• 10 Suplemen Glukosamin Terbaik -- Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen Glukosamin Terbaik -- Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen Glukosamin Terbaik -- Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen Glukosamin Terbaik -- Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen Glukosamin Terbaik -- Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen Glukosamin Terbaik -- Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Glukosamin membantu persendian sehingga dapat bergerak lebih aktif. Sayangnya, glukosamin alami akan berkurang seiring dengan pertambahan usia sehingga dibutuhkan tambahan suplemen. Ada banyak merek vitamin glucosamine yang bagus di pasaran, seperti Blackmores, Swanson, Puritan’s Pride, dan lainnya.

Jika Anda sedang bingung mempertimbangkan merek mana yang akan Anda pilih, kami akan memberikan solusinya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi seputar cara memilih suplemen glucosamine terbaik serta memberikan beberapa produk rekomendasinya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Jadi, selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 03 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Apa manfaat suplemen glukosamin?

Apa manfaat suplemen glukosamin?
Glukosamina (2-amino-2-deoksi-ß-d-glukopiranose) adalah amino monosakarida endogen yang disintesis dari glukosa untuk biosintesis glikoprotein dan glycosaminoglycan. Pada manusia, 90% glukosamina yang dikonsumsi oral akan menjadi bahan penyusun kartilago persendian. Namun, faktor penuaan dapat membuat glukosamina alami di dalam tubuh berkurang dan menyebabkan nyeri pada persendian serta pinggang.

Di alam, glukosamina terdapat di dalam udang serta jamur yang tentunya dapat Anda peroleh dari makanan yang dikonsumsi. Namun, adanya suplemen akan memudahkan Anda dalam mencukupi kebutuhan akan glukosamina. Berikut beberapa manfaat lain dari suplemen glukosamina.

  • Mengurangi nyeri pada persendian, misalnya sakit pada lutut
  • Membantu meningkatkan kesehatan tulang
  • Membantu mengatasi penyakit osteoarthritis
  • Membantu Anda memiliki persendian yang sehat

Manfaat glukosamina sebagai chondro-protector meliputi stimulasi chondrocyte, menggabungkan sulfat pada kartilago, dan proteksi melawan degradasi sendi melalui alterasi genMeskipun demikian, manfaat glukosamina masih simpang siur karena beberapa penelitian menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Glukosamina umumnya diteliti sebagai terapi osteoarthritis. Pada penelitian tersebut, glukosamina oral tampak tidak mengurangi gejala nyeri dibandingkan placebo.


Namun, pada penelitian lain, glukosamina dan chondroitin sulfate yang digunakan sebagai salep mampu mengurangi nyeri setelah pemakaian 8 minggu. Ada juga penelitian yang menyatakan penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) bersama dengan glukosamina  mampu mengurangi dosis OAINS. Hal ini dimungkinkan karena glukosamina sendiri memiliki efek anti-inflamasi sehingga keduanya bekerja sinergis.


Meskipun ada simpang siur dalam hasil penelitian, umumnya ahli kesehatan sepakat bahwa glukosamina boleh dikonsumsi sebagai bentuk terapi. Kesepakatan ini terutama bagi mereka yang tidak bisa atau sulit mengonsumsi obat antinyeri pada umumnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen glukosamin

Setelah mengetahui beberapa hal tentang glukosamina, kami akan memberikan tips cara memilih suplemen glukosamina. Simak tips berikut agar Anda dapat menemukan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih berdasarkan bahan lain yang terkandung di dalamnya

Kebanyakan suplemen glukosamina juga mengandung chondroitin dan hyaluronic acid yang juga merupakan komponen kartilago. Berikut akan kami jelaskan manfaat dan perbedaan tiap kandungan yang biasa ada dalam suplemen glukosamina.

Chondroitin, menunjang pergerakan yang lebih aktif

Chondroitin, menunjang pergerakan yang lebih aktif

Chondroitin berfungsi “melembapkan” persendian sehingga meningkatkan elastisitas kartilago serta melindunginya. Berhubung komponen ini membantu pergerakan seperti halnya glukosamina, kami rekomendasikan suplemen glukosamina yang dikombinasikan dengan chondroitin. Namun, periksalah dengan saksama karena terdapat kandungan chondroitin dan chondroitin sulfate yang merupakan komponen berbeda.


Chondroitin sulfate merupakan glycosaminoglycan natural pada kartilago dan matriks ekstraselular. Ia mampu mengurangi gejala osteoarthritis pada jari, lutut, panggul, punggung bawah, dan persendian wajah. Hal ini karena efek anti-inflamasi yang dimilikinya. Selain itu, chondroitin sulfate mampu menyokong pada saat terjadi kompresi, mendukung integritas selular, menjaga homeostasis, dan mengurangi nyeri otot.


Karena itu, chondroitin sulfate biasa dipakai bersama glukosamina untuk terapi osteoarthritis, mengatasi nyeri sendi, serta menahan air pada kartilago. Di sisi lain, chondroitin merupakan bentuk sebelum menjadi chondroitin sulfate. Untuk pencernaan lebih efisien, pilihlah chondroitin dalam bentuk chondroitin sulfate

Jika Anda secara khusus mencari suplemen chondroitin, Anda bisa membaca tautan berikut. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk pilihan kami untuk Anda.

Kolagen tipe II, meningkatkan kelenturan tubuh

Kolagen tipe II, meningkatkan kelenturan tubuh
Jika Anda menginginkan kelenturan tubuh, pilihlah suplemen glukosamina yang mengandung kolagen tipe II. Kolagen merupakan protein yang ada pada kulit, ligamen, tulang, dan kartilago. Di antara jenis kolagen, kolagen tipe II banyak terdapat pada kartilago dan merupakan salah satu penyusun kartilago, terutama persendian. Ia berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kartilago serta melindungi persendian dari guncangan.

Sama seperti glukosamina, kolagen tipe II akan berkurang seiring dengan pertambahan usia. Ada dua jenis kolagen tipe II, terdenaturasi dan tidak terdenaturasi. Kolagen tipe II dengan jenis tidak terdenaturasi lebih mudah diserap tubuh setelah dikonsumsi. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih kolagen tipe II dengan jenis yang tidak terdenaturasi.


Kolagen tipe II yang tidak terdenaturasi mampu mengurangi gejala osteoarthritis. Mekanismenya masih dalam diskusi, tetapi diteorikan melalui induksi dan migrasi limfosit T regulasi (Treg) ke area yang terjadi kerusakan/inflamasi. Limfosit Treg memproduksi sitokin anti-inflamasi yang menstimulasi chondrocyte untuk menyintesis komponen matriks kartilago.

Hyaluronic acid, pilihan untuk Anda yang ingin tetap awet muda

Hyaluronic acid, pilihan untuk Anda yang ingin tetap awet muda
Meski jarang ditemukan, sebagian suplemen glukosamina mengandung hyaluronic acid yang direkomendasikan untuk para wanita dan pria. Banyak penelitian menunjukkan hyaluronic acid dapat diserap tubuh lewat pembuluh darah melalui konsumsi oral dan diserap sebagai molekul yang lebih kecil. Zat ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang peduli dengan penampilan dan ingin awet muda.

Hyaluronic acid itu sendiri merupakan glycosaminoglycan nonsulfat. Senyawa ini terbentuk dari multipel polimer disakarida asam D-glucuronic dan N-acetyl-D-glucosamine yang dihubungkan dengan sebuah glucuronic-ß. Hyaluronic acid terletak pada matriks ekstraselular dan dapat mempertahankan cairan.


Karena itu, hyaluronic acid memiliki kemampuan untuk hidrasi, melumasi sendi, mengisi ruang, dan menjaga struktur area migrasi sel. Kemampuannya untuk menjaga kelembaban kulit dapat melawan tanda-tanda penuaan. Pada sendi, hyaluronic acid menjaga sendi untuk dapat tetap bergerak tanpa restriksi karena kemampuannya sebagai lubricant


Hyaluronic acid juga terdapat di dalam kartilago. Namun, berhubung kartilago merupakan jaringan yang tidak dapat dilalui pembuluh darah, tergantung dari jenis suplemennya, efeknya tidak bisa langsung dilihat. Karena itu, Anda harus mencoba meminumnya. Jika memang cocok, Anda bisa melanjutkan untuk mengonsumsi suplemen ini.

MSM, bantu mengurangi peradangan sendi

MSM, bantu mengurangi peradangan sendi
Methylsulfonylmethane (MSM) mungkin terdengar asing di telinga Anda. Dikatakan bahwa MSM memiliki efek analgesik serta anti-inflamasi dan banyak terdapat dalam suplemen sekarang ini. Beberapa penelitian membuktikan bahwa MSM juga terdapat di dalam tubuh dan kemungkinan memiliki fungsi untuk menekan alergi.

MSM merupakan komponen sulfur organik yang sangat penting dalam pembentukan rambut, kuku, kulit, dan lainnya. Komponen ini sering digunakan sebagai terapi komplemen dan alternatif. MSM terbentuk di alam sebagai bagian siklus sulfur bumi dan diserap oleh tumbuhan atau bakteria Pseudomonas putida. MSM lalu diekspresikan ke dalam buah, sayuran, dan tanaman bergranula seperti gandum.


Secara sintetik, MSM dapat dibuat dengan oksidasi dimethyl sulfoxide (DMSO) menggunakan hidrogen peroksida (H2O2) dan dimurnikan dengan kristalisasi atau distilasi. MSM memliki kemampuan anti-inflamasi dan antioksidan pada level subcellular dan transcriptional. Selain itu, gugus sulfur pada MSM memiliki peran dalam modulasi sistem imun tubuh. Sebagai contoh, MSM mampu mengurangi ekspresi interleukin-6 (IL-6) yang berperan dalam inflamasi kronik.


MSM juga menjadi donor sulfur bagi asam amino seperti methionine, cysteine, taurine, dan lain-lain. Karena hal-hal inilah MSM digunakan sebagai terapi artritis bersama glukosamina dan chondroitin sulfate. Ketiganya menjadi protector kartilago, meningkatkan fungsi fisik dan gerak pada penderita osteoarthritis, serta mengurangi nyeri otot pascaolahraga.

Pertimbangkan bentuk dan ukuran yang mudah dikonsumsi

Pertimbangkan bentuk dan ukuran yang mudah dikonsumsi

Suplemen glukosamina dapat berbentuk tablet, kapsul, kaplet, ataupun tablet effervescent. Jika Anda akan mengonsumsi glukosamina dalam jangka waktu panjang, pertimbangkan bentuk suplemen yang lebih mudah untuk Anda konsumsi.


Jumlah konsumsi tablet harian juga sangat penting untuk diperhatikan. Anda dapat menemukan jumlah konsumsi harian sebanyak 3–10 tablet per hari tergantung pada tiap suplemen. Jumlah konsumsi harian yang lebih sedikit akan tampak lebih mudah, tetapi ukuran tabletnya mungkin akan lebih besar. Jadi, sangat penting mempertimbangkan ukuran tablet sehingga Anda tidak merasa terbeban saat mengonsumsinya.

10 Rekomendasi suplemen glukosamin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen glukosamina terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

10

NUTRILITENutrilite Glucosamine with Boswellia

Mulai dari Rp 573.000,00

BentukKapsul
Isi150 kapsul
Konsumsi harian3 kapsul
Kandungan glukosaminaTidak disebutkan
Bahan lainnyaBoswellia extract, citrus bioflavonoids dehydrate, acerola concentrate
Bahan glukosaminaKulit udang
BPOM
9
BentukTablet effervescent
Isi10 tablet
Konsumsi harian1 tablet
Kandungan glukosamina1500 mg per tablet
Bahan lainnyaTidak ada
Bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
BPOM
8
BentukTablet
Isi60 tablet, 90 tablet, 150 tablet
Konsumsi harian3 tablet
Kandungan glukosamina500 mg per tablet
Bahan lainnyaChondroitin sulfate, MSM
Bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
BPOM
7

Medikon PrimaGlucosamine MPL Plus

Mulai dari Rp 36.300,00

BentukKaplet
Isi6 kaplet per strip
Konsumsi harian3 kaplet
Kandungan glukosamina500 mg per kaplet
Bahan lainnyaChondroitin sulfate
Bahan glukosaminaKulit udang
BPOM
6
BentukTablet
Isi120 tablet
Konsumsi harian2 tablet
Kandungan glukosamina1500 mg per 2 tablet
Bahan lainnyaChondroitin sulfate, mangan, boron
Bahan glukosaminaTumbuhan
BPOM
5
BentukTablet mini
Isi240 tablet
Konsumsi harian3 tablet
Kandungan glukosamina1500 mg per 3 tablet
Bahan lainnyaChondroitin sulfate, MSM, hyaluronic acid
Bahan glukosaminaUdang
BPOM
4
BentukTablet
Isi30 tablet
Konsumsi harian3 tablet
Kandungan glukosamina500 mg per tablet
Bahan lainnyaChondroitin sulfate, MSM
Bahan glukosaminaKulit udang dan kepiting
BPOM
3
BentukKaplet salut selaput
Isi5 kaplet per strip
Konsumsi harian1 kaplet
Kandungan glukosamina1500 mg per kaplet
Bahan lainnyaVitamin C, mangan, magnesium, seng
Bahan glukosaminaKulit udang/kepiting
BPOM
2

BlackmoresGlucosamine Sulfate 1500

Mulai dari Rp 174.000,00

BentukTablet
Isi30 tablet, 90 tablet
Konsumsi harian1 tablet
Kandungan glukosamina1500 mg per 1 tablet
Bahan lainnyaTidak ada
Bahan glukosaminaKulit udang/kepiting
BPOM
1
BentukKaplet
Isi5 kaplet
Konsumsi harian2–3 kaplet
Kandungan glukosamina500 mg per kaplet
Bahan lainnyaChondroitin sulfate, vitamin C, mangan, magnesium, zinc
Bahan glukosaminaKulit udang
BPOM

Tabel perbandingan produk suplemen glukosamin terbaik

Gambar produk
1
Pharos Viostin Halal 1

Pharos

2
Blackmores Glucosamine Sulfate 1500 1

Blackmores

3
Welmove Ultra Glucosamine 1500 1

Welmove

4
Treelains Glucosamine Chondroitin + MSM 1

Treelains

5
GNC  TRIFLEX 1

GNC

6
Blackmores Joint Formula Advanced 1

Blackmores

7
Medikon Prima Glucosamine MPL Plus 1

Medikon Prima

8
Natrol Glucosamine, Chondroitin & MSM 1

Natrol

9
Pyridam Farma CARTOS Tablet Effervescent 1

Pyridam Farma

10
NUTRILITE Nutrilite Glucosamine with Boswellia 1

NUTRILITE

Nama produk

Viostin Halal

Glucosamine Sulfate 1500

Ultra Glucosamine 1500

Glucosamine Chondroitin + MSM

TRIFLEX

Joint Formula Advanced

Glucosamine MPL Plus

Glucosamine, Chondroitin & MSM

CARTOS Tablet Effervescent

Nutrilite Glucosamine with Boswellia

Keunggulan

Dijamin halal! Makin tenang dan nyaman mengonsumsi suplemen ini

Lebih cepat bekerja dan memberi efek dengan penggunaan glukosamin sulfat

Berisi lima kaplet, praktis dan mudah dibawa ketika bepergian

Redakan nyeri dan peradangan di sendi dengan bantuan kandungan MSM

Bebas alergen, penyerapannya juga lebih cepat!

Tidak ada lagi aktivitas yang terhambat karena sakit sendi!

Cepat redakan nyeri lutut tanpa menguras isi dompet

Isinya cukup banyak, tak perlu terlalu sering membeli berkali-kali

Tidak ada masalah sulit meminum tablet atau kapsul lagi

Kandungan ekstrak boswellia bantu redakan nyeri akibat artritis

Harga mulai dariRp 28.400,00Rp 174.000,00Rp 15.500,00Rp 399.000,00Rp 1.100.000,00Rp 398.000,00Rp 36.300,00Rp 435.000,00Rp 121.200,00Rp 573.000,00
BentukKapletTabletKaplet salut selaputTabletTablet miniTabletKapletTabletTablet effervescentKapsul
Isi5 kaplet30 tablet, 90 tablet5 kaplet per strip30 tablet240 tablet120 tablet6 kaplet per strip60 tablet, 90 tablet, 150 tablet10 tablet150 kapsul
Konsumsi harian2–3 kaplet1 tablet1 kaplet3 tablet3 tablet2 tablet3 kaplet3 tablet1 tablet3 kapsul
Kandungan glukosamina500 mg per kaplet1500 mg per 1 tablet1500 mg per kaplet500 mg per tablet1500 mg per 3 tablet1500 mg per 2 tablet500 mg per kaplet500 mg per tablet1500 mg per tabletTidak disebutkan
Bahan lainnyaChondroitin sulfate, vitamin C, mangan, magnesium, zincTidak adaVitamin C, mangan, magnesium, sengChondroitin sulfate, MSMChondroitin sulfate, MSM, hyaluronic acidChondroitin sulfate, mangan, boronChondroitin sulfateChondroitin sulfate, MSMTidak adaBoswellia extract, citrus bioflavonoids dehydrate, acerola concentrate
Bahan glukosaminaKulit udangKulit udang/kepitingKulit udang/kepitingKulit udang dan kepitingUdangTumbuhanKulit udangKulit udang dan kepitingKulit udang dan kepitingKulit udang
BPOM
Tautan produk

Konsumsi harian dan hal-hal yang harus diperhatikan

Sekarang, kami akan menjelaskan hal-hal yang harus Anda perhatikan saat mengonsumsi suplemen glukosamina. Perhatikanlah agar khasiat suplemen tersebut dapat Anda rasakan secara optimal.

Perhatikan jumlah konsumsi harian

Perhatikan jumlah konsumsi harian

Para ahli menyarankan konsumsi glukosamina harian sebanyak 1500 mg per hari. Namun, jumlah konsumsi harian tersebut berlaku untuk glukosamina biasa.


Jika pada botol suplemen ditulis N acetyl glucosamine, berarti glukosamina tersebut merupakan glukosamina yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Karena tubuh sanggup menyerapnya tiga kali lebih cepat daripada glukosamina biasa, Anda dapat memilih kandungan glukosamina di atas 800 mg.

Efek samping suplemen glukosamin

Efek samping suplemen glukosamin
Secara umum, glukosamina sangat aman dikonsumsi setiap hari. Namun, untuk beberapa orang efeknya bisa mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, heartburn, konstipasi, atau diare. Untuk Anda yang memiliki kondisi pencernaan yang sedikit lemah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kabar baiknya, glukosamina jarang menyebabkan alergi karena terbuat dari cangkang lobster, kepiting, atau udang. Cangkang tidak memiliki antigen protein yang menyebabkan alergi. Namun, glukosamina berpengaruh terhadap kerja obat antikoagulan, seperti warfarin, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan.


Selain itu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi glukosamina jika sedang menjalani terapi dengan banyak obat. Misalnya saja, jika Anda memiliki kondisi diabetes, hiperlipidemia, atau hipertensi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi glukosamina. Ibu hamil dan menyusui pun perlu berdiskusi dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsinya.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Selain suplemen glucosamine, kami juga sudah menyiapkan beberapa artikel suplemen lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan atau kondisi medis yang mendasari. Silakan klik tautan berikut ini untuk informasi lebih jauh.

Kesimpulan

Tidak sulit bukan memilih suplemen glukosamina? Anda hanya perlu memperhatikan kandungan lain, seperti chondroitin, MSM, kolagen tipe II, hyaluronic acid, dan kandungan lainnya. Jumlah konsumsi harian serta bentuk tabletnya juga penting untuk dipertimbangkan.

Selain itu, perhatikan juga efek samping yang mungkin terjadi dan peringatan sebelum mengonsumsi glukosamina. Tetaplah sehat dan aktif bergerak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin B kompleks memainkan beragam peran yang penting bagi tubuh. Namun, beberapa orang berisiko mengalami kekurangan kelompok vitamin tersebut. Konsumsi suplemen vitamin B kompleks pun bisa dipertimbangkan pada kasus seperti ini. Nah, suplemen vitamin B kompleks seperti apa yang bagus untuk Anda? Kali ini, kami akan mengulas cara memilih suplemen vitamin B kompleks agar Anda tak salah beli. Kami juga akan memberikan review produk dari berbagai merek, seperti IPI, Blackmores, dan Berocca. Untuk membantu Anda, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya pada artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori