• 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.

Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood terbaik? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan lens hood yang bagus untuk Anda. Produk dari Phottix, Fujifilm, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 11 Maret 2021
  • 3.160 Views
Daftar isi

Fungsi lens hood

Lens hood memiliki dua fungsi. Fungsi pertama adalah sebagai naungan untuk menghindari cahaya yang terlalu terang. Lalu, fungsi kedua adalah sebagai pelindung lensa. Kami akan mengulas mengenai keunggulan penggunaan lens hood lebih detail berikut ini.

Memotong cahaya berlebih yang masuk melalui lensa

Memotong cahaya berlebih yang masuk melalui lensa
Anda tentu membutuhkan cahaya untuk memotret suatu objek, tetapi tidak semua cahaya dibutuhkan. Cahaya yang berlebihan akan memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Karena itu, Anda membutuhkan lens hood untuk mengurangi cahaya yang masuk secara berlebih.

Saat memotret, apakah Anda pernah menemukan cahaya aneh dalam frame atau gambar yang terlalu terang seperti diselimuti kabut? Cahaya aneh yang memunculkan bentuk tertentu disebut sebagai ghosting, sedangkan gambar yang terlalu terang disebut dengan flare. Kedua fenomena optik tersebut muncul ketika cahaya masuk secara berlebih melalui tepi lensa. Dengan memasang lens hood, Anda dapat menghalangi cahaya berlebih dan terhindar dari ghosting dan flare.

Melindungi lensa dari benturan

Melindungi lensa dari benturan
Lensa merupakan produk mahal yang dibuat dengan teknologi tinggi. Karena itu, Anda harus menjaga lensa dari kemungkinan kerusakan. Jika lensa terjatuh atau terkena goresan, tentu akan berdampak buruk pada kualitas foto Anda. Hal yang sama akan terjadi jika pengaturan lensa tidak sesuai atau saat fungsi zoom maupun fokusnya bermasalah. Akibatnya, Anda tidak akan bisa mengambil gambar sampai bagian-bagian yang rusak tersebut diperbaiki.

Meskipun demikian, kemungkinan kamera terbentur dengan benda keras tentu tidak dapat dihindari. Dalam hal ini, lens hood berperan sebagai bantalan yang melindungi lensa dari kemungkinan tergores dan rusak.

Cara memilih lens hood

Poin terpenting dalam memilih lens hood adalah memperhatikan bentuk, ukuran, dan bahan yang digunakan. Sebelum membeli, mari pahami cara memilihnya untuk menemukan lens hood yang paling sesuai dengan lensa kamera Anda.

Pilih berdasarkan bentuk lens hood

Secara umum, terdapat tiga bentuk lens hood. Masing-masing bentuk akan memengaruhi kemampuan lens hood dalam menghalangi cahaya yang masuk.

Bentuk kelopak bunga untuk lensa zoom

Bentuk kelopak bunga untuk lensa zoom
Karena bentuknya yang menyerupai kelopak bunga, produk ini disebut dengan lens hood kelopak bunga. Mayoritas lens hood yang dijual di pasaran adalah bentuk ini. Bentuknya terlihat seperti lens hood bundar, hanya saja lens hood ini memiliki empat lekukan. Lekukan tersebut berfungsi untuk menangkap cahaya yang diperlukan dari empat sudut foto.

Lens hood kelopak bunga lebih cocok dipasangkan dengan lensa zoom. Hal inilah yang membuat lens hood kelopak bunga lebih banyak dijual di pasaran. Lensa zoom akan mengubah focal length secara otomatis saat angle-nya diganti. Apabila Anda menggunakan lens hood bundar, perubahan focal length akan menimbulkan bayangan. Nah, berkat adanya empat lekukan pada lens hood kelopak bunga, munculnya bayangan pun dapat dihindari.


Karena alasan itulah lens hood untuk lensa zoom kebanyakan berbentuk kelopak bunga. Selain itu, kebanyakan produsen lensa zoom juga menyertakan lens hood ini di dalam set. Jadi, Anda bisa langsung memakainya tanpa perlu membeli secara terpisah.

Bentuk bundar untuk lensa fix

Bentuk bundar untuk lensa fix
Berbeda dengan lens hood kelopak bunga yang bentuknya rumit karena adanya lekukan, lens hood ini memiliki bentuk yang sederhana. Lens hood bentuk bundar digunakan untuk lensa fix yang tidak memiliki fungsi zoom. Anda tak perlu khawatir karena bayangan lensa tidak akan muncul pada gambar.

Jika dibandingkan dengan lensa zoom, salah satu keunggulan dari lensa fix adalah memiliki beberapa pilihan lens hood. Anda dapat memasang lens hood jenis apa pun selama bayangan lens hood-nya tidak tampak dan mengganggu objek gambar. Jika ingin berkreasi dengan lens hood bundar, Anda dapat mencoba berbagai produk berdasarkan bahannya.

Bentuk kubah untuk Anda yang ingin ringkas

Bentuk kubah untuk Anda yang ingin ringkas
Biasanya, lens hood dipasang di ujung lensa sehingga panjang keseluruhan lensa akan bertambah. Namun, lens hood bentuk kubah mempunyai bentuk tutup yang menutupi ujung lensa.

Lens hood bentuk ini sering digunakan untuk lensa fix yang tipis dan compact. Desainnya dibuat sepadat mungkin supaya tidak mengganggu portabilitas lensa yang ringkas. Karena itu, produk bentuk kubah direkomendasikan untuk Anda yang ingin memasang lens hood yang tidak terlalu besar. Namun, sebelumnya pastikan bahwa lens hood tidak menghasilkan bayangan pada gambar saat dipasang.

Pilih berdasarkan cara pemasangan dan ukuran lens hood

Lens hood tidak bisa terpasang dengan baik jika cara pemasangan dan ukurannya tidak sesuai dengan diameter filter lensa kamera. Lalu, bagaimana cara pemasangan dan apa saja ukuran lens hood yang tersedia? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara pemasangan lens hood pada kamera

Cara pemasangan lens hood pada kamera
Terdapat dua tipe cara memasang lens hood, yaitu tipe bayonet dan tipe screw-in. Untuk tipe bayonet, pelepasan dan pemasangan cukup dilakukan dengan sedikit memutar dan menekan lens hood pada locking ring. Sebagian besar lensa yang dijual di pasaran saat ini menggunakan tipe bayonet. Bahkan, setiap produsen memiliki lens hood tipe bayonet untuk semua jenis lensa.

Di sisi lain, tipe screw-in mempunyai ulir yang biasanya dipasang bersama filter lensa. Jika dibandingkan dengan tipe bayonet, tipe screw-in memerlukan waktu pemasangan yang lebih lama. Namun, tipe ini dapat dipasang dengan mudah apabila ukuran filter lensanya sesuai. Untuk itu, jika Anda ingin mencoba berbagai lens hood, Anda dapat memilih produk dengan pemasangan tipe screw-in.


Namun, tergantung kombinasi lens hood dan lensa kamera, bayangan bisa saja muncul pada gambar yang dihasilkan. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih lens hood yang ingin digunakan.

Pastikan diameter lens hood dan filter lensa sudah sesuai

Pastikan diameter lens hood dan filter lensa sudah sesuai
Ukuran lens hood dengan pemasangan tipe screw-in dinyatakan dalam satuan milimeter. Lens hood ini dapat dipasangkan dengan filter lensa yang berdiameter sama. Sebagai contoh, lens hood berukuran 49 mm dapat dipasangkan dengan filter lensa yang juga berdiameter 49 mm. Untuk itu, pastikan diameter lens hood yang dipilih sesuai dengan diameter filter lensa Anda.

Namun, nilai focal length pada lensa biasanya juga dituliskan dalam satuan milimeter. Karena itu, pastikan Anda tidak keliru saat melihat diameternya.

Pilih berdasarkan bahan lens hood

Terdapat tiga pilihan bahan lens hood, yaitu plastik, karet atau silikon, dan logam. Karakteristik dari masing-masing bahan dapat disimak melalui penjelasan di bawah ini.

Bahan plastik, ringan dan mudah didapatkan

Bahan plastik, ringan dan mudah didapatkan
Lens hood berbahan plastik adalah yang paling populer dan mudah didapatkan. Bahkan, hampir semua produsen resmi menggunakan plastik pada lens hood buatannya. Keunggulan dari bahan ini adalah ringan untuk dibawa-bawa. Sayangnya, plastik mudah terkena goresan dan pecah saat terjatuh sehingga ketahanannya kurang bisa diandalkan.

Bahan karet atau silikon, bisa dilipat saat dipasang pada lensa

Bahan karet atau silikon, bisa dilipat saat dipasang pada lensa
Bahan karet yang lembut dikenal lebih tahan terhadap guncangan. Selain karet, ada beberapa produk lens hood yang dibuat dari silikon. Kedua bahan tersebut memiliki performa yang sama. Keunggulan bahan ini adalah lentur dan dapat dilipat saat lens hood dipasang pada lensa kamera. Lens hood dari bahan ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin memotret secara efisien. Saat tidak digunakan, lens hood hanya perlu dilipat tanpa harus dilepas semuanya.

Bahan logam, membuat tampilan kamera menjadi lebih bergaya

Bahan logam, membuat tampilan kamera menjadi lebih bergaya
Bahan logam tak hanya kuat, tetapi juga bisa membuat tampilan kamera makin bergaya. Meskipun desainnya sama dengan bahan plastik maupun karet, bahan logam memberi kesan yang lebih tajam. Jadi, dapat dikatakan bahwa lens hood berbahan logam dapat menunjang penampilan kamera. Kami rekomendasikan tipe ini untuk Anda yang ingin menambah kesan stylish pada kamera.

10 Rekomendasi lens hood terbaik

Di bawah ini, kami telah memilih sepuluh lens hood terbaik yang dapat digunakan pada lensa kamera Anda. Semua produk tentu tidak akan sesuai jika Anda tidak melihat diameternya. Untuk itu, pilihlah produk yang paling pas dengan kebutuhan dan diameter lensa yang saat ini Anda gunakan.
10
Lensa yang sesuaiLensa Canon 49 mm F/1.8 STM (diameter filter lensa 50 mm)
BentukBundar
BahanPlastik
9
Lensa yang sesuaiLensa Canon EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM (diameter filter lensa 77 mm)
BentukKelopak bunga
BahanPlastik
8
Lensa yang sesuaiLensa Canon EF75-300MM F/4-5.6 III, EF-S 55-250MM F/4-5.6 IS (diameter filter lensa 58 mm)
BentukKelopak bunga
Bahan Plastik
7

Shenzhen JinJiaCheng Photography EquipmentJJC Metal Screw-in Wide-Angle Lens Hood 72mm

35566

Mulai dari Rp 128.000,00

Lensa yang sesuaiLensa wide dengan diameter filter 72 mm
BentukKubah (dome)
BahanLogam
6

Phottix3-Stage Collapsible Rubber Lens Hood 55mm

Mulai dari Rp 50.000,00

Lensa yang sesuaiDiameter filter lensa 55 mm
BentukBundar
BahanKaret
5
Lensa yang sesuaiLensa Fujifilm X100V, X100F, X100T, X100S, X100 (diameter filter lensa 49 mm)
BentukBundar
BahanLogam
4

Shenzhen JinJiaCheng Photography EquipmentJJC Screw-in Lens Hoods for Standard Zoom Lens 62mm

34712

Mulai dari Rp 70.000,00

Lensa yang sesuaiDiameter filter lensa 62 mm
BentukKelopak bunga
BahanPlastik
3
Lensa yang sesuaiLensa M.Zuiko Digital ED 12 mm F2.0 (diameter filter lensa 46 mm)
BentukPersegi
BahanLogam
2

Shenzhen Kingma ElectronicsKingma KW-73B Lens Hood for Canon 750D 760D 800D Camera

Mulai dari Rp 35.000,00

Lensa yang sesuaiLensa Canon EF-S18–135 mm IS STM lens (diameter filter lensa 67 mm)
BentukKelopak bunga
BahanPlastik
1
Lensa yang sesuaiLensa Nikon 80–200 F2.8 (diameter filter lensa 77 mm)
BentukKelopak bunga
Bahan Plastik

Tabel perbandingan produk lens hood terbaik

Gambar produk
1
Lens Hood HB7 Flower (HB7 II) 1

2
Shenzhen Kingma Electronics Kingma KW-73B Lens Hood for Canon 750D 760D 800D Camera 1

Shenzhen Kingma Electronics

3
Olympus LH-48 Metal Lens Hood 1

Olympus

4
Shenzhen JinJiaCheng Photography Equipment JJC Screw-in Lens Hoods for Standard Zoom Lens 62mm 1

Shenzhen JinJiaCheng Photography Equipment

5
Fujifilm Lens hood LH-X100 1

Fujifilm

6
Phottix 3-Stage Collapsible Rubber Lens Hood 55mm 1

Phottix

7
Shenzhen JinJiaCheng Photography Equipment JJC Metal Screw-in Wide-Angle Lens Hood 72mm 1

Shenzhen JinJiaCheng Photography Equipment

8
Lens Hood for Canon ET-60 II 1

9
Lens Hood for Canon EW-83G 1

10
ES-68 Bayonet Mount Lens Hood 1

Nama produk

Lens Hood HB7 Flower (HB7 II)

Kingma KW-73B Lens Hood for Canon 750D 760D 800D Camera

LH-48 Metal Lens Hood

JJC Screw-in Lens Hoods for Standard Zoom Lens 62mm

Lens hood LH-X100

3-Stage Collapsible Rubber Lens Hood 55mm

JJC Metal Screw-in Wide-Angle Lens Hood 72mm

Lens Hood for Canon ET-60 II

Lens Hood for Canon EW-83G

ES-68 Bayonet Mount Lens Hood

Keunggulan

Cegah lensa kotor dengan lens hood yang panjang

Menangkap dan membatasi cahaya yang masuk dari empat sudut foto

Tak ada lagi tragedi lensa yang membentur benda keras!

Melindungi lensa dari paparan sinar matahari langsung

Lebih keren dan gagah berkat desain berbahan logam

Lentur, dapat dilipat, dan mudah disimpan di saku

Menjaga lensa wide dan full frame dari sinar cahaya berlebih

Lengkapi lensa tele dan super-tele Anda dengan lens hood ini

Bentuknya unik, pas untuk Anda yang mengutamakan gaya

Halangi flare dengan lens hood yang ringan

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 35.000,00Rp 1.345.000,00Rp 70.000,00Rp 790.000,00Rp 50.000,00Rp 128.000,00Rp 30.000,00Rp 100.000,00Rp 19.000,00
Lensa yang sesuaiLensa Nikon 80–200 F2.8 (diameter filter lensa 77 mm) Lensa Canon EF-S18–135 mm IS STM lens (diameter filter lensa 67 mm)Lensa M.Zuiko Digital ED 12 mm F2.0 (diameter filter lensa 46 mm)Diameter filter lensa 62 mmLensa Fujifilm X100V, X100F, X100T, X100S, X100 (diameter filter lensa 49 mm) Diameter filter lensa 55 mmLensa wide dengan diameter filter 72 mmLensa Canon EF75-300MM F/4-5.6 III, EF-S 55-250MM F/4-5.6 IS (diameter filter lensa 58 mm)Lensa Canon EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM (diameter filter lensa 77 mm)Lensa Canon 49 mm F/1.8 STM (diameter filter lensa 50 mm)
BentukKelopak bungaKelopak bungaPersegiKelopak bungaBundarBundarKubah (dome)Kelopak bungaKelopak bunga Bundar
Bahan PlastikPlastikLogamPlastikLogam Karet LogamPlastikPlastikPlastik
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan kamera lainnya di sini

Selain lens hood, kami juga telah mengulas beberapa perlengkapan kamera lain yang dapat Anda gunakan. Beberapa di antaranya adalah lensa converter, ring light, hingga kebutuhan perlengkapan studio foto. Perlengkapan tersebut tentu akan memudahkan aktivitas Anda dalam menekuni hobi dan sebagai fotografer. Jika Anda tertarik, bacalah ulasannya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi lens hood terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Kamera dan lensa kerap dibawa bepergian sehingga berisiko terbentur atau terjatuh. Karena itu, Anda perlu tindakan pencegahan. Salah satunya adalah dengan memasang lens hood yang dapat melindungi lensa kamera.

Jika Anda belum terbiasa menggunakan lens hood, Anda bisa memulainya dari sekarang. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi dalam memilih lens hood. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    11.272 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    10.974 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    2.109 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    16.221 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    7.785 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa converter adalah aksesori yang dapat mengubah tampilan foto jika dipasangkan pada kamera atau lensa. Produk ini disukai penggemar fotografi karena memberikan pengalaman fotografi baru tanpa harus membeli peralatan yang mahal. Anda dapat mengambil foto-foto menarik dengan menginstal aksesori tambahan tanpa kehilangan kualitas gambar. Saat ini, produsen seperti Olympus, Sony, dan Ricoh telah merilis berbagai jenis lensa converter. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa jenis lensa converter berserta cara memilihnya. Anda mungkin akan menemukan produk-produk yang menarik. Jadi, silakan cek rekomendasi kami berikut ini.
    Lensa & aksesori
    1.349 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Lensa & aksesori
    2.994 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong monocular dapat digunakan untuk menonton konser dan pertandingan olahraga. Anda juga bisa menggunakannya untuk menikmati karya seni dan mengamati burung (bird-watching). Desainnya kecil sehingga lebih mudah dibawa dibandingkan teropong binocular. Baru-baru ini, beberapa teropong monocular bahkan dapat disambungkan ke smartphone sehingga menambahkan fungsi lain saat digunakan.Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli teropong monocular. Setelah menjelaskannya, kami akan merekomendasikan beberapa teropong monocular yang bisa Anda pilih, seperti Gomu, Gosky, dan Vixen. Silakan pilih teropong monocular yang cocok untuk Anda!
    Lensa & aksesori
    1.045 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
    1.534 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu merk lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensa fix canon pun beragam tergantung spesifikasinya. Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon murah pun ada, selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    130 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    25.601 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    7.785 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    10.974 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
    1.534 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    16.221 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    11.272 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu merk lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensa fix canon pun beragam tergantung spesifikasinya. Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon murah pun ada, selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    130 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori