1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Aksesori wanita
  6. >
  7. 10 Jam Tangan Seiko Automatic Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Jam Tangan Seiko Automatic Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Jam Tangan Seiko Automatic Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Jam Tangan Seiko Automatic Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Jam Tangan Seiko Automatic Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Jam Tangan Seiko Automatic Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Jam Tangan Seiko Automatic Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Seiko adalah merek jam berkualitas dari Jepang yang berdiri sejak 1881. Seiko memang pelopor jam tangan tipe Quartz, tetapi jam tangan Seiko tipe Automatic juga layak dipertimbangkan. Jam tangan tipe automatic mampu memberi kepraktisan karena minim perawatan, tidak butuh baterai, dan look-nya lebih profesional serta keren.


Di artikel ini kami secara khusus akan mengulas jam tangan Seiko Automatic untuk wanita. Anda akan menemukan seri Seiko 5, Presage, dan Seiko Ladies yang desainnya cantik. Ada juga ulasan rekomendasi jam tangan Seiko Automatic original yang bagus dipakai kapan pun. Yuk, simak artikelnya!

Diperbaharui 08-13-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keistimewaan jam tangan Seiko Automatic

Dalam perjalanan bisnisnya, Seiko terus mengembangkan desain dan model jam tangannya. Selain jam tangan tipe Quartz (dengan tenaga baterai), Seiko juga terkenal dengan jam tangan automatic-nya yang berkualitas. Ciri jam tangan Seiko Automatic adalah adanya tulisan "Automatic" di dial case-nya.


Jam tangan automatic adalah jam tangan yang tak membutuhkan baterai karena tenaga geraknya berasal dari putaran rotor. Rotor berputar saat jam digerakkan dan menyimpan energi (power reserve) selama 30–40 jam atau sekitar 1–2 hari. Jika jam mati karena lama tak dipakai, Anda bisa menghidupkannya kembali dengan menggoyangkannya.


Pembuatan jam tangan automatic memerlukan craftmanship tinggi. Inilah alasannya kenapa jam Seiko Automatic mahal dibandingkan jam tangan tipe Quartz. Meskipun begitu, jam tangan Seiko Automatic selalu jadi primadona karena dapat menunjang penampilan profesional. Anda juga bisa memakainya untuk menghadiri acara kasual. Keunggulan jam tangan automatic lainnya adalah:


  • Tidak dibutuhkan penggantian baterai
  • Akurasi waktunya cukup presisi
  • Memiliki daya cadang yang tinggi
  • Pergerakan dial atau jarum jamnya terlihat halus
  • Minim perawatan
  • Water resistant-nya relatif awet karena back case jarang dibuka

Cara memilih jam tangan Seiko Automatic

Seiko terus memproduksi jam tangan automatic dengan desain up to date. Nah, sebelum Anda membelinya, mari lihat bagaimana cara memilih jam tangan Seiko Automatic terlebih dahulu.

① Kenali dahulu seri-seri Seiko Automatic

Seiko memiliki banyak produk jam tangan tipe automatic. Kami akan menjelaskan beberapa seri jam tangan Seiko Automatic yang banyak dicari oleh wanita.

Seiko 5, seri low end dengan lima fitur unggulan

Seri Seiko 5 diluncurkan sejak tahun 1963 untuk menyambut Olimpiade Tokyo 1964. Setelah itu, Seiko kembali merilis seri Seiko 5 pada 2019 untuk menyambut Olimpiade Tokyo 2020. Inspirasi seri Seiko 5 terletak pada desain dan warnanya yangedgy.


Seiko 5 termasuk seri low end atau yang harganya relatif terjangkau dibanding dengan seri lainnya. Meskipun demikian, Seiko tidak main-main dengan kualitas dan fitur-fiturnya. Spirit angka lima pada Seiko 5 ada pada lima keunggulannya, yaitu:


  1. Automatic movement
  2. Water resistant
  3. Display kalender (hari dan tanggal)
  4. Case dan strap tahan lama
  5. Mahkota sekrup yang tersembunyi di dial pukul empat

Seiko Ladies, pilihan untuk style klasik dan elegan

Seiko Ladies, pilihan untuk style klasik dan elegan

Bila Anda menyukai penampilan yang klasik dan elegan, seri Seiko Ladies pasti akan cocok dikenakan. Sesuai namanya, seri ini ditujukan untuk para wanita yang ingin tampil chic dan anggun.

 
Perpaduan warna dengan kilau permata yang menghiasinya membuat jam tangan ini tampak menawan. Hal ini membuat Seiko Ladies tidak hanya berfungsi sebagai aksesori jam tangan saja, tetapi sekaligus sebagai gelang.

Presage, aksesori penunjang untuk penyuka fashion kasual

Kami merekomendasikan Seiko Presage apabila Anda mencari jam tangan dengan konsep trendy dan unik. Seiko mengembangkan fungsi trimatik di dalamnya sehingga jam ini memiliki gerakan yang rumit dengan daya tahan yang tinggi. Kelebihan Seiko Presage makin sempurna karena memiliki dial antikarat.


Presage merupakan jam tangan buatan Jepang yang telah digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Seri ini juga memiliki rangkaian produk yang unik, salah satunya adalah produk-produk yang terinspirasi dari warna-warni minuman cocktail.

Lukia, jam tangan multifungsi dengan desain yang spektakuler

Lukia adalah seri yang paling digemari di antara varian jam tangan Seiko untuk wanita. Karena itu, kami merekomendasikannya untuk Anda yang ingin jam tangan cantik dan memiliki fungsi yang dapat diandalkan. Case dan strap-nya terbuat dari titanium, membuatnya aman dipakai oleh Anda yang memiliki alergi logam


Selain itu, seri ini memiliki banyak fungsi, seperti fungsi kalender otomatis, tenaga surya, dan world time function. Sayangnya, seri ini masih cukup sulit didapatkan di Indonesia.

Astron, dilengkapi dengan teknologi Seiko terbaru

Seri Astron adalah jam tangan ber-GPS pertama di dunia yang memakai tenaga surya sebagai sumber daya. GPS akan aktif dan menampilkan informasi posisi dan waktu secara akurat hanya dengan menekan satu tombol. Satelitnya memiliki kemampuan yang baik karena bisa mendapat sinyal radio hingga 20.000 kilometer.


Seiring dengan perkembangan teknologi Seiko, fungsinya pun terus berkembang sejak peluncurannya pada tahun 1969. Dapat dikatakan bahwa Astron adalah jam tangan dengan citra Seiko yang kental sehingga patut dipertimbangkan oleh para penggemar Seiko. Namun, jam tangan seri Astron untuk wanita masih jarang dipasarkan di Indonesia.

② Pilih berdasarkan bahan strap

Pilih berdasarkan bahan strap
Sebaiknya, Anda memilih strap yang nyaman digunakan dan sesuai kebutuhan. Konsumen umumnya menyukai straps yang terbuat dari kulit atau logam. Strap kulit tampak menarik karena ringan dan terlihat pas dengan warna kulit. Di samping itu, varian warnanya cukup beragam. Namun, Anda harus rutin membersihkannya karena rentan terhadap air dan keringat

Sementara itu, strap logam tahan terhadap keringat dan air, tetapi lebih berat dan bisa membuat pergelangan tangan Anda lelah. Strap logam jenis stainless steel juga berpotensi menyebabkan alergi. Alternatif lainnya adalah Anda bisa mempertimbangkan strap titanium dari Seiko. Jam tangan dengan strap titanium dipercaya lebih aman untuk Anda yang memiliki alergi terhadap logam. 


Jika Anda sudah terlanjur membeli strap logam stainless steel, lalu ternyata mengalami alergi, Anda dapat menggantinya dengan strap kulit. Jika Anda tertarik mencari jam tangan strap kulit merek lainnya, kami telah mengulasnya pada tautan berikut ini.

③ Perhatikan tingkat resistansi jam tangan terhadap air

Perhatikan tingkat resistansi jam tangan terhadap air
Ketika memilih jam tangan, perhatikan juga tingkat resistensinya terhadap air. Pastikan Anda memilih produk yang tingkat resistensinya sesuai dengan penggunaan Anda. Biasanya tingkat resistensi terhadap air ditulis dalam satuan BAR atau ATM.

Jam tangan dengan resistensi 5 ATM dapat digunakan untuk melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan air, tetapi bukan olahraga air. Tingkat resistensi yang cocok digunakan saat berenang, yatching, dan memancing adalah 10 ATM. Untuk menyelam, Anda membutuhkan resistensi sebesar 20 ATM. Namun, jam tangan dengan resistensi 20 ATM tak bisa dipakai scuba diving


Tingkat resistensi tersebut dapat Anda temukan di bagian belakang jam tangan. Bagaimana pun perlu diingat bahwa air adalah musuh utama jam tangan dan dapat merusak ritme gerakan jam. Karena itu, amat penting untuk memilih tingkat resistensi yang sesuai pemakaian.

④ Ketahui fitur-fitur penting lainnya

Fitur-fitur lain dalam jam tangan Seiko Automatic juga tidak boleh luput diperhatikan. Beberapa fitur ini tidak hanya membuat tampilan jam terlihat keren, tetapi juga bisa menunjang mobilitas Anda.

 
  • LumiBrite

Pernahkah Anda kesulitan mengecek jam di tempat yang gelap? Itulah sebabnya fitur LumiBrite diciptakan. LumiBrite adalah semacam cat bercahaya yang bebas zat radioaktif sehingga aman digunakan. LumiBrite bekerja dengan menyerap dan menyimpan cahaya matahari atau lampu, kemudian cahaya akan dipancarkan saat berada di ruangan gelap.


  • Jewels

Jewels adalah batu permata yang berfungsi untuk mengurangi aus pada perputaran roda mesin jam. Hasilnya adalah mekanisme jam terjaga sehingga tingkat akurasi jam pun lebih presisi. Dalam satu buah jam terdapat beberapa buah jewels, mulai dari 17, 21, 23, hingga 50. Makin tinggi jumlah jewels-nya, tingkat akurasi jam akan makin tinggi asalkan jewels ditempatkan pada posisi yang tepat.

  • Kalender

Jam tangan masa kini tidak hanya menunjukkan waktu, tetapi juga hari serta tanggal. Kebanyakan jam Seiko Automatic memiliki kalender pada dial case-nya. Ada kalender yang menampilkan tanggal saja, tetapi ada juga yang menunjukkan hari dan tanggal. Posisi kalender tergantung preferensi Anda, tetapi umumnya ada di dial pukul tiga atau empat.

10 Rekomendasi jam tangan Seiko Automatic terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jam tangan Seiko Automatic terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Seiko 5 Automatic

 Seiko 5 Automatic 1枚目

Dengan double push button, pengait lebih awet meski sering dilepas pasang

2

Seiko 5 Automatic

 Seiko 5 Automatic 1枚目

Strap warna gold dan silver, cocok untuk semua warna kulit

3

Seiko 5 Automatic

 Seiko 5 Automatic 1枚目

Full silver yang minimalis siap temani Anda di segala acara

4

Seiko 5 Automatic

 Seiko 5 Automatic 1枚目

Lebih kecil dan tipis, terasa ringan ketika bergerak

5

Seiko 5 Automatic

 Seiko 5 Automatic 1枚目

Tahan benturan dan tahan gores, pas temani aktivitas outdoor Anda

6

Seiko

Presage

Seiko Presage 1枚目

Warna merah yang bold, siap memberi semangat pada hari Anda

7

Seiko

Presage

Seiko Presage 1枚目

Temani aktivitas outdoor Anda dengan look classy

8

Seiko

Couple

Seiko Couple  1枚目

Kado pas untuk anniversary yang berkesan

9

Seiko

Seiko 5 Automatic

Seiko Seiko 5 Automatic 1枚目

Tonjolkan sisi klasik dan vintage dengan strap emas

10

Seiko

Automatic Blue Leather

Seiko Automatic Blue Leather 1枚目

Tampak chic dan girly dengan strap berwarna

Perincian produk
Close
No.1

Seiko 5 AutomaticSNK878K1

Mulai dari Rp3.186.000,00

Dengan double push button, pengait lebih awet meski sering dilepas pasang

Pengait jam ini didesain model double push button, yaitu ada dua tombol pengait pada strap-nya. Dengan demikian, sekalipun sering dilepas pasang, strap jam tetap awet dan tidak mudah rusak. Cocok dimiliki oleh Anda yang menginginkan jam berkualitas untuk penggunaan jangka panjang. 

Ditunjang dengan kemampuan power reserve selama 40 jam, arloji ini juga merupakan pilihan tepat untuk menemani Anda bekerja seharian. Setiap pergerakan tangan Anda bisa menyimpan daya cukup lama sehingga esoknya bisa dipakai lagi tanpa khawatir jam mati.

No.2

Seiko 5 AutomaticSNK892K1

Mulai dari Rp2.807.000,00

Strap warna gold dan silver, cocok untuk semua warna kulit

Jam ini memberikan Anda penampilan yang lebih eye catching dengan warna strap berwarna gold dan silver. Perpaduan warnanya cocok untuk semua jenis tone kulit. Alih-alih terlihat kusam, jam desain klasik ini justru bisa meningkatkan daya tarik Anda. Memakainya saat menghadiri meeting makin memancarkan pesona Anda. Jadi, jangan ragu memilihnya, ya!
No.3

Seiko 5 AutomaticSNK899K1

Mulai dari Rp2.154.000,00

Full silver yang minimalis siap temani Anda di segala acara

Bagi Anda yang ingin berpenampilan minimalis, produk ini bisa menjadi pilihan pas. Strap dan case-nya berwarna silver, begitu pula dengan dial-nya. Uniknya lagi adalah case bagian belakang didesain transparan. Warna full silver-nya mengesankan look yang minimalis sehingga jam cocok dipakai pada berbagai kesempatan, baik formal maupun kasual.

No.4

Seiko 5 AutomaticSYMK27K1

Mulai dari Rp1.863.000,00

Lebih kecil dan tipis, terasa ringan ketika bergerak

Jam ini memiliki desain cukup ramping. Diameternya hanya 25 mm dan ketebalannya hanya 10 mm. Jadi, jam terasa ringan dan ringkas dipakai di pergelangan tangan mungil Anda. Memakainya seharian tidak membuat pergelangan tangan jadi lelah. Sebaliknya, tangan Anda justru terasa lebih enteng dan lincah bergerak. Yuk, pakai saja jam kecil ini untuk menemani hari-hari sibuk Anda.
No.5

Seiko 5 AutomaticSNK895K1

Mulai dari Rp2.133.000,00

Tahan benturan dan tahan gores, pas temani aktivitas outdoor Anda

Material jam ini terbilang kokoh dan antigores karena terbuat dari kristal hardlex. Karakter mineral ini lebih tebal dan keras dibandingkan mineral biasa. Jadi, jam tangan ini tidak mudah rusak atau retak bila terbentur.


Anda yang menyukai aktivitas outdoor, kami sarankan memilih jam ini. Desain case-nya yang bold makin menunjukkan kepribadian Anda yang kuat dan berdaya. Para wanita aktif dan mandiri pasti cocok memakainya.

No.6

Warna merah yang bold, siap memberi semangat pada hari Anda

Keunggulan dari jam tangan ini adalah tampilannya yang mewah. Dengan desain elegan, dial berwarna merah, dan strap stainless steel, produk ini terlihat trendy sekaligus classy. Warna merahnya yang bold serasa menyuntikkan semangat saat menjalani hari. Jika Anda adalah wanita karier dengan jam kerja yang padat, pastikan jam tangan ini menemani kesibukan Anda.

No.7

SeikoPresageSRP839J1

Mulai dari Rp4.630.000,00

Temani aktivitas outdoor Anda dengan look classy

Jam yang satu ini tampilannya memang terlihat klasik, tetapi kemampuan water resistant-nya cukup baik. Anda bisa memakainya saat menjalani aktivitas outdoor, bisa dipakai berenang, bahkan kehujanan pun tidak masalah. 

Perpaduan warna pink pada dial dan strap stainless steel warna silver dapat memberi kesan classy sekaligus lincah. Cukup miliki satu jam ini saja, Anda bisa memakainya saat menghadiri acara formal ataupun menjalani hobi outdoor.

No.8

SeikoCouple SNKN90K1 & SNK882K1

Mulai dari Rp5.614.000,00

Kado pas untuk anniversary yang berkesan

Apabila Anda mencari jam tangan yang bisa digunakan sebagai couple item saat perayaan anniversary, seri ini dapat Anda pertimbangkan. Desain sunray dial yang menyerupai pancaran sinar matahari membuat jam ini terkesan minimalis. 


Dengan strap stainless steel silver dan berbingkai rose gold, jam tangan tampak elegan dipakai oleh pria ataupun wanita. Yuk, buat anniversary lebih berkesan dengan memberi kado pasangan jam keren ini.

No.9

SeikoSeiko 5 AutomaticSNK876K1

Mulai dari Rp2.903.000,00

Tonjolkan sisi klasik dan vintage dengan strap emas

Apabila Anda menyukai tampilan yang eye-catching, tetapi tetap elegan, pilihlah jam tangan ini! Warna full emasnya memberi kesan klasik dan juga vintage. Anda juga bisa menjadikan jam ini sebagai aksesori tangan pengganti gelang emas.


Jam ini bisa dipakai saat Anda menghadiri pesta atau acara formal lainnya. Dengan 21 jewels pada mesinnya, jam ini bisa menunjukkan waktu yang lebih presisi. Artinya, Anda tidak perlu lagi khawatir terlambat menghadiri acara penting.

No.10

SeikoAutomatic Blue LeatherSUF039K2

Mulai dari Rp1.264.000,00

Tampak chic dan girly dengan strap berwarna

Jam tangan dengan strap warna biru ini cocok untuk Anda, para wanita yang ingin terlihat chic dalam keseharian. Case jam berbentuk kotak yang berbeda dari jam tangan Seiko kebanyakan. Hal ini memberi kesan atraktif sekaligus girly. Anda bisa memakainya saat berangkat kuliah atau jalan bersama teman-teman.

Pertanyaan umum seputar jam tangan Seiko Automatic

Di samping penjelasan di atas, Anda mungkin masih menyimpan beberapa pertanyaan tentang jam tangan Seiko Automatic. Berikut ini kami telah merangkum penjelasannya untuk Anda.

Jam tangan Seiko buatan mana?

Seiko adalah merek jam tangan asal Tokyo, Jepang yang didirikan oleh Kintarō Hattori pada 1881. Berbekal pengalamannya magang di toko jam dan relasi yang makin berkembang, Hattori membangun merek jamnya sendiri, yaitu Seiko. Seiko terus berkembang hingga ke seluruh dunia dan menjadi merek elektronik kebanggaan Jepang hingga sekarang.

Apakah jam tangan Seiko Automatic tahan air?

Jam tangan Seiko Automatic terkenal dengan fitur water resistant-nya sehingga yang perlu diperhatikan adalah tingkat resistensinya. Untuk penggunaan biasa, cukup dengan water resistant 3 ATM atau 5 ATM. Namun, jika ingin dipakai untuk berenang atau menyelam, pilih water resistant 10 ATM atau 20 ATM.

Apa ciri-ciri jam tangan Seiko asli?

  • Terdapat kode kaliber di belakang casing yang jika dimasukkan ke dalam situs resmi Seiko akan muncul produknya.
  • Ukiran pada caseback terlihat rapi dan dilapisi stiker bening transparan tanpa garis merah.
  • Lettering logo Seiko menggunakan font resmi Seiko dan tertulis rapi, tidak ada typo.

Perawatan berkala sangat dibutuhkan agar jam tangan Anda tetap awet

Supaya jam tangan awet dan tahan lama, Anda harus meluangkan waktu untuk merawatnya. Berikut ini beberapa metode perawatan agar jam tangan lebih awet dan tetap terlihat indah!

Setelah digunakan, segera usap keringat dan sebum yang menempel

Setelah digunakan, segera usap keringat dan sebum yang menempel
Setelah jam dipakai, segera bersihkan bekas keringat dan sebum yang menempel pada jam dengan kain lembut. Langkah ini harus dilakukan, baik pada jam tangan dengan strap kulit maupun logam. Bagian yang paling penting untuk dibersihkan adalah bagian belakang yang menempel langsung pada kulit. 

Jika dibiarkan begitu saja, kotoran bisa memunculkan iritasi pada kulit atau karat pada strap. Jika memungkinkan, Anda bisa mengoleskan krim khusus pada strap kulit agar tampak terus mengilap.  

Bongkar dan bersihkan jam tangan secara berkala

Bongkar dan bersihkan jam tangan secara berkala
Apa pun seri jam tangan Seiko yang dimiliki, Anda harus rutin melakukan pengecekan suku cadang. Kalau perlu Anda sebaiknya melakukan overhaul (pembongkaran dan pembersihan) pada jam tangan secara teratur. Suku cadang yang sudah tua atau rusak harus diganti dengan yang baru agar bisa memperpanjang usia jam

Pastikan Anda melakukan pembongkaran dan pembersihan di gerai resmi Seiko setidaknya tiga tahun setelah pembelian. Namun, waktu untuk melakukan overhaul sebenarnya tergantung pada model drive yang Anda beli. Bersihkan jam tangan Anda secara teratur supaya lebih terawat dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Baca juga rekomendasi jam tangan Seiko lainnya di sini

Kami telah membahas secara khusus jam tangan Seiko Automatic. Namun, Anda mungkin ingin membandingkannya dengan jam tangan Seiko tipe lainnya? Jika demikian, silakan buka tautan di bawah ini dan cek jam tangan Seiko lainnya.

Kesimpulan

Jam tangan merupakan item yang sering dipakai saat akan ke luar rumah atau saat beraktivitas. Karena itu, pilihlah jam tangan yang paling cocok dengan rutinitas Anda sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama. 

Hal penting lainnya, silakan memilih jam tangan yang paling sesuai dengan kepribadian Anda. Jadi, jangan asal pilih, ya! Di antara semua rekomendasi di atas, apakah ada jam tangan Seiko yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer