fungsi sangat simpel sehingga mudah dipakai untuk beginner. Untuk mengoperasikan metronom ini, Anda tidak memerlukan baterai. Cukup dengan memutar sekrup mechanical-nya dan menarik bandulnya agar terlepas dari pengait.

Materialnya sendiri terbuat dari bahan plastik durable dengan desain retroPilihan warnanya tersedia dalam puluhan jenis warna menarik. Metronom seri ini tidak dilengkapi dengan bell yang berarti setiap ketukan akan bersuara sama tanpa disela bunyi lonceng. Cocok untuk Anda yang ingin memainkan musik dengan suara ketukan yang seragam.

Tempo 40~208 bpm
Ketukan Tidak disebutkan

9. Cherub WSM-330

9. Cherub WSM-330

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 270.000

Pilihan tempo yang memadai untuk beginner dan intermediate!

Cherub WSM-330 merupakan metronome tradisional dengan bentuk seperti tower. Metronom mechanical ini memiliki bel yang berfungsi untuk menentukan kapan Anda memberikan accent nada dalam ritme bermusik. Sementara tempo yang dihasilkan memiliki rentang yang memadai untuk kebutuhan bermusik level beginner sampai intermediate.

Meskipun bodinya terbuat dari plastik untuk menekan biaya produksi dibandingkan dengan material kayu, mekanisme kerjanya masih 100% mechanical dan tanpa baterai. Anda dapat mendengar suara “tik-tok” yang keras sehingga classic feel masih terasa saat bermain musik.

Tempo 40~208 bpm
Ketukan 0, 2, 3, 4, 6 (dilengkapi bel)

8. Nikko Metronome Standard

8. Nikko Metronome Standard

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 214.400

Pilih warna hitam klasik atau merah terang yang atraktif ?

Nikko merupakan salah satu brand metronom asal Jepang. Untuk pemakaian domestik, Metronome Standard merupakan tipe terpopuler sekaligus best seller-nya. Desain produk ini simpel tanpa dekorasi macam-macam, tetapi sangat fungsional. Produk ini hadir dengan enam pilihan warna yang menarik seperti warna klasik hitam dan warna atraktif merah.

Bunyi ketukan bandul dari Nikko Metronome Standard dihasilkan dari gaya kinetik tanpa menggunakan baterai sehingga berkesan antik. Kami merekomendasikan produk ini sebagai pedoman permainan gitar, piano, bass, ataupun biola Anda.

Tempo 40~208 bpm
Ketukan 0, 2, 3, 4, 6 (dilengkapi bel)

7. Yamaha MP-80

7. Yamaha MP-80

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 900.000

Lapisan luar resin ABS untuk kesan mewah sandingan grand piano

Mechanical metronome ini memiliki desain antik dan atraktif untuk dipandang dengan desain lapisan luarnya yang luxury, sesuai untuk disandingkan dengan piano atau bahkan grand piano seharga ratusan juta rupiah. Kami merekomendasikan MP-80 sebagai teman berlatih piano Anda.

Suara “tik-tok“ dari metronom ini tetap jelas terdengar bahkan saat Anda bermain piano secara dinamis. Baik dari segi material dan kualitas, suara ketukan dari Yamaha MP-80 cukup mumpuni sehingga Anda bisa meningkatkan konsentrasi latihan.

Tempo 40~208 bpm, 39 steps
Ketukan 0, 2, 3, 4, 6

6. Wittner System Maelzel Series 845/855

6. Wittner System Maelzel Series 845/855

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.286.000

Supervisi dari Taktell menghasilkan ketukan lebih presisi

Wittner mulai memproduksi metronomnya dari tahun 1895. Selama lebih dari 100 tahun sejak berdiri, brand ini selalu memberikan tipe produk berkualitas tinggi. Produk-produknya diawasi oleh Taktell yang dikenal akan reputasinya oleh para ahli di banyak negara. Series 845/855 yang satu ini dilengkapi dengan bel untuk memberikan variasi dalam ketukannya.

Bandul yang gampang dilihat pada metronome ini pas digunakan untuk latihan piano. Selain itu, material plastik kualitas tinggi yang becorak kayu mahogany serasi untuk diletakkan di atas piano Anda. Kami merekomendasikan merek Jerman yang disukai banyak musisi dunia ini untuk latihan bermusik lebih presisi!

Tempo 40~208 bpm
Ketukan Tidak disebutkan (dilengkapi bel)

5. Korg TM-40

5. Korg TM-40

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 240.000

Kuasai banyak genre musik dengan ragam pilihan ketukan iramanya

Korg TM-40 adalah metronom jenis electronical yang kuat dan praktis untuk dibawa-bawa. Metronom ini berisikan beragam variasi ketukan yang dapat Anda pilih sesuai dengan genre musik yang dilatih. Dengan alat ini, Anda dapat memperkaya teknik bermusik sehingga bermacam-macam ritme musik dapat dimainkan.

Fitur lainnya adalah adanya fungsi untuk menghemat baterai. Jika setelah 20 menit Anda tidak menggunakannya, mesin akan mati secara otomatis. Dengan beragam fitur yang ditawarkan dan harga yang relatif terjangkau, Korg TM-40 cocok untuk dipakai tidak hanya oleh pemula, tetapi juga musisi profesional. Recommended juga untuk pemakaian jangka panjang!

Tempo 40~208 bpm
Ketukan 0-7, duplets, triplets, triplets without center beat, quadruplets, quadruplets without center beats

4. Boss DB-90

4. Boss DB-90 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.800.000

Fitur MIDI bisa ciptakan ritme sendiri

Boss DB-90 mungkin adalah salah satu metronom populer yang digunakan oleh pro drummer. Pengguna produk ini dapat memilih banyak pilihan beat instrumen dengan berbagai macam pola ketukan genre musik. Bahkan Anda bisa menciptakan dan menambahkan ritme sendiri dengan fitur input MIDI (musical instrument digital interface) di dalamnya.

Metronom ini memiliki bentuk compact sehingga dapat dikaitkan pada cymbal stand, cocok untuk Anda yang ingin berlatih drum atau alat musik pukul lainnya. Sedangkan bagi vokalis atau gitaris, produk ini juga bisa ditempatkan pada microphone stand karena lubang konektornya juga kompatibel dengan gitar dan bass listrik secara umum.

Tempo 30~250 bpm
Ketukan 1-9

3. Cherub WMT-555C

3. Cherub WMT-555C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 159.000

Dilengkapi soket earphone agar tidak ganggu tetangga

WMT-555C adalah produk digital metronome dari Cherub yang memadukan tuner dan metronome jadi satu. Fitur chromatic tuner memungkinkan Anda yang pemula sekalipun untuk mengoreksi nada false pada alat musik. Sedangkan bagi Anda yang pro, fitur ini akan mempermudah bereksperimen dalam mencari pitch nada non-standard tunings.

Metronom digital ini memiliki display dan tombol yang user friendly sehingga penggunaanya dapat dengan mudah dimengerti pada pemakaian pertama kali. Produk ini juga dilengkapi dengan soket earphone agar Anda tetap jelas mendengar ketukannya meskipun sedang bermain musik secara dinamis, atau digunakan pada waktu malam hari agar tidak mengganggu tetangga.

Tempo 30~230 bpm
Ketukan 0, 1, 2, 3, 4, 6

2. Joyo JMT-9000B

2. Joyo JMT-9000B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 110.000

Beli metronome, gratis fitur tuner dan tone generator

Produk utama dari brand Joyo adalah alat elektrik penunjang spesialis instrumen musik, seperti synthesizersamplifiers, effects pedals, dan lainnya, termasuk metronome JMT-9000B yang memiliki tiga fitur dalam satu produk ini. Selain sebagai metronom, terdapat pula fitur tuner dan tone generator yang banyak digunakan pada alat musik gitar, bass, dan biola elektrik.  

Dimensi produk ini juga cukup ramping dan bobotnya hanya 70 gram saja. Dengan keuntungan tersebut, Anda tidak akan terbebani membawanya ke studio atau misalnya konser musik pribadi. Meskipun metronome ini sudah berjenis elektronik, display bandul tetap ada pada layar untuk membantu Anda mengonfirmasi ketukan.

Tempo 4~250 bpm
Ketukan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

1. Korg TM-50

1. Korg TM-50

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 340.000

Produk top untuk cek tuning dan tempo nada

Korg TM-50 merupakan metronome sekaligus tuner untuk meningkatkan skill bermusik, terutama dalam hal pitch nada dan ritme. Anda dapat menggunakan dua fungsi ini secara independen atau simultan. Variasi ritmenya pun sangat beragam, mulai dari ketukan simpel sampai rumit sehingga Anda dapat berlatih berbagai macam genre musik, baik itu klasik, rock, ataupun jazz.

Produk ini hadir dengan dua pilihan warna, yaitu black dan pearl white, serta cukup kecil untuk dapat dimasukkan ke dalam tas alat musik Anda. Dengan berat hanya 106 gram termasuk bobot baterainya, metronom ini cocok untuk pemusik semua level dan segala jenis alat musik.

Tempo 30~252 bpm
Ketukan 0-9, duplets, triplets, triplets without the center beat, quadruplets, quadruplets without the center beats

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda sepuluh produk metronom yang kami rekomendasikan kali ini? Setelah melihat produk-produk di atas, tentunya Anda sudah memiliki kecenderungan untuk memilih jenis metronom tertentu.

Memilih metronom sesuai dengan jenis alat dan genre musik yang dimainkan akan membuat latihan Anda lebih efisien sehingga hasilnya juga lebih maksimal. Jadi, pilihlah metronom terbaik tanpa kompromi. Jangan sampai salah pilih ya!