• 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut atau hair straightener, diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan bagus. Banyak produsen menawarkan merek catokan rambut yang bagus, seperti Philips, Glampalm, atau BaByliss. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produknya. Ditambah lagi, hair straightener juga memiliki varian ukuran normal dan mini. 


Nah, berikut ini akan kami bahas cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan merek catok pelurus rambut terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih catok pelurus rambut

Apakah Anda sudah mengetahui apa saja yang harus diperhitungkan dalam memilih catok pelurus rambut terbaik? Simak ulasan berikut, yuk!

Perhatikan bahan catok pelurus rambut yang dipilih

Perhatikan bahan catok pelurus rambut yang dipilih

Catokan rambut menjadi salah satu alat wajib yang harus dimiliki beberapa wanita karena dapat membantu merapikan rambut. Namun, terkadang alat catokan rambut dapat merusak kesehatan rambut. 


Nah, kerusakan rambut ini juga dapat dipengaruhi oleh bahan catokan rambut yang digunakan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan bahan catok rambut dengan baik sebelum membelinya. Terdapat tiga bahan yang sering digunakan untuk membuat catokan rambut. Yuk, cari tahu apa saja bahannya berikut ini.


  • Catok rambut berbahan pelat keramik sangat cocok untuk Anda yang memiliki rambut normal hingga sensitif. Namun, bahan pelat keramik tidak cocok digunakan untuk Anda yang memiliki rambut tebal dan kasar. Bahan ini memiliki kemampuan mentransfer panas dengan lebih lambat sehingga aman digunakan.

  • Catok berbahan titanium mampu mentransfer panas lebih cepat daripada catokan rambut berbahan pelat keramik. Alat catok rambut berbahan ini sangat cocok untuk rambut bertipe tebal dan kasar. Sayangnya, catok berbahan ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada catokan pelat keramik.

  • Catokan rambut berbahan tourmaline dapat menghasilkan ion negatif sehingga mencegah rambut kaku. Bahan ini juga memiliki kualitas yang lebih bagus daripada catok berbahan pelat keramik. Selain itu, bahan tourmaline juga mampu membantu rambut tetap lurus dalam waktu lama.

Sesuaikan ukuran pelat dengan panjang rambut Anda

Setiap produk memiliki ukuran pelat yang berbeda. Pilihlah tipe ukuran pelat yang sesuai dengan panjang rambut Anda!

Tipe standar, untuk rambut bob hingga semi-panjang

Tipe standar, untuk rambut bob hingga semi-panjang

Jika Anda memiliki rambut bob hingga semi-panjang, pilihlah catok pelurus rambut dengan lebar standar, yakni 20-30 mm. Dengan ukuran tersebut, catok akan terasa relatif ringan. Anda juga dapat meluruskan rambut ataupun membuat ikal kecil dan gelombang dengan mudah. Karena penggunaannya yang mudah, ukuran standar juga disarankan bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan catok. 

Tipe lebar, untuk rambut panjang agar hemat waktu

Tipe lebar, untuk rambut panjang agar hemat waktu

Anda yang memiliki rambut panjang melebihi bahu bisa memilih catok tipe lebar. Tipe lebar ini juga pas untuk Anda yang memiliki rambut lebat sehingga butuh waktu lama untuk menata rambut. Catok tipe lebar biasanya memiliki pelat berukuran antara 35-45 mm. 


Banyaknya jumlah rambut yang dapat dijepit pada satu waktu memungkinkan Anda meluruskan rambut Anda secara efisien. Hal ini sangat membantu agar lengan Anda tidak mudah lelah dan kegiatan menata rambut pun terasa menyenangkan. 


Namun, kekurangan tipe ini adalah sulit untuk membuat rambut keriting. Tipe lebar sebaiknya hanya digunakan untuk membuat rambut lurus. 

Tipe mini, efektif digunakan pada rambut pendek

Tipe mini, efektif digunakan pada rambut pendek

Tipe mini cocok untuk pria atau wanita yang berambut pendek dan mengalami kesulitan menjepit rambut mereka. Lebar alat catok rambut bertipe mini ini hanya sekitar 9-15 mm.


Kelebihannya, pelat pada catokan rambut bertipe mini akan menghantarkan panas dengan baik ke rambut. Pergerakannya dalam meluruskan rambut juga sangat baik. Pelat cepat panas secara menyeluruh lantaran area pelat yang kecil.

Tipe 2-in-1, bagi yang menginginkan beragam model rambut

Tipe 2-in-1, bagi yang menginginkan beragam model rambut

Jika Anda ingin menata rambut dengan berbagai gaya saat bepergian, tetapi tetap hemat tempat, pilihlah tipe 2-in-1. Untuk tipe 2-in-1 ini, ada yang berjenis standar dengan dua penjepit. Ada pula jenis yang memungkinkan Anda untuk membuat rambut lurus maupun keriting dengan mengganti attachment pada penjepitnya. Sayangnya, jenis yang terakhir ini masih jarang di Indonesia.


Apa pun pilihan alat catok Anda, tipe pelat di atas akan membuat rambut Anda tertata rapi. Jika Anda ingin membuat model rambut lainnya, kami merekomendasikan tipe catok rambut lain untuk Anda. Anda bisa membaca artikel rekomendasinya berikut ini.

Pilihlah produk dengan fungsi yang dapat memberikan hasil sesuai keinginan Anda

Berbagai fungsi yang ditawarkan dapat mempengaruhi hasil akhir. Perhatikan hal-hal berikut ini untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Fungsi bantalan, dapat menjepit dengan menyeluruh

Fungsi bantalan, dapat menjepit dengan menyeluruh

Catok yang dapat menjepit rambut dengan kuat akan mengoptimalkan panas pada satu waktu. Dengan begitu, kerusakan rambut akibat panas dapat diminimalkan. Permukaan pelat yang halus juga dapat meminimalisir kerusakan akibat gesekan. Alhasil, kerontokan rambut dapat dicegah dan Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang halus. 


Selain itu, alat pengeriting rambut dengan fungsi bantalan dapat menjepit rambut pendek tanpa melewatkannya. Anda dapat membuat rambut lurus dengan penjepitan yang tidak merusak rambut Anda. Pilihlah fungsi ini bagi Anda yang peduli akan kesehatan rambut.

Fungsi uap, memberikan hasil yang lembut dan lembap

Fungsi uap, memberikan hasil yang lembut dan lembap

Saat Anda mencatok rambut, kandungan air pada rambut akan hilang. Namun, dengan fungsi uap, kandungan air dapat ditambahkan sehingga rambut tidak terasa kering. Hasil akhirnya, rambut akan menjadi lebih lembut dan lembap. 


Catok dengan fungsi ini sedikit merepotkan karena Anda perlu menambahkan air saat ingin menggunakannya untuk menghasilkan uap. Namun, fungsi ini sangat cocok untuk Anda yang khawatir akan rambut kering.

Fungsi ion, menjadikan rambut mudah diatur

Fungsi ion, menjadikan rambut mudah diatur

Ion negatif akan mengurangi listrik statis yang merupakan salah satu penyebab penyebaran rambut. Catok pelurus rambut dengan fungsi ion akan membantu menyiapkan lapisan yang kohesif. Dengan begitu, rambut tidak akan menyebar dan mudah diatur.

Periksa poin-poin yang membuat catokan mudah digunakan

Periksa poin-poin yang membuat catokan mudah digunakan

Catokan rambut termasuk alat yang bisa Anda gunakan setiap hari. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan kemudahan penggunaannya. Ada beberapa poin penggunaan alat catok rambut yang perlu Anda perhatikan. Mari simak berikut ini.


  • Cara mengatur suhu yang diinginkan
  • Kecepatan perubahan suhu pelat catok
  • Daya jepit catok dan kemampuannya untuk mengeriting rambut
  • Kompatibilitas catok jika dibawa ke luar negeri untuk Anda yang suka bepergian
  • Fungsi untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya luka bakar

Setiap poin di atas bisa Anda lihat pada website resmi produk. Anda juga bisa memeriksa kemasan produk jika Anda akan membelinya di toko. Jadi, silakan merujuk pada keterangan tersebut, ya!

Carilah produk catokan yang memiliki suhu aman untuk rambut

Carilah produk catokan yang memiliki suhu aman untuk rambut

Alat catok yang bagus seharusnya memiliki suhu yang tepat dan sempurna. Idealnya catokan rambut memiliki suhu sekitar 180 derajat Celcius. Sementara itu, suhu minimal catokan rambut adalah 160 derajat Celcius.


Biasanya suhu catokan rambut sudah tercantum di kemasan produknya. Namun, suhu yang disalurkan oleh alat catok biasanya lebih rendah daripada yang tercantum. Sebagai contoh, suhu yang tercantum adalah 180 derajat Celcius, tetapi kenyataannya yang tersalur hanya 100 derajat Celcius.


Suhu catokan rambut memang penting Anda perhatikan. Sebab, suhu catokan rambut akan berpengaruh terhadap ketahanan tatanan rambut Anda. Suhu yang tinggi sebaiknya digunakan untuk mengatur rambut bertipe kasar. Sementara itu, suhu yang rendah sangat cocok diaplikasikan pada rambut bertipe halus.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Tuft Basic 1,5 inch Catokan Lurus dan Curly

6805

Mulai dari Rp 370.000,00

10 Rekomendasi catok pelurus rambut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk catok pelurus rambut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

BaByliss ProCatok Ultra Thin

BAB2073EPID

Mulai dari Rp 2.150.000,00

TipeLebar
Ukuran pelat (lebar)38 mm
Bahan pelatKeramik coating
FungsiBantalan, uap, ion
Pengaturan suhu115-230 °C
9
TipeMini
Ukuran pelat (lebar)20 mm
Bahan pelatKeramik
FungsiBantalan, ion
Pengaturan suhu160 °C
8

Glampalm Hair Straightener

GP313AL

Mulai dari Rp 2.999.000,00

TipeStandar
Ukuran pelat (lebar)30 mm
Bahan pelatKeramik healing stone
FungsiBantalan, ion
Pengaturan suhu11 mode (100-200 °C)
7
TipeLebar
Ukuran pelat (lebar)40 mm
Bahan pelatKeramik
FungsiBantalan, ion
Pengaturan suhu6 mode (130, 150, 170, 190, 210, 230 °C)
6

Philips Hair Straightener Keratin Ceramic

BHS376

Mulai dari Rp 629.900,00

TipeStandar
Ukuran pelat (lebar)28 mm
Bahan pelatKeramik
FungsiBantalan, ion
Pengaturan suhu160-230 °C
5

GM BearVlasy Electric Hair Straightener

1331

Mulai dari Rp 189.900,00

TipeStandar
Ukuran pelat (lebar)25 mm
Bahan pelatKeramik
FungsiBantalan
Pengaturan suhu0-200 °C
4

HerBaay Catokan Mini Karakter 2-in-1

Mulai dari Rp 87.500,00

Tipe2-in-1
Ukuran pelat (lebar)20 mm
Bahan pelatTourmaline
FungsiBantalan, ion
Pengaturan suhu5 mode (130-200 °C)
3
Tipe2-in-1
Ukuran pelat (lebar)42 mm
Bahan pelatTitanium keramik
FungsiBantalan, ion
Pengaturan suhu160-220 °C
2
TipeStandar
Ukuran pelat (lebar)20 mm
Bahan pelatKeramik
FungsiBantalan
Pengaturan suhu140-220 °C
1

Han RiverCatokan Rambut

HRJFB04

Mulai dari Rp 160.000,00

TipeStandar
Ukuran pelat (lebar)25 mm
Bahan pelatKeramik
FungsiBantalan, ion
Pengaturan suhu0-220 °C

Tabel perbandingan produk catok pelurus rambut terbaik

Gambar produk
1
Han River Catokan Rambut  1

Han River

2
NVMEE  Saturn Hair Styler 1

NVMEE

3
KEMEI Hair Straightener 1

KEMEI

4
HerBaay  Catokan Mini Karakter 2-in-1 1

HerBaay

5
GM Bear Vlasy Electric Hair Straightener 1

GM Bear

6
Philips  Hair Straightener Keratin Ceramic 1

Philips

7
LivChic  Catokan Rambut  1

LivChic

8
Glampalm  Hair Straightener 1

Glampalm

9
NVMEE  Virgo Hair Styler 1

NVMEE

10
BaByliss Pro Catok Ultra Thin 1

BaByliss Pro

Nama produk

Catokan Rambut

Saturn Hair Styler

Hair Straightener

Catokan Mini Karakter 2-in-1

Vlasy Electric Hair Straightener

Hair Straightener Keratin Ceramic

Catokan Rambut

Hair Straightener

Virgo Hair Styler

Catok Ultra Thin

Keunggulan

Tatanan rambut tampil sempurna, Anda pun makin percaya diri

Fungsi 3-in-1 yang hasilkan rambut menawan

Menjaga rambut tetap rapi dan sehat dengan fungsi ion

Catok rambut multifungsi, cocok dibawa ke mana saja

Hemat waktu dan listrik, rambut Anda pun lurus dan rapi setiap saat!

Cukup 30 detik, catokan rambut siap digunakan

Bebas ganti gaya rambut dengan 6 mode pengaturan suhu

Tilting cushions khusus, ampuh luruskan rambut singa

Cordless, rambut bisa ditata di mana dan kapan saja!

Mentransfer panas secara merata ke seluruh helai rambut

Harga mulai dariRp 160.000,00Rp 300.000,00Rp 75.000,00Rp 87.500,00Rp 189.900,00Rp 629.900,00Rp 399.999,00Rp 2.999.000,00Rp 370.000,00Rp 2.150.000,00
TipeStandarStandar2-in-12-in-1StandarStandarLebarStandarMiniLebar
Ukuran pelat (lebar)25 mm20 mm42 mm20 mm25 mm28 mm40 mm30 mm20 mm38 mm
Bahan pelatKeramikKeramikTitanium keramikTourmalineKeramikKeramikKeramikKeramik healing stoneKeramikKeramik coating
FungsiBantalan, ionBantalanBantalan, ionBantalan, ionBantalanBantalan, ionBantalan, ionBantalan, ionBantalan, ionBantalan, uap, ion
Pengaturan suhu0-220 °C140-220 °C160-220 °C5 mode (130-200 °C)0-200 °C160-230 °C6 mode (130, 150, 170, 190, 210, 230 °C)11 mode (100-200 °C)160 °C115-230 °C
Tautan produk

Cara membuat ikal dengan catok pelurus rambut

Cara membuat ikal dengan catok pelurus rambut

Catok pelurus rambut juga dapat digunakan untuk membuat ikal. Caranya pun sangat mudah. Berikut ini adalah tahapan yang bisa Anda ikuti.


  1. Ambil sedikit rambut dan jepit dengan cara yang sama seperti meluruskan rambut.
  2. Geser catok ke arah ujung rambut sambil menjepitnya. Setelah catok mencapai bagian tengah rambut atau area yang ingin diikalkan, putar catok supaya menghadap ke atas. 
  3. Tekan dan tarik perlahan catok hingga ke ujung rambut.

Nah, dengan mengikuti tahapan di atas, rambut ikal pun dapat tercipta. Selamat mencoba!

Pertanyaan umum seputar catokan rambut

Pertanyaan umum seputar catokan rambut

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar catokan rambut. Jika Anda masih penasaran dengan catokan rambut, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah mencatok rambut bisa merusak rambut?

Apakah mencatok rambut bisa merusak rambut?

Beberapa wanita menjadi percaya diri dengan catokan rambut. Namun, jika Anda terlalu sering mencatok, maka rambut akan memiliki tekstur kering dan kusam. Untuk meminimalisir kerusakan, Anda dapat melakukan perawatan rambut dengan kondisioner atau pelembap. 

Apa yang harus dipakai sebelum mencatok rambut?

Apa yang harus dipakai sebelum mencatok rambut?

Sebelum mencatok rambut, usahakan rambut dalam keadaan kering. Selain itu, Anda juga sebaiknya mengaplikasikan vitamin atau keratin terlebih dahulu sebelum mencatok. Dengan begitu, rambut akan terjaga kesehatannya dan tampilannya pun menjadi lebih rapi sesuai keinginan Anda.

Baca juga rekomendasi perawatan rambut lainnya di sini

Jika Anda sering menggunakan catok pelurus rambut, kami sarankan untuk memperhatikan juga produk styling rambut yang sesuai. Selain itu, jangan lupa merawatnya dengan vitamin rambut. Silakan baca artikel produk perawatan rambut tersebut di sini.

Kesimpulan

Akhir-akhir ini, catok pelurus rambut menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki oleh wanita. Dari paparan mengenai cara memilih di atas, sudahkah Anda menemukan produk yang tepat? Jika belum, Anda dapat melihat rekomendasi hair straightener yang kami berikan dan menjadikannya sebagai bahan referensi.


Pilihlah produk yang sesuai dengan selera, kebutuhan, serta bujet Anda. Sempurnakan penampilan Anda sehari-hari dengan penampilan rambut lurus yang memukau! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hair dryer adalah salah satu item wajib untuk Anda yang suka melakukan styling rambut. Saat ini ada banyak pilihan hair dryer yang bagus dengan fitur perawatan rambut yang inovatif. Anda bisa memilih hair dryer yang dilengkapi pengaturan aliran udara, suhu, dan lainnya. Berbagai merek hair dryer yang bagus pun bisa dengan mudah Anda temukan, seperti Panasonic, Sharp, Dyson, dan Remington.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hair dryer untuk Anda. Kami juga akan membagikan dan me-review rekomendasi hair dryer terbaik. Baca artikel ini hingga selesai, ya.
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penampilan kerap kali sangat diperhitungkan pria yang ingin tampil lebih percaya diri. Bukan saja dari pakaian yang dikenakan, melainkan juga pada gaya rambut. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar lebih rapi dan percaya diri.Ada banyak pomade yang bagus yang beredar di pasaran, seperti Gatsby, Murray’s, dan Wak Doyok. Meskipun begitu, ternyata tidak semua merek dan jenis pomade cocok untuk rambut Anda. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih dan membagikan rekomendasi pomade rambut terbaik di sini. Simak, ya!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada begitu banyak produk gel rambut atau minyak rambut pria yang beredar di pasaran. Anda akan menemukan produk yang mampu mempertahankan gaya rambut lebih awet dan bikin rambut tampak basah sepanjang hari. Ada pula gel rambut dengan wangi menyegarkan dan tidak lengket digunakan.Kali ini, kami akan membahas tips memilih gel rambut yang bagus untuk pria sekaligus memberikan daftar rekomendasi produk terbaiknya. Styling gel keluaran berbagai merek, seperti Gatsby, L’Oreal, Makarizo, dan sebagainya juga kami hadirkan di sini. Selamat membaca dan pilihlah produk yang paling Anda sukai!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Alat catok merupakan perangkat penting untuk mendapatkan gaya rambut yang tahan lama. Selain untuk meluruskan rambut, ada juga jenis catokan yang dapat digunakan sebagai hair curler. Saat ini ada banyak merek catokan di pasaran, mulai dari Remington, Glampalm, hingga LivChic. Keunggulan setiap produk pun berbeda-beda, ada yang mengandung negative ion, memiliki pengaturan suhu, dan lainnya.Dengan banyaknya pilihan, manakah catokan yang bagus untuk Anda? Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi catokan yang tidak merusak rambut beserta review singkatnya. Langkah-langkah untuk memilih produk yang bagus pun akan kami jelaskan. Yuk, simak bersama!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini hair powder banyak digunakan sebagai opsi saat bad hair day. Hair powder bisa membuat rambut tampak bervolume. Bentuknya yang berupa bedak tabur terasa ringan, mudah diaplikasikan, serta tidak lengket. Pada umumnya, hair powder digunakan untuk hair styling, menghilangkan minyak, dan menambah tekstur rambut.Di pasaran kini terdapat banyak merk hair powder yang bagus sehingga mungkin membuat Anda bingung. Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih hair powder terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Ada hair powder dari Hairnerds, Smith Men Supply, dan Erha. Selamat membaca!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hair dryer mini atau hair dryer travel yang praktis dan portable adalah produk primadona bagi pencinta travelling. Anda bisa menyimpannya di dalam tas tanpa takut menghabiskan tempat. Terlebih lagi, produk ini dilengkapi seperangkat fitur keren yang memanjakan penggunanya.Banyak hair dryer kecil yang bagus secara fungsi sekaligus berdesain elegan, seperti merek Tescom, Panasonic, dan Philips. Anda bisa tampil penuh gaya selama travelling dengan hair dryer portable mini yang kami rekomendasikan. Beberapa produk ini juga memiliki harga yang terjangkau dengan watt kecil. Apa saja pilihannya? Simak artikel ini sampai selesai!
    Styling rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori