10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

Walaupun ikat pinggang biasanya tidak terlihat mencolok saat dikenakan karena tertutup kemeja atau jas, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Agar penampilan tetap keren, pertimbangkanlah ukuran, tipe gesper, dan materialnya dengan cermat. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran, baik itu produksi luar maupun dalam negeri, mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.

Pada artikel ini kami akan membagikan tips dan trik dasar menemukan sabuk kulit terbaik untuk pria sekaligus memberikan sepuluh produk rekomendasi. Selain untuk dipakai sendiri, pilihan produk ini juga bisa dijadikan inspirasi hadiah untuk orang yang Anda kasihi.

Daftar isi

Cara memilih ikat pinggang kulit untuk pria

Sebelum memilih produk yang diinginkan, pelajarilah terlebih dahulu poin-poin dasar dalam memilih ikat pinggang kulit untuk pria. Meskipun tidak sulit, bacalah terlebih dahulu panduan simpelnya berikut ini!

Pilih material kulit asli agar awet dipakai

Pilih material kulit asli agar awet dipakai

Ikat pinggang kulit secara umum terbuat dari dua jenis bahan, yaitu kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (synthetic leather). Apabila Anda bingung dalam memilih, pilihlah yang menggunakan bahan kulit asli. Material kulit sintetis memang memiliki keunggulan harga yang murah dan lebih banyak dijual, tetapi lubang pengaitnya cepat melar. Selain itu, kulit imitasinya pun cepat rusak sehingga perlu diganti lebih sering.

Ikat pinggang dengan material kulit asli dapat dipakai lebih awet. Teksturnya pun akan berubah menjadi lebih bagus. Saat memilih ikat pinggang kulit pertama kali, direkomendasikan untuk memilih material kulit sapi. Jika Anda memiliki budget lebih, pilihlah kulit sapi kualitas tinggi berbahan kip atau calf. Di atasnya lagi, Anda bisa memilih cordovan yang terbuat dari kulit kuda.

Pilih ikat pinggang dengan jahitan yang halus

Pilih ikat pinggang dengan jahitan yang halus

Selain materialnya, perhatikan juga kerapian jahitannya. Sebisa mungkin, pilihlah ikat pinggang kulit dengan jahitan yang halus.

Apabila Anda memperhatikan ikat pinggang kulit dengan saksama, di bagian pinggirnya akan terlihat jahitan dengan pola yang bisa bervariasi pada tiap belt. Ada ikat pinggang yang memiliki pola jahitan besar dengan benang berwarna yang cocok untuk busana casual. Jahitan semacam ini juga kurang mampu menonjolkan ciri khas tekstur kulit sehingga tidak cocok untuk tujuan bisnis.

Selain ikat pinggang kulit yang ada jahitannya, ada juga yang tidak memiliki jahitan sama sekali. Akan tetapi, tipe seperti ini juga lebih cocok untuk pemakaian casual. Bagi penggunaan yang bersifat bisnis, pilihlah jahitan yang tidak terlalu mencolok.

Pilih hitam atau cokelat? Sesuaikan dengan warna sepatu

Pilih hitam atau cokelat? Sesuaikan dengan warna sepatu

Untuk situasi bisnis atau urusan pekerjaan, pilihlah ikat pinggang dengan warna tidak terlalu mencolok. Warna yang secara umum cocok untuk situasi ini adalah hitam dan cokelat. Apabila Anda bingung memilih di antara dua warna ini, pilihlah warna hitam yang bisa dipakai untuk berbagai suasana.

Bagi Anda yang ingin tetap tampil fashionable saat bekerja, sesuaikanlah warna ikat pinggang dengan sepatu yang dikenakan. Sepatu hitam tidak memberikan perbedaaan nuansa warna mencolok. Akan tetapi, jika warnanya cokelat, pilihlah belt dengan warna yang selaras agar penampilan Anda lebih fashionable.

Pilih yang lebarnya sekitar 3 cm

Pilih yang lebarnya sekitar 3cm

Pilihan lebar ikat pinggang sangat beragam. Namun, untuk penampilan formal, disarankan menggunakan ikat pinggang kulit yang ukurannya kecil.

Lebar yang ideal adalah sekitar 3 cm. Jika kurang dari 3 cm akan menambah kesan fashionable dalam berpakaian. Sebaliknya, lebar lebih dari 4 cm akan lebih berkesan casual. Ikat pinggang kulit secara umum memiliki rentang lebar 3-3,5 cm. Jika Anda bingung menentukan, pilihlah sabuk di antara rentang lebar tersebut.

Pilih desain yang simpel, hindari pola bentuk rajutan atau embossed

Pilih desain yang simpel, hindari pola bentuk rajutan atau embossed

Ikat pinggang kulit terbaik untuk tujuan bisnis adalah yang memiliki desain simpel. Style yang tersedia pun beragam, termasuk yang embossed atau yang memiliki pola berbentuk rajutan. Sebisa mungkin, pilihlah sabuk yang permukaannya mulus dan polos tanpa dekorasi. Penggunaan enamel pada gesper masih oke, tetapi sebaiknya dihindari jika digunakan bersama material suede.

Pilih gesper bentuk kotak dengan tipe pin

Pilih gesper bentuk kotak dengan tipe pin

Buckle atau gesper adalah kepala sabuk yang terbuat dari metal dan berfungsi menahan sabuk tetap pada posisinya. Pada ikat pinggang kulit yang dipakai untuk aktivitas formal, bentuk yang paling tepat adalah gesper persegi panjang dengan satu pin untuk dimasukkan ke dalam lubang ikat pinggang. Ada baiknya untuk memiliki setidaknya satu sabuk tipe ini di rumah.

Selain dari tipe buckle yang memiliki pin, Anda juga dapat memilih tipe yang tanpa pin sehingga tidak perlu melubangi sabuk. Apapun tipenya, buckle berfungsi untuk mengaitkan sabuk dengan kuat supaya tidak lepas. Selain itu, banyak juga brand yang memiliki buckle bercorak, tetapi sebaiknya hindari desain yang terlalu mencolok.

Pilih sabuk yang panjangnya bisa diatur sendiri

Pilih sabuk yang panjangnya bisa diatur sendiri

Selain dari ikat pinggang bertipe fixed yang tidak dapat disetel, terdapat pula belt yang adjustable. Dengan memilih sabuk yang bisa disetel, Anda bisa mengatur panjang sabuk sesuai dengan ukuran lingkar perut sehingga bisa memaksimalkan busana Anda agar semakin stylish.

Sebagai contoh, ada ikat pinggang yang pemakaiannya akan terlihat lebih stylish jika pinnya terpasang di lubang paling tengah. Pada sabuk yang tidak dapat disetel, posisi pin bisa jadi masuk di lubang yang paling ujung atau di posisi yang membuat belt kelihatan kurang fashionable. Agar terhindar dari hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih sabuk yang panjangnya bisa diatur.

10 Rekomendasi ikat pinggang kulit terbaik untuk pria

Setelah Anda mengetahui tips dan trik dasar cara memilih ikat pinggang kulit untuk pria, pada bagian ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk ikat pingggang dari kulit terbaik tahun ini.

10. San Vitale SV 1430 G

10. San Vitale SV 1430 G

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Warna hitam berpadu emas, sinkron untuk busana formal

San Vitale SV 1430 G memiliki desain simpel dan berkesan premium dengan material dari kulit sapi. Buckle-nya yang antikarat tidak lagi menggunakan sistem pengunci bentuk pin, tetapi sudah menggunakan tipe automatic. Dengan begitu, proses lock dan unlock sabuk tidak hanya mudah, tetapi juga tidak gampang terlepas karena terkunci pada rel.

Warna hitam tali yang berpadu dengan emas pada buckle membuat produk terlihat elegan, cocok dipakai untuk kegiatan formal. Apabila dirasa terlalu panjang, tali dapat disesuaikan dengan lingkar pinggang. Untuk menyesuaikannya, Anda tinggal mencongkel engsel pengunci, memotong talinya, dan kembali menekan engsel untuk memasangnnya kembali. Mudah, bukan?

Warna Hitam
Lebar 4 cm
Gesper Automaticrectangular
Adjustable  ✔

9. Cowather Pin Buckle Leather

9. Cowather Pin Buckle Leather

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 162.000

100% kulit asli untuk tampil smart dan fashionable

Cowather merupakan merek impor dari China yang menghadirkan produk berkualitas terjangkau di tanah air. Ikat pinggangnya yang satu ini terbuat dari kulit sapi asli 100% sehingga jangka waktu pemakaian sabuk akan lebih tahan lama. Selain itu, warna cokelatnya yang elegan cocok untuk Anda yang ingin tampil lebih smart dan fashionable dalam berbusana.

Gespernya menggunakan tipe pin untuk kemudahan mengaitkan dan melepaskan ikat pinggang. Sementara itu, bahan gesper yang terbuat dari alloy memberikan perlindungan agar tidak mudah tergores. Sabuk ini tersedia dalam beberapa ukuran panjang dari mulai 100 cm sampai 150 cm. Jadi, dapat dipakai semua orang secara umum.

Warna Cokelat
Lebar 3,7 cm
Gesper Pin・rectangular
Adjustable

8. Curewe Kerien Leather Belt

8. Curewe Kerien Leather Belt

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 90.000

Pilihan warna elegan menambah kesan eksklusif

Jika Anda mencari tali pinggang impor yang bermerek dengan harga terjangkau, pilihlah Curewe Krien (CK). Ikat pinggang CK yang satu ini didesain dengan elegan dan eksklusif, cocok untuk pria kantoran, tetapi bisa juga untuk suasana santai. Sistem buka tutup gesper yang otomatis dan pilihan warnanya yang elegan akan menambah kesan eksklusif busana formal Anda.

Warna Hitam
Lebar 4 cm
Gesper Automaticrectangular
Adjustable

7. Bruno Cavalli 08

7. Bruno Cavalli 08

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 185.000

Desain trendi dan elegan untuk berbagai suasana

Produk dari Bruno Cavalli ini terbuat dari material kulit asli dengan desain trendi dan elegan untuk memberikan sentuhan tersendiri pada busana formal Anda. Gespernya berbentuk rectangular dengan logo mereknya sehingga cocok juga bagi mahasiswa yang ingin tampil gaya. Dua pilihan warna gelapnya bisa disesuaikan dengan setelan berbusana Anda.

Warna Blackcoffee
Lebar 3,5 cm
Gesper Automaticrectangular
Adjustable Tidak disebutkan

6. Bison Denim N71298

6. Bison Denim N71298

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 295.000

Dapat digunakan bersama busana formal atau smart casual. Ideal untuk hadiah!

Bison Denim adalah produk fashion yang memiliki spesialisasi genuine leather pada koleksinya. Salah satu produk ikat pinggangnya adalah N71298 yang menggunakan material kulit sapi asli sehingga awet dipakai. Pattern type yang solid pada produk ini memiliki kesan elegan sehingga bagus juga untuk dijadikan hadiah.

Ikat pinggang berwarna brown coffee ini cocok dikenakan bersama busana formal seperti pakaian kantor, maupun suasana smart casual seperti menghadiri networking event ataupun dinner date. Bentuk gesper bertipe automatic terbuat dari bahan alloy untuk memudahkan pemakaian dan memberikan perlindungan terhadap karat.

Warna Brown coffee
Lebar 3,4 cm
Gesper Automaticrectangular
Adjustable ✔️

5. Bostanten Men’s Leather Belt

5. Bostanten Men's Leather Belt

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Kulit top buatan Italia dengan panjang yang bisa disesuaikan

Produk dari Bostanten ini menggunakan genuine Italian cowhide leather dengan detail jahitan kualitas top. Warna hitamnya memberikan kesan klasik sehingga pantas dikenakan oleh para profesional. Jika ukurannya dirasa terlalu besar, Anda dapat mengubah sendiri sesuai preferensi karena tipe gespernya removable. Kemasannya pun elegan sehingga bisa juga dijadikan hadiah.

Warna Hitam
Lebar 3,5 cm
Gesper Automaticrectangular
Adjustable ✔️

4. Classic Retro Double Pin Buckle Belt

4. Classic Retro Double Pin Buckle Belt

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 127.000

Tampil beda dengan double pin buckle

Jika ikat pinggang kulit kebanyakan memiliki satu pin, produk dengan desain klasik ini tampil beda dengan dua double pin. Dengan desain yang tidak biasa, ikat pinggang ini bisa dijadikan secondary belt bagi Anda yang sudah memiliki tipe satu pin ataupun ingin memukau rekan kerja dengan tampil berbeda di kantor.

Ikat pinggang ini memiliki lebar 3,8 cm, sedikit lebih lebar di atas rata-rata sabuk formal sehingga mungkin lebih cocok untuk dipakai di hari Jumat pada kantor yang menerapkan hari casual Friday. Warna coffee yang bernuansa retro cocok untuk dipadu dan dipadankan dengan celana pressed khaki atau chino agar serasi dengan kemeja favorit Anda.

Warna Coffee
Lebar 3,8 cm
Gesper Pin・rectangular
Adjustable ×

3. Geoff Max Vadel Black

3. Geoff Max Vadel Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Maintenance lebih minim, style lebih keren!

Tidak mau ketinggalan dengan gempuran dominasi merek luar negeri di Indonesia, produsen asal Bandung, Geoff Max juga memproduksi ikat pinggangnya sendiri. Sesuai dengan nama produknya, Vadel Black ini memiliki warna hitam dengan motif jahitan rapat berwarna putih. Desain belt khusus dari GMX ini akan membuat style busana Anda semakin keren!

Material sabuknya terbuat dari PU (polyurethaneleather atau kulit sintetis. PU dikenal dengan karakteristik lebih bersinar, lebih ringan, dan lebih murah daripada kulit asli. Kulit sintetis secara umum juga tahan air dan mudah untuk perawatannya. Jika Anda menginginkan ikat pinggang yang mirip dengan kulit asli dengan perawatan minim, produk ini pilihannya!

Warna Black
Lebar 4 cm
Gesper Pin・rectangular
Adjustable ×

2. Brewyn Kenji Metal Buckle PU Belt

2. Brewyn Kenji Metal Buckle PU Belt

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Maksimalkan tampilan neat pada gaya busana Anda

Sama seperti produk sebelumnya, ikat pinggang dari Brewyn Kenji ini juga menggunakan kulit sintetis sebagai materialnya dengan kualitas premium yang kuat, tetapi tetap lentur serta tidak gampang kendur. Logo Brewyn pada bagian ujung sabuk menandakan ciri khas produk yang authentic.

Meski buckle pada ikat pinggang ini sepintas terlihat seperti model pengait tipe automatic, sebenarnya produk ini adalah tipe pin. Cocok bagi Anda yang menyukai tipe pengait pin, tetapi ingin terlihat lebih simpel dan rapi. Variasi pilihan warna yang tersedia juga bisa diselaraskan dengan setelan yang Anda inginkan.

Warna Blackcoffeebrown
Lebar 4 cm
Gesper Pin・rectangular
Adjustable ×

1. Ikat Pinggang Pria Kulit Asli Full Black

1. Ikat Pinggang Pria Kulit Asli Full Black

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Material 100% kulit sapi asli, dijamin!

Bagi yang menginginkan ikat pinggang yang terbuat dari kulit sapi asli dengan harganya terjangkau, produk handmade asli daerah Garut ini mungkin cocok untuk Anda. Harganya relatif murah karena produsen Garut memproduksi sendiri bahan baku kulit sapinya yang berkualitas tinggi.

Genuine leather belt asli Garut ini memiliki panjang 120 cm, cocok untuk celana dengan rentang ukuran 28-38 atau yang berlingkar pinggang maksimal 100 cm. Sabuknya sendiri memiliki model polos tanpa dekorasi untuk menekankan kesan pemakai berkarakter simpel.

Warna Hitam
Lebar 3,7 cm
Gesper Pin・rectangular
Adjustable Tidak disebutkan

Kesimpulan

Pada artikel ini kami telah merekomendasikan sepuluh ikat pinggang kulit pilihan terbaik tahun ini yang dijual di Indonesia. Ikat pinggang kulit yang umumnya dipakai untuk tujuan bisnis memang tersembunyi di balik jas, tetapi bukan berarti Anda dapat memilih asal-asalan. Pukau rekan kerja dan juga klien dengan style busana termasuk belt yang classyCarpe diem!