mybest
Suplemen glukosamin

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum]
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 5

10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum]

Glukosamin membantu persendian sehingga dapat bergerak lebih aktif. Sayangnya, glukosamin alami akan berkurang seiring dengan pertambahan usia sehingga dibutuhkan tambahan suplemen. Ada banyak merek vitamin glucosamine yang bagus di pasaran, seperti Blackmores, GNC, Medikon, OSTEforte, Welmove, Viostin Halal, dan lainnya.

Jika Anda sedang bingung mempertimbangkan merek suplemen glukosamin yang bagus untuk dipilih, kami akan mengulas rekomendasi produknya. Bersama dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw, kami menyusun informasi tips memilih suplemen glucosamine terbaik. Jadi, simak artikel ini, ya!
Diperbaharui 08/02/2024
dr. Prima Dimalouw
Pakar
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat. Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Profil dr. Prima Dimalouw
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa manfaat suplemen glukosamin?

Apa manfaat suplemen glukosamin?
Glukosamina (2-amino-2-deoksi-ß-d-glukopiranose) adalah amino monosakarida endogen yang disintesis dari glukosa untuk biosintesis glikoprotein dan glycosaminoglycan. Pada manusia, 90% glukosamina yang dikonsumsi oral akan menjadi bahan penyusun kartilago persendian. Namun, faktor penuaan dapat membuat glukosamina alami di dalam tubuh berkurang dan menyebabkan nyeri pada persendian serta pinggang. 

Di alam, glukosamina terdapat di dalam udang serta jamur yang tentunya dapat Anda peroleh dari makanan yang dikonsumsi. Namun, adanya suplemen akan memudahkan Anda dalam mencukupi kebutuhan akan glukosamina. Berikut beberapa manfaat lain dari suplemen glukosamina.

  • Mengurangi nyeri pada persendian, misalnya sakit pada lutut
  • Membantu meningkatkan kesehatan tulang
  • Membantu mengatasi penyakit osteoarthritis
  • Membantu Anda memiliki persendian yang sehat

Manfaat glukosamina sebagai chondro-protector meliputi stimulasi chondrocyte, menggabungkan sulfat pada kartilago, dan proteksi melawan degradasi sendi melalui alterasi genMeskipun demikian, manfaat glukosamina masih simpang siur karena beberapa penelitian menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Glukosamina umumnya diteliti sebagai terapi osteoarthritis. Pada penelitian tersebut, glukosamina oral tampak tidak mengurangi gejala nyeri dibandingkan placebo.


Namun, pada penelitian lain, glukosamina dan chondroitin sulfate yang digunakan sebagai salep mampu mengurangi nyeri setelah pemakaian 8 minggu. Ada juga penelitian yang menyatakan penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) bersama dengan glukosamina  mampu mengurangi dosis OAINS. Hal ini dimungkinkan karena glukosamina sendiri memiliki efek anti-inflamasi sehingga keduanya bekerja sinergis.


Meskipun ada simpang siur dalam hasil penelitian, umumnya ahli kesehatan sepakat bahwa glukosamina boleh dikonsumsi sebagai bentuk terapi. Kesepakatan ini terutama bagi mereka yang tidak bisa atau sulit mengonsumsi obat antinyeri pada umumnya.

Cara memilih Suplemen Glukosamin

Setelah mengetahui beberapa hal tentang glukosamina, kami akan memberikan tips cara memilih suplemen glukosamina. Simak tips berikut agar Anda dapat menemukan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan.

1

Pilih berdasarkan bahan lain yang terkandung di dalamnya

Kebanyakan suplemen glukosamina juga mengandung chondroitin dan hyaluronic acid yang juga merupakan komponen kartilago. Berikut akan kami jelaskan manfaat dan perbedaan tiap kandungan yang biasa ada dalam suplemen glukosamina.

Chondroitin, menunjang pergerakan yang lebih aktif

Chondroitin, menunjang pergerakan yang lebih aktif

Chondroitin berfungsi “melembapkan” persendian sehingga meningkatkan elastisitas kartilago serta melindunginya. Berhubung komponen ini membantu pergerakan seperti halnya glukosamina, kami rekomendasikan suplemen glukosamina yang dikombinasikan dengan chondroitin. Namun, periksalah dengan saksama karena terdapat kandungan chondroitin dan chondroitin sulfate yang merupakan komponen berbeda.


Chondroitin sulfate merupakan glycosaminoglycan natural pada kartilago dan matriks ekstraselular. Ia mampu mengurangi gejala osteoarthritis pada jari, lutut, panggul, punggung bawah, dan persendian wajah. Hal ini karena efek anti-inflamasi yang dimilikinya. Selain itu, chondroitin sulfate mampu menyokong pada saat terjadi kompresi, mendukung integritas selular, menjaga homeostasis, dan mengurangi nyeri otot.


Karena itu, chondroitin sulfate biasa dipakai bersama glukosamina untuk terapi osteoarthritis, mengatasi nyeri sendi, serta menahan air pada kartilago. Di sisi lain, chondroitin merupakan bentuk sebelum menjadi chondroitin sulfate. Untuk pencernaan lebih efisien, pilihlah chondroitin dalam bentuk chondroitin sulfate


Jika Anda secara khusus mencari suplemen chondroitin, Anda bisa membaca tautan berikut. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk pilihan kami untuk Anda.

Kolagen tipe II, meningkatkan kelenturan tubuh

Kolagen tipe II, meningkatkan kelenturan tubuh
Jika Anda menginginkan kelenturan tubuh, pilihlah suplemen glukosamina yang mengandung kolagen tipe II. Kolagen merupakan protein yang ada pada kulit, ligamen, tulang, dan kartilago. Di antara jenis kolagen, kolagen tipe II banyak terdapat pada kartilago dan merupakan salah satu penyusun kartilago, terutama persendian. Ia berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kartilago serta melindungi persendian dari guncangan.

Sama seperti glukosamina, kolagen tipe II akan berkurang seiring dengan pertambahan usia. Ada dua jenis kolagen tipe II, terdenaturasi dan tidak terdenaturasi. Kolagen tipe II dengan jenis tidak terdenaturasi lebih mudah diserap tubuh setelah dikonsumsi. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih kolagen tipe II dengan jenis yang tidak terdenaturasi.


Kolagen tipe II yang tidak terdenaturasi mampu mengurangi gejala osteoarthritis. Mekanismenya masih dalam diskusi, tetapi diteorikan melalui induksi dan migrasi limfosit T regulasi (Treg) ke area yang terjadi kerusakan/inflamasi. Limfosit Treg memproduksi sitokin anti-inflamasi yang menstimulasi chondrocyte untuk menyintesis komponen matriks kartilago.

Hyaluronic acid, pilihan untuk Anda yang ingin tetap awet muda

Hyaluronic acid, pilihan untuk Anda yang ingin tetap awet muda
Meski jarang ditemukan, sebagian suplemen glukosamina mengandung hyaluronic acid yang direkomendasikan untuk para wanita dan pria. Banyak penelitian menunjukkan hyaluronic acid dapat diserap tubuh lewat pembuluh darah melalui konsumsi oral dan diserap sebagai molekul yang lebih kecil. Zat ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang peduli dengan penampilan dan ingin awet muda.

Hyaluronic acid itu sendiri merupakan glycosaminoglycan nonsulfat. Senyawa ini terbentuk dari multipel polimer disakarida asam D-glucuronic dan N-acetyl-D-glucosamine yang dihubungkan dengan sebuah glucuronic-ß. Hyaluronic acid terletak pada matriks ekstraselular dan dapat mempertahankan cairan.


Karena itu, hyaluronic acid memiliki kemampuan untuk hidrasi, melumasi sendi, mengisi ruang, dan menjaga struktur area migrasi sel. Kemampuannya untuk menjaga kelembaban kulit dapat melawan tanda-tanda penuaan. Pada sendi, hyaluronic acid menjaga sendi untuk dapat tetap bergerak tanpa restriksi karena kemampuannya sebagai lubricant


Hyaluronic acid juga terdapat di dalam kartilago. Namun, berhubung kartilago merupakan jaringan yang tidak dapat dilalui pembuluh darah, tergantung dari jenis suplemennya, efeknya tidak bisa langsung dilihat. Karena itu, Anda harus mencoba meminumnya. Jika memang cocok, Anda bisa melanjutkan untuk mengonsumsi suplemen ini.

MSM, bantu mengurangi peradangan sendi

MSM, bantu mengurangi peradangan sendi
Methylsulfonylmethane (MSM) mungkin terdengar asing di telinga Anda. Dikatakan bahwa MSM memiliki efek analgesik serta anti-inflamasi dan banyak terdapat dalam suplemen sekarang ini. Beberapa penelitian membuktikan bahwa MSM juga terdapat di dalam tubuh dan kemungkinan memiliki fungsi untuk menekan alergi.

MSM merupakan komponen sulfur organik yang sangat penting dalam pembentukan rambut, kuku, kulit, dan lainnya. Komponen ini sering digunakan sebagai terapi komplemen dan alternatif. MSM terbentuk di alam sebagai bagian siklus sulfur bumi dan diserap oleh tumbuhan atau bakteria Pseudomonas putida. MSM lalu diekspresikan ke dalam buah, sayuran, dan tanaman bergranula seperti gandum.


Secara sintetik, MSM dapat dibuat dengan oksidasi dimethyl sulfoxide (DMSO) menggunakan hidrogen peroksida (H2O2) dan dimurnikan dengan kristalisasi atau distilasi. MSM memliki kemampuan anti-inflamasi dan antioksidan pada level subcellular dan transcriptional. Selain itu, gugus sulfur pada MSM memiliki peran dalam modulasi sistem imun tubuh. Sebagai contoh, MSM mampu mengurangi ekspresi interleukin-6 (IL-6) yang berperan dalam inflamasi kronik.


MSM juga menjadi donor sulfur bagi asam amino seperti methionine, cysteine, taurine, dan lain-lain. Karena hal-hal inilah MSM digunakan sebagai terapi artritis bersama glukosamina dan chondroitin sulfate. Ketiganya menjadi protector kartilago, meningkatkan fungsi fisik dan gerak pada penderita osteoarthritis, serta mengurangi nyeri otot pascaolahraga.

2

Pertimbangkan bentuk dan ukuran yang mudah dikonsumsi

Pertimbangkan bentuk dan ukuran yang mudah dikonsumsi

Suplemen glukosamina dapat berbentuk tablet, kapsul, kaplet, ataupun tablet effervescent. Jika Anda akan mengonsumsi glukosamina dalam jangka waktu panjang, pertimbangkan bentuk suplemen yang lebih mudah untuk Anda konsumsi.


Jumlah konsumsi tablet harian juga sangat penting untuk diperhatikan. Anda dapat menemukan jumlah konsumsi harian sebanyak 3–10 tablet per hari tergantung pada tiap suplemen. Jumlah konsumsi harian yang lebih sedikit akan tampak lebih mudah, tetapi ukuran tabletnya mungkin akan lebih besar. Jadi, sangat penting mempertimbangkan ukuran tablet sehingga Anda tidak merasa terbeban saat mengonsumsinya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Suplemen Glukosamin Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Suplemen Glukosamin terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 08 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bentuk suplemen
Kandungan glukosamina
Dosis
Sumber bahan glukosamina
Aturan pakai
Bahan lainnya
Isi
BPOM
Kandungan utama
1

Welmove

Ultra Glucosamine 1500

Welmove Ultra Glucosamine 1500 1

Rp18.000

Agak Murah

Berisi lima kaplet, praktis dan mudah dibawa ketika bepergian

Kaplet

1.500 mg

1 kaplet

Kulit udang dan kepiting

1 kali per hari

Tidak diketahui

5 kaplet

SD192553851

Glukosamina, vitamin C, mangan, magnesium, zinc

2

Medikon

Glucosamine MPL 500 mg

Medikon  Glucosamine MPL 500 mg 1

Rp14.900

Agak Murah

Ekonomis untuk meringankan nyeri sendi

Kaplet

500 mg

1 kaplet

Kulit udang

3 kali per hari, setelah makan

Corn starch, polyvinyl pyrrolidone, talc, microcrystalline cellulose, ethanol

10 kaplet

SD061527691

Glucosamine, magnesium stearate

3

Pharos

Viostin Halal

Pharos Viostin Halal 1

Rp29.900

Agak Murah

Dijamin halal! Makin tenang dan nyaman mengonsumsi suplemen ini

Kaplet

500 mg

1 kaplet

Kulit udang

2-3 kali per hari

Tidak diketahui

30 kaplet

SD181552401

Glukosamina, chondroitin, mangan, vitamin C, magnesium

4

Hexpharm

Glucosamine Strip

Hexpharm  Glucosamine Strip 1

Rp7.259

Lebih Murah

Membantu meredakan sakit sendi degenerative

Tablet

250 mg

1 tablet

Kulit udang dan kepiting

1 kali per hari

Microcrystalline cellulose, pregelled starch, stearic acid, PVA based coating

10 tablet, 100 tablet

SD061528691

Glukosamina

5

Blackmores

Glucosamine Sulfate 1500

Blackmores Glucosamine Sulfate 1500 1

Rp197.000

Menengah

Lebih cepat bekerja dan memberi efek dengan penggunaan glukosamin sulfat

Tablet

1.500 mg

1 tablet

Kulit udang dan kepiting

1 kali per hari, setelah makan atau sesuai petunjuk dokter

Pewarna, perisa

30 tablet

SI164507111

Glukosamina

6

Treelains

Glucosamine Chondroitin + MSM

Treelains Glucosamine Chondroitin + MSM 1

Rp299.000

Agak Mahal

Redakan nyeri dan peradangan di sendi dengan bantuan kandungan MSM

Tablet

500 mg

1 tablet

Kulit udang dan kepiting

3 kali sehari

Tidak diketahui

30 tablet, 60 tablet

SI154506151

Glucosamine, chondroitin, MSM

7

Blackmores

Joint Formula Advanced

Blackmores Joint Formula Advanced 1

Rp365.000

Agak Mahal

Tidak ada lagi aktivitas yang terhambat karena sakit sendi!

Tablet

750 mg

1 tablet

Tidak diketahui

2 kali per hari, bersama makanan atau sesuai resep

Tidak diketahui

120 tablet

Tidak diketahui

Glukosamina, mangan, sodium

8

OSTEforte

Suplemen Makanan

OSTEforte  Suplemen Makanan 1

Rp53.000

Menengah

Mengandung beragam bahan untuk mengatasi osteoarthritis

Kaplet

500 mg

1 kaplet

Kulit udang dan kepiting

BB > 55 kg: 3 kali per hari, BB < 55 kg:2 kali per hari

Tidak diketahui

6 kaplet

SD011501161

Glucosamine, chondroitin, mangan, magnesium, zinc, vitamin C

9

GNC

TRIFLEX

GNC  TRIFLEX 1

Rp1.100.000

Lebih Mahal

Bebas alergen, penyerapannya juga lebih cepat!

Tablet

500 mg

1 tablet

Kulit udang

3 kali per hari, setelah makan

Tidak diketahui

120 tablet

SI044514741

Glucosamine, chondroitin, MSM

10

Natrol

Glucosamine, Chondroitin & MSM

Natrol Glucosamine, Chondroitin & MSM 1

Rp345.000

Agak Mahal

Isinya cukup banyak, tak perlu terlalu sering membeli berkali-kali

Tablet

500 mg

1 tablet

Kulit udang dan kepiting

3 kali per hari, bersama makanan

Tidak diketahui

150 tablet

Tidak diketahui

Glucosamine, chondroitin, MSM

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

WelmoveUltra Glucosamine 1500

Ultra Glucosamine 1500 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp18.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp18.000
Agak Murah

Berisi lima kaplet, praktis dan mudah dibawa ketika bepergian

Suplemen sendi lutut ini bisa Anda pertimbangkan untuk distok di rumah. Wajar saja, dalam satu strip berisi lima kaplet salut selaput. Oleh karena isinya sedikit, Anda juga jadi mudah membawanya ketika hendak bepergian. Pastikan Anda membawanya dalam kotak P3K milik Anda untuk mencegah nyeri lutut dan persendian yang mengganggu perjalanan.

Bentuk suplemenKaplet
Kandungan glukosamina1.500 mg
Dosis1 kaplet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
Aturan pakai1 kali per hari
Bahan lainnyaTidak diketahui
Isi5 kaplet
BPOMSD192553851
Kandungan utamaGlukosamina, vitamin C, mangan, magnesium, zinc
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Medikon Glucosamine MPL 500 mg

Harga referensi
Rp14.900
Agak Murah

Ekonomis untuk meringankan nyeri sendi

Untuk membantu Anda meringankan sakit di persendian tanpa keluar terlalu banyak dana, pilih saja produk ini. Oleh karena harganya ekonomis, membeli produk ini tidak akan langsung membuat dompet Anda kosong. Meski begitu, dalam satu strip produk ini terdapat sepuluh tablet glucosamine yang siap menyehatkan sendi Anda.

Bentuk suplemenKaplet
Kandungan glukosamina500 mg
Dosis1 kaplet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang
Aturan pakai3 kali per hari, setelah makan
Bahan lainnyaCorn starch, polyvinyl pyrrolidone, talc, microcrystalline cellulose, ethanol
Isi10 kaplet
BPOMSD061527691
Kandungan utamaGlucosamine, magnesium stearate
View all
No.3

PharosViostin Halal

Harga referensi
Rp29.900
Agak Murah

Dijamin halal! Makin tenang dan nyaman mengonsumsi suplemen ini

Anda mungkin sering kali merasa ragu ketika hendak mengonsumsi suplemen karena masalah kehalalannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir terhadap produk satu ini. Viostin dijamin halal sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja, tak terkecuali muslim. Kandungannya juga cukup lengkap dan akan membantu meredakan rasa sakit di persendian Anda.

Bentuk suplemenKaplet
Kandungan glukosamina500 mg
Dosis1 kaplet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang
Aturan pakai2-3 kali per hari
Bahan lainnyaTidak diketahui
Isi30 kaplet
BPOMSD181552401
Kandungan utamaGlukosamina, chondroitin, mangan, vitamin C, magnesium
View all
No.4

Hexpharm Glucosamine Strip

Harga referensi
Rp7.259
Lebih Murah

Membantu meredakan sakit sendi degenerative

Bertambahnya usia bisa membuat kekuatan sendi berkurang/degenerate yang berisiko menimbulkan nyeri sendi. Anda bisa mencoba meredakan rasa sakit tersebut dengan meminum suplemen ini. Kadar glukosamina di dalamnya juga tidak terlalu tinggi. Jadi, ini juga pilihan tepat untuk Anda yang baru mencoba mengonsumsi suplemen glukosamina. Anda cukup meminumnya satu kali sehari untuk merasakan manfaatnya. 

Bentuk suplemenTablet
Kandungan glukosamina250 mg
Dosis1 tablet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
Aturan pakai1 kali per hari
Bahan lainnyaMicrocrystalline cellulose, pregelled starch, stearic acid, PVA based coating
Isi10 tablet, 100 tablet
BPOMSD061528691
Kandungan utamaGlukosamina
View all
No.5

BlackmoresGlucosamine Sulfate 1500

Harga referensi
Rp197.000
Menengah

Lebih cepat bekerja dan memberi efek dengan penggunaan glukosamin sulfat

Blackmores juga memproduksi suplemen sendi yang menggunakan glukosamina sulfat alih-alih glukosamina biasa. Dengan begitu, suplemen ini diharapkan dapat bekerja lebih cepat dalam meringankan rasa nyeri di lutut dan persendian Anda.


Dalam penggunaan jangka panjang, kondisi osteoarthritis yang dialami juga akan membaik. Jadikan suplemen ini sebagai pilihan jika Anda membutuhkan suplemen glukosamina yang efeknya bisa terasa lebih cepat, ya!

Bentuk suplemenTablet
Kandungan glukosamina1.500 mg
Dosis1 tablet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
Aturan pakai1 kali per hari, setelah makan atau sesuai petunjuk dokter
Bahan lainnyaPewarna, perisa
Isi30 tablet
BPOMSI164507111
Kandungan utamaGlukosamina
View all
No.6

TreelainsGlucosamine Chondroitin + MSM

Harga referensi
Rp299.000
Agak Mahal

Redakan nyeri dan peradangan di sendi dengan bantuan kandungan MSM

Saat nyeri lutut sedang sangat terasa, tentu Anda membutuhkan suplemen yang bisa bekerja efektif mengatasi peradangan pada sendi tersebut. Anda bisa mempertimbangkan produk ini untuk dikonsumsi karena ada tambahan kandungan MSM (methylsulfonylmethane) di dalamnya.


Secara alami, MSM merupakan komponen yang sudah ada dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, suplemen dengan kandungan MSM ini akan bekerja mengurangi rasa nyeri dan peradangan sekaligus membantu pemulihan lebih cepat.

Bentuk suplemenTablet
Kandungan glukosamina500 mg
Dosis1 tablet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
Aturan pakai3 kali sehari
Bahan lainnyaTidak diketahui
Isi30 tablet, 60 tablet
BPOMSI154506151
Kandungan utamaGlucosamine, chondroitin, MSM
View all
No.7

BlackmoresJoint Formula Advanced

Harga referensi
Rp365.000
Agak Mahal

Tidak ada lagi aktivitas yang terhambat karena sakit sendi!

Bila Anda merasa mulai mengalami gejala osteoarthritis ringan, konsumsilah suplemen glukosamina dari Blackmores ini. Perpaduan chondroitin sulfate, mangan, dan boronnya akan membantu mengurangi gejala osteoarthritis ringan. Tentu Anda dapat beraktivitas kembali tanpa sakit sendi. Namun, pastikan Anda juga memulai gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, ya.
Bentuk suplemenTablet
Kandungan glukosamina750 mg
Dosis1 tablet
Sumber bahan glukosaminaTidak diketahui
Aturan pakai2 kali per hari, bersama makanan atau sesuai resep
Bahan lainnyaTidak diketahui
Isi120 tablet
BPOMTidak diketahui
Kandungan utamaGlukosamina, mangan, sodium
View all
No.8

OSTEforte Suplemen Makanan

Harga referensi
Rp53.000
Menengah

Mengandung beragam bahan untuk mengatasi osteoarthritis

Untuk meringankan rasa sakit yang Anda derita akibat osteoarthritis, cobalah mengonsumsi suplemen ini. Kombinasi chondroitin, glukosamina, serta mangan akan membantu menutrisi sendi dan menjadikannya lebih kuat. Adanya vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara keseluruhan. Penting diingat, tergantung berat badan Anda, jumlah tablet yang dikonsumsi juga bisa berbeda.

Bentuk suplemenKaplet
Kandungan glukosamina500 mg
Dosis1 kaplet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
Aturan pakaiBB > 55 kg: 3 kali per hari, BB < 55 kg:2 kali per hari
Bahan lainnyaTidak diketahui
Isi6 kaplet
BPOMSD011501161
Kandungan utamaGlucosamine, chondroitin, mangan, magnesium, zinc, vitamin C
View all
No.9

GNC TRIFLEX

Harga referensi
Rp1.100.000
Lebih Mahal

Bebas alergen, penyerapannya juga lebih cepat!

Anda dapat memperhitungkan untuk membeli suplemen ini jika sedang mencari suplemen yang bebas alergen. Jagung, kacang kedelai, gandum, gluten, pati, ragi, serta produk olahan susu adalah beberapa contoh alergen. Di samping itu, produk ini juga mengandung crospovidone untuk membantu penyerapan zat aktifnya. Aman dan cepat diserap untuk tubuh Anda, bukan?
Bentuk suplemenTablet
Kandungan glukosamina500 mg
Dosis1 tablet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang
Aturan pakai3 kali per hari, setelah makan
Bahan lainnyaTidak diketahui
Isi120 tablet
BPOMSI044514741
Kandungan utamaGlucosamine, chondroitin, MSM
View all
No.10

NatrolGlucosamine, Chondroitin & MSM

Harga referensi
Rp345.000
Agak Mahal

Isinya cukup banyak, tak perlu terlalu sering membeli berkali-kali

Jika Anda tipe orang yang enggan membeli suplemen terlalu sering, agaknya Anda bisa mempertimbangkan produk ini sebagai pilihan. Produk ini memiliki varian isi 60 tablet, 90 tablet, dan 150 tablet. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau berdasarkan jumlah anggota keluarga yang mengonsumsinya. Untuk isi cukup banyak, harga produk ini juga tergolong ekonomis.

Bentuk suplemenTablet
Kandungan glukosamina500 mg
Dosis1 tablet
Sumber bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
Aturan pakai3 kali per hari, bersama makanan
Bahan lainnyaTidak diketahui
Isi150 tablet
BPOMTidak diketahui
Kandungan utamaGlucosamine, chondroitin, MSM
View all

Konsumsi harian dan hal-hal yang harus diperhatikan

Sekarang, kami akan menjelaskan hal-hal yang harus Anda perhatikan saat mengonsumsi suplemen glukosamina. Perhatikanlah agar khasiat suplemen tersebut dapat Anda rasakan secara optimal.

Perhatikan jumlah konsumsi harian

Perhatikan jumlah konsumsi harian

Para ahli menyarankan konsumsi glukosamina harian sebanyak 1500 mg per hari. Namun, jumlah konsumsi harian tersebut berlaku untuk glukosamina biasa.


Jika pada botol suplemen ditulis N acetyl glucosamine, berarti glukosamina tersebut merupakan glukosamina yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Karena tubuh sanggup menyerapnya tiga kali lebih cepat daripada glukosamina biasa, Anda dapat memilih kandungan glukosamina di atas 800 mg.

Efek samping suplemen glukosamin

Efek samping suplemen glukosamin
Secara umum, glukosamina sangat aman dikonsumsi setiap hari. Namun, untuk beberapa orang efeknya bisa mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, heartburn, konstipasi, atau diare. Untuk Anda yang memiliki kondisi pencernaan yang sedikit lemah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kabar baiknya, glukosamina jarang menyebabkan alergi karena terbuat dari cangkang lobster, kepiting, atau udang. Cangkang tidak memiliki antigen protein yang menyebabkan alergi. Namun, glukosamina berpengaruh terhadap kerja obat antikoagulan, seperti warfarin, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan.


Selain itu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi glukosamina jika sedang menjalani terapi dengan banyak obat. Misalnya saja, jika Anda memiliki kondisi diabetes, hiperlipidemia, atau hipertensi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi glukosamina. Ibu hamil dan menyusui pun perlu berdiskusi dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsinya.

5 Rekomendasi Suplemen Glukosamin terbaik

No. 1: WelmoveUltra Glucosamine 1500

No. 2: Medikon Glucosamine MPL 500 mg

No. 3: PharosViostin Halal

No. 4: Hexpharm Glucosamine Strip

No. 5: BlackmoresGlucosamine Sulfate 1500

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.