1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Lensa & aksesori
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.

Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan produk lens hood dari berbagai merek yang bagus. Produk dari Phottix, Nikon, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Diperbaharui 07-22-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa fungsi lens hood?

Lens hood memiliki dua fungsi. Fungsi pertama adalah sebagai naungan untuk menghindari cahaya yang terlalu terang. Lalu, fungsi kedua adalah sebagai pelindung lensa. Kami akan mengulas mengenai keunggulan penggunaan lens hood lebih detail berikut ini.

Memotong cahaya berlebih yang masuk melalui lensa

Memotong cahaya berlebih yang masuk melalui lensa

Anda tentu membutuhkan cahaya untuk memotret suatu objek, tetapi cahaya yang berlebihan juga akan memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan lens hood untuk mengurangi cahaya yang masuk secara berlebih. Saat memotret, apakah Anda pernah menemukan cahaya aneh dalam frame atau gambar yang terlalu terang seperti diselimuti kabut? 


Cahaya aneh yang memunculkan bentuk tertentu disebut sebagai ghosting, sedangkan gambar yang terlalu terang disebut dengan flare. Kedua fenomena optik tersebut muncul ketika cahaya masuk secara berlebih melalui tepi lensa. Dengan memasang lens hood, Anda dapat menghalangi cahaya berlebih dan terhindar dari ghosting dan flare.

Melindungi lensa dari benturan

Melindungi lensa dari benturan
Lensa merupakan produk mahal yang dibuat dengan teknologi tinggi. Untuk itu, Anda harus menjaga lensa dari kemungkinan kerusakan. Jika lensa terjatuh atau terkena goresan, tentu akan berdampak buruk pada kualitas foto Anda. Hal yang sama akan terjadi jika pengaturan lensa tidak sesuai atau saat fungsi zoom maupun fokusnya bermasalah. 

Akibatnya, Anda tidak akan bisa mengambil gambar sampai bagian-bagian yang rusak tersebut diperbaiki. Meskipun demikian, kemungkinan kamera terbentur dengan benda keras tentu tidak dapat dihindari. Dalam hal ini, lens hood berperan sebagai bantalan yang melindungi lensa dari kemungkinan tergores dan rusak.

Cara memilih lens hood

Poin terpenting dalam memilih lens hood adalah memperhatikan bentuk, ukuran, dan bahan yang digunakan. Sebelum membeli, mari pahami cara memilihnya untuk menemukan lens hood yang paling sesuai dengan lensa kamera Anda.

① Pilih berdasarkan bentuk lens hood

Secara umum, terdapat tiga bentuk lens hood. Masing-masing bentuk akan memengaruhi kemampuan lens hood dalam menghalangi cahaya yang masuk.

Bentuk kelopak bunga, sesuai untuk lensa zoom

Bentuk kelopak bunga, sesuai untuk lensa zoom
Dikarenakan bentuk yang menyerupai kelopak bunga, produk ini disebut dengan lens hood kelopak bunga. Mayoritas lens hood yang dijual di pasaran adalah bentuk ini. Bentuknya terlihat seperti lens hood bundar, hanya saja lens hood ini memiliki empat lekukan. Lekukan tersebut berfungsi untuk menangkap cahaya yang diperlukan dari empat sudut foto.

Lens hood kelopak bunga lebih cocok dipasangkan dengan lensa zoom. Hal inilah yang membuat lens hood kelopak bunga lebih banyak dijual di pasaran. Lensa zoom akan mengubah focal length secara otomatis saat angle-nya diganti. Apabila Anda menggunakan lens hood bundar, perubahan focal length akan menimbulkan bayangan. Nah, berkat adanya empat lekukan pada lens hood kelopak bunga, munculnya bayangan pun dapat dihindari.


Alasan itulah yang membuat kebanyakan lens hood untuk lensa zoom berbentuk kelopak bunga. Selain itu, kebanyakan produsen lensa zoom juga menyertakan lens hood ini di dalam set. Jadi, Anda bisa langsung memakainya tanpa perlu membeli secara terpisah.

Bentuk bundar, cocok untuk lensa fix

Bentuk bundar, cocok untuk lensa fix
Berbeda dengan lens hood kelopak bunga yang memiliki lekukan, lens hood ini memiliki bentuk yang sederhana. Lens hood bentuk bundar digunakan untuk lensa fix yang tidak memiliki fungsi zoom. Anda tidak perlu khawatir sebab bayangan lensa tidak akan muncul pada gambar.

Jika dibandingkan dengan lensa zoom, salah satu keunggulan dari lensa fix adalah memiliki beberapa pilihan lens hood. Anda dapat memasang lens hood jenis apa pun selama bayangan lens hood-nya tidak tampak dan mengganggu objek gambar. Jika ingin berkreasi dengan lens hood bundar, Anda dapat mencoba berbagai produk berdasarkan bahannya.

Bentuk kubah, pilihan untuk Anda yang ingin ringkas

Bentuk kubah, pilihan untuk Anda yang ingin ringkas
Biasanya, lens hood dipasang di ujung lensa sehingga panjang keseluruhan lensa akan bertambah. Namun, lens hood bentuk kubah mempunyai bentuk tutup yang menutupi ujung lensaLens hood bentuk ini sering digunakan untuk lensa fix yang tipis dan compact

Desainnya dibuat sepadat mungkin supaya tidak mengganggu portabilitas lensa yang ringkas. Oleh karena itu, produk bentuk kubah direkomendasikan untuk Anda yang ingin memasang lens hood yang tidak terlalu besar. Namun, sebelumnya pastikan bahwa lens hood tidak menghasilkan bayangan pada gambar saat dipasang.

② Pertimbangkan bahan lens hood

Terdapat tiga pilihan bahan lens hood, yaitu plastik, karet atau silikon, dan logam. Karakteristik dari masing-masing bahan dapat disimak melalui penjelasan di bawah ini.

Bahan plastik, ringan dan mudah didapatkan

Bahan plastik, ringan dan mudah didapatkan
Lens hood berbahan plastik adalah yang paling populer dan mudah didapatkan. Bahkan, hampir semua produsen resmi menggunakan plastik pada lens hood buatannya. Keunggulan dari bahan ini adalah ringan untuk dibawa-bawa. Sayangnya, plastik mudah terkena goresan dan pecah saat terjatuh sehingga ketahanannya kurang bisa diandalkan.

Bahan karet atau silikon, bisa dilipat saat dipasang pada lensa

Bahan karet atau silikon, bisa dilipat saat dipasang pada lensa
Bahan karet yang lembut dikenal lebih tahan terhadap guncangan. Selain karet, ada beberapa produk lens hood yang dibuat dari silikon. Kedua bahan tersebut memiliki performa yang sama. Keunggulan bahan ini adalah lentur dan dapat dilipat saat lens hood dipasang pada lensa kamera. Lens hood dari bahan ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin memotret secara efisien. Saat tidak digunakan, lens hood hanya perlu dilipat tanpa harus dilepas semuanya.

Bahan logam, membuat tampilan kamera menjadi lebih bergaya

Bahan logam, membuat tampilan kamera menjadi lebih bergaya
Bahan logam tak hanya kuat, tetapi juga bisa membuat tampilan kamera makin bergaya. Meskipun desainnya sama dengan bahan plastik maupun karet, bahan logam memberi kesan yang lebih tajam. Jadi, dapat dikatakan bahwa lens hood berbahan logam dapat menunjang penampilan kamera. Kami rekomendasikan tipe ini untuk Anda yang ingin menambah kesan stylish pada kamera.

③ Periksa tipe pemasangan lens hood

Periksa tipe pemasangan lens hood
Terdapat dua tipe cara memasang lens hood, yaitu tipe bayonet dan tipe screw-in. Kenali karakteristik keduanya agar Anda bisa lebih mudah saat menggunakannya.

  • Tipe bayonet, simpel dan umum dipakai oleh produsen lensa

Untuk tipe bayonet, pelepasan dan pemasangan cukup dilakukan dengan sedikit memutar dan menekan lens hood pada locking ring. Sebagian besar lensa yang dijual di pasaran saat ini menggunakan tipe bayonet. Bahkan, setiap produsen memiliki lens hood tipe bayonet untuk semua jenis lensa.


  • Tipe screw-in, ideal dipasang bersama filter lensa

Di sisi lain, tipe screw-in mempunyai ulir yang biasanya dipasang bersama filter lensa. Jika dibandingkan dengan tipe bayonet, tipe screw-in memerlukan waktu pemasangan yang lebih lama. Namun, tipe ini dapat dipasang dengan mudah apabila ukuran filter lensanya sesuai. Untuk itu, jika Anda ingin mencoba berbagai lens hood, Anda dapat memilih produk dengan pemasangan tipe screw-in.


Meski demikian, perlu Anda ingat, kombinasi lens hood dan lensa kamera dapat menimbulkan bayangan pada gambar yang dihasilkan. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih lens hood yang akan Anda gunakan.

④ Pastikan diameter lens hood dan filter lensa sudah sesuai

Pastikan diameter lens hood dan filter lensa sudah sesuai
Ukuran lens hood dengan pemasangan tipe screw-in dinyatakan dalam satuan milimeter. Screw-in lens hood dapat dipasangkan dengan filter lensa yang berdiameter sama. Sebagai contoh, lens hood berukuran 49 mm dapat dipasangkan dengan filter lensa yang juga berdiameter 49 mm. 

Untuk itu, pastikan diameter lens hood yang dipilih sesuai dengan diameter filter lensa Anda. Namun, nilai focal length pada lensa biasanya juga dituliskan dalam satuan milimeter. Untuk itu, pastikan Anda tidak keliru saat melihat diameternya, ya!

10 Rekomendasi lens hood terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lens hood terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Lens Hood for Canon ET-60 II

 Lens Hood for Canon ET-60 II 1枚目

Lengkapi lensa tele dan super-tele Anda dengan lens hood ini

2

Shenzhen Kingma Electronics

Kingma KW-73B Lens Hood for Canon 750D 760D 800D Camera

Shenzhen Kingma Electronics Kingma KW-73B Lens Hood for Canon 750D 760D 800D Camera 1枚目

Menangkap dan membatasi cahaya yang masuk dari empat sudut foto

3

Universal Silicone Rubber Lens Hood 62mm Collapsible

 Universal Silicone Rubber Lens Hood 62mm Collapsible 1枚目

Lentur, dapat dilipat, dan mudah disimpan di saku

4

Nikon

HB-32 Bayonet Lens Hood

Nikon HB-32 Bayonet Lens Hood 1枚目

Dirancang khusus untuk pengguna lensa zoom Nikon

5

Olympus

LH-48 Metal Lens Hood

Olympus LH-48 Metal Lens Hood 1枚目

Tak ada lagi tragedi lensa yang membentur benda keras!

6

Phottix

Lens Hood EW-78B II

Phottix  Lens Hood EW-78B II 1枚目

Bahan plastiknya tidak mudah pecah sehingga lebih aman

7

Canon

ET-67 Lens Hood

Canon  ET-67 Lens Hood 1枚目

Buat gambar macro jadi makin detail tanpa flare

8

Voigtlander

Lens Hood LH-9

Voigtlander  Lens Hood LH-9 1枚目

Berventilasi, tidak sepenuhnya menghalangi jendela bidik

9

LEE Filters

Universal Lens Hood

LEE Filters  Universal Lens Hood 1枚目

Universal, bebas atur ukuran untuk berbagai lensa

10

JJC

Universal Rubber Hood for Lens Body Diameter 53mm - 72mm

JJC Universal Rubber Hood for Lens Body Diameter 53mm - 72mm 1枚目

Bisa dipasang terbalik untuk menahan air atau kotoran

Perincian produk
Close
No.1

Lens Hood for Canon ET-60 II

Mulai dari Rp39.900,00

Lengkapi lensa tele dan super-tele Anda dengan lens hood ini

Apakah Anda pengguna lensa Canon tele atau super-tele? Lensa ini berguna untuk pemotretan jarak jauh, terutama ketika Anda kesulitan menjangkau objek gambar. Memotret kehidupan alam liar dan pertandingan olahraga adalah contohnya. Untuk menyempurnakan lensa tele Anda, pasanglah produk ini. 


Dengan menggunakan lens hood ini, kamera Anda dapat terlindung dari debu, air, dan benturan benda keras selama di lapangan. Lensa yang Anda gunakan juga akan terlihat lebih panjang sehingga tampak lebih profesional dan keren.

No.2

Shenzhen Kingma ElectronicsKingma KW-73B Lens Hood for Canon 750D 760D 800D Camera

Mulai dari Rp35.000,00

Menangkap dan membatasi cahaya yang masuk dari empat sudut foto

Apakah Anda sedang mencari lens hood untuk lensa berdiameter 67 mm? Produk dengan pemasangan tipe bayonet ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Didesain menyerupai kelopak bunga, Anda dapat menangkap dan membatasi cahaya yang masuk dari empat sudut foto. Jadi, hasil dan kualitas gambar yang diperoleh akan makin memuaskan.

No.3

Universal Silicone Rubber Lens Hood 62mm Collapsible

Mulai dari Rp42.000,00

Lentur, dapat dilipat, dan mudah disimpan di saku

Anda kesulitan mencari lens hood yang mudah dilepas pasang dan disesuaikan panjangnya? Produk ini mungkin bisa menjadi solusi yang pas. Keunggulan dari produk ini adalah bahannya yang lentur sehingga mudah dilipat. 


Anda pun dapat memasukkannya ke dalam saku tanpa khawatir lens hood akan pecah. Lebih dari itu, panjang produk ini juga dapat disesuaikan hingga tiga tingkatan. Anda mau ambil gambar telefoto atau wide angle? Sesuaikan panjang-pendeknya lens hood dengan kebutuhan Anda.

No.4

NikonHB-32 Bayonet Lens Hood

Mulai dari Rp239.000,00

Dirancang khusus untuk pengguna lensa zoom Nikon

Ini dia lens hood yang ideal untuk dipasang pada lensa zoom dari Nikon. Itu karena produk ini memang dirancang khusus untuk lensa Nikon. Untuk membidik aktivitas luar ruangan seperti olahraga, lens hood ini sangat bisa diandalkan. Cahaya nonesensial yang jatuh ke depan lensa dapat berkurang dan kinerja optik lensa dapat optimal. 

No.5

OlympusLH-48 Metal Lens Hood

Mulai dari Rp1.345.000,00

Tak ada lagi tragedi lensa yang membentur benda keras!

Apakah Anda termasuk orang yang ceroboh dan kerap tanpa sengaja membenturkan lensa ke tembok? Jika lens hood yang Anda gunakan terbuat dari plastik tentu akan mudah penyok. Parahnya lagi jika benturan mengakibatkan lensa menjadi sulit untuk dioperasikan.


Supaya lensa Anda aman dan awet, cegah kerusakan lensa dengan menggunakan lens hood berbahan logam. Produk ini cocok untuk dipasang pada lensa merek Olympus berdiameter 46 mm. Kombinasi bodi kamera berwarna hitam dengan lens hood berwarna silver akan memberikan kesan mewah bagi penggunanya.

No.6

Phottix Lens Hood EW-78B II

Mulai dari Rp39.000,00

Bahan plastiknya tidak mudah pecah sehingga lebih aman

Salah satu fungsi lens hood adalah melindungi lensa dari benturan. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan material yang dipakai tidak mudah pecah. Produk ini terbuat dari bahan plastik yang cukup kuat sehingga lensa akan lebih aman dan terlindungi secara maksimal. Anda yang sering menenteng kamera tanpa tas kamera, lens hood ini bisa jadi pilihan terbaik.

No.7

Buat gambar macro jadi makin detail tanpa flare

Selain skill, membuat foto macro juga membutuhkan peralatan fotografi khusus. Anda perlu menggunakan lensa macro agar mendapatkan gambar yang detail dan bokeh yang maksimal. Selain itu, jangan lupa tambahkan filter dan lens hood ini untuk mengurangi adanya cahaya silau yang tidak diinginkan. 


Lens hood Canon ini akan sangat pas Anda pasang di lensa EF 100 f/2.8 Macro USM. Dijamin, hasil foto macro Anda makin detail dan memukau tanpa adanya flare yang mengganggu. 

No.8

Voigtlander Lens Hood LH-9

Mulai dari Rp1.230.000,00

Berventilasi, tidak sepenuhnya menghalangi jendela bidik

Sebagai fotografer profesional, Anda mungkin pernah mengalami berbagai kondisi cahaya. Penggunaan lens hood yang kurang tepat justru bisa mengurangi cahaya terlalu banyak. Hal itu tentu memengaruhi hasil bidikan Anda. 


Bila Anda hanya ingin mengurangi cahaya secukupnya, lens hood ini mungkin akan pas. Selain pendek, lens hood ini juga berventilasi. Dengan demikian, jendela bidik tidak terhalangi secara penuh dan Anda pun tetap leluasa mengambil gambar dengan cahaya yang cukup.

No.9

LEE Filters Universal Lens Hood

Mulai dari Rp1.980.000,00

Universal, bebas atur ukuran untuk berbagai lensa

Universal lens hood ini cocok untuk Anda yang sering berganti lensa berbagai ukuran. Anda tetap bisa menggunakannya sebab lens hood ini bisa diatur menyesuaikan ukuran lensa. Selain itu, Anda juga bisa memasangnya bersamaan dengan 1–3 filter lensa sekaligus. Bagaimana? Yakin Anda tidak ingin memiliki lens hood serbaguna ini?

No.10

JJCUniversal Rubber Hood for Lens Body Diameter 53mm - 72mm LH-ARS

Mulai dari Rp155.000,00

Bisa dipasang terbalik untuk menahan air atau kotoran

Anda yang memiliki hobi mengambil gambar dari balik kaca atau jendela wajib punya produk ini. Lens hood ini mampu menahan pantulan cahaya dari kaca sehingga hasil gambar Anda akan lebih jelas. Memotret pemandangan dari dalam gedung, pesawat, atau akuarium pun jadi lebih menyenangkan. 


Istimewanya lagi, lens hood ini bisa dipasang secara terbalik. Hal itu dapat berfungsi sebagai pelindung kamera dari percikan air, salju, kotoran, dan lainnya. 

Baca juga rekomendasi perlengkapan lensa kamera lainnya di sini

Selain lens hood, kami juga telah mengulas beberapa perlengkapan lensa lain yang dapat Anda gunakan. Perlengkapan tersebut tentu akan memudahkan aktivitas Anda dalam menekuni dunia fotografi. Jika Anda tertarik, bacalah ulasannya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi lens hood terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Kamera dan lensa kerap dibawa bepergian sehingga berisiko terbentur atau terjatuh. Agar lensa tidak mudah tergores dan pecah, Anda perlu memberikan perlindungan. Salah satunya adalah dengan memasang lens hood.

Jika Anda belum terbiasa menggunakan lens hood, Anda bisa memulainya dari sekarang. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi dalam memilih lens hood. Selamat mencoba!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer