10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Mainan alat musik memang selalu populer dan tak pernah terasa ketinggalan zaman. Ketika anak menginjak usia 3 tahun, banyak orang tua mulai memikirkan kegiatan yang bisa mengedukasi sang anak, termasuk melatih kemampuan pendengaran dan motoriknya dengan menggunakan mainan alat musik.

Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mainan alat musik sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik kepada Anda. Mainan seperti drum set, marakas, dan biola juga akan kami ulas. Silakan simak terus artikel kami, ya!

Daftar isi

Cara memilih mainan alat musik

Sebuah alat musik yang kecil dan terkesan sederhana pun memliki banyak sekali jenis sehingga Anda mungkin akan bingung dalam memilihnya. Padahal, bila Anda memilih mainan yang tepat, Anda akan menemukan keunggulan lain berupa sisi edukasi dari sebuah mainan alat musik. Karena itu, mari simak poin-poin cara memilih mainan alat musik berikut ini.

Pilihlah tipe berdasarkan usia dan pertumbuhan anak

Mainan alat musik memiliki berbagai variasi, mulai dari berbentuk piano hingga perkusi. Pertama-tama, pilihlah tipe mainan alat musik yang sesuai dengan usia dan pertumbuhan anak Anda.

Mainan yang bisa berbunyi walau hanya sedikit digerakkan, seperti marakas dan drum

Mainan yang bisa berbunyi walau hanya sedikit digerakkan, seperti marakas dan drum

Mendengar suara tertentu saja seringkali memberi sebuah kepuasan tersendiri bagi anak-anak. Terutama bila anak Anda sudah menginjak usia dua tahun, kami merekomendasikan mainan yang mudah mengeluarkan suara. Dengan begitu, secara alami, anak Anda dapat merasakan kegembiraan dari mempelajari musik.

Bila anak Anda baru berusia satu tahun, Anda dapat memilih mainan bertipe rattle atau marakas dengan ukuran yang mudah digenggam oleh tangan yang kecil sekalipun. Sebisa mungkin, pilihlah mainan alat musik yang berbahan aman karena anak-anak seringkali memasukkan sembarang benda ke dalam mulutnya. Selain itu, agar anak Anda lebih tertarik untuk memainkannya, pilihlah mainan alat musik dengan warna yang mencolok dan mudah dikenali secara visual oleh anak Anda.

Pada usia satu tahun, anak telah dapat mengontrol pergerakan tangannya dengan baik. Namun, karena belum bisa mengatur pergerakan jarinya dengan sempurna, kami merekomendasikan mainan alat musik bertipe drum yang bisa mengeluarkan suara hanya dengan memukulnya menggunakan tangan. Usia satu tahun merupakan periode ketika anak-anak merasa senang dengan sesuatu yang bisa berbunyi. Karena itu, mainan yang bekerja dengan tenaga baterai tanpa harus menggerakkan atau memukulnya keras-keras tentu akan cocok baginya.

Mainan yang asyik dimainkan ketika anak sudah mulai mengerti nada, seperti piano dan xylophone

Mainan yang asyik dimainkan ketika anak sudah mulai mengerti nada, seperti piano dan xylophone

Saat anak Anda mulai tertarik dengan suara dan irama, mainan alat musik seperti piano atau xylophone yang bisa mengeluarkan berbagai nada tentu akan cocok baginya. Ketika dia sudah mampu mengontrol jari-jarinya dengan lebih cekatan, saat itu pula anak sudah bisa memainkan mainan alat musik yang dipukul menggunakan stik, seperti drum dan sebagainya. Meski awalnya anak Anda hanya memainkannya untuk menghasilkan bunyi, lama-kelamaan Anda dapat melihat ketertarikan dan bakat si kecil dalam memainkan lagu serta irama musik.

Selain itu, bila Anda hendak mengajari anak untuk bisa memainkan alat musik sungguhan saat dia sudah besar nanti, kami merekomendasikan mainan alat musik yang menggunakan senar. Namun, karena perlunya pengetahuan yang lebih mendalam dalam memainkannya, ada baiknya bila Anda dapat menjadi sosok yang bisa dicontoh olehnya dalam memainkan alat musik tersebut.

Pilihlah berdasarkan suara dan tekstur bahannya

Pilihlah berdasarkan suara dan tekstur bahannya

Pilihlah mainan dengan suara dan tekstur bahan yang paling mendekati alat musik aslinya. Semakin halus suara yang dihasilkan, maka akan semakin mudah suara tersebut melekat pada ingatan anak Anda sampai ia dewasa sekalipun.

Selain suara, tekstur bahan dari mainan alat musik juga perlu Anda perhatikan. Kesan dan rasa saat menyentuh tuts keyboard atau piano serta kesan hangat yang dimiliki xylophone berbahan kayu tentu akan memberikan kenangan indah tersendiri bagi anak Anda karena dia terbiasa memainkannya. Mainan alat musik yang begitu mirip alat musik aslinya tak hanya menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga sedap dipandang.

Periksalah luas jangkauan nadanya

Periksalah luas jangkauan nadanya

Ketika memilih mainan alat musik bernada, perhatikan juga luas jangkauan nadanya. Memainkan sebuah lagu dengan mainan alat musik memang memacu semangat anak, tetapi bila jangkauan nadanya terlalu pendek, lagu tersebut tidak bisa dimainkan sampai selesai. Anak-anak bisa cepat bosan karena keterbatasan tangga nada sehingga kami sarankan untuk memilih mainan alat musik yang setidaknya memiliki jangkauan nada satu oktaf. Dengan begitu, anak Anda bisa memainkan lagu-lagu sederhana, seperti lagu “Selamat Ulang Tahun” atau “Bintang Kecil” yang bisa dimainkan cukup dengan satu oktaf tangga nada. Lalu, anak Anda juga bisa lebih mudah mengingat bunyi dari delapan tangga nada dasar.

Pilihlah tipe handmade, bila ingin membuat atau merakit mainan alat musik sendiri

Pilihlah tipe handmade, bila ingin membuat atau merakit mainan alat musik sendiri

Jika Anda memiliki waktu luang dan tahu cara membuat alat musik, Anda bisa mencoba membimbing anak Anda untuk membuat atau merakit alat musiknya sendiri. Tidak hanya berfungsi sebagai alat musik, kegiatan tersebut juga bisa menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi anak Anda dalam mengetahui struktur alat musik dan menghasilkan karya. Bila anak Anda telah memasuki usia sekolah dasar, tentu dia sudah dapat diajak bekerja sama untuk membuat atau merakit mainan alat musiknya sendiri. Dengan menempelkan stiker favorit atau mewarnai sendiri bodi mainan alat musiknya, mainan tersebut tentu terasa lebih orisinal.

Namun, mainan alat musik yang tersedia untuk dirakit sendiri masih cukup jarang dijual di Indonesia. Meski begitu, masih banyak opsi menyenangkan lain, seperti memilih mainan alat musik dengan beragam tipe lainnya. Mainan alat musik berupa tamborin, biola, guitalele, harmonika, dan sebagainya, tentu akan membuatnya semakin bersemangat dalam belajar memainkan alat musik.

10 Rekomendasi mainan alat musik terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi mainan alat musik terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah mainan yang paling cocok untuk anak Anda.

10. Baby Rattle Stick Maracas

10. Baby Rattle Stick Maracas

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 47.000

Tingkatkan perkembangan daya pendengaran anak dengan marakas berpermukaan halus

Mainan yang terlihat sederhana pun ternyata bisa membawa pengaruh pada perkembangan bayi Anda, contohnya produk berikut ini. Mainan marakas ini mampu merangsang perkembangan daya pendengaran bayi agar semakin peka terhadap suara. Pegangannya yang halus juga membuat produk ini aman disentuh serta tidak akan melukai kulit bayi Anda.

Target usia 3 bulan ke atas
Keunggulan Terbuat dari kayu, melatih dan merangsang auditory bayi

9. Baby Picollo Flute

9. Baby Picollo Flute

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 33.000

Tak membosankan, anak pun kian terampil dalam kemampuan mengoordinasi jari

Mainan alat musik berikut layak dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan koordinasi jari-jari anak Anda dalam memainkan musik. Tak hanya sekadar ditiup, mainan ini juga tak membosankan karena anak akan merasa tertantang untuk bisa tepat dan cekatan dalam menggerakkan jari agar menghasilkan nada yang diinginkan.

Target usia 3 tahun ke atas
Keunggulan Terbuat dari plastik, ringan, warna-warni

8. Mainan Alat Musik Drum Tangan CMK028

8. Mainan Alat Musik Drum Tangan CMK028

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.000

Suara gemerincingnya akan merangsang perkembangan auditory anak Anda!

Produk berikut ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memperkenalkan alat musik pada anak Anda untuk pertama kalinya. Cukup memukul atau menggerakkannya sedikit, mainan tamborin ini bisa menghasilkan suara cring yang nyaring. Mudah dimainkan dan menghasilkan bunyi, mainan ini efektif merangsang perkembangan indera pendengaran anak Anda.

Target usia 1 tahun ke atas
Keunggulan Dominasi bahan kayu, warna-warni

7. Mainan Alat Musik Harmonika Kayu

7. Mainan Alat Musik Harmonika Kayu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 33.000

Lubang suaranya yang berdekatan mampu melatih ketepatan dalam memainkan musik

Setiap lubang pada bodi mainan harmonika ini menghasilkan nada berbeda yang tentu membuat anak asyik menelusurinya. Selain itu, anak akan terpacu untuk mengingat lubang-lubang tertentu yang menghasilkan suatu nada tertentu. Karena itu, produk berikut bisa menjadi pilihan tepat untuk melatih konsentrasi dan ketepatan anak Anda dalam memainkan musik.

Target usia 5 tahun ke atas
Keunggulan Terbuat dari kayu, warna-warni

6. Let’s Begin Drum Set CY-6002B

6. Let's Begin Drum Set CY-6002B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 189.000

Mengenalkan musik bisa semakin asyik berkat adanya pancaran cahaya

Mengenalkan musik pada anak sedari kecil memang memerlukan cara yang menyenangkan demi menarik minatnya. Agar dia semakin tertarik, mainan drum yang bekerja dengan tenaga empat buah baterai AA berikut ini bisa diandalkan. Selain mengeluarkan cahaya saat dipukul, tersedia pula beberapa pilihan sound effect yang pasti semakin memikat hati anak.

Target usia 3 tahun ke atas
Keunggulan Bisa mengeluarkan cahaya, bersertifikasi SNI, melatih koordinasi tangan

5. Baoli Mainan Biola Anak 1707

5. Baoli Mainan Biola Anak 1707

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Bobotnya ringan, ideal sebagai sarana pengenalan biola pada anak

Bagi Anda yang ingin memperkenalkan rupa nyata biola pada anak Anda sedari kecil, produk berikut bisa menjadi pilihan tepat. Berbeda dengan biola asli yang berat, mainan biola ini jauh lebih ringan sehingga ideal sebagai sarana pengenalan biola pada anak. Dengan produk ini, anak Anda pun bisa melatih koordinasi antara gerakan tangan, jemari, serta lehernya.

Target usia 6 tahun ke atas
Keunggulan Terbuat dari plastik yang ringan

4. Mainan Kayu Edukatif Xylophone Berbentuk Anjing ME089

4. Mainan Kayu Edukatif Xylophone Berbentuk Anjing ME089

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Sebagai alat musik bisa, sebagai mainan yang menemani anak Anda berjalan pun bisa

Bila Anda mencari mainan dengan dua fungsi berbeda yang sama menyenangkannya, produk berikutlah jawabannya. Selain sebagai sarana pengenalan alat musik dan nada, mainan xylophone berbentuk anjing ini bisa juga menjadi mainan bergerak yang ditarik menggunakan tali. Dengan begitu, anak Anda bisa belajar tangga nada sekaligus lebih aktif bergerak.

Target usia 3 tahun ke atas
Keunggulan Jangkauan nada 1 oktaf, warna-warni

3. Yamaha Guitalele GL1

3. Yamaha Guitalele GL1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 660.000

Lebih mudah belajar gitar sedari kecil dengan versi mini

Perpaduan gitar dan ukulele berikut bisa menjadi pilihan bagi anak Anda yang ingin belajar gitar. Dirancang persis menyerupai gitar regular, guitalele yang juga digemari orang dewasa ini bisa menjadi sarana bagi anak untuk mengenal chord-chord gitar. Setelah anak beranjak besar, ia pun akan lebih mudah memainkan gitar berukuran regular dengan lancar.

Target usia 7 tahun ke atas
Keunggulan Terbuat dari kayu, disetem untuk menghasilkan nada berbeda yang diinginkan

2. Electronic Keyboard 61 Key MQ-6101

2. Electronic Keyboard 61 Key MQ-6101

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 249.900

Dilengkapi microphone plus jangkauan nada yang luas, belajar alat musik pun jadi kian seru

Bila anak Anda tak hanya berminat pada musik, tetapi juga tarik suara, dia tentu akan senang dengan mainan ini. Keyboard ini dilengkapi dengan microphone sehingga dia pun bisa berlatih alat musik sekaligus bernyanyi, bahkan merekam suaranya. Dengan range nada yang cukup luas, anak pun semakin mudah berkreasi dengan nada-nada yang ia inginkan.

Target usia 5 tahun ke atas
Keunggulan Memiliki 61 tuts, dilengkapi microphone

1. WinFun My 1st Band Kit

1. WinFun My 1st Band Kit

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 297.000

Makin praktis dan efisien belajar alat musik dengan produk set

Mainan alat musik set berikut adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengenalkan berbagai alat musik sekaligus pada anak Anda. Terdiri dari drum, tamborin, marakas, dan kastanyet, mainan ini dapat mengasah kepandaian anak dalam mengatur ritme bermusik. Anak Anda pun bisa memperdalam minat dan ketertarikannya pada beragam alat musik yang tersedia.

Target usia 2 tahun ke atas
Keunggulan 4 mainan alat musik ritmis, 1 mainan sound effect

Baca juga rekomendasi piano digital di sini!

Apabila setelah mengenal mainan alat musik timbul keinginan untuk bersungguh-sungguh belajar musik pada diri anak, tidak ada salahnya mempertimbangkan membeli alat musik yang asli, seperti piano digital. Piano digital berharga lebih terjangkau dibandingkan dengan piano tipe lain dan tentunya cocok bagi para pemula. Simak selengkapnya di artikel berikut ini!。

Kesimpulan

Demikian paparan cara memilih dan ulasan produk-produk mainan alat musik terbaik yang telah kami rangkum. Nah, sudahkah Anda menemukan mainan alat musik yang paling cocok dengan kebutuhan dan minat anak Anda?

Banyaknya variasi tipe mainan alat musik membuat anak Anda lebih mudah menggali potensi dan ketertarikannya pada musik. Anda bisa membeli beberapa tipe mainan alat musik sekaligus untuk menemukan bakat musiknya yang masih tersembunyi. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dan selamat memilih!