10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

HDD internal berguna untuk menambah kapasitas penyimpanan jika data pada PC Anda penuh. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih HDD internal yang mungkin membuat bingung sebagian pengguna. Simak artikel berikut ini jika Anda masih ragu saat memilih HDD internal.

Kami akan mengulas cara memilih HDD internal berdasarkan beberapa faktor. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh HDD internal terbaik, seperti WD, Toshiba, Hitachi, Fujitsu, dan Seagate. Oleh karena itu, silakan baca artikel berikut ini sampai tuntas, ya!

Daftar isi

Cara memilih HDD internal terbaik

Anda perlu memperhatikan kapasitas, ukuran, kecepatan putaran, dan cache saat memilih HDD internal. Kapasitas dan ukuran merupakan poin paling penting sehingga perlu diperhatikan dengan saksama. Kesalahan dalam menentukan kategori tersebut dapat mengakibatkan HDD internal tidak dapat dipasang di PC Anda. Di pihak lain, kecepatan putaran dan cache berkaitan dengan kemampuan HDD dalam menulis dan membaca data. Anda perlu memperhatikan hal ini juga jika diperlukan.

Pilih ukuran 3,5 inci atau 2,5 inci sesuai kebutuhan

Pilih ukuran 3,5 inci atau 2,5 inci sesuai kebutuhan

HDD tipe 3,5 inci dan tipe 2,5 inci memiliki ketebalan dan berat yang berbeda. Dengan demikian, Anda perlu menyesuaikannya dengan struktur PC atau casing HDD yang ingin dipasang. Pada prinsipnya, HDD internal 3,5 inci merupakan ukuran mainstream bagi komputer desktop. Sementara itu, HDD tipe 2,5 inci biasa digunakan sebagai HDD portabel.

Jika Anda ingin membeli HDD internal beserta casing-nya untuk penggunaan PC di rumah, pilihlah ukuran 3,5 inci. Namun, jika Anda menggunakannya secara portabel, kami merekomendasikan penggunaan casing dan HDD tipe 2,5 inci.

HDD tipe 2,5 inci memiliki ketebalan bervariasi, yaitu 7 mm, 9,5 mm, dan 15 mm yang perlu diperiksa. Jika Anda kurang mengerti, Anda dapat membeli ukuran 7 mm, lalu menyesuaikan ketebalannya. HDD yang tipis dapat disesuaikan dengan HDD tebal, sedangkan HDD tebal tidak dapat disesuaikan dengan HDD tipis. Jadi, perhatikanlah hal ini dengan saksama.

Pilih kapasitas HDD sesuai dengan OS pada batas 2,2 TB

Definisi batas 2,2 TB dapat terjadi saat Anda memakai HDD internal pada sistem OS tertentu. PC yang menggunakan OS lama bisa tidak mengenali kapasitas 2,2 TB atau lebih. Walaupun demikian, kriteria ini bisa berbeda tergantung dari penggunaan OS Windows atau macOS.

Untuk Windows : pilih Windows Vista dan di atasnya untuk HDD di atas 2,2 TB

Untuk Windows : pilih Windows Vista dan di atasnya untuk HDD di atas 2,2 TB

Jika Anda menggunakan HDD hanya untuk menambah penyimpanan data tanpa memasang OS, Anda tidak akan menemukan masalah apa pun. Hal ini berlaku pada penggunaan Windows Vista, Windows 7, atau OS Windows dengan versi di atas itu. Windows XP juga tidak akan memunculkan masalah jika OS yang dipasang merupakan versi 64-bit. Namun, hal ini tidak berlaku jika Anda ingin memasang OS, kecuali versi 64-bit pada OS Windows tertentu. OS Windows yang dimaksud adalah Windows Vista, Windows 7, atau OS Windows terbaru.

Penambahan HDD lebih dari 2,2 TB di Windows Vista atau versi di atasnya tidak akan memunculkan masalah. Biarpun demikian, Anda perlu memasang OS versi 64-bit Windows Vista atau versi Windows di atasnya. Di pihak lain, Anda dapat memilih HDD dengan kapasitas kurang dari 2 TB jika menggunakan OS Windows XP.

Untuk macOS : pilih kapasitas di bawah 2,2 TB pada versi 32-bit

Untuk macOS : pilih kapasitas di bawah 2,2 TB pada versi 32-bit

Jika Anda pengguna macOS versi 64-bit, sistem dapat mengenali HDD dengan kapasitas lebih dari 2,2 TB. Akan tetapi, macOS versi 32-bit kemungkinan tidak dapat mengenali penambahan HDD dengan kapasitas lebih dari 2,2 TB. Walaupun demikian, HDD standar dari sistem operasi pada mac tidak perlu Anda ganti atau Anda tambah kapasitasnya. Dalam konteks ini, HDD yang dimaksud bukanlah HDD internal, melainkan HDD eksternal. Anda perlu melihat tabel manual dan korespondensi pada HDD eksternal. Anda juga dapat dengan mudah untuk mengetahui kapasitas HDD yang dapat ditambahkan.

Pilih kinerja dengan perbandingan kapasitas dan biaya yang ekonomis

Kapasitas HDD dapat lebih mudah dipilih jika OS pada PC Anda tidak mengalami masalah dengan batas 2,2 TB. Jika Anda tidak tahu kapasitas HDD yang akan dipilih, pilih produk berdasarkan perbandingan kinerja dan harga.

Untuk HDD 3,5 inci : pilih kapasitas mainstream 3 TB – 4 TB dengan rasio cost to performance yang baik

Untuk HDD 3,5 inci : pilih kapasitas mainstream 3 TB – 4 TB dengan rasio cost to performance yang baik

Beberapa HDD 3,5 inci berkapasitas 1 TB – 2 TB dapat memiliki rasio cost to performance yang kurang baik. Jika demikian, Anda dapat memilih HDD berkapasitas 3 TB – 8 TB. Selain itu, rasio cost to performance cenderung memburuk pada beberapa HDD dengan kapasitas yang melebihi 10 TB.

Tambahan pula, beberapa HDD mainstream di antaranya berkapasitas 3-4 TB yang dijual dengan harga yang menarik. HDD dengan kapasitas tersebut kebanyakan dijual dengan kisaran harga antara satu juta hingga dua juta rupiah. Anda dapat memilih produk dengan karakteristik seperti ini jika diperlukan.

Untuk HDD 2,5 inci : pilih kapasitas mainstream 500 GB hingga 1 TB

Untuk HDD 2,5 inci : pilih kapasitas mainstream 500 GB hingga 1 TB

HDD 2,5 inci pada umumnya cenderung memiliki kapasitas yang lebih rendah jika dibandingkan HDD 3,5 inci. Sementara itu, HDD 2,5 inci yang mainstream biasanya berkapasitas 500 GB hingga 2 TB. Di samping itu, tidak banyak produk dengan kapasitas yang melebihi 3 TB.

Harga HDD 2,5 inci relatif ekonomis dengan beberapa produk dapat dibeli dengan harga kurang dari satu juta rupiah. Tambahan lagi, rasio cost to performance HDD 2,5 inci tidaklah buruk jika dibanding dengan HDD 3,5 inci.

Pilih berdasarkan kecepatan putaran dan cache

Kecepatan menulis dan membaca data berkaitan dengan kecepatan putaran dan cache yang biasanya tertera dalam spesifikasi produk. Kedua kategori ini perlu Anda perhatikan dengan saksama jika Anda mementingkan kecepatan penulisan data. Berikut ini adalah ulasan dari masing-masing kategori yang dapat Anda periksa saat memilih HDD internal.

Pilih 7200 rpm untuk pemakaian aplikasi dan 5400 rpm untuk penyimpanan data

Pilih 7200 rpm untuk pemakaian aplikasi dan 5400 rpm untuk penyimpanan data

Banyaknya putaran per menit biasa disingkat menjadi notasi rpm (revolutions per minute). Artinya, 7200 rpm menandakan kemampuan HDD melakukan 7200 putaran per menit. Sementara itu, 5400 rpm adalah kemampuan HDD dengan 5400 putaran per menit.

HDD 7200 rpm berputar lebih banyak sehingga menghasilkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan HDD 5400 rpm. Selain itu, HDD 7200 rpm lebih lancar saat menjalankan aplikasi berat dibandingkan HDD 5400 rpm. Di pihak lain, jumlah putaran yang banyak membuat HDD 7200 rpm bersuara relatif bising. Tambahan lagi, HDD 7200 rpm pada umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada HDD 5400 rpm.

HDD tipe 5400 rpm lebih lambat dalam menulis dan membaca data jika dibandingkan HDD tipe 7200 rpm. Akibatnya, HDD dengan 5400 rpm akan terhambat saat mengoperasikan aplikasi yang berat. Walaupun demikian, HDD 5400 rpm lebih tenang saat beroperasi serta berharga lebih murah daripada HDD 7200 rpm.

Sebagai kesimpulan, HDD 7200 rpm bagus digunakan saat Anda melakukan instalasi OS dan pengoperasian aplikasi berat. Anda dapat memilih HDD 7200 rpm jika sering memindahkan data yang berukuran besar. Selanjutnya, HDD 5400 rpm dapat dipilih jika Anda menginginkan ketenangan pengoperasian atau HDD yang ekonomis. Anda juga dapat memilih HDD 5400 rpm jika memakai HDD untuk penyimpanan data saja.

Pilih HDD internal dengan cache yang besar

Pilih HDD internal dengan cache yang besar

Nilai cache yang semakin tinggi akan memperlancar kecepatan menulis dan membaca data. Akan tetapi, pengaruh besaran cache tidak begitu terasa jika dibandingkan jumlah rpm. Besaran cache dipengaruhi oleh besarnya data yang digunakan. Cache dirancang untuk semakin besar yang disesuaikan dengan kapasitas HDD yang semakin besar. Karena itu, nilai cache yang ada pada HDD 1 TB berbeda dengan nilai cache pada HDD 10 TB.

Jika sebuah produk menawarkan perbedaan cache pada kapasitas HDD yang sama, pilihlah HDD dengan cache yang besar. Dengan demikian, Anda akan memperoleh penulisan data yang lebih lancar. Agaknya, nilai putaran HDD lebih mudah dipahami bagi sebagian pengguna dibandingkan nilai cache. Oleh sebab itu, jika Anda bingung dengan definisi nilai cache, pilihlah HDD berdasarkan kecepatan putaran saja.

10 Rekomendasi HDD internal terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi HDD internal terbaik yang bisa Anda temukan di marketplace populer. Silakan pilih HDD internal sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!

10. Fujitsu MHT2060AH

10. Fujitsu MHT2060AH

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Harga ekonomis dengan kapasitas mini

Produk ini hanya memiliki kapasitas 60 GB saja sehingga cocok untuk Anda yang memerlukan kapasitas yang kecil. Kapasitas Fujitsu MHT2060AH yang kecil membuat harga produk ini berharga relatif murah. Dengan demikian, produk ini adalah solusi bagi Anda yang mencari HDD internal dengan harga yang terjangkau.

Kemampuan shock tolerance HDD ini terjadi berkat teknologi FDB (Fluid Dynamic Bearing) spindle motor serta mekanisme Head Load/Unload. Akibatnya, HDD ini tahan hingga 900Go-p (durasi 1ms) non operating shock dan 2250Go-p (durasi 2 ms) operating shock. Milikilah produk ini jika khawatir HDD rusak akibat guncangan.

Ukuran 2,5 inci
Kecepatan putaran 5400 rpm
Kapasitas 60 GB
Cache 8 MB

9. Seagate SkyHawk 8 TB ST8000VX0022

9. Seagate SkyHawk 8 TB ST8000VX0022

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.465.000

Dapat diandalkan untuk sistem pengawasan

Seagate SkyHawk 8 TB model ST8000VX0022 adalah HDD yang dibuat sebagai media penyimpanan untuk CCTV bagi pelaku UKM. Produk ini didesain untuk pengambilan gambar berdurasi 24 jam selama tujuh hari. Karena itu, Anda dapat memastikan keamanan tempat usaha Anda jika memakai HDD ini.

Teknologi SkyHawk Health Management membantu Anda selama melakukan pengawasan. Teknologi ini mendukung hingga 64 kamera HD, meminimalkan frame hilang, serta mengurangi waktu nonaktif selama pengawasan. Tambahan pula, HDD ini memiliki workload hingga 550 TB/tahun sehingga dapat diandalkan.

Ukuran 2,5 inci
Kecepatan putaran Tidak disebutkan
Kapasitas 8 TB
Cache 256 MB

8. Western Digital WD Gold WD8003FRYZ

8. Western Digital WD Gold WD8003FRYZ

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.335.000

Tahan dengan beban kerja yang tinggi!

Pilihlah produk ini apabila Anda memerlukan HDD internal yang tahan dengan beban kerja tinggi. WD Gold model WD8003FRYZ memiliki ketahanan kerja hingga sepuluh kali lipat beban kerja dari drive desktop. Tingkat beban kerjanya termasuk tertinggi di antara HDD 3,5 inci yang mencapai 550 TB per tahun.

Anda bisa dengan mudah memasang produk ini dengan mekanisme plug and play. Hal ini dapat terjadi karena kemampuannya telah diuji dalam sistem penyimpanan OEM, pengontrol SATA, dan adaptor host bus. Teknologi RAFF merupakan keunggulan lain karena menghasilkan kinerja baik dalam lingkungan bergetaran tinggi.

Ukuran 3,5 inci
Kecepatan putaran 7200 rpm
Kapasitas 8 TB
Cache 256 MB

7. Toshiba X300

7. Toshiba X300

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.568.000

Bermain game lancar berkat kombinasi rpm dan cache tinggi

HDD internal ini dibuat guna memenuhi kebutuhan para gamers. Kecepatan putaran sebesar 7200 rpm serta cache sebesar 128 MB membuat Anda bisa bermain game tanpa lag. Selain itu, kapasitas 4 TB cukup besar untuk dipakai saat Anda melakukan install game. Produk ini pun mendukung penggunaan pada sistem profesional.

Toshiba tipe X300 berfungsi baik juga untuk penggunaan home media. Artinya, Anda bisa menggunakan produk ini untuk menikmati berbagai hiburan berkualitas dengan nyaman. Teknologi data protection dan teknologi drive stabilization mengurangi getaran saat beroperasi. Hal ini membuat back up data menjadi lebih reliabel.

Ukuran 3,5 inci
Kecepatan putaran 7200 rpm
Kapasitas 4 TB
Cache 128 MB

6. Western Digital Hitachi HGST Travelstar Z7K500.B

6. Western Digital Hitachi HGST Travelstar Z7K500.B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 510.000

Ukuran 2,5 inci yang hening dan hemat energi

Keunggulan produk ini adalah ketebalan 7 mm yang dipadu dengan kecepatan putaran 7200 rpm dan ukuran 2,5 inci. Hal ini membuatnya sesuai untuk penggunaan pada sistem mobile berdesain tipis. Dengan demikian, produk ini cocok dipasang di notebook, penyimpanan eksternal, dan konsol game.

Produk ini adalah salah satu HDD yang paling hening saat beroperasi berkat teknologi noise reducing-nya. Sementara itu, sistem algoritme dan manajemen daya menghasilkan konsumsi energi rendah. Jadi, Anda akan memiliki produk dengan baterai yang tahan lama. Namun, Anda perlu berhati-hati karena kapasitasnya relatif kecil.

Ukuran 2,5 inci
Kecepatan putaran 7200 rpm
Kapasitas 500 GB
Cache 32 MB

5. Seagate BarraCuda ST4000DM004

5. Seagate BarraCuda ST4000DM004

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.850.000

Multi-Tier Cache technology! Solusi teknologi cache!

HDD ini menerapkan teknologi Multi-Tier Caching technology (MTC). Hal tersebut menjadikan HDD Seagate ini lebih unggul daripada teknologi DRAM cache ataupun teknologi NAND. Dalam hal ini, teknologi MTC memberikan alternatif pilihan harga yang lebih ekonomis selain teknologi NAND dan DRAM cache.

Teknologi MTC juga lebih baik daripada teknologi Magnetic Storage Media Cache yang berpengaruh besar pada pengurangan kapasitas. Di pihak lain, Seagate BarraCuda model ST4000DM004 cocok digunakan untuk perangkat DAS level entry. Butuh HDD untuk server rumahan? Produk ini juga dapat Anda pakai!

Ukuran 3,5 inci
Kecepatan putaran 5400 rpm
Kapasitas 4 TB
Cache 256 MB

4. Western Digital Hitachi HGST Deskstar NAS HDN726040ALE614

4. Western Digital Hitachi HGST Deskstar NAS HDN726040ALE614

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.939.900

Reliabel pada penggunaan sistem NAS!

Hitachi HGST Deskstar NAS model HDN726040ALE614 memiliki kecepatan putaran 7200 rpm. Akibatnya, laju transfer produk ini lebih cepat 20% dibandingkan HDD 5400 rpm. Produk ini dibuat untuk Anda yang membutuhkan HDD internal pada desktop yang menggunakan sistem NAS.

HDD internal ini telah mengusung sensor vibrasi rotasi yang menghasilkan reliabilitas 1 million hours MTBF. Artinya, risiko data hilang selama penggunaan akan semakin kecil. Cache sebesar 128 MB juga memberikan kemudahan dalam hal kecepatan proses data. Tambahan pula, produk ini memberikan garansi selama tiga tahun.

Ukuran 3,5 inci
Kecepatan putaran 7200 rpm
Kapasitas 4 TB
Cache 128 MB

3. Western Digital WD Blue WD20SPZX

3. Western Digital WD Blue WD20SPZX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.375.000

Hanya 7 mm! Tipe 2,5 inci yang tipis dan ringan!

Ketebalan produk ini hanya sebesar 7 mm yang cukup tipis untuk ukuran HDD berkapasitas 2 TB. Tambahan lagi, produk ini merupakan salah satu HDD internal tipe 2,5 inci dengan kesunyian saat beroperasi. Oleh sebab itu, Anda dapat memilih produk ini jika Anda senang dengan keheningan saat mengoperasikan PC.

Software Acronis True Image WD Edition Cloning adalah keunggulan lain dari produk ini. Software ini membuat Anda bisa menduplikasi data ke drive baru sehingga Anda tidak perlu reinstall OS. HDD internal ini juga mampu bekerja dengan konsumsi energi yang rendah. Pakailah produk ini guna menghemat energi.

Ukuran 2,5 inci
Kecepatan putaran 5400 rpm
Kapasitas 2 TB
Cache 128 MB

2. Toshiba P300

2. Toshiba P300

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.330.000

Dilengkapi shock sensor! Melindungi data dengan aman!

Pilihlah produk ini jika Anda ingin data bisa tersimpan dengan aman. Toshiba P300 dilengkapi dengan shock sensor dan teknologi ramp loading yang berfungsi melindungi data terhadap guncangan. Selain itu, HDD ini memiliki kecepatan putaran 7200 rpm sehingga cocok untuk pemakaian aplikasi pada PC Anda.

Toshiba P300 dibuat bagi Anda yang membutuhkan HDD untuk keperluan komputasi harian. Kapasitas penyimpanan 3 TB membuat produk ini memiliki ruang penyimpanan cukup untuk penggunaan komputer desktop. Tambahan pula, Toshiba mengusung advance format technology sehingga menghasilkan kinerja yang efisien.

Ukuran 3,5 inci
Kecepatan putaran 7200 rpm
Kapasitas 3 TB
Cache 64 MB

1. Seagate FireCuda ST2000LX001

1. Seagate FireCuda ST2000LX001

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.499.000

Lebih cepat lima kali daripada HDD biasa!

Seagate FireCuda model ST2000LX001 cocok dipakai bagi Anda yang berprofesi sebagai pekerja kreatif. Anda bisa menghemat waktu dengan booting bukan menit, melainkan dalam hitungan detik. Perpaduan teknologi flash NAND dengan hard disk konvensional menjadikan produk ini lebih cepat hingga lima kali HDD biasa.

Anda dapat menyimpan hingga empat puluh game per TB dengan asumsi 25 GB per game. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghapus game lama untuk memasang game baru. Di pihak lain, garansi produk selama lima tahun memberikan kenyamanan untuk pemakaian jangka panjang.

Ukuran 2,5 inci
Kecepatan putaran 5400 rpm
Kapasitas 2 TB
Cache 128 MB

HDD adalah barang yang mudah rusak

HDD adalah barang yang mudah rusak

HDD merupakan salah satu bagian di antara berbagai komponen PC yang mudah usang dan cepat rusak. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan komputer akan merasakan kinerja HDD yang semakin berat dalam dua hingga tiga tahun. Frekuensi pembacaan dan penulisan data adalah bagian yang memengaruhi masa pemakaian HDD. Jika Anda sering melakukan pembacaan dan penulisan melalui HDD setiap hari, masa pemakaian HDD akan semakin pendek.

Kami merekomendasikan agar Anda memisahkan penggunaan HDD untuk penyimpanan data dan pemasangan OS serta aplikasi. Anda bisa menggunakan HDD eksternal untuk penyimpanan data saja. Apabila Anda melakukan hal ini, masa pakai HDD tidak akan berkurang drastis. Sesudah itu, Anda bisa memindahkan data ke HDD baru ketika kondisi HDD untuk penyimpanan data semakin memburuk.

Baca juga rekomendasi produk media penyimpanan PC terbaik lainnya di sini!

Pada artikel ini, kami telah memaparkan HDD internal beserta rekomendasi produk terbaiknya. Akan tetapi, kami juga telah mengulas media penyimpanan PC yang bisa berguna untuk Anda. Apabila Anda tertarik, silakan cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Anda dapat menyimpan lebih banyak data jika melakukan upgrade HDD internal. Apabila perlu, Anda juga dapat melakukan backup data secara rutin melalui sistem cloud ataupun media penyimpanan eksternal.

Namun, Anda perlu berhati-hati karena kapasitas besar berakibat rasio cost to performance yang buruk terhadap beberapa produk. Jadi, pilihlah HDD internal sesuai bujet dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!