• 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020)

Sejak kecil hingga masa tuanya, anjing juga membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika mengandung laktosa yang tidak bisa dicerna oleh anjing sehingga menyebabkan diare. Anda kebingungan mencari susu untuk anjing Anda?

Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari produk dalam negeri hingga produk impor seperti Royal Canin, Ameri Pro, atau pun susu kambing. Pada kesempatan ini kami akan memaparkan cara memilih susu untuk anjing dan beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari susu untuk anjing yang baru lahir hingga untuk semua usia. Silakan menyimak artikel berikut ini!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 5.289 Views
Daftar isi

Apakah anjing perlu untuk minum susu?

Apakah anjing perlu untuk minum susu?
Meskipun sering disebutkan bahwa anjing juga memerlukan susu, sebagian dari Anda yang memelihara anjing belum tentu memedulikan hal ini. Sebagian besar dari Anda hanya memberikan susu pada saat anjing baru lahir atau masih kecil, setelah itu mungkin Anda tidak pernah memberikannya lagi.
Faktanya, susu mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh anjing. Susu berguna untuk menjaga kesehatan bagi anjing dewasa, serta meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga kebugaran fisik bagi anjing yang sudah mulai menua. Penyajiannya pun sangat mudah, Anda cukup menambahkannya pada makanan anjing sehari-hari.
Bahkan susu dapat membantu meningkatkan nafsu makan untuk anjing yang kehilangan nafsu makannya karena pergantian musim. Selain itu, susu juga sangat penting dikonsumsi sebagai pelengkap gizi dan membantu anjing tetap terhidrasi dengan baik pasca mengalami sakit. Jadi, manfaat susu bagi anjing peliharaan Anda sangat penting.

Cara memilih susu untuk anjing

Susu untuk anjing direkomendasikan karena kandungan nutrisinya. Bagi Anda yang belum pernah memberikan susu pada anjing Anda, perlu berhati-hati agar tidak salah memilih produk dan kehilangan nutrisi yang seharusnya dibutuhkan oleh anjing Anda. Oleh karena itu, mari simak beberapa tips berikut ini.

Pilihlah berdasarkan tahapan usianya

Pilihlah berdasarkan tahapan usianya
Seperti halnya pada manusia, kebutuhan nutrisi pada anjing berubah seiring dengan pertambahan usianya. Jadi, penting untuk memilih susu untuk anjing yang sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembangnya. Contoh, untuk anak anjing yang sedang dalam masa pertumbuhan diperlukan susu yang tinggi protein dan lemak, sedangkan untuk anjing dewasa dan yang berusia lanjut disarankan susu yang tidak membebani pencernaan mereka.
Namun, ada beberapa jenis susu yang dapat diberikan untuk anjing pada semua tahapan usia. Susu seperti ini sangat cocok bagi mereka yang memelihara banyak anjing dengan beragam usia. Bahkan ada beberapa anjing yang hanya mau minum susu merek tertentu saja sepanjang hidupnya.

Pilihlah produk dengan bahan yang sesuai kondisi kesehatan anjing

Pilihlah produk dengan bahan yang sesuai kondisi kesehatan anjing
Susu untuk anjing jenisnya beragam, mulai dari susu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anjing sampai susu dengan kandungan lemak yang seimbang agar bentuk tubuh anjingnya tetap terjaga. Jadi, amat penting untuk memilih susu berdasarkan kondisi kesehatan anjing yang Anda inginkan.
Bagi anjing yang baru sembuh dari sakit, sangat disarankan mengonsumsi susu dengan kandungan mineral dan elektrolit yang mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Namun, satu hal yang berlaku secara umum adalah jangan berikan susu dengan pewarna atau perasa buatan pada anjing Anda.

Pilihlah berdasarkan jenis susu yang paling disukai anjing Anda

Pilihlah berdasarkan jenis susu yang paling disukai anjing Anda
Susu untuk anjing ada dua jenis, yakni jenis cair dan jenis bubuk. Susu jenis cair bisa langsung diberikan pada anjing Anda, sedangkan susu jenis bubuk harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada anjing Anda.
Pada dasarnya, Anda dapat memilih berdasarkan mana yang lebih mudah bagi Anda atau mana yang lebih disukai oleh anjing Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa semakin lama Anda menyimpannya, susu jenis bubuk dapat mengalami penurunan kualitas dan bermasalah pada kebersihannya. Jadi, periksalah kembali sebelum Anda memberikannya pada anjing Anda.

Pilihlah susu dengan bahan yang bisa menguraikan laktosa

Pilihlah susu dengan bahan yang bisa menguraikan laktosa
Susu mamalia pada umumnya mengandung gula laktosa, tetapi susu anjing memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu mamalia lainnya. Saat masih kanak-kanak, anjing memiliki enzim pengurai laktosa atau disebut juga enzim lactase pada ususnya. Namun, ketika beranjak dewasa, enzim tersebut produksinya semakin berkurang. Jadi, ketika anjing dewasa minum susu dengan kadar laktosa yang tinggi, laktosanya tidak bisa terurai dengan baik sehingga menyebabkan diare dan gangguan pencernaan.
Oleh karena itu, penting bagi anjing untuk mengurangi asupan laktosa, misalnya memilih susu rendah laktosa atau susu dengan kandungan enzim pengurai laktosa. Pastikan Anda memeriksa kandungan dan deskripsi produk dengan saksama sebelum membeli. Sedikit informasi tambahan, susu kambing memiliki kadar laktosa yang sedikit sehingga aman dikonsumsi oleh anjing.

10 Rekomendasi susu terbaik untuk anjing

Berikut ini akan kami perkenalkan beberapa produk susu anjing terbaik. Selamat menemukan produk yang tepat untuk anjing Anda!
KemasanBoks 300 gram (isi 10 sachet)
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing, indukan menyusui, anjing sakit atau tua
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein (33%), lemak (39%), kalsium (1,1%), kadar abu (6%), laktosa (18,5%), dan lain-lain
KemasanSachet isi 150 ml
JenisCair
PeruntukanSegala usia
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiYucca extract, taurin, kolostrum, serat, vitamin, dan mineral
KemasanKaleng isi 340 gram
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing baru lahir sampai usia 6 minggu, anjing sakit atau dalam masa pemulihan
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein kasar (33%), lemak kasar (40%), kelembapan (5%), vegetable oil, kasein, dan bakteri probiotik (130.000 CFU/gram).
KemasanKaleng isi 200 gram
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing, indukan yang sedang mengandung atau menyusui
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein kasar (29%), lemak kasar (28%), serat (0,5%), kelembapan (5%), dan bakteri probiotik (130.000 CFU/gram)
KemasanKaleng isi 400 gram
JenisBubuk
PeruntukanSemua tahapan usia
Sumber susuKambing
Kandungan nutrisiProtein dan kalsium
KemasanKaleng isi 300 gram
JenisBubuk
PeruntukanSemua tahapan usia
Sumber susuKambing
Kandungan nutrisiProtein (24 gr), lemak (13,9 gr), karbohidrat (46 gr), AA (1,8 mg), DHA (18 mg), dan lain-lain
KemasanBotol isi 380 ml
JenisCair
PeruntukanSemua tahapan usia
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiTaurin, kalsium, omega-3 fats, vitamin E, beta karoten, conjugated linoleic acid (CLA), dan lain-lain
KemasanKarton/kardus isi 300 gram
JenisBubuk
PeruntukanAnjing yang tidak nafsu makan atau anjing yang terlalu kurus
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein susu, lemak hewani, minyak kedelai, minyak kopra, minyak ikan, dan lain-lain
KemasanKontainer isi 500 gram
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing 5-52 minggu, indukan yang hamil atau menyusui, serta anjing yang sedang sakit.
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein kasar (24%), lemak dan minyak (24%), kadar abu (7%), kelembapan (3,5%), kalsium (0,86%), dan lain-lain
KemasanKaleng isi 2 kg
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing 0-8 minggu
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein susu (33%), lemak hewani (39%), DHA (1gr/kg), whey protein, minyak kopra, minyak kedelai, minyak ikan, mineral. frukto-oligosakarida, dan lain-lain.

Kesimpulan

Ada beragam jenis susu untuk anjing. Apakah Anda sudah menemukan susu yang akan disukai anjing Anda? Susu bukanlah makanan utama, kecuali bagi anjing yang masih bayi. Jadi, Anda bisa memberikan susu sebagai nutrisi tambahan dan suplemen hidrasi pada anjing Anda. Silakan pilih sesuai dengan preferensi anjing Anda, baik itu susu kambing atau susu sapi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    30.553 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan kita. Selain itu, tergantung usia kucing, Anda perlu memperhatikan susu yang diberikan.Pabrik makanan hewan Whiskas, Hartz, Beaphar, Zeal, Royal Canin, dan PetAg KMR telah memproduksi susu baik cair maupun bubuk yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sepuluh susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    16.936 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    11.304 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang memelihara anjing atau kucing, tentunya Anda wajib membasmi kutunya. Tidak hanya bagi hewan, kutu adalah parasit yang merepotkan bagi manusia. Apabila didiamkan, kutu dapat berkembang biak semakin banyak. Selain dengan obat kutu yang diproduksi oleh rumah sakit hewan, ada juga obat yang dijual secara massal di pasaran. Manakah yang terbaik?Sebelum membeli, Anda harus mencari tahu dahulu produk apa yang sesuai dengan hewan peliharaan. Kali ini kami akan merekomendasikan produk pembasmi kutu dari merek ternama, seperti Hartz, Frontline, dan Revolution yang dapat dibeli di online shop. Kami akan menjelaskan pula cara memilih dan membahas kegunaan tiap produk. Mari basmi kutu di tubuh hewan kesayangan Anda secara menyeluruh!
    Perawatan hewan
    11.564 Views
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan.Merek pasir kucing juga cukup beragam, seperti Cubs n Kit, Sumo Cat, Catsan dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih pasir kucing yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini step by step memilih pasir kucing yang bisa Anda contoh.
    Perawatan hewan
    10.859 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    11.056 Views
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki aquarium indah dengan ikan yang sehat adalah salah satu terapi mata yang menyenangkan. Hal tersebut dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih rileks, serta mengurangi tingkat stres. Selain itu, aquarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan.Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki aquarium dengan hiasan yang cantik. Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk aquarium-nya. Karena itu, kami akan memberikan tips cara menata aquarium di rumah Anda. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta batu alam terbaik akan kami ulas dengan lengkap.
    Perawatan hewan
    161 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori