10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Senar merupakan salah satu elemen penting yang memengaruhi kualitas suara gitar akustik. Ada banyak ragam guitar string yang dijual merek-merek terkenal, seperti Martin, D’Addario, Elixir, dan sebagainya. Selain itu, material senar yang beragam, seperti phosphor-bronze dan 80/20 bronze, serta adanya perbedaan tingkat ketebalan senar mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin cara memilih senar gitar akustik dan merekomendasikan senar terbaik yang dijual di toko online. Pilihlah guitar string yang sesuai dengan style permainan dan suara yang ingin dihasilkan supaya Anda bisa smooth memetik gitar.

Daftar isi

Cara memilih senar gitar akustik

Sebelum kita lihat bersama rekomendasi senar gitar terbaik, pertama pastikan terlebih dahulu bagaimana cara memilihnya.

Pilih berdasarkan material senarnya

Terdapat banyak material senar seperti 80/20 bronze dan phosphor-bronze. Pilihlah material senar sesuai dengan style permainan gitar Anda.

80/20 bronze, untuk style permainan strum dan kuat pada frekuensi low mid-range

80/20 bronze, untuk style permainan strum dan kuat pada frekuensi low mid-range

80/20 bronze adalah rekomendasi senar apabila Anda pada umumnya bermain gitar dengan cara digenjreng. Senar 80/20 terbuat dari campuran material tembaga dan timah dengan rasio perbandingan 8:2. Meskipun standarnya adalah 80/20, tetapi terdapat juga senar khusus dengan rasio perbandingan 85/15.

Karakteristik bunyi senar 80/20 adalah mampu menghasilkan nada pada frekuensi low mid-range dengan jelas. Karateristik lainnya adalah profile senarnya yang baik untuk mengeluarkan suara yang seimbang sehingga sangat mudah dimainkan. Senar 80/20 ini kompatibel untuk gitar yang papan bagian belakang dan dalamnya terbuat dari kayu mahogany yang biasa digunakan untuk bermain musik dengan nada tinggi.

Phosphor-bronze, untuk suara yang brilliant dan delicate

Phosphor-bronze, untuk suara yang brilliant dan delicate 

Senar phosphor-bronze adalah pilihan bagi yang ingin memainkan bagian solo saat tampil di panggung atau Anda yang menginginkan petikan jernih. Selain mengandung material yang sama dengan 80/20 bronze, yaitu copper dan tin, terdapat juga bahan tambahan fosfor yang membuat suara brilian dan lembut. Dengan resonansi nada yang lebih panjang, senar tipe ini pas untuk arpeggio.

Senar phosphor-bronze memiliki karakteristik suara yang lebih menonjolkan nada tinggi dan rendah sehingga suara yang dihasilkan cenderung tidak mudah tertutupi oleh suara dari instrumen musik lainnya. Cocok untuk pemain gitar dalam band atau ensemble.

Coating string, untuk Anda yang menginginkan senar yang awet

Coating string, untuk Anda yang menginginkan senar yang awet

Coating string direkomendasikan bagi Anda yang mencari senar yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama karena senar tipe ini diproduksi menggunakan lapisan tahan karat. Bagi yang sudah bosan mengganti senar akibat karat, cobalah yang tipe coating sesekali. Dibandingkan dengan senar yang tidak ada lapisan antikaratnya, suara yang dihasilkan coating string terdengar sedikit lebih lembut.

Baik senar gitar 80/20 bronze maupun phosphor bronze sudah memiliki versi yang dilapisi bahan antikarat. Jadi, pilihlah coating string dengan mempertimbangkan penjelasan sebelumnya.

Compound string, lembut dan mudah dipetik

Compound string, lembut dan mudah dipetik

Compound string adalah tipe yang direkomendasikan apabila jari Anda sering terasa nyeri saat menekan senar gitar. Senar ini sangat lembut karena dilapisi material sutra pada senar untuk nada rendahnya. Karakter suaranya yang mellow dan kalem tidak sekuat senar dengan bahan 80/20 bronze dan phosphor bronze.

Volume suara yang dihasilkan pun relatif lebih lembut sehingga cocok untuk permainan solo dan arpeggio yang cenderung memainkan senar dengan cara dipetik. Senar jenis ini juga pas untuk menciptakan atmosfer tersendiri dengan permainan gitar Anda.

Cek juga ketebalan senarnya!

Ketebalan senar menentukan kemudahan permainan musiknya dan suara yang dihasilkan. Secara umum, terdapat tiga tingkat ketebalan senar, yaitu extra light gauge, light gauge, dan medium gauge.

Extra light gauge dengan ciri khas suara yang halus dan lembut

Extra light gauge dengan ciri khas suara yang halus dan lembut

Extra light gauge adalah senar berdiameter tertipis di antara tiga tingkatan ini. Sebutannya bernacam-macam, antara lain super lights atau custom lights. Kami merekomendasikan gauge ini jika Anda adalah pemula atau memiliki jari yang tidak terlalu kuat untuk menekan senar. Senar tipis memiliki tension rendah sehingga tidak hanya lebih mudah ditekan, tetapi juga menghasilkan suara yang lebih lembut.

Light gauge, mudah digunakan dengan hasil suara dan tension yang seimbang

Light gauge, mudah digunakan dengan hasil suara dan tension yang seimbang 

Apabila Anda bingung harus menentukan gauge yang mana, pilihlah senar light gauge. Jenis senar ini banyak terpasang saat pembelian gitar pertama kali. Senar light gauge adalah tipe yang menyeimbangkan sound dan tension sehingga mudah dimainkan dan cocok untuk segala genre musik dan style permainan.

Medium gauge, untuk menekankan suara bass

Medium gauge, untuk menekankan suara bass

Medium gauge direkomendasikan untuk dimainkan saat down tuning ketika tension senar rendah atau pada permainan strum bersama band. Dikarenakan tension senar akan menjadi tinggi saat dipasangkan pada gitar, senar tipe ini akan menghasilkan suara bass dengan jelas, menjadikan musik memiliki kesan yang powerful.

Pertimbangkan juga sisi cost and performance

Pertimbangkan juga sisi cost and performance

Senar gitar perlu diganti secara periodik, terutama senar berbahan bronze yang cenderung akan berkarat seiring dengan waktu pemakaian. Meskipun penggantian senar tergantung frekuensi penggunaan gitar, secara umum senar perlu diganti dengan yang baru tiap satu bulan. Untuk itu, pilihlah senar yang memiliki nilai cost and performance yang baik.

Memilih produk yang sesuai dengan gaya permainan Anda dan juga berkualitas dari segi cost and perfomance adalah hal penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli senar gitar.

10 Rekomendasi senar gitar akustik terbaik

Setelah Anda memahami cara memilih senar gitar akustik yang tepat, selanjutnya kami akan memberikan referensi produk terbaik tahun ini. Simak sampai akhir, ya!

10. Martin & Co. Acoustic M170

10. Martin & Co. Acoustic M170

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Suara brilliance dan jernih berkat extra light gauge

Martin & Co. merupakan merek gitar asal Amerika Serikat yang juga terkenal dalam memproduksi senar gitar. Varian senar gitarnya cukup banyak, mulai dari senar untuk gitar, bass, ukulele, mandolin, maupun banjo. Untuk gitar akustik, salah satu tipe senar yang populer di pasaran adalah Martin & Co. Acoustic M170 ini.

Tingkat ketebalan extra light dari senar ini membuat suara yang dikeluarkan terkesan brilliant dan jernih. Selain itu, lapisan bronze-nya juga memudahkan suara bass untuk keluar lebih dalam. Cocok untuk penggunaan harian bagi Anda yang baru saja memulai belajar gitar ataupun yang sudah profesional.

Material 80/20 bronze
Ketebalan gauge Extra light (.010-.047)

9. Martin & Co. Acoustic M140

9. Martin & Co. Acoustic M140

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 104.000

Cegah salah beli dengan tipe good value

Banyaknya pilihan tingkat ketebalan dan material yang digunakan saat memilih senar terkadang membuat Anda kebingungan. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan Martin & Co. Acoustic M140 yang merupakan senar bertipe balance ini. Meskipun suara yang dihasilkan brightAnda tetap dapat mendengar suara beratnya.

Selain dari performance-nya yang seimbang, senar tipe ini juga excellent dari segi harga. Bagi Anda yang menginginkan senar yang cocok untuk segala tipe permainan maupun berbagai genre musik, kami merekomendasikan senar tipe yang well-balanced ini.

Material 80/20 bronze 
Ketebalan gauge Light (.012-0.054)

8. Ernie Ball Earthwood 80/20 Bronze

8. Ernie Ball Earthwood 80/20 Bronze 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Balanced string untuk pemula

Senar gitar akustik dari Ernie Ball yang satu ini direkomendasikan bagi pemula yang baru menggunakan alat musik gitar dan belum memutuskan akan menggeluti style permainan atau genre musik tertentu. Dengan ketebalan extra light yang dimilikinya, senar ini menghasilkan suara yang renyah dan jari Anda juga tidak akan mudah terasa sakit saat menekan senar.

Material 80/20 bronze 
Ketebalan gauge  Extra light (10-50 gauge)

7. Elixir Phosphor Bronze Nanoweb Coating

7. Elixir Phosphor Bronze Nanoweb Coating

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 254.000

Nanoweb coating-nya membuat Anda tak perlu terus-menerus beli senar baru

Elixir merupakan salah satu merek yang telah mengeluarkan beragam senar gitar, termasuk coated string. Senar gitar akustik yang satu ini terbuat dari phosphor-bronze dan dilapisi bahan antikarat agar pemakaiannya bisa lebih tahan lama. Untuk resonansinya, tipe senar coated ini memiliki fitur suara yang lebih kalem dengan nada bright masih tetap terdengar.

Senar gitar yang dilapisi Nanoweb umumnya memiliki harga yang relatif mahal. Namun, Anda juga tidak perlu terlalu sering mengganti senar. Pilihan tepat bagi Anda yang tidak ingin repot dan menginginkan lebih banyak waktu memetik gitar. Senar ini juga membantu mengurangi decitan akibat gesekan jari untuk menghasilkan penampilan yang lebih baik.

Material Phosphor-bronze
Ketebalan gauge Light (.012-.053)

6. Martin & Co. Acoustic M130

6. Martin & Co. Acoustic M130

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Petik gitar lebih mudah dengan string lembut

Senar akustik lainnya dari Martin & Co ini direkomendasikan bagi Anda yang belum memiliki jari cukup kuat untuk menekan senar gitar dalam jangka waktu lama. Selain lembut di jari, material senar tipe compound yang terbuat dari campuran bahan silk dan steel ini mampu menghasilkan suara yang halus dan berkelas. Anda pun bisa memainkan gitar dengan lebih smooth!

Material Silk & steel
Ketebalan gauge Custom (.011-.047)

5. D’Addario EJ16 Phosphor Bronze

5. D'Addario EJ16 Phosphor Bronze

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 105.000

Senar serbaguna untuk berbagai genre musik

EJ16 merupakan set senar akustik paling populer dari D’Addario dengan kualitas suara khas material phosphor bronze yang bright. Dengan ketebalan senar tipe light, suara yang dihasilkan juga tidak terlalu halus sehingga seimbang untuk dimainkan bersama alat musik lainnya. Senar ini juga pas untuk segala genre musik, seperti jazz, folkballad, serta untuk permainan appregio.

Material Phosphor-bronze
Ketebalan gauge Light (.012-.053)

4. Elixir 80/20 Bronze Nanoweb Coating

4. Elixir 80/20 Bronze Nanoweb Coating

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 278.000

Suara lebih renyah dan ceria, serta tahan lebih lama

Jika dibandingkan dengan senar dari Elixir yang kami rekomendasikan sebelumnya, produk yang satu ini memiliki ketebalan lebih kecil sehingga lebih mudah dimainkan oleh beginner atau wanita yang jarinya tidak begitu kuat. Kualitas suara yang dihasilkan pun lebih renyah dan ceria, serta tahan lebih lama berkat nanoweb coating di seluruh permukaan senar.

Material 80/20 bronze
Ketebalan gauge Extra light (.010-.047)

3. Orphee RA-39H

3. Orphee RA-39H

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Hexagonal nickel alloy menghasilkan resonansi kaya nada

Orphee merupakan produsen asal Tiongkok yang membuat senar alat musik, salah satunya senar untuk top guitar player RA-39H ini. Material bagian dalam senar ini terbuat dari hexagonal nickel alloy yang mampu memberikan resonansi kaya nada. Sementara itu, bagian luarnya dilapisi bahan fosfor sehingga dapat melindungi inti senar dari karat, kotoran maupun minyak.

Material Phosphor copper
Ketebalan gauge Medium (.012-.053)

2. D’Addario EZ910 85/15 Bronze

2. D'Addario EZ910 Acoustic Guitar Strings, Light, 11-052 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Stand-out performance dengan “genjrengan“ bright

Senar EZ910 dari D’addario ini mengandung campuran 85% tembaga dan 15% timah sehingga suara yang dihasilkan lebih bright daripada tipe 80/20. Cocok untuk style permainan yang tipikalnya lebih banyak menekankan suara treble dan sedikit menggunakan bunyi bass.

Ketebalan gauge-nya yang light cocok untuk tipikal permainan gitar dengan cara “digenjreng“. Namun demikian, tetap bisa digunakan untuk permainan arpeggio. Bagi Anda yang memiliki group band, senar ini bisa menjadi pilihan untuk jam session berikutnya.

Material 85/15 bronze
Ketebalan gauge Light (.011-.052)

1. Orphee RA-37H

1. Orphee RA-37H

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 94.400

Timbre yang dalam dan kuat, cocok untuk skill yang mumpuni

Senar gitar akustik lainnya dari Orphee yang kami rekomendasikan adalah RA-37H. Ciri khas senar ini adalah bagian luarnya terbuat dari material phosphor copper yang antioksidasi sehingga Anda tidak perlu harus berganti senar terlalu sering. Dengan demikian, senar akan terus menghasilkan suara yang konsisten.

Selain dari lapisan material antioksidasinya, senar ini juga memiliki karakter timbre (perubahan warna suara) yang dalam dan kuat. Untuk dapat membunyikan timbre, skill bermain gitar sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, produk ini lebih direkomendasikan untuk senior guitar players.

Material 90/10 bronze
Ketebalan gauge Extra light (.010-.050)

Baca juga rekomendasi gitar dan perlengkapan lainnya di sini!

Setelah memilih senar gitar akustik berdasarkan penjelasan cara memilih dan produk yang kami rekomendasikan dalam artikel ini, Anda juga bisa menyimak lebih lanjut pembahasan rekomendasi gitar dan perlengkapan lainnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan referensi sepuluh senar gitar akustik terbaik tahun ini. Bagaimana menurut Anda? Apakah ada produk yang sesuai dengan yang dicari?

Ada banyak pilihan senar yang bisa diselaraskan dengan karakter permainan gitar Anda, mulai dari senar yang memiliki suara yang renyah, sampai tipe balance yang cocok digunakan untuk segala jenis permainan. Pilih senar gitar Anda sesuai dengan rekomendasi kami!