• 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Penggemar sepeda pasti sudah pernah mendengar istilah road bike dan mountain bike. Kedua tipe sepeda ini membutuhkan jenis sepatu yang berbeda, misalnya sepatu jenis SPD dan SPD-SL. Jenis-jenis sepatu tersebut juga perlu disesuaikan dengan pedal dan cleat yang digunakan agar performanya maksimal.

Tidak perlu khawatir jika Anda masih bingung dengan cara memilih sepatu bersepeda. Kami akan memberikan tipsnya untuk Anda sekaligus merekomendasikan merek sepatu bersepeda terbaik untuk pria. Berbagai merek sepatu yang bagus, seperti Decathlon, Shimano, dan Avelio ada di sini. Jadi, jangan lewatkan artikel kami, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Nasirullah Sitam
Anna Fardiana
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu cycling shoes?

Apa itu cycling shoes?
Sepatu sepeda atau cycling shoes memiliki karakteristik unik karena menyatu dengan bagian pedal atau disebut juga clipless pedal. Sistem cycling shoes yang menyatukan antara kaki dan pedal ini bertujuan memudahkan Anda saat bersepeda jarak jauh. Selain itu, sepatu ini juga memungkinkan Anda melaju dengan kecepatan tinggi saat mengikuti turnamen balap sepeda.

Manfaat lain dari menggunakan cycling shoes, di antaranya: 

  • Kaki berada pada posisi yang tepat dan nyaman
  • Kaki tidak mudah tergelincir
  • Tenaga dan kayuhan kaki menjadi lebih efisien

Namun, agar performa makin maksimal, sepatu gowes harus dilengkapi dengan pedal khusus dan cleat yang sesuai. Di bagian akhir artikel, kami juga akan menjelaskan mengenai pedal dan cleat untuk Anda. Jadi, jangan lewatkan pembahasan menarik ini, ya!

Cara memilih sepatu bersepeda untuk bersepeda

Sepatu bersepeda yang dijual di pasaran tersedia dalam tipe sepatu dan pengikat yang berbeda-beda. Karena itu, mari kenali karakteristik dan kelebihannya masing-masing sebelum memutuskan pilihan.

Gunakan sepatu yang sesuai dengan jenis sepeda

Supaya performa bersepeda makin maksimal, pilihlah sepatu gowes yang sesuai dengan tipe sepeda yang akan Anda gunakan. Yuk, langsung simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui informasinya secara lengkap.

Sol yang lebih kaku untuk road bike

Sol yang lebih kaku untuk road bike

Sepatu untuk road bike memiliki desain sol yang kaku dan padat. Desain ini bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi tenaga saat hendak mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi. Namun, sepatu ini cukup menyulitkan ketika dipakai berjalan.


Selain sol, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat ingin membeli sepatu road bike adalah jumlah cleat pada pedal. Sebagai informasi, sepatu road bike umumnya memiliki tiga lubang cleat untuk dikaitkan pada clipless. Nah, pastikan jumlah lubang cleat pada sepatu Anda sesuai dengan jumlah cleat pada pedal sepeda, ya.

Sol yang kuat untuk mountain bike

Sol yang kuat untuk mountain bike

Sepatu khusus untuk mountain bike didesain dengan material yang kuat dan sol yang lebih solid. Desain sepatu gowes ini dapat mencengkeram pedal dengan lebih kuat. Dengan begitu, sepatu mountain bike akan memaksimalkan performa Anda saat bersepeda di medan yang ekstrem.


Saat memilih sepatu mountain bike, jangan lupa untuk memperhatikan tipe pedal Anda. Apakah pedal Anda tipe flat atau clipless pedal? Sepatu untuk pedal flat biasanya digunakan untuk all-mountain, downhill, dan free ride. Sementara itu, sepatu untuk pedal clipless memiliki cleat yang terpasang pada sol.

Tentukan berdasarkan jenisnya, SPD atau SPD-SL

Berdasarkan tipe pedal yang digunakan, sepatu gowes pria dibagi menjadi dua jenis, yakni SDP (Shimano Pedaling Dynamics) dan SPD-SL (Shimano Pedaling Dynamics Super Light). Kedua jenis sepatu ini merupakan model yang umum dan mudah didapat di pasaran. Mari simak perbedaan kedua cycling shoes ini, yuk!

Sepatu SPD, untuk penggunaan sehari-hari dan bersepeda di gunung

Sepatu SPD, untuk penggunaan sehari-hari dan bersepeda di gunung

Sepatu SPD dirancang dengan bagian cleat yang lebih kecil dan tidak terlalu mengikat. Itu sebabnya sepatu SPD relatif mudah digunakan dan dilepas-pasang, bahkan oleh pesepeda pemula. Anda juga bisa menggunakannya untuk berjalan dengan leluasa, lho. Tak heran saat ini banyak sepatu SPD yang hadir dengan desain kasual agar dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.


Namun, sepatu gowes SPD umumnya memiliki bobot lebih berat dibandingkan SPD-SL. Jadi, sepatu gowes ini kurang disarankan untuk pesepeda jarak jauh, terlebih untuk pembalap sepeda. Pasalnya, selain lebih melelahkan, sepatu jenis ini juga mudah lepas.

Sepatu SPD-SL, untuk balap sepeda atau penggunaan jarak jauh

Sepatu SPD-SL, untuk balap sepeda atau penggunaan jarak jauh

SPD-SL merupakan sepatu bersepeda yang didesain dengan bobot yang ringan. Bagian sol sepatu SPD-SL lebih keras dan terpasang lebih kuat pada pedal. Dengan desain semacam ini, sepatu SPD-SL direkomendasikan untuk pesepeda profesional, seperti atlet.


Sepatu gowes SPD-SL memang sangat pas untuk aktivitas bersepeda jarak jauh dan kecepatan tinggi. Namun, sepatu ini akan sedikit menyulitkan Anda ketika naik dan turun dari sepeda atau berjalan. Jadi, sebaiknya Anda membawa sepatu cadangan jika Anda sekaligus ingin berjalan-jalan selepas bersepeda, ya.

Tentukan cycling shoes berdasarkan pengikatnya

Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih cycling shoes pria berdasarkan jenis pengikatnya. Manakah yang paling sesuai untuk Anda? Mari simak pemaparannya berikut ini.

Tipe belt, model sepatu paling umum dengan variasi yang beragam

Tipe belt, model sepatu paling umum dengan variasi yang beragam

Cycling shoes tipe belt merupakan sepatu yang sistem pengencangannya dibuat seperti saat menggunakan ikat pinggang. Setelah dikencangkan dengan cara ditarik, ikatannya diperkuat lagi dengan direkatkan pada velcro. Sepatu tipe ini biasanya dilengkapi dengan dua hingga tiga sabuk sebagai pengikat. Itu sebabnya sepatu dengan belt sangat mudah disesuaikan dengan kaki Anda.


Namun, kekuatan belt sepatu ini bisa sedikit mengendur dengan sendirinya karena dipengaruhi gerakan serta bentuk kaki pengguna. Meski begitu, sepatu dengan belt bisa dibilang sebagai sepatu yang paling populer dan mudah didapatkan di pasaran. Anda bisa menemukan sepatu ini dalam beragam model dan pilihan harga yang bisa disesuaikan dengan bujet masing-masing.. 

Tipe dial up, gampang dilepaskan dan cocok untuk balap sepeda

Tipe dial up, gampang dilepaskan dan cocok untuk balap sepeda

Berikutnya, sepatu dengan tipe dial-up yang tak kalah populer dari tipe belt. Sepatu gowes pria ini menggunakan mekanisme kancing yang bisa diputar agar bisa dikencangkan. Mekanisme sepatu seperti ini umumnya terdapat pada sepatu model high-end yang dipakai oleh pembalap sepeda.


Namun, sepatu ini pun tak lepas dari kekurangan, ya. Jika dipakai terlalu kencang, kaki Anda akan menjadi tidak nyaman dan sakit. Terkadang, sepatu ini hanya memiliki satu atau dua tombol setelan sehingga sedikit sulit jika Anda ingin mengatur kekencangan setengah saja.

Tipe tali, highly fashionable dan dapat dipakai sehari-hari

Tipe tali, highly fashionable dan dapat dipakai sehari-hari

Tipe tali sering ditemukan pada sepatu SPD. Kelebihan dari sepatu ini adalah tingkat kekencangannya bisa diatur sesuai dengan kenyamanan Anda. Karena sistem pengencangannya menggunakan tali sepatu biasa, kecil kemungkinan kaki Anda menjadi sakit akibat dipasang terlalu kencang.


Selain itu, sepatu bertali memiliki desain yang hampir sama dengan sepatu kets sehingga memudahkan Anda dalam mencari desain yang apik. Namun, sepatu ini kurang praktis dipakai dan ada risiko tali tersangkut pada sepeda. Karena itu, jika Anda tertarik dengan sepatu bertali, lengkapi pembelian Anda dengan pengunci tali sepatu untuk mencegah tali tersangkut, ya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

CRONO MTBCX2

Mulai dari Rp 3.708.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sepatu bersepeda terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu bersepeda terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Penggunaan terbaikRoad bike, mountain bike
Upper materialSynthetic
OutsoleM250 outsole
TipeSPD-SL
Cara pengencanganBelt
Bobot per sepatuTidak disebutkan
9
Penggunaan terbaikRoad bike
Upper materialFull knit
OutsoleAerated carbon outsole
TipeSPD-SL
Cara pengencanganDial up
Bobot per sepatu225 gr (ukuran 42)
8
Penggunaan terbaikAll day riding
Upper materialBreathable synthetic and mesh, laced closer
OutsoleVibram rubber outsole
TipeSPD
Cara pengencanganTali
Bobot per sepatu425 gr (ukuran 42)
7

DecathlonTriban SPD 500

Mulai dari Rp 750.000,00

Penggunaan terbaikRoad bike
Upper materialPolyurethane
Outsole95% thermoplastic polyurethane, 5% polyamide
TipeSPD
Cara pengencanganTali
Bobot per sepatu306 gr (ukuran 8½)
6

ShimanoSepatu Sepeda

SH-RC502

Mulai dari Rp 1.675.000,00

Penggunaan terbaikRoad bike
Upper materialMesh dan synthetic leather
OutsoleTPU (cover)
TipeSPD-SL
Cara pengencanganDial up dan belt
Bobot per sepatu241 gr
5
Penggunaan terbaikMountain bike
Upper materialPolitex suede effect dan mesh
OutsoleOutdoor sole
TipeSPD
Cara pengencanganDial up
Bobot per sepatuTidak disebutkan
4

Specialized Torch 1.0 Road Shoes

Mulai dari Rp 1.900.000,00

Penggunaan terbaikRoad bike
Upper materialSynthetic
OutsoleTidak disebutkan
TipeSPD-SL
Cara pengencanganDial up
Bobot per sepatu290 gr (ukuran 42)
3

AvelioSepatu Roadbike Double Lock

Mulai dari Rp 990.000,00

Penggunaan terbaikRoad bike, mountain bike XC
Upper materialMicrofiber dan synthetic leather
OutsoleFiber reinforced nylon
TipeSPD-SL
Cara pengencanganDial up
Bobot per sepatu300 gr
2
Penggunaan terbaikRoad bike
Upper materialPVC Karet
OutsolePVC Karet
TipeTidak disebutkan
Cara pengencanganTidak disebutkan
Bobot per sepatuTidak disebutkan
1
Penggunaan terbaikRoad bike
Upper materialSynthetic leather dan mesh
OutsoleMould
TipeTidak disebutkan
Cara pengencanganBelt
Bobot per sepatuTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk sepatu bersepeda terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Aerostreet  Gowes-V Abu Emas 1

Aerostreet

2
AP Boots ALL BIKE 1

AP Boots

3
Avelio Sepatu Roadbike Double Lock  1

Avelio

4
Specialized  Torch 1.0 Road Shoes 1

Specialized

5
Sidi MTB SD15 1

Sidi

6
Shimano Sepatu Sepeda 1

Shimano

7
Decathlon Triban SPD 500 1

Decathlon

8
Giro Rumble VR 1

Giro

9
Diamant  DMT KR3 1

Diamant

10
FLR Shoes F-65 1

FLR Shoes

Nama produk

Gowes-V Abu Emas

ALL BIKE

Sepatu Roadbike Double Lock

Torch 1.0 Road Shoes

MTB SD15

Sepatu Sepeda

Triban SPD 500

Rumble VR

DMT KR3

F-65

Keunggulan

Sepatu gowes dengan harga terjangkau untuk semua kalangan

Sepatu serbaguna untuk Anda yang aktif

Kayuhan terasa ringan dengan sepatu yang lentur dan ringan

Desain yang menyelaraskan tubuh untuk mengurangi risiko cedera

Teknologi Tallone Sidi Heel yang nyaman dan mengurangi risiko cedera

Road bike super stylish dengan performa juara

Memberikan kombinasi kenyamanan berkendara dan berjalan

Kualitas terjamin karena menggunakan sol berbahan Vibram

Sepatu full knit yang ringan dan breathable

Melindungi kaki dari bebatuan di medan berat

Harga mulai dariRp 185.000,00Rp 57.900,00Rp 990.000,00Rp 1.900.000,00Rp 3.000.000,00Rp 1.675.000,00Rp 750.000,00Rp 1.400.000,00Rp 4.700.000,00Rp 1.200.000,00
Penggunaan terbaikRoad bikeRoad bikeRoad bike, mountain bike XCRoad bikeMountain bikeRoad bikeRoad bikeAll day ridingRoad bikeRoad bike, mountain bike
Upper materialSynthetic leather dan meshPVC KaretMicrofiber dan synthetic leatherSynthetic Politex suede effect dan meshMesh dan synthetic leatherPolyurethane Breathable synthetic and mesh, laced closerFull knitSynthetic
OutsoleMould PVC KaretFiber reinforced nylonTidak disebutkanOutdoor soleTPU (cover)95% thermoplastic polyurethane, 5% polyamide Vibram rubber outsoleAerated carbon outsoleM250 outsole
TipeTidak disebutkanTidak disebutkanSPD-SLSPD-SLSPDSPD-SLSPDSPDSPD-SLSPD-SL
Cara pengencanganBeltTidak disebutkanDial upDial upDial upDial up dan beltTaliTaliDial upBelt
Bobot per sepatuTidak disebutkanTidak disebutkan300 gr290 gr (ukuran 42)Tidak disebutkan241 gr306 gr (ukuran 8½)425 gr (ukuran 42)225 gr (ukuran 42)Tidak disebutkan
Tautan produk

Komponen lain pelengkap cycling shoes

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, cycling shoes harus dilengkapi dengan beberapa komponen lain agar bisa dipakai, yakni clipless pedal dan cleat. Kami akan membahas keduanya di bawah ini!

Clipless pedal, merupakan sistem pedal modern

Clipless pedal, merupakan sistem pedal modern
Cycling shoes tidak bisa digunakan pada pedal biasa, melainkan harus menggunakan pedal khusus untuk mengaitkannya yang dikenal juga dengan clipless pedal. Ada dua jenis tipe clipless pedal, yakni SPD dan SPD-SL.

Saat memilih clipless pedal, Anda harus memilih produk yang cocok dengan sepatu dan cleat-nya. Jika cleat dan sepatu Anda tidak cocok, sepatu Anda tidak akan bisa dipakai.

Cleat, bagian yang disambungkan di bawah sepatu Anda

Cleat, bagian yang disambungkan di bawah sepatu Anda
Cleat adalah bagian yang disambungkan dengan cycling shoes Anda agar bisa terikat dengan bagian pedal. Seperti halnya pedal, cleat juga terdiri dari dua macam, yaitu cleat SPD dan cleat SPD-SL.

Selain perbedaan jenis cleat, Anda juga harus mencermati merek yang hendak Anda beli. Beberapa merek terkadang memiliki desain yang berbeda satu sama lain. Jadi, pastikan dengan cermat, ya!

Baca juga rekomendasi produk bersepeda lainnya di sini

Selain rekomendasi sepatu bersepeda untuk pria terbaik, kami juga masih punya rekomendasi produk menarik lainnya. Silakan klik link di bawah ini untuk tahu beragam produk menarik lainnya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel dari kami, apakah Anda sudah mendapatkan produk yang kira-kira tepat untuk Anda? Bagi pemula, sebaiknya menggunakan sepatu tipe mountain bike atau SPD terlebih dahulu.

Selain desainnya yang lebih kasual, sepatu tipe ini juga lebih aman untuk pemula. Namun, Jika Anda ingin mencari sepatu untuk balapan atau bersepeda jarak jauh, pilihlah tipe road bike atau SPD-SL. Mari bersepeda dengan nyaman menggunakan sepatu favorit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 9 Rekomendasi Sepeda Fixie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    9 Rekomendasi Sepeda Fixie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda adalah cara yang bagus untuk beraktivitas di luar rumah dan menikmati udara segar. Untuk melakukan kegiatan tersebut tentu Anda membutuhkan sebuah sepeda. Jika Anda menyukai sepeda dengan gaya simpel, sepeda fixie adalah pilihan yang pas. Bentuknya yang ramping dan bobotnya yang ringan membuat sepeda ini banyak diminati oleh kalangan muda. Nah, agar mendapatkan produk yang tepat, Anda perlu menyimak beberapa tips yang akan kami berikan dalam artikel ini. Kami juga akan mengulas sembilan merk sepeda fixie terkeren, seperti sepeda fixie United dan Litus. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda roda tiga merupakan mainan yang mendukung perkembangan anak-anak usia balita. Merek-merek seperti IIMO, Jefferys, dan Fisher Price sudah terkenal dalam produk sepeda roda tiga. Namun, mungkin Anda masih bingung dalam memilih produk terbaik untuk anak Anda.Dari sekian banyak pertimbangan yang dilakukan saat memilih produk, ada beberapa yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah keamanan dan kenyamanan. Di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara memilih sepeda roda tiga terbaik dan juga produk rekomendasinya. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengapa Anda harus membeli balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tua-tua keladi! Mungkin itulah ungkapan yang bisa disematkan pada sepeda onthel. Sepeda ini mulai digunakan sejak zaman Hindia Belanda oleh para bangsawan saat itu. Meskipun terbilang klasik dan kuno, hingga kini peminatnya masih ada dan terus bertambah. Ingin membeli sepeda onthel pertama Anda? Untuk membantu Anda, kami akan mengulas sepeda onthel pada artikel kali ini. Merek sepeda onthel yang bagus, seperti Philips, Phoenix, Raleigh, Gazelle, Jengki, hingga Fongers akan kami bahas di sini. Cara memilih sepeda antik satu ini pun akan kami ulas untuk Anda. Simak selengkapnya di artikel ini!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori