10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Teh jagung telah menjadi minuman sehat yang begitu digemari di Korea. Tidak hanya baik untuk pengontrol gula darah dan menu diet bebas kafein, tetapi juga memiliki rasa sedikit manis. Oleh karena itu, teh jagung bisa dikonsumsi oleh kalangan dari berbagai usia.

Menariknya, teh jagung dijual dengan banyak tipe biji, celup, dan cair. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana cara memilih teh jagung. Simak artikel ini dan dapatkan rekomendasi produk corn tea dari Sempio, Woongjin, dan Dongsuh di sini!

Daftar isi

Karakteristik dan manfaat corn tea/teh jagung

Karakteristik dan manfaat corn tea/teh jagung

Teh jagung telah menjadi minuman harian masyarakat Korea. Sesuai dengan namanya, teh jagung merujuk pada teh yang terbuat dari jagung panggang. Minuman bebas kafein ini memiliki rasa sedikit pahit dan manis sehingga dapat diminum anak-anak. Cara pengolahannya melalui dua cara yaitu perebusan dan pengeringan layaknya teh barley.

Banyak sekali alasan mengapa teh ini disukai banyak kalangan. Dari segi medis, teh jagung bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Sama seperti jagung, teh jagung mengandung banyak serat makanan. Serat makanan yang larut dengan air berfungsi untuk membungkus dan mengeluarkan lemak dari usus. Dengan demikian, program diet Anda akan membuahkan hasil dan terhindar dari masalah sembelit.

Selain serat, teh jagung juga mengandung kalium, zat besi, dan lainnya. Kalium sendiri memiliki efek diuretik yang bisa mencegah pembengkakan. Sementara itu, zat besi baik untuk mengatasi masalah anemia. Setelah mengetahui manfaat baik dari teh jagung, pasti Anda semakin tertarik untuk membeli, bukan? Terlebih lagi bagi Anda yang sangat memperhatikan soal kecantikan dan kesehatan.

Cara memilih corn tea/teh jagung

Saat mengunjungi supermarket, Anda pasti akan kesulitan untuk menemukan produk teh jagung. Namun, kondisi ini akan berbalik 360 derajat saat Anda mencarinya di online shop. Anda akan menemukan beberapa merek teh dari Korea dengan mudah. Lalu, poin apa saja yang perlu kita perhatikan saat memilih?

Pertimbangkan soal rasa dan manfaat dari buah dan rambut jagung

Pertimbangkan soal rasa dan manfaat dari buah dan rambut jagung

Bahan dasar teh jagung adalah buah ataupun rambut jagung (corn silk). Beberapa merek bahkan menjual produk dengan bahan terpisah, yaitu hanya rambut jagung, buah, dan kombinasi antara keduanya. Anda perlu mempelajari perbedaan dan manfaat dari corn tea dan teh rambut jagung (corn silk tea) agar bisa memilih tipe yang sesuai dengan selera.

Menarik untuk diketahui ternyata rambut jagung sering dipakai untuk pengobatan di Tiongkok karena mengandung banyak bahan yang baik untuk kesehatan. Sama halnya dengan buah jagung, rambut jagung juga mengandung banyak serat makanan, zat besi, dan kalium. Selain itu, rambut jagung juga bermanfaat untuk mengatasi PMS (sindrom pramentsruasi dan kondisi lekas marah baik secara fisik maupun psikologis) dan mengatasi gangguan menopause.

Sayangnya, beberapa orang kurang menyukai rasa corn silk tea karena memiliki perpaduan rasa antara jagung murni, sedikit pahit dan grassy. Namun, jika bagi Anda rasa bukanlah masalah besar, Anda bisa memasukkan corn silk tea sebagai bagian dari healthy lifestyle. Sementara itu, jika Anda mencari minuman dengan rasa lezat yang menyehatkan, pilihannya adalah teh jagung yang terbuat dari buah dan rambut jagung.

Namun, perlu diingat bahwa enak atau tidaknya teh jagung tergantung pada rasio campuran bahan dan tingkat pemanggangan. Silakan untuk mencoba beberapa merek agar dapat menemukan teh jagung yang benar-benar sesuai dengan selera.

Perhatikan bahan baku teh jagung

Perhatikan bahan baku teh jagung

Bagi Anda yang menginginkan rasa orisinal layaknya teh jagung di restoran Korea, teh jagung produksi Korea sangat kami rekomendasikan. Sebagian besar teh jagung Korea masih diproduksi dengan metode pengolahan tradisional.

Di sisi lain, ada pula teh jagung yang terbuat dari seratus persen bahan baku dari Jepang. Dengan rasa yang bersahabat dengan lidah, teh jenis ini dapat diminum oleh anak-anak dan ibu hamil. Meskipun begitu, teh jagung produksi Jepang cukup sulit dicari di Indonesia dan lebih didominasi oleh teh jagung dari Korea.

Cek kualitas rasa dari tingkat pemanggangannya

Cek kualitas rasa dari tingkat pemanggangannya

Tingkat pemanggangan ternyata memengaruhi kualitas rasa dari teh yang dihasilkan. Buah jagung yang dipanggang dalam waktu yang lebih lama akan memiliki aroma yang kuat dan warna yang gelap. Namun, Anda perlu hati-hati jika pemanggangan dilakukan secara berlebihan maka akan membuat teh terasa seperti gosong.

Sementara itu, teh jagung yang dipanggang dalam waktu singkat memiliki warna yang sedikit pucat dan beraroma seperti jagung mentah. Namun, teh jagung jenis ini memiliki keunggulan lebih mudah untuk dikonsumsi. Jika Anda adalah die hard fans teh dengan rasa yang kuat, jenis ini kurang cocok dengan standar Anda.

Tambahan lagi, saat Anda memerhatikan deskripsi produk pada kemasan, biasanya dicantumkan penjelasan tentang tingkat pemanggangan dan rasa. Dengan demikian, Anda dapat menjadikan informasi ini sebagai panduan untuk mencari teh jagung yang sesuai dengan selera Anda. Walaupun demikian, masih sedikit produk impor yang mencantumkan informasi ini dalam bahasa Indonesia. Jika memiliki teman yang jago berbahasa Korea dan bahasa Jepang, silakan untuk meminta bantuan mereka untuk menerjemahkan deskripsi komposisi dan pengolahan bahan.

Perhatikan juga ukuran produk dan cara penyajian

Informasi ukuran produk dan cara penyajian sangatlah penting, khususnya bagi Anda yang rutin meminum teh jagung. Jika Anda memiliki rutinitas yang padat maka bisa memilih jenis teh yang mudah untuk disajikan. Demikian pula jika Anda mencari teh jagung untuk kesehatan, silakan memilih berdasarkan gaya hidup Anda.

Untuk Anda yang menyukai rasa alami teh jagung, pilih jenis biji

Untuk Anda yang menyukai rasa alami teh jagung, pilih jenis biji

Saat berbelanja online, Anda pasti akan menjumpai jagung panggang yang sudah dikemas. Nantinya, Anda perlu merebusnya terlebih dahulu sebelum disajikan. Cara penyajian ini memang terlihat repot, tetapi teh jagung tipe ini menjanjikan cita rasa yang masih alami. Anda juga akan mendapatkan seluruh manfaat baik dari bahan baku yang masih murni dan rasanya tidak terasa pahit meskipun dimasak dalam waktu yang lama.

Kini, biji jagung telah menjadi komoditas bisnis sehingga Anda dapat membelinya dengan harga yang terjangkau. Jenis biji kami rekomendasikan untuk Anda yang tidak keberatan untuk merebus biji jagung asalkan bisa mendapatkan secangkir teh berkhasiat dengan rasa yang nikmat. Terlebih lagi, teh jagung ini lebih ekonomis karena bisa disajikan untuk orang banyak dan bisa diminum satu keluarga.

Ingin lebih praktis? Pilih jenis celup!

Ingin lebih praktis? Pilih jenis celup!

Jika Anda tak mau repot, maka teh jagung celup adalah pilihan cerdas. Cara penyajian teh celup memang lebih praktis karena Anda tidak perlu merebusnya. Biji jagung telah dihaluskan dan dikemas dalam bentuk ekstrak.

Seperti halnya teh celup pada umumnya, teh jagung celup mudah untuk disajikan pada pagi yang sibuk. Cukup letakkan teh celup ke dalam cangkir dan tuangkan air panas secukupnya. Tunggu sekitar tiga menit agar ekstrak jagung larut dengan air secara sempurna. Tak berapa lama, teh jagung pun siap disajikan. Kalau mau, Anda juga dapat menyimpannya di lemari es dan meminumnya saat hari sedang panas-panasnya!

10 Rekomendasi corn tea / teh jagung terbaik

Setelah membaca penjelasan di atas, mari bersama-sama mencari teh jagung yang sesuai dengan kriteria Anda. Jika masih bingung, silakan untuk membaca ulang penjelasan di atas agar bisa memilih teh jagung yang cocok dengan lifestyle Anda. Di bawah ini, kami merekomendasikan produk teh jagung yang semuanya diproduksi dari Korea!

10. Surasang Corn Tea

10. Surasang Corn Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 52.000

Ampuh mengusir rasa lelah setelah seharian beraktivitas

Bagi sebagian orang, teh jagung tak sebatas untuk pemenuhan gaya hidup, tetapi juga untuk menjaga tubuh tetap fit. Saat rutinitas yang padat membuat Anda kelelahan, mari segera membuat secangkir teh jagung. Aroma wanginya akan membuat Anda lebih rileks dan rasa lelah pun hilang dalam sekejap!

Bahan baku Jagung
Jenis produk Biji

9. ORGA Organic Fresh Corn Tea

9. ORGA Organic Fresh Corn Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Aman untuk anak di atas 12 bulan, organik, dan bebas gula

Kini, para ibu muda yang ingin memberikan teh jagung kepada buah hatinya tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, Anda bisa membeli teh jagung khusus untuk anak-anak. ORGA memproduksi teh jagung yang bisa dikonsumsi anak di atas 12 bulan. Warnanya yang cukup cerah begitu menggugah selera dan sesuai dengan selera anak-anak.

Bahan baku Jagung organik 100%
Jenis produk Celup

8. Nokchawon Corn Silk Tea

8. Nokchawon Corn Silk Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000

 Sering terserang ISK? Redakan dengan teh herbal ini!

Selain dengan obat-obatan kimia, Anda juga bisa meredakan penyakit infeksi saluran kencing (ISK) dengan meminum teh rambut jagung. Rambut jagung dipercaya mampu meredakan inflamasi atau peradangan karena kaya akan vitamin C. Oleh sebab itu, teh berbahan rambut jagung sering dijadikan teh herbal untuk melawan infeksi.

Perlu untuk dicatat, merek ini masih jarang dijual di Indonesia. Biasanya, teh ini dijual dalam bentuk eceran dengan harga sekitar Rp 5.000 per sachet. Hubungi seller online shop terlebih dahulu untuk mengetahui ketersediaan produk. Untuk memiliki badan yang sehat memang butuh perjuangan, bukan?

Bahan baku Jagung, rambut jagung
Jenis produk Celup

7. Woongjin Corn Silk Tea

7. Woongjin Corn Silk Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Memiliki kulit mulus seperti artis Korea bukanlah mitos!

Teh jagung jenis ini dijamin hassle-free karena sudah dikemas dalam bentuk botol. Kalau Anda tidak keberatan dengan minuman instan maka bisa mempertimbangkan teh yang memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan kulit ini. Kulit Anda akan sehat mulus seperti artis Korea!

Bahan baku Biji jagung panggang, beras cokelat panggang, solomon seel panggang, dan ekstrak rambut jagung cair
Jenis produk Cair

6. Dongwon F&B Corn Silk Tea

6. Dongwon F&B Corn Silk Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Praktis di bawa ke mana saja dan harganya hemat kantong

Jerawat dan kulit kusam adalah masalah dermatitis yang sangat ditakuti oleh perempuan. Anda pasti ingin tampil sempurna setiap saat apalagi saat usia tidak lagi muda, bukan? Makanya, teh jagung pun sering dijadikan solusi untuk memiliki kulit sehat dan badan ideal.

Teh jagung ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, teh merek ini juga rendah kalori sehingga aman untuk diet Anda. Cukup membeli satu kaleng teh jagung, Anda bisa mengonsumsinya kapan saja.

Bahan baku Ekstrak biji jagung, rambut jagung, dan beras cokelat
Jenis produk Cair

5. Kwangdong Corn Silk Tea

5. Kwangdong Corn Silk Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Minuman diet dengan rasa yang enak seperti popcorn

Sesuai dengan tagline merek, Anda akan mendapatkan wajah tirus dengan bentuk v-line jika rutin mengonsumsi teh jagung ini. Mengapa demikian? Teh jagung ini ternyata rendah kalori sehingga cocok untuk diet. Anda pun tak perlu menderita selama diet karena teh ini memiliki rasa alami lezat seperti popcorn.

Rasa lezat ini tercipta karena bahan baku yang dipakai adalah perpaduan antara buah dan rambut jagung. Makanya, minuman ini menjadi favoritnya para cewek Korea yang bercita-cita memiliki tubuh langsing dan cantik. Untuk mendapatkan tubuh ideal, Anda tak harus meninggalkan minuman yang manis.

Bahan baku Kombinasi ekstrak jagung panggang dan rambut jagung
Jenis produk Cair

4. Sempio Corn Tea

4. Sempio Corn Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 43.000

Lebih berkualitas karena bahan baku organiknya ditanam di tanah yang subur!

Label organik memang memiliki daya pikat tersendiri, khususnya untuk kalangan yang menganut gaya hidup sehat. Oleh karena itu, banyak produsen makanan berlomba-lomba meluncurkan produk organik, tak terkecuali Sempio. Melalui situs resminya, Sempio menyebutkan bahwa produk teh mereka terbuat dari 100 % jagung organik.

Tak sebatas organik, jagung ini juga ditanam di tanah yang subur. Dengan demikian, tanaman jagung ini tumbuh dengan baik karena tidak kekurangan nutrisi. Jagung yang dihasilkan dari tanah yang subur memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan jagung yang tumbuh di tanah biasa ataupun kurang subur.

Bahan baku Jagung organik 100%
Jenis produk Celup

3. Dongsuh Food Corn Tea

3. Dongsuh Food Corn Tea

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 87.000

Saat stres menyerang, redakan segera dengan secangkir teh jagung

Setelah ditelusuri lebih jauh, teh jagung ternyata bagus untuk meredakan depresi dan gangguan pencernaan. Saat pekerjaan menumpuk dan stres menyerang, segera seduh secangkir teh jagung untuk membuat Anda lebih rileks. Ketika tubuh rileks, lambat-laun rasa stres akan menghilang dengan sendirinya dan Anda bisa kembali bekerja.

Bahan baku Jagung
Jenis produk Celup

2. Sempio Corn Tea

2. Sempio Corn Tea

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 48.800

Tea lovers wajib coba, rasanya lebih kuat dibandingkan jenis celup

Bagi tea lovers, rasanya kurang afdal kalau belum mencoba teh jagung dalam bentuk biji. Teh jagung yang masih berbentuk butiran biji memiliki rasa yang lebih kuat daripada jenis celup. Butiran jagung ini harus direbus terlebih dahulu sebelum disajikan bersama gula ataupun tawar. Aromanya yang wangi akan membuat Anda lebih rileks.

Bahan baku Jagung
Jenis produk Biji

1. Sempio Corn Tassel Tea

1. Sempio Corn Tassel Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.700

Kemasan ekonomis, satu sachet untuk 2 liter air!

Teh celup yang terbuat dari jagung organik ini memiliki keunggulan dari kemasan yang ekonomis. Bayangkan saja, satu sachet teh jagung dapat direbus di dalam 1-2 liter air! Artinya, hanya dengan satu sachet saja, Anda bisa menyajikannya untuk satu keluarga.

Teh ini juga mengandung vitamin E, nutrisi, dan zat besi, cocok untuk minuman diet karena bebas kalori. Jika minum secara rutin, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, hipertensi, diabetes, serta masalah depresi dan pencernaan. Badan jadi lebih sehat, langsing, kulit pun tetap halus tanpa kerutan!

Bahan baku Jagung, rambut jagung, beras merah, dan ekstrak barley
Jenis produk Celup

Kesimpulan

Saat mencari teh jagung yang baik untuk kesehatan, Anda harus memperhatikan banyak kriteria yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah bagaimana cara pengolahan, bahan baku, dan harga. Namun, semua kembali kepada cita rasa teh jagung.

Pastikan untuk memilih teh jagung murni yang membuat Anda benar-benar menyukai rasa dan khasiatnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih teh jagung terbaik!