• 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)

Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merk lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.

Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
  • Pembaharuan terakhir: 16 September 2021
  • 104.333 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

Profil pakar: Dokter hewan drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Sejak 2017 hingga saat ini, pemilik akun Instagram @titosuprayoga ini bekerja dan mendalami bidang praktisi hewan kesayangan. Pria yang pernah menjadi asisten dosen Patologi Anatomi ini juga menekuni bidang genetik molekuler hewan. 

Apakah anjing perlu untuk minum susu?

Apakah anjing perlu untuk minum susu?
Meskipun sering disebutkan bahwa anjing juga memerlukan susu, sebagian dari Anda yang memelihara anjing belum tentu memedulikan hal ini. Sebagian besar dari Anda hanya memberikan susu pada saat anjing baru lahir atau masih kecil, setelah itu mungkin Anda tidak pernah memberikannya lagi.
Faktanya, susu mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh anjing. Susu berguna untuk menjaga kesehatan bagi anjing dewasa, serta meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga kebugaran fisik bagi anjing yang sudah mulai menua. Penyajiannya pun sangat mudah, Anda cukup menambahkannya pada makanan anjing sehari-hari.
Bahkan susu dapat membantu meningkatkan nafsu makan untuk anjing yang kehilangan nafsu makannya karena pergantian musim. Selain itu, susu juga sangat penting dikonsumsi sebagai pelengkap gizi dan membantu anjing tetap terhidrasi dengan baik pasca mengalami sakit. Jadi, manfaat susu bagi anjing peliharaan Anda sangat penting.
drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Pemberian susu diperlukan apabila pakan dirasa belum cukup untuk mendukung kecukupan nutrisi harian anjing. Hal ini penting untuk mendukung pertumbuhan awal anak anjing, khususnya anak anjing yang tidak disusui induknya karena suatu hal. 


Susu yang baik adalah susu dengan kandungan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh anjing. Untuk lebih mudahnya, pilihlah susu yang kandungannya tidak jauh berbeda dengan kandungan susu asli dari induk anjing.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu untuk anjing

Susu untuk anjing direkomendasikan karena kandungan nutrisinya. Bagi Anda yang belum pernah memberikan susu pada anjing Anda, perlu berhati-hati agar tidak salah memilih produk dan kehilangan nutrisi yang seharusnya dibutuhkan oleh anjing Anda. Oleh karena itu, mari simak beberapa tips berikut ini.

Sesuaikan dengan tahapan usianya

Sesuaikan dengan tahapan usianya

Seperti halnya pada manusia, kebutuhan nutrisi pada anjing berubah seiring dengan pertambahan usianya. Jadi, penting untuk memilih susu untuk anjing yang sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembangnya.


Contoh, anak anjing yang sedang dalam masa pertumbuhan memerlukan susu yang tinggi protein dan lemak. Sementara itu, anjing dewasa dan anjing berusia lanjut membutuhkan susu yang tidak membebani pencernaan mereka.

Namun, ada beberapa jenis susu yang dapat diberikan untuk anjing pada semua tahapan usia. Susu seperti ini sangat cocok bagi mereka yang memelihara banyak anjing dengan beragam usia. Bahkan ada beberapa anjing yang hanya mau minum susu merek tertentu saja sepanjang hidupnya.
drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kebutuhan nutrisi anjing berbeda pada setiap tahap pertumbuhannya. Untuk anak anjing, nutrisi berupa protein, lemak, dan mineral sangat dibutuhkan untuk menyuplai energinya. Dengan demikian, pertumbuhan anak anjing, baik pertumbuhan tulang maupun inderanya dapat optimal.


Pada usia menuju dewasa hingga dewasa, kebutuhan nutrisi anjing ditujukan untuk memelihara tubuh agar ideal. Kelebihan nutrisi dapat menyebabkan obesitas. Karena itu, pemilihan susu untuk anjing usia dewasa hendaknya rendah lemak. 


Pada usia tua, kebutuhan nutrisi anjing untuk energi dan pertumbuhan sudah tidak terlalu diperlukan. Pada usia ini nutrisi yang dibutuhkan ditujukan untuk menjaga kesehatan anjing tersebut. Oleh karena itu, susu dengan kandungan vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh sangat diperlukan.

Pilihlah produk dengan bahan yang sesuai kondisi kesehatan anjing

Pilihlah produk dengan bahan yang sesuai kondisi kesehatan anjing

Susu untuk anjing jenisnya beragam. Ada susu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anjing. Ada pula susu dengan kandungan lemak yang seimbang agar bentuk tubuh anjingnya tetap terjaga. Jadi, amat penting untuk memilih susu berdasarkan kondisi kesehatan anjing yang Anda inginkan.

Bagi anjing yang baru sembuh dari sakit, sangat disarankan mengonsumsi susu dengan kandungan mineral dan elektrolit. Kandungan mineral dan elektrolit ini akan lebih mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Namun, satu hal yang berlaku secara umum adalah jangan berikan susu dengan pewarna atau perasa buatan pada anjing Anda.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Pemberian susu erat kaitannya dengan mikroflora normal pada sistem pencernaan. Untuk itu, perhatikanlah kesehatan sistem pencernaan anjing dan kandungan bahan atau nutrisi pada susu yang dipilih. Pertimbangkanlah hal ini sebelum memutuskan untuk memberikan susu sebagai sumber nutrisi tambahan.


Susu yang mengandung probiotik memiliki manfaat yang baik bagi sistem pencernaan anjing. Jangan memberikan susu saat kondisi kesehatan sistem pencernaan tidak prima dengan harapan memacu nafsu makan anjing. Hal ini malah dapat memperparah ketidakseimbangan mikroflora pada sistem pencernaan.

Ketahui jenis susu yang paling disukai anjing Anda

Ketahui jenis susu yang paling disukai anjing Anda

Susu untuk anjing ada dua jenis, yakni jenis cair dan jenis bubuk. Susu jenis cair bisa langsung diberikan pada anjing Anda. Sementara itu, susu jenis bubuk harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada anjing Anda.

Pada dasarnya, Anda dapat memilih berdasarkan mana yang lebih mudah bagi Anda atau mana yang lebih disukai oleh anjing Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa makin lama Anda menyimpannya, susu jenis bubuk dapat mengalami penurunan kualitas dan bermasalah pada kebersihannya. Jadi, periksalah kembali sebelum Anda memberikannya pada anjing Anda.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Beberapa jenis anjing sangat pemilih terhadap jenis makanan, termasuk suplemen makannya. Saat memilih susu, Anda harus paham selera anjing peliharaan Anda. Komposisi rasa pada susu anjing biasanya disesuaikan dengan rasa yang umum disukai oleh anjing. 


Selain itu, perhatikan juga aturan penyimpanan produk susu dalam kemasan. Dengan begitu, susu yang diberikan benar-benar terjaga kualitasnya dan tidak menyebabkan permasalahan kesehatan.

Pastikan susu memiliki bahan yang bisa menguraikan laktosa

Pastikan susu memiliki bahan yang bisa menguraikan laktosa

Susu mamalia pada umumnya mengandung gula laktosa. Namun, susu anjing memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu mamalia lainnya. Saat masih kanak-kanak, anjing memiliki enzim pengurai laktosa atau disebut juga enzim laktase pada ususnya. Namun, ketika beranjak dewasa, enzim tersebut makin berkurang produksinya. 


Jadi, ketika anjing dewasa minum susu dengan kadar laktosa yang tinggi, laktosanya tidak bisa terurai dengan baik. Hal ini bisa mengakibatkan diare dan gangguan pencernaan. Karena itu, penting bagi anjing untuk mengurangi asupan laktosa. Anda memilih susu rendah laktosa atau susu dengan kandungan enzim pengurai laktosa.

Pastikan Anda memeriksa kandungan dan deskripsi produk dengan saksama sebelum membeli. Sedikit informasi tambahan, susu kambing memiliki kadar laktosa yang sedikit sehingga aman dikonsumsi oleh anjing.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Aktivitas enzim laktase pada usus halus sering menurun setelah anak anjing disapih. Hal ini menyebabkan lactose intolerance pada beberapa anjing dewasa. Diare, kembung, dan sakit di bagian perut merupakan gejala umum jika anjing mengalami lactose intolerance. Untuk itu, pilihlah susu tanpa laktosa atau yang mengandung laktosa hanya dalam jumlah minimal. 

10 Rekomendasi susu terbaik untuk anjing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu terbaik untuk anjing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.  

10
KemasanBoks 300 gram (isi 10 sachet)
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing, indukan menyusui, anjing sakit atau tua
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein (33%), lemak (39%), kalsium (1,1%), kadar abu (6%), laktosa (18,5%), dan lain-lain
9
KemasanSachet isi 150 ml
JenisCair
PeruntukanSegala usia
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiYucca extract, taurin, kolostrum, serat, vitamin, dan mineral
8

PetAg Esbilac Puppy Milk Replacer Powder

Mulai dari Rp 409.500,00

KemasanKaleng isi 340 gram
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing baru lahir sampai usia 6 minggu, anjing sakit atau dalam masa pemulihan
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein kasar (33%), lemak kasar (40%), kelembapan (5%), vegetable oil, kasein, dan bakteri probiotik (130.000 CFU/gram).
7
KemasanKaleng isi 200 gram
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing, indukan yang sedang mengandung atau menyusui
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein kasar (29%), lemak kasar (28%), serat (0,5%), kelembapan (5%), dan bakteri probiotik (130.000 CFU/gram)
6
KemasanKaleng isi 400 gram
JenisBubuk
PeruntukanSemua tahapan usia
Sumber susuKambing
Kandungan nutrisiProtein dan kalsium
5
KemasanKaleng isi 300 gram
JenisBubuk
PeruntukanSemua tahapan usia
Sumber susuKambing
Kandungan nutrisiProtein (24 gr), lemak (13,9 gr), karbohidrat (46 gr), AA (1,8 mg), DHA (18 mg), dan lain-lain
4
KemasanBotol isi 380 ml
JenisCair
PeruntukanSemua tahapan usia
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiTaurin, kalsium, omega-3 fats, vitamin E, beta karoten, conjugated linoleic acid (CLA), dan lain-lain
3
KemasanKarton/kardus isi 300 gram
JenisBubuk
PeruntukanAnjing yang tidak nafsu makan atau anjing yang terlalu kurus
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein susu, lemak hewani, minyak kedelai, minyak kopra, minyak ikan, dan lain-lain
2

BeapharLactol Milk Replacer for Puppies

Mulai dari Rp 220.000,00

KemasanKontainer isi 500 gram
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing 5-52 minggu, indukan yang hamil atau menyusui, serta anjing yang sedang sakit.
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein kasar (24%), lemak dan minyak (24%), kadar abu (7%), kelembapan (3,5%), kalsium (0,86%), dan lain-lain
1
KemasanKaleng isi 2 kg
JenisBubuk
PeruntukanAnak anjing 0-8 minggu
Sumber susuSapi
Kandungan nutrisiProtein susu (33%), lemak hewani (39%), DHA (1gr/kg), whey protein, minyak kopra, minyak kedelai, minyak ikan, mineral. frukto-oligosakarida, dan lain-lain.

Tabel perbandingan produk susu terbaik untuk anjing

Gambar produk
1
Royal Canin Babydog Milk 1

Royal Canin

2
Beaphar Lactol Milk Replacer for Puppies 1

Beaphar

3
Better Pro  Dog Fat Milk 1

Better Pro

4
Zeal Pet Milk 1

Zeal

5
Endi Goat Milk Powder 1

Endi

6
BBN Goat’s Milk 1

BBN

7
Ameri Pro Highly Digestible Milk Replacer 1

Ameri Pro

8
PetAg  Esbilac Puppy Milk Replacer Powder 1

PetAg

9
Dr. K  Pet Milk 1

Dr. K

10
Growppy Milk 1

Growppy

Nama produk

Babydog Milk

Lactol Milk Replacer for Puppies

Dog Fat Milk

Pet Milk

Goat Milk Powder

Goat’s Milk

Highly Digestible Milk Replacer

Esbilac Puppy Milk Replacer Powder

Pet Milk

Milk

Keunggulan

Produk level mancanegara yang sudah terbukti kualitasnya!

Produk rekomendasi para breeder

Solusi anjing kurus!

Susu segar bebas laktosa yang dikemas dalam botol siap minum!

Bentengi anjing Anda dari virus dengan kandungan nukleotida

Dibuat dari susu pilihan dan teknologi mutakhir dari New Zealand, kualitasnya pasti terjamin!

Mengandung FOS yang baik untuk daya tahan tubuh

Suplemen ideal untuk mempercepat pemulihan

Keamanan terjamin karena produk ini sudah bersertifikat HACCP

Mengandung antioksidan yang lengkap untuk meningkatkan sistem imun anjing Anda

Harga mulai dariRp 875.000,00Rp 220.000,00Rp 90.000,00Rp 65.000,00Rp 150.000,00Rp 165.000,00Rp 45.000,00Rp 409.500,00Rp 23.000,00Rp 40.000,00
KemasanKaleng isi 2 kgKontainer isi 500 gramKarton/kardus isi 300 gramBotol isi 380 mlKaleng isi 300 gramKaleng isi 400 gramKaleng isi 200 gramKaleng isi 340 gramSachet isi 150 mlBoks 300 gram (isi 10 sachet)
JenisBubukBubukBubukCairBubukBubukBubukBubukCairBubuk
PeruntukanAnak anjing 0-8 mingguAnak anjing 5-52 minggu, indukan yang hamil atau menyusui, serta anjing yang sedang sakit.Anjing yang tidak nafsu makan atau anjing yang terlalu kurusSemua tahapan usiaSemua tahapan usiaSemua tahapan usiaAnak anjing, indukan yang sedang mengandung atau menyusuiAnak anjing baru lahir sampai usia 6 minggu, anjing sakit atau dalam masa pemulihanSegala usiaAnak anjing, indukan menyusui, anjing sakit atau tua
Sumber susuSapiSapiSapiSapiKambingKambingSapiSapiSapiSapi
Kandungan nutrisiProtein susu (33%), lemak hewani (39%), DHA (1gr/kg), whey protein, minyak kopra, minyak kedelai, minyak ikan, mineral. frukto-oligosakarida, dan lain-lain.Protein kasar (24%), lemak dan minyak (24%), kadar abu (7%), kelembapan (3,5%), kalsium (0,86%), dan lain-lainProtein susu, lemak hewani, minyak kedelai, minyak kopra, minyak ikan, dan lain-lainTaurin, kalsium, omega-3 fats, vitamin E, beta karoten, conjugated linoleic acid (CLA), dan lain-lainProtein (24 gr), lemak (13,9 gr), karbohidrat (46 gr), AA (1,8 mg), DHA (18 mg), dan lain-lainProtein dan kalsiumProtein kasar (29%), lemak kasar (28%), serat (0,5%), kelembapan (5%), dan bakteri probiotik (130.000 CFU/gram)Protein kasar (33%), lemak kasar (40%), kelembapan (5%), vegetable oil, kasein, dan bakteri probiotik (130.000 CFU/gram).Yucca extract, taurin, kolostrum, serat, vitamin, dan mineralProtein (33%), lemak (39%), kalsium (1,1%), kadar abu (6%), laktosa (18,5%), dan lain-lain
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk anjing

Selain susu, masih banyak produk perawatan anjing yang bisa Anda siapakan di rumah, seperti sampo, dog food, bahkan obat kutu. Untuk tahu apa saja rekomendasi produknya, bacalah artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Ada beragam jenis susu untuk anjing. Apakah Anda sudah menemukan susu yang akan disukai anjing Anda? Susu bukanlah makanan utama, kecuali bagi anjing yang masih bayi. Jadi, Anda bisa memberikan susu sebagai nutrisi tambahan dan suplemen hidrasi pada anjing Anda. Silakan pilih sesuai dengan selera anjing Anda, baik itu susu kambing atau susu sapi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    394.738 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    251.990 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    192.241 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    182.850 Views
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging yang berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam dari merek seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
    36.994 Views
  • 10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pemilihan dog food tentu dapat memengaruhi kesehatan anjing kesayangan Anda. Dog food yang tepat dapat meningkatkan nafsu makan anjing. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan dog food basah pada anjing yang kurang nafsu makan. Di pasaran, Anda bisa menjumpai dog food basah dari berbagai merek seperti PEDIGREE®, Black Hawk, dan ROYAL CANIN®. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih dog food basah. Selain itu, ada sepuluh rekomendasi produk bagus yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan anjing Anda.
    Makanan hewan
    27.757 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori