10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood untuk lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, penggunaan lens hood nyatanya memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat Anda memotret objek gambar. Foto yang dihasilkan tentunya akan lebih sempurna.

Ternyata cukup banyak jenis lens hood yang beredar di pasaran sehingga mungkin menyulitkan Anda. Melalui artikel ini, kami menjelaskan cara memilih lens hood terbaik berdasarkan fungsi dan efek yang dapat dihasilkan. Sebelum membahas lebih jauh, akan kami jelaskan beberapa kegunaan lens hood pada kamera.

Daftar isi

Kegunaan dan fungsi lens hood

Lens hood umumnya memiliki dua kegunaan. Pertama adalah sebagai naungan atau untuk menghindari cahaya yang terlalu kuat, sedangkan yang kedua adalah perlindungan lensa. Mari kita lihat fungsi utama penggunaan lens hood!

Memotong cahaya berlebih yang masuk melalui lensa

Memotong cahaya berlebih yang masuk melalui lensa

Untuk memotret, cahaya harus masuk ke dalam lensa, tetapi tidak semua cahaya diperlukan. Ada juga lampu luar yang akan mempengaruhi kualitas gambar. Lens hood memiliki efek memotong/mengurangi cahaya yang masuk secara berlebih.

Saat mengambil gambar, apakah Anda menemukan cahaya aneh dalam bingkai sehingga keseluruhannya menjadi redup? Cahaya aneh ini disebut “orbs” dan ketika terlalu kabur dan terang disebut dengan “suar”. Ini adalah fenomena optik yang disebabkan oleh cahaya ekstra yang masuk dari tepi lensa. Dengan memasang lens hood, cahaya dari ujung dapat dipotong sehingga Anda dapat mengurangi cahaya hantu dan suar.

Melindungi lensa saat terjatuh ataupun terbentur benda keras

Melindungi lensa saat terjatuh ataupun terbentur benda keras

Lensa merupakan instrumen optik pada kamera yang sangat mahal harganya. Karena itu, Anda harus menjaga lensa agar tidak terjatuh ataupun terbentur benda keras. Jika optik lensa tergores, tentu hal ini akan memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Selain itu, jika pengaturan lensa tidak sesuai, atau terjadi masalah pada mode zoom dan penyesuaian autofokus, Anda tidak dapat memotret dengan baik, kecuali Anda sudah membawanya ke tempat perbaikan.

Meskipun demikian, kontak dengan benda keras tak dapat dihindari. Bisa saja tanpa sengaja kepala lensa menyenggol tembok atau benda keras di sekeliling Anda. Di sinilah lens hood berperan penting dalam melindungi lensa pada kamera.

Cara memilih lens hood

Poin terpenting dalam memilih lens hood adalah memperhatikan bentuk, ukuran, dan bahan yang digunakan. Sebelum membeli, mari kita pahami beberapa produk yang sesuai untuk kamera Anda.

Pilih lens hood berdasarkan bentuknya

Lens hood memiliki tiga bentuk yang umum. Masing-masing bentuk akan memengaruhi kemampuan lens hood dalam merintangi cahaya masuk.

Lens hood berbentuk kelopak bunga untuk jenis lensa dengan fokus zoom

Lens hood berbentuk kelopak bunga untuk jenis lensa dengan fokus zoom

Bentuk lens hood jenis kelopak disebut “lens hood bunga”. Cukup banyak lens hood yang memiliki bentuk seperti ini. Jenis ini dapat memotong empat sudut “lens hood bundar” yang akan diperkenalkan selanjutnya. Fungsi dari lekukan para tepi lens hood ini adalah untuk menangkap cahaya yang diperlukan dari empat sudut foto.

Alasan bahwa ada banyak lens hood bunga terkait dengan fakta bahwa ada banyak lensa zoom. Sudut pandang (rentang yang ditunjukkan dalam foto) cukup bervariasi tergantung pada panjang fokus lensa zoom. Jika lens hood bundar digunakan, bayangan lens hood akan tercermin pada beberapa panjang fokus. Dengan membuat lekukan menyerupai bunga di setiap sudutnya, lekukan itu dapat mencegah adanya pantulan dari bayangan ini.

Karena itu, sebagian lens hood untuk lensa zoom adalah lens hood berbentuk bunga. Selain itu, masing-masing produsen pembuat lens hood bunga memang sebagian besar untuk lensa zoom. Hal itu tidak akan menjadi masalah jika Anda menggunakannya.

Lens hood bundar untuk jenis lensa tunggal (lensa fix)

Lens hood bundar untuk jenis lensa tunggal (lensa fix)

Berbeda dengan lens hood berbentuk bunga, lens hood bundar ini memiliki bentuk yang cukup sederhana. Lens hood ini biasa dipasang pada lensa yang memiliki panjang fokal tunggal dan tidak memiliki fungsi zoom. Jenis lensa ini dikenal juga dengan nama lensa fix, seperti lensa 35 mm, 50 mm, 55 mm, dan sebagainya.

Namun, lensa jenis ini memiliki lebih banyak pilihan lens hood dibanding dengan lensa zoom. Selain itu, kelebihan saat menggunakan lensa tunggal (fix) adalah Anda juga dapat memasang lens hood jenis apa pun selama bayangan lens hood-nya tidak muncul dan mengganggu objek gambar. Dalam kasus lens hood bundar, akan semakin menarik jika Anda bereksperimen dengan mencoba berbagai bahan.

Lens hood kubah untuk jenis lensa tunggal

Lens hood kubah untuk jenis lensa tunggal

Biasanya, karena lens hood terpasang pada ujung lensa, sepertinya panjang keseluruhan lensa akan bertambah. Lens hood jenis kubah ditandai dengan bentuk tutup yang menutupi ujung lensa.

Lens hood tipe kubah adalah jenis yang sering digunakan untuk lensa fokus tunggal yang tipis dan padat. Lens hood juga didesain sepadat mungkin supaya tidak menggangu portabilitas lensa yang ringkas. Karena itu, bagi Anda yang tidak menyukai penggunaan lens hood bundar dan bunga karena ingin terlihat lebih ringkas, Anda dapat menggunakan jenis kubah. Namun, pastikan Anda telah memeriksa apakah bayangan pada lens hood tidak masuk saat Anda menggunakannya.

Cara memasang lens hood sesuai dengan ukurannya

Mengingat cukup banyak jenis lensa yang beredar di pasaran, pastikan Anda memilih lens hood yang sesuai dengan fungsi dan diameter lensa yang ingin Anda gunakan. Lantas, bagaimana cara mengetahui ukuran dan cara memasangnya?

Cara memasang lens hood pada kamera

Cara memasang lens hood pada kamera

Umumnya, terdapat dua cara untuk memasang lens hood yang dikenal dengan tipe bayonet dan tipe sekrup.

Untuk tipe bayonet, melepas dan memasang lens hood cukup dilakukan dengan memutar lens hood yang melekat pada lensa. Perlu diketahui juga, sebagian besar lensa beserta lens hood yang beredar di pasaran saat ini telah menggunakan tipe bayonet.

Di sisi lain, tipe sekrup adalah jenis yang memiliki dudukan baut dan biasa dipasang bersama dengan filter lensa. Karena memiliki jumlah belokan yang lebih banyak dibandingkan dengan tipe bayonet, diperlukan waktu untuk melepas dan memasang. Tetapi jika lens hood ini memiliki diameter yang sesuai dengan kepala lensa, ia dapat terpasang dengan mudah. Karena itu, jika Anda ingin mengganti lens hood dengan berbagai cara, Anda dapat memilih lens hood jenis sekrup.

Namun, hal itu tergantung pada kombinasi lens hood dan lensa yang membuat bayangan lens hood dapat dipantulkan. Jadi berhati-hatilah saat menggunakannya.

Pilih lens hood yang sesuai dengan diameternya

Pilih lens hood yang sesuai dengan diameternya

Ukuran diameter lens hood dinyatakan dalam ukuran milimeter. Begitu pula dengan filter yang Anda gunakan. Keduanya terpasang dengan nilai numerik yang sama. Misalnya, lensa kamera Anda memiliki diameter 49 mm. Maka dari itu, pilihlah filter dan lens hood dengan diameter yang sama. Selain itu, saat memilih lens hood, pilihlah yang sesuai dengan focal length lensa Anda. Misal untuk lensa kit ataupun lensa lebar, pilihlah lens hood bunga. Untuk lensa fix atau tunggal, pilihlah lens hood bundar.

Pilih lens hood berdasarkan bahan lensanya

Umumnya, terdapat tiga bahan lens hood yang dijual di pasaran di antaranya jenis plastik, karet (silikon), atau logam. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis bahan tersebut.

Bahan plastik: Ringan dan mudah ditemukan

Bahan plastik: Ringan dan mudah ditemukan

Lens hood berbahan plastik adalah yang paling populer dan mudah ditemukan. Saat Anda membeli kamera dan lensa baru, Anda biasanya akan mendapatkan lens hood plastik. Lens hood jenis ini memiliki bahan yang cukup ringan, namun mudah rusak jika terbentur atau tergores benda keras.

Bahan karet/silikon: Lentur dan tahan bentur

Bahan karet/silikon: Lentur dan tahan bentur

Lens hood berbahan karet lunak dapat menyerap benturan. Beberapa dari mereka adalah lens hood berbahan silikon, bukan karet, tetapi memiliki kinerja yang hampir sama. Salah satu fitur utama yaitu bahan yang lembut sehingga dapat dilipat terbalik atau melekat pada lensa. Lens hood jenis ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin mengambil gambar dengan lebih efisien karena tidak perlu melepasnya setiap kali tidak digunakan. Anda hanya perlu melipatnya seperti apa adanya.

Bahan logam: Berdaya tahan kuat dan menawarkan proteksi terbaik

Bahan logam: Berdaya tahan kuat dan menawarkan proteksi terbaik

Lens hood berbahan logam memiliki kekuatan dan mempercantik tampilan. Bahkan dengan desain yang sama, lens hood ini memberi kesan yang tajam dibandingkan dengan lens hood berbahan plastik dan karet. Dapat dikatakan bahwa lens hood jenis ini dapat meningkatkan “peringkat” dari kamera yang digunakan. Lens hood jenis ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin membawa kamera dalam kondisi baik.

10 Rekomendasi lens hood terbaik

Di bawah ini, kami merekomendasikan sepuluh lens hood terbaik yang dapat digunakan pada lensa kamera Anda. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Rajawali ES-68 Lens Hood

10. Rajawali ES-68 Lens Hood

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 50.000

Praktis dan mudah dilepas pasang pada kamera

Dengan tekstur yang ringan karena berbahan utama plastik, lens hood ini dapat digunakan pada lensa tunggal 50 mm. Selain dapat melindungi kepala lensa dari benturan benda keras, lens hood ini mampu mengurangi flare (cahaya berlebih) baik saat memotret di dalam maupun luar ruangan.

Lensa yang sesuai Lensa Canon 50 mm
Bentuk Bundar
Bahan Plastik

9. Lens Hood EW-60F for Canon

9. Lens Hood EW-60F for Canon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 65.000

Mengurangi cahaya berlebih bagi Anda penggemar foto lanskap di ruang terbuka

Bentuk lens hood bayonet yang banyak digunakan adalah jenis kelopak bunga yang memiliki empat sudut. Lens hood ini cukup efektif untuk Anda gunakan pada lensa dengan sudut cukup luas (wide) ataupun sudut jauh (telephoto angle).

Lensa yang sesuai Lensa Canon EF-M18-150mm/3.5-6.3 IS STM
Bentuk Bundar kelopak bunga
Bahan Plastik

8. Lens Hood ET-63 for Canon

8. Lens Hood ET-63 for Canon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 35.000

Melengkapi lensa super panjang bagi para fotografer lapangan

Jika Anda pernah melihat bagaimana para fotografer pertandingan sepak bola memotret pemain yang berlaga di lapangan hijau, Anda dapat menemukan lens hood ini melekat bersama lensa super panjang. Dengan menggunakan lens hood ini, kamera Anda juga dapat terlindungi dari debu, air, dan benturan benda keras di lapangan.

Lensa yang sesuai Lensa Canon EF-S 55-250MM F/4-5.6 IS STM
Bentuk Bundar
Bahan Plastik

7. Lens Hood EW-83G for Canon

7. Lens Hood EW-83G for Canon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 53.000

Selain modis, dudukannya cocok untuk berbagai ukuran filter

Bagi Anda yang menggunakan kamera Canon dengan strap yang modis, tentunya akan lebih sesuai lagi jika dilengkapi dengan lens hood ini. Produk dengan desain melingkar kelopak bunga ini cocok digunakan bagi Anda yang kerap menggunakan filter berbagai merek. Selain hitam, tersedia pula dalam warna putih.

Lensa yang sesuai Lensa Canon EF 28-300mm f/3.5-5.6 IS USM
Bentuk Bundar kelopak bunga
Bahan Plastik

6. Rise (UK) Metal Tele Lens Hood

6. Rise (UK) Metal Tele Lens Hood

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 125.000

Lensa telephoto Anda akan terlihat lebih panjang dan profesional

Anda pengguna lensa tele dan penggemar wildlife photography? Lens hood ini bisa menjadi pilihan karena memberikan kesan profesional. Dengan lens hood ini, lensa Anda akan tampak lebih panjang. Selain itu, produk berbahan logam ini tidak mudah rusak saat terbentur benda keras.

Lensa yang sesuai Lensa telephoto dengan panjang 55-300 mm
Bentuk Bundar/silinder
Bahan Logam

5. Universal Rubber Lens Hood

5. Universal Rubber Lens Hood

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 30.000

Lens hood yang lentur, dapat dilipat, dan mudah disimpan pada saku pakaian

Selain dapat mengurangi flare atau cahaya berlebih, dengan lens hood ini Anda dapat mengatur ketinggian lens hood sesuai dengan keinginan. Itulah sebabnya menyebut lens hood ini disebut memiliki fungsi 3-in-1 karena dapat disesuaikan menjadi lebih pendek atau panjang.

Lensa yang sesuai Lensa dengan diameter 49-58 mm
Bentuk Bundar
Bahan Karet/silikon

4. JJC Lens Hood Wide Angle

4. JJC Lens Hood Wide Angle

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 164.000

Melindungi lensa lebar dan fullframe dari sinar cahaya berlebih dan benturan

Penggunaan lensa lebar pada kamera bersensor fullframe seperti Sony dan Canon tentunya dapat menangkap cahaya dari banyak sudut. Jika terlalu banyak cahaya yang masuk, Anda dapat menggunakan lens hood kubah ini. Dengan desain sederhana, lens hood ini juga dapat memberi kesan mewah pada kamera yang Anda gunakan.

Lensa yang sesuai Lensa wide/fullframe dengan diameter 49-55 mm
Bentuk Kubah (dome)
Bahan Logam

3. Fujifilm Lens Hood LH-X100

3. Fujifilm Lens Hood LH-X100

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 100.000

Lebih keren dengan lekukan lingkaran logam yang menghiasi kepala lensa Fujifilm X100

Jenis lens hood ini memiliki kesan yang lebih mewah karena memiliki lekukan yang sudah menjadi ciri khas dari lensa tunggal kamera Fujifilm seri X100. Selain memiliki bahan yang kuat, warna silver pada lens hood tentunya membuat kamera Fujifilm Anda menjadi lebih stylish.

Lensa yang sesuai Kamera Fujifilm seri X100F/X100T/X100S  dengan diameter lensa 49 mm
Bentuk Bundar
Bahan Logam

2. Olympus LH-48 Metal Lens Hood

2. Olympus LH-48 Metal Lens Hood

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 1.345.000

Lensa Olympus semakin tampil mewah dengan lens hood persegi berbahan logam

Tidak banyak lens hood yang sesuai dengan produk kamera mirrorless, seperti Fujifilm, Olympus, dan Lumix. Bagi Anda pengguna kamera Olympus ataupun Lumix, Anda dapat menggunakan lens hood jenis ini. Gabungan body kamera berwarna hitam dengan lens hood berwarna silver tentu menimbulkan kesan mewah bagi para penggunanya.

Lensa yang sesuai Lensa M.Zuiko Digital ED 12mm F2.0
Bentuk Persegi
Bahan Logam

1. Canon Lens Hood ET-60

1. Canon Lens Hood ET-60

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 35.000

Anda penggemar foto wildlife? Lens hood ini wajib digunakan saat masuk hutan

Khusus bagi Anda yang ingin menekuni hobi wildlife ataupun potret fotografi, lens hood ini sangatlah sesuai jika dipasang pada lensa telephoto, seperti Canon, Sony, ataupun Nikon. Saat memotret di alam bebas, lens hood ini berfungsi sebagai pelindung dan penghalang cahaya matahari yang masuk berlebih.

Lensa yang sesuai Lensa telephoto 75-300 mm dan 55-250 mm
Bentuk Bundar kelopak bunga
Bahan Plastik

Kesimpulan

Harga kamera dan lensa yang cukup mahal membuat kita harus berhati-hati saat menggunakannya. Untuk mengurangi risiko seperti kamera rusak akibat terjatuh, kotor karena debu, ataupun hasil foto yang kurang maksimal, penggunaan lens hood sangatlah penting.

Seperti yang telah Anda lihat. Penggunaan lens hood memberikan manfaat yang cukup banyak. Jadi, bagi Anda yang belum pernah menggunakan lens hood, bagaimana jika mulai menggunakannya dari sekarang?