• 10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mainan alat musik memang populer dan tak ketinggalan zaman. Ketika anak menginjak usia 3 tahun, banyak orang tua mulai memikirkan kegiatan yang bisa mengedukasi sang anak. Mainan alat musik untuk balita atau anak SD sekalipun dapat melatih kemampuan pendengaran dan motoriknya sejak usia dini.

Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mainan alat musik yang bagus, baik untuk balita maupun untuk anak. Kami juga akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik kepada Anda. Mainan seperti drum set, marakas, biola, bahkan gitar Yamaha juga akan kami ulas. Silakan disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Qoty Intan Z. N.
  • Pembaharuan terakhir: 28 April 2022
Daftar isi

Cara memilih mainan alat musik

Alat musik yang kecil dan sederhana juga memliki banyak sekali jenisnya sehingga Anda mungkin bingung dalam memilihnya. Apabila Anda memilih mainan yang tepat, Anda akan menemukan keunggulan lain berupa sisi edukasi dari sebuah mainan alat musik. Karena itu, mari simak poin-poin cara memilih mainan alat musik berikut ini.

Pilihlah tipe berdasarkan usia dan pertumbuhan anak

Mainan alat musik memiliki berbagai variasi, mulai dari berbentuk piano hingga perkusi. Pertama-tama, pilihlah tipe mainan alat musik yang sesuai dengan usia dan pertumbuhan anak Anda.

Marakas dan drum, bisa berbunyi walau hanya sedikit digerakkan

Marakas dan drum, bisa berbunyi walau hanya sedikit digerakkan
Mendengar suara tertentu saja seringkali memberi sebuah kepuasan tersendiri bagi anak-anak. Terutama bila anak Anda sudah menginjak usia 2 tahun, kami merekomendasikan mainan alat musik yang mudah mengeluarkan suara. Dengan begitu, secara alami, anak Anda dapat merasakan kegembiraan dari mempelajari musik.

Lalu, bagaimana bila anak Anda baru berusia 1 tahun? 


  • Usia 1 tahun merupakan periode ketika anak-anak merasa senang dengan sesuatu yang bisa berbunyi. Karena itu, mainan yang bekerja dengan tenaga baterai tanpa harus menggerakkan atau memukulnya keras-keras cocok untuk anak 1 tahun.

  • Anda dapat memilih mainan bertipe rattle atau marakas karena umumnya memiliki ukuran yang mudah digenggam. Sebisa mungkin, pilihlah mainan alat musik berbahan aman karena anak-anak seringkali memasukkan benda ke dalam mulutnya. Supaya anak Anda tertarik untuk memainkannya, pilihlah produk dengan warna mencolok dan mudah dikenali secara visual olehnya.

  • Pada usia 1 tahun, anak telah dapat mengontrol pergerakan tangannya dengan baik. Namun, kami merekomendasikan mainan alat musik bertipe drum karena anak 1 tahun belum bisa mengatur pergerakan jarinya dengan sempurna. Produk ini bisa mengeluarkan suara hanya dengan memukulnya menggunakan tangan. 

Piano dan xylophone, asyik dimainkan ketika anak sudah mulai mengerti nada

Piano dan xylophone, asyik dimainkan ketika anak sudah mulai mengerti nada
Saat anak mulai tertarik dengan irama, piano atau xylophone yang bisa mengeluarkan berbagai nada tentu akan cocok baginya. Ketika ia sudah mampu mengontrol jari-jarinya dengan baik, Anda bisa memberikan mainan alat musik, seperti drum dan sebagainya. 

Mungkin awalnya anak Anda hanya memainkannya untuk menghasilkan bunyi. Namun, lama-kelamaan Anda dapat melihat ketertarikan dan bakat si kecil dalam memainkan lagu serta irama musik.


Jika Anda hendak mengajarinya memainkan alat musik sebenarnya, kami merekomendasikan mainan alat musik yang menggunakan senar. Karena diperlukan pengetahuan yang lebih mendalam, sebaiknya Anda mendampinginya saat memainkan alat musik tersebut.

Perhatikan suara dan tekstur bahannya

Perhatikan suara dan tekstur bahannya
Pilihlah mainan dengan suara dan tekstur bahan yang paling mendekati alat musik aslinya. Makin halus suara yang dihasilkan, makin mudah suara tersebut melekat di ingatan anak sampai ia dewasa sekalipun.

Selain suara, tekstur bahan dari mainan alat musik juga perlu Anda perhatikan. Kesan dan rasa saat menyentuh tuts piano tentu akan memberikan kenangan tersendiri bagi anak Anda karena terbiasa memainkannya. Mainan alat musik yang begitu mirip alat musik aslinya tak hanya menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga sedap dipandang.

Periksalah luas jangkauan nadanya

Periksalah luas jangkauan nadanya
Ketika memilih mainan alat musik, perhatikan juga luas jangkauan nadanya. Lagu tidak bisa dimainkan sampai selesai jika jangkauan nadanya terlalu pendek. Anak-anak bisa cepat bosan karena keterbatasan jangkauan nadanya. Karena itu, kami sarankan untuk memilih mainan alat musik yang setidaknya memiliki jangkauan nada satu oktaf. 

Dengan begitu, anak Anda bisa memainkan lagu-lagu sederhana, seperti lagu “Selamat Ulang Tahun” atau “Bintang Kecil”. Selain itu, anak Anda juga bisa lebih mudah mengingat bunyi dari delapan tangga nada dasar.

Pertimbangkan tipe handmade bila ingin merakit mainan alat musik sendiri

Pertimbangkan tipe handmade bila ingin merakit mainan alat musik sendiri
Anda juga bisa mencoba membimbing anak Anda untuk membuat atau merakit alat musiknya sendiri. Kegiatan ini akan menjadi kesenangan tersendiri bagi anak Anda dalam mengetahui struktur alat musik dan menghasilkan karya. Jika ia telah memasuki usia SD, Anda dapat mengajaknya membuat atau merakit mainan alat musiknya sendiri. 

Dengan menempelkan stiker favorit atau mewarnai sendiri bodi mainan alat musiknya, mainan tersebut tentu terasa lebih orisinal. Mainan alat musik, seperti tamborin, biola, ukulele, harmonika, tentu akan membuatnya makin bersemangat dalam memainkannya.


Namun, mainan alat musik yang tersedia untuk dirakit sendiri masih cukup jarang dijual di Indonesia. Meski begitu, masih banyak opsi menyenangkan lain, seperti memilih mainan alat musik dengan beragam tipe lainnya. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Greda Musical Instrument Toys

Mulai dari Rp 300.000,00

10 Rekomendasi mainan alat musik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan alat musik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Target usiaTidak disebutkan
Dimensi13 cm x 3 cm x 2,5 cm
9
Target usia2 tahun ke atas
DimensiTidak disebutkan
8

Mainan Anak Saxophone 26 cm

Mulai dari Rp 15.000,00

Target usiaTidak disebutkan
Dimensi26 cm
7
Target usiaTidak disebutkan
Dimensi28 cm x 8 cm x 10,5 cm
6

Xylophone Skateboard Musical

Mulai dari Rp 29.000,00

Target usia3–5 tahun
DimensiTidak disebutkan
5
Target usiaTidak disebutkan
Dimensi± 21 cm
4

Baby Rattle Stick Maracas

Mulai dari Rp 15.000,00

Target usiaTidak disebutkan
Dimensi11 cm x 4 cm
3
Target usiaTidak disebutkan
Dimensi11 cm x 5 cm
2
Target usiaTidak disebutkan
Dimensi69,8 cm x 22,9 cm x 7 cm
1

Let’s Begin! Drum Set

CY-6002B

Mulai dari Rp 225.000,00

Target usia3 tahun ke atas
Dimensi40 cm x 20 cm x 16 cm

Tabel perbandingan produk mainan alat musik terbaik

Gambar produk
1
Let’s Begin! Drum Set 1

2
Yamaha Guitalele  1

Yamaha

3
Rebana Hadroh Anak 11 cm 1

4
Baby Rattle Stick Maracas 1

5
Mainan Seruling Plastik Warna-Warni 1

6
Xylophone Skateboard Musical  1

7
Piano Toys Doraemon 1

8
Mainan Anak Saxophone 26 cm 1

9
WinFun My 1st Band Kit 1

WinFun

10
Baby Wooden Harmonica 1

Nama produk

Let’s Begin! Drum Set

Guitalele

Rebana Hadroh Anak 11 cm

Baby Rattle Stick Maracas

Mainan Seruling Plastik Warna-Warni

Xylophone Skateboard Musical

Piano Toys Doraemon

Mainan Anak Saxophone 26 cm

My 1st Band Kit

Baby Wooden Harmonica

Keunggulan

Makin asyik bermain musik berkat adanya pancaran cahaya

Lebih mudah belajar gitar sedari kecil dengan versi mini

Mainan bernuansa islami, ekonomis pula!

Tingkatkan perkembangan daya pendengaran anak dengan marakas berpermukaan halus

Tak membosankan, anak pun kian terampil dalam mengoordinasi jari

Mainan tradisional plus mainan tarik dalam satu paket

Doraemon imut temani anak Anda latihan piano

Mudah dimainkan, ideal untuk mengenalkan saksofon pada anak

Efisien belajar alat musik dengan produk set

Lubang suara yang berdekatan mampu melatih ketepatan dalam bermusik

Harga mulai dariRp 225.000,00Rp 814.000,00Rp 15.000,00Rp 15.000,00Rp 1.300,00Rp 29.000,00Rp 44.900,00Rp 15.000,00Rp 251.000,00Rp 33.000,00
Target usia3 tahun ke atasTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan3–5 tahunTidak disebutkanTidak disebutkan2 tahun ke atasTidak disebutkan
Dimensi40 cm x 20 cm x 16 cm69,8 cm x 22,9 cm x 7 cm11 cm x 5 cm11 cm x 4 cm± 21 cm Tidak disebutkan28 cm x 8 cm x 10,5 cm26 cmTidak disebutkan13 cm x 3 cm x 2,5 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk mainan lainnya di sini

Kami berharap Anda sudah menemukan mainan alat musik sesuai kebutuhan Anda. Selain mainan alat musik, kami juga memiliki rekomendasi produk mainan lainnya, seperti boneka jari, mainan lilin, dan LEGO. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Demikian paparan cara memilih dan ulasan produk-produk mainan alat musik terbaik yang telah kami rangkum. Nah, sudahkah Anda menemukan mainan alat musik yang paling cocok dengan kebutuhan dan minat anak Anda?

Banyaknya variasi tipe mainan alat musik membuat anak Anda lebih mudah menggali potensi dan ketertarikannya kepada musik. Anda bisa membeli beberapa tipe mainan alat musik sekaligus untuk menemukan bakat musiknya yang masih tersembunyi. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan masak-masakan merupakan salah satu mainan yang berfungsi untuk mengedukasi anak-anak. Mulai dari mainan memotong sayuran, set peralatan dapur dan meja, sampai mainan bakery, semua tipe telah banyak beredar di pasaran. Namun, mainan masak-masakan seperti apa yang cocok untuk anak Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan masak-masakan sekaligus merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Berbagai mainan mengasyikkan yang bagus akan kami perkenalkan untuk Anda, contohnya mainan dari merek Mother Garden, Nunukids, dan Play-Doh. Selamat membaca sampai akhir, ya!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah anak Anda akan memasuki usia belajar membaca dan menulis? Jika demikian, mulailah gunakan alat belajar alfabet. Produknya dapat membuat anak memahami huruf kapital dan huruf kecil, serta mengerti cara mengucapkannya sejak dini. Si kecil pun jadi lebih mudah untuk belajar membaca dan menulis nantinya.Karena itu, kami akan membagikan cara memilih alat belajar alfabet terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Munchkin, LEGO, dan lainnya. Tiap produknya pun sudah kami ulas untuk Anda. Ada yang cocok untuk belajar bahasa Inggris, lho. Yuk, dimulai saja pembahasannya!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain menyenangkan untuk dimainkan, mainan lilin ternyata berguna juga untuk menstimulasi kecerdasan. Mengenal bentuk, warna, bahkan mengembangkan imajinasi, semua dapat dilakukan melalui mainan ini. Namun, banyaknya jenis mainan lilin di pasaran mungkin akan membuat Anda kesulitan memilih yang tepat.Tidak perlu bingung karena sekarang kami menjelaskan cara memilih mainan lilin yang Anda butuhkan. Ada rekomendasi mainan lilin terbaik keluaran merek Play-Doh dan Fun-Doh juga, lho! Jangan sampai ketinggalan informasinya dan temukan mainan lilin yang cocok untuk si kecil!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain kemah-kemahan menggunakan tenda adalah aktivitas yang menyenangkan untuk anak. Meski hanya dilakukan di dalam rumah atau di halaman, anak-anak akan merasa gembira. Untuk itu, Anda dapat menyediakan tenda anak guna memfasilitasi kegiatan bermain mereka.Tenda anak sendiri memiliki jenis yang beragam, seperti tenda dome, teepee tent, castle tent, serta playhouse. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan jenis-jenis tenda untuk anak, serta bagaimana cara memilihnya. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik, antara lain merek Intex dan Bestway. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Sempoa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sempoa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sempoa banyak dipakai di Sekolah Dasar dan di kelas khusus sempoa. Saat ini makin banyak orang dewasa yang juga belajar sempoa karena sempoa dapat meningkatkan fungsi otak. Namun, ternyata ada banyak macam sempoa sehingga Anda mungkin bertanya-tanya, mana sempoa yang harus dipilih? Dalam memilih sempoa, Anda harus menyesuaikan dengan tingkat keterampilan penggunanya, apakah untuk pemula atau tingkat lanjut? Untuk membantu Anda, kami akan memberi panduan cara memilih sempoa yang bagus. Tak lupa, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk sempoa dari merek ternama, seperti IKEA dan Little Dutch. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi muslim, pendidikan mengenai agama Islam sangat penting dilakukan sejak dini. Supaya belajar agama menjadi lebih menyenangkan dan menarik perhatian anak, Anda dapat menggunakan mainan islami. Anak dapat mengenal huruf hijaiyah, mendengarkan bacaan Al-Qur’an, sampai mempelajari adab-adab dalam menjalankan aktivitas.Mainan anak islami dari Al-Qolam, Konsep Studio, serta Perisai Kid merupakan beberapa produk terbaik yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan L.O.L Surprise Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan L.O.L Surprise Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Popularitas mainan L.O.L Surprise terus menanjak seiring dengan berjalannya waktu. Anak kecil sangat menyukai sensasi penasaran saat membuka kemasannya dan memperoleh boneka yang tidak bisa ditebak. Seri dan kemasannya sendiri sangat beragam, semuanya mampu membuat rasa ingin tahu anak Anda meluap-luap.Dalam artikel ini, kami akan secara khusus membahas cara memilih mainan L.O.L Surprise. Anda juga akan menemukan daftar rekomendasi berisi mainan L.O.L Surprise terbaik. Dengan begitu, membelikan produk yang paling tepat untuk anak Anda pun kian mudah dilakukan. Segera lengkapi koleksi L.O.L Surprise anak Anda!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Pop It Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Pop It Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, mainan pop it sedang sangat eksis, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Mungkin Anda sendiri sedang keranjingan memainkannya. Namun, sebenarnya apa itu pop it? Pop it adalah mainan berbentuk bubble yang viral di aplikasi TikTok dan bisa dipencet-pencet.  Produk yang terkenal adalah pop it rainbow, pop it unicorn, dan pop it among us. Ukurannya juga beragam, mulai dari yang berukuran mini hingga jumbo. Jadi, kami akan membahas cara memilih serta merekomendasikan merk pop it yang bagus dari Stroberi atau Bright Crown. Yuk, simak selengkapnya!
    Mainan anak
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memasang pelampung demi keselamatan anak Anda. Banyak jenis pelampung yang bisa Anda temukan, mulai dari neck ring, arm ring, hingga life vest! Merk-merknya pun beragam seperti Zoggs, Swimava, dan Intex. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung yang bagus sesuai dengan usia anak Anda. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Slime Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Slime Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Slime adalah mainan bertekstur unik yang disukai anak-anak. Slime terbuat dari bahan yang sama, yakni lem dan aktivator. Namun, produsen mainan slime biasanya memasukkan bahan tambahan, seperti pewarna dan pasir. Akhirnya, terciptalah mainan slime pelangi (warna-warni), mainan slime pasir, mainan slime unicorn, dan banyak lagi macamnya.Beberapa mainan slime memiliki ukuran jumbo dan dijual dengan harga murah. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami telah menyiapkan tips memilih mainan slime terbaik. Kami juga me-review mainan slime dari Keycraft, Play-Doh, dan brand lainnya. Silakan Anda bandingkan keunggulannya dan pilihlah produk yang sesuai.
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori