mybest
Popok

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Popok Celana Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Perawat]
  • 10 Rekomendasi Popok Celana Bayi  Terbaik  [Ditinjau oleh Perawat] 1
  • 10 Rekomendasi Popok Celana Bayi  Terbaik  [Ditinjau oleh Perawat] 2
  • 10 Rekomendasi Popok Celana Bayi  Terbaik  [Ditinjau oleh Perawat] 3
  • 10 Rekomendasi Popok Celana Bayi  Terbaik  [Ditinjau oleh Perawat] 4
  • 10 Rekomendasi Popok Celana Bayi  Terbaik  [Ditinjau oleh Perawat] 5

10 Rekomendasi Popok Celana Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Perawat]

Popok celana nyaman digunakan karena tidak menghambat pergerakan bayi dan bentuknya lebih pas untuk tubuh bayi. Karena itu, banyak produsen popok yang juga mengeluarkan popok celana dengan karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai contoh, popok dengan kenyamanan ekstra agar tidak terasa ketat atau pampers yang antibocor.

Di artikel ini kami mengulas berbagai aspek yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan popok yang bagus dan sesuai kebutuhan. Terdapat juga rekomendasi popok celana bayi terbaik dari merek MamyPoko, Baby Happy, dan Sweety. Tips memilihnya disusun bersama pakar dan perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
Diperbaharui 27/11/2023
Maryami Y. Kosim
Pakar
Perawat
Maryami Y. Kosim

Maryami adalah seorang perawat yang saat ini sedang mengambil studi doktor di bidang Bencana Nuklir di Hiroshima University. Beliau berpengalaman sebagai perawat ICU bedah jantung, aktivis NGO kebencanaan, dan dosen Ilmu Keperawatan. Maryami juga memiliki kepedulian tinggi pada pendidikan dan penyebaran informasi kesehatan yang tepat di masyarakat. Hal ini penting dalam rangka memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, emosional, dan sosial mereka.

Profil Maryami Y. Kosim
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih Popok Celana Bayi

Sebelum Anda meluncur ke rekomendasi popok celana bayi terbaik, kami akan membagikan tips memilihnya terlebih dahulu. Simak lima poin di bawah ini agar Anda tidak salah pilih, ya!

1

Perhatikan detail ukurannya

Perhatikan detail ukurannya

Popok celana umumnya memiliki ukuran untuk newborn baby, S, M, L, XL, XXL, dan XXXL. Meskipun memiliki tipe ukuran yang sama, setiap merek biasanya memiliki detail ukuran yang berbeda. Artinya, tipe M pada suatu merek mungkin memiliki detail ukuran yang berbeda dengan tipe M dari merek lain.


Ada beberapa merek yang merancang lingkar pinggang agar terasa sedikit longgar dan tidak ketat. Sementara itu, merek lain merancang lingkar pinggang agar lebih pas di tubuh.


Apabila tubuh anak cukup besar, dia akan merasa kesempitan dan sulit bergerak saat menggunakan produk yang terlalu pas. Sebaliknya, anak yang bertubuh kurus justru merasa tidak nyaman jika menggunakan popok celana yang modelnya longgar. Jadi, sebaiknya Anda sungguh-sungguh memperhatikan dengan cermat mengenai detail ukurannya.

2

Pastikan bahannya aman untuk kulit bayi

Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam memilih popok celana untuk bayi adalah bahan yang digunakan. Popok celana tentu akan memengaruhi kondisi kulit. Pilihlah bahan yang aman sehingga Anda dan bayi sama-sama merasa nyaman.

Bahan yang lembut dan sedikit tebal, nyaman di kulit bayi

Bahan yang lembut dan sedikit tebal, nyaman di kulit bayi

Produsen popok berperekat umumnya menekankan pada kelembutan produk. Namun, ketika bayi mulai menggunakan popok celana, terdapat faktor lain yang juga menjadi daya tarik setiap merek. Bacalah poin-poin di bawah ini dan sesuaikanlah dengan keadaan kulit bayi Anda.


  • Bayi memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Karena itu, kulitnya akan mudah mengalami iritasi jika menggunakan popok yang kurang halus. Popok dengan permukaan halus dan lapisan yang cukup padat bisa dijadikan pilihan. 

  • Popok yang sedikit lebih tebal biasanya lebih baik bagi kulit. Namun, popok yang tebal terasa kurang praktis untuk dibawa bepergian karena akan menghabiskan banyak ruang di dalam tas. Sebagai solusinya, gunakanlah popok tebal ketika di rumah, lalu bawalah popok yang lebih tipis ketika sedang bepergian.

Bahan kapas organik, cocok untuk kulit bayi yang sensitif

Bahan kapas organik, cocok untuk kulit bayi yang sensitif

Bayi berkulit sensitif biasanya akan mengalami iritasi atau ruam popok jika menggunakan popok yang tidak berbahan organik. Kapas organik adalah bahan terbaik karena lebih lembut dan aman bagi kulit.


Harganya memang lebih tinggi, tetapi kami merekomendasikan jenis ini bagi bayi berkulit sensitif. Hal ini penting terutama jika Anda tidak bisa terlalu sering mengganti popok. Sayangnya, popok celana yang terbuat dari kapas organik masih belum banyak ditemukan di toko online Indonesia.

3

Gunakan produk yang memiliki pori-pori dan dapat menyerap air

Pada popok celana untuk bayi, permukaan yang berpori dan kemampuan menyerap air sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, pertimbangkan produk dengan dua kelebihan tersebut, ya!

Popok berpori-pori: Terasa lebih adem saat dipakai bayi

Popok berpori-pori: Terasa lebih adem saat dipakai bayi

Salah satu karakteristik popok celana adalah lebih banyak menutup permukaan kulit dibandingkan popok berperekat. Akibatnya, popok celana lebih berisiko membuat bayi merasa kegerahan dan berkeringat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih popok celana berpori-pori agar dapat memberikan sirkulasi udara yang baik.


Dengan memakai popok yang breathable, kulit bayi pun akan tetap lembut dan tidak mengalami iritasi. Untuk mendapatkan informasi mengenai kemampuan sirkulasinya, Anda sebaiknya membaca review dari konsumen lain mengenai produk yang hendak dibeli.

Popok berdaya serap baik: Membuat permukaan tetap kering

Popok berdaya serap baik: Membuat permukaan tetap kering

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dari popok celana adalah kemampuannya untuk kembali kering setelah menyerap urine. Dengan demikian, permukaan popok akan tetap terasa kering dan lembut. Kemampuan dengan daya serap tinggi dibutuhkan saat Anda tidak dapat mengganti popok untuk waktu yang cukup lama. Ketika akan mengajak bayi bepergian atau hendak tidur adalah beberapa contohnya.


Sebaliknya, jika anak telah memasuki usia yang memungkinkan mereka untuk melakukan toilet training, kemampuan tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Popok yang terasa lembap setelah menyerap urine akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi anak. Akan lebih mudah jika Anda melatih mereka untuk buang air besar dan buang air kecil di toilet.

4

Cek elastisitasnya agar bayi lebih nyaman bergerak

Cek elastisitasnya agar bayi lebih nyaman bergerak

Keunggulan lain dari popok celana bayi adalah elastisitasnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih produk yang dapat melar dengan baik agar tidak menghambat gerakan-gerakan bayi.


Saat memilih popok celana, cobalah tarik bagian pinggang dan lubang tempat memasukkan kaki untuk mengetahui elastisitas produk tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk membaca keterangan elastisitas di informasi produk, ya. Anda juga bisa menanyakan langsung kepada seller atau membaca ulasan pengguna lain.

5

Pilih popok yang bagian sampingnya mudah dirobek

Pilih popok yang bagian sampingnya mudah dirobek

Cara melepaskan popok celana adalah dengan merobek bagian sampingnya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda membeli popok yang bagian sampingnya mudah dirobek. Beberapa produk cukup sulit dirobek sehingga membutuhkan kekuatan ekstra untuk melepaskannya. Pastikan produk yang dipilih tidak akan menyulitkan Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Popok Celana Bayi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Popok Celana Bayi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 08 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe
Ukuran
1

Kao

Merries Pants Good Skin

Kao  Merries Pants Good Skin 1

Rp49.500

Menengah

Cocok untuk anak berkulit sensitif karena dapat mencegah iritasi

Celana

S (4-8 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-19 kg), XXL (15-25 kg)

2

Sweety

Pants Cloud Soft

Sweety Pants Cloud Soft 1

Rp22.500

Lebih Murah

Tidak mudah bocor plus mampu menyerap pipis dengan cepat

Celana

S (4-8 kg), M (7-12 kg), L (11-15 kg), XL (14-18 kg), XXL (>17 kg)

3

Baby Happy

Diapers Pants

Baby Happy Diapers Pants 1

Rp36.500

Agak Murah

Dilengkapi indikator urine agar Anda tahu waktu yang pas untuk mengganti popok

Celana

S (5-10 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)

4

Unicharm

MamyPoko Pants Royal Soft

Unicharm  MamyPoko Pants Royal Soft 1

Rp108.800

Lebih Mahal

Dibuat dari 100% katun organik, sangat halus dan tidak menimbulkan iritasi

Celana

S (4-8 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)

5

Sensi

Drypants

Sensi Drypants 1

Rp52.000

Menengah

Ramping dan tidak melorot saat dipakai bayi

Perekat

S (3-8 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)

6

Genki Moko Moko

Moko Moko Pants

Genki Moko Moko Moko Moko Pants 1

Rp36.000

Agak Murah

Dijamin bebas bocor, bebas iritasi, dan bebas gerak!

Celana

S (4-6 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-19 kg)

7

Kimberly-Clark Softex

Happy Nappy Smart Pants

Kimberly-Clark Softex Happy Nappy Smart Pants 1

Rp81.000

Agak Mahal

Dengan Aloe vera untuk mencegah iritasi dan menjaga kelembapan kulit

Celana

S (4-8 kg), M (7-12 kg), L (11-15 kg), XL (14-18 kg), XXL (>17 kg)

8

Unicharm

Fitti Pants

Unicharm Fitti Pants 1

Rp54.200

Menengah

Ada pori-pori mikro sebagai ventilasi, memakai popok semalaman pun tidak pengap

Celana

S (4-8 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg)

9

Lucky Mom Indonesia

Makuku SAP Diapers Comfort Fit

Lucky Mom Indonesia Makuku SAP Diapers Comfort Fit 1

Rp93.625

Agak Mahal

Tidak menggumpal, bayi pun tetap merasa nyaman meski aktif seharian

Celana

M (6-11 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)

10

Pokana

Surprise Design

Pokana Surprise Design 1

Rp62.900

Menengah

Desainnya beragam dan penuh warna!

Celana

M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Kao Merries Pants Good Skin

Merries Pants Good Skin 1
Sumber: web.kao.com
Merries Pants Good Skin 2
Sumber: shopee.co.id
Merries Pants Good Skin 3
Sumber: shopee.co.id
Merries Pants Good Skin 4
Sumber: shopee.co.id
Merries Pants Good Skin 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp49.500
Menengah
Harga referensi
Rp49.500
Menengah

Cocok untuk anak berkulit sensitif karena dapat mencegah iritasi

Sesuai dengan namanya, Merries Pants Good Skin dapat menjaga kulit anak Anda tetap lembut. Produk ini telah teruji dapat mencegah iritasi sehingga cocok bagi anak yang memiliki kulit sensitif.


Karena memiliki sirkulasi udara yang baik, kulit bayi pun bebas bernapas saat memakai popok ini. Ditambah lagi, permukaannya terbuat dari serat halus yang terasa lembut dan nyaman bagi kulit. Jika kulit anak Anda tergolong sensitif, pilih saja produk ini.

TipeCelana
UkuranS (4-8 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-19 kg), XXL (15-25 kg)
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SweetyPants Cloud Soft

Harga referensi
Rp22.500
Lebih Murah

Tidak mudah bocor plus mampu menyerap pipis dengan cepat

Setelah anak Anda pipis, urine yang dikeluarkan akan langsung diserap oleh popok ini dalam waktu hanya 1 detik. Dengan demikian, kulit anak akan terbebas dari rasa lembap saat memakai popok keluaran Sweety ini.


Bukan itu saja, produk ini juga mengandung Aloe vera yang dapat membantu menjaga kelembutan kulit, lho. Kemudian, karena memiliki perlindungan 360° terhadap bocor, bayi akan bebas bergerak dalam posisi apa pun!

TipeCelana
UkuranS (4-8 kg), M (7-12 kg), L (11-15 kg), XL (14-18 kg), XXL (>17 kg)
No.3

Baby HappyDiapers Pants

Harga referensi
Rp36.500
Agak Murah

Dilengkapi indikator urine agar Anda tahu waktu yang pas untuk mengganti popok

Popok celana ini dibuat menggunakan teknologi Air Through. Dengan begitu, urine akan lebih cepat terserap. Di bagian belakangnya terdapat sirkulasi supaya kulit si kecil tidak mudah lembap dan ruam.


Selain itu, diaper ini juga memiliki indikator urine supaya Anda bisa tahu waktu yang tepat untuk mengganti popok. Karena itu, bagi Anda yang menginginkan popok dengan indikator pipis, produk inilah jawabannya. Anda juga tidak perlu takut bagian pinggang bayi akan merah, sebab popok ini memakai teknologi Overlap supaya kulit bebas iritasi.

TipeCelana
UkuranS (5-10 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)
No.4

Unicharm MamyPoko Pants Royal Soft

Harga referensi
Rp108.800
Lebih Mahal

Dibuat dari 100% katun organik, sangat halus dan tidak menimbulkan iritasi

Produk seri premium MamyPoko ini terbuat dari 100% katun organik sehingga lembut dan nyaman dipakai sang buah hati. Bagian pinggangnya pun lebih lembut dan fleksibel sehingga tidak meninggalkan bekas kemerahan saat popok dilepas. Anda bisa beralih ke produk ini untuk mengurangi kemerahan pada kulit bayi Anda dan mencegahnya datang kembali.

TipeCelana
UkuranS (4-8 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)
Harga referensi
Rp52.000
Menengah

Ramping dan tidak melorot saat dipakai bayi

Pasti rasanya menyebalkan jika popok yang dipakai si kecil kerap melorot. Nah, untuk Anda yang mencari diaper yang dijamin pas dipakai bayi, pilih produk ini saja. Sensi Drypants merupakan popok celana yang ramping dan tidak akan melorot saat dikenakan bayi. Bahan yang digunakan juga bebas lateks sehingga minim iritasi. Tidak hanya itu, sirkulasi udaranya pun baik dan cocok untuk iklim Indonesia yang panas.

TipePerekat
UkuranS (3-8 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)
No.6

Genki Moko MokoMoko Moko Pants

Harga referensi
Rp36.000
Agak Murah

Dijamin bebas bocor, bebas iritasi, dan bebas gerak!

Bebas bocor, bebas iritasi, dan bebas gerak adalah jargon dari Genki Moko Moko Pants. Hal itu dibuktikan dengan teknologi Maxi Gel yang mampu menyerap urine lebih cepat dan lebih banyak, bahkan hingga 12 jam. Dengan begitu, tidak akan ada tragedi popok bocor yang akan dialami si kecil.

Selain itu, bahannya yang lembut dan breathable membuatnya tidak gerah dan nyaman dipakai sehingga bebas iritasi. Bentuk popok yang mengikuti lekuk tubuh juga akan membuat anak Anda bebas bergerak. Paket lengkap, bukan?

TipeCelana
UkuranS (4-6 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-19 kg)
No.7

Kimberly-Clark SoftexHappy Nappy Smart Pants

Harga referensi
Rp81.000
Agak Mahal

Dengan Aloe vera untuk mencegah iritasi dan menjaga kelembapan kulit

Happy Nappy Smart Pants memiliki kandungan Aloe vera yang bisa mencegah iritasi dan menjaga kulit bayi tetap lembap. Bagian belakangnya dibuat lebih besar sehingga diklaim dapat mencegah bocor secara menyeluruh. Karet pinggangnya pun elastis dan lembut. Dengan bahan selembut kain, produk ini memberikan perlindungan ekstra dari kebocoran dan memastikan si kecil tetap kering sepanjang hari.

TipeCelana
UkuranS (4-8 kg), M (7-12 kg), L (11-15 kg), XL (14-18 kg), XXL (>17 kg)
No.8

UnicharmFitti Pants

Harga referensi
Rp54.200
Menengah

Ada pori-pori mikro sebagai ventilasi, memakai popok semalaman pun tidak pengap

Mengganti popok bayi saat ia sedang tidur dapat mengganggu kualitas tidurnya. Namun, kalau tidak diganti, popok bisa saja bocor karena tidak mampu menampung volume urine yang banyak. Karena itu, Anda bisa memilih popok celana ini.


Produk ini dapat menyerap pipis dengan baik pada saat siang maupun malam hari. Di lapisan luarnya bahkan terdapat pori-pori mikro yang berfungsi sebagai ventilasi. Jadi, kulit si kecil tidak akan merasa pengap meski memakai popok semalaman!

TipeCelana
UkuranS (4-8 kg), M (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg)
No.9

Lucky Mom IndonesiaMakuku SAP Diapers Comfort Fit

Harga referensi
Rp93.625
Agak Mahal

Tidak menggumpal, bayi pun tetap merasa nyaman meski aktif seharian

Makuku SAP Diapers Comfort Fit menawarkan kenyamanan luar biasa dan kekeringan ekstra. Popok ini dirancang khusus untuk mencegah gumpalan yang mengganggu serta menjaga kulit bayi tetap sehat dan lembut. Apalagi, popok celana ini juga dibuat menggunakan Core Structure yang efektif mengurangi ruam popok. Anda yang ingin si kecil nyaman sepanjang hari tanpa khawatir tentang gumpalan, produk inilah jawabannya.

TipeCelana
UkuranM (6-11 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)
No.10

PokanaSurprise Design

Harga referensi
Rp62.900
Menengah

Desainnya beragam dan penuh warna!

Diaper bayi ini hadir dengan beragam desain yang penuh warna dan menggemaskan. Buah hati Anda dijamin akan terlihat lebih lucu saat mengenakan popok celana ini. Bagi Anda yang menginginkan desain kejutan supaya makin semangat saat mengganti popok si kecil, produk ini cocok untuk dipilih. Memanfaatkan teknologi Korea dalam pembuatannya, popok ini aman untuk kulit sensitif bayi Anda.

TipeCelana
UkuranM (7-12 kg), L (9-14 kg), XL (12-17 kg), XXL (15-25 kg)

5 Rekomendasi Popok Celana Bayi terbaik

No. 1: Kao Merries Pants Good Skin

No. 2: SweetyPants Cloud Soft

No. 3: Baby HappyDiapers Pants

No. 4: Unicharm MamyPoko Pants Royal Soft

No. 5: SensiDrypants

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Popok Celana Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Perawat]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.