• 10 Keju Cheddar Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)		 1
  • 10 Keju Cheddar Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)		 2
  • 10 Keju Cheddar Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)		 3
  • 10 Keju Cheddar Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)		 4
  • 10 Keju Cheddar Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)		 5

10 Keju Cheddar Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)

Di antara berbagai jenis keju, keju cheddar yang pertama kali dibuat di Inggris ini pasti sering Anda lihat. Ciri khas keju cheddar adalah rasa asam yang lembut dan creamy. Bentuknya pun cukup beragam, mulai dari parut, melt, sampai slice. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi makin lezat, serta cocok dijadikan isian sandwich.

Kami akan mengulas cara memilih keju cheddar yang enak sekaligus memberi rekomendasi produk terbaiknya. Anda dapat mempertimbangkan berbagai merek, seperti Anchor, Bega, Kraft, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Inov Pelawi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi
Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun.


Kegemarannya terhadap dunia masak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun Instagram-nya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa kontennya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keju cheddar

Sekilas, semua keju cheddar terlihat mirip. Namun, sebenarnya setiap keju cheddar memiliki penampilan dan tingkat kematangan yang berbeda-beda. Supaya Anda bisa mendapatkan keju cheddar yang sesuai selera, mari kita bahas aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan.

Cari tahu area tempat keju diproduksi

Cari tahu area tempat keju diproduksi
Sebagai salah satu varian keju, cheddar termasuk yang paling populer dan telah diproduksi serta tersedia di banyak negara. Keju cheddar sendiri berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris. Jika Anda menghendaki rasa yang lebih autentik, pilihlah produk yang dibuat di Inggris karena keju cheddar pertama kali diciptakan di sana.
Kami juga menyarankan Anda untuk memeriksa apakah produk tersebut telah memenuhi Place of Origin Name Protection System (PDO). PDO adalah sistem yang menjamin bahwa suatu produk makanan telah diolah dan diawetkan dengan menggunakan metode yang disetujui oleh area tersebut. 

Keju cheddar yang sungguh-sungguh diproduksi di Inggris harus bertuliskan “West Country Farmhouse Cheddar“. Jadi, perhatikan juga kode tersebut jika Anda menginginkan produk yang asli diolah di Inggris.

Hanya saja, keju cheddar yang berasal dari Inggris cukup jarang ditemukan di toko online Indonesia. Namun, Anda bisa membeli cheddar yang diproduksi di Australia, Amerika Serikat, dan Jepang. Apabila Anda tidak terlalu mengutamakan daerah pembuatan, cobalah pilihan lain yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mempertimbangkan faktor harga, tingkat kematangan, jumlah isi, maupun hal lainnya.

Tentukan tingkat kematangan yang Anda sukai

Tentukan tingkat kematangan yang Anda sukai
Karakter akhir dari keju banyak ditentukan dari jenis pematangannya. Waktu pematangan keju mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Begitu juga dengan keju cheddar. Pada saat memilih keju cheddar, sebaiknya Anda turut mempertimbangkan tingkat kematangan. Keju cheddar mengandung bakteri asam laktat yang makin matang seiring berjalannya waktu.

Produk yang memiliki waktu pematangan paling singkat dikategorikan sebagai mild. Ciri-ciri keju cheddar mild yaitu memiliki tingkat keasaman yang ringan dan rasa yang lembut. Setelah mild, kategori berikutnya adalah medium, sharp, extra, dan seterusnya.

Kategori medium dan sharp memiliki karakteristik berupa tingkat keasaman dan rasa yang lebih kuat. Kategori extra biasanya telah dimatangkan selama lebih dari satu tahun dan memiliki rasa yang berbeda dibandingkan kategori lainnya.
Jika Anda bermaksud untuk langsung mengonsumsi keju cheddar, perhatikan keterangan mengenai tingkat kematangannya. Beberapa produsen menjual cheddar dengan beragam tingkat kematangan. 

Apabila Anda masih bingung mengenai rasa yang paling disukai, Anda dapat membeli beberapa kategori dan membandingkannya. Sayangnya, beberapa produk yang dijual di Indonesia tidak mencantumkan keterangan mengenai waktu pematangan.

Pilihlah keju cheddar berdasarkan warnanya

Keju cheddar memiliki dua jenis warna, yaitu orange dan putih. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cheddar merah / orange, memberi aksen khusus di hidangan Anda

Cheddar merah / orange, memberi aksen khusus di hidangan Anda
Apabila hendak mengadakan pesta di rumah, cheddar merah akan memeriahkan meja makan Anda. Meski disebut cheddar merah atau red cheddar, warna yang ditampilkan sesungguhnya adalah orange atau Annatto


Annatto berarti pewarna makanan berwarna oranye kemerahan yang diambil dari tanaman. Cheddar orange biasanya dikonsumsi dengan cara dicocol menggunakan roti atau sebagai dressing untuk saladKeju ini lebih mudah meleleh dan rasanya pun lebih gurih jika dibandingkan keju cheddar biasa. Warna cantiknya juga cocok dimanfaatkan sebagai penghias piring saji.

Cheddar putih, memberikan kesan alami

Cheddar putih, memberikan kesan alami
Warna asli dari keju cheddar adalah putih gading hingga kuning. Jika Anda yang menginginkan kesan natural dari keju, cheddar putih gading dapat menjadi pilihan tepat karena tidak diberi pewarna sama sekali. Rasanya pun tetap sama.
Namun, ingatlah untuk selalu memperhatikan kandungan yang tertulis di kemasan keju cheddar. Ada beberapa produk yang terlihat berwarna putih, tetapi tetap mengandung pewarna dan bahan lainnya.

Belilah produk dengan isi yang sesuai kebutuhan Anda

Belilah produk dengan isi yang sesuai kebutuhan Anda
Apabila Anda hendak mengonsumsi keju cheddar bersama sandwich atau salad, pilihlah produk dengan jumlah isi antara 100 gram hingga 200 gram. Namun, bagi Anda yang sering menggunakannya untuk memasak, kami merekomendasikan produk dengan isi yang lebih banyak yaitu antara 500 gram hingga 1 kg.
Keju cheddar lebih umum digunakan karena memiliki harga yang lebih sesuai dengan volumenya. Dibanding dengan blue cheese, camambert, dan keju lainnya, cheddar tergolong lebih murah. Anda bisa membeli keju cheddar sebanyak 1 kg dengan harga sekitar 250.000 rupiah.
Meskipun harganya cukup terjangkau, Anda sebaiknya tetap membeli keju cheddar sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli terlalu banyak karena jika tidak habis dan terbuang, Anda justru hanya membuang-buang uang dan menjadi menyesal nantinya.

Jika ada sisa keju, bungkuslah rapat dengan kertas lilin atau kertas roti sebelum disimpan. Hal ini bertujuan untuk mencegah keju menjadi kering dan cepat basi.

Cocokkan tekstur keju dengan tujuan penggunaan

Cocokkan tekstur keju dengan tujuan penggunaan

Meskipun sama-sama keju cheddar, terdapat beberapa bentuk yang bisa Anda pilih sesuai jenis masakan. Keju cheddar di Indonesia biasanya tersedia dalam bentuk blok dan slice. Keju cheddar slice nikmat dimakan sebagai isian sandwich


Tipe ini juga sering digunakan menjadi topping makanan atau bahkan dikonsumsi langsung. Ada juga tipe keju cheddar slice yang bisa langsung melting saat bersentuhan dengan permukaan panas. Keju cheddar tipe blok bisa diparut atau dipotong sesuai kebutuhan. 


Meskipun bukan tipe keju quick melt, Anda bisa juga melelehkan keju cheddar blok dengan bantuan microwave, kompor, atau kukusan. Untuk melelehkan keju cheddar, kami rekomendasikan untuk menggunakan jenis keju cheddar mild atau sharp. Kedua jenis keju cheddar ini lebih mudah dilelehkan karena memiliki tekstur yang lebih lembut dan creamy.


Walaupun tidak terdapat perbedaan rasa pada keju slice dan block, pemilihan tekstur yang tepat dapat membuat masakan anda lebih menarik. Agar tekstur keju cheddar tidak rusak, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memarut keju tersebut. Lalu, diamkan parutan keju cheddar agar menjadi sesuai dengan suhu ruangan. Letakkan parutan keju dalam mangkuk yang bisa digunakan dalam microwave


Setelah itu, masukkan ke dalam microwave dan hangatkan dalam suhu paling rendah selama 15 detik. Hindari menghangatkan keju terlalu lama karena akan membuat teksturnya lengket dan rusak. Keju cheddar melt siap dinikmati!

10 Rekomendasi keju cheddar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keju cheddar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini adalah murni rekomendasi mybest dan bukan dari Inov Pelawi,

10
Tipe kejuCheddar putih blok
Asal negaraAmerika Serikat (produksi Indonesia)
Bahan bakuTidak tercantum
Varian isi35 gram, 75 gram, 165 gram
9
Tipe kejuCheddar putih blok
Asal negaraAustralia
Bahan bakuCheese curd
Varian isi180 gram
8

Emina Cheese IndonesiaRich Cheese

Cheddar Cheese

Mulai dari Rp 22.000,00

Tipe kejuCheddar putih blok
Asal negaraIndonesia
Bahan bakuTidak tercantum
Varian isi165 gram
7
Tipe kejuCheddar putih blok
Asal negaraIndonesia
Bahan bakuWater, Cheddar Cheese, Thickener Acid Treates Starch,Vegetable Oil, Emulsifiers (Disodium Phosphate, Trisodium Citrate, Sodium Polyphosphate), Salt, Acidity Regulator Lactic Acid, Natural Cheese Flavour, Presertvatives (Potassium Sorbate, Nisin), Non Fat Milk Solids, Color Annatto CI 75120
Varian isi170 gr, 2 kg
6
Tipe kejuRed / orange cheddar slice for burgers
Asal negaraAustralia
Bahan bakuCheese (pasteurised milk, salt, steptococcus thermophilus culture, rennet), water, sodium citrate (E331iii), milk solids non-fat, butter (cream, water, salt), salt, citric acid (E330), preservative (E200), lecithin (soy), sodium phosphate (E339iii), colour (E160a, E160b)
Varian isi1,35 kg (108 lembar)
5

Fonterra Co-operative GroupAnchor Slice-on-Slice Processed Cheddar Cheese

Mulai dari Rp 129.000,00

Tipe kejuMelt cheddar slice
Asal negaraNew Zealand
Bahan bakuKeju, air, padatan susu, pengemulsi nabati, padatan susu tanpa lemak, garam, pengatur keasaman asam sitrat, pengawet, asam sorbat, pewarna, ekstrak anato
Varian isi1040 gram
4
Tipe kejuMild cheddar slice
Asal negaraAustralia
Bahan bakuTidak tercantum
Varian isi250 gram
3
Tipe kejuMelt cheddar slice
Asal negaraJepang
Bahan bakuTidak tercantum
Varian isi5 lembar, 20 lembar
2
Tipe kejuRed / orange cheddar cheese
Asal negaraAustralia
Bahan bakuSusu sapi, garam, kultur bakteri Lactococcus lactis subsp. lactis dan cremoris, enzim renet, pewarna Annato
Varian isi250 gram
1
Tipe kejuExtra tasty cheddar slice
Asal negaraAustralia
Bahan bakuTidak tercantum
Varian isi250 gram

Tabel perbandingan produk keju cheddar terbaik

Gambar produk
1
Bega Cheese Limited Extra Tasty 1

Bega Cheese Limited

2
Sukanda Djaya Perfetto Red Cheddar 1

Sukanda Djaya

3
MEGCheese MEG Cheddar Slice Melt 1

MEGCheese

4
Bega Cheese Limited Cheese Bega Mild 1

Bega Cheese Limited

5
Fonterra Co-operative Group Anchor Slice-on-Slice Processed Cheddar Cheese 1

Fonterra Co-operative Group

6
Dairymont Professional Burger Slice 1

Dairymont Professional

7
PROCHIZ Gold Cheddar 1

PROCHIZ

8
Emina Cheese Indonesia Rich Cheese  1

Emina Cheese Indonesia

9
Diamond Keju Cheddar 1

Diamond

10
KRAFT Indonesia Cheddar 1

KRAFT Indonesia

Nama produk

Extra Tasty

Perfetto Red Cheddar

MEG Cheddar Slice Melt

Cheese Bega Mild

Anchor Slice-on-Slice Processed Cheddar Cheese

Burger Slice

Gold Cheddar

Rich Cheese

Keju Cheddar

Cheddar

Keunggulan

Memiliki komposisi rasa yang kaya dan kuat

Mempercantik sajian dengan keju kualitas hotel bintang lima

Berbentuk lembaran dan mudah meleleh, cocok bagi Anda yang praktis

Sangat lembut sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak

Keju cheddar yang meleleh sempurna

Cheddar slice untuk memperlezat burger Anda

Produk berukuran besar yang cocok dijadikan stok keju di rumah

Penuhi kebutuhan kalsium dan protein keluarga Anda dengan produk ini

Ekonomis dan terbuat dari bahan pilihan

Produk populer dengan rasa gurih yang nikmat

Harga mulai dariRp 54.800,00Rp 57.000,00Rp 15.000,00Rp 54.000,00Rp 129.000,00Rp 145.900,00Rp 10.900,00Rp 22.000,00Rp 18.000,00Rp 24.800,00
Tipe kejuExtra tasty cheddar sliceRed / orange cheddar cheeseMelt cheddar sliceMild cheddar sliceMelt cheddar sliceRed / orange cheddar slice for burgersCheddar putih blokCheddar putih blokCheddar putih blokCheddar putih blok
Asal negaraAustraliaAustraliaJepangAustraliaNew ZealandAustraliaIndonesiaIndonesiaAustraliaAmerika Serikat (produksi Indonesia)
Bahan bakuTidak tercantumSusu sapi, garam, kultur bakteri Lactococcus lactis subsp. lactis dan cremoris, enzim renet, pewarna AnnatoTidak tercantumTidak tercantumKeju, air, padatan susu, pengemulsi nabati, padatan susu tanpa lemak, garam, pengatur keasaman asam sitrat, pengawet, asam sorbat, pewarna, ekstrak anatoCheese (pasteurised milk, salt, steptococcus thermophilus culture, rennet), water, sodium citrate (E331iii), milk solids non-fat, butter (cream, water, salt), salt, citric acid (E330), preservative (E200), lecithin (soy), sodium phosphate (E339iii), colour (E160a, E160b)Water, Cheddar Cheese, Thickener Acid Treates Starch,Vegetable Oil, Emulsifiers (Disodium Phosphate, Trisodium Citrate, Sodium Polyphosphate), Salt, Acidity Regulator Lactic Acid, Natural Cheese Flavour, Presertvatives (Potassium Sorbate, Nisin), Non Fat Milk Solids, Color Annatto CI 75120Tidak tercantumCheese curdTidak tercantum
Varian isi250 gram250 gram5 lembar, 20 lembar250 gram1040 gram1,35 kg (108 lembar)170 gr, 2 kg165 gram180 gram35 gram, 75 gram, 165 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk keju lainnya di sini

Selain keju cheddar, masih banyak varian keju lain yang tidak kalah nikmat. Selain itu, produk makanan yang memiliki cita rasa keju yang kaya juga menarik untuk dicoba. Jika Anda gemar melakukan cheese tasting atau menyukai makanan dengan rasa keju, bacalah rekomendasi produk kami berikut ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda hendak membeli keju cheddar. Semoga artikel dan rekomendasi produk yang kami berikan dapat membantu serta menjadi referensi Anda dalam memilih.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengutamakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera setiap anggota keluarga. Selamat memilih keju cheddar yang lezat dan sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat menaikkan berat badan anak adalah memberikan susu penggemuk badan. Ada banyak merek susu penambah berat badan anak yang beredar, seperti Dancow, PediaComplete, atau Curcuma Plus.Kali ini kami akan membagikan tips memilih susu penambah berat badan untuk anak. Kami juga akan merekomendasikan susu formula tinggi kalori yang bagus dan sesuai dengan usia anak. Selain itu, terdapat juga komentar dari ahli gizi, Leona Victoria untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Produk susu
  • 10 Whipped Cream Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whipped Cream Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan krim kocok atau whipped cream. Whipped cream memiliki rasa dan tekstur yang lembut serta creamy. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream sering dipakai untuk menghias milkshake atau frappuccino. Di antara banyaknya merek whipped cream, manakah yang sebaiknya Anda pilih?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipping cream yang bagus. Terdapat pula rekomendasi whipped cream dari berbagai merek, seperti Anchor, Elle & Vire, dan Greenfields. Sebagai informasi, artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Baca artikelnya, yuk!
    Produk susu
  • 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Lemak yang menumpuk dalam tubuh berakibat kurang baik bagi kesehatan. Jadi, ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan hidup dengan mengonsumsi susu rendah lemak. Susu rendah lemak adalah susu yang kadar lemaknya rendah, sekitar 1–2% per takaran saji.Susu rendah lemak tidak hanya bermanfaat untuk diet, tetapi juga untuk penderita asam lambung, hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Di artikel ini kami akan mengulas rekomendasi merek susu rendah lemak yang enak, seperti Tropicana Slim, Anlene, dan WRP. Artikel ini juga telah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna. Mari simak informasi lengkapnya!
    Produk susu
  • 10 Susu Evaporasi Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Evaporasi Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak minuman dan makanan yang makin nikmat jika diberi tambahan susu. Namun, tidak semua susu baik untuk kesehatan keluarga. Susu evaporasi adalah salah satu jenis susu sehat yang bisa Anda pertimbangkan. Tekstur susu evaporasi memang mirip susu kental manis, tetapi susu evaporasi lebih kaya nutrisi yang diperlukan tubuh. Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengulas merek susu evaporasi yang enak, seperti F&N, Sunbay, dan Nestle. Kami juga akan memberikan tips memilih susu evaporasi yang bagus untuk Anda. Jadi, baca artikel ini hingga selesai, ya!
    Produk susu
  • 10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Susu adalah minuman bergizi yang harus diberikan pada anak sejak usianya masih batita hingga sekolah. Salah satu susu anak yang populer sejak lama adalah Dancow. Dancow sudah bertahun-tahun menutrisi anak-anak Indonesia. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk Anda pun turut memberikan susu Dancow kepada buah hati.Dancow memiliki banyak varian susu, mulai dari Dancow full cream, Dancow FortiGro, Dancow Nutritods, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari susu Dancow untuk buah hati, inilah artikel yang tepat. Kami akan membantu Anda memilih susu Dancow dan memberikan rekomendasi susu Dancow terbaik. Selamat membaca!
    Produk susu
  • 10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Susu UHT (ultra-high temperature) merupakan jenis susu yang cukup populer. Susu UHT full cream sering dipakai sebagai campuran MPASI untuk bayi 6 bulan atau diminum oleh anak 1 tahun. Varian rasanya yang beragam membuat susu ini digemari oleh anak-anak dan orang dewasa.Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih produk UHT yang paling bagus. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik, seperti merek Cimory, Ultra Mimi, Prenagen, dan Greenfields. Kami juga akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang tepat. Selamat membaca!
    Produk susu
  • 10 Rekomendasi Susu Frisian Flag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Frisian Flag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan kualitas susu yang Anda pilih. Salah satu produsen susu berkualitas adalah Frisian Flag. Frisian Flag menyajikan produk susu terbaik dan bernutrisi bagi para konsumennya. Tak hanya bernutrisi, rasanya pun enak.Kali ini, kami akan membahas produk susu dari Frisian Flag, serta memberi tips memilihnya. Tak ketinggalan, kami juga bakal memberi rekomendasi susu terbaik dari Frisian Flag, seperti Purefarm, Frisomum, dan Primanutri. Susu UHT, susu bubuk, sampai kental manis ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Produk susu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori