1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Ring Light HP Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Ring Light HP Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Ring Light HP Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Ring Light HP Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Ring Light HP Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Ring Light HP Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Ring Light HP Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ketika membuat content, ada kalanya kualitas gambar yang dihasilkan terasa kurang menarik karena faktor cahaya. Untuk mengatasinya, gunakanlah ring light! Dengan cahaya terang dari ring light, hasil content Anda pun akan tampak lebih bagus. Ada dua jenis ring light yang bisa Anda gunakan, yakni jenis klip dan tripod.

Di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih ring light HP yang bagus. Kami pun telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik yang layak Anda pertimbangkan. Merek ring light terbaik, seperti INBEX, Liger, dan Treble akan kami bahas semua. Simak terus artikel ini, ya!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Fungsi ring light pada HP

Fungsi ring light pada HP

Fungsi ring light adalah untuk menambah pencahayaan pada objek kamera. Umumnya, ring light digunakan oleh content creator, pelajar, hingga pekerja kantoran. Terlebih lagi, sudah banyak pekerjaan remote dengan video conference yang membuat kebutuhan akan ring light makin meningkat.


Manfaat dari bertambahnya cahaya adalah mencerahkan wajah dan membuat objek di kamera menjadi lebih jelas. Dengan menggunakan ring light, beraksi di depan kamera pun menjadi lebih percaya diri.

Cara memilih ring light HP

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih ring light HP yang baik. Pastikan Anda menyimak dengan saksama dan temukanlah produk yang paling mudah Anda gunakan. 

① Pilih yang memiliki jumlah lampu LED lebih banyak

Pilih yang memiliki jumlah lampu LED lebih banyak
Pilihlah produk yang menghasilkan cahaya lebih terang. Namun, menentukan seberapa terang cahaya yang dihasilkan oleh ring light bukanlah hal mudah, baik saat membeli di toko maupun online shop. Karenanya, pilihlah produk yang memiliki lampu LED (Light-Emitting Diode) lebih banyak.


Lampu LED menentukan seberapa terang cahaya yang akan dihasilkan oleh ring light. Anda bisa memilih produk dengan dua puluh buah atau lebih lampu LED berukuran kecil. Jika tidak ada, pilih ring light yang memiliki sepuluh buah atau lebih lampu LED berukuran besar untuk mendapatkan hasil foto yang terang dan bagus.

② Utamakan yang memiliki fungsi pengaturan intensitas cahaya

Utamakan yang memiliki fungsi pengaturan intensitas cahaya
Foto yang dihasilkan saat Anda memotret juga dipengaruhi oleh intensitas cahaya di sekitar Anda. Jika cahaya dari ring light terlalu terang, hasil fotonya juga tidak akan terlihat bagus. Karena itu, sebaiknya pilih ring light yang intensitas cahayanya bisa diatur sesuai kebutuhan saat pengambilan foto.

Ring light dengan fungsi pengaturan intensitas cahaya pun tetap membutuhkan trik khusus untuk mengoperasikannya. Di sisi lain, ada juga beberapa ring light yang bisa dioperasikan secara sederhana. Jadi, untuk memudahkan Anda saat sesi foto, pilihlah ring light dengan fungsi pengaturan intensitas cahaya yang pengoperasiannya sesederhana mungkin.

③ Pertimbangkan kemudahan pemasangannya

Ada dua macam tipe ring light berdasarkan pemasangannya, yakni tipe klip dan tipe tripod. Mari cari tahu lebih lanjut mengenai bentuk, ukuran, serta karakteristik masing-masing tipe untuk mendapatkan right light yang paling tepat bagi Anda!

Tipe klip, mudah dan praktis dipasang di semua HP

Tipe klip, mudah dan praktis dipasang di semua HP
Tipe ring light yang satu ini memang sangat menguntungkan karena bisa dipasang di semua jenis smartphone dengan cara dijepit. Namun, ukuran klip juga mempengaruhi kemudahan dalam pemasangannya, terutama jika smartphone Anda menggunakan casing. Selain itu, apabila Anda tidak hati-hati memasangnya, layar smartphone Anda bisa saja rusak. Jadi, pasanglah klipnya dengan sangat hati-hati.

Anda juga bisa memilih klip penjepit yang telah dilengkapi dengan pelindung. Pilihlah penjepit yang memiliki bantalan atau karet di bagian penjepitnya. Hal ini berguna untuk menghindari layar Anda dari goresan yang bisa disebabkan oleh ring light

Tipe tripod, kamera dan ring light menjadi lebih stabil

Tipe tripod, kamera dan ring light menjadi lebih stabil

Tipe tripod juga bisa dipasang di semua jenis smartphone berkat holder yang berada di tengah. Biasanya, tipe tripod memiliki ring light yang berukuran lebih besar dibanding tipe klip. Tipe tripod memiliki gagang yang kokoh dengan alas di bawahnya. Dengan begini, kamera dan ring light menjadi lebih stabil. Tangan pun menjadi lebih leluasa karena tidak perlu memegang handphone. 


Meski membutuhkan daya yang lebih besar, biasanya cahaya yang dihasilkan lebih terang dibanding tipe ring light. Oleh sebab itu, tak heran bila ring light yang menggunakan tripod memiliki varian cahaya yang beraneka ragam. Tak heran pula bila intensitas cahaya yang ditawarkan pun lebih banyak dibanding tipe klip

④ Pilihlah berdasarkan penggunaan daya ring light-nya

Terdapat beberapa tipe power supply pada ring light, seperti tipe wired USB dan tipe rechargeable battery. Setiap tipe memiliki keunggulannya masing-masing. Mari perhatikan karakteristiknya dan pilihlah ring light yang paling mudah untuk Anda.

Tipe wired USB, dapat dicolok pada PC atau power bank

Tipe wired USB, dapat dicolok pada PC atau power bank

Ring light tipe wired USB merupakan ring light yang dapat digunakan ketika USB-nya tersambung dengan sumber listrik. Beberapa diantaranya adalah power bank, PC, atau stop kontak langsung. Biasanya, ring light yang menggunakan wired USB membutuhkan pasokan daya yang besar. Karenanya, dibutuhkan daya dari sumber listrik secara langsung. 


Bila Anda hendak mencolokkan USB ke sumber listrik, pastikan terlebih dulu watt yang dibutuhkan. Jangan sampai output dari sumber listrik tidak memenuhi besaran daya yang dibutuhkan. Hal ini bisa mengakibatkan ring light menjadi malfungsi yang membuat cepat rusak.

Tipe rechargeable battery, dapat digunakan tanpa harus menggunakan kabel

Tipe rechargeable battery, dapat digunakan tanpa harus menggunakan kabel
Produk yang menggunakan rechargeable battery biasanya lebih kecil karena daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Biasanya, ring light mini sudah menggunakan rechargeable battery agar dapat digunakan di HP dengan praktis. Akan tetapi, daya tahan baterai tidak terlalu lama. Tipe ini juga sudah mulai jarang ditemukan di pasaran. Tipe USB lebih populer karena tak perlu mengkhawatirkan dayanya akan habis saat dipakai.

10 Rekomendasi ring light HP terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk ring light HP terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

INBEX

Mini Ring Light

INBEX Mini Ring Light 1枚目

Produktif lebih lama dengan baterai yang tahan hingga 3 jam!

2

INBEX

LED Ring Light/Selfie Light for Photography

INBEX LED Ring Light/Selfie Light for Photography 1枚目

Intensitas cahayanya dapat diatur hingga 10 level

3

YESPLUS

RINGLIGHT LED RAINBOW

YESPLUS RINGLIGHT LED RAINBOW 1枚目

Terdapat aturan berbagai warna, dapat menyesuaikan mood Anda

4

CIJI

Ring Fill Light Lampu Selfie Rechargeable

CIJI Ring Fill Light Lampu Selfie Rechargeable 1枚目

Ukurannya sangat mini, mudah digunakan untuk berbagai jenis HP

5

LIGER

Ring Light LED

LIGER Ring Light LED 1枚目

Dapat diatur dengan remote control

6

JY X TREBLE

Portable Tripod Selfie Ring Light

JY X TREBLE Portable Tripod Selfie Ring Light 1枚目

Tripod yang dapat dilipat, mudah dibawa kemana-mana

7

Mpow

Ring Light Atmoko

Mpow Ring Light Atmoko 1枚目

Streaming lebih nyaman dengan smartphone charging port

8

Midio

RingLight Selfie Portable

Midio RingLight Selfie Portable 1枚目

Gagangnya unik, sangat fleksibel untuk menyesuaikan posisi yang tepat

9

Ring Selfie Light Led Karakter

 Ring Selfie Light Led Karakter 1枚目

Desain karakternya lucu dan menggemaskan

10

Ulanzi Vijim

Mini Ringlight LED for Video Conference

Ulanzi Vijim Mini Ringlight LED for Video Conference 1枚目

Sangat terang, cocok untuk video conference

Perincian produk
Close
No.1

Produktif lebih lama dengan baterai yang tahan hingga 3 jam!

Anda sering kali membutuhkan ring light untuk jangka waktu yang cukup lama? Inilah produk yang cocok untuk Anda. Masih dari INBEX, produk yang satu ini mampu bertahan hingga 3 jam setelah dayanya terisi penuh. Ukurannya sangat mini sehingga tidak memerlukan daya yang besar. 


Produk ini cocok untuk Anda yang sering beraktivitas outdoor. Dengan menggunakannya, Anda tidak perlu repot-repot mengisi ulang daya baterainya berkali-kali. Meski dijepit langsung di HP, produk ini tidak menghalangi sebagian layar smartphone Anda.

No.2

INBEXLED Ring Light/Selfie Light for Photography

Mulai dari Rp945.000,00

Intensitas cahayanya dapat diatur hingga 10 level

Cahaya merupakan aspek penting dalam membuat content. Jika content Anda membutuhkan banyak cahaya, produk ini bisa menjadi salah satu andalan. Produk dari Inbex ini memiliki 10 level intensitas cahaya. Dengan begini, cahayanya dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda. Sepuluh level intensitas cahaya ini diimbangi dengan tiga jenis warna. Terdapat warna putih, putih kekuningan, dan kuning. Ketiganya dapat diatur level cahayanya masing-masing. 

No.3

YESPLUSRINGLIGHT LED RAINBOW

Mulai dari Rp56.900,00

Terdapat aturan berbagai warna, dapat menyesuaikan mood Anda

Anda bosan dengan cahaya yang putih-kuning saja? Anda butuh warna lain untuk memperkaya content? Tentu produk ini adalah jawabannya. Produk dari YESPLUS ini memiliki cahaya yang tak biasa. Terdapat sepuluh jenis cahaya yang dapat dihasilkan oleh ring light ini. Mulai dari satu warna hingga paduan warna pelangi dapat Anda atur sesuai mood.


Produk ini juga dilengkapi dengan lima tombol setting yang salah satunya adalah pengaturan warna. Selain itu, produk ini juga telah dilengkapi dengan dimmer lampu. Ini membuat cahayanya tidak begitu silau ketika terkena mata. Produk ini dapat dibeli satu paket beserta tripodnya.

No.4

CIJIRing Fill Light Lampu Selfie Rechargeable

Mulai dari Rp70.000,00

Ukurannya sangat mini, mudah digunakan untuk berbagai jenis HP

Produk CIJI ini sangat mini, hanya berukuran 85 x 85 mm. Karenanya, produk mini ini mudah digunakan di berbagai jenis handphone. Meski kecil, cahayanya cukup terang dengan 36 LED yang terpasang. Selain itu, cahayanya juga dapat diatur menjadi tiga level.


Namun, produk mini ini menutupi sebagian layar HP. Meski begitu, terdapat bantalan pelindung di dalamnya untuk melindungi layar dari goresan penjepit. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir akan jaminan keamanannya.

No.5

LIGERRing Light LEDTripod 3110

Mulai dari Rp190.000,00

Dapat diatur dengan remote control

Produk dari Liger ini menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya. Terdapat remote control untuk menyesuaikan tingkat intensitas cahaya, mengatur warna, dan mengaktifkan produk. Dengan remote control ini, Anda jadi tidak terlalu sulit ketika hendak mengganti warna ataupun mengatur cahayanya.


Ring light-nya tersedia dalam tiga ukuran. Ada yang berukuran 20 cm, 26 cm, dan 33 cm. Makin kecil ukuran, maka cahayanya akan makin terfokus pada satu titik. Namun, ring light yang besar memiliki sebaran cahaya yang lebih luas. Anda dapat menentukannya sesuai dengan konten yang ingin Anda buat.

No.6

JY X TREBLEPortable Tripod Selfie Ring Light

Mulai dari Rp599.900,00

Tripod yang dapat dilipat, mudah dibawa kemana-mana

Produk berikutnya cocok untuk Anda yang sering membuat konten saat bepergian. Ring light ini praktis dan mampu mengakomodasi kebutuhan Anda. Tripodnya yang memiliki panjang hingga 170 cm dapat dilipat sehingga tak akan memakan banyak space. Membawanya pun jadi lebih mudah dan ringkas. Saat tidak digunakan, menyimpannya pun pasti lebih mudah, bukan?

No.7

Streaming lebih nyaman dengan smartphone charging port

Untuk Anda yang gemar berlama-lama membuat content dengan smartphone, kami merekomendasikan produk ini. Ring light dari Mpow ini menggunakan tripod yang memiliki charging port untuk smartphone. Fitur ini tentunya sangat bermanfaat apalagi ketika baterai sudah mau habis, tetapi content belum selesai take. Anda dapat dengan mudah langsung mencolokkan smartphone Anda ke charging port-nya.


Namun, Anda tetap perlu memerhatikan bentuk port yang tersedia. Pada tripod ini, port yang disediakan berbentuk USB. Oleh sebab itu, jika colokan Anda berbentuk tipe C di kedua ujungnya, pastikan Anda sudah memiliki adapternya ya!

No.8

MidioRingLight Selfie Portable

Mulai dari Rp119.000,00

Gagangnya unik, sangat fleksibel untuk menyesuaikan posisi yang tepat

Foto akan tampak lebih menarik jika diambil dari angle yang tepat. Untuk itu, dibutuhkan alat yang mudah digunakan untuk mengatur posisi. Produk yang satu ini memiliki fitur Goose Neck Extension Flex untuk membantu Anda mendapatkan angle yang pas dan bagus.


Goose Neck Extension Flex merupakan gagang yang lentur sehingga dapat dilengkungkan ke depan dan ke samping. Dengan begini, Anda bisa mengatur ketinggian kamera, jarak ring light dari kamera, dan jarak kamera dari objek. Meski lentur, HP dan ring light akan tetap stabil pada posisinya karena tidak disentuh oleh tangan.

No.9

Ring Selfie Light Led Karakter

Mulai dari Rp17.000,00

Desain karakternya lucu dan menggemaskan

Anda mencari ring light untuk membantu anak dalam kegiatan kelas online? Kami punya produk rekomendasi untuk Anda! Pilihlah produk yang memiliki bentuk karakter khusus ini. Terdapat empat sampai enam pilihan karakter yang sangat menggemaskan dan lucu. Warnanya sangat colorful sehingga memudahkan si buah hati mencarinya. 


Selain itu, harganya pun cukup ramah di kantong. Dengan begini, Anda bisa mengoleksi semua karakternya agar si kecil tidak mudah bosan. Buat suasana belajar si kecil menjadi lebih menyenangkan dengan produk ini!

No.10

Ulanzi VijimMini Ringlight LED for Video ConferenceCL06

Mulai dari Rp189.000,00

Sangat terang, cocok untuk video conference

Jika Anda membutuhkan ring light untuk video conference yang praktis dan terang, produk ini cocok untuk Anda. Produk ini memiliki 48 jumlah LED berwarna putih yang membuatnya lebih terang dibanding produk lainnya. Dengan menggunakan produk ini, wajah Anda menjadi lebih cerah dan terlihat jelas pada kamera.


Selain pada handphone, produk ini juga dapat digunakan pada laptop. Anda jadi bisa lebih fleksibel menggunakan produk ini saat video conference via handphone ataupun laptop.

Baca juga rekomendasi produk lain untuk mendukung swafoto dengan smartphone di sini!

Selain ring light untuk smartphone, untuk mendukung pengambilan contect juga diperlukan peralatan lain, seperti stabilizer, tongsis, dan monopod. Benda ini akan sangat berguna saat Anda membuat vlog ataupun content lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peralatan tersebut, silakan baca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan sepuluh rekomendasi ring light terbaik untuk HP Anda. Bagaimana menurut Anda? Sudahkah Anda menemukan ring light yang paling sesuai dengan model smartphone dan kebutuhan?

Ring light tidak hanya berfungsi sebagai penerang agar hasil foto Anda tampak lebih bagus. Namun, beberapa produk ring light juga dapat memberi efek pencahayaan yang menawan. Jadi, gunakanlah artikel kami sebagai referensi bagi Anda dalam mencari produk. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer