• 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.

Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
  • Pembaharuan terakhir: 02 Maret 2020
  • 17.226 Views
Daftar isi

Cara memilih keju cheddar

Sekilas, semua keju cheddar terlihat mirip. Namun, sebenarnya setiap keju cheddar memiliki penampilan dan tingkat kematangan yang berbeda-beda. Supaya Anda bisa mendapatkan keju cheddar yang sesuai selera, mari kita bahas aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan.

Pilihlah berdasarkan area tempat keju diproduksi

Pilihlah berdasarkan area tempat keju diproduksi
Sebagai salah satu varian keju, cheddar termasuk yang paling populer dan telah diproduksi serta dijual di banyak negara. Akan tetapi, jika Anda menghendaki rasa yang lebih autentik, pilihlah produk yang dibuat di Inggris karena keju cheddar pertama kali diciptakan di sana.
Kami juga menyarankan Anda untuk memeriksa apakah produk tersebut telah memenuhi Place of Origin Name Protection System (PDO). PDO adalah sistem yang menjamin bahwa suatu produk makanan telah diolah dan diawetkan dengan menggunakan metode yang disetujui oleh area tersebut. Keju cheddar yang sungguh-sungguh diproduksi di Inggris harus bertuliskan “West Country Farmhouse Cheddar“. Oleh karenanya, perhatikan juga kode tersebut jika Anda menginginkan produk yang asli diolah di Inggris.
Hanya saja, keju cheddar yang berasal dari Inggris agak sulit ditemukan di toko online Indonesia. Namun, Anda bisa membeli cheddar yang diproduksi di Australia, Amerika Serikat, dan Jepang. Apabila Anda tidak terlalu mengutamakan daerah pembuatan, Anda dapat mencoba pilihan lain yang sesuai dengan kebutuhan, baik itu dari segi harga, tingkat kematangan, jumlah isi, maupun hal lainnya.

Tentukan tingkat kematangan yang Anda sukai

Tentukan tingkat kematangan yang Anda sukai
Pada saat memilih keju cheddar, sebaiknya Anda turut mempertimbangkan tingkat kematangan. Di dalam keju cheddar terdapat bakteri asam laktat yang akan semakin matang seiring berjalannya waktu. Lamanya waktu pematangan itulah yang memengaruhi tingkat kematangan cheddar. Produk yang memiliki waktu pematangan paling singkat dikategorikan sebagai mild. Ciri-cirinya yaitu memiliki tingkat keasaman yang ringan dan rasa yang cenderung lembut. Setelah mild, kategori berikutnya adalah medium, sharp, extra, dan seterusnya.
Kategori medium dan sharp memiliki karakteristik berupa tingkat keasaman dan rasa yang lebih kuat. Sementara itu, keju cheddar kategori extra biasanya telah dimatangkan selama lebih dari satu tahun dan memiliki rasa yang berbeda dibandingkan kategori lainnya.
Jika Anda bermaksud untuk langsung mengonsumsi keju cheddar, perhatikan keterangan mengenai tingkat kematangannya. Beberapa produsen menjual cheddar dengan beragam tingkat kematangan. Apabila Anda masih bingung mengenai rasa yang paling disukai, Anda dapat membeli beberapa kategori dan membandingkannya. Sayangnya, beberapa produk yang dijual di Indonesia tidak mencantumkan keterangan mengenai waktu pematangan.

Selanjutnya, mari pilih keju cheddar berdasarkan warnanya

Keju cheddar memiliki dua jenis warna, ada yang oranye dan putih. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cheddar merah akan memberi aksen khusus di hidangan Anda

Cheddar merah akan memberi aksen khusus di hidangan Anda
Apabila hendak mengadakan pesta di rumah, cheddar merah akan memeriahkan meja makan Anda. Meskipun disebut cheddar merah atau red cheddar, warna yang ditampilkan sesungguhnya adalah oranye atau Annatto. Annatto berarti pewarna makanan berwarna oranye kemerahan yang diambil dari tanaman. Cheddar merah biasanya dikonsumsi dengan cara dicocol menggunakan roti atau sebagai dressing untuk salad. Namun, warna cantiknya juga cocok dimanfaatkan sebagai penghias piring saji.

Cheddar putih akan memberikan kesan alami

Cheddar putih akan memberikan kesan alami
Warna asli dari keju cheddar adalah putih. Bagi Anda yang menginginkan kesan natural dari keju, cheddar putih dapat menjadi pilihan tepat karena tidak diberi pewarna sama sekali. Rasanya pun tetap sama.
Namun, ingatlah untuk selalu memperhatikan kandungan yang tertulis di kemasan keju cheddar. Ada beberapa produk yang terlihat berwarna putih, tetapi tetap mengandung pewarna dan bahan lainnya.

Belilah produk dengan jumlah isi yang sesuai kebutuhan Anda

Belilah produk dengan jumlah isi yang sesuai kebutuhan Anda
Apabila Anda hendak mengonsumsi keju cheddar bersama sandwich atau salad, pilihlah produk dengan jumlah isi antara 100 gram hingga 200 gram. Namun, bagi Anda yang sering menggunakannya untuk memasak, kami merekomendasikan produk dengan isi yang lebih banyak yaitu antara 500 gram hingga 1 kg.
Keju cheddar lebih umum digunakan karena memiliki harga yang lebih sesuai dengan volumenya. Dibanding dengan blue cheese, camambert, dan keju lainnya, cheddar tergolong lebih murah. Anda bisa membeli keju cheddar sebanyak 1 kg dengan harga sekitar 250.000 rupiah.
Meskipun harganya cukup terjangkau, Anda sebaiknya tetap membeli keju cheddar sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli terlalu banyak karena jika tidak habis dan terbuang, Anda justru hanya membuang-buang uang dan menjadi menyesal nantinya.

10 Rekomendasi keju cheddar terbaik

Berikutnya, kami akan memberi rekomendasi keju cheddar terbaik bagi Anda. Ingatlah untuk tetap mengacu pada cara memilih yang telah kami ulas di atas. Langsung saja, ya!
10
Asal negaraAmerika Serikat
Bahan bakuKeju cheddar, air, minyak nabati, pengemulsi, pengawet, Anato CI 75120, vitamin D
Jumlah isi175 gram
9
Asal negaraTidak diketahui
Bahan bakuKeju cheddar, air, garam, natrium sitrat, penstabil, pengawet
Jumlah isi2 kg
8
Asal negaraAustralia
Bahan bakuKeju, air, garam, pengemulsi, pengawet
Jumlah isi180 gram
7
Asal negaraIndonesia
Bahan bakuTidak diketahui
Jumlah isi170 gram
6
Asal negaraJepang
Bahan bakuKeju cheddar, air, minyak nabati, asam laktat, penstabil pati modifikasi asam, susu bubuk tanpa lemak, pengemulsi, pengawet
Jumlah isi8 lembar, 136 gram
5

Fonterra Anchor Food Professionals Slice-on-Slice Processed Cheddar Cheese Coloured

Rp 120.000,00

Asal negaraNew Zealand
Bahan bakuTidak diketahui
Jumlah isi1040 gram
4
Asal negaraAustralia
Bahan bakuSusu, garam, kultur bakteri Lactococcus lactis subsp. lactis dan cremoris, enzim renet, pewarna Annatto
Jumlah isi250 gram
3
Asal negaraAustralia
Bahan bakuTidak diketahui
Jumlah isi250 gram
2
Asal negaraAustralia
Bahan bakuTidak diketahui
Jumlah isi250 gram
1
Asal negaraAustralia
Bahan bakuTidak diketahui
Jumlah isi250 gram

Tabel perbandingan produk keju cheddar terbaik

Gambar produk
1
Happy Valley Cheddar 1

Happy Valley

2
Bega Cheese Bega Extra Tasty 1

Bega

3
Bega Cheese Bega Mild 1

Bega

4
Sukanda Djaya Perfetto Red Cheddar 1

Sukanda Djaya

5
Fonterra Anchor Food Professionals  Slice-on-Slice Processed Cheddar Cheese Coloured 1

Fonterra Anchor Food Professionals

6
Megmilk Snow Brand MEGcheddar Slice 1

Megmilk

7
Emina Rich Cheese  1

Emina

8
Diamond Keju Cheddar 180g 1

Diamond

9
Diamond Dairy Land Cheddar Easy Grate 1

Diamond Dairy

10
KRAFT Cheddar 175g 1

KRAFT

Nama produk

Cheddar

Cheese Bega Extra Tasty

Cheese Bega Mild

Perfetto Red Cheddar

Slice-on-Slice Processed Cheddar Cheese Coloured

Snow Brand MEGcheddar Slice

Rich Cheese

Keju Cheddar 180g

Land Cheddar Easy Grate

Cheddar 175g

KeunggulanCheddar dengan beragam keun...Memiliki komposisi rasa yan...Sangat lembut sehingga coco...Mempercantik sajian Anda ke...Siapa yang tidak tergoda de...Berbentuk lembaran. Cocok b...Penuhi kebutuhan kalsium da...Ekonomis, tetapi terbuat da...Senang menambahkan keju ke ...Produk populer dengan rasa ...
HargaRp 67.000,00Rp 45.999,00Rp 45.999,00Rp 57.000,00Rp 120.000,00Rp 12.400,00Rp 22.000,00Rp 13.000,00Rp 110.000,00Rp 18.500,00
Asal negaraAustraliaAustraliaAustraliaAustraliaNew ZealandJepangIndonesiaAustraliaTidak diketahuiAmerika Serikat
Bahan bakuTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiSusu, garam, kultur bakteri Lactococcus lactis subsp. lactis dan cremoris, enzim renet, pewarna AnnattoTidak diketahuiKeju cheddar, air, minyak nabati, asam laktat, penstabil pati modifikasi asam, susu bubuk tanpa lemak, pengemulsi, pengawetTidak diketahuiKeju, air, garam, pengemulsi, pengawetKeju cheddar, air, garam, natrium sitrat, penstabil, pengawetKeju cheddar, air, minyak nabati, pengemulsi, pengawet, Anato CI 75120, vitamin D
Jumlah isi250 gram250 gram250 gram250 gram1040 gram8 lembar, 136 gram170 gram180 gram2 kg175 gram
Tautan produk

Selain cheddar, terdapat jenis keju lainnya. Baca rekomendasi artikelnya di sini!

Jika Anda penggemar keju, terdapat jenis lain di samping cheddar yang patut dicoba. Anda dapat mencoba keju dengan rasa yang unik, yang segar, yang lebih asin, dan beragam rasa lainnya. Sebagai bahan rekomendasi, simaklah artikel-artikel yang telah kami tulis ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan ketika Anda hendak membeli keju cheddar. Semoga artikel dan rekomendasi produk yang kami berikan dapat membantu serta menjadi referensi Anda dalam memilih.
Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengutamakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera setiap anggota keluarga. Selamat memilih keju cheddar yang lezat dan sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    40.366 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    16.524 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    51.728 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    51.975 Views
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merek, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    18.754 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak orang berpendapat bahwa kopi menjadi minuman yang penting untuk dinikmati sebelum memulai kegiatan atau saat waktu senggang. Penambahan krimer pada kopi akan menciptakan rasa yang lebih lembut, terutama apabila ditambahkan ke dalam kopi hitam. Kopi yang dicampurkan dengan krimer dapat menjadi pilihan apabila Anda kurang menyukai rasa kopi yang terlalu kuat.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Jika Anda memahami karakteristik dan sifat dari masing-masing kopi, Anda dapat menikmati kopi tersebut dengan krimer yang tepat. Mari kita cari tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk menemukan krimer terbaik untuk kopi yang enak dan lezat.
    Makanan & minuman
    13.434 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori