• 10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

HDD internal berguna untuk menambah kapasitas penyimpanan jika data pada PC Anda penuh. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih HDD internal yang mungkin membuat bingung sebagian pengguna. Simak artikel berikut ini jika Anda masih ragu saat memilih HDD internal.

Kami akan mengulas cara memilih HDD internal berdasarkan beberapa faktor. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh HDD internal terbaik, seperti WD, Toshiba, Hitachi, Fujitsu, dan Seagate. Oleh karena itu, silakan baca artikel berikut ini sampai tuntas, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 07 Januari 2020
  • 3.519 Views
Daftar isi

Cara memilih HDD internal

Anda perlu memperhatikan kapasitas, ukuran, kecepatan putaran, dan cache saat memilih HDD internal. Kapasitas dan ukuran merupakan poin paling penting sehingga perlu diperhatikan dengan saksama. Kesalahan dalam menentukan kategori tersebut dapat mengakibatkan HDD internal tidak dapat dipasang di PC Anda. Di pihak lain, kecepatan putaran dan cache berkaitan dengan kemampuan HDD dalam menulis dan membaca data. Anda perlu memperhatikan hal ini juga jika diperlukan.

Pilih ukuran 3,5 inci atau 2,5 inci sesuai kebutuhan

Pilih ukuran 3,5 inci atau 2,5 inci sesuai kebutuhan
HDD tipe 3,5 inci dan tipe 2,5 inci memiliki ketebalan dan berat yang berbeda. Dengan demikian, Anda perlu menyesuaikannya dengan struktur PC atau casing HDD yang ingin dipasang. Pada prinsipnya, HDD internal 3,5 inci merupakan ukuran mainstream bagi komputer desktop. Sementara itu, HDD tipe 2,5 inci biasa digunakan sebagai HDD portabel.
Jika Anda ingin membeli HDD internal beserta casing-nya untuk penggunaan PC di rumah, pilihlah ukuran 3,5 inci. Namun, jika Anda menggunakannya secara portabel, kami merekomendasikan penggunaan casing dan HDD tipe 2,5 inci.
HDD tipe 2,5 inci memiliki ketebalan bervariasi, yaitu 7 mm, 9,5 mm, dan 15 mm yang perlu diperiksa. Jika Anda kurang mengerti, Anda dapat membeli ukuran 7 mm, lalu menyesuaikan ketebalannya. HDD yang tipis dapat disesuaikan dengan HDD tebal, sedangkan HDD tebal tidak dapat disesuaikan dengan HDD tipis. Jadi, perhatikanlah hal ini dengan saksama.

Pilih kapasitas HDD sesuai dengan OS pada batas 2,2 TB

Definisi batas 2,2 TB dapat terjadi saat Anda memakai HDD internal pada sistem OS tertentu. PC yang menggunakan OS lama bisa tidak mengenali kapasitas 2,2 TB atau lebih. Walaupun demikian, kriteria ini bisa berbeda tergantung dari penggunaan OS Windows atau macOS.

Untuk Windows : pilih Windows Vista dan di atasnya untuk HDD di atas 2,2 TB

Untuk Windows : pilih Windows Vista dan di atasnya untuk HDD di atas 2,2 TB
Jika Anda menggunakan HDD hanya untuk menambah penyimpanan data tanpa memasang OS, Anda tidak akan menemukan masalah apa pun. Hal ini berlaku pada penggunaan Windows Vista, Windows 7, atau OS Windows dengan versi di atas itu. Windows XP juga tidak akan memunculkan masalah jika OS yang dipasang merupakan versi 64-bit. Namun, hal ini tidak berlaku jika Anda ingin memasang OS, kecuali versi 64-bit pada OS Windows tertentu. OS Windows yang dimaksud adalah Windows Vista, Windows 7, atau OS Windows terbaru.
Penambahan HDD lebih dari 2,2 TB di Windows Vista atau versi di atasnya tidak akan memunculkan masalah. Biarpun demikian, Anda perlu memasang OS versi 64-bit Windows Vista atau versi Windows di atasnya. Di pihak lain, Anda dapat memilih HDD dengan kapasitas kurang dari 2 TB jika menggunakan OS Windows XP.

Untuk macOS : pilih kapasitas di bawah 2,2 TB pada versi 32-bit

Untuk macOS : pilih kapasitas di bawah 2,2 TB pada versi 32-bit
Jika Anda pengguna macOS versi 64-bit, sistem dapat mengenali HDD dengan kapasitas lebih dari 2,2 TB. Akan tetapi, macOS versi 32-bit kemungkinan tidak dapat mengenali penambahan HDD dengan kapasitas lebih dari 2,2 TB. Walaupun demikian, HDD standar dari sistem operasi pada mac tidak perlu Anda ganti atau Anda tambah kapasitasnya. Dalam konteks ini, HDD yang dimaksud bukanlah HDD internal, melainkan HDD eksternal. Anda perlu melihat tabel manual dan korespondensi pada HDD eksternal. Anda juga dapat dengan mudah untuk mengetahui kapasitas HDD yang dapat ditambahkan.

Pilih kinerja dengan perbandingan kapasitas dan biaya yang ekonomis

Kapasitas HDD dapat lebih mudah dipilih jika OS pada PC Anda tidak mengalami masalah dengan batas 2,2 TB. Jika Anda tidak tahu kapasitas HDD yang akan dipilih, pilih produk berdasarkan perbandingan kinerja dan harga.

Untuk HDD 3,5 inci : pilih kapasitas mainstream 3 TB – 4 TB dengan rasio cost to performance yang baik

Untuk HDD 3,5 inci : pilih kapasitas mainstream 3 TB – 4 TB dengan rasio cost to performance yang baik
Beberapa HDD 3,5 inci berkapasitas 1 TB – 2 TB dapat memiliki rasio cost to performance yang kurang baik. Jika demikian, Anda dapat memilih HDD berkapasitas 3 TB – 8 TB. Selain itu, rasio cost to performance cenderung memburuk pada beberapa HDD dengan kapasitas yang melebihi 10 TB.
Tambahan pula, beberapa HDD mainstream di antaranya berkapasitas 3-4 TB yang dijual dengan harga yang menarik. HDD dengan kapasitas tersebut kebanyakan dijual dengan kisaran harga antara satu juta hingga dua juta rupiah. Anda dapat memilih produk dengan karakteristik seperti ini jika diperlukan.

Untuk HDD 2,5 inci : pilih kapasitas mainstream 500 GB hingga 1 TB

Untuk HDD 2,5 inci : pilih kapasitas mainstream 500 GB hingga 1 TB
HDD 2,5 inci pada umumnya cenderung memiliki kapasitas yang lebih rendah jika dibandingkan HDD 3,5 inci. Sementara itu, HDD 2,5 inci yang mainstream biasanya berkapasitas 500 GB hingga 2 TB. Di samping itu, tidak banyak produk dengan kapasitas yang melebihi 3 TB.
Harga HDD 2,5 inci relatif ekonomis dengan beberapa produk dapat dibeli dengan harga kurang dari satu juta rupiah. Tambahan lagi, rasio cost to performance HDD 2,5 inci tidaklah buruk jika dibanding dengan HDD 3,5 inci.

Pilih berdasarkan kecepatan putaran dan cache

Kecepatan menulis dan membaca data berkaitan dengan kecepatan putaran dan cache yang biasanya tertera dalam spesifikasi produk. Kedua kategori ini perlu Anda perhatikan dengan saksama jika Anda mementingkan kecepatan penulisan data. Berikut ini adalah ulasan dari masing-masing kategori yang dapat Anda periksa saat memilih HDD internal.

Pilih 7200 rpm untuk pemakaian aplikasi dan 5400 rpm untuk penyimpanan data

Pilih 7200 rpm untuk pemakaian aplikasi dan 5400 rpm untuk penyimpanan data
Banyaknya putaran per menit biasa disingkat menjadi notasi rpm (revolutions per minute). Artinya, 7200 rpm menandakan kemampuan HDD melakukan 7200 putaran per menit. Sementara itu, 5400 rpm adalah kemampuan HDD dengan 5400 putaran per menit.
HDD 7200 rpm berputar lebih banyak sehingga menghasilkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan HDD 5400 rpm. Selain itu, HDD 7200 rpm lebih lancar saat menjalankan aplikasi berat dibandingkan HDD 5400 rpm. Di pihak lain, jumlah putaran yang banyak membuat HDD 7200 rpm bersuara relatif bising. Tambahan lagi, HDD 7200 rpm pada umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada HDD 5400 rpm.
HDD tipe 5400 rpm lebih lambat dalam menulis dan membaca data jika dibandingkan HDD tipe 7200 rpm. Akibatnya, HDD dengan 5400 rpm akan terhambat saat mengoperasikan aplikasi yang berat. Walaupun demikian, HDD 5400 rpm lebih tenang saat beroperasi serta berharga lebih murah daripada HDD 7200 rpm.
Sebagai kesimpulan, HDD 7200 rpm bagus digunakan saat Anda melakukan instalasi OS dan pengoperasian aplikasi berat. Anda dapat memilih HDD 7200 rpm jika sering memindahkan data yang berukuran besar. Selanjutnya, HDD 5400 rpm dapat dipilih jika Anda menginginkan ketenangan pengoperasian atau HDD yang ekonomis. Anda juga dapat memilih HDD 5400 rpm jika memakai HDD untuk penyimpanan data saja.

Pilih HDD internal dengan cache yang besar

Pilih HDD internal dengan cache yang besar
Nilai cache yang semakin tinggi akan memperlancar kecepatan menulis dan membaca data. Akan tetapi, pengaruh besaran cache tidak begitu terasa jika dibandingkan jumlah rpm. Besaran cache dipengaruhi oleh besarnya data yang digunakan. Cache dirancang untuk semakin besar yang disesuaikan dengan kapasitas HDD yang semakin besar. Karena itu, nilai cache yang ada pada HDD 1 TB berbeda dengan nilai cache pada HDD 10 TB.
Jika sebuah produk menawarkan perbedaan cache pada kapasitas HDD yang sama, pilihlah HDD dengan cache yang besar. Dengan demikian, Anda akan memperoleh penulisan data yang lebih lancar. Agaknya, nilai putaran HDD lebih mudah dipahami bagi sebagian pengguna dibandingkan nilai cache. Oleh sebab itu, jika Anda bingung dengan definisi nilai cache, pilihlah HDD berdasarkan kecepatan putaran saja.

10 Rekomendasi HDD internal terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi HDD internal terbaik yang bisa Anda temukan di marketplace populer. Silakan pilih HDD internal sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!
10

FujitsuMHT2060AH

Rp 120.000,00

Ukuran2,5 inci
Kecepatan putaran5400 rpm
Kapasitas60 GB
Cache8 MB
9
Ukuran2,5 inci
Kecepatan putaranTidak disebutkan
Kapasitas8 TB
Cache256 MB
8
Ukuran3,5 inci
Kecepatan putaran7200 rpm
Kapasitas8 TB
Cache256 MB
7
Ukuran3,5 inci
Kecepatan putaran7200 rpm
Kapasitas4 TB
Cache128 MB
6
Ukuran2,5 inci
Kecepatan putaran7200 rpm
Kapasitas500 GB
Cache32 MB
5
Ukuran3,5 inci
Kecepatan putaran5400 rpm
Kapasitas4 TB
Cache256 MB
4
Ukuran3,5 inci
Kecepatan putaran7200 rpm
Kapasitas4 TB
Cache128 MB
3
Ukuran2,5 inci
Kecepatan putaran5400 rpm
Kapasitas2 TB
Cache128 MB
2
Ukuran3,5 inci
Kecepatan putaran7200 rpm
Kapasitas3 TB
Cache64 MB
1
Ukuran2,5 inci
Kecepatan putaran5400 rpm
Kapasitas2 TB
Cache128 MB

Tabel perbandingan produk HDD internal terbaik

Gambar produk
1
Seagate FireCuda  1

Seagate

2
Toshiba  P300 1

Toshiba

3
Western Digital  WD Blue  1

Western Digital

4
Western Digital  Hitachi HGST Deskstar NAS  1

Western Digital

5
Seagate BarraCuda  1

Seagate

6
Western Digital  Hitachi HGST Travelstar  1

Western Digital

7
Toshiba X300 1

Toshiba

8
Western Digital WD Gold  1

Western Digital

9
Seagate SkyHawk 8 TB  1

Seagate

10
Fujitsu MHT2060AH 1

Fujitsu

Nama produk

FireCuda

P300

WD Blue

Hitachi HGST Deskstar NAS

BarraCuda

Hitachi HGST Travelstar

X300

WD Gold

SkyHawk 8 TB

MHT2060AH

KeunggulanLebih cepat lima kali darip...Dilengkapi shock sensor! Me...Hanya 7 mm! Tipe 2,5 inci y...Reliabel pada penggunaan si...Multi-Tier Cache technology...Ukuran 2,5 inci yang hening...Bermain game lancar berkat ...Tahan dengan beban kerja ya...Dapat diandalkan untuk sist...Harga ekonomis dengan kapas...
HargaRp 1.499.000,00Rp 1.330.000,00Rp 1.375.000,00Rp 1.939.900,00Rp 1.850.000,00Rp 510.000,00Rp 1.568.000,00Rp 5.335.000,00Rp 4.465.000,00Rp 120.000,00
Ukuran2,5 inci3,5 inci2,5 inci3,5 inci3,5 inci2,5 inci3,5 inci3,5 inci2,5 inci2,5 inci
Kecepatan putaran5400 rpm7200 rpm5400 rpm7200 rpm5400 rpm7200 rpm7200 rpm7200 rpmTidak disebutkan5400 rpm
Kapasitas2 TB3 TB2 TB4 TB4 TB500 GB4 TB8 TB8 TB60 GB
Cache128 MB64 MB128 MB128 MB256 MB32 MB128 MB256 MB256 MB8 MB
Tautan produk

HDD adalah barang yang mudah rusak

HDD adalah barang yang mudah rusak
HDD merupakan salah satu bagian di antara berbagai komponen PC yang mudah usang dan cepat rusak. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan komputer akan merasakan kinerja HDD yang semakin berat dalam dua hingga tiga tahun. Frekuensi pembacaan dan penulisan data adalah bagian yang memengaruhi masa pemakaian HDD. Jika Anda sering melakukan pembacaan dan penulisan melalui HDD setiap hari, masa pemakaian HDD akan semakin pendek.
Kami merekomendasikan agar Anda memisahkan penggunaan HDD untuk penyimpanan data dan pemasangan OS serta aplikasi. Anda bisa menggunakan HDD eksternal untuk penyimpanan data saja. Apabila Anda melakukan hal ini, masa pakai HDD tidak akan berkurang drastis. Sesudah itu, Anda bisa memindahkan data ke HDD baru ketika kondisi HDD untuk penyimpanan data semakin memburuk.

Baca juga rekomendasi produk media penyimpanan PC terbaik lainnya di sini!

Pada artikel ini, kami telah memaparkan HDD internal beserta rekomendasi produk terbaiknya. Akan tetapi, kami juga telah mengulas media penyimpanan PC yang bisa berguna untuk Anda. Apabila Anda tertarik, silakan cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Anda dapat menyimpan lebih banyak data jika melakukan upgrade HDD internal. Apabila perlu, Anda juga dapat melakukan backup data secara rutin melalui sistem cloud ataupun media penyimpanan eksternal.
Namun, Anda perlu berhati-hati karena kapasitas besar berakibat rasio cost to performance yang buruk terhadap beberapa produk. Jadi, pilihlah HDD internal sesuai bujet dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    33.270 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    Sering kali orang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi tinggi adalah yang terbaik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah apabila Anda menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan secara maksimal. Namun, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengecek e-mail, Anda dapat membeli laptop seharga di bawah lima juta rupiah.Banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai laptop dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas terbaik, seperti DELL, Toshiba, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop seharga di bawah lima juta rupiah dengan kualitas yang bagus hanya untuk Anda. Cek artikel ini sampai selesai, ya!
    Komputer & kamera
    27.851 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    21.559 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    16.825 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Komputer & kamera
    18.560 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat bermain PC games atau PS4, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.Lalu, berapa ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh gaming monitor terbaik dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Komputer & kamera
    13.574 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2020)
    10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2020)
    Gaming mouse merupakan alat yang penting ketika bermain game PC. Anda dapat bermain berbagai game seperti PUBG atau Counter-Strike dengan mudah dan nyaman menggunakan gaming mouse. Namun, terdapat beberapa istilah asing yang mungkin sulit dipahami oleh gamer pemula, seperti DPI, IPS, polling rates, dan sebagainya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gaming mouse dengan mudah. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaik keluaran Logitech, SteelSeries, Razer, dan lainnya. Temukanlah gaming mouse yang sesuai dan dapat menunjang performa Anda dalam bermain game!
    Komputer & kamera
    4.957 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori