10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2019)

Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.

Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!

Daftar isi

Apa saja karakteristik kamera mirrorless Sony?

Apa saja karakteristik kamera mirrorless Sony?

Dikenal sebagai industri dengan kekuatan teknis yang tinggi, Sony terus mengembangkan sensor gambar kamera mirrorless dengan berbagai lensa panjang (zoom) ataupun lensa tunggal (SLR). Dengan demikian, kualitas gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik dan kinerja fokus otomatis (AF) menjadi lebih cepat.

Hal ini juga tergantung pada model dan serinya. Fungsi antigoyang (5-axis stabilizer) yang sangat baik telah terpasang di beberapa seri kamera mirrorless Sony. Apa pun model yang Anda pilih, fungsi antigoyang ini adalah fitur dari kamera mirrorless Sony yang dapat menghasilkan gambar cantik. Anda hanya perlu menekan tombol rana (shutter speed) dan masuk pada mode potret khusus. Di ruang bidik dan layar kamera juga tersedia titik atau garis bantu yang cukup luas untuk memudahkan Anda dalam pengambilan gambar.

Karena itu, daripada hanya membandingkan spesifikasi, pilihlah kamera mirrorless Sony yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kamera yang sempurna!

Cara memilih kamera mirrorless Sony

Poin-poin di bawah ini tidak hanya berlaku pada kamera Sony, tetapi juga pada kamera mirrorless lain yang memiliki spesifikasi tinggi. Pilihlah kamera mirrorless dengan fitur-fitur yang  sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan dengan kebutuhan gambar yang akan Anda ambil

Tentukan secara spesifik gambar seperti apa yang nantinya akan lebih banyak diambil menggunakan kamera mirrorless.

Jika pemotretan dilakukan malam hari atau di dalam ruangan, pilih kamera dengan sensitivitas ISO tinggi

Jika pemotretan dilakukan malam hari atau di dalam ruangan, pilih kamera dengan sensitivitas ISO tinggi

Sensitivitas ISO adalah nilai numerik terhadap cahaya yang diterima oleh sensor gambar. Dengan kamera yang memiliki sensitivitas ISO tinggi, Anda dapat menghasilkan gambar yang baik meskipun pemotretan dilakukan di tempat-tempat gelap. Misalnya, di bawah langit malam dan di dalam ruangan yang sedikit cahaya. Selain itu, jika Anda ingin meningkatkan kecepatan rana (shutter speed) seperti saat memotret subjek bergerak, dengan ISO yang diatur tinggi, gambar yang dihasilkan pun tidak menjadi gelap.

Misalnya, saat memotret langit cerah dan berawan, Anda dapat menggunakan ISO rendah pada angka 100-800. Sementara itu, untuk memotret langit malam, milkyway, atau ruangan gelap, Anda dapat menggunakan ISO tinggi di atas 1.000. Namun, jika Anda meningkatkan sensitivitas ISO lebih tinggi, kemungkinan adanya noise tak dapat dihindari. Untuk itu, penting bagi Anda untuk tidak sekadar melihat angka ISO. Sebaiknya, Anda lebih sering memeriksa seberapa banyak noise yang dihasilkan saat menggunakan ISO tinggi.

Pilih kamera dengan kinerja Auto Fokus (AF) yang cepat untuk memotret subjek bergerak

Pilih kamera dengan kinerja Auto Fokus (AF) yang cepat untuk memotret objek bergerak

Selain membutuhkan sensitivitas ISO yang tinggi, Anda disarankan memilih kamera dengan fitur AF (Auto Fokus) yang cepat, akurat, dan memiliki performa memotret bersambung yang tinggi. Kamera AF kami rekomendasikan untuk Anda yang lebih banyak memotret subjek bergerak, seperti kegiatan olahraga, kehidupan hewan di alam bebas, ataupun kendaraan di tengah kota. Periksalah apakah sensor AF pada kamera telah diatur secara tepat agar sensornya dapat mengikuti pergerakan subjek gambar secara cepat.

Pilih mode senyap jika Anda ingin memotret tanpa suara

Pilih mode senyap jika Anda ingin memotret tanpa suara

Kamera mirrorless Sony memiliki fungsi pemotretan senyap yang menggunakan rana elektronik diam atau tanpa vibrasi. Ini adalah fungsi terbaik dalam mengambil gambar tanpa suara, seperti memotret bayi dan hewan tidur, presentasi anak-anak, konser, dan sebagainya.

Pilih kamera dengan sensor full-frame untuk menghasilkan gambar berukuran penuh dan memiliki resolusi tinggi

Pilih kamera dengan sensor Full-Frame untuk menghasilkan gambar berukuran penuh dan memiliki resolusi tinggi

Jika Anda ingin mendapatkan gambar berkualitas tinggi, jangan hanya melihat dalam jumlah piksel, tetapi periksalah sensor gambar pada kamera. Sensor gambar merupakan komponen yang mengubah cahaya yang diterima melalui lensa menjadi sinyal elektronik. Dalam kamera mirrorless, terdapat tiga jenis sensor, yaitu full-frame, APS-C, dan Mikro Four Thirds. Semakin besar sensor yang dimiliki kamera, semakin baik pula kualitas gambar yang dihasilkan karena semakin kecil jumlah noise yang ditangkap. Jika Anda membutuhkan kualitas gambar yang tinggi, pilihlah kamera mirrorless full-frame.

Namun, ketika ukuran sensor gambar meningkat, ukuran badan kamera menjadi semakin besar dan berat. Jika Anda memasang lensa berukuran besar, tentunya membuat kamera menjadi lebih berat. Salah satu keuntungan kamera mirrorless yang dikenal compact dan ringan mungkin sudah tidak sesuai. Selain itu, kamera yang memiliki sensor full-frame memiliki harga badan kamera yang sangat mahal. Harganya paling tidak Rp 10.000.000.

Kualitas foto sangat dipengaruhi oleh keterampilan fotografer. Meskipun Anda membeli kamera bersensor full-frame yang berat dan mahal sekalipun, Anda tidak dapat menghasilkan gambar yang bagus jika tidak memanfaatkan fiturnya secara maksimal. Untuk pemula, tentunya akan lebih aman jika memilih kamera Sony mirrorless dengan sensor APS-C.

Jangan mengkhawatirkan jumlah piksel

Jangan mengkhawatirkan jumlah piksel

Pada kenyataannya, untuk dapat menghasilkan gambar bagus Anda tidak perlu menggunakan banyak piksel. Beberapa kamera profesional justru berani menekan jumlah piksel untuk meningkatkan kualitas gambar. Jika Anda memiliki kamera dengan jumlah piksel 8 juta hingga 9 juta, Anda dapat mencetak foto ukuran A4 dengan indah dan tajam. Untuk dipasang di blog dan sosial media, jumlah piksel yang kecil pun cukup. Jika Anda memproyeksikannya di TV 4K, jumlah piksel TV 4K adalah sekitar 8,3 juta.

Banyak kamera mirrorless yang memiliki jumlah piksel 12 juta hingga 24 juta. Akan tetapi, hasil foto cetak yang dihasilkannya tetap bagus dan tidak kasar. Hal tersebut membuktikan bahwa Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hasil foto produk dan jumlah piksel.

Pilih kamera yang mudah dibawa dan pas di tangan

Pilih kamera yang mudah dibawa dan pas di tangan

Anda perlu mempertimbangkan kemudahan dalam membawa kamera mirrorless. Untuk pria, jika kamera terlalu padat, tentunya akan sulit digunakan karena tidak sesuai dengan ukuran tangan. Meskipun kamera bagus, kamera tidak akan digunakan dalam waktu lama karena tidak nyaman digunakan. Sebelum membeli, pilihlah ukuran yang pas di tangan supaya Anda nyaman menggunakannya.

Perhatikan fitur tambahan dengan detail

Kamera mirrorless Sony memiliki beberapa fungsi umum dan khusus. Namun, fungsi khusus hanya terdapat di beberapa seri saja. Agar lebih jelas, mari kita simak ulasan berikut ini.

Periksa keberadaan jendela bidik (viewfinder)

Periksa keberadaan jendela bidik (viewfinder)

Banyak kamera mirrorless yang tidak menyediakan jendela bidik (viewfinder). Jika Anda ingin memotret subjek gambar dengan komposisi yang dekat terhadap garis pandang sebenarnya, tentunya Anda membutuhkan kamera mirrorless berjendela bidik. Semua jendela bidik yang dipasang pada kamera mirrorless Sony adalah jendela bidik elektronik. Jadi, Anda dapat melihat langsung pengaturan foto yang disesuaikan melalui jendela bidik.

Fitur stabilisasi gambar berguna untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal

Fitur stabilisasi gambar berguna untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal

Beberapa kamera mirrorless Sony tidak memiliki fungsi stabilisasi gambar (stabilizer). Meskipun stabilizer bermanfaat, berat lensa juga menentukan hasil gambar yang didapat. Anda perlu melihat kembali apakah lensa yang digunakan memiliki fungsi tersebut. Di samping itu, fitur ini sangat direkomendasikan untuk para fotografer pemula.

Jika kamera dilengkapi dengan fungsi stabilisasi gambar, guncangan saat memotret dan merekam dapat segera diperbaiki dengan menggunakan lensa apa pun. Saat ini, telah banyak lensa yang memiliki fitur 4-axis stabilizer atau stabilisasi gambar pada 4 sumbu. Pada kamera Sony, juga tersedia fitur 5-axis stabilizer yang terpasang pada 5 sumbu sehingga gambar yang dihasilkan lebih stabil. Namun, Anda harus memastikan bahwa koreksi gambar ini tidak akan merusak dan mengenai sisi utama subjek gambar.

Dapat memotret lebih mudah dengan fitur layar sentuh (touch screen)

Dapat memotret lebih mudah dengan fitur layar sentuh (touch screen)

Jika monitor atau LCD kamera Anda mendukung fitur layar sentuh, tentunya Anda dapat dengan mudah mencari titik fokus pada subjek gambar. Hanya dengan sentuhan jari, titik fokus otomatis pada kamera akan segera mendeteksi subjek gambar. Bagi Anda yang terbiasa memotret gambar menggunakan smartphone mungkin akan lebih nyaman menggunakan fitur layar sentuh ini.

Untuk kemudahan pemakaian, gunakan pengaturan tombol khusus/pintas

Untuk kemudahan pemakaian, gunakan pengaturan tombol khusus/pintas

Fungsi pengaturan tombol khusus atau tombol pintas dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan pengaturan kamera. Jika Anda menguasai fitur ini, Anda dapat memaksimalkan penggunaan kamera lebih mudah untuk diri sendiri. Hanya dengan menekan satu tombol, menu pengaturan akan berpindah secara cepat sehingga memangkas waktu Anda dalam memotret. Periksalah keberadaan pengaturan tombol khusus sebelum membeli kamera.

Periksa hasil video sepenuhnya

Periksa hasil video sepenuhnya

Saat memilih kamera, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah untuk menghasilkan foto, video, atau untuk memproduksi film? Kamera mirrorless Sony saat ini telah memiliki kualitas format perekaman video High-Resolution. Beberapa model juga dapat merekam dengan format 4K. Dengan demikian, Anda dapat memutarnya secara maksimal melalui TV 4K ataupun mengunggahnya di YouTube.

Putuskan anggaran di awal sebelum membeli

Putuskan anggaran di awal sebelum membeli

Semakin Anda membutuhkan fitur yang sempurna, semakin tinggi dana yang harus Anda siapkan. Sebelum membeli, tentunya Anda harus menentukan batas anggaran yang Anda siapkan. Pilihlah yang sesuai dengan fungsi dan keinginan Anda. Jika Anda hanya memiliki dana tidak kurang dari Rp 6.000.000, Anda dapat memilih kamera Sony mirrorless seri α5100 dengan lensa kit 16-50 mm.

Selain itu, kamera yang dipasang pada iPhone dan smartphone keluaran terbaru juga memiliki kinerja yang tinggi, bobot yang ringan, dan mudah dimasukkan ke saku agar dapat digunakan secara lebih efisien. Jika Anda hanya memiliki dana di bawah Rp 5.000.000, kami menyarankan Anda menggunakan kamera smartphone dibandingkan membeli kamera mirrorless.

Pertimbangkan dahulu sebelum membeli barang bekas

Pertimbangkan dahulu sebelum membeli barang bekas

Bagi yang anggarannya terbatas, beberapa online seller menyediakan kamera bekas dengan harga terjangkau. Namun, kami tidak merekomendasikannya. Meskipun toko tersebut dikenal memiliki reputasi yang baik, kita tidak pernah tahu pemilik sebelumnya dari kamera tersebut. Termasuk juga berapa kali rana (shutter count) digunakan. Beberapa masalah kerap ditemui pembeli, baik kerusakan pada badan kamera maupun kinerja mesinnya. Jika Anda ingin mengurangi biaya sebanyak mungkin, sebaiknya Anda tidak membeli kamera bekas. Jika harus membeli bekas, pilihlah barang yang merupakan generasi terbaru.

10 Rekomendasi kamera mirrorless terbaik merek Sony

Di bawah ini, kami merekomendasikan sepuluh kamera mirrorless Sony terbaik yang dapat Anda gunakan. Rekomendasi produk di bawah ini juga mengulas tentang fitur masing-masing seri kamera, harga, dan spesifikasinya.

10. Sony Mirrorless α9

10. Sony Mirrorless α9

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 56.999.000

Sensor full-frame terbaru dengan kemampuan AF yang cepat, akurat, dan andal

Pada 2019, Sony meluncurkan kamera full-frame seri terbarunya. Daya baterainya bermasa pakai dua kali lipat dibandingkan baterai Sony pendahulunya. Dengan kualitas gambar dan video yang dihasilkan, kamera ini direkomendasikan bagi Anda yang bekerja sebagai fotografer dan film maker profesional.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Full-frame 35 mm, sensor CMOS Exmor RS
Sensitivitas ISO ISO 50-204800
Ukuran bodi kamera Sekitar 126,9 mm x 95,6 mm x 63,0 mm
Berat kamera Sekitar 673 gram
Jumlah piksel Sekitar 24,2 megapiksel
Hasil perekaman film 4K
Sensor Auto Focus Pengambilan gambar kontinu kecepatan tinggi hingga 20 fps
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik 1,3 cm (warna), Quad-VGA OLED
Fitur stabilisasi gambar Stabilisasi gambar optik 5 poros
Fitur layar sentuh Tersedia
Tipe Monitor 7,5 cm (tipe 3.0) tipe TFT

9. Sony Mirrorless α7S II

9. Sony Mirrorless α7S II

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 33.950.000

Dari fitur koreksi warna S-Log hingga kemampuan menangkap gambar low light

Kamera yang dilengkapi dengan banyak fitur ini tepat bagi Anda yang bekerja sebagai travel videographer dan film maker. Fitur merekam video 4K dilengkapi stabilisasi gambar akan menghasilkan foto yang tidak blur. Dalam kondisi low light pun, gambar Anda akan memiliki kualitas tajam tanpa noise.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Full-frame 35 mm, sensor CMOS Exmor RS
Sensitivitas ISO ISO 50-409600
Ukuran bodi kamera 126,9 x 95,7 x 60,3 mm
Berat kamera 584 g (bodi saja)/627g (dengan baterai)
Jumlah piksel Sekitar 12,2 megapiksel
Hasil perekaman film 4K
Sensor Auto Focus Fast Intelligent AF dengan kecepatan dan akurasi yang ditingkatkan
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik 1,3 cm (warna)
Fitur stabilisasi gambar Stabilisasi gambar optik 5 poros
Fitur layar sentuh Tersedia
Tipe Monitor Drive TFT 7,5cm (tipe 3.0)

8. Sony Mirrorless α7 II

8. Sony Mirrorless α7 II

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 17.999.000

Anda seorang jurnalis dan fotografer? Kamera ini cocok untuk profesional

Jika ingin menggeluti dunia bisnis fotografi atau untuk tampil secara profesional, Anda dapat menggunakan Sony Mirrorless α7 II. Dilengkapi sensor full-frame dan 5-axis image stabilization, kamera beserta lensa pendukungnya dapat mengurangi guncangan saat Anda memotret dan merekam video.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Full-frame 35 mm, sensor CMOS Exmor RS
Sensitivitas ISO ISO 50-25600
Ukuran bodi kamera 126,9 x 95,7 x 59,7 mm
Berat kamera 556 g (bodi saja)/599 g (dengan baterai)
Jumlah piksel 24,3 megapiksel
Hasil perekaman film Full HD
Sensor Auto Focus Fast Hybrid AF
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik tipe 0,5″ (berwarna)
Fitur stabilisasi gambar Stabilisasi gambar optik 5 poros
Fitur layar sentuh Belum tersedia
Tipe Monitor LCD TFT tipe 3.0″

7. Sony Mirrorless α7 III

7. Sony Mirrorless α7 III

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 28.999.000

Foto manusia yang lebih hidup berkat Eye AF yang akurat

Sony α7 III memiliki fitur Eye Auto Fokus yang dapat melakukan pelacakan atau deteksi mata seseorang sehingga gambar akan tampak lebih hidup. Fungsi ini dapat membaca mata seseorang meski sebagian wajah tersembunyi. Pilih produk ini apabila Anda bekerja sebagai fotografer model, desain produk, dan jurnalis berita.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Full-frame 35 mm, sensor CMOS Exmor RS
Sensitivitas ISO ISO 50-409600
Ukuran bodi kamera Sekitar 126,9 mm x 95,6 mm x 73,7 mm
Berat kamera Sekitar 650 g
Jumlah piksel Sekitar 24,2 megapiksel
Hasil perekaman film 4K
Sensor Auto Focus Fast Hybrid AF
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik 1,3 cm (warna), XGA OLED
Fitur stabilisasi gambar Stabilisasi gambar optik 5 poros
Fitur layar sentuh Tersedia
Tipe Monitor LCD TFT tipe 3.0″

6. Sony Mirrorless α7R II

6. Sony Mirrorless α7R II

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.699.000

Sensor full-frame bercahaya belakang pertama di dunia untuk hasilkan gambar berkualitas tinggi

Dengan kamera mirrorless ini, tentunya Anda tak lagi dipandang sebagai fotografer amatir. Terutama bagi Anda yang bergerak dalam industri film maker, kamera ini menghasilkan film beresolusi tinggi karena dukungan kualitas 4K. Format ini tentunya akan membuat video menjadi lebih tajam, kaya warna, dan mendetail.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Full-frame 35 mm, sensor CMOS Exmor RS
Sensitivitas ISO ISO 50–102400
Ukuran bodi kamera 126,9 x 95,7 x 60,3 mm
Berat kamera 582 g (bodi saja)/625 g (dengan baterai)
Jumlah piksel 42,4 megapiksel
Hasil perekaman film 4K
Sensor Auto Focus Fast Hybrid AF
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik (warna) XGA OLED, 1,3 cm (tipe 0,5)
Fitur stabilisasi gambar Stabilisasi gambar optik 5 poros
Fitur layar sentuh Belum tersedia
Tipe Monitor 7,5 cm (tipe 3.0) TFT drive

5. Sony Mirrorless α7+FE 50mm F1.8

5. Sony Mirrorless α7+FE 50mm F1.8

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.999.000

Memotret foto panorama alam dan keunikan budaya dengan kualitas yang tinggi

Untuk mendapatkan gambar berukuran penuh dan berkualitas tinggi, kamera ini bisa menjadi pilihan. Kamera ini cocok menemani perjalanan Anda ke destinasi alam dan budaya karena telah dibekali sensor full-frame plus lensa 50 mm. Namun, kamera ini belum dilengkapi dengan stabilizer sehingga disarankan menggunakan tripod.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Full-frame 35 mm, sensor CMOS Exmor RS
Sensitivitas ISO ISO 50-25600
Ukuran bodi kamera 126,9 x 94,4 x 54,8 mm
Berat kamera 416 g (bodi saja)/474 g (dengan baterai)
Jumlah piksel 24,3MP
Hasil perekaman film Full HD
Sensor Auto Focus Fast Hybrid AF
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik tipe 0,5″ (berwarna)
Fitur stabilisasi gambar Tidak didukung
Fitur layar sentuh Belum tersedia
Tipe Monitor LCD TFT tipe 3.0″

4. Sony Mirrorless α6500

4. Sony Mirrorless α6500

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.999.000

Kemampuan merekam video 4K dengan badan kamera yang ringan dan compact

Ukuran yang ramping dan dukungan format video 4K membuat kamera ini cocok digunakan bagi wanita dan para videographer. Fungsi layar sentuhnya membuat Anda dapat berpindah titik fokus secara cepat. Fitur deteksi wajah otomatis pun sangat membantu Anda dalam proses pengambilan gambar bergerak.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Sensor CMOS Exmor tipe APS-C
Sensitivitas ISO ISO 50-25600
Ukuran bodi kamera Sekitar 120mm x 66,9mm x 53,3mm
Berat kamera Sekitar 453 g
Jumlah piksel Sekitar 24,2 megapiksel
Hasil perekaman film 4K
Sensor Auto Focus Fast Hybrid AF
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik 1,0 cm (warna), XGA OLED
Fitur stabilisasi gambar Stabilisasi gambar optik 5 poros
Fitur layar sentuh Tersedia
Tipe Monitor 7,5cm (tipe 3.0) tipe lebar TFT

3. Sony Mirrorless α6300

3. Sony Mirrorless α6300

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.763.725

Mudah digunakan untuk Anda yang berprofesi sebagai film maker

Kamera ini relatif lebih ramping dibandingkan kamera full-frame Sony, cocok digunakan bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer olahraga, kehidupan hewan liar, ataupun jalanan. Tak hanya itu, Sony α6300 memiliki fitur colour grading yang memudahkan Anda dalam mengolah warna video bergaya cinematic.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Tipe APS-C sensor Exmor CMOS
Sensitivitas ISO ISO 50-51200
Ukuran bodi kamera Sekitar 120 x 66,9 x 48,8 mm
Berat kamera Sekitar 361 g (bodi saja)/sekitar 404 g (dengan baterai)
Jumlah piksel Sekitar 24,2 megapiksel
Hasil perekaman film 4K
Sensor Auto Focus Fast Hybrid AF
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik 1,0 cm (warna), XGA OLED
Fitur stabilisasi gambar Tidak didukung
Fitur layar sentuh Belum tersedia
Tipe Monitor 7,5cm (tipe 3.0) tipe lebar TFT

2. Sony Mirrorless α6000

2. Sony Mirrorless α6000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.499.000

Cocok untuk pemula dengan anggaran yang terbatas!

Dengan jumlah piksel yang cukup besar dan sensitivitas ISO yang tinggi, kamera ini direkomendasikan untuk Anda yang baru belajar tentang dunia fotografi. Terlepas dari harga yang cukup terjangkau, kamera ini memiliki keunggulan autofokus yang sangat cepat dan bodi yang ringan.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Tipe APS-C
Sensitivitas ISO ISO 100-25600
Ukuran bodi kamera 120 x 66,9 x 45,1 mm
Berat kamera 285 g (bodi saja)/344 g (dengan baterai)
Jumlah piksel 24,3 megapiksel
Hasil perekaman film Full HD
Sensor Auto Focus Fast Hybrid AF
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik tipe 0.39″ (warna)
Fitur stabilisasi gambar Tidak didukung
Fitur layar sentuh Belum tersedia
Tipe Monitor LCD TFT tipe lebar 3.0″

1. Sony Mirrorless α5100+E 16-50mm F3.5-5.6

1. Sony Mirrorless α5100+E 16-50mm F3.5-5.6

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.499.000

Kamera selfie untuk Anda yang ingin membuat vlog

Bagi Anda yang gemar membuat vlog, kamera ini cocok dimiliki. Dengan layar LCD yang dapat diputar hingga 180 derajat, Anda dapat berbicara di depan kamera dengan fokus yang baik. Fitur layar sentuhnya memudahkan Anda dalam berpindah fokus sehingga vlog yang dihasilkan tidak akan blur.

Kompatibilitas lensa Lensa E-mount Sony
Tipe sensor Tipe APS-C
Sensitivitas ISO ISO 100-25600
Ukuran bodi kamera 109,6 x 62,8 x 35,7 mm
Berat kamera 224 g (bodi saja)/283 g (dengan baterai)
Jumlah piksel 24,3 megapiksel
Hasil perekaman film Full HD
Sensor Auto Focus Fast Hybrid AF
Tipe viewfinder Jendela bidik elektronik tipe 0.39″ (warna)
Fitur stabilisasi gambar Tidak didukung
Fitur layar sentuh Tersedia
Tipe Monitor LCD TFT tipe lebar 3.0

Kesimpulan

Kamera tidak lagi dipilih berdasar usia dan spesifikasi saja. Secara khusus, Sony adalah produsen yang terus memimpin industri kamera mirrorless sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak memilihnya.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, penting untuk menyesuaikan seperti apa nantinya gambar yang akan Anda ambil. Apakah untuk pekerjaan profesional atau sekadar hobi? Tentukan segera kamera mirrorless impian Anda!