1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Makanan hewan
  6. >
  7. 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan, serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, terutama jika mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak merek susu yang bagus untuk anjing, seperti Ameri Pro, Royal Canin, Growppy, dan Poochlicious. 

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan rekomendasi dan review susu anjing, baik untuk anjing yang baru lahir maupun yang sudah tua. Tidak ketinggalan, drh. Tito Suprayoga juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Yuk, simak sampai tuntas dan temukan produk susu terbaik untuk anjing!

Diperbaharui 09-30-2022
Pakar
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Profil drh. Tito Suprayoga
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apakah anjing perlu minum susu?

Apakah anjing perlu minum susu?

Susu mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh anjing. Tak hanya untuk anak anjing, susu juga berguna menjaga kesehatan anjing dewasa. Susu khusus anjing dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kebugaran fisik anjing yang mulai menua. Penyajiannya pun sangat mudah, Anda cukup menambahkannya pada makanan anjing sehari-hari.


Selain itu, susu bisa membantu meningkatkan nafsu makan untuk anjing yang kehilangan nafsu makan akibat pergantian musim. Susu juga sangat penting sebagai pelengkap gizi dan membantu anjing tetap terhidrasi dengan baik setelah sakit. Namun, Anda tidak boleh memberikan sembarang susu kepada anjing peliharaan.


Sistem pencernaan anjing tidak dapat memproduksi enzim laktase yang bertugas mengurai laktosa atau gula di dalam produk susu. Memberikan sembarang susu dapat membuat anjing Anda muntah-muntah, diare, perut kembung, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. 

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Pemberian susu diperlukan apabila pakan dirasa belum cukup untuk mendukung kecukupan nutrisi harian anjing. Hal ini penting untuk mendukung pertumbuhan awal anak anjing, khususnya anak anjing yang tidak disusui induknya karena suatu hal. 


Susu yang baik adalah susu dengan kandungan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh anjing. Untuk lebih mudahnya, pilihlah susu yang kandungannya tidak jauh berbeda dengan kandungan susu asli dari induk anjing.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu untuk anjing

Susu untuk anjing direkomendasikan karena kandungan nutrisinya. Jika Anda belum pernah memberikan susu pada anjing, Anda perlu berhati-hati agar tidak salah memilih. Jangan sampai melewatkan nutrisi yang seharusnya dibutuhkan oleh anjing Anda. Oleh karena itu, mari simak beberapa tips berikut ini.

① Sesuaikan susu dengan tahapan usia anjing

Sesuaikan susu dengan tahapan usia anjing

Kebutuhan nutrisi pada anjing berubah seiring pertambahan usianya. Jadi, penting untuk memilih susu untuk anjing yang sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembangnya. Sebagai contoh, anak anjing yang sedang dalam masa pertumbuhan memerlukan susu yang tinggi protein dan lemak. Sementara itu, anjing dewasa dan anjing tua membutuhkan susu yang tidak membebani pencernaan mereka.


Namun, ada beberapa jenis susu yang dapat diberikan untuk anjing pada semua tahapan usia. Susu yang demikian sangat cocok bagi Anda yang memelihara banyak anjing dengan beragam usia. Bahkan, ada beberapa anjing yang hanya mau minum susu merek tertentu saja sepanjang hidupnya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kebutuhan nutrisi anjing berbeda pada setiap tahap pertumbuhannya. Untuk anak anjing, nutrisi berupa protein, lemak, dan mineral sangat dibutuhkan untuk menyuplai energinya. Dengan demikian, pertumbuhan anak anjing, baik pertumbuhan tulang maupun indranya, dapat optimal.


Pada usia menuju dewasa hingga dewasa, kebutuhan nutrisi anjing ditujukan untuk memelihara tubuh agar ideal. Kelebihan nutrisi dapat menyebabkan obesitas. Karena itu, pemilihan susu untuk anjing usia dewasa hendaknya rendah lemak.


Pada usia tua, kebutuhan nutrisi anjing untuk energi dan pertumbuhan sudah tidak terlalu diperlukan. Pada usia ini nutrisi yang dibutuhkan ditujukan untuk menjaga kesehatan anjing tersebut. Oleh karena itu, susu dengan kandungan vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh sangat diperlukan.

② Pilihlah kandungan yang sesuai dengan kondisi kesehatan anjing

Pilihlah kandungan yang sesuai dengan kondisi kesehatan anjing

Susu untuk anjing tersedia dalam beragam pilihan. Ada susu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada pula susu dengan lemak yang seimbang untuk menjaga bentuk tubuh anjing. Jadi, amat penting untuk memilih susu berdasarkan kondisi kesehatan anjing yang Anda inginkan.


Anjing yang baru sembuh dari sakit sangat disarankan mengonsumsi susu dengan kandungan mineral dan elektrolit. Kandungan mineral dan elektrolit ini akan lebih mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Namun, satu hal yang berlaku secara umum adalah jangan berikan susu dengan pewarna atau perasa buatan pada anjing Anda.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Pemberian susu erat kaitannya dengan mikroflora normal pada sistem pencernaan. Untuk itu, perhatikanlah kesehatan sistem pencernaan anjing dan kandungan bahan atau nutrisi pada susu yang dipilih. Pertimbangkanlah hal ini sebelum memutuskan untuk memberikan susu sebagai sumber nutrisi tambahan.


Susu yang mengandung probiotik memiliki manfaat yang baik bagi sistem pencernaan anjing. Jangan memberikan susu saat kondisi kesehatan sistem pencernaan tidak prima dengan harapan memacu nafsu makan anjing. Hal ini malah dapat memperparah ketidakseimbangan mikroflora pada sistem pencernaan.

③ Ketahui jenis susu yang paling disukai anjing Anda

Ketahui jenis susu yang paling disukai anjing Anda

Susu untuk anjing terbagi menjadi dua jenis, yakni cair dan bubuk. Susu cair bisa langsung diberikan pada anjing, sedangkan susu bubuk harus dilarutkan terlebih dahulu. Pada dasarnya, Anda dapat memilih jenis yang lebih mudah pemberiannya atau tipe yang lebih disukai oleh mereka.


Namun, perlu diperhatikan bahwa makin lama disimpan, susu anjing jenis bubuk dapat mengalami penurunan kualitas. Di samping itu, kebersihan dan kehigienisan dari susu tersebut juga patut dipertimbangkan. Jadi, periksalah kembali saran penyimpanan dan umur simpannya sebelum Anda memberikan susu kepada anjing kesayangan.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Beberapa jenis anjing sangat pemilih terhadap jenis makanan, termasuk suplemen makannya. Saat memilih susu, Anda harus paham selera anjing peliharaan Anda. Komposisi rasa pada susu anjing biasanya disesuaikan dengan rasa yang umum disukai oleh anjing. 


Selain itu, perhatikan juga aturan penyimpanan produk susu dalam kemasan. Dengan begitu, susu yang diberikan benar-benar terjaga kualitasnya dan tidak menyebabkan permasalahan kesehatan.

④ Pastikan susu memiliki bahan yang bisa menguraikan laktosa

Pastikan susu memiliki bahan yang bisa menguraikan laktosa

Susu mamalia pada umumnya mengandung gula laktosa. Namun, susu anjing memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit dibandingkan susu mamalia lainnya. Saat masih kanak-kanak, anjing memiliki enzim pengurai laktosa (enzim laktase) pada ususnya. Namun, ketika beranjak dewasa, enzim tersebut makin berkurang produksinya.


Ketika anjing dewasa minum susu dengan kadar laktosa tinggi, laktosa tersebut tidak bisa terurai dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan diare dan gangguan pencernaan. Untuk mencegahnya, Anda bisa memilih susu anjing rendah laktosa atau susu dengan kandungan enzim pengurai laktosa.


Pastikan Anda memeriksa kandungan dan deskripsi produk dengan saksama sebelum membeli. Sebagai acuan, susu kambing memiliki kadar laktosa yang sedikit sehingga aman dikonsumsi oleh anjing.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Aktivitas enzim laktase pada usus halus sering menurun setelah anak anjing disapih. Hal ini menyebabkan lactose intolerance pada beberapa anjing dewasa. Diare, kembung, dan sakit di bagian perut merupakan gejala umum jika anjing mengalami lactose intolerance. Untuk itu, pilihlah susu tanpa laktosa atau yang mengandung laktosa hanya dalam jumlah minimal.

10 Rekomendasi susu terbaik untuk anjing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu terbaik untuk anjing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.  
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Growppy

Milk

Growppy Milk 1枚目

Memiliki antioksidan lengkap untuk meningkatkan sistem imun anjing

2

Poochlicious

Goat Milk

Poochlicious  Goat Milk 1枚目

Bisa dibekukan sebagai cool treat untuk anjing kesayangan

3

Ameri Pro

Highly Digestible Milk Replacer for Puppies

Ameri Pro Highly Digestible Milk Replacer for Puppies 1枚目

Diperkaya FOS yang baik untuk daya tahan tubuh

4

Dr. K

Premium Pet Milk

Dr. K  Premium Pet Milk 1枚目

Keamanan lebih terjamin karena sudah bersertifikat HACCP

5

Susu Elvis

Raw Pasteurized Goat Milk

Susu Elvis Raw Pasteurized Goat Milk  1枚目

Susu penggemuk anjing yang lebih kental dan kaya nutrisi

6

Zeal

Lactose Free Pet Milk

Zeal Lactose Free Pet Milk 1枚目

Kemasan botol yang praktis dan aman dibawa bepergian

7

Beaphar

Lactol Milk Replacer for Puppies

Beaphar Lactol Milk Replacer for Puppies 1枚目

Rekomendasi para breeder sebagai susu yang bagus untuk pertumbuhan anjing

8

Royal Canin

Babydog Milk

Royal Canin Babydog Milk 1枚目

Produk dari brand ternama yang sudah terbukti kualitasnya

9

Pet-Ag

Esbilac Puppy Milk Replacer Powder

Pet-Ag  Esbilac Puppy Milk Replacer Powder 1枚目

Mengandung prebiotik dan probiotik, ideal untuk anjing dengan pencernaan sensitif

10

Best In Show

Good Dog Goat Milk

Best In Show  Good Dog Goat Milk 1枚目

Tinggi kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Perincian produk
Close
No.1

Memiliki antioksidan lengkap untuk meningkatkan sistem imun anjing

Kelebihan:
  • Dikemas ulang dalam sachet satu kali konsumsi sehingga lebih praktis saat penyajian
  • Kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan imun
  • Dengan struktur micro granule yang mudah dicerna

Kekurangan:

  • Mengandung laktosa

Susu ini mengandung antioksidan yang lengkap, seperti taurin, lutein, vitamin E, dan vitamin C yang berfungsi menangkal radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anjing. Selain itu, susu untuk anjing dari Growppy mudah dicerna oleh tubuh anjing berkat struktur micro granule-nya.


Kandungan laktosanya cukup rendah sehingga aman untuk anak anjing mulai usia 1 minggu. Produk ini cocok untuk menjaga daya tahan tubuh anjing yang masih kecil. Produk ini dijual dalam box berisi 10 sachet kecil yang pas untuk satu kali penyajian.
No.2

Bisa dibekukan sebagai cool treat untuk anjing kesayangan

Kelebihan:

  • Dapat meningkatkan nafsu makan dan imun anjing
  • Kaya akan kalsium
  • Bisa dibekukan dan dijadikan cool treat


Kekurangan:

  • Mengandung madu, tetapi masih aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit

Poochlicious Goat Milk adalah susu kambing yang diracik khusus untuk anjing. Produk ini kaya akan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi mereka. Tak hanya diseduh dan disajikan, seperti biasa, susu ini bisa Anda bekukan menjadi ice cube


Saat anjing Anda kepanasan, berikan saja susu ini sebagai cool treat. Es susu yang dingin akan membuat hewan kesayangan Anda riang dan segar meski cuaca sedang sangat panas. Pemberian es pada anjing juga merupakan cara yang aman untuk menghidrasi anjing tanpa membuatnya kembung.

No.3

Ameri ProHighly Digestible Milk Replacer for Puppies

Mulai dari Rp43.400,00

Diperkaya FOS yang baik untuk daya tahan tubuh

Kelebihan:

  • Direkomendasikan oleh veterinarian untuk meningkatkan antibodi anjing
  • Cocok untuk anjing yang sedang hamil atau memiliki imun yang lemah
  • Diperkaya FOS yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan

Kekurangan:

  • Kaleng susunya rawan penyok selama pengiriman

Produk yang direkomendasikan oleh para veterinarian ini diformulasikan untuk membantu meningkatkan antibodi. Karena itu, susu ini sangat pas diberikan pada anjing yang baru lahir dan anjing hamil yang imunnya sedang menurun. 


Produk ini mengandung fructo-oligo-saccharide (FOS) yang populer karena efek prebiotik yang dimilikinya. FOS pada susu ini juga mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik untuk meningkatkan sistem pencernaan anjing. Kandungannya juga dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi.

No.4

Keamanan lebih terjamin karena sudah bersertifikat HACCP

Kelebihan:
  • Lebih aman karena bersertifikasi HACCP dan bebas antibiotik
  • Praktis untuk satu kali konsumsi
  • Mengandung taurin untuk menjaga kesehatan mata

Kekurangan:

  • Untuk satu kali minum, harga susu ini termasuk pricey

Bagi Anda yang mengutamakan kualitas dan keamanan produk untuk anjing kesayangan, susu ini kami rekomendasikan. Susu cair ini mengandung kolostrum yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anjing peliharaan Anda.


Produk ini sudah memiliki sertifikasi HACCP yang mutunya terjamin dan diakui hingga tingkat internasional. Ditambah lagi, produk ini mengandung Yucca extract yang bisa membuat kotoran anjing menjadi lebih tidak berbau. Anda pun tidak akan terlalu terganggu oleh bau saat membersihkannya.

No.5

Susu ElvisRaw Pasteurized Goat Milk

Mulai dari Rp18.900,00

Susu penggemuk anjing yang lebih kental dan kaya nutrisi

Kelebihan:

  • Bebas dari kandungan beta-casein A1 dan A2 yang menyebabkan alergi
  • Diproses dengan filtrasi ganda dan tanpa kontaminasi bahan lain
  • Total solid 13+ sehingga lebih kental dan kaya nutrisi

Kekurangan:

  • Hanya tahan hanya tujuh hari setelah dibuka dan disimpan di dalam kulkas

Susu khusus anjing ini diklaim sebagai susu dengan total solid 13+ satu-satunya di Indonesia. Produk ini memiliki tekstur yang lebih kental dengan nutrisi yang lebih padat dibandingkan susu cair untuk anjing lainnya. Tak hanya menutrisi, susu ini juga mengandung lemak baik dan mampu menaikkan bobot anjing. Untuk anjing yang kurus dan susah makan, susu penggemuk ini solusinya!

No.6

ZealLactose Free Pet Milk

Mulai dari Rp75.000,00

Kemasan botol yang praktis dan aman dibawa bepergian

Kelebihan:
  • Terbuat dari 99,5% susu sapi bebas laktosa
  • Tinggi protein dan rendah lemak
  • Kemasannya praktis dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Kuantitas susu tidak bisa langsung dihabiskan oleh anjing kecil

Produk ini terbuat dari 99,5% susu sapi bebas laktosa sehingga mudah dicerna dan tidak menyebabkan diare. Formulanya memiliki antioksidan tinggi, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral yang cukup bagi anjing Anda. Keseimbangan nutrisi dan energi anjing pun akan tetap terjaga setiap harinya.


Susu cair ini dikemas dalam botol sehingga praktis dibawa bepergian atau liburan. Anda tak perlu repot menyeduh bubuk susu terlebih dahulu. Segel pada botolnya juga menjamin susu tidak akan tumpah atau bocor saat disimpan di dalam tas.
No.7

BeapharLactol Milk Replacer for Puppies

Mulai dari Rp150.000,00

Rekomendasi para breeder sebagai susu yang bagus untuk pertumbuhan anjing

Kelebihan:
  • Mengandung DHA, vitamin, dan mineral penting untuk tumbuh kembang anak anjing
  • Dibuat dari whey yang mudah dicerna dan mirip dengan air susu anjing asli

Kekurangan:

  • Kurang praktis karena harus diseduh air hangat, lalu didinginkan sebelum diberikan kepada anjing

Produk ini sudah hadir sejak lama untuk menyelamatkan nyawa anjing-anjing kecil yang baru lahir. Teknologi ultrafiltrasi dan pengeringan secara perlahan membuat kandungan protein serta nutrisi pada produk ini tetap terjaga dengan baik. Beaphar Lactol menjadi produk yang dipercaya dan direkomendasikan oleh para breeder.


Susu dari bubuk protein whey ini mengandung asam amino esensial dalam jumlah tinggi yang penting dalam masa pertumbuhan anjing. Bagi Anda yang memiliki anjing dalam masa pertumbuhan, lengkapi kebutuhan nutrisinya dengan susu anjing ini. 
No.8

Royal CaninBabydog Milk

Mulai dari Rp1.204.000,00

Produk dari brand ternama yang sudah terbukti kualitasnya

Kelebihan:
  • Lebih awet karena isinya 2 kilogram
  • Mengandung minyak ikan (DHA) yang sangat diperlukan oleh anak anjing baru lahir
  • Bebas pati sehingga lebih mudah dicerna


Kekurangan:

  • Harganya sangat pricey, kurang ideal untuk Anda yang memelihara banyak anjing

Royal Canin adalah merek ternama dalam hal nutrisi kesehatan hewan peliharaan. Berbagai produk susunya sudah diakui dan dipasarkan di banyak negara, salah satunya produk ini. Susu Royal Canin ini lebih dikhususkan untuk anak anjing yang baru lahir.


Produk ini mengandung minyak ikan sebagai sumber DHA yang sangat diperlukan dalam perkembangan sistem saraf pada anak anjing. Selain baik untuk perkembangan organ vital, susu ini juga baik untuk pencernaan. Di dalamnya tidak terkandung pati yang sulit dicerna oleh anak anjing.

No.9

Pet-Ag Esbilac Puppy Milk Replacer Powder

Mulai dari Rp520.000,00

Mengandung prebiotik dan probiotik, ideal untuk anjing dengan pencernaan sensitif

Kelebihan:
  • Diperkaya probiotik dan prebiotik untuk menjaga saluran pencernaan dan kadar kolesterol
  • Cocok untuk anak anjing yang memiliki pencernaan sensitif
  • Tersedia dalam beragam pilihan ukuran

Kekurangan:

  • Kurang ideal untuk anjing dewasa

Esbilac merupakan susu dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, serta dilengkapi probiotik dan prebiotik. Kandungan probiotik dan prebiotik penting untuk menjaga fungsi saluran pencernaan dan membantu menurunkan kadar kolesterol. 


Formulasi susu ini diperuntukkan bagi newborn puppy, terutama yang pencernaannya sensitif. Produk ini juga tersedia dalam beberapa pilihan ukuran. Anda yang memelihara anjing lebih dari satu bisa membelinya sesuai kebutuhan.

No.10

Best In Show Good Dog Goat Milk

Mulai dari Rp12.500,00

Tinggi kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Kelebihan:

  • Kemasan satu kali minum yang higienis dan terjangkau
  • Diperkaya vitamin dan kalsium untuk mendorong pertumbuhan tulang dan gigi
  • Ideal dikonsumsi oleh anjing dalam masa penyembuhan

Kekurangan:

  • Harus dilarutkan, kurang praktis untuk dibawa bepergian


Susu kambing untuk anjing ini dijual dengan harga terjangkau, pas untuk majikan yang sedang memiliki dana terbatas. Rasa susunya sangat lezat, bahkan diklaim disukai oleh anjing pemilih sekalipun. Tak hanya itu, produk ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Pemberian susu ini akan mendorong pertumbuhan tulang dan gigi, terutama pada anak anjing.

Baca juga rekomendasi produk perawatan anjing di sini

Selain susu, masih banyak produk perawatan anjing yang perlu Anda siapkan, seperti sampo, dog food, bahkan obat kutu. Untuk tahu apa saja rekomendasi produknya, silakan baca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, bagaimana tanggapan Anda? Bagi anjing dewasa, susu bukanlah makanan utama. Lain ceritanya jika anjing Anda masih bayi. Meski begitu, Anda tetap bisa memberikan susu sebagai nutrisi tambahan dan suplemen hidrasi bagi anjing kesayangan. 


Jangan lupa untuk memilih susu yang sesuai dengan selera anjing Anda, baik susu kambing maupun susu sapi. Semoga melalui artikel ini Anda mendapatkan susu yang bagus untuk anjing. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer