10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019)

Sejak kecil hingga masa tuanya, anjing juga membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika mengandung laktosa yang tidak bisa dicerna oleh anjing sehingga menyebabkan diare. Anda kebingungan mencari susu untuk anjing Anda?

Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari produk dalam negeri hingga produk impor seperti Royal Canin, Ameri Pro, atau pun susu kambing. Pada kesempatan ini kami akan memaparkan cara memilih susu untuk anjing dan beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari susu untuk anjing yang baru lahir hingga untuk semua usia. Silakan menyimak artikel berikut ini!

Daftar isi

Apakah anjing perlu untuk minum susu?

Apakah anjing perlu untuk minum susu?

Meskipun sering disebutkan bahwa anjing juga memerlukan susu, sebagian dari Anda yang memelihara anjing belum tentu memedulikan hal ini. Sebagian besar dari Anda hanya memberikan susu pada saat anjing baru lahir atau masih kecil, setelah itu mungkin Anda tidak pernah memberikannya lagi.

Faktanya, susu mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh anjing. Susu berguna untuk menjaga kesehatan bagi anjing dewasa, serta meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga kebugaran fisik bagi anjing yang sudah mulai menua. Penyajiannya pun sangat mudah, Anda cukup menambahkannya pada makanan anjing sehari-hari.

Bahkan susu dapat membantu meningkatkan nafsu makan untuk anjing yang kehilangan nafsu makannya karena pergantian musim. Selain itu, susu juga sangat penting dikonsumsi sebagai pelengkap gizi dan membantu anjing tetap terhidrasi dengan baik pasca mengalami sakit. Jadi, manfaat susu bagi anjing peliharaan Anda sangat penting.

Cara memilih susu untuk anjing

Susu untuk anjing direkomendasikan karena kandungan nutrisinya. Bagi Anda yang belum pernah memberikan susu pada anjing Anda, perlu berhati-hati agar tidak salah memilih produk dan kehilangan nutrisi yang seharusnya dibutuhkan oleh anjing Anda. Oleh karena itu, mari simak beberapa tips berikut ini.

Pilihlah berdasarkan tahapan usianya

Pilihlah berdasarkan tahapan usianya

Seperti halnya pada manusia, kebutuhan nutrisi pada anjing berubah seiring dengan pertambahan usianya. Jadi, penting untuk memilih susu untuk anjing yang sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembangnya. Contoh, untuk anak anjing yang sedang dalam masa pertumbuhan diperlukan susu yang tinggi protein dan lemak, sedangkan untuk anjing dewasa dan yang berusia lanjut disarankan susu yang tidak membebani pencernaan mereka.

Namun, ada beberapa jenis susu yang dapat diberikan untuk anjing pada semua tahapan usia. Susu seperti ini sangat cocok bagi mereka yang memelihara banyak anjing dengan beragam usia. Bahkan ada beberapa anjing yang hanya mau minum susu merek tertentu saja sepanjang hidupnya.

Pilihlah produk dengan bahan yang sesuai kondisi kesehatan anjing

Pilihlah produk dengan bahan yang sesuai kondisi kesehatan anjing

Susu untuk anjing jenisnya beragam, mulai dari susu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anjing sampai susu dengan kandungan lemak yang seimbang agar bentuk tubuh anjingnya tetap terjaga. Jadi, amat penting untuk memilih susu berdasarkan kondisi kesehatan anjing yang Anda inginkan.

Bagi anjing yang baru sembuh dari sakit, sangat disarankan mengonsumsi susu dengan kandungan mineral dan elektrolit yang mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Namun, satu hal yang berlaku secara umum adalah jangan berikan susu dengan pewarna atau perasa buatan pada anjing Anda.

Pilihlah berdasarkan jenis susu yang paling disukai anjing Anda

Pilihlah berdasarkan jenis susu yang paling disukai anjing Anda

Susu untuk anjing ada dua jenis, yakni jenis cair dan jenis bubuk. Susu jenis cair bisa langsung diberikan pada anjing Anda, sedangkan susu jenis bubuk harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada anjing Anda.

Pada dasarnya, Anda dapat memilih berdasarkan mana yang lebih mudah bagi Anda atau mana yang lebih disukai oleh anjing Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa semakin lama Anda menyimpannya, susu jenis bubuk dapat mengalami penurunan kualitas dan bermasalah pada kebersihannya. Jadi, periksalah kembali sebelum Anda memberikannya pada anjing Anda.

Pilihlah susu dengan bahan yang bisa menguraikan laktosa

Pilihlah susu dengan bahan yang bisa menguraikan laktosa

Susu mamalia pada umumnya mengandung gula laktosa, tetapi susu anjing memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu mamalia lainnya. Saat masih kanak-kanak, anjing memiliki enzim pengurai laktosa atau disebut juga enzim lactase pada ususnya. Namun, ketika beranjak dewasa, enzim tersebut produksinya semakin berkurang. Jadi, ketika anjing dewasa minum susu dengan kadar laktosa yang tinggi, laktosanya tidak bisa terurai dengan baik sehingga menyebabkan diare dan gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, penting bagi anjing untuk mengurangi asupan laktosa, misalnya memilih susu rendah laktosa atau susu dengan kandungan enzim pengurai laktosa. Pastikan Anda memeriksa kandungan dan deskripsi produk dengan saksama sebelum membeli. Sedikit informasi tambahan, susu kambing memiliki kadar laktosa yang sedikit sehingga aman dikonsumsi oleh anjing.

10 Rekomendasi susu terbaik untuk anjing

Berikut ini akan kami perkenalkan beberapa produk susu anjing terbaik. Selamat menemukan produk yang tepat untuk anjing Anda!

10. Growppy Milk

10. Growppy Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Mengandung antioksidan yang lengkap untuk meningkatkan sistem imun anjing Anda

Selain mudah dicerna oleh tubuh anjing karena struktur micro granule-nya, susu ini juga mengandung antioksidan yang lengkap, seperti taurin, lutein, vitamin E, dan vitamin C. Antioksidan tersebut berfungsi menangkal radikal bebas serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh anjing.

Selain memiliki antioksidan tinggi, susu ini komposisinya juga sangat mirip dengan susu induk anjing. Kandungan laktosanya cukup rendah sehingga mudah dicerna oleh anak anjing yang baru lahir. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki anjing yang masih kecil. Selain itu, kemasan sachet-nya membuat penyajiannya lebih praktis dan higienis.

Kemasan Boks 300 gram (isi 10 sachet)
Jenis Bubuk
Peruntukan Anak anjing, indukan menyusui, anjing sakit atau tua
Sumber susu Sapi
Kandungan nutrisi Protein (33%), lemak (39%), kalsium (1,1%), kadar abu (6%), laktosa (18,5%), dan lain-lain

9. Dr. K Pet Milk

9. Dr. K Pet Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Keamanan terjamin karena produk ini sudah bersertifikat HACCP

Produk yang ramah lingkungan ini dibuat tanpa antibiotik, tetapi sebagai gantinya produk ini mengandung kolostrum yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anjing peliharaan Anda. Secara kualitas, Anda tidak perlu meragukan produk ini karena sudah memiliki sertifikasi HACCP sehingga diakui hingga tingkat internasional.

Jadi, bagi Anda yang mengutamakan kualitas dan keamanan produk untuk anjing Anda, produk ini sangat kami rekomendasikan. Ditambah lagi, produk ini mengandung Yucca extract yang bisa membuat kotoran anjing menjadi lebih tidak berbau. Anda pun tidak akan terlalu terganggu oleh bau saat membersihkannya.

Kemasan Sachet isi 150 ml
Jenis Cair
Peruntukan Segala usia
Sumber susu Sapi
Kandungan nutrisi Yucca extract, taurin, kolostrum, serat, vitamin, dan mineral

8. PetAg Esbilac Puppy Milk Replacer Powder

8. PetAg Esbilac Puppy Milk Replacer Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 409.500

Suplemen ideal untuk mempercepat pemulihan

Esbilac merupakan susu dengan formulasi kandungan protein, lemak, dan karbohidrat, serta dilengkapi dengan probiotik dan prebiotik. Keduanya penting untuk menjaga fungsi saluran pencernaan dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Formulasi susu ini diperuntukan bagi newborn puppy, tetapi Anda bisa juga memberikannya pada anjing yang sedang sakit.

Untuk anjing Anda yang sedang sakit atau dalam kondisi pasca operasi, mengonsumsi susu ini dapat meningkatkan nafsu makannya sehingga mempercepat proses pemulihan. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan ukuran sehingga bagi Anda yang memelihara anjing lebih dari satu bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan.

Kemasan Kaleng isi 340 gram
Jenis Bubuk
Peruntukan Anak anjing baru lahir sampai usia 6 minggu, anjing sakit atau dalam masa pemulihan
Sumber susu Sapi
Kandungan nutrisi Protein kasar (33%), lemak kasar (40%), kelembapan (5%), vegetable oil, kasein, dan bakteri probiotik (130.000 CFU/gram).

7. Ameri Pro Highly Digestible Milk Replacer

7. Ameri Pro Highly Digestible Milk Replacer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Mengandung FOS yang baik untuk daya tahan tubuh

Produk ini mengandung FOS atau frukto-oligosakarida yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi. Baik sekali diberikan pada anak anjing dan indukan anjing yang sedang mengandung atau menyusui karena dapat membantu meningkatkan jumlah antibodi.

Kemasan Kaleng isi 200 gram
Jenis Bubuk
Peruntukan Anak anjing, indukan yang sedang mengandung atau menyusui
Sumber susu Sapi
Kandungan nutrisi Protein kasar (29%), lemak kasar (28%), serat (0,5%), kelembapan (5%), dan bakteri probiotik (130.000 CFU/gram)

6. BBN Goat’s Milk

6. BBN Goat's Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 165.000

Dibuat dari susu pilihan dan teknologi mutakhir dari New Zealand, kualitasnya pasti terjamin!

Produk ini berasal dari susu kambing pilihan dan dibuat dengan teknologi dari New Zealand yang sudah terkenal kompeten dalam mengolah susu kambing. Teknik pengolahannya memungkinkan nutrisi dari susu tersebut tetap terjaga sesuai kebutuhan harian anjing Anda. Susu ini mengandung kalsium yang tinggi, kaya akan nutrisi, serta bebas alergen.

Keunggulan utama dari produk ini adalah mengandung partikel berukuran kecil yang kaya akan protein sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh anjing Anda. Selain itu, susu ini juga tidak menyebabkan konstipasi sehingga cocok untuk anjing Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan atau anjing yang sudah lanjut usia.

Kemasan Kaleng isi 400 gram
Jenis Bubuk
Peruntukan Semua tahapan usia
Sumber susu Kambing
Kandungan nutrisi Protein dan kalsium

5. Endi Goat Milk Powder

5. Endi Goat Milk Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 150.000

Bentengi anjing Anda dari virus dengan kandungan nukleotida

Selain memastikan kebutuhan gizi anjing Anda melalui makanan, Anda juga perlu menjaga kesehatan anjing dari dalam agar terhindar dari berbagai macam virus. Dengan kandungan probiotik dan nukelotida, produk Endi Goat Milk ini bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan membunuh virus serta meningkatkan sistem imun anjing Anda.

Selain itu, produk ini juga mengandung AA dan DHA yang berfungsi menunjang perkembangan otak serta organ-organ vital lainnya pada anjing Anda. Untuk Anda yang ingin anjing Anda lebih sehat dan  terlindungi dari dalam, Anda bisa mencoba produk ini.

Kemasan Kaleng isi 300 gram
Jenis Bubuk
Peruntukan Semua tahapan usia
Sumber susu Kambing
Kandungan nutrisi Protein (24 gr), lemak (13,9 gr), karbohidrat (46 gr), AA (1,8 mg), DHA (18 mg), dan lain-lain

4. Zeal Pet Milk

4. Zeal Pet Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Susu segar bebas laktosa yang dikemas dalam botol siap minum!

Produk ini terbuat dari 99,5% susu sapi bebas laktosa sehingga mudah dicerna oleh anjing Anda dan tidak menyebabkan diare. Bahan-bahan alami di dalamnya memiliki antioksidan tinggi, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral yang cukup bagi anjing Anda. Dengan begitu, keseimbangan nutrisi dan energi anjing Anda tetap terjaga setiap harinya.

Kandungannya juga tidak menyebabkan alergi, tinggi protein, rendah lemak, dan bebas gula sehingga tidak membuat anjing Anda mudah gemuk. Keunggulan produk ini juga terletak pada kemasannya botolnya yang praktis dan siap langsung diminum. Bagi Anda yang tidak suka repot menyeduh bubuk susu terlebih dahulu, produk ini bisa jadi solusinya.

Kemasan Botol isi 380 ml
Jenis Cair
Peruntukan Semua tahapan usia
Sumber susu Sapi
Kandungan nutrisi Taurin, kalsium, omega-3 fats, vitamin E, beta karoten, conjugated linoleic acid (CLA), dan lain-lain

3. Better Pro Dog Milk

3. Better Pro Dog Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 90.000

Solusi anjing kurus!

Produk ini merupakan susu yang diformulasikan khusus guna membangun sistem imun dan menambah nafsu makan pada anjing Anda. Sangat cocok diberikan bagi anjing yang kurang nafsu makan, lesu, dan kurus. Berikan secara rutin sesuai dengan takaran yang dianjurkan dan dalam dua minggu, anjing Anda akan menjadi lebih berisi.

Kemasan Karton/kardus isi 300 gram
Jenis Bubuk
Peruntukan Anjing yang tidak nafsu makan atau anjing yang terlalu kurus
Sumber susu Sapi
Kandungan nutrisi Protein susu, lemak hewani, minyak kedelai, minyak kopra, minyak ikan, dan lain-lain

2. Beaphar Lactol Milk Replacer for Puppies

2. Beaphar Lactol Milk Replacer for Puppies

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Produk rekomendasi para breeder

Telah lebih dari 100 tahun, produk ini hadir dan digunakan untuk menyelamatkan nyawa para anjing kecil yang baru lahir. Teknologi ultra filtrasi dan pengeringan secara perlahan membuat kandungan protein serta nutrisi pada produk ini tetap terjaga dengan baik. Beaphar Lactol menjadi produk yang dipercaya dan direkomendasikan oleh para breeder. 

Produk dari bubuk protein whey ini mengandung asam amino esensial dalam jumlah tinggi yang berperan penting dalam masa pertumbuhan anjing Anda. Kekurangan asam amino esensial bisa menghambat pertumbuhan anjing Anda. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki anjing dalam masa pertumbuhan, produk ini bisa Anda coba berikan kepada anjing Anda.

Kemasan Kontainer isi 500 gram
Jenis Bubuk
Peruntukan Anak anjing 5-52 minggu, indukan yang hamil atau menyusui, serta anjing yang sedang sakit.
Sumber susu Sapi
Kandungan nutrisi Protein kasar (24%), lemak dan minyak (24%), kadar abu (7%), kelembapan (3,5%), kalsium (0,86%), dan lain-lain

1. Royal Canin Baby Dog Milk

1. Royal Canin Baby Dog Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 875.000

Produk level mancanegara yang sudah terbukti kualitasnya!

Royal Canin adalah merek ternama, pemimpin global dalam nutrisi kesehatan hewan peliharaan. Produk susunya sudah diakui dan dipasarkan di banyak negara, salah satunya produk ini. Royal Canin Baby Dog Milk mengandung minyak ikan sebagai sumber DHA utamanya, yang sangat diperlukan dalam perkembangan sistem saraf pada anak anjing.

Selain baik untuk perkembangan organ vital, susu ini juga baik untuk pencernaan karena tidak mengandung pati yang sulit dicerna oleh anak anjing. Oleh sebab itu, susu ini lebih dikhususkan untuk anak anjing yang baru lahir. Kandungan frukto-oligosakaridanya juga mampu menjaga kesehatan lingkungan usus anjing Anda sehingga tidak mudah sakit.

Kemasan Kaleng isi 2 kg
Jenis Bubuk
Peruntukan Anak anjing 0-8 minggu
Sumber susu Sapi
Kandungan nutrisi Protein susu (33%), lemak hewani (39%), DHA (1gr/kg), whey protein, minyak kopra, minyak kedelai, minyak ikan, mineral. frukto-oligosakarida, dan lain-lain.

Kesimpulan

Ada beragam jenis susu untuk anjing. Apakah Anda sudah menemukan susu yang akan disukai anjing Anda? Susu bukanlah makanan utama, kecuali bagi anjing yang masih bayi. Jadi, Anda bisa memberikan susu sebagai nutrisi tambahan dan suplemen hidrasi pada anjing Anda. Silakan pilih sesuai dengan preferensi anjing Anda, baik itu susu kambing atau susu sapi!