10 Rekomendasi Sepatu Terbaik untuk Bersepeda (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sepatu Terbaik untuk Bersepeda (Terbaru Tahun 2019)

Bagi Anda yang gemar bersepeda, pasti sudah pernah mendengar istilah road bike dan mountain bike. Keduanya membutuhkan jenis sepatu yang berbeda pula, misalnya sepatu jenis SPD dan SPD-SL. Setiap jenis sepatu harus diperhitungkan kecocokannya dengan pedal dan cleat yang digunakan agar performanya maksimal.

Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih sepatu untuk bersepeda, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa jenis produk sepatu beserta cara memilihnya. Kami akan memilihkan mulai dari yang modelnya sporty hingga yang santai dan kasual. Baca sampai habis supaya Anda lebih memahami sebelum membeli sepatu untuk bersepeda!

Daftar isi

Apa itu cycling shoes?

Apa itu cycling shoes?

Sepatu yang didesain khusus untuk bersepeda atau cycling shoes memiliki karakteristik unik, yakni menyatu dengan bagian pedal atau sering disebut juga clipless pedal. Sistem cycling shoes yang menyatukan antara kaki dan pedal ini bertujuan memudahkan Anda saat bersepeda jarak jauh atau memungkinkan Anda melaju dengan kecepatan tinggi pada turnamen balap sepeda.

Keuntungan dari menggunakan cycling shoes adalah lebih tidak melelahkan bagi kaki dibanding sepatu biasa. Namun, cycling shoes ini harus dilengkapi dengan pedal khusus dan cleat yang sesuai agar performanya maksimal. Di bagian akhir artikel, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai sistem pedal dan cleat untuk Anda. Perhatikan dengan baik sebelum membeli cycling shoes, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali membelinya karena setiap bagian dari cycling shoes menentukan kenyamanan Anda saat bersepeda.

Cara memilih sepatu untuk bersepeda

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih cycling shoes, misalnya berdasarkan tipenya dan karakteristik masing-masing. Simak dengan baik, ya!

Cara memilih berdasarkan jenis SPD atau SPD-SL

Ada dua jenis cycling shoes berdasarkan sistem pedalnya, yakni SPD (Shimano Pedaling Dynamics) dan SPD-SL. Sebenarnya masih ada beberapa jenis lain, tetapi kedua jenis ini merupakan yang paling terkenal dalam olahraga bersepeda. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sepatu jenis SPD dan SPD-SL.

Sepatu SPD bisa digunakan untuk sehari-hari atau ke sekolah

Sepatu SPD bisa digunakan untuk sehari-hari atau ke sekolah

Sepatu jenis SPD umumnya digunakan untuk sepeda jenis mountain bike karena desain sol sepatunya yang memungkinkan untuk digunakan pada jalanan pegunungan. Selain itu, desain bagian cleat-nya lebih kecil dan tidak terlalu mengikat seperti pada jenis SPD-SL. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya untuk sehari-hari seperti sepatu biasa. Desain cleat yang compact, tetapi tidak terlalu mengikat, membuat sepatu ini mudah dilepas-pasang dari pedal sehingga lebih mudah digunakan bagi pemula yang baru belajar menggunakan sepatu jenis clipless pedal.

Untuk meningkatkan kenyamanan konsumen, belakangan ini mulai dipasarkan cycling shoes jenis SPD dengan desain kasual sehingga bisa digunakan untuk pergi atau ke sekolah. Desain seperti ini sangat cocok bagi Anda yang berniat pergi ke sekolah menggunakan sepeda.

Kekurangan dari sepatu SPD dibanding tipe SPD-SL yang digunakan untuk road bike adalah lebih berat dan lebih melelahkan bagi kaki jika digunakan untuk bersepeda jarak jauh. Selain itu, karena ikatan antara sepatu dengan cleat-nya lebih lemah dibanding tipe SPD-SL, Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya karena bisa sewaktu-waktu terlepas. Sepatu SPD tidak kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin bersepeda jarak jauh atau ingin mengikuti balap sepeda.

Pilih sepatu SPD-SL untuk bersepeda jarak jauh dan balap sepeda

Pilih sepatu SPD-SL untuk bersepeda jarak jauh dan balap sepeda

Sebenarnya sepatu SPD-SL didesain khusus bagi Anda yang ingin mengikuti lomba balap sepeda tingkat internasional, seperti Tour de France. Namun, sepatu ini juga bisa digunakan bagi pengguna road bike dan Anda yang mementingkan kecepatan saat mengendarai sepeda.

Hal yang paling menonjol dari sepatu SPD-SL adalah bobotnya yang ringan. Bila dibandingkan dengan sepatu SPD pada kisaran harga yang sama dan bermerek sama, bedanya bisa sekitar 100-200 gram pada masing-masing kaki. Selain itu, solnya sangat keras sehingga Anda bisa memaksimalkan tenaga kayuhan pada pedal.

Dari segi ikatan cleat-nya, sepatu SPD-SL ikatannya lebih kuat daripada sepatu SPD sehingga Anda bisa mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi. Tipe ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang serius menggeluti hobi bersepeda, seperti bersepeda jarak jauh dan mengikuti perlombaan balap sepeda.

Namun, ada beberapa kekurangan dari sepatu SPD-SL ini, misalnya desain cleat-nya lebih besar ketimbang sepatu SPD sehingga Anda akan kesulitan saat menuntun sepeda. Bisa dibayangkan seperti Anda menggunakan sepatu hak, tetapi bagian haknya berada di bagian depan sepatu. Jika Anda ingin berpindah ke tempat yang lain dengan menuntun sepeda, Anda perlu membawa sepatu sneakers tambahan. Karena itu, sepatu SPD-SL ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang ingin town riding.

Cara memilih cycling shoes berdasarkan cara pengencangannya

Setelah mengetahui jenis sepatu SPD dan SPD-SL, kini kami akan membahas jenis sepatu berdasarkan cara mengencangkan dan melepaskannya. Secara umum ada tiga jenis cycling shoes berdasarkan cara pengencangannya, yakni tipe belt, tipe dial up, dan tipe tali. Mari bahas satu per satu!

Tipe belt yang merupakan sepatu paling umum dan modelnya bervariasi

Tipe belt yang merupakan sepatu paling umum dan modelnya bervariasi

Cycling shoes tipe belt merupakan sepatu yang sistem pengencangannya seperti saat menggunakan ikat pinggang. Setelah dikencangkan dengan cara ditarik, kuatkan lagi ikatannya dengan cara merekatkannya pada velcro. Banyak produsen memasarkan sepatu tipe ini, baik yang berjenis SPD maupun SPD-SL. Di antara ketiga jenis sepatu, jenis belt inilah yang paling banyak dipasarkan dan paling bervariasi modelnya. Dengan alasan tersebut, Anda lebih memiliki banyak pilihan dan harganya relatif lebih terjangkau.

Dengan sistem pengencangan seperti ini, kaki Anda lebih tidak mudah sakit karena tingkat kekencangannya dapat Anda atur sendiri. Namun, kekurangannya adalah saat digunakan sepatu tipe belt ini bisa sedikit mengendur dengan sendirinya karena dipengaruhi gerakan serta bentuk kaki penggunanya. Hal tersebut juga dapat menyebabkan sepatu Anda terasa tidak pas karena ukuran kaki yang tidak sesuai dengan kekencangan pemasangan sepatu.

Tipe dial up yang mudah dilepaskan dan cocok untuk balap sepeda

Tipe dial up yang mudah dilepaskan dan cocok untuk balap sepeda

Belakangan, kehadiran sepatu tipe dial up mulai menggantikan kepopuleran sepatu tipe belt. Sebenarnya, sepatu dial up ini dijual khusus untuk tipe SPD-SL serta bisa dikencangkan dengan cara memutar panelnya.

Tingkat kekencangan ikatannya sangat mudah disesuaikan, bahkan dengan sepatu tipe dial up ini Anda bisa mengencangkannya saat sedang bersepeda. Sepatu jenis ini lebih merupakan jenis sepatu model high-end yang digunakan para atlet sepeda.

Dari segi kekurangannya, sepatu ini menggunakan bahan kawat khusus sehingga akan menyakiti kaki bila dikencangkan terlalu kuat. Selain itu, sepatu ini tidak bisa diatur tingkat kekencangan pada masing-masing bagiannya seperti pada sepatu bertipe belt. Biasanya panel dial up-nya berjumlah satu atau dua sehingga Anda mungkin akan kesulitan mengencangkan hanya bagian tertentu yang Anda inginkan.

Tipe tali yang highly fashionable dan bisa digunakan sehari-hari

Tipe tali yang highly fashionable dan bisa digunakan sehari-hari

Tipe sepatu kasual yang menggunakan tali untuk pengencangannya ini biasa bertipe SPD. Belakangan, sepatu SPD-SL juga mengeluarkan produk sepatu high-end dengan desain kasual yang dikencangkan dengan tali, tetapi penjualannya masih terbatas.

Keuntungan menggunakan sepatu ini adalah tingkat kekencangan ikatannya bisa diatur dengan mudah sesuai kenyamanan Anda. Lebih jauh lagi, karena dikencangkannya menggunakan tali sepatu biasa, sangat kecil kemungkinannya kaki Anda akan sakit akibat dipasang terlalu kencang. Desainnya yang seperti sneakers kasual juga cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan desain cycling shoes pada umumnya.

Di sisi lain, para pemula mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengetahui tingkat kekencangan yang pas dan ada risiko tali tersangkut saat Anda sedang bersepeda. Saat Anda membeli sepatu jenis ini, pastikan juga Anda bisa merapikan talinya agar tidak mudah terlepas.

10 Rekomendasi sepatu terbaik untuk bersepeda

Setelah memahami cara memilihnya, mari simak beberapa rekomendasi produk yang sudah kami pilihkan untuk Anda. Lihat dari segi kualitas, desain, spesifikasi, dan harganya. Semoga bisa Anda jadikan referensi, ya!

10. Sidi MTB SD15

10. Sidi MTB SD15

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.430.000

Fitur Tallone Sidi Heel bikin pijakan kaki lebih optimal dan mengurangi risiko cedera

Sidi MTB SD15 terkenal dengan desainnya yang bisa membuat Anda bersepeda di gunung dalam waktu yang lama dan tetap nyaman, baik saat di atas sepeda maupun saat menuntun sepeda. Salah satu penyebabnya adalah desain bagian tumit yang lebih kuat dan nyaman di kaki, disebut juga Tallone Sidi Heel.

Selain membuat pijakan kaki lebih optimal sehingga bisa berlama-lama saat jalan, fitur ini juga mengurangi risiko cedera akibat tekanan jangka panjang pada kaki. Bahan outdoor sole-nya juga sangat lentur dan kuat sehingga Anda bisa berlama-lama di sepeda Anda. Cocok untuk bikepacking ke alam bebas!

Penggunaan terbaik Mountain bike
Upper material Politex suede effect & mesh
Outsole Outdoor sole
Tipe SPD
Cara pengencangan Dial up
Bobot per sepatu Tidak disebutkan

9. DZR Jetlag Nero

9. DZR Jetlag Nero

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.450.000

Cycling shoes tipe kasual yang keren dan fashionable, andalan para lazy cyclist!

Salah satu pelopor sepatu untuk bersepeda yang bisa digunakan sebagai sneakers juga adalah DZR Jetlag Nero ini. Dengan teknologi Variable Flex Shank, sepatu ini kuat saat dipakai mengayuh sepeda dan saat dipakai berjalan pun tetap terasa fleksibel.

Sepatu ini sangat direkomendasikan untuk para lazy cyclist, orang-orang yang hanya bersepeda dalam jarak dekat, atau sekadar menghindari jalan kaki. Hal itu disebabkan desainnya yang sangat keren, fashionable, dan tidak terlihat seperti sepatu untuk bersepeda pada umumnya.

Penggunaan terbaik All day riding
Upper material Tidak disebutkan
Outsole Natural gum rubber sole
Tipe SPD
Cara pengencangan Belt
Bobot per sepatu Tidak disebutkan

8. Shimano SH-ME301

8. Shimano SH-ME301

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.080.000

Utamakan kenyaman di kaki dengan bahan breathable dan fitur reverse buckle

Produk ini merupakan sepatu mountain bike, tetapi tak jarang ada yang menggunakannya di jalanan beraspal karena outsole-nya bisa digunakan untuk segala jenis medan. Keunggulan sepatu ini adalah kenyamanan lebih di kaki saat digunakan karena bahan upper sole-nya terbuat dari synthetic leather dengan breathability tinggi.

Selain kaki tidak pengap karena bahannya breathable, sepatu ini juga menggunakan reverse buckle dan dua strap velcro yang bisa Anda atur dengan lebih leluasa agar pas di kaki. Bila Anda mencari sepatu bersepeda jenis mountain bike yang nyaman, Anda bisa mencoba menggunakan sepatu ini.

Penggunaan terbaik Mountain bike
Upper material High density synthetic leather
Outsole Lightweight rubber outsole
Tipe SPD
Cara pengencangan Belt
Bobot per sepatu 343 gr (ukuran 42)

7. Specialized 2FO ClipLite Mountain Bike Shoes

7. Specialized 2FO ClipLite Mountain Bike Shoes

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.410.000

Perpaduan yang sempurna antara flat shoes dan racing shoes

Sepatu ini memberikan kenyamanan yang maksimal saat Anda berada di atas sepeda maupun saat menuntun sepeda. Apalagi, bobotnya ringan dan desainnya pun modern. Tak heran sepatu ini disebut sangat sempurna untuk dipakai enduro racing atau trail, tetapi tetap fashionable saat digunakan untuk berjalan.

Di sisi kenyamanan, sepatu ini memiliki fitur Body Geometry pada desain sol-nya. Fitur ini dapat meningkatkan kekuatan dan efisiensi saat mengayuh serta mengurangi risiko cedera. Selain itu, sepatu ini bisa dengan mudah dimasukkan dan dikeluarkan dari cleat-nya sehingga Anda bisa lebih fokus balapan.

Penggunaan terbaik Mountain bike, enduro racing, & trail riding
Upper material Smooth thermobonded upper
Outsole SlipNot™ rubber sole
Tipe SPD
Cara pengencangan Dial up
Bobot per sepatu 379 gr (ukuran 42)

6. Five Ten Freerider Contact

6. Five Ten Freerider Contact

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.575.000

Aman untuk kaki, enak pula dilihat mata!

Untuk Anda yang baru menekuni hobi bersepeda dan ingin rutin bersepeda setiap hari, sepatu ini cocok untuk Anda. Desainnya yang menarik dan modern membuat Anda tidak bosan, justru makin semangat mengayuh sepeda Anda. Dari segi keamanan, outsole sepeda ini sangat kaku sehingga lebih aman untuk kaki Anda dan tidak mudah rusak.

Sepeda ini tidak bisa disambungkan dengan cleat dan clipless pedal model SPD atau pun SPD-SL karena bagian bawah solnya datar seperti sepatu kasual biasa. Jadi, memang sepatu ini lebih pas digunakan untuk bersepeda sehari-hari daripada untuk mountain bike atau balapan.

Penggunaan terbaik All day riding
Upper material Abrasion resistant textile & synthetic upper
Outsole Contact Outsole™ with Stealth® Mi6™ rubber
Tipe Tidak disebutkan
Cara pengencangan Tali
Bobot per sepatu 387 gr (ukuran 42)

5. Giro Rumble VR

5. Giro Rumble VR

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.583.000

Kualitas terjamin karena menggunakan sol berbahan Vibram

Dengan menggunakan outsole berbahan Vibram yang sudah terkenal kualitasnya, produk ini bisa diandalkan untuk kondisi medan basah maupun kering, kenyamanan yang maksimal saat digunakan, serta tidak mudah rusak. Sepatu ini sebenarnya bisa digunakan untuk mountain bike, tetapi lebih disarankan untuk penggunaan sehari-hari di jalanan beraspal.

Desainnya yang kasual dan warnanya yang juga simpel membuat produk ini cocok Anda bawa ke sekolah atau kampus bagi Anda yang ingin mencoba bike to school. Sepatu ini menggunakan tali untuk mengencangkannya sehingga lebih terkesan sebagai sepatu untuk sehari-hari dibanding sepatu olahraga.

Penggunaan terbaik All day riding
Upper material Breathable synthetic and mesh, laced closer
Outsole Vibram rubber outsole
Tipe SPD
Cara pengencangan Tali
Bobot per sepatu 425 gr (ukuran 42)

4. Shimano S-Phyre SH-RC901

4. Shimano S-Phyre SH-RC901

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.500.000

Road bike super stylish dengan performa juara

Shimano S-Phyre RC9 memiliki desain yang sangat stylish, yakni bagian upper dan outsole-nya terintegrasi, serta dilengkapi lubang-lubang yang memastikan sirkulasi udara di dalam sepatu berjalan lancar. Desain yang breathable tersebut membuat sepatu ini sangat nyaman saat dipakai balapan di cuaca panas yang pengap dan juga cuaca hujan.

Produk ini juga terkenal dengan bobotnya yang super ringan dan sangat nyaman saat dipakai. Anda tidak akan kesulitan saat menyesuaikan sepatu ini agar pas dan nyaman untuk dipakai. Untuk Anda yang ingin performa maksimal saat balapan, baik di cuaca panas maupun hujan, cobalah menggunakan produk ini.

Penggunaan terbaik Road bike
Upper material Microfiber synthetic leather
Outsole Ultra-rigid hollow sole
Tipe SPD-SL
Cara pengencangan Dial up
Bobot per sepatu 243 gr (ukuran 42)

3. Giro Apeckz II

3. Giro Apeckz II

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.300.000

EVA footbed-nya bikin jadi antimikroba dan tidak menyebabkan bau

Bila Anda khawatir penggunaan cycling shoes dalam waktu lama akan menyebabkan kaki Anda berbau, sepatu ini akan sangat cocok untuk Anda. Sebab sepatu ini terbuat dari bahan mesh yang breathable dan mengurangi udara panas dalam sepatu sehingga kaki Anda lebih nyaman.

Selain itu, bahan EVA footbed-nya membuat kaki Anda lebih sehat karena bahan tersebut dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap di dalam sepatu. Meskipun desainnya bergaya klasik, sepatu ini tetap bagus digunakan oleh segala kalangan.

Penggunaan terbaik Road bike
Upper material Welded & bonded mesh upper
Outsole DuPont Zytel Sole
Tipe SPD-SL
Cara pengencangan Belt
Bobot per sepatu 275 gr (ukuran 42,5)

2. Shimano RC7

2. Shimano RC7

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.500.000

Sepatu khusus untuk kompetisi balap sepeda!

Bagi Anda yang serius menggeluti dunia sepeda dan ingin mulai mencoba ikut balap sepeda, sepatu ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Shimano RC7 memiliki bentuk sepatu yang sangat kuat, tetapi tetap ringan. Hal ini membantu Anda untuk bisa mengayuh sepeda lebih cepat.

Selain itu, teknologi Shimano Dynalast membuat pergerakan kaki Anda saat mengayuh pedal lebih efisien dan hemat energi. Tentunya akan sangat membantu untuk kompetisi atau bersepeda jarak jauh, Anda tidak cepat lelah dan masih ada energi yang cukup saat melakukan final sprint menuju garis finish.

Penggunaan terbaik Road bike competition
Upper material High-density synthetic leather
Outsole Carbon fiber composite sole
Tipe SPD-SL
Cara pengencangan Dial up
Bobot per sepatu 245 gr (ukuran 42)

1. Fizik Road R4B Uomo

1. Fizik Road R4B Uomo

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini Bukalapak

Harga : Rp 2.698.000

Meningkatkan kenyamanan bersepeda dengan upper berbahan microtex

Sepatu ini mengedepankan kenyamanan, bobot yang ringan, serta desain yang aerodinamis. Bahan upper berupa microtex yang berbobot ringan mampu meningkatkan kenyamanan Anda saat menggunakannya. Selain itu, bahan upper-nya mampu menyesuaikan suhu di dalam sepatu sehingga kaki Anda tetap nyaman saat bersepeda jarak jauh.

Bahan outsole-nya berupa serat karbon, dan desainnya aerodinamis. Meskipun membuat bentuknya menjadi lebih kaku, nyatanya outsole seperti ini mampu meningkatkan efisiensi penggunaan energi Anda saat mengayuh sepeda. Sepatu ini cocok untuk road bike, baik balapan atau bersepeda jarak jauh.

Penggunaan terbaik Road bike
Upper material Microtex laser perforated
Outsole Injected Carbon Vented
Tipe SPD-SL
Cara pengencangan Dial up
Bobot per sepatu 254 gr (ukuran 42,5)

Komponen lain pelengkap cycling shoes

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, cycling shoes harus dilengkapi dengan beberapa komponen lain agar bisa dipakai, yakni clipless pedal dan cleat. Kami akan membahas keduanya di bawah ini!

Clipless pedal, merupakan sistem pedal modern

Clipless pedal, merupakan sistem pedal modern

Cycling shoes tidak bisa digunakan pada pedal biasa, melainkan harus menggunakan pedal khusus untuk mengaitkannya yang dikenal juga dengan clipless pedal. Ada dua jenis tipe clipless pedal, yakni SPD dan SPD-SL. Jadi, pilihlah yang cocok dengan sepatu Anda.

Saat memilih clipless pedal, Anda harus memilih produk yang cocok dengan sepatu dan cleat-nya. Jadi, berhubung Anda tidak akan bisa memakainya bila tidak cocok, pastikan kesesuaiannya satu sama lain sebelum membeli, ya!

Cleat, bagian yang disambungkan di bawah sepatu Anda

Cleat, bagian yang disambungkan di bawah sepatu Anda

Cleat adalah bagian yang disambungkan dengan cycling shoes Anda agar bisa terikat dengan bagian pedal. Ada dua jenis cleat, yakni cleat SPD dan cleat SPD-SL. Cleat SPD belum tentu kompatibel dengan pedal SPD-SL, begitu juga sebaliknya.

Ada beberapa perbedaan pada setiap merek dan bisa jadi cleat tersebut tidak cocok dengan cycling shoes yang sudah Anda beli. Jadi, sebelum membeli pastikan dulu kalau keduanya cocok.

Baca juga rekomendasi cycling cap di sini

Setelah menemukan sepatu yang cocok, Anda juga bisa menambahkan cycling cap atau topi untuk bersepeda sebagai pelengkap aksesori Anda. Tentu saja fungsinya tidak hanya sebagai aksesori, melainkan berguna juga untuk menahan keringat dan melindungi kepala Anda dari sengatan matahari. Bila Anda ingin membacanya lebih jauh, silakan simak artikel berikut ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel dari kami, apakah Anda sudah mendapatkan produk yang kira-kira tepat untuk Anda? Bagi pemula, sebaiknya menggunakan sepatu tipe mountain bike atau SPD terlebih dahulu.

Selain desainnya yang lebih kasual, sepatu tipe ini juga lebih aman untuk pemula. Namun, untuk Anda yang ingin mencari sepatu untuk balapan atau bersepeda jarak jauh, pilihlah tipe road bike atau SPD-SL. Mari bersepeda dengan nyaman menggunakan sepatu favorit Anda!